-->

Herry Naap dan Mada Indra Laksanta Teken MoU Siapkan Anak Papua Masuk Polisi

BIAK, LELEMUKU.COM – Janji Bupati Biak Numfor Herry Ario Naap, S.Si.,M.Pd akan menyiapkan anak-anak asli Papua masuk di institusi Polri ternyata bukan isapan jempol semata. Nota kerja sama yang dituangkan dalam bentuk Momerandum of Under Standing (MoU) tentang pembinaan anak-anak asli Papua masuk di jalur bintara dan Akademi Kepolisian (Akpol) kini sudah diteken, di Gedung Wanita, Selasa (04/02/2020)

Nota kesepakatan menyiapkan anak-anak asli Papua melalui pembinaan itu diteken langsung oleh Bupati Herry Ario Naap, S.Si.,M.Pd bersama Kapolres Biak Numfor AKBP Mada Indra Laksanta, S.IK.,M.Si. Pendantanganan itu disaksikan langsung oleh Ketua DPRD Biak Numfor Milka Rumaropen dan jajaran pejabat lainnya baik dari Pemerintah Biak Numfor maupun Polres Biak Numfor.

Sebelum dilakukan pendanatanganan, Kepala Bagian Hukum Setda Kabupaten Biak Numfor Samuel Rumaikeuw, SH membacakan poin-poin kesepakatan dan syarat peserta anak-anak asli Papua yang akan disiapkan melalui pembinaan. Salah satunya dari sisi umur, bahwa anak Papua yang bisa disiapkan melalui berbagai kegiatan minimal berumur 17 tahun dan maksimal 19 tahun.

Bupati Herry A. Naap mengatakan bahwa, menyiapkan SDM anak asli Papua yang berkualitas akan dilakukan dengan berbagai cara. Salah satunya bekerja sama dengan instansi terkait, khususnya yang berminat masuk di institusi kepolisian, TNI dan lainnya. Persiapan itu dinilai penting sehingga ketika ada penerimaan anak-anak asli Papua setidaknya sudah siap mengikuti tahapan seleksi.

“Pembinaan sebelum anak-anak ikut tes sangat penting, ya penting supaya anak-anak sejak awal sudah siap. Kalau mereka sudah siap maka tentu peluang untuk lolos seleksi nantinya cukup besar, dan ini sejalan dengan komitmen Pemerintah Kabupaten Biak Numfor yang berupaya menyiapkan regenerasi SDM berkualitas kedepan,” ujar Bupati.

Tak hanya kerja sama dengan kepolisian, lanjut Bupati, namun hal yang sama juga akan dilakukan dengan satuan-satuan TNI lainnya, termasuk dengan sejumlah instansi lainnya. Kerja sama itu juga akan ditindaklanjuti dalam bentuk MoU, khususnya lagi dalam hal menyiapkan anak-anak asli Papua melalui pendidikan ataupun pelatihan sejak awal.

“Saya berharap dengan kerja sama dengan instansi terkait dalam menyiapkan anak-anak Papua ini, maka kedepan generasi emas Kabupaten Biak Numfor banyak yang akan dilahirkan dan mampu berprestasi diberbagai bidang, tidak hanya di Papua namun di Indonesia bahkan internasional. Kita harus mulai dari sekarang, kalau bukan sekarang kapan lagi, dan kalau bukan kita yang memulai lalu siapa lagi,” pungkasnya. (HumasBiakNumfor)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Banner IDwebhost

Iklan Bawah Artikel

Iklan Bawah Artikel