KPK Kembali Terima Kunjungan Kehormatan FBI, Kuatkan Kerjasama Sejak 2008

 KPK Kembali Terima Kunjungan Kehormatan FBI, Kuatkan Kerjasama Sejak 2008JAKARTA, LELEMUKU.COM - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Kembali menerima kunjungan kehormatan dari Federal Bureau of Investigation (FBI), Amerika Serikat. Kunjungan ini dilakukan dalam rangka penguatan kerja sama antara KPK dan FBI yang telah terjalin sejak 2008

Dalam kunjungan kehormatan ini, dihadiri David Bowdich, Deputi Director of FBI, bersama 8 delegasi dari FBI lainnya, dalam pertemuan yang dilaksanakan di Gedung Merah Putih KPK pada Jumat (05/07/2019) tersebut.

Kunjungan kehormatan ini diterima langsung oleh tiga Komisioner KPK yaitu Agus Rahardjo, Alexander Marwata dan Laode M. Syarif beserta jajaran struktural lainnya. Ketua KPK Agus Rahardjo menyambut baik kerja sama antar kedua lembaga yang selama ini sudah berjalan dengan baik.

“Kami berharap pertemuan ini bisa meningkatkan kerja sama yang sudah berlangsung sejak lama dan banyak hal yang sudah dikerjasamakan,” ungkap Agus Rahardjo.

Kerja sama antara KPK dan FBI ini terus terjalin karena kedua lembaga tersebut memiliki visi yang sama, yakni memerangi korupsi secara global dan melaksanakan kerja sama dalam program-program yang relevan untuk melawan korupsi.

Bentuk kerja sama nyata yang telah dilaksanakan antara KPK dan FBI selama ini adalah dalam penanganan kasus Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP). Suksesnya KPK membongkar keterlibatan pejabat tinggi negara dalam kasus tersebut tidak lepas dari kerja sama  tersebut.

KPK merasa sangat terbantu dan sangat menghargai keterlibatan secara langsung pihak FBI dalam penanganan kasus e-KTP. Kerja sama dalam penanganan kasus tersebut tidak hanya membantu penyelesaian kasus, namun juga menjadi media pembelajaran bagi KPK dalam menangani kasus lintas batas negara yang tentunya lebih kompleks dan menantang.

Selain dalam penanganan kasus, KPK dan FBI juga bekerja sama dengan baik. Di antaranya, dukungan FBI dalam peningkatan kapasitas personel KPK melalui berbagai pelatihan dan workshop.

Di akhir acara, kedua lembaga saling memberikan penghargaan dan bertukar cendera mata sebagai tanda kerja sama yang telah berjalan baik selama ini. (KPKRI)
Bagi ke WA Bagi ke G+