-->

Siswa SMK Negeri Pulau-Pulau Aru Terima Wawasan Kebangsaan dan Bela Negara

Siswa SMK Negeri Pulau-Pulau Aru Terima Wawasan Kebangsaan dan Bela Negara


Siswa SMK Negeri Pulau-Pulau Aru Terima Wawasan Kebangsaan dan Bela Negara

Posted: 16 Jul 2018 03:30 PM PDT

Siswa SMK Negeri Pulau-Pulau Aru Terima Wawasan Kebangsaan dan Bela Negara
DOBO, LELEMUKU.COM - Komandan Rayon Militer (Danramil) 1503-03/Dobo, Lettu Inf Dodi Masaoy memberikan materi Wawasan Kebangsaan (wasbang) dan Bela Negara (Belneg) kepada para  calon siswa SMKN PP Aru, Kota Dobo, Senin (16/7).

Menurut Lettu Inf Dodi Masaoy, wawasan kebangsaan harus dipahami sejak dini, karena wawasan kebangsaan bagi Siswa SMA/SMK ini, bertujuan untuk memberikan pemahaman wawasan kebangsaan terhadap NKRI.

"Jadikan perbedaan sebagai suatu kelebihan indonesia, kita harus selalu mensyukuri dan kita nikmati tanpa harus saling menjelekan satu sama lain,"pungkas Lettu Inf Dodi Masaoy.

Di harapkan  pemahaman terhadap Pancasila tersebut sebagai upaya untuk mengingatkan kembali pentingnya Pancasila Sebagai Idiologi Bangsa serta pegangan hidup dalam tata kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara serta memantapkan adanya Pancasila sebagai Dasar Negara  Kesatuan Republik Indonesia sudah final dan tidak bisa digantikan. (Penrem151)

Said Assagaff Harapkan Satpol PP Tingkatkan Pelayanan ke Masyarakat

Posted: 16 Jul 2018 03:00 PM PDT

Said Assagaff Harapkan Satpol PP Tingkatkan Pelayanan ke MasyarakatSAUMLAKI, LELEMUKU.COM - Gubernur Maluku, Said Assagaff harapkan Dinas Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP)  dan Satuan Perlindungan Masyarakat  (Linmas) di Kabupaten Maluku Tenggara Barat (MTB) agar dapat meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

"Harapan saya peningkatan kinerja ASN Polisi Pamong Praja dan Satuan Linmas dalam penyelenggaraan Tugas dan Fungsi untuk menciptakan kondisi Wilayah Daerah Provinsi Maluku maupun Kabupaten yang Tenteram, Tertib dan Teratur," ujar Gubernur Assegaff dalam sambutannya yang dibacakan Asisten Bid.Pemerintahan Setda MTB Yohanis Batseran pada Selasa (10/7).

MTB diharapkan untuk terus dikondisikan sebagai daerah yang aman dan damai sehingga upaya pemerintah dalam membangun daerah dapat terus berjalan tanpa ada kendala berarti. 

"MTB harus jadi daerah yang tenteram, tertib dan teratur agar dapat memberi peluang demi suksesnya berbagai proses pembangunan yang direncanakan bagi daerah perbatasan dan khususnya telah menyukseskan pesta demokrasi dalam rangka Pemilihan Kepala Daerah yang baru saja dilaksanakan," ujar dia.

Pemprov Maluku juga memberikan respons positif terhadap upaya-upaya yang dilakukan lewat kebijakan program dan atau kegiatan dalam rangka peningkatan kapasitas lembaga dan kapasitas aparatur terutama anggota Polisi Pamong Praja dan anggota Satuan Linmas.

"Sehingga melalui  kegiatan penunjang berupa Bimbingan Teknis Peningkatan Kapasitas ASN Satuan Polisi Pamong Praja ini maka peningkatan partisipasi demokrasi, hukum, ketertiban, dan keamanan di Kabupaten MTB yang kita sama-sama cintai dapat terwujud," harap dia.

Dikatakan peningkatkan kapasitas, kapabilitas, serta profesionalitas Satpol PP dan Linmas di Kepulauan Tanimbar berguna untuk mengoptimalkan penyelenggaraan urusan pemerintahan daerah dalam rangka memelihara Ketertiban Umum dan Ketenteraman Masyarakat.

"satuan polisi pamong praja serta satlinmas selain memiliki tugas untuk mewujudkan ketertiban umum dan ketenteraman masyarakat di daerah, juga mempunyai tugas dan fungsi sebagai penegak peraturan daerah," ungkap dia.

Sesuai Surat Edaran Menteri Dalam Negeri Tanggal 15 Januari 2016 tentang Standar Kompetensi Jabatan Fungsional Polisi Pamong Praja yang meliputi Fungsi Utama dan Fungsi Dasar, maka peran Satpol PP dan Linmas adalah melakukan Tindakan Non Yustisi dan Yustisi, Melakukan Analis Aspek Sangsi dalam Peraturan Daerah, Melakukan Sosialisasi Peraturan Daerah dan Peraturan Kepala Daerah, melakukan Pendataan dan Pelatihan Satuan Linmas dan melakukan Mobilisasi Linmas.

Selain itu Satpol PP juga bertugas untuk melakukan Koordinasi penegakan Peraturan Daerah, mengikuti penyusunan Peraturan Daerah dan Peraturan Kepala Daerah, menjadi Saksi dalam proses penyidikan, menjadi Saksi dalam proses persidangan, melakukan Evaluasi permasalahan penegakan Peraturan Daerah, menyusun Rencana Program, melakukan Evaluasi Kegiatan, melakukan Patroli, melakukan Pengamanan, melakukan Pengawalan, melakukan Pengendalian Massa dan melakukan Deteksi Dini.

Assegaf juga menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada para narasumber yang berkenaan hadir untuk memberikan materi pada kegiatan ini dan berharap kepada peserta agar dapat menyerap apa yang disampaikan oleh narasumber secara baik, agar dapat bermanfaat dalam pelaksanaan tugas-tugas kedepannya. (Anna Aurmatin)

Burhan Abdurahman Apresiasi Pelaksanaan TMMD di Pulau Hiri

Posted: 16 Jul 2018 02:30 PM PDT

Burhan Abdurahman Apresiasi Pelaksanaan TMMD di Pulau HiriTERNATE, LELEMUKU.COM - Walikota Ternate Dr. H. Burhan Abdurahman, S.H., M.M., mengapresiasi pelaksanaan TMMD ke-102 Kodim 1501/Ternate yang dilaksanakan di Kecamatan Pulau Hiri, Kota Ternate, Provinsi Maluku Utara pada Rabu (11/7).

Hal tersebut disampaikan selepas menjadi Inspektur Upacara kegiatan TMMD ke-102 yang dipusatkan dilapangan Desa Faudu Kecamatan Pulau Hiri, dalam kesempatan tersebut Walikota menyampaikan bahwa kegiatan TMMD merupakan program lintas sektoral yang mendahulukan aspek prioritas guna mempercepat pembangunan di daerah tertinggal maupun terisolir serta sesuai dengan Program Nawacita pemerintah pusat.

"Yaitu membangun Indonesia dari Pedesaan dan pinggiran, seperti yang kita ketahui bahwa Kota Ternate sendiri memiliki wilayah yang berada diluar dari Pulau Utama yaitu terjauh di Kecamatan Batang Dua, Kecamatan Moti dan yang terdekat adalah Kecamatan Pulau Hiri," ujar dia. 

Oleh karenannya melalui kegiatan TMMD ini diharapkan dapat mempercepat pembangunan di daerah-daerah tersebut karena dalam kegiatan tersebut meliputi pembangunan fisik maupun pembangunan sumber daya manusianya sehingga ini merupakan paket lengkap dan manfaatnya dapat dirasakan langsung oleh masyarakat.

Sementara itu dalam kesempatan yang sama Dansatgas TMMD 102 Letkol Kav Bambang Sugiyarta, S.H., M.M., M.Tr (Han) menyampaikan bahwa kegiatan TMMD akan berlangsung selama 30 hari kedepan, dalam pelaksanaan kegiatan ini kita sedikit terkendala sulitnya transportasi ke lokasi karena kondisi geografinya yang terpisah oleh laut.

"Namun berkat dukungan dari semua pihak khususnya Pemerintah Kota Ternate dan masyarakat Kec. Pulau Hiri, hingga saat ini kendala tersebut dapat diatasi dengan baik," ujar dia. (Penrem 152)

SKPD di Provinsi Papua Wajib Sediakan Website Untuk Informasi Publik

Posted: 16 Jul 2018 02:19 PM PDT

SKPD di Provinsi Papua Wajib Sediakan Website Untuk Informasi Publik
JAYAPURA, LELEMUKU.COM - Biro Humas dan Protokol Setda Provinsi Papua mengimbau seluruh satuan kerja perangkat daerah (SKPD) di lingkungannya agar dapat memaksimalkan kinerja Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID).

Dimana PPID bertugas menyediakan akses informasi publik bagi pemohon informasi sebab telah menjadi Standar Operasional Pelayanan (SOP) informasi publik, agar UU Keterbukaan Informasi Publik (KIP) dapat berjalan efektif, sementara hak-hak publik terhadap informasi yang berkualitas dapat secara nyata terpenuhi.Hal demikian disampaikan Kepala Biro Humas dan Protokol Setda Provinsi Papua Tommy Israil Ilolu di Jayapura, Jumat (13/7).

Dirinya juga menyarankan agar seluruh PPID dalam kelembagaan SKPD agar dapat membuat website atau halaman informasi yang disediakan melalui jalur internet, untuk dapat diakses secara mudah oleh masyarakat.

"Sebab kehadiran website menjadi salah satu persyaratan keterbukaan informasi publik yang diterbitkan oleh Pemerintah Pusat melalui Kementerian Dalam Negeri. Sehingga jika belum membuat website maka instansi tersebut dianggap belum benar-benar terbuka kepada publik," imbaunya.

Sementara dalam menjalankan peran itu, ujar dia, PPID diwajibkan pula mendapat penganggaran dari masing-masing SKPD, termasuk dalam membuat laporan tahunan kepada PPID tingkat provinsi yang diketuai oleh Kepala Biro Humas Setda Papua.
Laporan tersebut akan diteruskan ke Kemendagri untuk dievaluasi. "Setelah itu, baru akan menjadi bahan penilaian untuk pemeringkatan SKPD mana saja yang dianggap terbaik dalam mendukung keterbukaan informasi publik," ucapnya.

Dia berharap dengan memaksimalan kinerja PPID pelayanan SKPD dalam hal penyajian informasi yang dibutuhkan masyarakat, mampu tersaji secara berkualitas. 

"Karena pelayanan publik harus menjadi perhatian setiap SKPD, khususnya dalam memberikan informasi kepada masyarakat.Makanya personel PPID di SKPD provinsi harus juga didorong lebih pro aktif, sehingga informasi bisa lebih terbuka bagi masyarakat," imbaunya.

Sebelumnya, Sekretaris Daerah Papua Hery Dosinaen menginstruksikan SKPD di wilayahnya untuk segera membentuk Pejabat Pegelola Informasi dan Dokumentasi (PPID).

Pembentukan PPID dinilai sangat penting, sehingga informasi lebih mudah disajikan dan terbuka bagi publik. (DiskominfoPapua)

Soedarmo Minta Pengembangan Buah Merah Papua Ditingkatkan

Posted: 16 Jul 2018 02:08 PM PDT

Soedarmo Minta Pengembangan Buah Merah Papua Ditingkatkan
JAYAPURA, LELEMUKU.COM - Penjabat Gubernur Papua Soedarmo mengharapkan instansi terkait terus menggenjot pengembangan buah merah, agar dapat dijual kepada masyarakat baik di dalam maupun luar negeri.

Soedarmo yang baru-baru ini menerbitkan instruksi pemanfaatan pangan lokal mengaku ingin mendorong agar seluruh hasil bumi yang dikembangkan petani lokal, supaya menjadi prioritas untuk dijual ke publik.

Dengan begitu, dia berharap pangan lokal menjadi lebih poluler diatas tanah ini. Sementara harapan lainnya, agar petani lokal pun bisa ikut terangkat kehidupannya serta ekonomi keluarga tercukupi.

"Kita ingin sekali supaya hasil bumi Papua ini bisa dipopulerkan diatas tanah ini. Jangan makanan dari luar. Termasuk buah merah ini kan adanya di Papua, mesti ditingkatkan supaya bisa dijual keluar. Tentunya untuk supaya bisa meningkatkan ekonomi petani lokal yang ada di Papua," serunya.

Dia berharap seluruh instansi pemerintah daerah maupun BUMN yang ada diatas tanah ini bisa lebih percaya dan mengkonsumsi pangan lokal termasuk buah merah yang menurut penelitian kaya akan vitamin.

Sementara itu, Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultara Papua mengklaim telah berhasil membantu petani hingga mampu mengembangkan buah merah yang kini sudah mencapai 564 hektar.

Meski demikian, Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura Papua Semuel Siriwa mengaku masih akan terus menggenjot  pengembangan komoditas buah merah, yang kini tengah dibudidayakan pada 11 kabupaten dan kota.

"Untuk buah merah tentu kita terus jalan dan ingin tingkatkan. Hanya memang untuk pengerjaan buah merah ini butuh waktu dan proses. Hanya kita ingin terus dorong supaya pengembangan komoditas ini bisa lebih banyak," ucap Semuel Siriwa di Jayapura, belum lama ini.

Sementara untuk memaksimalkan pembudidayaan buah merah, lanjut dia, Dinas Tanaman Pangan dan Hotikultura menggandeng Dr. Made, yang merupakan salah satu dosen dan peneliti di Universitas Cenderawasih (Uncen) Jayapura.

Melalui kerja sama itu, diharapkan pengembangan komoditas tersebut dapat mempercepat pengembangan komoditas itu, yang kini sudah semakin banyak diburu oleh masyarakat Papua maupun luar daerah.

"Makanya, kita juga sudah melakukan pengembangan buah merah di Pos 7 Kabupaten Jayapura. Dimana. Hanya memang yang baru dihasilkan adalah minyaknya yang kini  sudah siap. Namun dalam bentuk produk lain ini kita sedang buah juga. Seperti sabun cair batang serta lainnya," terang dia. (DiskominfoPapua)

Pemkot Tidore Kepulauan Gelar Jalan Santai dan Deklarasi Anti Narkoba

Posted: 16 Jul 2018 02:00 PM PDT

Pemkot Tidore Kepulauan Gelar Jalan Santai dan Deklarasi Anti NarkobaTUGUWAJI, LELEMUKU.COM - Memperingati Hari Narkoba International (HANI) tahun 2018, Pemerintah Kota Tidore Kepulauan (Tikep), Provinsi Maluku Utara menggelar kegiatan jalan sehat  yang di lepas langsung oleh Asisten II Muhammad Yasin mewakili Walikota Tikep, dengan rute di mulai dari depan halaman kantor Walikota dan finish di Pantai Tugulufa, Kelurahan Tuguwaji, Kota Tikep.

Kegiatan yang mengusung tema ""Menyatukan dan Menggerakan Seluruh Kekuatan Bangsa Dalam Perang Melawan Narkoba,Untuk Mewujudkan Masyarakat Indonesia Yang Sehat Tanpa Narkoba" ini, dihadiri oleh Kapolres Tidore Kepulauan AKBP Doli Heriyadi  SIK,  Msi, Kasdim 1505/Tdr Mayor Inf Sahono, Pimpinan SKPD dan dan Forkopimda Kota Tidore Kepulauan.

Dalam kesempatan tersebut, Kepala BNN dalam sambutan yang dibacakan oleh Arun H Abdulah mengatakan, peringatan HANI setiap tahunnya memiliki makna keprihatinan terhadap penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika dan prekursor narkotika. 

"Sehingga dibutuhkan gerakan yang dapat menyadarkan seluruh umat manusia diseluruh dunia,hal ini untuk membangun solidaritas dalam rangka mencegah, memberantas penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika yang menjadi ancaman bagi kehidupanbermasyarakat,berbangsa dan negara," kata dia.

Sepanjang tahun 2017 BNNK Tikep telah melaksanakan tugas Demand Reduction sebagai upaya membentuk masyarakat yang mempunyai ketahanan dan kekebalan terhadap narkoba, mengingat  penyalahgunaan dan peredaran narkoba adalah kejahatan yg sangat luar biasa yang dapat mengancam dunia serta dapat di gunakan sebagai senjata Proxy War dalam melumpuhkan suatu Bangsa.

"Pada kesempatan ini BNNK Tikep menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang turut serta dalam mensukseskan program Pencegahan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN), kami menyadari bahwa tanpa kerja sama antar komponen bangsa upaya kita dalam mencegah dan memberantas narkoba tidak akan berhasil," ujarnya.

Sedangkan Walikota Tikep Hdalam sambutan yang dibacakan oleh Asisten II Muhammad Yasin menambahkan, masalah yang ditimbulkan oleh narkoba akan terus menggerogati bangsa dari hulu sampai ke hilir, dari generasi ke generasi dan menjadi ancaman terbesar bagi bonus Demografi Bangsa kita pada tahun 2030 nanti. 

"Sejumlah kasus narkoba beberapa tahun terakhir ini sangat mengejutkan Bangsa Indonesia, hal ini terlihat dari penyelundupan dan peredaran narkoba di wilayah indonesia yang tidak hanya terjadi di wilayah daratan melainkan di wilayah perairan negara Indonesia," ungkap dia.

Lebih lanjut Walikota Tikep menegaskan, dalam mengatasi permasalahan narkoba perlu strategi khusus  yaitu keseimbangan penanganan antara pendekatan penegakan hukum dan pendekatan kesehatan, pendekatan penegakan hukum bertujuan untuk memutus mata rantai pemasok narkoba mulai dari produsen sampai jaring pengedarnya. 

Sebagai contoh program alternative defelovmend 2016-2025 di tiga kabupaten Aceh Besar,Biruen dan Gayo lues di Prov Aceh yang harus ditiru daerah lain.

Puncak acara peringatan HANI di Tidore Kepulauan ditutup dengan deklarasi bersama seluruh komponen masyarakat yang mana Deklarasi tersebut merupakan bentuk komitmen bersama dengan penuh kesadaran dan penuh rasa tanggung jawab bahwa masyarakat Tikep Anti Narkoba. (Pendam16)

Tuasikal Abua Terima Penyerahan LHP atas LKPD Maluku Tengah

Posted: 16 Jul 2018 01:48 PM PDT

AMBON, LELEMUKU.COM - Bupati Maluku Tengah, Hi. Tuasikal Abua,SH pada Jumat (13/7). menerima Penyerahan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) atas LKPD Kabupaten Maluku Tengah (Malteng), Provinsi Maluku tahun Anggaran 2017 di Kantor BPK RI Provinsi Maluku di Ambon..

Pemkab Maluku Tengah meraih Predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Kepala Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Perwakilan Provinsi Maluku. (HumasMalteng)

Korem Binaiya Raih Penghargaan Penggiat Anti Narkoba 2018

Posted: 16 Jul 2018 01:30 PM PDT

Korem Binaiya Raih Penghargaan Penggiat Anti Narkoba 2018AMBON, LELEMUKU.COM - Komando Resor Militer (Korem) 151/Binaiya dibawah pimpinan Komandan Resor Militer (Danrem) 151/Binaiya Kolonel Inf Christian K. Tehuteru terus menunjukkan eksistensinya dalam melaksanakan tugas. 

Hal tersebut ditandai dengan keberhasilan Korem 151/Binaiya sebagai Satuan yang  meraih penghargaan sebagai Penggiat Anti Narkoba Tahun 2018 dalam Acara Peringatan Hari Anti Narkotika Internasional (HANI) 2018 yang dilaksanakan pada, Kamis (12/07) bertempat di Baileo Siwalima, Kelurahan Karang Panjang, Kota Ambon, Provinsi Maluku.

Turut hadir acara tersebut Gubernur Maluku, Kasdam XVI/Pattimura, Wakapolda Maluku, Kajati Maluku, Ka BNN Prov Maluku Danlantamal, Danlanud, Kasiter Korem 151/Binaiya, Para pejabat TNI Polri di Kota Ambon dan seluruh tamu undangan lainnya.

Hal ini dinilai sebagai prestasi Korem 151/Binaiya sebagai Satuan Komando Kewilayahan (Satkowil) yang memiliki tugas mengendalikan dan melaksanakan tugas Operasi Militer Perang dan Operasi Militer Selain Perang. 

Salah satunya adalah dalam mengawasi pelaksanaan aplikasi Pembinaan Teritorial (Binter) bagi Satuan Komando Teritorial dibawahnya, dalam disposisi Satuan Korem 151/Binaiya memiliki 5 Satuan Kodim dibawahnya. (Penrem151)

Richard Louhenapessy Canangkan HUT Kota Ambon ke 443

Posted: 16 Jul 2018 01:30 PM PDT

Richard Louhenapessy Canangkan HUT Kota Ambon ke 443
AMBON, LELEMUKU.COM - Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon, Provinsi Maluku pada Senin,(16/7) menggelar Apel bersama sekaligus Pencanangan HUT Kota Ambon ke-443, yang dilaksanakan di Tribun Lapangan Merdeka Ambon, dipimpin langsung oleh Walikota Ambon, Richard Louhenapessy.

Ketua Panitia HUT Kota Ambon ke-443, Demy Paays dalam laporannya menyampaikan, beragam kegiatan akan dilakukan dalam menyambut HUT Kota Ambon tersebut, yang dimulai sejak Juli ini sampai pada puncak HUT Kota Ambon yang jatuh pada tanggal 7 September mendatang.

Kegiatan-kegiatan yang nantinya digelar, selain melibatkan para pegawai Pemkot Ambon, juga melibatkan siswa-siswi,TNI-POLRI, serta masyarakat, dan pada puncaknya akan digelar acara Makan Patita yang tersebar di semua Kecamatan dengan maksud,agar semua masyarakat juga dapat merayakan hari lahimya Kota Ambon.
Sementara itu, dalam kesempatan yang sama,Walikota Ambon dalam sambutannya meminta seluruh jajarannya dan juga masyarakat pada umumnya,untuk tidak memandang HUT Kota Ambon hanya sebagai hal rutin yang tiap tahun dirayakan, melainkan lebih melihat kepada Anugerah dari Tuhan kepada Kota ini yang segera memasuki usia ke-443, sehingga perayaan yang dilakukan lewat berbagai kegiatan adalah merupakan bentuk rasa syukur kita (red: Kota Ambon) atas Berkat yang Tuhan berikan.

Pencanangan HUT Kota Ambon juga diselingi dengan pemberian bantuan dari PT.PLN Wilayah Maluku dan Kota Ambon kepada Pemerintah Kota Ambon berupa 300 anakan Pohon Cemara Kencana,yang diserahkan secara simbolis oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup & Persampahan, Luzia Izaak dan diterima oleh Walikota Ambon. (DiskominfoAmbon)

KJRI Sydney Dukung Promosi Pemkot Ambon di Australia

Posted: 16 Jul 2018 01:07 PM PDT

KJRI Sydney Dukung Promosi Pemkot Ambon di Australia
SYDNEY, LELEMUKU.COM - Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) di Sydney mendukung misi yang dilakukan Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon, Provinsi Maluku untuk menjalin kerjasama dengan sejumlah kalangan di Australia. Hal itu diungkapkan Konsul Bidang Protokol dan Konsuler Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) di Sydney, Novan Ivanhoe saat menerima kunjungan Wakil Walikota (Wawali) Ambon, Syarif Hadler di kantor KJRI di Sydney, Australia, Senin (16/7).

Saat pertemuan tersebut, Novan Ivanhoe didampingi Konsul Bidang Ekonomi; Silvia Juliana Malau, Konsul Bidang Penerangan, Sosial dan Budaya; Zani Murnia serta Direktur Indonesia Investment Promition Centre (IIPC) Sydney; Sri Moertiningroem dan Deputi Direktur IIPC; Sydney Ruly Fitrah.

Sementara Wakil Walikota Ambon, didampingi Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah; Jacky Talahatu, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Masyarakat dan Desa; Rulien Purmiasa, Kepala Dinas Tenaga Kerja; GIS Soplanit, Kepala Bagian Komunikasi Pimpinan dan Protokol; Yan Suitella, dan staf Bappeda Titi Oratmangun.

Kunjungan Wawali merupakan langkah lanjut dari pelaksanaan penandatanganan kesepakatan awal atau Letter of Intent (LoI) kerjasama di bidang vokasi antara Pemkot Ambon dengan Vocational Education, Training, and Employment Australia (VETEA) di Adelaide, Australia, akhir November 2017 lalu. Saat itu, LoI ditandatangani oleh Walikota Ambon, Richard Louhenapessy, dengan CEO VETEA, Ahmed Sokarno.

Melalui LoI tersebut yang didorong oleh BKPM/Indonesia Investment Promotion Center (IIPC)-Sydney ini, VETEA – sebuah perusahaan yang bergerak di bidang pendidikan dan pelatihan vokasi dan penempatan tenaga kerja, siap membawa standar pendidikan vokasi Australia ke Indonesia dalam kolaborasi dengan pusat-pusat pendidikan vokasi di Indonesia.

Konsul di Sydney, Novan Ivanhoe mengatakan, pusat pendidikan perawat di Sydney selama ini sudah terkenal memiliki sertifikasi pendidikan yang terbaik di Australia. Sehingga KJRI sangat mendukung dan akan terus memfasilitasi Pemkot Ambon menjalin kerjasama dengan berbagai kalangan di Australia khususnya di wilayah KJRI Sydney.

Diakuinya, program pelatihan yang akan menjadi bagian dari kerjasama tersebut akan mendatangkan banyak hasil dan manfaat. termasuk adanya jaminan tenaga kerja yg dilatih akan ditempatkan untuk memenuhi lapangan kerja di Australia, khususnya sektor-sektor yang selama ini mengalami kekurangan tenaga kerja.

Sementara itu, Wawali mengatakan kedatangan delegasi yang dipimpinnya ke Sydney untuk menindaklanjuti penandatanganan kesepakatan awal kerjasama di bidang vokasi antara Pemerintah Kota Ambon dengan VETEA di Adelaide.

Wawali mengakui, Kunjungan ini untuk membahas langkah-langkah persiapan pelaksanaan kerjasama tersebut. Nantinya ada pelatihan di Ambon kemudian, tenaga kerja hasil pelatihan tersebut akan dikontrak selama 2 tahun di Australia.

Oleh karena itu, Wawali mengharapkan KJRI di Sydney untuk turut mendukung Pemkot Ambon dalam kerjasama dimaksud.

Di tempat yang sama, Direktur IIPC Sydney, Sri Moertiningroem mengatakan nantinya pendidikan awal para tenaga kerja khususnya di bidang Asisten Nurse dan Hospitality di Ambon selama enam bulan.

Ditambahkan, apabila nantinya kemampuan berbahasa Inggris para tenaga kerja masih dibawah ketentuan pasar kerja di Australia maka akan diberikan pelatihan selama tiga bulan lagi. Penempatan para tenaga kerja tersebut nantinya menjadi tanggung jawab VETEA. (DiskominfoAmbon)

Panitia Pengawas Pemilu MTB Sosialisasi Pengawasan Partisipatif

Posted: 16 Jul 2018 01:00 PM PDT

SAUMLAKI, LELEMUKU.COM - Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) Kabupaten Maluku Tenggara Barat (MTB) menggelar sosialisasi pengawasan partisipatif bagi pemilih pemula, dihadiri puluhan peserta perwakilan tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh adat, awak media, dan pelajar.
   
Sosialisasi dalam rangka pengawasan Pemilu Anggota DPR, DPD, DPRD Provinsi, DPRD Kabupaten serta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden tahun 2019 itu berlangsung di Hotel Pantai Indah Saumlaki, Selasa.
   
"Sosialisasi ini kegiatan lanjutan dari visi Bawaslu yakni bersama rakyat awasi Pemilu, bersama Bawaslu menegakkan keadilan Pemilu," kata Ketua Panwalu Kabupaten MTB, Thomas Wakanno.
   
Dia menyatakan kegiatan tersebut juga merupakan rangkaian dari gerakan moral Bawaslu, yang dalam waktu dekat akan dilanjutkan dengan kegiatan bersifat ajakan bagi masyarakat untuk terlibat sebagai relawan pengawas Pemilu.
   
"Kami menyadari bahwa tanpa partisipasi masyarakat maka Pemilu Jurdil tidak akan tercapai, akibat terbatasnya tenaga dan sebagainya. Ini yang menjadi dasar pelaksanaan sosialisasi hari ini," katanya.
   
Menurut Thomas, sosialisasi pengawasan partisipatif juga akan dilaksanakan secara menyeluruh di sembilan kecamatan yakni Tanimbar Utara, Wuarlabobar, Yaru, Molu Maru, Nirunmas, Kormomolin, Wertambrian, Wermaktian, dan Selaru.
   
Selain itu, Panitia Pengawas Pemilu tingkat Kecamatan (Panwascam) akan melakukan sosialisasi yang sama di desa dan kelurahan.
   
Para peserta sosialisasi dibekali dengan materi "Pengawas Pemilu dan Peran Masyarakat dalam Pengawasan Partisipatif Pemilu Serentak 2019" oleh Mathias Alubwaman, Anggota Panwaslu Divisi SDM dan Organisasi.
   
Mathias memaparkan potensi kerawanan dan fokus kampanye Pemilu.
   
Ia berharap para peserta memahami potensi masalah, fokus pengawasan Pemilu, bentuk-bentuk pengawasan partisipatif serta peran masyarakat dalam Pemilu.
   
Adapun Thomas Wakanno menyajikan materi "Prosedur Penanganan Pelanggaran Pemilu".
   
"Trend pelanggaran Pemilu yang sering terjadi di MTB adalah terpola pada pemberian uang dan atau materi lainnya. Masyarakat dari Pemilu ke Pemilu belum disadarkan, atau masih minimnya edukasi politik oleh elite politik maupun penyelenggara Pemilu. Untuk itu kami mau menumbuhkembangkan kesadaran berpolitik masyarakat untuk berpolitik yang taat asas, atau taat akan aturan," katanya.
   
Dia berharap tren pelanggaran Pemilu semakin turun sehingga benar-benar bisa menghasilkan pemimpin yang lahir dari pilihan murni masyarakat. (Antara)

Tujuh Pasang Calon Pemimpin Bertarung di Pilkada Maluku dan Malut

Posted: 16 Jul 2018 01:00 PM PDT

Tujuh Pasang Calon Pemimpin Bertaruh di Pilkada Maluku dan Malut
AMBON, LELEMUKU.COM - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Maluku tetapkan tiga pasangan dan KPU Provinsi Maluku Utara (Malut) menetapkan empat pasangan calon gubernur (cagub) dan cagub wakil gubernur (cawagub) yang akan bertarung dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Maluku dan Malut pada tahun 2018.

Menurut rilis dari KPU yang diterima Lelemuku.com, Senin (12/2) ketiga pasangan cagub - cawagub yang ditetapkan KPU Maluku yakni pasangan Said Assagaff-Anderias Rentanubun, pasangan Murad Ismail-Barnabas Orno, dan pasangan Herman Adrian Koedoeboen-Abdullah Vanath.

Sementara keempat pasangan calon yang dinyatakan lolos oleh KPU Malut, yaitu pasangan Burhan Abdurahman-Ishak Djamaluddin, pasangan Ahmad Hidayat Mus-Rivai Umar, pasangan Abdul Gani Kasuba - Al Yasin Ali  dan pasangan Muhammad Kasuba - Abdul Majid Husen.

Ketiga pasangan ini ditetapkan dalam rapat pleno terbuka pengumuman hasil keabsahan syarat calon dan syarat pencalonan perubahan bakal calon gubernur dan wakil gubernur Maluku dalam pemilihan tahun 2018 dan pengumuman penetapan pasangan calon peserta pemilihan gubernur dan wakil gubernur provinsi Maluku tahun 2018.

Penetapan ketiga pasangan cagub - cawagub Maluku ini berdasarkan Keputusan KPU Maluku Nomor 182/HK.03.1-KPT/ 81/PROV.II/2018 tentang Penetapan Pasangan Calon Sebagai Peserta dalam Pilkada Maluku 2018.

Ketiga pasangan calon ditetapkan sebagai calon gubernur dan wakil gubernur Maluku setelah berkas syarat pencalonan perubahan dinyatakan memenuhi persyaratan.

Pasangan dari jalur independent yakni Herman Adrian Koedoeboen-Abdullah Vanath ini dinyatakan lolos verifikasi faktual tahap kedua setelah memenuhi jumlah dukungan sah sebesar 73.929. Pada verifikasi faktual tahap pertama, pasangan ini mendapatkan dukungan sah sebesar 71.485 dukungan.

Selanjutnya KPU Malut melalui keputusan pada rapat pleno terbuka pengumuman pasangan calon pada pemilihan gubernur dan wakil gubernur Malut tahun 2018 di Kantor KPU Maluku Utara, Senin (12/2) sore.

Rapat pleno yang dibuka ketua KPU Malut Syahrani Somadayo dimulai dengan mengumumkan persoalan rekomendasi Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI) yang sebelumnya didaftarkan kepada dua bakal pasangan calon, yaitu Burhan Abdurahman-Ishak Djamaluddin serta pasangan Abdul Gani Kasuba-Al Yasin Ali. Sahnya rekomendasi PKPI ke Abdul Gani Kasuba menjadikan petahana Abdul Gani Kasuba yang berpasangan dengan Al Yasin Ali lolos sebagai peserta Pilkada Malut dengan perolehan 9 kursi.

Muhammad Kasuba yang berpasangan dengan Abdul Majid Husen diusun oleh PKS, PAN dan Partai Gerindra dengan total 11 kursi. Sementara itu, Abdul Gani Kasuba berpasangan Al Yasin Ali yang diusung oleh PDI-P dan PKPI.

Sedangkan pasangan Burhan Abdurahman-Ishak Djamaluddin diusung oleh Partai NasDem, Partai Hanura, Partai Demokrat, PKB dan PBB dengan total 16 kursi.  Kemudian pasangan Ahmad Hidayat Mus-Rivai Umar diusung oleh Partai Golkar dan PPP dengan total 9 kursi. (Albert Batlayeri)

Bappeda dan Satgas TMMD Sosialisasi Pembangunan Daerah di Hiri

Posted: 16 Jul 2018 01:00 PM PDT

Bappeda dan Satgas TMMD Sosialisasi Pembangunan Daerah di HiriTOMAJIKO, LELEMUKU.COM - Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kota Ternate memberikan sosialisasi tentang konsep pembangunan daerah kepada masyarakat di Kecamatan Hiri bertempat di Kantor Lurah Desa Tomajiko, Kecamatan  Pulau Hiri, Kota Ternate, Provinsi Maluku Utara pada Kamis (12/7).

Kegiatan yang merupakan bagian dari sasaran non fisik pelaksanaan TMMD ke-102 Kodim 1501/Ternate, dihadiri oleh Mahmud Kabag Pemerintahan Kota Ternate, Dan SSK Lettu Inf Hadi Talaohu, Lurah, Tokoh adat, agama dan pemuda serta masyarakat dan personel Satgas TMMD. 

Dalam kesempatan tersebut pemateri menyampaikan tentang konsep pembangunan ditinjau dari segi perencanaan tata ruang dan ruang wilayah (RT/RW). 

"Perencanaan diperlukan sebelum kita melaksanakan pembangunan agar dalam pelaksanaannya tertata dan terintegrasi serta sesuai dengan fungsi kewilayahan berdasarkan azas efisiensi dan keharmonisan dengan memperhatikan aspek keindahan dan terencana sehingga proses pembangunan berjalan dengan baik," ujar Mahmud.

Sementara itu ditempat terpisah Dansatgas TMMD 102 Letkol Kav Bambang Sugiyarta, S.H., M.M., M.Tr (Han) menyampaikan bahwa dalam sasaran non fisik khususnya materi pembangunan daerah yang diberikan oleh Bappeda Kota Ternate ini bertujuan memberikan pengetahuan kepada masyarakat tentang konsep pembangunan moder yang teratruktur dan terencana. (Penrem 152)

Yayat Priatna Prihatina Santuni Penderita Gizi Buruk di Puskesmas Payahe

Posted: 16 Jul 2018 12:59 PM PDT

Yayat Priatna Prihatina Santuni Penderita Gizi Buruk di Puskesmas Payahe
TOBARU, LELEMUKU.COM - Jajaran Kodim 1505/Tidore melakukan kunjungan dan anjangsana kepada pasien anak penderita gizi buruk yang sedang dirawat di Puskesmas Rawat Inap Payahe, Kecamatan Oba, Kota Tidore Kepulauan, Provinsi Maluku Utara pada Jumat (02/03).

Anjangsana tersebut dilaksanakan oleh Dandim 1505/Tidore Letkol Inf Yayat Priatna Prihatina yang didampingi oleh Danramil Oba Kapten Inf Hamid dan Pasi Intel Kapten Inf Muji, dalam anjangsana tersebut Dandim melihat langsung kondisi pasien anak penderita gizi buruk atas nama Mirnawati Syahril umur 6 Tahun yang nampak terbaring diatas ranjang perawatan dengan selang oksigen terpasang di wajah kecilnya sehingga melihat kondisi tersebut membuat hati tersayat. 

Sehingga diputuskan pasien akan dirujuk ke RSUD Tidore. Usai menjenguk pasien rombongan kemudian bertolah ke rumah kakek pasien di Bobo Kompleks Keluraha Payahe guna memberikan santunan berupa sembako dan uang tunai untuk meringankan beban keluarga.

Sementara itu usai anjangsana Dandim 1505/Tidore Letkol Inf Yayat menyampaikan bahwa usai mendapat laporan dari Danramil tentang adanya pasien gizi buruk maka dengan rasa kemanusiaan saya bergegas menuju ke lokasi di Payahe untuk melihat langsung kondisinya. 

"Hal ini menjadi "PR" kita bersama untuk itu setelah ini saya akan berkonsultasi dengan pihak Pemkot untuk mengambil langkah kedepannya, selain itu juga saya mengajak dan mengetuk hati semua pihak mari kita peduli terhadap sesama khususnya kaum yang membutuhkan uluran tangan kita dimulai dari lingkungan tempat tinggal kita," ungkap dia. (HRS-1505)

Harga Ikan di Saumlaki Naik

Posted: 16 Jul 2018 12:59 PM PDT

Harga ikan di Pasar Lama Kota Saumlaki, Kecamatan Tanimbar Selatan, Kabupaten Maluku Tenggara Barat (MTB), Provinsi Maluku mengalami kenaikan.SAUMLAKI, LELEMUKU.COM - Harga ikan di Pasar Lama Kota Saumlaki, Kecamatan Tanimbar Selatan, Kabupaten Maluku Tenggara Barat (MTB), Provinsi Maluku mengalami kenaikan.

Menurut pantauan Lelemuku.com harga Ikan merah adalah Rp 50.000 per kilo, ikan Puri 1 tumpuk dijual dengan harga Rp 20.000 dan Rp 50.000 untuk 3 tumpuknya, ikan Make Rp 25.000 per tumpuk dan ikan Kot-kot dijual dengan harga Rp 20.000 per tumpuk.

Salah satu penjual ikan di pasar lama, Jena mengatakan jarangnya ikan diakibatkan musim angin.

"Ikan sekarang ini sedikit dan mahal karena lagi musim angin, nelayan susah dapat ikan dan sedikit yang melaut karena cuaca suka berubah-ubah,"kata Jena kepada Lelemuku.com, pada Sabtu (28/1).

Hal ini dibenarkan oleh Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Stasiun Meteorologi (BMKG) Pattimura Ambon melalui rilis medianya bahwa berdasarkan analisa pola angin, adanya tekanan rendah di Utara Australia menyebabkan terbentuknya himpunan angin pada wilayah Laut Banda hingga MTB.

"Kondisi ini dapat meningkatkan peluang pertumbuhan awan-awan hujan menjadi lebih aktif pada wilayah sekitarnya. Hujan secara tiba-tiba disertai kilat atau petir dan angin kencang sehingga berdampak terhadap peningkatan gelombang laut di wilayah perairan Maluku Tenggara, MTB, Maluku Barat Daya dan Laut Arafura," tulis rilis media tersebut. (Anna Aurmatin)

Harga Ayam Potong di Saumlaki Capai Rp60.000

Posted: 16 Jul 2018 12:59 PM PDT

Harga Ayam Potong di Saumlaki Capai Rp60.000
SAUMLAKI, LELEMUKU.COM – Harga ayam potong di Kota Saumlaki, Kecamatan Tanimbar Selatan, Kabupaten Maluku Tenggara Barat (MTB), Provinsi Maluku mencapai Rp 60.000.

Menurut salah satu penjual ayam potong di Pasar Lama Olilit, Yusuf, ayam potong miliknya dijual dengan harga yang berbeda yaitu Rp55.000 untuk ayam ukuran kecil dan Rp60.000 untuk ayam ukuran besar.

"Harga ayam berbeda tergantung ukurannya, supaya pelanggan yang datang tinggal membeli sesuai dengan kemampuan isi dompet mereka," katanya saat ditemui Lelemuku.com, pada Rabu (07/03).

Yusuf membeberkan kios miliknya ramai dikunjungi pembeli, hingga kadang-kadang jualannya tersebut laris terjual. Ia selalu menyediakan ayam potong lebih banyak jika cuaca buruk dan jika cuaca baik dia menyediakan secukupnya agar terjual habis.

"Ayam-ayam ini dimuat dengan kapal kargo dari Kota Surabaya, perjalanannya selama satu minggu baru sampai di Kota Saumlaki. Harga ayam patong ini juga tergantung dengan cuaca jika cuaca baik pelanggan juga berkurang, namun jika cuaca buruk pelanggangnya sangat banyak, karena pada beli ayam dibandingkan ikan," beber dia.

Penjual ayam potong asal Kota Makasar, Provinsi Sulawesi Selatan inipun menceritakan ketertarikannya menjual ayam di Kota Saumlaki.

"Awalnya karena disana banyak sekali saingan, makanya ayam potong tidak laku-laku. Berkat informasi dari teman saya, yang juga terlebih dulu jual ayam disini. Katanya pelanggan ayam banyak, jadi pasti jualan saya laku. Makanya saya ke Saumlaki dan ternyata benar, warga Saumlaki suka makan ayam," tutur Yusuf.

Ia menjelaskan dirinya selalu nomor satukan kualitas daging ayam, yaitu tidak membiarkan daging tersebut selama 1 bulan di dalam kulkas atau freezer, sehingga warna ayamnya tetap berwarna merah bukan putih pucat.

Hal yang sama diakui oleh salah satu penjual daging ayam potong di Pasar Omele Sifnana, Hj. Nur menyampaikan ayam potong miliknya dijual dengan harga Rp55.000 per ekor tanpa melihat dari ukuran. 

"Ayam yang saat ini dijual masih banyak, jadi kualitasnya yang kami utamakan," ujar dia. (Anna Aurmatin/Laura Sobuber)

Harga Bumbu Dapur di Saumlaki Sudah Normal

Posted: 16 Jul 2018 12:58 PM PDT

Harga Bumbu Dapur di Saumlaki Sudah NormalSAUMLAKI, LELEMUKU.COM –Harga bumbu dapur di Kota Saumlaki, Kecamatan Tanimbar Selatan, Kabupaten Maluku Tenggara Barat (MTB), Provinsi Maluku sudah normal.

Menurut salah satu pedagang di Pasar Lama Saumlaki, Linda Koisine harga bumbu dapur yang sebelumnya naik pada perayaan Natal 2017 dan Tahun Baru 2018 lalu sudah kembali turun.

"Sekarang harga sudah kembali stabil," aku Linda kepada Lelemuku.com, pada Selasa (23/1).

Ia mengatakan harga jeruk nipis dan jerukpurutdijual dengan harga Rp 50.000 per kilo.

"Harga ini masih sama dengan harga Natal kemarin, saya ambildari Tenggara Jauh. Harga ini memang dari dulu begitu, kalau datang musim lemon harganya bisa capai Rp 30.000, Rp 20.000 dan Rp 25.000 per kilo, tapi sekarang kan belum musim dan harga ini tergantung dari musim," kata dia.

Linda juga menyampaikan, tomat sudah turun dari Rp 60.000 per kilo pada Desember lalu menjadiseharga Rp 50.000 per kilo.

Selanjutnya,Cabai yang per kilonya mencapai Rp 200.000 hingga Rp 250.000 pada Natal kemarin, turun menjadi Rp 100.000. 
"Sekarang sudah turun harga, sebab sudah musim hujan.Rica ini saya ambil dari Ambon, dengan kapal Pangarango.Kalaurica satu kaleng susu adalah Rp 25.000," jelas Linda.

Selain cabai segar, ia juga menjual cabaikering  dengan harga per  botolnya Rp 50.000.

"Rica ini kami jemur waktumusim panas karena Desember harga rica sangat mahal, sehingga banyak juga yang mencari rica kering.Ada juga orang Swiss yang datang beli, katanya sebagai oleh-oleh untuk di bawah ke Swiss," tutur Linda.

Ibu dari tiga orang anak ini juga menyampaikan bahwa harga bawang merah dan bawang putih saat ini dijual dengan harga Rp 50.000 per kilo dari harga sebelumnya sebesar Rp 70.000, dan Rp 5.000 untuk enceran. 

Selain bumbu, ia juga menjual buah kelapa yang diparut dengan harga Rp 5.000 per buah.

"Kelapa itu kami beli di mama-mama dari Wowonda. Mereka jual per dua buah seharga Rp 5000, jadi kami jual  kembali dengan harga Rp 5.000 per buah dan  kalau orang beli dengan harga Rp 20.000, nanti kami tambah 1 buah," katanya.

Ia mengungkapkan jualannya ini selalu ramai dikunjungi para pembeli dari  pukul 06.00 hingga 22.00 WIT. Sementara itu dirinya paling lambat 2 minggu sudah mendatangkan bumbu yang baru.

"Kamikan berjual cari untung sedikit-sedikit, yang penting keuntungan berputar cepat,.Kalau disini cepat laku, banyak yang beli. Pokoknya saya punya langganandatang, dong su lihat jualan sedikit langsung dong bawa, 2  minggu begitu su datang lagi barang baru," tutup Linda. (Laura Sobuber)

Pemadam Kebakaran (Damkar) Harus Optimalkan Koordinasi Instasional

Posted: 16 Jul 2018 12:58 PM PDT

Pemadam Kebakaran (Damkar) Harus Optimalkan Koordinasi InstasionalAMBON, LELEMUKU.COM - Koordinasi instansional penting dalam rangka mengoptimalisasi pencegahan dan penanggulangan kebakaran, serta mengurangi resiko bencana. 

Pernyataan tersebut disampaikan Sekretaris Daerah Maluku, Hamin Bin Thahir pada acara Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Pemadam Kebakaran (Damkar) Tahun 2018 di Gedung Baileo Siwalima, kawasan Karang Panjang Ambon, Rabu (28/2). 

Sebagai institusi yang bertugas memadamkan kebakaran, melakukan penyelamatan, dan menanggulangi bencana kebakaran, Sekda menyebutkan, Dinas Pemadam Kebakaran Kota Ambon perlu melakukan upaya koordinasi instansional dalam rangka optimalisasi pencegahan dan penanggulangan kebakaran.

Sekda menegaskan, Pemadam Kebakaran memiliki tanggungjawab yang sangat besar dalam penanganan bencana kebakaran.  

''Olehnya itu, pelaksanaan Rapat Koordinasi Pemadam Kebakaran Tingkat Nasional ini sangat strategis dalam menyamakan persepsi, kesamaan gerak langkah dan forum curah pikir seluruh elemen yang terkait untuk memperoleh poin-poin yang strategis sebagai arah kebijakan,'' ungkapnya. 

Sekda katakan, menyamakan persepsi sangat penting dalam mewujudkan sasaran strategi penguatan Pemerintah Daerah, guna mengoptimalisasi pencegahan dan penanggulangan kebakaran serta mengurangi resiko bencana. 

''Untuk itu, saya berharap pada Rakornas kali ini anggota Damkar dapat menigkatkan kualitas sumber daya manusia, sehingga kesiapsiagaan dalam menghadapi bencana, peyiapan peralatan dan logistik kebencanaan, serta tanggap darurat di daerah terkena bencana, serta kegiatan lainnya dalam program penanganan dan pasca bencana bisa mencapai titik penanganan yang efektif,'' tandanya. (HumasMaluku)

Tjahyo Kumolo Minta Pemadam Kebakaran Jaga Pesta Demokrasi

Posted: 16 Jul 2018 12:57 PM PDT

Tjahyo Kumolo Minta Pemadam Kebakaran Jaga Pesta DemokrasiAMBON, LELEMUKU.COM - Ada pesan khusus kepada Pemadam Kebakaran, yang disampaikan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahyo Kumolo saat memberikan arahan di acara Hari Ulang Tahun (HUT) Damkar Nasional ke-99 di Lapangan Merdeka Ambon, Kamis (1/3).

Tjahyo menegaskan, tahun ini kita memasuki tahun politik. Dalam tahap konsolidasi demokrasi politik di Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Satuan Damkar diinstruksikan ikut terlibat menjaga pesta demokrasi yang akan berlangsung. 

"Satuan Damkar harus ikut bersama kepolisian, TNI, jajaran Kejaksaan, jajaran Badan Intelijen Negara (BIN), serta PNS dan lainnya, untuk bersama-sama menjaga pesta demokrasi, memilih kepala daerah yang amanah, yang mampu memimpin daerah, yang mampu meningkatkan kesejahteraan rakyat, serta yang mampu mempercepat pembangunan yang ada di daerah," tandasnya. 

Mendagri juga menegaskan, meski berupa Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak di tahun ini, namun aroma dan suasananya sudah terasa memasuki Pemilihan Anggota Legislatif (Pileg) dan Pemilihan Presiden (Pilpres), yang baru akan berlangsung di tahun 2019.

Dia mengingatkan, tingkat partisipasi politik masyarakat, akan menjadi ukuran sukses dan tidaknya Pilkada serentak ini berjalan dengan baik.

Tjahyo lantas mengajak masyarakat untuk bersama-sama melawan politik uang. 

"Kami mengapresiasi pihak kepolisian yang telah mampu membongkar indikasi politik uang dari oknum-oknum penyelenggara Negara. Politik uang juga jangan sampai dilakukan oleh para pelaku-pelaku dan pengambil-pengambil kebijakan, termasuk tim sukses maupun calon yang ada," tegasnya. 

Mendagri Tjahyo menyebut, politik uang adalah racun demokrasi yang harus dilawan dalam era pilkada ini. Dirinya juga mengajak seluruh elemen masyarakat untuk meminta seluruh calon pasangan Pilkada supaya berkampanye dengan tertib, dengan sejuk, menggerakan, mengorganisir masyarakat pemilih. 

"Para calon mari adu konsep, adu gagasan, adu ide untuk membangun daerah yang akan dipimpinnya,.Jangan kampanye yang berujar kebencian. Jangan kampanye SARA dan jangan kampanye yang berbau fitnah," paparnya. 

Ancaman terhadap bangsa ini, menurut Tjahyo, harus dicermati oleh segenap elemen bangsa termasuk jajaran pemadam kebakaran.

Sebagai bangsa yang besar, dengan semangat jiwa ideologi, mempertahankan ideologi Pancasila, disebutnya, merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari perjuangan bangsa ini.

Mempertahankan ideologi Pancasila, mempertahankan UUD 1945, mempertahankan NKRI, mempertahankan Bhineka Tunggal Ika, disebutnya, bukan hanya tanggungjawab TNI dan kepolisian saja. Melainkan tanggungjawab bersama seluruh elemen bangsa termasuk jajaran Damkar. 

'Kita harus berani menentukan sikap siapa kawan siapa lawan terhadap perorangan, golongan, kelompok yang terang-terangan atau tertutup ingin merubah ideologi Negara kita, pancasila dan ingin memporak-porandakan Bhineka Tunggal Ika termasuk ingin memporak-porandakan NKRI," ujar Tjahyo mengingatkan. 

Itu sebabnya, dia juga mengapresiasi jajaran kepolisian yang telah membongkar jaringan-jaringan, maupun kelompok-kelompok orang yang ingin membuat onar bangsa ini. Yang menyebarkan berita-berita fitnah.

Tjahyo selanjutnya meminta Damkar dan para PNS untuk terbuka terhadap kritik dari seluruh elemen masyarakat, termasuk dari pihak legislatif. Sepedas apapun kritik itu, demi kebaikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat. 

"Tapi kita akan melawan, jika ada penghinaan, penghujatan baik pada perorangan maupun lembaga institusi yang ada. Kita punya harga diri sebagai manusia,sebagai aparat, kita punya kehormatan, kita lawan orang orang yang menghina, yang memitnah dan menghujat," kata Tjahyo tegas.(HumasMaluku)

Peran Babinsa Dalam Mengatasi Kesulitan Rakyat di Hulung

Posted: 16 Jul 2018 12:51 PM PDT

Peran Babinsa Dalam Mengatasi Kesulitan Rakyat di HulungPIRU, LELEMUKU.COM - Keberadaan Bintara Pembina Desa (Babinsa) yang berada di tengah tengah masyarakat tak hanya memberi dampak positif bagi stabilitas keamanan di wilayah teritorial nya, akan tetapi juga dapat memberikan kontribusi untuk membantu kesulitan masyarakat.

Hal tersebut ditunjukkan Babinsa Dusun Hulung Desa Iha, Kabupaten Seram Bagian Barat, Serka D. Putuhena yang merupakan anggota Komando Rayon Militer (Koramil) 1502-07/Piru, Komando Distrik Militer (Kodim) 1502/Masohi, bersama-sama masyarakat membantu membuat Pondasi rumah bapak Maswan Kaisupi di Dusun Hulung, Rabu (28/02).

Kegiatan tersebut dilaksanakan sebagai wujud Pembinaan Teritorial (Binter) yang mana manfaatnya dapat menjaga Kemanunggalan TNI-Rakyat sehingga stabilitas keamanan di Maluku dapat selalu terjaga. (Penrem151)

Menikmati Keindahan Pantai Cobo di Jikocobo, Kota Tidore

Posted: 16 Jul 2018 12:51 PM PDT

SOASIU, LELEMUKU.COM - Pantai cobo merupakan, salah satu pantai yang berada di Kelurahan Jikocobo kota Tidore Kepulauan. 

Di pantai cobo ini sering didatangi masyarakat kota tidore baik dari kalangan anak-anak sampai dengan orang dewasa, Biasanya pantai ini di kunjungi bila  liburan telah tiba,

Pantai Cobo memiliki daya tarik utama berupa pasir halus yang bersih serta desiran ombak dan laut yang jernih. Luas pantai Cobo kurang lebih 5 Hektar. 

Di sekitar kawasan ini terdapat bukit dan hutan-hutan produktif menambah keindahan panorama alam di sekitar pantai. Dari pantai ini dapat dinikmati pemandangan Selat Halmahera. (DisPar)

Ratusan Pemuda Lulus Secata di Korem Baabulah

Posted: 16 Jul 2018 12:50 PM PDT

TERNATE, LELEMUKU.COM - Sebanyak 108 pemuda asal Provinsi Maluku Utara (Malut) yang mengikuti seleksi penerimaan Secata PK TNI AD di  Korem 152/Baabullah gelombang II dinyatakan lulus setelah menjalani berbagai tahapan tes yang diikuti 152 peserta.

"Semenjak dinyatakan lulus dalam sidang Parade tingkat Sub Panda Ternate dari 152 Peserta kemudian dilakukan pemeriksaan kesehatan hingga akhirnya 141 Peserta berhak mengikuti karantina dalam rangka Test tingkat Panitia Pusat yang dilaksanakan secara marathon," kata Wakil Ketua Panitia Pusat Letkol Arh Syahrir Rijadi di Ternate, Sabtu.

Dia menyatakan, selama sepekan lebih para peserta mengikuti karantina yang dipusatkan di Kompi Khusus Yonif RK 732/Banau dengan pengawasan ketat selama mengikuti seleksi dengan Tim Seleksi yang didatangkan langsung dari Pusat.

Hingga akhirnya sidang Pantukhir yang dilaksanakan 18 November lalu dan akhirnya malam tadi sekira pukul 21.00 wit Wakil Ketua Panitia Pusat Letkol Arh Syahrir Rijadi didampingi Sekretaris Panpus Letkol Caj Ismanto membacakan Surat Keputusan Panitia Pusat Penerimaan Siswa Secata PK TNI AD gelombang II tahun 2017 dari 141 Peserta, 108 Peserta dinyatakan lulus dan berhak mengikuti pendidikan Sekolah Calon Tamtama TNI AD, sementara itu 33 Peserta dinyatakan tidak lulus.

"Dengan adanya pengumuman tersebut sontak menghadirkan berbagai ekspresi baik dari peserta maupun para orang tua yang telah menunggu diluar Kesatrian semenjak pagi hari. tangis haru, bahagia penuh syukur nampak dari para peserta dan orang tua yang putranya dinyatakan lulus," ujarnya.

Menurut dia, 108 peserta yang telah dinyatakan lulus akan diberangkatkan menuju Ambon melalui transportasi Laut dan Udara untuk mengikuti pendidikan di Sekolah Calon Tamtama Rindam XVI/Pattimura di Pulau Ambon Maluku.

Sementara itu bagi yang belum dinyatakan lolos saya menghimbau agar jangan terlalu larut dalam kesedihan justru bagi yang masih memiliki kesempatan usia memungkinkan agar segera mempersiapkan diri mengikuti seleksi yang akan dibuka pada bulan Februari 2018 mendatang dengan memperbaiki segala kelemahan pada saat test saat ini sehingga diharapkan pada seleksi selanjutnya dapat lolos menjadi Prajurit TNI.  (Antara)

Kehadiran Kapal Lelemuku dan Tanjung Sole Dapat Tingkatkan Perekonomian Maluku

Posted: 16 Jul 2018 12:50 PM PDT

JAKARTA, LELEMUKU.COM - Pemerintah Republik Indonesia melalui Kementerian Perhubungan (Kemhub) menilai bantuan sarana transportasi berupa dua unit kapal feri Roll On Roll Off (RoRo) berkapasitas 500 GT untuk masyarakat Maluku dapat meningkatkan gerak ekonomi di kepulauan Maluku.

"Pemerintahan Jokowi-JK yakin dengan semakin tersambungnya antar wilayah di Provinsi Maluku, bukan hanya akan memudahkan mobilitas barang dan orang serta menurunkan biaya logistik, tapi juga akan mampu menggerakkan perekonomian di seluruh daerah di Maluku secara lebih merata," kata Menhub Budi Karya melalui akun Facebook Kemhub, Kamis (16/11).

Ia menilai Kapal Ferry RoRo Lelemuku dan Tanjung Sole yang diserahkan oleh Presiden Jokowi saat kunjungan kerja ke Maluku di Pelabuhan Yos Sudarso, Kota Ambon, Kamis (9/2) silam dalam rangkaian kunjungan kerja itu dilakukannya setelah menghadiri Puncak Peringatan Hari Pers Nasional Tahun 2017 ini akan maksimal melayani warga Maluku.

"Dengan tambahan dua armada kapal ini, maka layanan rute Saumlaki-Adaut- Letwurung sudah bisa dioperasikan, kapal ini juga melayani rute Namlea-Manipa-Waesala," imbuh dia.

Ikut mendampingi Presiden Jokowi saat penyerahan Kapal RoRo Lelemuku menhu Budi Karya dan jajaran anggota Kabinet Kerja serta pekerja pers yang hadir saat itu. Kapal tersebut terus dioperasikan untuk melayani warga masyarakat di beberapa pulau di wilayah Maluku.

Dengan adanya penambahan dua kapal tersebut, arus barang dan orang di Provinsi Maluku bisa semakin cepat, sebagaimana komitmen dari pembangunan Tol Laut.

Pemerintah juga akan menambah tujuh rute dan 100 unit kapal untuk seluruh Indonesia. Dengan demikian, diharapkan harga kebutuhan pokok di daerah bisa semakin terjangkau.

"Ini terbukti harga terus mengalami penurunan antara 20% hingga 30% disebabkan adanya rute-rute dan kapal-kapal baru," terang Menhub.

Selain memberikan tambahan kapal, Pemerintah berkeinginan untuk meningkatkan mutu Sumber Daya Manusia (SDM) pengelola pelabuhan dan kapal.

"Tentunya kekurangan-kekurangan lain yang masih ada terus-menerus menjadi konsen pemerintahan Jokowi-JK ke depan." tegas Menhub Budi Karya. (Albert Batlayeri)

Kodim 1506 Pelopori Program Reboisasi 1500 Pohon di Gunung Botak

Posted: 16 Jul 2018 12:49 PM PDT

Kodim 1506 Pelopori Program Reboisasi 1500 Pohon di Gunung BotakNAMLEA, LELEMUKU.COM - Kepedulian Komando Distrik Militer (Kodim) 1506/Namlea terhadap kelestarian lingkungan hidup tercermin dengan mempelopori program Reboisasi sebanyak 1500 pohon di Area Peti, Gunung Botak  Namlea, Senin (27/11).

Reboisasi yang dilaksanakan anggota Kodim 1506/Namlea merupakan bentuk kepedulian demi terpeliharanya lingkungan hidup di sekitar Gunung Botak. Perwira Seksi Teritorial, Lettu Inf Thamrin beserta anggota Kodim lainnya memberikan pohon Jati, Damar dan Trembesi kepada warga Desa Dafa dan Kampung Wamsait.

"Jumlah pohon yang telah kita salurkan sampai hari ini berjumlah 600 pohon, terdiri dari 200 batang pohon jati, 200 batang pohon dammar dan 200 batang pohon trembesi. Rencananya kita akan menyalurkan 1500 pohon tersebut," ungkap Pasiter sebagai Kordinator lapangan.

Penanaman yang telah berjalan sejak beberapa hari lalu dan dibantu oleh masyarakat setempat sampai saat ini masih dilaksanakan. "Kami berharap dengan ditanamnya pohon ini, lingkungan alam Gunung Botak dapat lebih baik lagi dari kondisi sebelumnya," ujar Pasiter.

Masyarakat sekitarpun sangat senang dengan adanya reboisasi tersebut. Menurut mereka kondisi Gunung Botak sudah sangat memprihatinkan sejak adanya aktifitas pertambangan. Sebanyak 50 orang warga sekitar membantu penanaman pohon tersebut dengan sukarela.

Salah satu anggota Kodim Namlea Serma Waimese mengataka, Masyarakat setempat sangat bersemangat ketika diberikan informasi, akan diadakan reboisasi digunung tersebut karena ini demi kelangsungan hidup anak cucu mereka. (Pendam16)

Polres MTB Siap Amankan Malam Pergantian Tahun di Saumlaki

Posted: 16 Jul 2018 12:49 PM PDT

Polres MTB Siap Amankan Malam Pergantian Tahun di SaumlakiSAUMLAKI, LELEMUKU.COM – Kepala kepolisian Resor (Kapolres) Maluku Tenggara Barat (MTB), AKBP Raymundus Hedianto, S.I.K., M.P.P mengatakan siap mengamankan kegiatan pawai, pesta kembang api dan panggung hiburan dalam rangka menyambut Tahun Baru 2018, pada Minggu (31/12).

"Pengamanan menjelang pesta akhir tahun 2017 ini, anggota kami sudah siap dikerahkan untuk amankan kegiatan yang berupa panggung rakyat," ujar Kapolres kepada wartawan saat mengadakan acara tatap muka dalam rangka kilas balik penanganan kasus tahun 2017 di ruang rapat Polres MTB, Sabtu (30/12).

Ia mengatakan,  hal ini sudah disepakati bersama dalam rapat antara Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) dan beberapa pihak terkait.

"Berdasarkan pertemuan bersama Pemda MTB, TNI, Polri, pimpinan perbankan, para pengusaha dan para pemuda, kita akan  menggelar kegiatan menyambut Tahun Baru 2018 yang akan berlangsung pada jam 11 malam hingga jam 3 pagi, bertempat di areal Kantor Bupati dan kantor DPRD MTB," kata Raymundus.

Kapolres menyampaikan, pihaknya akan mengamankan prosesi pesta rakyat ini mulai dari pawai bersama hingga panggung hiburan.

"Pawai arak-arakan bersama dengan titik start dari Gedung Kesenian Saumlaki pada pukul 23.00 WIT.  Polres, Yonif dan Lanal nanti pake motor trail untuk mengawal dari Kantor Kesenian dan finish di Kantor Bupati," jelasnya.

Ia mengimbau agar selama arak-arakan, warga dilarang untuk tidak menyalakan kembang api dan mengkonsumsi minuman beralkohol. Penyalaan kembang api akan diperbolehkan ketika panggung hiburan di Kantor Bupati berlangsung.

"Kami ingatkan agar warga dilarang membawa dan konsumsi miras. Sementara untuk pesta kembang api, nanti akan dinyalakan dan berpusat di areal Kantor Bupati dan DPRD MTB pada pukul 24.00 WIT . Ini sekaligus sebagai acara syukur Tahun Baru 2018," ujar dia.

Selanjutnya acara tersebut akan diisi dengan doa bersama dari 3 tokoh agama, yaitu Pastur dari Katolik, Pendeta dari Protestan dan Ustad dari Islam.

Selain itu acara dimeriahkan dengan panggung hiburan oleh artis ibukota, artis dari Ambon dan Tanimbar. Serta doorprize khusus bagi warga yang masuk hadir.

"Doorprize ini khusus untuk masyarakat yang masuk ke halaman kantor Bupati. Mereka akan dikasih kupon," tutur Kapolres.

Oleh sebab itu ia mengharapkan kepada seluruh masyarakat di Kota Saumlaki dan sekitarnya untuk hadir kegiatan tersebut.

"Bagi masyarakat yang ingin menyalahkan kembang api agar kita bersama sama datang sebab seluruh kegiatannya dipusatkan pada kegiatan pesta kembang api di areal Kantor Bupati dan DPRD MTB di Jalan Ir.Soekarno," ajak dia. (Laura Sobuber)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Banner IDwebhost

Iklan Bawah Artikel

Iklan Bawah Artikel