-->

Katarina Saweri Pimpin HUT RI di Distrik Miktim

Inspektur upacara HUT RI ke 71 Distrik Miktim,Katarina Saweri,SSTP menyerahkan bendera kepada Sisilia Taman pembawa bendera. SAPA/Maurits

SAPA (TIMIKA) – Kepala Distrik Mimika Timur (Miktim) Katarina Saweri, S.STP menjadi inspektur upacara peringatan HUT RI ke-71  di halaman Kantor Distrik, Rabu (17/8).

Upacara itu diikuti jajaran pegawai di lingkungan distrik, personil TNI dari Kompi C-D  Yonif 754/ENK , Koramil, Polsek, pelajar, tokoh adat, tokoh perempuan, tokoh agama, tokoh pemuda, pegawai Puskesmas, TP-PKK, kepala kampung, dan kepala kelurahan.

Dalam prosesi upacara tersebut, sebagai komandan upacara Letda Inf. Hamka, dan pembacaan Teks Proklamasi Ketua Komisi C DPRD Mimika Nurman Karupukaro.

Sementara untuk pasukan pengibar bendera (Paskibra) dipercayakan kepada Sisilia Taman dari SMA Taruna Darma, Aprilia Maria Sanger dari SMAN 2, dan Putri Cantika Suci Aprilliani dari SMK Pelayaran. Ketiga Paskibra ini merupakan hasil seleksi dari sejumlah SMA dan SMK di Distrik Miktim.

Sementara itu, dalam sambutan Bupati Mimika Eltinus Omaleng, SE yang dibacakan inspektur upacara mengatakan bahwa, detik-detik Proklamasi mengingatkan kembali kepada sejarah penjajahan bangsa Indonesia. Dimana, betapa besarnya pengorbanan para pahlawan dan pendahulu kita dalam merebut kemerdekaan.

“Perjuangan yang menuntut pengorbanan harta benda, keringat dan air mata, tetesan darah bahkan jiwa raga. Semua itu dilakukan untuk cita-cita luhur yaitu, sebuah kemerdekaan,” katanya.

Untuk itu, cita-cita patut terus dipelihara dan implementasikan dalam kerja nyata. Demi mewujudkan Mimika Aman, Damai dan Sejaterah.

“Sebagai generasi penerus, kita harus dapat mengawasi dan melestarikan nilai-nilai perjuangan generasi sebelumnya. Kita menyadari setiap generasi dalam perjalanan sejarah bangsa akan dihadapkan pada tantangan zamann yang berbeda-beda,” jelasnya.

Dikatakan, semangat perjuangan tidak lagi dalam bentuk perjuangan fisik, melawan penjajahan sebagaimana masa kolonialisme dahulu, namun dalam bentuk perjuangan pengabdian karya nyata.

“Kita memahami, masih banyak permasalahan di Mimika yang harus kita atasi dan perbaiki. Banyak tugas ditunaikan untuk mengangkatkan kesejateraan masyarakat,”tuturnya.

Melalui momen ini, dirinya mengajak semua jajaran SKPD bekerja lebih keras lagi. Sehingga pelayanan publik dan pembangunan diberbagai sektor rill menyentuh langsung ke masyarakat khususnya seluruh kampung-kampung yang ada di Distrik Mimika Timur.

“Saat ini kita berada di tengah era kompetisi global. Perubahan cepat, sehingga dibutuhkan aparatur sipil negara yang bekerja lebih responsif, mampu memberikan pelayanan publik berkualitas. Berkinerja baik dan memiliki kerja yang tinggi. Kita semua memegang komitmen mewujudkan pemerintahan yang bersih,” terangnya.

Untuk itu diharapkan, semua pihak perlu bekerja keras lagi untuk pelayanan publik dan pembangunan di Distrik Mimika Timur. Usai upacara, acara dilanjutkan dengan tari sekka.

Selanjutnya, untuk upacara penurunan bendera yang berlangsung pukul 17.30 WIT, bertindak sebagai inspektur upacara, Danramil Mapurujaya Letda Inf. Suardi. (Ervi Ruban/Maurits Sakbal)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Banner IDwebhost

Iklan Bawah Artikel

Iklan Bawah Artikel