Tim Gabungan Sula Berhasil Temukan Arifin Bugis, Warga Buru yang Hilang 4 Hari di Laut

Tim Gabungan Sula Berhasil Temukan Arifin Bugis, Warga Buru yang Hilang 4 Hari di LautSANANA, LELEMUKU.COM - Tim gabungan dari TNI, Dinas Perhubungan Syahbandar Sanana dan Dinkes Kabupaten Kepulauan Sula berhasil menemukan nelayan yang bernama Arifin Bugis (33), Warga Pasar Baru, Dusun Rete Namlea, Kabupaten Buru yang hilang sejak Senin (17/07/2019) lalu.

Informasi nelayan hilang pertama dilaporkan oleh Babinsa Namlea yang disampaikan kepada Babinsa Kodim Sanana bernama Serda Wahid kemudian berkordinasi dengan Dishub maupun Dinkes Sanana.

Berdasarkan perhitungan arah arus laut yang menuju utara sehingga diperkirakan nelayan tersebut masih berada di sekitar Kepulauan Sanana, sehingga tim gabungan dengan menggunakan Speed Boat milik KPLP dan umum melakukan pencarian dengan menyisir perairan sekitar yang dicurigai tempat hanyutnya nelayan tersebut. 

Setelah beberapa jam pencarian akhirnya nelayan tersebut ditemukan di depan Desa Foata, Kecamatan Sulabesi Selatan. Diatas longboat, korban dalam kondisi lemas setelah 4 hari terapung diatas laut.

Selanjutnya nelayan tersebut di evakuasi ke RSUD Sanana untuk mendapatkan perawatan medis, serta keluarganya telah dikabari oleh personel Kodim setempat.

Sementara itu dalam keterangannya Dandim 1510/Sanana Letkol Inf Karona Susilo kepada awak media menyampaikan bahwa kondisi cuaca yang ekstrim akhir-akhir ini sehingga mengakibatkan banyaknya nelayan yang hilang saat melaut.

"Kondisi ini perlu menjadi perhatian bagi kita semua terutama para nelayan agar pada saat melaut senantiasa melihat kondisi cuaca, serta kelaikan mesin maupun perahu. Selain itu kita telah menyiagakan personel khususnya para Babinsa bersama unsur SAR setempat untuk standby mengantisipasi adanya laporan perkembangan situasi," ujar dia. (Penrem 152)

Bagi ke WA Bagi ke G+