Petrus Fatlolon Harap Perempuan Tanimbar Mandiri

SAUMLAKI, LELEMUKU.COM – Bupati Kepulauan Tanimbar, Provinsi Maluku, Petrus Fatlolon mengharapkan melalui momen Peringatan Hari Kartini ke 140 Tahun 2019 yang berada dibawah sorotan Tema ‘Perkuat Advokasi dan Aksi Nyata Untuk Peningkatan Kualitas Pendidikan Formal Perempuan’ maka perempuan di daerahnya dapat menjadi inspirasi dan meningkatkan kualitas dalam diri yang semakin mandiri.

“Hendaknya melalui momentum Hari Kartini ini dapat menjadi inspirasi dan tidak henti-hentinya meningkatkan kualitas dalam diri yang mandiri,” ujar dia saat menyampaikan sambutan dalam acara yang dihadiri oleh para kaum wanita Kepulauan Tanimbar di Gedung Natar Kaumpu Olilit, Kecamatan Tanimbar Selatan (Tansel) pada Selasa (30/04/2019).

Bupati Fatlolon meminta para perempuan di daerah yang berbatasan langsung dengan Australia itu untuk bercermin kepada Tokoh Emansipasi Perempuan, Raden Adjeng Kartini yang sudah menginspirasi seluruh perempuan di Indonesia dengan semangatnya mampu menjadi pelopor kebangkitan kaum hawa pribumi di jamannya.

Melalui keberaniannya tersebut Presiden Soekarno mengeluarkan Keputusan Presiden (Kepres) Republik Indonesia (RI) Nomor 108 Tahun 1964, tanggal 2 Mei 1964, yang menetapkan Kartini sebagai Pahlawan Kemerdekaan Nasional sekaligus menetapkan hari lahir Kartini, tanggal 21 April, untuk diperingati setiap tahun sebagai hari besar yang kemudian dikenal sebagai Hari Kartini.

“Kaum perempuan Indonesia, khususnya di Tanimbar diminta untuk menerjemahkan semangat R. A. Kartini dalam kehidupan sehari-hari dimanapun peran dan tanggung jawab, baik di keluarga dalam rumah tangga, kantor atau dimana saja bertugas maupun di lingkungan sekitar,” pintanya.

Kegiatan itu pun dimeriahkan oleh pementasan drama dari Persatuan Istri Tentara (Persit) Saumlaki dan Persatuan Istri-istri Prajurit TNI Angkatan Laut (AL) (Jalasenastri) dan organisasi kewanitaan lainnya. (Laura Sobuber)
Bagi ke WA Bagi ke G+