-->

Hari Sandhi Chrishandoko Laksanakan Jam Pimpinan di Kodim Masohi

Hari Sandhi Chrishandoko Laksanakan Jam Pimpinan di Kodim Masohi


Hari Sandhi Chrishandoko Laksanakan Jam Pimpinan di Kodim Masohi

Posted: 04 Dec 2018 06:00 PM PST

Hari Sandhi Chrishandoko Laksanakan Jam Pimpinan di Kodim MasohiMASOHI, LELEMUKU.COM - Komandan Komando Distrik Militer (Dandim) 1502/Masohi, Letnan Kolonel Inf Hari Sandhi Chrishandoko, S.Sos. Laksanakan jam pimpinan dalam rangka Briefing awal Latihan Penanggulangan Bencana Alam(Latgulbencal) yang di selenggarakan oleh Komando Resor Militer  (Korem) 151/Binaya TA. 2018, bertempat di Makodim 1502/ Masohi ,Jln. Banda,Kel. Namaelo, Kec. Kota Masohi, Kab. Maluku-Tengah (3/12).

Dalam amanat Danrem 151/Binaiya yang di bacakan oleh Dandim bahwa latihan penanggulangan bencana alam (Latgulbencal) Korem 151/Binaiya ini bertujuan untuk memelihara serta meningkatkan kemampuan satuan teritorial dalam merencanakan, menyiapkan dan melaksanakan penanggulangan bencana alam.

"Latihan ini juga menyiapkan dan menguji protap SOP (Standar Operasional Prosedur) Penanggulangan bencana alam serta dapat terwujudnya rasa kebersamaan senasib dan sepenanggungan dari seluruh lapisan masyarakat di wilayah provinsi Maluku khususnya Kabupaten Maluku-Tengah,"pungkasnya.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Kasiops Korem 151/Binaya, Mayor Inf Teguh, Kasdim 1502/Masohi, Mayor Inf Adi Eka Jaya Saputra, Pasi Intel Dim 1502/Masohi, Kapten Inf Efendi Selayar, Pasi Ter Dim 1502/Masohi, Kapten Inf Agung Prabowo, Danramil 1502-02 Amahai, Lettu Inf Dulhadji Pelu, Danramil 1502-11/Waipia, Kapten Inf Nico Sambe, Pasiops Dim 1502/Masohi, Lettu Inf Mahaguru Tuasikal, Dan Unit Dim 1502/Masohi, Letda Inf Daud Tulak serta  anggota Latgulbencal 300 orang. (Penrem151)

DPRD Sorong Selatan Setujui Raperda Perubahan APBD 2018

Posted: 04 Dec 2018 05:30 PM PST

DPRD Sorong Selatan Setujui Raperda Perubahan APBD 2018TEMINABUAN, LELEMUKU.COM - Semua Fraksi di DPRD Kabupaten Sorong Selatan (Sorsel), Provinsi Papua Barat menerima dan menyetujui Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Perubahan APBD 2018 yang diajukan Pemkab Sorsel untuk ditetapkan menjadi Perda Kabupaten Sorsel.

Pernyataan politik tersebut disampaikan dalam pendapat akhir fraksi pada Parpirna II DPRD Jumat (23/11) lalu di ruang sidang DPRD. Perubahan APBD 2018 yang disahkan DPRD Kabupaten Sorsel yakni Pendapatan mengalami peningkatan menjadi Rp.865, 6 Miliar atau tepatnya Rp.865.635.474.771 dari APBD 2018 sekitar Rp.851 Miliar.

Selanjutnya postur Perubahan APBD 2018 yakni Belanja sebesar Rp.985, 3 Miliar atau tepatnya Rp.985.393.041.351,56; surplus/defisit sebesar Rp.119,7 Miliar lebih atau tepatnya Rp.119.757.566.544,56.

Selanjutnya pembiayaan daerah terdiri dari penerimaan sebesar Rp.126 Miliar atau tepatnya Rp.126.052.239.544,56 dan pengeluaran sebesar Rp.6,2 Miliar atau tepatnya Rp.6.294.673.000. Pembiayaan netto sebesar Rp.119,7 Miliar lebih atau tepatnya Rp.119.757.566.544,56. Sisa Lebih Penghitungan Anggaran (Silpa) Rp.0.

Paripurna II diikuti 18 orang anggota DPRD dari 20 anggota DPRD Kabupaten Sorsel. Fraksi Partai Golkar (FPG) mendapat kesempatan pertama menyampaikan pendapat akhir yang dibaca John Kabie.

Selanjutnya Fraksi Partai Amanat Nasional (FPAN) yang dibaca Karobium Agustinus Momot dan terakhir Fraksi Partai Demokrat (FPD) dibacakan Wilhelmus Simat, S.IP.

FPAN menyampaikan sejumlah catatan penting yang perlu mendapat perhatian eksekutif antara lain persoalan batas wilayah, pendapatan asli daerah (PAD) serta pelantikan pejabat.

Setelah semua Fraksi DPRD menyatakan menerima dan menyetujui Raperda Peribahan APBD 2018 disahkan menjadi Perda, dilakukan penandatanganan Keputusan Pimpinan DPRD dan berita acara oleh Ketua DPRD Jevries Kewetare, Wakil Ketua I DPRD Marthen Saflessa, Wakil Ketua II DPRD Salomina Salamuk, SE serta Wakil Bupati Sorsel Drs.Martinus Salamuk.

Setelah penandatanganan Keputusan Pimpinan DPRD dan berita acara, Ketua DPRD Jevries Kewetare menyerahkan dokumen Perubahan APBD 2018 kepada Wakil Bupati Sorsel Drs.Martinus Salamuk untuk dilaksanakan. Dokumen Perubahan APBD 2018 yang sudah disahkan DPRD tersebut selanjutnya dibawa ke Pemprov Papua Barat dan Kementrian Keuangan untuk dievaluasi sebelum dilaksanakan. (HumasSorsel)

Pasca Jembatan Roboh, Prajurit TNI Bantu Masyarakat Fair Sebrangi Kendaraan

Posted: 04 Dec 2018 05:00 PM PST

Pasca Jembatan Roboh, Prajurit TNI Bantu Masyarakat Fair Sebrangi KendaraanTUAL, LELEMUKU.COM - Bintara Pembina Desa (Babinsa) jajaran  Koramil 1503-01/Tual, Komando Distrik Militer (Kodim) 1503/Tual, Serka F. Wemay membantu masyarakat  Desa Fair Kec. Dullah Selatan Kota Tual, mengangkat kendaraan dan barang milik Masyarakat menyebrangi sungai dan dari Speedboad ke daratan, Minggu (02/12).

Kegiatan tersebut dilaksanakan karena kepedulian Babinsa dalam membantu masyarakat binaannya, dimana jembatan yang menghubungkan Desa Fair ke Kota Tual roboh akibat tidak mampu menahan beban kendaraan yang lewat. (Penrem151)

BKN Kanreg Manokwari Gelar Sosialisasi Pemetaan Kopetensi Jabatan di Sorsel

Posted: 04 Dec 2018 04:30 PM PST

BKN Kanreg Manokwari Gelar Sosialisasi Pemetaan Kopetensi Jabatan di SorselTEMINABUAN, LELEMUKU.COM - Pengembangan karir Pegawai Negeri Sipil (PNS) melalui promosi dan mutasi bukanlah hal mudah. Banyak aspek yang menjadi pertimbangan untuk mendapatklan kebijakan yang tepat dalam menempatkan dan mengangkat seorang PNS.

Kebanyakan instansi menempatkan seorang PNS ke dalam jabatan tertentu belum didasarkan pada kompetensi yang dimiliki PNS bersangkutan.  Masalahnya sebagian besar instansi belum memetakan kompeteni ASN yang dimilikinya, sehingga belum diketahui kesenjangan antara kompetensi yang dimiliki pegawai dengan kompetensi yang dipersyaratkan.

Untuk itulah Badan Kepegawaian Negara (BKN) Kantor Regional (Kanreg) XIV Manokwari membantu Pemda di Provinsi Papua Barat mengukur kompetensi PNS yang dimiliki khususnya PNS pelaksana. BKN melakukan kegiatan pemetaan preferensi kompetensi pelaksana dengan menggunakan instrumen Computer Assisted Test (CAT) atau berbasis komputer.

Hal tersebut disampaikan Kepala Bagian Tata Usaha (TU) BKN Kanreg XIV Manokwari Jaap Tanlain,SH saat pembukaan Sosialisasi Pemetaan Preferensi Kompetensi Jabatan Pelaksana berbasis komputer baru-baru ini di ruang rapat kantor Bupati Sorsel.

Sementara itu Kepala Bidang Sistem Informasi Kepegawaian BKN Kanreg XIV Manokwari Bagus Adi menambahkan, preferensi pemetaan kompetensi yang dilakukan ini untuk mencari tahu kompetensi seorang PNS. Dengan demikian kepala daerah menempatkan seorang PNS ke dalam jabatan sesuai dengan kompetensi yang dimiliki PNS bersangkutan atau dengan kata lain menempatkan seorang PNS pada tempat yang tepat.

Jadi PNS pelaksana yang mengikuti tes preferensi pemetaan kompetensi jangan takut atau ragu-ragu. Hasil tes ini bukan untuk menentukan kelulusan atau layak tidaknya seorang PNS menduduki suatu jabatan. Hasil pemetaan kompetensi pelaksana tersebut akan menjadi database Pemkab Sorsel dalam melakukan promosi dan mutasi PNS.

Bupati Sorsel Samsudin Anggiluli, SE saat membuka sosialisasi pemetaan preferensi pemetaan kompetensi jabatan pelaksana menegaskan, kegiatan tersebut sangaat bermanfaat bagi Pemda. Hasil pemetaan preferensi kompetensi jabatan pelaksana ini akan menjadi pedoman dalam menempatkan seorang PNS dalam jabatan tersebut.

Dengan demikian PNS yang ditempatkan ke dalam jabatan tertentu mempunyai kinerja baik karena sesuai dengan kompetensi yang dimilikinya. Untuk itulah pihaknya memberikan apresiasi kepada BKN yang melaksanakan kegiatan tersebut.

Kepada PNS pelaksana yang akan mengikuti tes preferensi kompetensi jabatan menjawab pertanyaan dengan jujur apa adanya, jangan dibuat-buat. (humasSorsel)

Perkuat Sinergitas, Koramil Dobo Gelar Olahraga Bersama TNI-Polri

Posted: 04 Dec 2018 04:00 PM PST

Perkuat Sinergitas, Koramil Dobo Gelar Olahraga Bersama TNI-PolriDOBO, LELEMUKU.COM - Untuk memperkuat sinergitas, Koramil 1503-03 /Dobo menggelar olahraga bersama, yang diikuti oleh personel gabungan TNI dan Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) bertempat di lapangan Upacara Polres Kep. Aru. Kompleks Sipur Jl. Rabia Jala Kel. Siwalima Kec. Pp. Aru. Kab. Kep. Aru. Prov. Maluku, Jumat (30/11).

Pada kegiatan tersebut turut hadir  Dir Intelkam Polda Maluku, KOMBESPOL Drs. M. ansory Arifin, Danlanal Aru, Letkol Laut (P) Sahatro Silaban, M.Tr (Hanla), Kapolres Kepulauan Aru, AKBP Adolof Bormasa, SH, MH, Pabung Kab. Kepulauan Aru Kodim 1503/Tual, Mayor Arm Hi. La Musa, SH, MH, Wakapolres Kep. Aru, Kompol Asmar Sena, SH, Palaksa Lanal Aru, Mayor Laut (KH) Ronni Siburian, SPd, Danramil 1503-03/Dobo, Kapten Inf Dody Masaoy, Ketua Bhayangkari Cabang Polres Kep. Aru Ny. Adolof Bormasa dan Anggota Bhayangkari, Ketua Jalasenastri Cabang 4 Koorcab IX DJA III/ Lanal Aru Ny. Nova Sahatro Silaban dan anggota Jalasenastri,Ketua Persit KCK Ranting 4 Koramil 1503-03/Dobo ny. Dody Masaoy dan anggota Persit.

Kegiatan ini merupakan momentum yang sangat baik, sebagai sarana  membina hubungan komunikasi yang harmonis serta menjalin hubungan kekeluagaan, silaturahmi dan kekompakan antara TNI-Polri yang merupakan mitra kerja. Sehingga di dalam meleksanakan tugas keamanan dapat di selesaikan dengan baik. (Penrem151)

Sawiat FC Rebut Piala Bupati Sorong Selatan

Posted: 04 Dec 2018 03:30 PM PST

Sawiat FC Rebut Piala Bupati Sorong SelatanTEMINABUAN, LELEMUKU.COM - Tim sepakbola Sawiat FC dari Distrik Sawiat merebut Piala Bupati Sorong Selatan setelah menaklukan tim sepakbola Salkma Mandiri FC dari Distrik Salkma, dengan skor 2-0 (1-0) dalam partai final Piala Bupati Sorsel Minggu (2/11) sore di Lapangan Trinati.

Pertandingan kedua tim yang dipimpin wasit Didi Paroy berlangsung sangat ketat, kedua tim berjuang keras untuk membawa pulang Piala Bupati Sorsel ke wilayahnya masing-masing.

Gol pertama Sawiat FC dicetak oleh Isak Krenak pada menit ke-20 memecah kebuntuan dan merubah kedudukan menjadi 1-0 untuk Sawiat FC. Kemasukan 1 bola,  anak-anak Salkma yang tergabung dalam Salkma Mandiri FC berjuang keras untuk menyamakan kedudukan.  Namun hingga turun minum kedudukan tidak berubah 1-0 untuk Sawiat FC.

Memasuki babak kedua, anak-anak Salkma Mandiri FC berusah keras untuk menyamakan kedudukan 1-1. Namun kegigihan anak-anak Salkma Mandiri FC tersebut belum membuahkan hasil, jusrtru anak-anak Sawiat FC berhasil memperbesar kemenangan dengan menjebol gawang Salkma Mandiri FC pada menit ke-70 lewat kaki Jeckson Hans Osok dan merubah skor menjadi 2-0 untuk keunggulan Sawiat FC.

Penjaga gawang Salkma Mandiri FC memungut bola di dalam gawangnya. Tertinggal 2 angka, pemain Sawiat FC berusaha keras memperkecil ketertinggalan.

Namun sayang Dewi Fortuna tidak berpihak pada Salkma Mandiri FC, sehingga gawang Sawiat FC yang dijaga oleh Romario D Yambe tidak kebobolan sejak kick off hingga wasit meniup peluit panjang. Sawiat FC memastikan kemenangan setelah pertandingan babak kedua berakhir.

 Selain membawa pulang Piala Bupati Sorsel, tim Sawiat FC mendapat hadiah uang pembinaan sebesar Rp.100 Juta. Juara II tim Salkma Mandiri FC mendapat hadiah uang pembinaan sebesar Rp.50 Juta. Top Skor atau pencetak gol terbanyak Jeckson Hans Osok dari Sawiat FC mendapat hadiah Rp.1.000.000. Penjaga gawang terbaik yang diraih penjaga gawang Sawiat FC juga mendapat hadiah Rp.1.000.000.

 Bupati Samsudin Anggiluli pada kesempatan tersebut meminta masyarakat terus meningkatkan prestasi di semua cabang olahraga, termasuk sepakbola yang dianggap bergengsi. (HumasSorsel)

Prajurit Korem Binaiya Laksanakan Permildas di Makorem

Posted: 04 Dec 2018 03:00 PM PST

Prajurit Korem Binaiya Laksanakan Permildas di MakoremAMBON, LELEMUKU.COM - Memasuki minggu militer bulan November 2018, Prajurit  Komando Resor Militer (Korem) 151/Binaiya melaksanakan latihan Peraturan Militer Dasar (Permildas) yang di selenggarakan di halaman upacara, Makorem 151/Binaiya, Kamis (29/11).

Kegiatan latihan permildas ini meliputi materi Peraturan Baris-berbaris (PBB), Peraturan Penghormatan Militer (PPM) dan Peraturan Urusan Dinas Dalam (PUDD).

"Dengan adanya latihan permildas ini, supaya meningkatkan ketangkasan setiap perorangan prajurit, kemudian disamakan dalam latihan kelompok atau Peleton maupun dalam kompi baik menggunakan senjata maupun tidak menggunakan senjata,"pungkas Kapten I Dewa Agung sebagai pembawa materi.

Diharapkan para prajurit disamping melaksanakan tugas kewilayahan dan rutinitas harian sesuai fungsi dan bidang masing-masing, tetapi untuk pengetahuan dasar keprajuritan harus tetap dikuasai dan juga kesiapan kondisi fisik harus tetap terjaga bagi seluruh prajurit sehingga tugas pokok dapat dicapai dan kemampuan perorangan tetap terpelihara.

Selesai mengikuti kegiatan Minggu Militer, baik itu yang bersifat pembinaan fisik dan pembinaan pengetahuan keprajuritan, kembali melakukan kegiatan sesuai tugas dan fungsinya masing-masing. (Penrem151)

Babinsa di Karay Laksanakan Kerja Bakti Bersihkan Bak dan Saluran Air

Posted: 04 Dec 2018 02:00 PM PST

Babinsa di Karay Laksanakan Kerja Bakti Bersihkan Bak dan Saluran AirKARAY, LELEMUKU.COM - Guna memperlancar air untuk mengalir ke perdesaan di wilayah Binaan, Babinsa Kopda Akbar Lewenussa mempelopori  masyarakat untuk bersama-sama melaksanakan kerja bhakti pembersihan bak dan saluran air bersih yang selama ini mampet selama musim penghujan bertempat di  Desa Karay, Kecamatan Teluk Waru, Kab. Seram Bagian Timur, Rabu (28/11).

Dalam kegiatan ini terlihat kekompakan antara TNI dan warga bahu membahu membersihkan dan menggali saluran air yang tertimbun tanah yang menjadi biang tergenangnya air ke pemukiman warga selama musim penghujan.

Sehingga dengan adanya gotong-royong  ini masyarakat dapat menikmati air  bersih dan dilakukan sebagai upaya untuk membantu masyarakat di desa binaan dengan tetap mengedepankan kebersamaan dan Komunikasi Sosial (Komsos) yang selama ini dilaksanakan kepada masyarakat, sehingga setiap permasalahan yang dihadapi masyarakat cepat diketahui. (Penrem151)

Kodim Masohi Gelar Peringatan Maulid Nabi Muhammad

Posted: 04 Dec 2018 01:00 PM PST

Kodim Masohi Gelar Peringatan Maulid Nabi MuhammadMASOHI, LELEMUKU.COM - Komando Distrik Militer (Kodim) 1502/Masohi menggelar peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW bertempat di Aula Kodim 1502/Masohi, Jln Banda, Kecamatan Kota Masohi, Kabupaten Maluku Tengah, Senin (27/11) dengan tema "Jadikan Hikmah Maulid Nabi Muhammad SAW 1440 H tahun 2018 M  Sebagai Suri Tauladan Bagi Prajurit dan PNS TNI-AD Yang Berjiwa Kesatria Militan Loyal Propesional Modern dan Manunggal dengan Rakyat"

Dalam sambutan Kepala Staf Kodim (Kasdim) 1502/Masohi, Mayor Inf Adi Eka Jaya Saputra bahwa peringatan Maulid Nabi Muhammad ini kita sebagai insan yang beriman kepada Allah SWT, kita wajib menjaga Keimanan ketakwaan sikap dan perilaku agar tercipta suasana yang aman,damai dan nyaman serta tentram.

Selain itu Hi. Al Ustadz Drs Sulaiman Pari menyampaikan banyak terimakasih kepada keluarga besar  Kodim 1502/Masohi yang telah mengundang  saya untuk mengisi Tausiyah dalam acara Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1440 H/2018 M.

"Maulid Nabi besar Muhammad SAW Adalah merupakan contoh dan suri tauladan bagi kita semua yang berharap akan Allah SWT dan hari akhir serta orang-orang yang mengingat Allah SWT dan Baginda Rasulullah SAW mempunyai kemampuan empat sifat yang perlu kita teladani dan terapkan dalam kehidupan sehari-hari diantaranya Shiddiq, Amanah, Fathonah, Tabliq , dari empat sifat tersebut apabila di amalkan dan terapkan dalam kehidupan maka akan terhindar dari sifat-sifat buruk dan tidak terpuji,"pungkasnya.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Danramil 1502-02/Amahai, Lettu Inf Dul Hadji Pellu, Pasi Ter Dim 1502/Masohi, Kapten Inf Agung Prabowo, Pasiops Dim 1502/Masohi, Lettu Inf Mahaguru Tuasikal, Ibu ketua Persit Kartika Chandra Kirana 1502/Masohi, Ny. Chrishandoko,S.Sos, serta Anggota  Kodim 1502/Masohi, PNS dan Anggota Persit kartika Candra Kirana cabang XXV Kodim 1502/Masohi berjumlah 100 orang. (Penrem151)

SAIK 2018, Moeldoko Harap Humas Kreatif Publikasikan Kegiatan Pemerintah

Posted: 04 Dec 2018 12:43 PM PST

SAIK 2018, Moeldoko Harap Humas Kreatif Publikasikan Kegiatan PemerintahTANGERANG, LELEMUKU.COM - Era Milennia merupakan era dimana gadget disertai media sosial begitu berperan dalam memberikan informasi. Membawa setiap orang menjadi kontributor informasi yang bahkan lebih aktual dan cepat daripada media sekalipun.

Hal tersebut disampaikan Kepala Staf Kepresidenan, Jenderal TNI (Purn) Moeldoko dalam arahannya jelang pembukaan Sinergi Aksi Informasi dan Komunikasi Publik (SAIK) 2018 di Ballroom Novotel,Tangerang, Provinsi Banten pada Senin (3/12).

Semua ini, sambungnya, menjadi paradoks, dimana informasi tidak hanya diperankan lewat media formal yang konkrit dan terpercaya, melainkan lewat media-media sosial yang belum tentu konkrit dan seringkali Hoax.

Menyikapi hak tersebut, Kepala Staf Presiden menghimbau kepada seluruh peserta untuk menjadi kuantum.

"Kuantum merupakan sekumpulan partikel berenergi yang bekerja bersama-sama," Terang Moeldoko.

Adapun kuantum yang di maksud bertujuan untuk menyikapi informasi-informasi yang beredar luas khususnya lewat dunia maya yang menjadi tantangan tersendiri.

Sementara itu, ditempat yang sama, Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) RI, Rudi Antara dalam sambutannya melalui Video Conference menyampaikan, memasuki era digital dimana semakin banyak orang Indonesia yang menggunakan teknologi digital dalam berinteraksi dan bertukar informasi.

"Menjadi tantangan bagi Humas Pemerintahan untuk bagaimana dapat menginformasikan atau mempublikasikan kebijakan-kebijakan, pencapaian  program-program pemerintah Pusat, BUMN, Daerah, dsb," terang Menkominfo.

Akan tetapi, ditambahkan, meski tengah berada dalam era digitalisasi menuju era komunikasi 4.0, namun tidak semua informasi bisa diterima masyarakat Indonesia.

"Entah karena keterbatasan dalam mengakses informasi melalui teknologi digital, ataupun belum memiliki pengetahuan yang baik dalam memilah dan memilih informasi yang baik," akunya.

Dengan demikian, tidak semua informasi yang ingin disampaikan kepada masyarakat, dapat dilakukan melalui media online ataupun sosial,dsb. Penyampaian Informasi, lanjutnya, masih dapat diperoleh lewat cara-cara konvensional dan efektif yang mudah diterima oleh masyarakat, seperti Pertunjukkan Rakyat, dan lain-lain.

Oleh karena itu, Pada SAIK 2018, Kementerian Komunikasi dan Informatika melalui Direktorat Informasi dan Komunikasi Publik juga menggelar Festival Pertunjukan Rakyat guna menambah wawasan bagi para peserta dalam memberikan informasi bagi masyarakat.

Kegiatan yang bertajuk "Sinergi Indonesia Menuju Era Komunikasi 4.0" berlangsung selama 2 (dua) hari yang akan ditutup dengan penyerahan Anugerah Media Humas (AMH),malam nanti. (DiskominfoAmbon)

Pemkot Ambon akan Berlakukan Sertifikat Digital dan Tanda Tangan Elektronik

Posted: 04 Dec 2018 12:37 PM PST

Pemkot Ambon akan Berlakukan Sertifikat dan Tanda Tangan ElektronikAMBON, LELEMUKU.COM – Langkah maju kembali dilakukan Pemerintah Kota Ambon, Provinsi Maluku dalam meningkatkan pelayanan masyarakat di Tahun 2019, yakni dengan menerapkan Sertifikat Dan Tanda Tangan Elektronik/Digital pada setiap dokumen yang diterbitkan Pemerintah Daerah.

Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian Kota Ambon Joy Adriaansz dan Kepala Balai Sertifikasi Elektronik Badan Siber dan Sandi Negara Rinaldy menandatangani kerjasama, Selasa (4/12) disaksikan Sekretaris Utama BSSN RI Syahrul Mubarak, SIP, MM bertempat di Auditorium Roebiono Kertopati BSSN Jakarta Selatan.

"Kami berharap Implementasi Sertifikat dan tanda tangan elektronik ini dapat diterapkan pada seluruh pelayanan Perizinan, Pelayanan Informasi, Produk Hukum, Tata Naskah Dinas dan Pelayanan Publik lainnya, serta dapat dilakukan oleh seluruh Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah di Lingkup Pemerintah Kota Ambon," kata Kadis Kominfo dan Persandian Kota Ambon dalam sambutannya setelah penandatanganan Kerjasama.

Adriaansz menghadiri penandatanganan kerjasama antara Balai Sertifikasi Elektronik Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) dengan Pemerintah Kota Ambon melalui Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian Kota Ambon yang merupakan salah satu implementasi dari Peraturan Presiden Nomor 95 Tahun 2018 tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik. Kegiatan ini juga dihadiri Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Ambon Ny. F. Louhenapessy beserta staf terkait.

Selain Pemerintah Kota Ambon, penandatanganan kerja sama serupa juga dilakukan beberapa daerah yang telah disurvey dan dinyatakan Kesiapannya oleh BSSN RI baik dari segi infrastruktur, SDM maupun Anggaran yakni Provinsi Nusa Tenggara Timur, Provinsi Sumatera Utara, Kotawaringin Timur, Kota Banjarbaru, Kabupaten Bantul, Kabupaten Klungkung, Kota Bontang, Kabupaten Sukoharjo dan Kota Salatiga.

Ini menjadi langkah maju bagi Kota Ambon, karena menjadi Pemerintah Kota pertama di Kawasan Timur Indonesia dan di Provinsi Maluku, yang memberlakuan Sertifikat dan tanda tangan elektronik. Hal ini sekaligus menunjukkan keseriusan pemerintah Kota Ambon dibawah kepemimpinan Walikota Ambon Richard Louhenapessy dan Wakil Walikota Ambon Syarif Hadler, untuk terus meningkatkan pelayanan Publik guna mewujudkan Visi Pemerintah Kota yakni Mewujudkan Ambon yang Harmonis, Sejahtera dan Religius.

"Kami optimis bahwa Sistem Elektronik ini dapat dimanfaatkan dalam mewujudkan Pelayanan Publik yang lebih baik, Efektif, Efisien, Akuntabel dan Transparan" ujar Adriaansz.

Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian Kota Ambon Joy Adriaansz mengatakan penerapan Sertifikat dan tanda tangan elektronik ini akan segera diintegrasikan secara bertahap di Tahun 2019, dengan sistem Informasi Manajemen atau Aplikasi yang sudah ada maupun yang akan diterapkan terkhusus pada Sistem Informasi Manajemen Pelayanan Terpadu Satu Pintu (SIMANTAP) maupun Sistem Informasi Manajemen Ambon Satu Akses (SIM ASA).

"Penerapan tanda tangan elektronik juga membantu proses percepatan pelayanan publik serta data yang telah dibubuhi tanda tangan, tentunya dapat disimpan secara digital. Selain itu, program ini tentunya sejalan dengan Rencana Aksi KPK dalam rangka meminimalisir terjadinya pertemuan antara masyarakat dan aparatur pemerintah dalaE pelayanan adninistrasi serta dapat meminimalkan penggunaan kertas dalam proses administrasi pemerintah," ujar Adriaansz.

Sekretaris Utama Badan Siber dan Sandi Negara menjelaskan, sebagai dasar hukum, tanda tangan digital sudah dilindungi Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE). "Di UU ITE sudah dinyatakan bahwa kekuatan hukum tanda tangan digital sama persis seperti tanda tangan biasa," tutur Syahrul.

Perjanjian kerja sama layanan Sertifikat dan tanda tangan elektronik diberikan oleh Balai Sertifikasi Elektronik (BSrE). BSrE adalah Unit Pelaksana Teknis yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Kepala Badan Siber dan Sandi Negara, yang secara teknis dibina oleh Deputi Bidang Proteksi dan secara administratif dibina oleh Sekretaris Utama.

Bentuk layanan Sertifikat Elektronik adalah sertifikat yang bersifat elektronik yang memuat tanda tangan elektronik dan identitas yang menunjukkan status subjek hukum dalam transaksi elektronik yang dikeluarkan oleh penyelenggara Sertifikat Elektronik.

Perjanjian kerja sama ini berlaku untuk jangka waktu empat tahun terhitung sejak tanggal ditandatangani dan dapat diperpanjang atau diperbaharui sesuai kesepakatan. Kerja sama ini sebagai acuan dalam melaksanakan kerja sama pemanfaatan sertifikat elektronik di lingkungan Pemerintah Kota Ambon. (DiskominfoAmbon)

Polres MTB Berhasil Ungkap 3 Kasus Pencurian di Tanimbar

Posted: 04 Dec 2018 12:12 PM PST

Polres MTB Berhasil Ungkap 3 Kasus Pencurian di TanimbarSAUMLAKI, LELEMUKU.COM – Kepolisian Resor (Polres) Kabupaten Maluku Tenggara Barat (MTB), Provinsi Maluku berhasil mengungkap tiga kasus pidana pencurian yang akhir-akhir ini cukup meningkat di Kepulauan Tanimbar.

"Ada beberapa kasus yang sudah kami ungkap termasuk ada juga kasus pencurian dengan pemberatan dan kasus curanmor atau pencurian kendaraan bermotor. Khusus untuk kasus curanmor ini merupakan kasus yang dibilang cukup menarik karena sebelumnya jarang sekali terjadi," ujar Kepala Polres (Kapolres) MTB AKBP Andre Sukendar, S.I.K melalui  Wakil Kapolres (Wakapolres) MTB Kompol Lodevicus Tethool, SH., MH saat press release atau rilis media kepada para awak media di Halaman Mapolres MTB pada Selasa (4/12).

Dia mengungkapkan hal ini dilakukan pihaknya agar seluruh masyarakat Bumi Duan Lolat dapat memperoleh informasi yang cukup tentang upaya-upaya penanganan kasus pencurian yang sudah dilakukan oleh Polres MTB dan jajarannya.

"Kasus ini kemudian diungkap oleh rekan-rekan hanya dalam tenggang waktu kurang dari 24 jam hingga dua kali 24 jam. Kami berupaya untuk terus mengungkap jarigan yang ada terkait dengan beberapa kasus pencurian serupa curanmor. Mudah-mudahan dengan ini kami bisa mengungkap lagi kasus-kasus pencurian kendaraan bermotor yang sering terjadi," ungkap Tethool.

Tiga kasus pencurian tersebut diantaranya pencurian dari pemilik warung makan di Jalan Poros Depan Sekolah Menengah Atas (SMA) Unggulan Kota Saumlaki, Kecamatan Tanimbar Selatan (tansel) yang diparkir oleh pemiliknya saat melakukan aktifitas pencualan oleh tersangka insial HR (27), berupa satu unit sepeda motor merek Yamaha IM 3 berwarna merah muda dengan Nomor Polisi DE 2397 E, Nomor Rangka MH1hb62118K367635 dan Nomor Nesin HB62E-1363061 dan berhasil disita oleh pihak Kepolisian pada Sabtu (1/12) lalu.

Kemudian, pencurian yang dilakukan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Dr. P.P. Magretti Saumlaki, Kecamatan Tansel oleh tersangka inisial YF (18) berupa uang tunai sebesar Rp700.000, dua unit telepon genggam berwarna merah dengan merek Oppo A3S dan berwarna hitam biru dengan merek VIVO V11 PRO, satu buah jam tangan berwarna hitam merek Advan, satu buah ban motor merek X-Team, satu buah ban dalam motor merek Kobe, satu buah celana pendek berwarna hitam putih, satu buah baju kaos berkerak berwarna hitam putih, satu buah tas pinggang berwarna hitam merek Reid dan sepasang kaos kaki berwarna coklat dan berhasil disita oleh pihak Kepolisian pada Jumat (30/12).

Serta pencurian yang dilakukan oleh tersangka inisial RE (34), berupa satu buah mesin temple atau mesin gantung merek Johnson Yamaha 15 Pk berwarna abu-abu dan berhasil disita pihak Kepolisian pada Senin (10/9).

Tethool menuturkan jika pengungkapan kasus-kasus pencurian itu juga karena peran aktif dari masyarakat Tanimbar sendiri dalam memberikan informasi kepada aparat penyelidik.

Ia pun berpesan agar masyarakat dapat membantu pihaknya dengan memperhatikan keamanan dari barang-barang berharganya masing-masing supaya tidak memberikan peluang lebih kepada niat pelaku. Contohnya pada malam hari bisa kembali mengecek pintu dan jendela rumah, toko atau pondok agar jangan tetap terbuka, tidak memarkir kendaraan di tempat sunyi, gelap dan jauh dari keramaian serta jangan lupa mencabut kunci motor dari kunci kontaknya.

"Semakin banyak informasi yang kami terima akan semakin besar peluang untuk kami mengungkap sehingga sekali lagi kami minta masyarakat Tanimbar untuk jangan memberikan peluang kepada niat pelaku," pesan Wakapolres.(Laura Sobuber)

Peringati Hari AIDS Sedunia, KPA Biak Numfor Gelar Jalan Santai dan Sehat Bersama

Posted: 04 Dec 2018 12:03 PM PST

Peringati Hari AIDS Sedunia, KPA Biak Numfor Gelar Jalan Santai dan Sehat BersamaBIAK, LELEMUKU.COM - Dunia mengingatkan pentingnya kesehatan agar diselematkan dari AIDS yang diperingati setiap tanggal 1 Desember.

Begitupun di Kabupaten Biak Numfor, dipusatkan di Taman Adam Manggara, peringatan yang digagas oleh Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) ditandai dengan jalan santai, senam sehat bersama, juga pembagian stiker di beberapa ruas jalan utama.

Sambutan tertulis yang dibacakan Asisten II, Ferry Bettay mengajak masyarakat hidup sehat, bebas dari AIDS.

"Kampanye tentang bahaya penyakit menular HIV/AIDS tidak hanya sebatas memperingati hari AIDS sedunia 1 Desember, tetapi ajakan ini harus terus disuarakan di lingkungan keluarga, kelompok masyarakat dan kegiatan keagamaan" ujar Ferry.

Saat ditemui, Kepala Dinas Kesehatan Biak dr Daisy Ch Urbinas mengharapkan kampanye pencegahan HIV/AIDS dengan acara jalan sehat, pembagian pita serta stiker untuk mengingatkan warga akan bahayanya penyakit menular ini.

Tampak ratusan peserta yang ikut dalam jalan santai dan senam sehat ini diikuti Kepala Sekretariat KPA Biak Numfor, Septherlina Rumbiak dan sejumlah pejabat lainnya. (HumasBiakNumfor)

Apel Danrem-Dandim Terpusat Fokus Perkembangan Lingkungan Strategis

Posted: 04 Dec 2018 12:00 PM PST

Apel Danrem-Dandim Terpusat Fokus Perkembangan Lingkungan StrategisBANDUNG, LELEMUKU.COM - Di tengah perkembangan lingkungan strategis, baik lingkup global dan regional  yang sangat kompleks, penuh ketidakpastian dan sulit diprediksi menyebabkan tuntutan tugas Satuan Komando Wilayah (Satkowil) semakin berat. Demikian disampaikan Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Mulyono pada pembukaan Apel Komandan Korem dan Komandan Kodim (Apel Danrem-Dandim) Terpusat tahun 2018 di Pusat Kesenjataan Infanteri (Pussenif) Kodiklatad, Bandung, Jawa Barat, Senin (26/11).

Apel yang akan berlangsung sampai dengan 28 Nopember 2018 ini, selain dihadiri para pejabat teras TNI AD, juga dihadiri oleh Presiden RI Ir. Joko Widodo, Menko Kemaritiman, Menhan, Panglima TNI, Kasad, Kapolri, Ketua Bawaslu, Menkopolhukam, Mentan, Ketua KPU Pusat, Kepala Bais TNI, Mendagri dan Kepala BNN yang sekaligus akan memberikan pembekalan kepada para peserta.

Dikatakan Kasad, dalam beberapa tahun terakhir, Indonesia terus diguncang oleh berbagai kejadian yang mengganggu stabilitas Keamanan Nasional (Kamnas). Menurutnya, stabilitas itu merupakan prasyarat utama dan pondasi kelancaran pembangunan nasional.

"Berbagai aksi separatisme, radikalisme maupun terorisme terus mengancam.  Di tengah dinamika itulah, tuntutan tugas Satuan Komando Kewilayahan (Satkowil) semakin berat, khususnya dalam hal pemberdayaan wilayah pertahanan di  darat, yaitu untuk mewujudkan ruang, alat, serta kondisi juang sekaligus kemanunggalan TNI-Rakyat yang tangguh untuk kepentingan pertahanan negara,"ujar Kasad.

Dengan semakin dekatnya penyelenggaraan Pemilihan Umum pada tahun 2019 nanti, diungkapkan Kasad, tuntutan tugas tersebut menjadi semakin menantang.

"Sebagai konsekuensi logis dari kodrat TNI untuk bekerja tidak berdasarkan kepentingan politik atau golongan, namun demi bangsa dan negara, momen tersebut merupakan ujian sekaligus pembuktian komitmen netralitas TNI. Kita harus benar-benar memahami bahwa TNI adalah milik nasional, yang berdiri di atas semua golongan, " tegas Kasad.

Kasad Jenderal TNI Mulyono mengingatkan, berkaca dari jalannya Pemilu baik Pilpres dan Pilkada dalam beberapa tahun terakhir, semua pihak harus mewaspadai terjadinya peningkatan kompleksitas spektrum ancaman terhadap penyelenggaraan Pemilu 2019.

"Semuanya harus berkomitmen untuk mewujudkan Pemilu yang aman, damai dan bebas dari kerusuhan, demonstrasi, unjuk rasa yang anarkis, maupun konflik sosial yang dapat membahayakan Kamnas", tegas Kasad.

"Sinergi dan kolaborasi yang kokoh antara TNI, Polri dan  Pemerintah Daerah (Pemda) serta elemen masyarakat merupakan suatu prasyarat mutlak yang harus diwujudkan. Dalam pelaksanaannya, dibutuhkan kecepatan serta ketepatan bertindak dari para Danrem maupun Dandim dalam melaksanakan tugas bantuan kepada Pemda dan Polri," imbuh Kasad.

Apel Danrem Dandim Terpusat  tahun 2018 yang mengusung tema " Meningkatkan Profesionalisme Aparat Komando Kewilayahan Untuk Menyukseskan Pemilihan Umum Tahun 2019" diikuti oleh 417 orang, selain sebagai wadah silaturahmi, kegiatan ini juga untuk memantapkan pemahaman, penyamaan pola pikir, koordinasi, maupun penjabaran atas kebijakan pimpinan TNI AD, sekaligus melakukan evaluasi atas tindak lanjut permasalahan pembinaan teritorial (Binter).

"Saya mengharapkan para Dansatkowil mengoptimalkan pelaksanaan kegiatan Apel (Danrem-Dandim) ini sebagai media untuk menyamakan persepsi, pola sikap serta pola tindak aparat komando kewilayahan dalam rangka meningkatkan kualitas Binter TNI AD," pungkas Kasad Jenderal TNI Mulyono.

Pada kesempatan tersebut, Kasad Jenderal TNI Mulyono menyerahkan bantuan kepada korban bencana di Palu, Sigi dan Donggala melalui Danren 132/Tadulako  Kolonel Inf Agus Sasmita sebesar Rp. 6,5 Milyar serta memberikan penghargaan kepada  pemenang  juara Lomba Karya Tulis Teritorial diantaranya juara pertama kelompok Perwira Menengah yaitu Dandim 1602/Ende, Letkol Kav Suteja, S.H, M.Si dan kelompok Perwira Pertama yaitu Kapten Inf Th Yosi Wibowo Kristianto  dari Pusdik Passus. (Dispenad)

Samsudin Anggiluli dan Martinus Salamuk Tinjau NOC di Pelabuhan Ampera Teminabuan

Posted: 04 Dec 2018 11:08 AM PST

Samsudin Anggiluli dan Martinus Salamuk Tinjau NOC di Pelabuhan Ampera TeminabuanTEMINABUAN, LELEMUKU.COM - Bupati Sorong Selatan (Sorsel) Samsudin Anggiluli, SE bersama Wakil Bupati Drs. Martinus Salamuk, Ketua DPRD Sorsel Jevries N. Kewetare, SP, Ketua DPR Provinsi Papua Barat Pieters Kondjol, SE, MA dan sejumlah Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) meninjau pembangunan Network Operation Centre (NOC) yang terletak di Pelabuhan Ampera Teminabuan belum lama ini.

Perlu diketahui NOC adalah tempat administrator yang mengawasi, memantau dan mengamankan jaringan komunikasi, atau sering disebut  pusat data. Suatu ruangan yang berisi visualisasi dari jaringan atau jaringan yang sedang dipantau, dimana status rinci jaringan dapat dilihat dan perangkat lunak yang diperlukan untuk mengelola jaringan.

Bupati Samsudin Anggiluli bersama rombongan sempat berbincang-bincang dengan kontraktor yang memasang kabel serat optik atau jaringan kabel laut, yakni PT Palapa Timur Telematika yang mengerjakan proyek Palapa Ring Timur.

Kontraktor Tagor Butarbutar selaku kepada wartawan menjelaskan bahwa, pemasangan kabel optik laut dari induk di Sorong ke Sorong Selatan sudah selesai dikerjakan. Selanjutnya akan dilakukan pengerjaan yang sama menuju LNG Tangguh, Bintuni dan ke Manokwari.

Pihaknya hanya bertugas memasang jaringan kabel optik laut. Selanjutnya ada tim lain dari PT. Palapa Timur Telematika yang bertugas menghubungkan jaringan internetnya. Jadi kapan jaringan internetnya terhubung, pihaknya tidak bisa memastikan. Proyek yang dikerjakan tersebut merupakan program pemerintah pusat.

Tujuannya adalah agar seluruh wilayah Indonesia Bagian Timur dapat terhubung dengan jaringan, serta akan terhubung juga dengan wilayah Indonesia Bagia Barat. Atau dengan kata lain, melalui program ini seluruh wilayah Indonesia akan terhubung jaringan komunikasi dan internet.

Sementara itu Bupati Sorsel Samsudin Anggiluli, SE kepada wartawan menjelaskan, pihaknya atas nama masyarakat menyampaikan terima kasih kepada pemerintah pusat, secara khusus kepada Presiden RI Joko Widodo atas program pemasangan jaringan kabel optik laut yang menjangkau seluruh wilayah Indonesia, termasuk di Kabupaten Sorong Selatan yang tergolong daerah terpencil.

Melalui program ini masyarakat yang di daerah juga akan menikmati jaringan telekomunikasi dan internet secara baik, sama halnya dengan daerah lain yang sudah maju. Mudah-mudahan sampai tahun 2019 mendatang masyarakat sudah menikmati fasilitas kabel optik yang baru dipasang tersebut. Pihaknya sangat mendukung program pemerintah pusat ini.

Untuk itu Pemkab Sorsel menyediakan lokasi pembangunan NOC. Pihaknya juga menghimbau seluruh masyarakat Sorsel, supaya dapat mendukung program pemasangan jaringan yang sementara dukerjakan kontraktor. (humassorongselatan)

PBB Ungkap Lebih dari 150 Perempuan Diperkosa di Sudan Selatan

Posted: 04 Dec 2018 10:23 AM PST

PBB Ungkap Lebih dari 150 Perempuan Diperkosa di Sudan SelatanWASHINGTON, LELEMUKU.COM - Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) menyatakan lebih dari 150 perempuan dewasa dan anak-anak di Sudan Selatan telah diperkosa atau menjadi sasaran kekerasan seksual bentuk lainnya dalam beberapa hari terakhir ini.

Serangan tersebut dilakukan oleh "lelaki bersenjata, kebanyakan berseragam," di dekat Bentiu, kota di bagian utara, sebut pernyataan bersama yang ditandatangani hari Senin (3/12) oleh Direktur Eksekutif UNICEF Henrietta Fore, wakil Sekjen PBB urusan kemanusiaan Mark Lowcock, dan Direktur Dana Populasi PBB Natalia Kanem.

Ketiga pejabat itu menyerukan kepada semua "pihak berwenang terkait untuk secara terbuka mengecam serangan-serangan itu dan memastikan mereka yang bertanggung jawab atas kejahatan tersebut dihadapkan ke pengadilan."

Kelompok bantuan Doctors Without Borders menyatakan pekan lalu bahwa 125 perempuan dewasa dan anak-anak telah mengalami serangan seksual sewaktu sedang berjalan menuju lokasi pembagian makanan di Bentiu. Kelompok itu menyatakan para penyerang merampok baju, sepatu, uang dan bahkan kartu ransum bantuan pangan dari para korban.

Menurut pernyataan PBB, sekitar 2.300 kasus kekerasan seksual telah dilaporkan di Sudan Selatan pada semester pertama tahun 2018, dengan mayoritas korban adalah perempuan dewasa dan anak-anak. Lebih dari 20 persen korban adalah anak-anak.

Akan tetapi berbagai lembaga bantuan menyatakan jumlah kasus yang sebenarnya "jauh lebih tinggi," karena kekerasan berdasarkan gender sangat kurang dilaporkan. (VOA)

Di Tengah-tengah Sanksi AS, Iran Ancam akan Tutup Selat Hormuz

Posted: 04 Dec 2018 10:17 AM PST

Di Tengah-tengah Sanksi AS, Iran Ancam akan Tutup Selat Hormuz TEHRAN, LELEMUKU.COM - Presiden Iran Hassan Rouhani telah kembali mengancam akan menutup Selat Hormuz, jalur pelayaran bagi sepertiga minyak yang diperdagangkan melalui laut.

Televisi pemerintah mengutip Rouhani yang mengatakan pada hari Selasa (4/12) bahwa "apabila suatu hari Amerika Serikat memutuskan untuk memblokir ekspor minyak Iran, tidak akan ada minyak yang diekspor dari Teluk Persia."

Selat Hormuz yang berada di bagian mulut Teluk Persia sangat penting bagi pasokan energi global.

Rouhani juga bertekad bahwa Amerika Serikat tidak akan dapat mencegah Iran mengekspor minyak mentahnya.

Rouhani telah mengeluarkan ancaman-ancaman serupa sebelum ini, terutama setelah presiden Donald Trump mengancam akan mengurangi ekspor minyak Iran hingga ke titik nol.Ancamannya itu disambut baik oleh banyak pejabat Iran, termasuk dari kelompok garis keras seperti Jenderal

Qassem Soleimani, komandan Quds, pasukan elit di Garda Revolusi Iran. (VOA)

Prajurit Korem Binaiya Laksanakan Latihan PDM

Posted: 04 Dec 2018 10:02 AM PST

Prajurit Korem Binaiya Laksanakan Latihan PDMAMBON, LELEMUKU.COM - Prajurit Korem 151/Binaiya, pagi ini melaksanakan latihan Peraturan Disiplin Militer (PDM), memanfaatkan waktu Minggu Militer yang dilaksanakan di pekan terakhir setiap bulannya, Senin (26/11) di Lapangan Makorem 151/Binaiya.

"Kita sebagai prajurit harus mengerti dan belajar kembali tentang Peraturan Disiplin Militer sebagai modal dasar kita melaksanakan tugas pokok sehari-hari sehingga tujuan untuk membentuk prajurit profesional dalam mengemban tugas di lapangan dapat terwujud."Ujar Serka La Boy sebagai pembawa materi.

Adapun materi dalam latihan Peraturan Disiplin Militer kali ini antara lain mempelajari dan mengulas kembali tentang Materi Undang-Undang tentang Hukum Disiplin Militer yang terdiri dari 13 Bab dan 62 Pasal. (Penrem151)

Samsudin Anggiluli dan Martinus Salamuk Tanam Pohon di Konda

Posted: 04 Dec 2018 09:59 AM PST

Samsudin Anggiluli dan Martinus Salamuk Tanam Pohon di KondaTEMINABUAN, LELEMUKU.COM - Bupati Sorong Selatan (Sorsel), Provinsi Papua Barat, Samsudin Anggiluli, SE dan Wakil Bupati (Wabup) Drs.Martinus Salamuk menanam pohon di ibukota Distrik Konda yakni di Kampung Bariat.

Penanaman pohon yang dilaksanakan Rabu (28/11) lalu dalam rangka memperingati Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI). Penanaman pohon yang dilaksanakan oleh Cabang Dinas Kehutanan (CDK) Kabupaten Sorong Selatan. 

HMPI yang ditetapkan dalam Keppres RI No. 24 Tahun 2008 merupakan langkah, untuk memberikan kesadaran kepada masyarakat tentang pentingnya menanam pohon.

HMPI juga dilakukan sebagai wujud kepedulian dalam memulihkan kerusakan hutan dan lahan. Menanam pohon juga dapat mengurangi abrasi pantai. Program penanaman pohon ini juga bertujuan meningkatkan kepedulian masyarakat untuk ikut menjaga lingkungan.

Sehubungan dengan itu Cabang Dinas Kehutanan mengadakan 800 anakan pohon untuk dinam secara bersama-sama di Distrik Konda.

Jumlah anakan pohon yang ditanam pada HMPI tahun ini sebanyak 800 anakan yang terdiri dari tanaman kehutan dan tamaman MPTS yakni matoa, damar, pinang dan pucuk merah.

Kegiatan penanaman pohon tersebut dihadiri Wakil Bupati (Wabup) Sorsel Drs.Martinus Salamuk dan sejumlah Pimpinan OPD di lingkungan Pemkab Sorsel.

 Bupati Samsudin Anggiluli saat membacakan sambutan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya menjelaskan, perbaikan lingkungan merupakan kerja besar, dan sangat bermanfaat bagi masyarakat luas. Untuk itu pihaknya ikut serta mendukung gerakan penanaman satu miliar pohon ini.

Keikutsertaan semua pihak dalam kegiatan penanaman pohon ini dapat dikatakan bahwa dalam pembangunan nasional tidak ada program yang primadona, karena pada dasarnya di dalam pembangunan nasional itu terdapat keterkaitan anta rsektor, dan semua sektor harus saling mendukung demi tercapainya tujuan pembangunan nasional. Inilah yang kita sebut dengan kebersamaan.

"Saya harapkan peringatan Hari Menanam Pohon Indonesia ini akan membangkitkan semangat swadaya masyarakat dalam gerakan penanaman satu miliar pohon, Hal inilah yang menjadi esensi dalam seluruh program gerakan penanaman pohon yang telah diluncurkan Kementerian Kehutanan dalam rangka perbaikan lahan kritis. (HumasSorsel)

Abdul Faris Umlati Lepas Peserta Wisata Rohani dari Raja Ampat ke Yerusalem

Posted: 04 Dec 2018 09:52 AM PST

Abdul Faris Umlati Lepas Peserta Wisata Rohani dari Raja Ampat ke Yerusalem
WAISAI, LELEMUKU.COM - Bupati Raja Ampat, Provinsi Papua Barat, Abdul Faris Umlati, SE melepas keberangkatan peserta wisata rohani ke Yerusalem yang terdiri dari tokoh agama dan Aparatur Sipil Negara (ASN) yang dilaksanakan di Kantor Bupati Raja Ampat, Jumat (30/11).

Kegiatan wisata rohani ke Yerusalem merupakan salah satu program rutin pemda Raja Ampat untuk meningkatkan pengalaman rohani dan iman baik para tokoh agama yang terdiri 10 orang yang dibiayai APBD Kabupaten Raja Ampat, juga 5 orang Aparatur Sipil Negara (ASN) yang dibiayai dari keluarga Abdul Faris Umlati, SE.

"Saya berharap kegiatan wisata rohani ini membawa hikmah rohani dan suka cita bagi bapak/ibu yang melakukan perjalanan ke tanah suci," ujar Abdul Faris Umlati, SE dalam arahan sebelum melepas keberangkatan peserta.

Afu, sapaan Abdul Faris Umlati meminta peserta untuk kompak dan saling kerja sama dalam perjalanan serta mendoakan pemerintah dan masyarakat Raja Ampat saat berada di tanah suci, Yerusalem.

"Saya berpesan agar mendoakan kami pemerintah dan masyarakat Raja Ampat saat berada disana," harapnya.

Selain tokoh agama dan ASN beragama nasrani, Pemda Raja Ampat juga membiayai kegiatan umroh dan naik haji bagi tokoh agama beragama muslim di Raja Ampat, dan progrma ini rutin dilaksanakan setiap tahun di Raja Ampat.

Pelepasan peserta wisata rohani yang dihadiri Sekda Raja Ampat, Dr. Yusuf Salim, M.Si ditandai dengan penyerahan pasport dari Bupati Raja Ampat kepada Sr. Anselma, sebagai salah satu peserta perwakilan agama katolik.  (DiskominfoRajaAmpat)

Lalu Lintas Kapal Kargo Milik Ukraina di Laut Azov Kembali Normal

Posted: 04 Dec 2018 09:51 AM PST

Lalu Lintas Kargo Ukraina di Laut Azov Kembali Normal
KIEV, LELEMUKU.COM - Pemerintah Ukraina menyatakan lalu lintas kapal telah dimulai dari dan ke pelabuhan-pelabuhannya di Laut Azov, menyusul konfrontasinya dengan Rusia.

Menteri Infrastruktur Ukraina Volodymyr Omelyan mengatakan, kapal-kapal niaga telah berlayar melalui Selat Kerch yang menghubungkan Laut Azov dengan Laut Hitam.

Omelyan, yang menuduh Rusia pekan lalu memblokade Selat Kerch dari kapal-kapal kargo Ukraina, Selasa menyatakan bahwa pelabuhan Berdyansk dan Mariupol "sebagian telah terbuka" berkat "tanggapan internasional yang kuat."

Akan tetapi Rusia bersikeras tidak pernah menghalangi kapal-kapal itu berlayar melalui Selat Kerch dan bahwa gangguan berlayar itu terkait dengan kondisi cuaca buruk.

Hubungan antara kedua negara bertetangga itu semakin tegang terkait insiden 25 November lalu, di mana pasukan garda pantai Rusia melepaskan tembakan dan menahan tiga kapal Angkatan Laut Ukraina dan berikut awak mereka. (VOA)

Sosialisasi Pokja P2KTD dan Rakor Tim Inovasi Desa di Raja Ampat

Posted: 04 Dec 2018 09:43 AM PST

Sosialisasi Pokja P2KTD dan Rakor Tim Inovasi Desa di Raja AmpatWAISAI, LELEMUKU.COM - Pemerintah Kabupaten Raja Ampat, Provinsi Papua Barat melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat Kampung (PMK) bekerja sama dengan instansi teknis  terkait menggelar sosialisasi Kelompok kerja (pokja) Tim Penyedia Peningkatan Kapasitas Teknis Desa (P2KTD), sekaligus rapat kooordinasi (rakor) Tim Inovasi Desa Kabupaten Raja Ampat, yang dilaksanakan di Aula Dinas Pendidikan dan Kebudayaan-Raja Ampat, Kamis (28/11).

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Kampung (PMK) Raja Ampat, Pegilius Soor, S.Sos, M.H menjelaskan tujuan sosialisasi P2KTD adalah untuk mewujudkan kegiatan desa/kampung yang inovatif dan lebih berkualitas, membantu pemda dalam menyediakan layanan teknis yang dibutuhkan desa serta meningkatkan kapasitas kelembagaan dan kader pemberdayaan masyarakat desa.

"P2KTD dimaksudkan untuk membantu desa mewujudkan Kegiatan Inovasi Desa yang membutuhkan keahlian teknis tertentu dalam meningkatkan kualitas pembangunan desa atau kampung dibidang pengembagan ekonomi dan kewirausahaan, pengembangan SDM dan infrastruktur desa," ujar Pegilius Soor.

Dijelaskannya P2KTD  dibentuk berdasarkan undang-undang nomor:  6 tahun 2014 tentang desa dan Peraturan Pemerintah Nomor 43 tahun hn 2014  sebagai Peraturan Pelaksanaan UU Nomor:  6 Tahn 2014 tentang Desa.

"P2KTD adalah Lembaga Penyedia Peningkatan Kapasitas Teknis Desa Yg berasal dari Lembaga Swadaya Masyarakat, Universitas, CV, PT, CSO sebagai Pendamping Desa dalam melaksanakan Pekerjaan di Desa yg mana Bertugas membuat RAB, Menyusun Perencanaan dan  Membuat Mou bersama- Sama dengan TPID dan CV atau PT melaksanakan Pekerjaan Di Desa di mana Desa sangat Membutuhkan CV atau PT tersebut," tambahnya.

"Saya berharap melalui sosialisasi dan rakor tersebut P2KTD dimana anggotanya tim inovasi kabupaten memiliki pemahaman dan pengetahuan yang cukup dalam melaksanakan tugas-tugasnya dalam melakukan pendampingan di desa-desa atau kampung-kampung di Raja Ampat," ujar Pegilius. (DiskominfoRajaAmpat)

OCHA Nilai Pembicaraan Soal Yaman Tidak Mudah dan Cepat

Posted: 04 Dec 2018 09:41 AM PST

OCHA Nilai Pembicaraan Soal Yaman Tidak Mudah dan CepatWASHINGTON, LELEMUKU.COM - Kepala badan bantuan kemanusiaan PBB menyatakan ia memperkirakan pembicaraan perdamaian yang melibatkan pihak-pihak yang berperang di Yaman bukanlah proses yang mudah atau cepat. Yaman kini menghadapi krisis kemanusiaan terbesar di dunia.

Mark Lowcock, kepala Kantor Koordinasi Urusan Kemanusiaan PBB (OCHA), mengemukakan pernyataan itu kepadaAssociated Presssetelah membeberkan kebutuhan bantuan kemanusiaan organisasi itu pada tahun 2019.

Lowcock, Senin (3/12) mengacu pada pembicaraan perdamaian yang dimediasi PBB di Swedia yang dimulai pekan ini, dengan mengatakan adalah kewajiban pemerintah Yaman dan pemberontak yang didukung Iran untuk"bersikap serius dan bertindak dengan cara yang bertanggung jawab."

OCHA menyatakan 21,9 miliar dolar diperlukan tahun depan untuk bantuan makanan, tempat tinggal, layanan kesehatan, pendidikan, perlindungan dan bantuan lainnya. OCHA memperkirakan hampir 132 juta orang di 42 negara akan membutuhkan bantuan tersebut.

Menurut OCHA, Yaman "semakin dekat pada ambang bencana kelaparan dibandingkan dengan sebelumnya." (VOA)

Pemkab Raja Ampat Gelar Sosialisasi Bursa Inovasi Desa

Posted: 04 Dec 2018 09:33 AM PST

Pemkab Raja Ampat Gelar Sosialisasi Bursa Inovasi  Desa
WAISAI, LELEMUKU.COM - Pemerintah Kabupaten Raja Ampat, Provinsi Papua Barat melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat Kampung (PMK) melaksanakan Sosialisasi Bursa Inovasi Desa di Gedung Pari Convention Center, Distrik Kota Waisai, Ibukota Kabupaten Raja Ampat, Senin (5/11).

Kegiatan yang dibuka Bupati Raja Ampat, Abdul Faris Umlati, SE tersebut dihadiri  Sekda Raja Ampat, Dr. Yusuf Salim, M.Si, Pejabat Eselon II III dan IV,  Dandim 1715 Raja Ampat Letkol Inf Josep Paulus Kaiba, Kapolres Raja Ampat Edy Setyanto Erning SIK, serta peserta Bursa Inovasi Desa dan sejumlah tokoh masyarakat di Raja Ampat.

Abdul Faris Umlati,SE pada pembukaan kegiatan tersebut menjelaskan sosialisasi tersebut merupakan suatu kegiatan yang melibatkan seluruh kampung di Raja Ampat, dimana pada tahun 2019 mencantumkan pekerjaan dalam dokumen Anggaran Pendapatan Belanja Kampung (APBK) atau Kartu Komitmen.

"Saya berharap setiap Kepala kmapung atau peserta sosialisasi tidak melenceng dari pekejaan di tahun 2019, dan apa yang sudah diusulkan di tahun 2019 itu di laksanakan dikarenakan kalau ketika meraka mengusulakan yang baru akan kami tolak," ujar Afu sapaan Abdul Faris Umlati, SE.

Sementara itu, Ketua Panitia Azhar Hamid Arfan, S.STP yang juga sekretaris Dinas Pemberdayaan Masyarakat Kampung Raja Ampat menjelaskan Sosialisai ini berdasakan Undang-Undang Desa Nomor No. 6 Tahun 2014 dan Keputusan Mentri Desa Pembuganan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Republik Indonesia Nomor: 48 Tahun 2018 tentang Umum Inovasi Desa.

Dijelaskannya sosialisasi ini dihadiri peserta dari 117 kampung se-Raja Ampat yang terdiri dari kampung Kepala kampung, sekretaris kampung, dan Badan Musyawarah Kampung.  (DiskominfoRajaAmpat)

Jenasah Mantan Presiden Bush Dibaringkan dengan Kehormatan Kenegaraan

Posted: 04 Dec 2018 09:27 AM PST

Jenasah Mantan Presiden Bush Dibaringkan dengan Kehormatan KenegaraanWASHINGTON, LELEMUKU.COM - Mantan Presiden Amerika George H.W. Bush kini dibaringkan dalam kehormatan kenegaraan di Capitol setelah meninggal dengan damai hari Jumat di negara bagian asalnya Texas dalam usia 94 tahun. Regu militer menjaga jenasah presiden ke-41 Amerika Serikat itu di rotunda gedung Kongress, di mana pelayat diizinkan untuk mengunjungi dan memberikan penghormatan.

Setelah kebaktian kenegaraan yang akan diadakan di Katedral Nasional pada hari Rabu (5/12), jenasah mantan presiden Amerika itu akan diterbangkan ke Texas, di mana ia akan dimakamkan di kompleks Perpustakaan Kepresidenan Bush di College Station. Wartawan VOA Brian Padden melaporkan tentang penghormatan dan kenangan bagi pemimpin Amerika yang berpengaruh itu.

Pada hari Senin (3/12), di Pangkalan Angkatan Udara Nasional di Texas, meriam ditembakkan untuk memberikan hormat, sementara regu garda kehormatan militer mengiringi jenasah mantan Presiden Amerika George H.W. Bush untuk penerbangan terakhirnya ke ibu kota negara.

Putranya, Mantan Presiden George W. Bush, bersama dengan keluarga dan para sahabat dekat, ikut mendampingi jenasah mantan penerbang pesawat tempur angkatan laut itu dalam penerbangan ke Washington, D.C.

Dalam upacara kedatangan di Rotunda Gedung Kongres, Wakil Presiden Amerika Mike Pence berbicara tentang masa dinas selama hidup mantan Presiden itu untuk negara. "Teladannya akan selalu menginspirasi, dan pengabdian sepanjang hidupnya akan terpatri dalam sanubari rakyat Amerika selamanya."

Kelompok paduan suara Glee Club dari Akademi Angkatan Laut Amerika menyanyikan lagu America the Beautiful untuk mendiang presiden yang pernah berdinas sebagai pilot pesawat tempur angkatan laut dalam Perang Dunia II, yang dianugerahi tanda kehormatan Distinguished Flying Cross untuk kepahlawanannya, setelah skuadronnya diserang oleh pasukan Jepang dan pesawatnya ditembak jatuh.

Sebelum memenangkan kursi kepresidenan pada tahun 1989, Bush menjabat sebagai duta besar untuk PBB, sebagai duta besar Amerika untuk China, direktur CIA, dan terpilih dua kali sebagai anggota kongres sebelum ia menjadi wakil presiden selama dua periode untuk Presiden Republik Ronald Reagan.

Mantan Ketua Gabungan Kepala Staf Angkatan bersenjata Amerika, Jenderal (Purn) Colin Powel memberikan kesannya, "Dia adalah seorang patriot. Dia menunjukkan itu dalam perang. Dia menunjukkan itu dalam masa damai."

Bush memimpin perundingan untuk mengakhiri Perang Dingin dengan damai setelah Uni Soviet runtuh pada tahun 1991. Dia juga membantu dalam perundingan untuk reunifikasi Jerman.

Kanselir Jerman Angela Merkel mengatakan, "Dia adalah bapak, atau salah seorang bapak penyatuan Jerman dan kami tidak akan pernah melupakan itu."

James Baker, yang menjabat sebagai menteri luar negeri semasa pemerintahan Bush, memberikan komentar tentang mantan atasannya itu. "Dia benar-benar melakukan banyak hal dan dia melakukannya dengan sangat terampil. Dia memahami kebijakan luar negeri. Dia mengerti itu. Dia mengatur akhir Perang Dingin dengan damai. Perang dingin itu berakhir dengan bujukan, bukan tembakan."

Setelah Saddam Hussein mengirim pasukan Irak untuk menyerang negara tetangganya, Kuwait, Presiden Bush menggalang koalisi militer internasional untuk membebaskan negara Arab kaya minyak itu.

Ketika memaklumkan perang itu, mendiang Presiden George H.W. Bush mengatakan, "Lima bulan lalu, Presiden Irak Saddam Hussein memulai perang yang kejam melawan Kuwait. Malam ini, pertempuran telah dimulai."

Operasi Badai Gurun yang dipimpin oleh Amerika berhasil mengusir pasukan Irak keluar dari Kuwait, tetapi Bush tidak mau menyingkirkan Saddam Hussein dari kekuasaan, langkah yang banyak dikritik ketika itu. Lebih dari satu dekade kemudian, putranya mantan Presiden George W. Bush melancarkan invasi skala besar-besaran ke Irak yang secara efektif menyingkirkan diktator Irak itu.

Meskipun keberhasilannya secara militer, popularitas Bush senior akhirnya menurun karena resesi ekonomi. Dia juga kehilangan dukungan dalam partainya sendiri setelah melanggar janji kampanye untuk tidak menaikkan pajak.

Dia kalah dalam pemilihan kembali pada tahun 1992 melawan Presiden Bill Clinton. Setelah meninggalkan jabatan sebagai presiden, dia meninggalkan catatan untuk penggantinya - yang dikatakan oleh banyak pihak berbicara banyak tentang sifat dan wataknya. Surat itu di antaranya berbunyi: "Kesuksesan Anda sekarang adalah keberhasilan negara kita. Saya sangat mendukung Anda." (VOA)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Banner IDwebhost

Iklan Bawah Artikel

Iklan Bawah Artikel