-->

Atraksi Apen Beyeren Jadi Unggulan Wisata di Papua

Atraksi Apen Beyeren Jadi Unggulan Wisata di Papua


Atraksi Apen Beyeren Jadi Unggulan Wisata di Papua

Posted: 02 Sep 2018 01:13 PM PDT

Atraksi Apen Beyeren Jadi Unggulan Wisata di PapuaBIAK, LELEMUKU.COM - Semua mata tak mau berkedip untuk menyaksikan atraksi "Apen Beyeren", Atraksi dari Pulau Biak yang menunjukkan warga berjalan kaki di atas batu panas, bahkan suasana sempat hening ketika Plt. Bupati Biak Numfor Herry Naap menjadi contoh pertama untuk mencoba batu yang telah dibakar, hal inilah meyakinkan semua orang terutama wisatawan akan sakralnya atraksi yang dilakukan dan harus dengan hati yang bersih bagi Sang Kuasa.

"Saya sangat kagum dan bangga dengan melihat langsung atraksi Apaen beyeren ini sekaligus menguji nyali" kata Staf Khusus I Gusti Ngurah Putra yang ditemui usai acara.

Atraksi Apen Beyeren Jadi Unggulan Wisata di PapuaKami Kemenpar akan mendukung atraksi Apen Beyeren sebagi produk wisata unggulan di papua karena murni mengandung keaslian kehidupan buadaya masyarakat adat Biak sehingga Pemda harus mendorong hal ini, tambah Gusti.

Plt Bupati Biak Numfor Herry Naap dalam sambutannya menyatakan rasa terima kasih bagi masyarakat Biak yang tetap menjaga nilai-nilai budaya seperti Apen Beyeren dan lainnya, dan untuk tahun depan FBMW akan dikemas lebih spektakuler.

Ada wisatawan dan masyarakat yang dipandu untuk bisa ikut melakukan atraksi berjalan kaki di atas batu panas dan berhasil sambil terheran-heran dan bersyukur sepenuhnya bagi Tuhan Sang Pencipta.

Usai Apen Beyeren dilakukan buka barapen oleh para pejabat yang hadir dan hasilnya dinikmati bersama-sama, baik masyarakat atau wisatawan mancanegara. (HumasBiakNumfor)

Bawaslu Malut Gelar Mediasi Atas Sengketa Empat Parpol Pemohon

Posted: 02 Sep 2018 01:07 PM PDT

Bawaslu Malut Gelar Mediasi Atas Sengketa Empat Parpol PemohonTERNATE, LELEMUKU.COM - Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Provinsi Maluku Utara (Malut) secara marathon menggelar mediasi atas pengajuan sengketa Daftar Calon Sementara (DCS) yang diajukan empat Partai Politik (Parpol), Senin (27/8) pagi hingga siang.

Keempat Parpol yang mengajukan sengketa atas putusan KPU Provinsi Maluku Utara tentang penetapan DCS itu yakni Partai Golongan karya (Golkar), Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra), Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) dan Partai Berkarya.

"Tim mediasi Bawaslu Provinsi Malut terdiri atas Aslan Hasan SH (Ketua) dan Ikbal Ali SP dan Dr Fahrul Abd Muid. Mediasinya berlangsung lancar sejak pukul 09.15 hingga pukul 12.00 WIT. Hasilnya dari sekian yang diajukan hanya satu (dalil) yang diterima termohon (KPU Provinsi Malut). Yakni atas permohonan partai Golkar atas nama Caleg Sugiyanto Arif dari Daerah Pemilihan (Dapil) IV Halmahera Selatan," kata Kepala Sub Bagian Hukum, Humas dan Hubungan Antar Lembaga Bawaslu Provinsi Malut, Irwanto Djurumudi SH, Senin siang.

Meski demikian, mediasi masih akan dilajutkan terkait dengan diterimanya satu permohonan tersebut. "Akan dilakukan uji pembuktian atas syarat surat kesehatan yang menjadi dasar diterimanya permohonan tersebut oleh KPU Malut pada Selasa (28/8/2018)," jelasnya.

Dilanjutkan Irwanto, karena hanya satu dalil yang diterima termohon, maka seluruh pengajuan sengketa akan dilanjutkan pada tahapan ajudikasi mulai 29 Agustus. "Termasuk masih ada dua dalil gugatan yang diajukan Partai Golkar karena dari tiga hanya satu yang diterima," tuturnya. (HumasBawasluMalut)

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Gelar Sosialisasi di Polda Maluku

Posted: 02 Sep 2018 01:01 PM PDT

AMBON, LELEMUKU.COM - Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Irjen Pol (Purn) Basaria Panjaitan, SH, MH, melakukan sosialisasi pencegahan dan pemberantasan korupsi kepada para Siswa Dik Tukba Polri Perbatasan 2018 di SPN Polda Maluku, Rabu (29/8).

Turut hadir dalam sosialisasi ini Wakapolda Maluku Brigjen Pol. Akhmad Wiyagus, SIK, M.Si., MM, para Pejabat Utama, Kepala SPN Polda Maluku Kombes Pol. Drs. Imam Iswanto, SIK, perwakilan Polwan dan 188 Siswa Dik Tukba SPN Polda Maluku.

Adapun tujuan pimpinan KPK mengunjungi SPN Polda Maluku adalah untuk melakukan sosialisasi hambatan dan pemberantasan korupsi kepada 188 siswa Diktukba BA Polri Perbatasan tahun 2018 beserta jajaran pangasuh SPN.

"Semoga dengan adanya sosialisasi ini para siswa dapat menjadi panutan untuk masyarakat di luar seperti apa yang disampaikan oleh pimpinan KPK. Untuk materi sosialisasi seperti ini diharapkan agar benar-benar diperhatikan dan jadikan sebagai panutan pada proses dalam kedepan," ucap Wakapolda Maluku.

Kepala SPN juga menyampaikan terima kasih atas kehadiran pimpinan KPK di SPN Polda Maluku untuk menyampaikan kepada kami tentang bagaimana untuk menangani dan pemberantas Korupsi. Semoga dengan sosialisasi ini kami dapat membantu pemerintah untuk bersama-sama memberantas korupsi untuk menuju negara yang makmur adil dan sejahtera serta dapat meningkatkan semangat kami dalam menciptakan generasi yang lebih baik dan lebih efektif di masyarakat.

"Jadilah pengayom masyarakat dengan menunjukkan sikap yang baik, jangan mudah arogan. Hiduplah dengan sederhana, bersabar, bersyukur, serta dilandasi dengan nilai – nilai anti korupsi sejak saat pendidikan di SPN Polda Maluku," ungkap Jendral Polwan Polri yang berpangkat dua bintang emas tersebut.

Selanjutnya, kegiatan ditutup dengan pemberian cenderamata dari pimpinan KPK kepada Kepala SPN dan sebaliknya cenderamata juga diberikan Wakapolda Maluku kepada pimpinan KPK. (HumasPoldaMaluku)

Gelar Safari Rohani Polres MBD, Horsair Kunjungi Pulau Lirang

Posted: 02 Sep 2018 12:49 PM PDT

Gelar Safari Rohani Polres MBD, Horsair Kunjungi Pulau LirangLIRANG, LELEMUKU.COM -  Waka Polres Maluku Barat Daya (MBD), Provinsi Maluku, Kompol F. G. Horsair mengunjungi Pulau Lirang yang merupakan Kecamatan Wetar Barat, Kabupaten Maluku Barat Daya (MBD), Provinsi Maluku pada Minggu (2/8).

WIlayah yang merupakan pulau yang berbatasan sangat dekat dengan Negara Timor Leste ini dikunjungi oleh Wakapolres MBD yang melaksanakan Safari Rohani dan mengikuti ibadah Minggu di Gereja Rehobot Desa Lirang.

Ibadah dipimpin oleh Penatua Yohanis Mabala dan menggunakan Liturgi Minggu I serta pembacaan Alkitab yang terambil dari Kitab Perjanjian Lama, Mazmur 1 ayat 1-6 dengan Perikop Jalan Orang Benar dan Jalan Orang Fasik.

Diakhir Ibadah, Wakapolres memberikan arahan singkat tentang kamtibmas kepada warga jemaat yang hadir dan menyampaikan ucapan terima kasih atas terpeliharanya situasi kamtibmas sejak pelaksaan Pilkada Gubernur.

"Sampai sekarang Kecamatan Wetar Barat khususnya tetap aman tidak terjadi kejadian menonjol, Masyarakat dan jemaat Lirang untuk selalu menjaga situasi tetap aman jelang pelaksanaan kegiatan Temu Anak dan Remaja yang bertepatan dengan HUT GPM tanggal 6 September 2018 sampai 12 September 2018 nanti," ujar dia.

Horsair juga Memberikan semangat agar tetap menjaga tapal batas wilayah negara NKRI dan tetap bangga sebagai warga Negara Indonesia karena semangat kebangsaan kita NKRI Harga Mati

Diakhir arahannya Waka Polres pun Mengajak masyarakat Lirang untuk tidak terpengaruh dan ikut menyebarkan berita hoax lewat media sosial apa lagi di Pulau Lirang ini sudah bisa menikmati sinyal 4G. Juga hindari Narkotika dalam bentuk apapun serta Jangan lakukan Pungli.

Masyarakat menyambut baik apa yang disampaikan oleh Waka Polres ini dan berterimah kasih atas kehadiran beliau di daerah mereka, ibadah pun selesai pada pukul 10.30 wit dan di ikuti oleh warga jemaat yang berjumlah sekitar 150 orang. (HumasPoldaMaluku)

Snap Mor di Samber Ajak Masyarakat Bersyukur Diberikan Berkat Tuhan

Posted: 02 Sep 2018 12:35 PM PDT

Snap Mor di Samber Ajak Masyarakat Bersyukur Diberikan Berkat TuhanBIAK, LELEMUKU.COM - Snap Mor menjadi salah satu kegiatan yang ditampilkan di Festival Biak Munara Wampasi (BMW) 2018 yang digelar Kamis kemarin (23/8) di Pantai Samber-Binyeri, Distrik Yendidori, Kabupaten Biak Numfor, Provinsi Papua.

Salah satu budayawan Biak, Mikha Ronsumbre yang dipercayakan memberikan pencerahan terkait Festival Biak Munara Wampasi (FBMW) dan seluruh kegiatan yang dianggap sangat berpengaruh dalam mendatangkan para wisatawan ke Biak salah satunya Snap Mor.

"Atas nama seluruh masyarakat kebudayaan budaya Biak kami berterimakasih pada Ya'Tuhan, juga kepada Pemerintah, untuk itu sebagai keutuhan masyarakat kebudayaan Biak dan sebagai masyarakat pariwisata kepariwisataan Biak hanya satu hal yang ingin kami janjikan kepada Tuhan, Biarlah kami tetap jaga solidaritas, toleransi dan bersama-sama membangun, menjalankan himmat dan karunia yang Tuhan berikan kepada kami" kata Mikha dengan tegas.

Prosesi snap mor diawali dengan pengguntingan pita oleh Plt Bupati Biak Numfor Herry Naap dan berlanjut dengan aksi menangkap ikan yang tidak berlangsung lama akibat hujan yang cukup deras serta air pasang.

Hasil tangkap sebagian langsung dibakar dan dinikmati bersama-sama dan oleh wisatawan dianggap hal yang unuk dengan cita rasa ikan yang gurih serta keramahan dari masyarakat Biak Numfor khususnya yang ada di Samber dan Binyeri.

Seperti biasa tarian Yosim Pancar tetap dilakukan seraya diikuti semua orang tanpa terkecuali para wisatawan mancanegara dengan iringan lagu dari Trio Papua. (HumasBiak)

Herry Naap Bantu Rp100 Juta ke Jemaat GPdI Mawar Saron Samofa

Posted: 02 Sep 2018 12:32 PM PDT

Herry Naap Bantu Rp100 Juta ke Jemaat GPdI Mawar Saron SamofaBIAK, LELEMUKU.COM - PPlt Bupati Biak Numfor, Provinsi Papua, Herry Naap menyempatkan memenuhi undangan pada Gereja Pantekosta di Indonesia (GPdI) Jemaat Mawar Saron Samofa, Kamis (23/8) guna meletakan batu pertama dimulainya pembangunan gereja bagi jemaat setempat.

Dalam sambutannya, Plt Bupati Herry Naap menyatakan akan terus menaruh perhatian bagi dedominasi gereja sehingga merata.

Lewat kesempatan ini Herry Naap dengan penuh sukacita memberikan bantuan sebesar seratus juta rupiah demi mendukung dan membantu pengerjaan gedung gereja dimaksud, begitu juga dengan Ketua DPRD Biak Numfor Zeth Sandy yang dengan tulus memberikan topangan dana atas nama pribadi keluarganya sebesar Rp10 juta.

Sedangkan oleh Wakil Bupati Biak Numfor terpilih Nehemia Wospakrik nyatakan doa agar jemaat dapat sehati dan sabar dalam penanggungan karena semua akan indah pada waktu-NYA.

Jamuan kasih bersama menutup seluruh acara peletakan batu pertama yang sebelumnya diawali dengan ibadah dan puji-pujian. (HumasBiakNumfor)

Peringati HUT Polwan Ke 70, Polres Mappi Gelar Aksi Donor Darah

Posted: 02 Sep 2018 12:06 PM PDT

Peringati HUT Polwan Ke 70 Polres Mappi Gelar Aksi Donor DarahKEPI, LELEMUKU.COM - Polres Mappi, Provinsi Papua menggelar aksi donor darah sebagai salah satu wujud program "Polwan Prometer" yang digalakkan oleh Kepolisian Resor Mappi dalam rangka menyambut HUT Polwan Ke 70, Kamis (3/8)

Aksi Donor Darah ini adalah wujud Empati dari Polres Mappi beserta anggota dan jajaran kepada masyarakat di wilayah Kabupaten Mappi terkhusus kepada pasien di RSUD Mappi yang sering kekurangan stok Darah di Mappi,

Bertempat di RSUD Mappi melibatkan Unit Transfusi Darah Kepi dan diikuti oleh anggota Polres Mappi baik Perwira, Bintara serta Polwan dan berhasil menampung 20 kantong darah.

Donor darah diawali dengn pemeriksaan kesehatan dan tekanan darah setiap calon pendonor. yang dinyatakan sehat secara jasmani dan memiliki tekanan darah stabil kemudian diberi nomor urut untuk mendapat pelayanan donor darah.

Kapolres Mappi AKBP I Gusti Agung Dhana Aryawan S.I.K,M.I.K mengatakan "Kegiatan ini dilakukan, mengingat masih banyak masyarakat membutuhkan darah. Tak hanya itu di RSUD Mappi pastinya tengah minim donoran darah dari masyarakat. Setidaknya di kegiatan ini dimaksud agar para anggota ini dikeluarkan rasa kesetikawanannya, serta menumbuhkan rasa saling tolong menolong. Pastinya, sangat butuh pasokan darah dan juga sebagai bentuk kepedulian kepada masyarakat yang membutuhkan darah " ungkap Kapolres"

AKBP Agung juga menuturkan "Moment HUT Polwan ini kami lakukan dengan hal positif yaitu Donor darah karena ini adalah misi sosial dan kemanusiaan. Wujud kepedulian anggota Polres Mappi kepada masyarakat yang membutuhkan. Setetes darah sangat berarti guna menyelamatkan jiwa seseorang seperti pasien yang sedang melakukan operasi atau pasien korban kecelakaan laka lantas yang sewaktu-waktu terjadi dan membutuhkan darah,

Kita berharap dengan bertambahnya Usia Polwan dapat menunjukkan peran Polisi Wanita kedepan menjadi lebih baik,termasuk selalu mendekatkan diri kepada masyarakat dan dapat meningkatkan kinerja sebagai insan Polri yang tentunya bertugas sebagai pelayan,pengayom,pelindung masyarakat.sehingga citra Kepolisian meningkat lebih baik sesuai tugas dan fungsi dari masing masing personil Polisi Wanita." ucap Kapolres Mappi". (HumasPoldaPapua)

Semakin Meresahkan, Aparat Gabungan Gelar Penyisiran di Gunung Botak

Posted: 02 Sep 2018 11:55 AM PDT

Semakin Meresahkan, Aparat Gabungan Gelar Penyisiran di Gunung BotakNAMLEA, LELEMUKU.COM - Aparat Gabungan dari TNI dan Polri gelar penyisiran di Areal Tambang Emas Gunung Botak, Desa Wamsait, Kecamatan Wailatan, Kabupaten Buru, Provinsi Maluku.

Sebelum melakukan penyisiran, para petugas melakukan persiapan bertempat di Aula Polres Pulau Buru melalui rapat dengar pendapat dengan tokoh adat dan pemuda lainnya tentang penyisiran penambang ilegal dikawasan area gunung botak sekaligus langkah sosialisasi pada Senin (27/8) lalu. .

Rapat tersebut mengingat kondisi pertambangan emas diarea gunung botak sudah sangat meresahkan masyarakat, kehadiran penambang ilegal ini adalah dampak dari kerusakan ekosistem lingkungan dimana sistem pengelolahan tersebut telah mengunakan obat zat kimia berbahaya dan tentunya akan membawa ancaman kesehatan bagi manusia. Belum juga beberapa hari yang lalu terdengarnya kasus kematin penambang liar dikawasan Anahoni, dan sementara kasusnya dalam tahap penyelidikan Polres Buru.

Dandim 1506 Namlea Letkol Inf Syarifuddin Azis S.Ag.M.I.pol menyampaikan penyisiran yang berlansung pada Kamis (30/8), sangat kondusif tanpa ada halangan dari pihak manapun. Masyarakat adat dan lainnya juga sangat antusias mendukung jalannya proses penyisiran tersebut.

Zulkifli Justeru.S.Sos salah satu tokoh dari masyarakat Buru menyampaikan dukungannya terhadap Pemerintah Daerah Kabupaten Buru dan seluruh aparat Kepolisian Polres Buru, Brimob, Dan Kodim 1506 Namlea.

"Karena telah melakukan langkah penyisiran dengan baik, aman, tertib tanpa ada suatu tindakan kekerasan yang terjadi," ujar Zulkifli.

Penyisiran tambang emas gunung botak ini hadir diantaranya, Bupati Buru Ramly I.Umasugi, S.Pi,MM, Kapolres Buru AKBP Adityanto Budi Satrio SH.S.I.K,M.H, Dinas Satpol PP, Dinas Lingkungan Hidup dan beberapa Toko Adat, KNPI dan Elemen Pemuda lainnya yang ikut sertakan dalam melakukan penyisiran tersebut. (Penrem151)

Armada Damkar Padamkan Kebakaran Lahan di Sifnana

Posted: 02 Sep 2018 09:49 AM PDT

Armada Damkar Padamkan Kebakaran Lahan di SifnanaSIFNANA, LELEMUKU.COM - Armada Pemadam Kebakaran (Damkar) dari Dinas Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Maluku Tenggara Barat (MTB), Provinsi Maluku pada Minggu (2/9) pukul 17.05.WIT memadamkan kebakaran lahan di Desa Sifnana, Kecamatan Tanimbar Selatan (Tansel.

Kebakaran yang terjadi sejak pukul 16.10 WIT di lahan terbuka antara Kantor Subdenpom XVI/2-3 Saumlaki dan Gudang Bulog Sifnana ini dipadamkan oleh personil pemadam dengan menggunakan air dari 2 Unit Mobil Pemadam Kebakaran dan 1 Unit Mobil Suplay Air Pemadam Kebakaran.

Awalnya anggota Unit Pemadan Kebakaran mendapat laporan via Handy Talky (HT) dari Kasie Damkar pada Dinas Satpol PP bahwa telah terjadi kebakaran lahan di 2 (dua) lokasi dan meminta agar Armada Pemadam Kebakaran segera menuju ke lokasi kebakaran dan langsung melakukan upaya pemadaman.

Menurut Satpol PP, kebakaran tersebut diperkirakan terjadi akibat dibakar oleh manusia bukan sebab alam dan cuaca, karena titik api ditemukan di beberapa tempat dan berada pada lokasi yang berbeda. (Albert Batlayeri)

Polda Malut Sita 380 Kantong Plastik Cap Tikus dari Tauro di Pelabuhan Speedboat

Posted: 02 Sep 2018 09:40 AM PDT

Polda Malut Sita 380 Kantong Plastik Cap Tikus dari Tauro di Pelabuhan Speedboat TERNATE, LELEMUKU.COM -  Tidak henti-hentinya Polisi melakukan razia dan penangkapan minuman keras baik penjual maupun pengedar, tidak hanya itu Kepolisian Resor (Polres) Jajaran Polda Maluku Utara juga rutin melakukan razia sampai ke tempat penyulingan/tempat memproduksikan miras jenis captikus ini.

Hal ini seolah-olah dianggap biasa-biasa saja oleh para penjual dan pengedar minuman keras jenis captikus ini, pasalnya setiap kali di razia para pengedar tetap saja berani mengedarkan miras jenis captikus di wilayah hukum Maluku Utara.

Ini terbukti dengan ditangkapnya enam orang yang mengedarkan miras jenis captikus di Kota Ternate, yang terdiri dari empat orang pria dan dua orang perempuan, keenam orang ini berasal Desa Tauro, Kecamatan Jailolo Selatan, Kabupaten Halmahera Barat.

Penangkapan yang dilakukan pada Jumat (31/8) sekitar pukul 16.00 Wit sore ini dilakukan oleh Direktorat Reserse Narkoba Polda Malut melalui Subdit 1 Unit 3. Mereka melakukan penangkapan terhadap 380 kantong plastik dan enam orang pengedar miras jenis cap tikus pada sebuah speedboad tujuan Sidangoli di Pelabuhan Speedboat, Kelurahan Gamalama, Kota Ternate.

Barang Haram tersebut sebanyak 380 kantong plastik ini, berasal dari Desa Tauro dan akan di perdagangkan di Kota Ternate. Selanjutnya enam orang pengedar dan 380 kantong plastik miras jenis captikus ini di serahkan ke Direktorat Samapta Polda malut untuk dilakukan penyidikan lebih lanjut. (HumasPoldaMalut)

Tingkatkan Minat Baca Siswa Kota Ambon, Richard Louhenapessy Buka Lomba Pidato dan Bertutur

Posted: 02 Sep 2018 04:04 AM PDT

Tingkatkan Minat Baca Siswa Kota Ambon, Richard Louhenapessy Buka Lomba Pidato dan BertuturAMBON, LELEMUKU.COM Dalam rangka meningkatkan minat baca anak pada usia dini serta mendukung program Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon, Gerakan Ambon Gemar Membaca (GAGM), Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Ambon menggelar Lomba Pidato dan Lomba bertutur yang diselenggarakan di Pelataran ACC Kota Ambon dan Convention Hall MCM, Sabtu (1/9).

Dalam sambutannya,Walikota Ambon, Richard Louhenapessy menjelaskan, Lomba pidato ini penting bukan hanya bagaimana berbicara didepan banyak orang tetapi mempersiapkan diri menjadi calon pemimpin di masa yang akan datang.

Sementara itu, saat membuka Lomba bertutur, Walikota mengatakan, Lomba bertutur bertujuan untuk meningkatkan komitmen dan keterlibatan berbagai pihak dalam pemenuhan hak anak secara holistik, serta menjamin terpenuhi kebutuhan tumbuh kembang anak dan pencegahan kekerasan terhadap anak.

Ditambahkan, Lomba bertutur menggunakan bahasa daerah juga merupakan upaya melestarikan nilai-nilai budaya daerah dan meningkatkan kreatifitas anak.

Walikota mengakui, berbagai cerita rakyat yang ditampilkan dalam lomba bertutur dapat menjadi warisan budaya daerah untuk terus dikembangkan dan dilestarikan.

Lomba pidato tingkat SMP dengan tema generasi internet dan budaya membaca yang diselenggarakan di Pelataran ACC, diikuti oleh 70 peserta dari 32 sekolah, sementara Lomba bertutur cerita daerah tingkat SD yang diselenggarakan di Convention Hall MCM, diikuti oleh 120 siswa. (DiskominfoAmbon)

Zeth Sahuburua Minta DPRD Maluku Dukung Pemprov

Posted: 02 Sep 2018 03:54 AM PDT

Zeth Sahuburua Minta DPRD Maluku Dukung Pemprov
AMBON, LELEMUKU.COM - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Maluku menggelar Rapat Paripurna dalam Rangka Penyampaian Kata Akhir Fraksi-Fraksi DPRD Provinsi Maluku Terhadap Penyampaian Laporan Pertanggungjawaban (LPJ) APBD Tahun Anggaran 2017, Senin (27/8) di gedung dewan, kawasan Karang Panjang Ambon.

Wakil Gubernur Maluku, Zeth Sahuburua yang hadir pada kesempatan tersebut menyampaikan, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Maluku beberapa waktu yang lalu telah melaksanakan salah satu tugas konstitusional yaitu menyampaikan Laporan Pertanggungjawaban gubernur terhadap Pelaksanaan APBD Tahun 2017 kepada Dewan.

"Sebagai kelanjutan dari tugas konstitusional tersebut, pada hari ini kita kembali berkumpul dalam rapat Paripurna Dewan, untuk mengikuti penyampaian Kata Akhir Fraksi-Fraksi Dewan tentang Laporan Pertanggungjawaban Gubernur tentang Pelaksanaan APBD Tahun 2017," ungkap Sahuburua.

Dia katakan, LPJ Pelaksanaan APBD Tahun 2017 yang telah dibahas secara arif bijaksana dan mendasar dalam semangat kemitraan, menunjukan komitmen dan tanggungjawab bersama, khususnya anggota dewan untuk mengawal suksesnya penyelenggaraan pemerintahan daerah, pembangunan dan pelayanan kepada masyarakat.

Menurut Sahuburua, pokok-pokok pikiran dewan yang disampaikan ini, akan menjadi catatan penting untuk ditindaklanjuti. Apalagi dalam rapat Paripurna ini, sebut Sahuburua dihadiri pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD), yang mendengar langsung kritikan, koreksi dan saran yang disampaikan oleh masing-masing fraksi.

"Saya yakin dewan akan terus mendukung setiap usaha pemerintah daerah yang ditempuh berdasarkan komitmen dan rasa tanggungjawab bersama membangun daerah ini," harapnya.

Sementara kepada seluruh aparatur Pemprov Maluku, Sahuburua berharap untuk terus meningkatkan kinerja yang merupakan komitmen bersama untuk membangun Maluku. 

"Karena tantangan besar yang akan dihadapi bangsa Indonesia dan masyarakat Maluku kedepan dalam aras nasional, regional dan global memerlukan suatu upaya bersama yang melibatkan seluruh anak bangsa di daerah ini, khususnya terkait dengan Pengelolaan Keuangan Daerah, sehingga kita dapat mempertahankan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP)," tandas Sahuburua. (HumasMaluku)

Raih Perak di Asian Games 2018, Pemkab SBB Sambut La Memo

Posted: 02 Sep 2018 03:16 AM PDT

Raih Perak di Asian Games 2018, Pemkab SBB Sambut La MemoPIRU, LELEMUKU.COM - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Seram Bagian Barat (SBB), Provinsi Maluku menyambut  La Memo, atlet Asian Games 2018 Jakarta Palembang asal Pulau Osi,Kecamatan Seram Barat dari Cabang Olahraga Dayung yang memperoleh Medali Perak.

Penyambutan La Memo berlangsung di Kantor Bupati Seram Bagian Barat yang diterima langsung oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Mansur Tuharea, SH, yang didampingi oleh Sejumlah Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Kepala Kejaksaan Negeri Piru dan Para Pegawai Negeri Sipil.

Menurut Sekertaris Daerah dalam sambutannya mengatakan kami selaku Pemerintah Daerah sangat mendukung dan menjunjung prestasi anak daerah yang juga merupakan anak bangsa. Kami berinisiatif untuk tetap memberikan support dan spirit juga semangat dalam bentuk silahturahmi pada saat ini.

Raih Perak di Asian Games 2018, Pemkab SBB Sambut La Memo"Inilah kebanggaan kami juga kehormatan bagi kami. Untuk itulah perkenankan saya atas nama masyarakat, menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada La Memo yang telah mengharumkan nama bangsa dan juga nama Kabupaten Seram Bagian Barat. Mari kita berikan penghargaan dan terima kasih kepada saudara La Memo sebagai juara Atlet bangsa Asal Kabupaten Seram Bagian Barat yang memiliki prestasi yang luar biasa," ucap sekda.

Dalam kegiatan tersebut Atlet Dayung La Memo mendapatkan Bonus dari Pemkab SBB sebesar Rp50 Juta rupiah dalam bentuk cek dan dilanjutkan dengan arak-arakan mengelilingi Kota Piru. (HumasSBB)

Belajar Berdemokrasi, SMK Negeri 1 Tansel Gelar Pemilihan Ketua OSIS Ala Pemilu

Posted: 02 Sep 2018 02:39 AM PDT

Belajar Berdemokrasi, SMK Negeri 1 Tansel Gelar Pemilihan Ketua OSIS Ala PemiluSAUMLAKI, LELEMUKU.COM – Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Tanimbar Selatan (Tansel), Kabupaten Maluku Tenggara Barat (MTB), Provinsi Maluku menggelar pemilihan Ketua dan Wakil Ketua Organisasi Intra Sekolah (OSIS) periode 2018 hingga 2019 dengan memakai metode Pemilihan Umum, pada Sabtu (1/9).

"SMKN 1 Tansel mengadakan  pemilihan ketua dan wakil ketua osis dengan model Pemilu," kata Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan SMK Negeri 1 Tansel, Baltasar Buarlely, ST kepada Lelemuku.com.

Ia mengungkapkan pemilihan ketua OSIS dengan metode tersebut dilakukan agar para siswa, yang adalah calon pemilih pemula dapat mengerti dan menyadari proses dan tahapan dari pemilu yang demokratis.

"Mereka ini adalah pemilih pemula yang perlu kita tanamkan kesadaran akan pemilu yang demokratis," ungkap Buarlely.

Proses pemilihan ketua dan wakil ketua OSIS dilakukan di lapangan sekolah dan diwajibkan kepada seluruh siswa SMK Negeri 1 Tansel  dari kelas X hingga XII bersama dengan para dewan guru untuk memakai hak suaranya. Pemilihan itu berjalan lancar tanpa kericuhan layaknya sedang melakukan pemilu dengan mencoblos pilihan pasangan pada kertas suara di bilik suara serta memasukkannya di kotak suara.
Belajar Berdemokrasi, SMK Negeri 1 Tansel Gelar Pemilihan Ketua OSIS Ala Pemilu
Usai pencoblosan, kegiatan berlanjut dengan perhitungan suara yang dilangsungkan di Aula sekolah. Proses perhitungan berjalan dengan baik, yang mana suara terbanyak diraih oleh pasangan nomor urut 1 atas nama  Otniel Fordatkosu, siswa kelas XI Jurusan Teknik Instalasi Tenaga Listrik (TITL) sebagai calon Ketua OSIS dan Diana Temar, siswi kelas X Jurusan Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ) sebagai calon Wakil Ketuanya.

Mereka berdua memperoleh 129 suara, lebih unggul dari jumlah suara pasangan lain, yaitu pasangan nomor urut 2 atas nama Tolimson Sambonu dan Yohanes Haluruk dengan 62 suara. Kemudian pasangan nomor urut  8 atas nama Andreas Sainyakit dan Melfin S. Laiyan dengan 54 suara, pasangan nomor urut 5 atas nama Mektifel Titirloloby dan Yokbet Luturmas dengan 50 suara, pasangan nomor urut 6 atas nama George Kelmaskossu dan Cici Dasmasela dengan 37 suara, pasangan nomor urut 3 atas nama  Fandro Wilena dan Mawar Bulurdity dengan 35 suara, pasangan nomor urut 4 atas nama Dafrosa Ratuanak dan Felisitas Fangohoy dengan 25 suara serta pasangan nomor urut 7 atas nama Zul Fikran dan La Ode Khairil Aiman dengan 15 suara.

Usai pemilihan, acara pelantikan Pengurus OSIS periode 2018 hingga 2019 ini sendiri akan berlangsung pada hari Senin (3/9).

Belajar Berdemokrasi, SMK Negeri 1 Tansel Gelar Pemilihan Ketua OSIS Ala PemiluSebelumnya, pada Jumat (31/8) pagi, Proses Pemilu Ketua OSIS telah dibuka secara resmi Oleh Komisi Pemilihan OSIS (KPO) yang terdiri dari para siswa sendiri. Tugas KPO mirip dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU). Setelah itu dilanjutkan dengan pemaparan visi dan misi dari ke 8 calon ketua OSIS dan wakil OSIS dan kemudian debat kandidat dengan mekanisme menjawab pertanyaan dari para pinalis yaitu dewan guru dan KPO. (Laura Sobuber/Oktovina Batlajery)

Raymundus Andhi Hedianto Pimpin Pemakaman Anggota Kodim Saumlaki

Posted: 02 Sep 2018 01:30 AM PDT

Raymundus Andhi Hedianto Pimpin Pemakaman Anggota Kodim SaumlakiSAUMLAKI, LELEMUKU.COM – Kepala Kepolisian Resor (Polres) Kabupaten Maluku Tenggara Barat (MTB), Provinsi Maluku, AKBP Raymundus Andhi Hedianto, SIK menjadi Inspektur Upacara (Irup) pada prosesi pemakaman anggota Kodim 1507 Saumlaki, Almarhum Kopral Dua (Kopda) Athanasius Saikmat, pada Sabtu (1/9).

Dalam sambutannya Kapolres Raymundus mengatakan penunjukan dirinya menggantikan Komandan Kodim (Dandim) 1507 Saumlaki Letkol Rahmad Saerodin, S.IP, yang merupakan salah satu bentuk sinergitas antara Kepolisian Republik Indonesia (Polri) dan Tentara Negara Indonesia (TNI) dikarenakan Dandim sedang menjalankan tugas khusus dari Panglima TNI, Marsekal Hadi Tjahjanto.

"Saya dipercayakan sebagai Irup atas ijin pimpinan, inilah salah satu bentuk sinergitas TNI dan Polri, dimana kami saling bergandengan tangan membangun, sehingga yang ada di Kabupaten MTB hanyalah kasih," kata dia di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Desa Olilit, Kecamatan Tanimbar Selatan (Tansel).

Raymundus berharap kekompakan antara TNI dan Polri inipun bisa dicontohi oleh Pemerintah Daerah (pemda) MTB dan para masyarakat Kepulauan Tanimbar agar dapat menciptakan perubahan di Bumi Duan Lolat yang semakin baik ke depannya, yaitu untuk menyukseskan dan mengamankan jalannya roda pembangunan di MTB.

Ia juga berpesan kepada keluarga yang ditinggalkan agar mengikhlaskan kepergian Almarhum dan percayalah jika Almarhum telah diterima di sisi Tuhan Yang Maha Esa.

"Semoga keluarga diberikan suatu kekuatan, ketabahan dan keikhlasan agar Almarhum dapat diterima disisi Tuhan Yesus. Saya harapkan setelah dari pemakaman ini seluruh TNI dan Polri juga masyarakat mengikhlaskan sebab Almarhum meninggal dikarenakan sakit dan tidak ada tedensi atau faktor-faktor lain," harap Kapolres Raymundus.

Rangkaian pemakaman jenazah Almarhum Athanasius Saikmat diawali dengan tradisi adat dan kedinasan di rumah duka di Desa Olilit, kemudian dilanjutkan dengan misa requiem atau misa arwah di Gereja Hati Kudus Yesus Olilit Barat dan selanjutnya dimakamkan di TPU Desa Olilit secara militer.

Turut hadir perwira hingga personil dari TNI dari Jajaran Kodim 1507 Saumlaki, Yonif 734 SNS Saumlaki, Personel Polres dan Brimob.

Kopda Athanasius Saikmat dengan jabatan terakhir Babinsa Ramil 1507-02 Saumlaki, dilahirkan di Saumlaki pada tanggal 11 Januari 1980. Ia merupakan anak ke 2 dari Bapak Johanis Saikmat dan Ibu Theresia Saikmat.

Saikmat menempuh pendidikan Sekolah Menengah Pertama (SMP) pada tahun 1999 dan Militer Secata PK pada tahun 2001. Ia juga memperoleh beberapa tanda jasa, diantaranya Satya Lencana Kesetiaan VIII Tahun, Satya Lencana Kesetiaan XVI Tahun, Satya  Lencana Dharma Nusa Tahun 2004 dan  Satya Lencana Wira Dharma Tahun 2018 serta mempunyai riwayat penugasan Operasi Nangroe Aceh Darussalam pada tahun 2004.

Ia meninggal pada tanggal 30 agustus 2018 di rumah sakit tingkat II Prof. Dr. J. A. Latumeten Ambon karena sakit Jantung dan Paru-Paru dengan meninggalkan seorang istri dan 2 orang anak.  (Laura Sobuber)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Banner IDwebhost

Iklan Bawah Artikel

Iklan Bawah Artikel