-->

Darwin Sailing Club Minta Warga Tanimbar Jaga Kebersihan

Darwin Sailing Club Minta Warga Tanimbar Jaga Kebersihan


Darwin Sailing Club Minta Warga Tanimbar Jaga Kebersihan

Posted: 09 Jul 2018 04:43 PM PDT

Darwin Sailing Club Minta Warga Tanimbar Jaga Kebersihan
SAUMLAKI, LELEMUKU.COM – Darwin Sailing Club sebagai klub berlayar asal Kota Darwin, Wilayah Teritori Utara, Australia yang baru saja menyelenggarakan  iven tahunannya yaitu lomba perahu layar dari Darwin ke Saumlaki, Kabupaten Maluku Tenggara Barat (MTB), Provinsi Maluku pada 30 Juni hingga 2 Juli 2018 berpesan kepada seluruh masyarakat Kepulauan Tanimbar agar menjaga kebersihan lingkungan.

"Mari sama-sama kita bersihkan pantai karena masih ada sampah plastik di sekitar kita," kata pemilik perahu bernama Vitamin B, yang merupakan pemenang lomba layar tersebut, Steven Winspear saat menyampaikan sambutan di perayaan Welcome Ceremony Sail Darwin – Saumlaki Yacth Race 2018 di pantai Keylar Jaya Olilit, Kecamatan Tanimbar Selatan (Tansel), pada Kamis (5/7).

Terlihat dirinya melakukan aksi mengumpulkan sampah plastik disekitar panggung, kemudian mengucapkan terima kasih kepada Ketua Darwin Sailing Club, Peter Lockett dan Penyelenggara Lomba tersebut, Bruce dan Lucille Panting karena telah mengatur lomba tersebut dengan baik serta mengungkapkan bahwa dirinya sangat menyukai masayarakat di Kepulauan Tanimbar.

"Terima kasih kepada ketua, Bruce dan Lucille yang sudah mengatur semuanya, saya suka setiap orang disini," ucap Winspear.

Ia pun mengajak seluruh undangan agar menjaga kebersihan lingkungan karena menurutnya kesadaran menjaga kebersihan itu harus dimulai dari lingkungan sendiri

"Kami sangat prihatin sama pantai, mari tunjukan bahwa pantai ini harus bersih. Tahun lalu, pada Sail Darwin – Saumlaki Yacth Race 2017 saya sempat turun tangan juga untuk  mengumpul botol-botol kosong di pantai," ajak Winspear. (Laura Sobuber)

Wisatawan Mancanegara Minati Tenun Ikat Tanimbar

Posted: 09 Jul 2018 03:56 PM PDT

Wisatawan Mancanegara Minati Tenun Ikat TanimbarOLILIT, LELEMUKU.COM – Tenun ikat kas Kepulauan Tanimbar, Kabupaten Maluku Tenggara Barat (MTB), Provinsi Maluku sangat diminati para wisatawan mancanegara.

"Antusias para turis sangat tinggi, mereka tertarik sekali dengan tenun ikat. Malah tadi banyak yang beli," ungkap salah satu penjual tenun tanimbar, Fin Watutamata usai perayaan Sail Darwin – Saumlaki Yacth Race 2018 di pantai Keylar Jaya Olilit, Kecamatan Tanimbar Selatan (Tansel), pada Kamis (5/7).

Ia sangat bersyukur karena tenun ikat yang dijual dari kisaran harga Rp150.000 hingga Rp700.000 dari Desa Kandar, Kecamatan Selaru ini laris manis dan yang paling banyak dibeli adalah tenun model jas dan syal.

"Saya buka usaha penitipan, proses pembuatannya di kandar. Ini tenun-tenun ikat dari kandar selaru. Jualan ini pasti untung saja tidak ada rugi, kalau satu saja dibeli pasti kami sudah untung," kata Fin.

Pemilik kios tenun ikat yang beralamat di Tikungan Tanjung Batu, Desa Olilit ini berharap kepada Pemerintah Daerah (Pemda) MTB, khususnya Dinas Pariwisata agar dapat melibatkan para  pengusaha lokal untuk mempromosikan tenun ikat tersebut dalam berbagai even nasional maupun internasional.

"Semoga di kegiatan berikutnya lagi kami bisa diundang, supaya bisa promosi tenun ikat. Ini juga kan bagian dari promosi budaya tanimbar," harap dia. (Laura Sobuber)

TNI Berikan Wawasan Nusantara ke Siswa SMA Negeri 1 Merauke

Posted: 09 Jul 2018 03:34 PM PDT

TNI Berikan Wawasan Nusantara ke Siswa SMA Negeri 1 Merauke
MERAUKE, LELEMUKU.COM - Komandan Rayon Militer (Koramil) 1707-05/Merauke Mayor Inf Artiono memberikan beberapa materi terkait  Wawasan Kebangsaan kepada 400 siswa-siswi SMA Negeri 1 Merauke baertempat di Aula SMA Negeri 1 Merauke Jln. Pendidikan, Kelurahan Mandala, Distrik Merauke, Kabupaten Merauke, Provinsi Papua pada Senin (9/7)

Materi ini disampaikan meliputi cara pandang sebuah bangsa terhadap eksistensi dirinya dan perkembangan dinamika didalamnya serta penjelasan 4 Pilart Bangsa Indonesia yang terdiri dari Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika yang perlu diperkuat dalam menghadapi ancaman perang.

Dikatakan perang saat ini mengalami perubahan bentuk dari ancaman perang konvensional (tradisional) menjadi perang boneka (Proxy war) yang menggunakan peran pengganti, perang Asimetris (penggunaan kekuatan yang tidak seimbang) dan perang Hybrid yang merupakan penggunaan segala kekuatan dalam meraih keunggulan untuk menghancurkan lawan.

Antusias para siswa-siswi sangat tinggi dalam mengikuti wawasan kebangsaan tersebut, hal itu dapat terlihat dimana setelah kami persilahkan untuk bertanya mereka saling silih berganti mengajukan pertanyaan". Ujar Danramil

"Bangsa Indonesia adalah bangsa yang besar dengan keanekaragaman suku dan budaya serta agama, tetapi dengan perbedaan tersebut kita tetap satu yaitu bangsa Indonesia dari Sabang sampai Merauke. Kita juga harus bangga dengan keanekaragaman tersebut, seperti semboyan Bhinneka Tunggal Ika yang mempunyai arti berbeda beda tetapi tetap satu," Katanya.

Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Merauke Ibu Maria Goreta Letsoin mengucapkan terima kasih banyak kepada Komandan Koramil 1707-05/Merauke yang telah membantu pihak sekolah dalam mencerdaskan siswa-siswi dalam hal ini memebrikan materi wawasan kebangsaan dan berharap agar kegiatan seperti ini kedepannya dapat terus dilakukan. (Pendam17)

KPU Tetapkan Murad Ismail dan Barnabas Orno Sebagai Pemenang Pilkada Maluku

Posted: 09 Jul 2018 03:23 PM PDT

AMBON, LELEMUKU.COM - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Maluku menetapkan Pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Maluku nomor urut 2, Irjen Pol. Murad Ismail dan Barnabas Orno sebagai pemenang Pilkada Maluku tahun 2018 pada Senin malam (9/7). Hal ini ditetapkan Ketua KPU Syamsul Rifan Kubangun bersama seluruh komisioner KPU dalam rapat pleno terbuka di Kantor KPU Maluku, Kota Ambon yang mengumumkan hasil rekapitulasi penghitungan suara . Pasangan dengan jargon Baileo ini mengungguli dua pasangan lainnya, yakni pasangan petahana Said Assagaff-Anderias Rentanubun (Santun) dan pasangan yang maju lewat jalur perseorangan, Herman Adrian Koedoeboen-Abdullah Vanath (Hebat).  Menurut informasi yang diterima Lelemuku.com, dari total daftar pemilih tetap (DPT) Pilkada Maluku sebesar 1.149.990, hanya 814.038 pemilih yang menggunakan hak pilih dengan jumlah surat suara sah sebesar 805.654. Menyatakan Baileo yang diusung oleh koalisi PDI-Perjuangan, Gerindra, NasDem, PKB, Hanura, PKPI, PAN dan PPP ini memperoleh 328.982 suara. Hasil rekapitulasi penghitungan suara menyatakan Baileo unggul di enam daerah yakni di Kabupaten Maluku Tengah dengan 75.838 suara, Kabupaten Seram Bagian Barat dengan 48.719 suara, Kabupaten Buru dengan 39.168 suara, Kabupaten Buru Selatan dengan 27.513 suara, Kabupaten Kepulauan Aru dengan 20.829 suara dan Kabupaten Maluku Barat Daya dengan 33.521 suara. Sementara Santun dengan dukungan koalisi Partai Golkar, PKS, Demokrat dan PBB memperoleh 251.036 suara dengan kemenangan di Kabupaten Seram Bagian Timur dengan 32.546 suara dan Kabupaten Maluku Tenggara Barat dengan 21.520 suara.  Sedangkan Hebat dari jalur independen meraih 225.636 suara dengan kemenangan di 2 kota dan 1 kabupaten yakni di Kota Ambon dengan 52.892 suara, Kabupaten Maluku Tenggara dengan 28.158 suara dan Kota Tual dengan 12.869 suara. Hasil rekapitulasi penghitungan perolehan suara Pilkada Maluku itu tertuang dalam surat keputusan KPU Maluku Nomor 712/HK.031/KPT/81-Prof/VII/2018 tentang hasil rekapitulasi penghitungan suara pemilihan gubernur dan wakil gubernur provinsi Maluku tahun 2018. Usai mengumumkan hasil rekapitulasi penghitungan suara Pilkada Maluku, Rifan bersama para komisioner KPU lainnya dan dua saksi dari pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Maluku yakni saksi pasangan Baileo dan saksi pasangan Santun kemudian menandatangani berita acara hasil rekapitulasi penghitungan suara Pilkada Maluku. (Albert Batlayeri)
AMBON, LELEMUKU.COM - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Maluku menetapkan Pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Maluku nomor urut 2, Irjen Pol. Murad Ismail dan Barnabas Orno sebagai pemenang Pilkada Maluku tahun 2018 pada Senin malam (9/7).

Hal ini ditetapkan Ketua KPU Syamsul Rifan Kubangun bersama seluruh komisioner KPU dalam rapat pleno terbuka di Kantor KPU Maluku, Kota Ambon yang mengumumkan hasil rekapitulasi penghitungan suara .

Pasangan dengan jargon Baileo ini mengungguli dua pasangan lainnya, yakni pasangan petahana Said Assagaff-Anderias Rentanubun (Santun) dan pasangan yang maju lewat jalur perseorangan, Herman Adrian Koedoeboen-Abdullah Vanath (Hebat).

Menurut informasi yang diterima Lelemuku.com, dari total daftar pemilih tetap (DPT) Pilkada Maluku sebesar 1.149.990, hanya 814.038 pemilih yang menggunakan hak pilih dengan jumlah surat suara sah sebesar 805.654. Menyatakan Baileo yang diusung oleh koalisi PDI-Perjuangan, Gerindra, NasDem, PKB, Hanura, PKPI, PAN dan PPP ini memperoleh 328.982 suara.

Hasil rekapitulasi penghitungan suara menyatakan Baileo unggul di enam daerah yakni di Kabupaten Maluku Tengah dengan 75.838 suara, Kabupaten Seram Bagian Barat dengan 48.719 suara, Kabupaten Buru dengan 39.168 suara, Kabupaten Buru Selatan dengan 27.513 suara, Kabupaten Kepulauan Aru dengan 20.829 suara dan Kabupaten Maluku Barat Daya dengan 33.521 suara.

Sementara Santun dengan dukungan koalisi Partai Golkar, PKS, Demokrat dan PBB memperoleh 251.036 suara dengan kemenangan di Kabupaten Seram Bagian Timur dengan 32.546 suara dan Kabupaten Maluku Tenggara Barat dengan 21.520 suara.

Sedangkan Hebat dari jalur independen meraih 225.636 suara dengan kemenangan di 2 kota dan 1 kabupaten yakni di Kota Ambon dengan 52.892 suara, Kabupaten Maluku Tenggara dengan 28.158 suara dan Kota Tual dengan 12.869 suara.

Hasil rekapitulasi penghitungan perolehan suara Pilkada Maluku itu tertuang dalam surat keputusan KPU Maluku Nomor 712/HK.031/KPT/81-Prof/VII/2018 tentang hasil rekapitulasi penghitungan suara pemilihan gubernur dan wakil gubernur provinsi Maluku tahun 2018.

Usai mengumumkan hasil rekapitulasi penghitungan suara Pilkada Maluku, Rifan bersama para komisioner KPU lainnya dan dua saksi dari pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Maluku yakni saksi pasangan Baileo dan saksi pasangan Santun kemudian menandatangani berita acara hasil rekapitulasi penghitungan suara Pilkada Maluku 2018-2023 ini. (Albert Batlayeri)

Soedarmo Harapkan Generasi Muda Papua Miliki Keimanan yang Kuat

Posted: 09 Jul 2018 02:46 PM PDT

Soedarmo Harapkan Generasi Muda Papua Miliki Keimanan yang Kuat
JAYAPURA, LELEMUKU.COM - Generasi muda di Bumi Cenderawasih diminta agar wajib memiliki keimanan yang kuat agar mampu menjaga persatuan dan kesatuan. Meski keimanan tersebut mesti dicari dan didapatkan melalui ajaran agama yang dianutnya masing-masing. 

Hal ini diungkapkan Penjabat Gubernur Papua, Soedarmo dengan menegaskan bahwa tanpa keimanan dan ketaqwaan dari Tuhan Yang Maha Esa, tujuan menjaga persatuan dan kesatuan, bakal tak bisa terwujud.

"Karena itu, saya sampaikan juga bahwa sangat penting agama juga dijadikan dasar dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Namun untuk bisa memiliki keimanan yang kuat tentu generasi muda harus juga mencarinya di tempat ibadah."

"Sebab tak mungkin keimanan itu bisa datang sendiri kepada kita. Namun kita mencarinya melalui sebuah peribadatan sesuai agamanya masing-masing," ucap Gubernur saat memberikan arahan dalam satu kesempatan di Jayapura, kemarin.

Dia katakan, dirinya selaku pimpinan daerah di bumi cenderawasih siap mendengar semua masukan dari para generasi muda. Bahkan setiap masukan positif, akan dijadikan sebagai acuan dalam penetapan kebijakan pembangunan, bagi masyarakat di seluruh Papua.

"Sebab saya ingin Papua maju dan mampu bersaing dengan provinsi lain di Indonesia. Saya juga ingin mengurangi pengangguran dan kemiskinan. Untuk itu, saya harap generasi muda bisa bersama-sama dengan saya membangun diatas negeri ini," harapnya.

Pihaknya juga mengajak seluruh pemuda dan pemudi yang ada di bumi cenderawasih, agar dapat ikut berperan aktif dan berpartisipasi dalam pembangunan yang sementara berjalan saat ini.

Pembangunan dimaksud, mulai dari aspek kehidupan bermasyarakat, ekonomi, sosial budaya serta pertahanan ketahanan dan pembangunan guna menumbuhkembangan Provinsi Papua, menjadi sebuah provinsi maju yang dapat bersaing dengan daerah lainnya di Indonesia.

"Mengapa saya mengajak para pemuda, karena peran generasi ini dalam pembangunan sangat vital dan penting sekali. Karena para pemuda itu juga agen perubahan."

"Dan jangan lupa bahwa Indonesia bisa merdeka karena peran pemuda yang sangat besar. Meskipun zaman dulu pemuda masih perdaerahan, tapi karena persatuan dan kesatuan Indonesia bisa merdeka," pungkasnya. (DiskominfoPapua)

Richard Louhenapessy Buka Diklat Wawasan Kebangsaan Pemuda Ambon

Posted: 09 Jul 2018 01:27 PM PDT

Richard Louhenapessy Buka Diklat Wawasan Kebangsaan Pemuda Ambon
AMBON, LELEMUKU.COM - Walikota Ambon, Richard Louhenapessy membuka secara resmi Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Wawasan Kebangsaan bagi para pemuda Kota Ambon, bertempat di Dodik Bela Negara Rindam XVI Pattimura - Liang, Senin (9/7).

Hadir dalam acara tersebut, Kepala Dodik Bela Negara, Letkol Dedi, Sejumlah Pimpinan OPD Lingkup Kota Ambon serta para pemuda Kota Ambon peserta Diklat Wawasan Kebangsaan yang berasal dari 50 Desa/Kelurahan.

Diklat Wawasan Kebangsaan yang dilaksanakan oleh Pemerintah Kota Ambon bekerjasama dengan Rindam Kodam XVI Pattimura merupakan program yang dimaksudkan sebagai upaya membina para pemuda di Kota Ambon untuk menjadikan pemuda yang cerdas, disiplin, bertanggungjawab serta menghargai kemajemukan di Kota ini.

Kegiatan ini juga merupakan salah satu bentuk implementasi Visi dan Misi Pemerintah Kota Ambon yaitu menjadikan Kota Ambon yang Harmonis, Sejahtera dan Religius. kegiatan ini akan dilaksanakan secara berkesinambungan sebagai bentuk komitmen dari Pemerintah Kota Ambon.

Diklat Wawasan Kebangsaan angkatan pertama diikuti oleh 200 orang pemuda yang diambil dari Desa dan Kelurahan di Kota Ambon. Kegiatan akan dilaksanakan selama 1(satu) minggu dengan melibatkan tim Fasilitator terdiri dari Tim Asistensi Pemerintah Kota Ambon, Tim dan Pelatih dari Rindam Kodam XVI Pattimura.

Dalam sambutannya Walikota Ambon menyampaikan, pelaksanaan Diklat ini termotivasi dari beberapa peristiwa Nasional yang mengancam Disintegrasi Bangsa, apakah itu akibat dari peristiwa Politik, Sosial, Keagamaan, Ekonomi secara khusus kemiskinan.

Walikota Ambon bertekad untuk menjadikan Kota Ambon sebagai contoh pembentukan integritas dan wawasan kebangsaan bagi generasi muda dalam Lima Tahun kedepan.
Melalui Diklat ini Walikota berharap, proses membangun kebersamaan, betukar pikiran, dan indoktrinasi pentingnya kebangsaan Indonesia dapat dimiliki oleh para peserta,

Walikota memberikan apresiasi yang tinggi bagi para pemuda yang dengan penuh kesadaran menyatakan kesediaan dirinya mengikuti Diklat Wawasan Kebangsaan untuk kepentingan Bangsa dan Negara khususnya Kota Ambon kedepan.(DiskominfoAmbon)

BPR Modern Express Akan Buka Kantor Kas di Selaru

Posted: 08 Jul 2018 09:28 PM PDT

BPR Modern Express Akan Buka Kantor Kas di SelaruSAUMLAKI, LELEMUKU.COM – Kepala Kantor Bank Perkreditan Rakyat (BPR) Modern Express Cabang Saumlaki, Kabupaten Maluku Tenggara Barat (MTB), Provinsi Maluku, Stepanus D. Leunupun mengatakan Bank yang hadir dengan slogan "Solusi Yang Tepat" ini akan membuka kantor kas di Kecamatan Selaru.

"Sekarang kami sudah punya kantor kas di larat, rencananya kami akan membuka kantor kas lagi di selaru untuk bisa menjawab rentang kendali disana," kata dia kepada Lelemuku.com di ruang kerjanya, pada Jumat (29/6).

Leunupun membeberkan salah satu alasan pihaknya ingin membuka kantor kas di kecamatan tersebut adalah untuk mempermudah masyarakat mendapatkan pelayanan dari pihaknya, karena  jumlah nasabah yang banyak berada disana ialah para pensiunan yang sudah lanjut usia.

"Rata-rata kami punya para pensiunan ini juga banyak dari selaru, daripada mereka harus datang jauh-jauh ke saumlaki untuk cairkan dana pensiun, lebih baik kami buka di sana akan untuk mempermudah dalam hal pelayanan," beber dia.

Di wilayah Maluku Bank Modern Express ini berdiri pada tahun 1988, di kota Ambon. Dalam kurun waktu 3 dekade, Bank ini telah melebarkan sayapnya di seluruh kabupaten di Provinsi Maluku, diantaranya Kantor Cabang di Tual, Namlea, Masohi, Piru, Saumlaki, Namrole, Dobo, Bula dan Tiakur, serta Kantor Kas di Passo, Elat, Gemba dan Larat.

"Kalau kami terus hanya di ibu kota kabupaten berarti kami hanya bisa menjangkau masyarakat yang ada disini saja, sedangkan masyarakat-masyarakat yang juga membutuhkan pelayanan kami itu kan ada di pelosok-pelosok," ungkap Kepala Kantor BPR Modern Express Cabang Saumlaki ini. (Anna Aurmatin)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Banner IDwebhost

Iklan Bawah Artikel

Iklan Bawah Artikel