-->

Polisi Temukan BPJS Palsu di Puskesmas Koja

Kepolisian Sektor (Polsek) Koja, Jakarta Utara menemukan kartu BPJS palsu di Puskesmas Koja, Jakarta Utara. Temuan ini bermula ketika ada seorang warga yang hendak berobat menggunakan BPJS, tetapi kartunya tidak terbaca oleh pihak Puskesmas.

Kapolsek Koja Kompol Supriyanto mengatakan, penemuan kartu BPJS palsu ini terjadi pada Kamis (4/8). Saat itu petugas polsek melihat adanya keramaian di Puskesmas Koja yang tidak wajar.

"Saat kami datangi dan kami tanyai kenapa ada keramaian seperti ini, ada salah satu pemegang kartu BPJS yang hendak scan BPJS-nya di bagian pendaftaran tapi namanya blank alias tidak tercantum," ujar Supriyanto saat ditemui wartawan di Mapolsek Koja, Jl B Raya, Jakarta Utara, Jumat (5/8/2016).

Supriyanto menjelaskan, karena nama salah seorang pasien tidak terdaftar BPJS-nya, pasien tersebut memanggil tetangganya untuk melakukan scan di Puskesmas. Hasilnya, kartu tetangga pasien tersebut juga tidak terdaftar di Puskesmas. Mereka mengaku membuat kartu kepada seseorang berinisial DF.

"Mereka bertujuh itu membuat kartu ke orang yang sama," ucapnya.

"(Inisial) DF, saya belum bisa memberikan nama lengkapnya karena masih terduga," imbuh Supriyanto.

Sampai saat ini polisi masih melakukan tahap penyelidikan terhadap temuan kartu BPJS palsu ini. Polisi juga masih memeriksa korban dan pihak puskesmas.

"Jika terbukti bersalah pelaku akan kena KUHP Pasal 263 ayat 1 mengenai pemalsuan dokumen," ujarnya.

Penemuan kartu BPJS palsu ini terjadi pada Kamis (4/8). Saat itu petugas polsek melihat adanya keramaian di Puskesmas Koja yang tidak wajar. Ternyata diketahui ada warga yang kartu BPJS-nya tidak terdaftar.

Dan ternyata ada tujuh orang yang diketahui memegang kartu BPJS palsu. Tujuh orang ini mendapatkan kartu BPJS dari DF. (detik)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Banner IDwebhost

Iklan Bawah Artikel

Iklan Bawah Artikel