-->

Cegah Virus Korona, Velomina Oratmangun Beri Tips Hidup Sehat

SAUMLAKI, LELEMUKU.COM – Kepala Puskesmas Tanimbar Selatan (Tansel) di Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Provinsi Maluku, Velomina Oratmangun, SKM membagikan tips Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) untuk mencegah tertularnya virus korona yang berasal dari China dan merupakan satu keluarga dengan virus penyebab SARS dan MERS serta virus baru penyebab penyakit saluran pernapasan.

“Sebelumnya tidak ada tetapi saat ini di Indonesia sudah ada yang terduga korona. Saya imbau supaya masyarakat Tanimbar tidak panik, tetapi berperilaku hidup sehat dan menghindari hal-hal yang bisa mengakibatkan tertular,” kata dia kepada Lelemuku.com pada Selasa (05/03/2020).

Velomina menyarankan beberapa hal perilaku sadar hidup sehat, diantaranya sering cuci tangan menggunakan sabun, gunakan masker bila batuk atau pilek, konsumsi gizi seimbang dengan perbanyak sayur dan buah, hati-hati kontak dengan hewan, rajin olahraga dan istirahat yang cukup, jangan mengkonsumsi daging yang tidak masak serta bila batuk, pilek dan sesak nafas segera ke fasilitas kesehatan.

Ia menegaskan baiknya masker digunakan jangan lebih dari sehari karena akan tidak steril dan setelah digunakan langsung dibuang, usahakan jangan berbagi alat makan dan handuk dengan sesama serta hindari memegang barang-barang di fasilitas umum dengan tangan, contohnya saat naik angkot dan membuka pintu, sebisa mungkin buka dengan siku atau bahu.

“Ketika melaksanakan sesuatu itu kita harus cuci tangan, karena korona akan lebih cepat menular melalui mata, hidung dan mulut, takutnya saat tangan kita kena virus dan tanpa sengaja kita menyentuh wajah kita,” tambah Velomina. (Laura Sobuber)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Banner IDwebhost

Iklan Bawah Artikel

Iklan Bawah Artikel