-->

Desa Arui Bab Sambut Hangat 440 Warga Asmat

Desa Arui Bab Sambut Hangat 440 Warga Asmat


Desa Arui Bab Sambut Hangat 440 Warga Asmat

Posted: 08 Oct 2018 01:01 AM PDT

Desa Arui Bab Sambut Hangat 440 Warga Asmat
SAUMLAKI, LELEMUKU.COM – Warga Desa Arui Bab, Kecamatan Wertamrian, Kabupaten Maluku Tenggara Barat (MTB), Provinsi Maluku menyambut dengan hangat sebanyak 440 orang warga Kabupaten Asmat, Provinsi Papua yang ingin merayakan 25 Tahun Perak pelayanan dari Pastor Bavo Felndity, Pr.

Menurut Kepala Desa (Kades) Arui Bab, Ivo  Sanamase bahwa ke-440 warga Asmat dari 4 Distrik atau kecamatan, diantaranya Distrik Fayit, Distrik Safan, Distrik Atsy dan Distrik Betchbamu tersebut tiba di Kota Saumlaki, Kecamatan Tanimbar Selatan (Tansel) dengan menggunakan kapal laut milik Pelni pada Kamis (28/9), pukul 22.00 WIT.

Setelah tiba di Pelabuhan Saumlaki, mereka langsung dijemput dengan tari-tarian menuju ke Desa Arui Bab. Mereka tiba di desa itu pada pukul 24.00 WIT, para masyarakat desa setempat melakukan acara penyambutan hingga pukul 03.00 WIT.

"Kami jemput mereka di pelabuhan, mereka turun dengan busana adat khas disana dan langsung diantara ke Arui Bab. Tepat di depan Gapura kami buat penyambutan dan dibalas juga oleh mereka dengan atraksi tarian yang asli dan alami serta tidak jauh beda dengan kita disini," kata dia kepada Lelemuku.com di kediamannya, Desa Arui Bab, Minggu (7/10).

Sanamase mengungkapkan pihaknya bersama masyarakat sangat bangga sudah dikunjungi para tamu dan berterima kasih kepada warganya yang sudah senang hati berbagi dengan warga dari provinsi yang berbeda. Dalam melayani para tamu tersebut, seluruh masyarakat desa itu mempersiapkan tempat tinggal dan jaminan makanan serta membentuk panitia perayaan yang juga melakukan lomba bola voli antara rukun.

"Saya juga berterima kasih kepada saya punya warga masyarakat yang sudah ada penerimaan yang baik. Selama mereka disini kami buat tim lawan voli putra-putri dari desa. Hadiahnya nanti dari Pastor, untuk juara satu hingga tiga sebesar Rp10 juta sedangkan juara 4 dan 5 hadiahnya sama, intinya ada kebersamaan dan kebahagiaan," ungkapnya.

Pastor Bavo Felndity, Pr pun mengapresiasi dan bersyukur akan penerimaan masyarakat Desa Arui Bab yang dengan sukacita menyambut dan melayani seluruh umat gereja Katolik dari Keuskupan Asmat, tempat dirinya melayani selama 25 Tahun dengan sangat baik.

"Masyarakat Auri Bab bisa menjamin mereka dari tempat tinggal dan makanannya, ini luar biasa sekali. Awalnya saya kuatir juga banyak orang, bagaimana makannya tetapi karena kampung ini cukup besar ya jadi tidak menjadi beban, mereka dibagi-bagi di rumah masyarakat. Jadi saya bersyukur dan tidak merasa terganggu karena masyarakat Arui Bab sangat melayani mereka dengan baik," ucap dia. (Laura Sobuber)

TP-PKK Kota Ambon Raih Juara III Lomba Defile Tingkat Nasional

Posted: 08 Oct 2018 12:48 AM PDT

TP-PKK Kota Ambon Raih Juara III Lomba Defile Tingkat Nasional
AMBON, LELEMUKU.COM - Mewakili Provinsi Maluku, Tim Penggerak (TP) PKK Kota Ambon meraih juara III lomba defile antar TP PKK tingkat Nasional yang berlangsung di pelataran Hotel Mercure Convention Center-Jakarta, Rabu (3/10).

Lomba Defile merupakan salah satu rangkaian kegiatan yang dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK ke-46 serta Jambore Nasional Kader PKK 2018 berlangsung sejak tanggal 2-4 Oktober 2018.

Plt.Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana yang juga Sekretaris TP PKK Kota Ambon, Juliana W. Patty kepada awak media mengatakan, Kota Ambon meraih juara III pada 2 (dua) kategori, yakni kategori keserasian dan ketepatan waktu.

Dijelaskan, Kategori keserasian dinilai berdasarkan kostum yang dipakai serta keseragaman dalam "Yell-Yell" yang dilakukan sesuai tema dan sub tema yang ditentukan. Sementara untuk penilaian ketepatan waktu dari titik start hingga finish, dengan durasi 5 menit yang ditentukan,TP PKK mencatat waktu 4 menit 54 detik.

Peserta Lomba Defile TP PKK Kota Ambon terdiri dari 10 anggota TP PKK yang dipimpin oleh Ibu Ade Latuputty.

HKG PKK dan Jambore Nasional Kader PKK merupakan kegiatan tahunan yang diselenggarakan PKK Pusat yang wajib diikuti oleh TP PKK se-Indonesia. (DiskominfoAmbon)

Pemkot Ambon Terima Kunjungan Kerja FKUB Kota Semarang

Posted: 08 Oct 2018 12:39 AM PDT

Pemkot Ambon Terima Kunjungan Kerja FKUB Kota Semarang
AMBON, LELEMUKU.COM - Bertempat di ruang rapat Sekretaris Kota Ambon, Provinsi Maluku Asisten Administrasi Umum Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon, Romeo Soplanit menerima Kunjungan Kerja (Kunker) Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kota Semarang pada Jumat (5/10).

Adapun maksud dan tujuan dari kunker dalam rangka melakukan study komparatif tersebut adalah untuk menambah wawasan dari pengurus FKUB Kota Semarang dalam memperkokoh nilai-nilai toleransi dan kerukunan antar umat beragama serta membandingkan implementasi kerukunan umat beragama antara Kota Ambon dan Kota Semarang.

Tim yang melakukan Kunker berjumlah 22 orang dipimpin oleh Asisten Administrasi Pemerintahan Kota Semarang, Trijoto Sardjoko.

Menurut Asisten Administrasi Pemerintahan, meski pernah mengalami konflik sosial beberapa tahun silam, Kota Ambon saat ini dinilai mampu menunjukkan toleransi dan kerukunan antar umat beragama yang sangat baik di Indonesia. (DiskominfoAmbon)

Eliminasi Kusta, Dinkes Kota Ambon Kerjasama dengan Japan Foundation

Posted: 07 Oct 2018 11:59 PM PDT

Eliminasi Kusta, Dinkes Kota Ambon Kerjasama dengan Japan Foundation
AMBON, LELEMUKU.COM - Kedatangan rombongan The Japan Foundation dibawah pimpinan Yohei Sasakawa guna menjalin kerjasama dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Ambon dalam rangka mengeliminasi kusta diterima oleh Staf Ahli Pemberdayaan dan Pelayanan Publik, D Nendissa bersama Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinkes, Kota Ambon dr.Wenddy Pelupessy di ruangan rapat lantai II, Balaikota Ambon, Jumat (5/10).

Chairman The Nippon Foundation, Yohei Sasakawa, mengatakan, pihaknya turut membantu pembiayaan untuk mengeliminasi kusta yang disalurkan kepada organisasi kesehatan World Health Organization (WHO).

Sementara dr.Wenddy mengatakan, The Nippon Foundation merupakan salah organisasi yang tergabung dalam WHO yang turut menunjang dengan dana yang disalurkan melalui Kemenkes ke daerah-daearah.

Termasuk Kota Ambon dengan pelatihan-pelatihan petugas, peningkatan kapasitas petugas dan obat juga dibiayai oleh The Nippon Foundation.

Walikota Ambon, Richard Louehanapessy dalam sambutan tertulis yang dibacakan Staf Ahli Pemberdayaan dan Pelayanan Publik mengatakan, Pemerintah Kota Ambon sangat mengapresiasi pertemuan advokasi untuk penyelesaian kusta di Kota Ambon dan yang diprakasai oleh The Nippon Foundation dengan difasilitasi WHO Indonesia beserta Kementerian Kesehatan RI.

Dengan adanya pertemuan ini dapat diharapkan meningkatkan dukungan dan kemitraan seluruh pemangku kebijakan dan stakeholder terkait dalam program pencegahan bagi pengendalian kusta di Kota Ambon, termasuk pemberdayaan kepada orang yang pernah mengalami kusta, penghapusan stigma dari dan diskriminasi terhadap penderita kusta dan orang yang pernah menglami kusta dan keluarganya. (DiskominfoAmbon)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Banner IDwebhost

Iklan Bawah Artikel

Iklan Bawah Artikel