-->

Edwin Tomasoa Ungkap Alasan Jumlah OTG di Kepulauan Tanimbar Tinggi

SAUMLAKI, LELEMUKU.COM – Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Provinsi Maluku, dr. Edwin Tomasoa mengungkapkan alasan jumlah Orang Tanpa Gejala (OTG) di daerah tersebut tinggi.

Melalui data perkembangan pandemi Corona Virus Infection Desease (COVID-19) oleh Tim Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan COVID-19 Tanimbar per Jumat (01/05/2020) pukul 12.00 WIT adalah Jumlah Orang Dalam Pemantauan (ODP) 2 jiwa dan OTG 182 jiwa dari jumlah sebelumnya per Rabu (27/04/2020) mencapai 9 ODP dan 405 OTG.

“Jumlah OTG tinggi karena diperluas dengan mereka yang dikategorikan sebagai pelaku perjalanan. Itu kan sebenarnya kategori yang baru muncul terakhir ini, maka kita masukan saja di OTG. Walaupun itu bukan OTG yang sesuai dengan definisi operasionalnya, yaitu mereka yang kontak dengan pasien positif,” ungkap dia kepada Lelemuku.com.

Tomasoa menyampaikan hal tersebut dilakukan agar para pelaku perjalanan dan OTG tetap terpantau dan tidak hilang jejak oleh pihaknya.

“Orang yang baru pulang dari perjalanan ini kan kadang-kadang mereka juga tidak paham, tidak tahu bahwa mereka ini ada kontak dengan pasien positif atau tidak, sebab kan mungkin saja mereka kontak tetapi orang itu belum dikonfirmasi positif. Setelah mereka sampai disini baru konfirmasi positif,” sebutnya. (Laura Sobuber)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Banner IDwebhost

Iklan Bawah Artikel

Iklan Bawah Artikel