Wabup Beruatwarin Harap GMKI Tual Dukung Pembangunan Lewat Intelektual Muda Kristen yang Potensial

LANGGUR, LELEMUKU.COM – Wakil Bupati Maluku Tenggara, Ir. P. Beruatwarin, M.Si Buka Diskusi Publik GMKI Cabang Tual Tahun 2020

Wakil Bupati Maluku Tenggara, Ir. P. Beruatwarin, M.Si membuka Kegiatan Diskusi Publik Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI) Cabang Tual Tahun 2020 di Aula Anugerah Ohoijang, Kamis, (30/01/2020).

Wakil Bupati Maluku Tenggara, Ir. P. Beruatwarin pada kesempatan tersebut menyampaikan GMKI sebagai wadah berhimpun tentu menyadari posisi strategisnya dalam membangun tatanan kehidupan berbangsa dan bernegara yang lebih baik, serta mendukung akselerasi pembangunan lewat pemikiran-pemikiran segar ciri khas intelektual muda Kristen yang potensial.

Wabup berharap, kegiatan ini dapat merumuskan kebijakan yang strategis dalam pemanfaatan Dana Desa sesuai dengan Tema “Penguatan Nilai Akuntabilitas dalam Tata Kelola Penggunaan Dana Desa”.

Ia juga menjelaskan terkait Pembangunan Jalan Trans Kei Besar, akan direalisasikan pada Tahun 2020 sepanjang 15,5 km, Tahun 2021 sepanjang 22,8 km, Tahun 2022 sepanjang 21,9 km, Pada Tahun 2023 sepanjang 21,3 km dan Tahun 2024 sepanjang 20,1 km sehingga Total : 101,6 km dengan Total Anggaran sebesar 1,2 Trilyun Rupiah.

Di sisi lain, Kecamatan Kei Besar, Kei Besar Selatan, Kei Besar Utara Timur dan Kei Besar Selatan Barat telah ditetapkan sebagai Lokasi Prioritas Pengelolaan Batas Wilayah Negara dan Kawasan Perbatasan Tahun 2020-2024.

Sesuai Perpres No. 18 Tahun 2020 tentang RPJMN Tahun 2020-2024 tersebut Maluku Tenggara akan mendapatkan Program Desa Digital dan Bumdes dari Kementerian Desa, Peningkatan Kapasitas Bandara Karel Sadsuitubun sebesar Rp. 50 Milyard dari Kementerian Perhubungan, Pengembangan Perikanan Tangkap dan Budidaya dari Kementerian Kelautan dan Perikanan serta Pulau Kei Besar akan dibangun Sarana dan Prasarana/Infrastruktur Kelautan dan Perikanan karena telah masuk PPKT dari Ditjen PRL, Kementerian Kelautan dan Perikanan. P. Kei Besar juga akan mendapat alokasi Program Kawasan Kelapa untuk Pengembangan Komoditas Unggulan Kelapa Bersama Kab. KKT sebesar 29,21 Milyar Tahun 2020-2024 dari Kementerian Pertanian. Juga akan dibangun PLTS Roof Top dengan Nilai 26,40 Milyar bersama Kab/Kota lainnya di Maluku dari Kementerian ESDM.

Hadir pada kegiatan tersebut diantaranya yang mewakili Forkopimda, Wakil Ketua DPRD Kab. Malra, Pimpinan OPD, Tokoh Agama, dan OKP lainnya. (HumasMalra)

Bagi ke WA Bagi ke G+