STKIPS Akan Gelar Ruang Berbagi Ilmu di Batu Putih

LAURAN, LELEMUKU.COM – Sekolah Tinggi Keguruan Ilmu Pendidikan Saumlaki (STKIPS) yang bernaung pada Yayasan Perguruan Tinggi Rumpun Lelemuku Saumlaki (YPT-RLS) di Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Provinsi Maluku akan menggelar program Ruang Berbagi Ilmu (RBI) Tahun 2020 di Desa Batu Putih, Kecamatan Wermakatian.

“STKIPS dalam waktu dekat akan melaksanakan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang dibiayai oleh kementerian di Desa Batu Putih. Sehingga saya akan berangkat ke kantor LLDIKTI Wilayah XII Maluku dan Maluku Utara di Ambon untuk menandatangani kontrak penelitian itu,” ungkap Ketua STKIPS, Oliver Srue, S.Th., M.Pd kepada Lelemuku.com pada Sabtu (09/02/2020).

Ia mengatakan dalam program RBI, pihaknya akan turunkan mahasiswa di setiap semester untuk satu desa dengan rincian 4 orang mahasiswa, masing-masing 2 mahasiswa pendidikan matematika dan 2 mahasiswa pendidikan bahasa inggris serta ditambah satu dosen bahasa inggris dan 1 dosen matematika.

Sedangkan untuk menantikan pelaksanaannya, saat ini STKIPS sedang menyiapkan perangkat pembelajaran yang focus pada proses metode kreatif dan menyenangkan pada tingkat Sekolah dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP).

“Program itu akan kita djalankan di tahun 2020 ini, prosesnya adalah mahasiswa akan diseleksi, kegiatan pelatihan tentang metode pembelajaran kreatif dan menyenangkan bagi mahasiswa terlebih dahulu,” papar Srue.

Ia pun mneyatakan tujuan dari program tersebut adalah untuk mencerdaskan generasi muda Tanimbar dan menumbuhkan semangat untuk belajar dan melanjutkan pendidikan serta untuk membekali kemampuan dari para mahasiswa keguruan dalam hal praktek mengajar dan langsung berhadapan dengan masyarakat.

“Seturut dengan regulasi terbaru bahwa profesionalisme langsung itu praktek lapangan, tidak perlu menunggu sampai semester akhir untuk praktek mengajar. Lewat program ini mahasiswa dilatih untuk bagaimana cara mengajar, berdiri di depan kelas dan menghadapi anak didik karena itu yang paling penting. Selain itu, kami juga akan menindaklanjuti hasil kerjasama Pemdes Fursui dan Eliasa di Selaru terhadap kerjasama untuk penanganan pendidikan,” tutup Srue. (Laura Sobuber)

Bagi ke WA Bagi ke G+