TP-PKK Kota Ambon Juara Lomba Masak Serba Ikan Tingkat Provinsi Maluku

TP-PKK Kota Ambon Juara Lomba Masak Serba Ikan Tingkat Provinsi MalukuAMBON, LELEMUKU.COM – Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kota Ambon, Provinsi Maluku meraih juara pertama dalam Lomba Masak Serba Ikan tingkat Provinsi Maluku.

Lomba yang berlangsung di Gedung Islamic Center, Selasa (3/12/19) terbagi atas beberapa mata lomba, yakni, Lomba Masak Serba Ikan, Lomba Masak Ikan Kuah Kuning Kenari, serta Lomba Merangkai Bunga dan diikuti oleh Tim Penggerak PKK se-Provinsi Maluku serta Organisasi Wanita yang ada di Kota Ambon.

TP-PKK Kota Ambon dengan Menu Keluarga serta Menu Balita meraih posisi pertama dalam lomba masak serba ikan, diikuti oleh TP-PKK Kabupaten MBD pada posisi kedua dan posisi ketiga ditempati TP-PKK Seram Bagian Timur.

Ketua Tim Penggerak PKK, Widya Murad Ismail yang juga Ketua Forum Peningkatan Konsumsi Ikan Nasional (Forikan) pada kesempatan tersebut mengatakan, lomba yang digelar menyongsong hari ibu ini merupakan upaya dalam meningkatkan konsumsi ikan bagi masyarakat serta upaya mempatenkan produk masakan sebagai milik provinsi Maluku.

“Lomba ini merupakan salah satu upaya dalam rangka meningkatkan konsumsi ikan dengan cara mengembangkan jenis olahan makanan yang berbahan baku ikan, serta upaya untuk mempantenkan menu khas Maluku yang berbahan dasar ikan, yakni ikan kuah kuning kenari,” jelasnya.

Disamping itu, dengan adanya lomba-lomba dimaksud mampu memberi dukungan pemanfaatan sumberdaya ikan yang berkelanjutan guna mensejahterakan masyarakat serta penyebarluasan informasi tentang ikan.

Ikan menurut Ketua Forikan, merupakan makanan khas orang Maluku, namun demikian dirinya mengakui secara global trend konsumsi ikan di Maluku, masih kalah dibandingkan dengan negara-negara non penghasil ikan.

Karena itu, dirinya mengajak masyarakat Maluku untuk menjadikan ikan sebagai makanan wajib. Mengingat banyaknya kandungan gizi yang terdapat di ikan.

Diketahui, untuk lomba masak ikan kuah kuning kenari, posisi pertama diraih oleh Sekretariat PKK Provinsi Maluku, posisi kedua oleh PD Bhayangkari serta posisi ketiga oleh PD Persit Pattimura.

Sementara untuk lomba merangkai bunga, juara I diraih oleh PD Bhayangkari, Juara II DPD IWAPI Maluku, Juara III PD Persit Pattimura grup 3. Harapan I TP PKK Maluku, Harapan II Wanita Katholik Provinsi Maluku, serta Harapan III PD Persit Pattimura grup 2. (DiskominfoAmbon)
Bagi ke WA Bagi ke G+