-->

Bernardus Rettob Buka Kegiatan Penyusunan Dokumen Rencana Kontijensi di Langgur

LANGGUR, LELEMUKU.COM – Pj. Sekretaris Daerah Maluku Tenggara, Bernardus Rettob, S.Sos membuka Kegiatan Penyusunan Dokumen Rencana Kontijensi Menghadapi Ancaman Bencana Gempa Bumi dan Tsunami Tahun 2019 di Aula Kantor BPBD Kabupaten Maluku Tenggara, Jumat, (13/12).

Pj. Sekretaris Daerah Malra pada kesempatan tersebut menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu bentuk implementasi dukungan BNPB terhadap Pemerintah Daerah, untuk bersama-sama meningkatkan kapasitas kesiapsiagaan dalam penanggulangan bencana. Beliau menjelaskan Malra termasuk dalam Kabupaten/Kota di Indonesia yang memiliki kelas Resiko Bencana Tinggi dengan skor 179 yang rentan terhadap bencana, berdasarkan Indeks Resiko Bencana Indonesia Tahun 2013-2019 yang disusun BNPB dari 34 Provinsi dan 136 Kab/Kota.

Pj. Sekda menjelaskan tujuan Kegiatan Penyusunan Rencana Kontijensi ini adalah untuk memastikan bahwa pemerintah daerah maupun masyarakat siap dalam menghadapi potensi terjadinya suatu kondisi darurat (bencana). Apabila bencana benar-benar terjadi, maka rencana kontijensi dapat diaktivasi atau dioperasionalisasikan menjadi rencana operasi tanggap darurat (Emergency Operasi Plan) setelah terlebih dahulu melalui kaji cepat (Rapid Assessment).

Pj. Sekda berharap, agar para peserta dapat memberikan komitmen, masukan dan kontribusi nyata dalam kegiatan ini di Kab. Malra yang kita cintai sehingga tujuan mulia ini dapat tercapai dengan maksimal.

Turut hadir pada kegiatan tersebut diantaranya yang mewakili Forkopimda Malra, Pimpinan OPD dan Jajaran Kantor BPBD Kabupaten Maluku Tenggara. (HumasMalra)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Banner IDwebhost

Iklan Bawah Artikel

Iklan Bawah Artikel