Perwakilan Mabes AL Tinjau Pembangunan Dermaga Lanal Saumlaki

Perwakilan Mabes AL Tinjau Pembangunan Dermaga Lanal SaumlakiOLILIT, LELEMUKU.COM - Perwakilan Markas Besar Angkatan Laut (Mabesal) melalui Sekdis Fasilitas Pangkalan TNI AL (Faslanal) Kolonel Laut (T) Suwardi melakukan peninjauan langsung pembangunan Dermaga Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Saumlakidi Desa Olilit, Kecamatan Tanimbar Selatan, Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Provinsi Maluku pada Rabu (02/10/2019).

Menurut Kolonel Laut  (T) Suwardi, pembangun dermaga tersebut sangat penting untuk memperkuat fungsi dan tugas Lanal Saumlaki dalam menjaga perairan Kepulauan Tanimbar yang berbatasan langsung dengan negara Australia. Selain itu, dermaga itupun bisa sebagai lokasi rekreasi bagi masyarakat Bumi Duan Lolat.

“Tujuan saya dari mabes ke sini untuk meninjau pembangunan dermaga Lanal Saumlaki yang sama sekali tidak merusak ekosistem, tetapi justru nanti dengan dermaga ini kondisi ekositim kami lindungi,” kata dia

Suwardi menilai alam dan lingkungan di Tanimbar masih sangat alami dan indah, sehingga dirinya berjanji pihaknya akan terus mempertahan kelebihan itu dengan membuka akses menuju dermaga sebagai salah satu tujuan wisata bagi masyarakat setempat yang tetap asri.

“Saya lihat alam dan lingkungan disini masih asri dan akan dipertahankan terus. Justru setelah dibangun, tempat kita ini akan lebih asri,” tambahnya. 

Dalam kunjungan tersebut juga Kolonel Suwardi bersama Kadis Faslan Lantamal IX Letkol Laut (KH) Jamaluddin dan Letkol Laut (T) Endang Subianto (Duk Matal) bersama Perwira Staf dan Personil Lanal Saumlaki melakukan Funbike bersama atau Gowes dengan rute dari Hotel Beringin Dua di Jalan Mathilda Batlayeri menuju terminal pasar Omele Desa Sifnana, kemudian lanjut ke Jalan Poros Desa Olilit dan berakhir di Mako Lanal Saumlaki. Setelah itu, bersama dengan Direktur PT. Matra Naluri Muda, Hj. Burhadi Hermansyah melakukan lepas liar penyu di laut.  (Laura Sobuber)
Bagi ke WA Bagi ke G+