Lanal Saumlaki Gelar Upacara HUT TNI AL Ke-74 Tahun 2019

Lanal Saumlaki Gelar Upacara HUT TNI AL Ke-74 Tahun 2019SAUMLAKI, LELEMUKU.COM – Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Saumlaki, Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Provinsi Maluku menggelar upacara Hari Ulang Tahun (HUT) Tentara Nasional Indonesia (TNI) Angkatan Laut (AL) ke-74 Tahun 2019.

Bertindak selaku Inspektur Upacara (Irup) Danlanal Saumlaki Letkol Laut (P) Hartanto, M.Tr. Han di Lapangan Apel Lanal Saumlaki, Jl. Slamet Riyadi Nomor 1 Dusun Lakateru, Desa Olilit Raya, Kelurahan Saumlaki, Kecamatan Tanimbar Selatan (Tansel) pada Selasa (10/09/2019).

Dalam amanat Kepala staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Siwi Sukma Adji, S.E., M.M yang dibacakan oleh Danlanal Hartanto mengatakan bahwa di HUT ke-74 ini TNI AL telah menunjukkan jati dirinya sebagai komponen pertahanan negara yang tangguh di tengah perubahan lingkungan strategis yang kian dinamis dan secara aktif terlibat dalam menjamin kepentingan maritim indonesia, terutama pada pelaksanaan tugas sesuai  amanat undang-undang (UU).

“Sesuai pasal 9 undang-undang nomor 34 tahun 2004 tentang TNI, telah diatur 5 (lima) tugas Angkatan Laut, yakni bidang pertahanan matra laut, penegakan hukum dan keamanan maritim, diplomasi maritim, pembangunan dan pengembangan kekuatan maritim, dan pembinaan wilayah pertahanan laut,” kata dia.

Kasal Laksamana TNI Siwi Sukma Adji juga menuturkan ada beberapa langkah dan strategi baru yang telah diterapkan, agar secara efektif dapat memenuhi komitmen kita kepada bangsa dan negara. Komitmen ini ditujukan untuk membuat struktur kekuatan Angkatan Laut agar lebih effisien dan selalu berorientasi pada hasil serta kesiapan operasi.

“Selaras dengan hal tersebut, TNI Angkatan Laut terus berusaha mendorong semangat dalam kerja sama dan diplomasi maritim melalui berbagai inisiatif multilateral seperti latihan bersama, seminar dan simposium maritim internasional, muhibah luar negeri dan ikut serta dalam berbagai latihan bersama dengan negara-negara lain,” tuturnya.

Kasal Laksamana TNI Siwi Sukma Adji  menambahkan melalui strategi penggunaan dan gelar kekuatan itu, pihaknya dapat memastikan tingkat kehadiran di laut, kesiapan tempur dan kesadaran situasional yang tinggi di seluruh wilayah yurisdiksi nasional indonesia serta komitmen keamanan maritim  TNI Angkatan Laut di lingkungan regional maupun global yang selaras dengan visi pemerintah lima tahun ke depan, area yang menjadi fokus utama untuk TNI Angkatan Laut tahun ini adalah peningkatan pembangunan sumber daya manusia.

“Karena tingginya tingkat profesionalisme dan komitmen yang ditunjukkan oleh prajurit dan pns TNI Angkatan Laut dengan jelas merupakan bekal pokok di jalur kemajuan bangsa indonesia. Tepat kiranya pada peringatan HUT kali ini tema yang diambil yaitu bersama rakyat TNI Angkatan Laut siap membangun sdm unggul, fondasi indonesia maju. Perlu kita sadari bersama, bahwa kekuatan pertahanan sebuah negara terukur dalam komponen konseptual, fisik dan moral dengan faktor sumber daya manusia sebagai tulang punggungnya,” tutupnya.

Hadir dalam upacara itu Dandenpomal Lanal Saumlaki Kapten Laut (P) Dodi Irawan, Ka Akun Lanal Saumlaki Kapten Laut (S) Kristanto Basuki, Perwira Staf Lanal Saumlaki, Pasukan upacara terdiri dari 1 SSK Pwa dan 1 SSK Ba dan Tamtama Lanal Saumlaki.

Selepas upacara rangkaian HUT TNI AL Ke-74 Tahun 2019 yang berjalan dengan aman dan lancar itu dilanjutkan dengan tabur bunga di Taman Makam Pahlawan (TMP) Lauran. (Laura Sobuber)
Bagi ke WA Bagi ke G+