Polisi Tangkap 10 Terduga Teroris Jamaah Ansharut Daulah di Gunung Mas

KUALA KURUN, LELEMUKU.COM – Selain penangkapan 15 orang yang diduga sebagai anggota teroris Jaringan Uzla di Kota Palangka Raya, Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) pada Senin (10/06/2019) sore. Pada Senin malam, polisi juga menangkap sejumlah terduga teroris di Kabupaten Gunung Mas.

Menurut informasi yang diterima Lelemuku.com, sekitar 10 orang terduga teroris itu ditangkap oleh anggota Kepolisian Resor (Polres) Gunung Mas dibawah pimpinan AKBP Yudi Yuliadin dan Kepolisian Sektor (Polsek) Tewah yang dipimpin oleh Ipda Maulana R Al Haqqi di Losmen Triasari, Kompleks Pasar Tewah, Kecamatan Tewah, Kabupaten Gunung Mas pada pukul 21.00 Wib.

Para terduga teroris yang merupakan jaringan Jamaah Ansharut Daulah (JAD) kemudian diamankan di Polsek Tewah dan dilanjutkan ke Kepolisian Daerah (Polda) Kalteng guna dilakukan pendalaman oleh penyidik terkait jaringan mereka di provinsi tersebut dan rencana serangan mereka dalam waktu dekat ini.

Sebelumnya pada Senin sore, Tim Anti Teror Detasemen Gegana Satbrimob Polda Kateng mengamankan 15 terduga teroris Jaringan Uzla di sebuah barak kost atau bedakan di Jl.Pinus III 1, Rt 03 Rw 14, Kelurahan Panarung, Kecamatan Pahandut, Kota Palangka Raya.

15 terduga teroris yang merupakan keluarga tersebut terdiri dari 6 pria dewasa, 4 wanita dewasa dan 5 anak-anak dengan barang bukti potasium klorat, buku, panci dan sepeda motor.

Identitas para pria diantaranya Abu Naflan atau Ansari, Abu Ismail atau Supriadi, Abu Nia atau Tommy, Ibrahim atau Rahim, Abu Dul Rahman atau M. Riski dan Abdullah. Para wanitanya adalah Aisyah Binti Yamin, Raudatul Jannah Binti Mahrizal bin Mahrijal Asbi, Nuraminah Binti Jamsudin dan Maya Binti Jamsudin. Selanjutnya 5 anak yang ikut diantaranya SA, RS, NF, KA dan R.

Tim Anti Terror yang dipimpin oleh Kompol Rio Vanalewen S.Ik pada pukul 13.oo WIB mempersiapkan diri guna menggrebek Barak 44A yang dimiliki oleh Surani, warga Kelurahan Tanjung Pinang, Kecamatan Pahandut.

Selanjutnya pada pukul 17.05 WIT dengan dipimpin langsung Kapolda Kalteng, Irjen. Pol. Drs. Anang Revandoko, melakukan penangkapan dan penindakan para terduga teroris yang berada dalam barak tersebut. Upaya paksa ini berlangsung tanpa ada perlawanan dari para terduga, sementara kondisi disekitar lokasi kejadian aman dan kondusif. Para teroris kemudian diamankan ke Mako Satbrimob Polda Kalteng Jl. Tjilik Riwut Km. 32 Tangkiling guna dilakukan pengembangan dan penyidikan lebih lanjut. (Albert Batlayeri)

Bagi ke WA Bagi ke G+