Murad Ismail Buka Pembukaan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) XXVIII Provinsi Maluku 2019

Murad Ismail Buka Pembukaan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) XXVIII Provinsi Maluku 2019 NAMLEA, LELEMUKU.COM - Warna-warni sorotan lampu meramaikan Puncak Acara Pembukaan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) XXVIII Tingkat Provinsi Maluku tahun 2019 di Kota Namlea, Kabupaten Buru pada Jumat (14/06/2019). Acara  yang dibuka oleh Gubernur Maluku Irjen Pol (Purn) Drs. Murad Ismail ini berlangsung meriah dan penuh persaudaraan.

Nampak terlihat ribuan masyarakat menghadiri acara pembukaan, berbagai pagelaran seni Islam dan daerah ditampilkan saat itu. Para petinggi Pemerintahan, mulai dari Gubernur Maluku Drs Purn Irjen Pol Murad Ismal, Wakil Gubernur (Wagub) Barnabas Orno, Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Maluku Fesal Musaad, Panglima Kodam (Pangdam) XVI/Pattimura, Mayjen TNI Marga Taufiq, para bupati/walikota se-Maluku dari Buru, Buru Selatan, Seram Bagian Barat (SBB), Seram Bagian Timur (SBT), Maluku Tengah (Malteng), Ambon, Tual, Maluku Tenggara (Malra), Kepulauan Aru, Kepulauan Tanimbar dan Maluku Barat Daya (MBD).

Selanjutnya hadir pula Ketua MUI Daerah Maluku Ketua Sinode GPM Ketua Walubi Maluku Ketua PHDI Maluku, Uskup Diosis Amboina, Ketua LPTQ Provinsi Maluku, Ketua Panitia  MTQ XXVIII, pimpinan SKPD Provinsi maupun kabupaten/kota, sejumlah anggota DPR/DPD RI, DPRD Provinsi, para petinggi TNI/Polri kabupaten termasuk tokoh agama, tokoh adat dan tokoh masyarakat yang menghadiri acara pembukaan yang dipusatkan di alun-alun Bupolo Namlea.

Acara pembuka dimulai dengan menyanyikan lagu Kebangsaan Indonesia Raya dilanjutkan dengan pembacaan Ayat Suci Al Qur’an, Pengibaran Bendera MTQ di iringi  lagi Hymne dan  Mars  MTQ dengan  panduan suara yang di bawakan kedua komunitas Muslim dan Nasrani, Pembacaan Do'a oleh Ketua MUI Provinsi Maluku.

Pembukaan MTQ ditandai dengan pemukulan beduk oleh Gubernur Maluku Murad Ismal yang dilakukam secara bersama Wagub dan Bupati Buru Ramly I Umasugi, S.pi.MM.

Gubernur Maluku dalam sambutannya, memberikan apresiasi atas kebersamaan umat beragama untuk terlibat langsung dalam pengisian acara, seperti paduan suara kalobrasi. Ia pun mengaku bangga dengan kesiapan pihak panitia sehingga acara pembukaan berlangsung sukses.

"Apa yang telah dibuat Pemkab Buru sebagai panitia merupakan suatu nilai tambah yang mesti dijunjung tinggi, karena telah memperlihatkan begitu kentalnya toleransi kerukunan antar umat beragama di Buru," ujar Murad Ismail.

Karena itu, Gubernur sangat berharap kegiatan ini hingga acara penutupan nanti dapat berlangsung aman dan lancar.

“Kepada para kafilah berlombalah dengan penuh sportifitas untuk dapat menelorkan prestasi yang gemilang, agar dapat bersuara di tingkat nasional,” tandas Gubernur.

Ungkapan rasa bangga yang sama juga disampaikan kepada seluruh bupati dan walikota yang telah mengirimkan kontingennya dalam MTQ kali ini.

Bupati Buru Ramly I Umasugi, S.pi.MM berharap semoga momen MTQ ini menjadi spirit bagi masyarakat Buru pada khususnya. Sebab Pemkab Buru selama ini sudah menerapkan kaidah-kaidah yang ada didalam Al Qur'an diantaranya Gerakan Magrib Mengaji dan Gerakan Bupulo Membaca.

“Semoga MTQ tersebut dapat memperkokoh persatuan khususnya umat islam dan antar sesama,dengan akhlak serta akidah yang lebih baik”, kata Umasugi dala sambutannya selaku tuan rumah MTQ XVIII Provinsi Maluku tahun 2019, yang menyampaikan selamat datang para Kafilah MTQ XXVIII tingkat Provinsi Maluku tahun 2019 di Buru. (Pendam16)
Bagi ke WA Bagi ke G+