Benhur Tomi Mano Gelar Safari Ramadhan Pemkot Jayapura di Masjid Al-Ikhlas Kotaraja

Benhur Tomi Mano Gelar Safari Ramadhan Pemkot Jayapura di Masjid Al-Ikhlas KotarajaJAYAPURA, LELEMUKU.COM -Hari pertama Safari Ramadan 1440 Hijriyah, Pemerintah Kota Jayapura, Provinsi Papua gelar buka puasa bersama bersama jamaah masjid Al-Ikhlas Kotaraja, Perumahan Kodam 17 Cenderawasih, Distrik Abepura, Kamis (09/05/2019)

Buka puasa di hadiri Wali Kota, Wakil Wali Kota, kepala Kepala Kantor Kementerian Agama,Ketua MUI, Kepala PDAM, sekwan, seluruh Pimpinan OPD dan ASN dilingkungan pemerintah Kota Jayapura.

Mengawali sambutannya, Wali Kota Jayapura, Dr. Benhur Tomi mano MM didampingi Wakil Wali Kota Jayapura, memperkenalkan seluruh pejabat yang hadir dalam safari ramadan 1440 hijriah kepada puluhan jamaah masjid Al-Ikhlas Kotaraja.

Lanjut, orang nomor satu kota Jayapura ini menjelaskan tujuan buka puasa Pemerintah Kota Jayapura bersama jamaah muslim Masjid dan Mushola di kota Jayapura, sebagai ajang silaturahmi Pemerintah Kota Jayapura bersama umat Islam kota Jayapura yang dilakukan setiap tahun, dan tahun ini panitia telah menagendakan 15 Masjid dan Musholah yang sedang melakukan pembangunan Masjid dan musholah.

“Makanya saya membawa staf saya serta melihat secara langsung keadaan masjid yang sedang membangun dan untuk itu saya membawa bantuan untuk membantu pembangunan masjid,”kata Wali Kota Jayapura.

Dirinya juga menyampaikan terima kasih atas doanya dan partisipasi masyrakat kota Jyaapura, sehingga pelaksanaan Pilpres dan Pileg tahun 2019 dapat berjalan sukses.

“Saya menyampaikan terima kasih kepada warga Kota Jayapura, atas partisipasinya dalam sukseskan pemilu tahun 2019, walaupun terlambat 1 hari tapi semua bejalan baik, kesalahan itu terletak pada KPU Kota Jayapura, kami pemerintah sudah mengerahkan seluruhnya untuk suksesnya pemilu,”jelas Wali Kota jebolan SMP Muhammadiyah Jayapura.

Dirinya juga menjelaskan sejumlah program prioritas Pemerintah kota jayapura dalam pembangunan dan kesejahteraan warga kota Jayapura. terlebih khusus bagi umat muslim di kota jayapura.

Sejumlah program pemerintah yakni, penyediaan 10 hektar tanah untuk pemakaman umat muslim di kota jayapura yang diberikan secara gratis. Dan juga umroh gratis kepada jamaah muslim yang belum perna melaksanaakan ibadah umroh ke Tanah Suci Mekkah.

Kami telah membangun kubunran muslim untuk warga kota jayapura. Seluas 10 hektar yang diberikan secara gratis kepada umat muslim. Hanya Bayar 1 juta untuk tanaga gali liang. Penyediaan makam muslim sebagai bentuk perhatian pemerintah untuk pemakaman umat muslim yang meninggal karena merasa mahal atas pembebasan lahan 10 hingga 15 juta rupiah,”jelas Wali Kota.

“Pemkot juga punya program umroh gratis. Bagi yang naik haji diberikan baju gratis. Tiket ke makassar diberikan secara gratis kepada jamaah haji,”ungkap pria yang akrab disapa BTM.

Selaian itu, Wali Kota juga meminta warga kota jayapura terus aktif menjaga lingkungan agar tetap bersih serta menjaga keamanan lingkungan.

Dikatakannya, untuk memberikan rasa aman kepada warga kota Jayapura, pemerintah kota telah membangun pos keamanan yang ditepati oleh TNI dan Polri, bukan untuk menakuti tetapi untuk memberikan rasa aman kepada warga kota Jayapura yang melakukan aktifitasnya.

“Saya harap kota ini aman damai dan membangun sesuai dengan moto kota Jayapura, satu hati membangun kota untuk kemuliaan Tuhan. Saya mau seluruh umat muslim melaksanakan ibadah di bulan ramadan secara aman,”tegas BTM.

Untuk mendukung keamanan kota Jayapura, Wali Kota memprogramkan terbentuknya tim Patroli gabungan TNI Polri dan Satpol PP, untuk melakukan razia dan swiping di sejumlah pusat keramaian atau titik-titik yang dianggap rawan disetiap hari sabtu. “Saya juga telah membentuk tim untuk melakukan patroli dihari sabtu,”cetus Wali Kota.

Dirinya juga memastikan dinas terkait dan warga  untuk memantau harga sembako di pasaran selama bulan suci ramadan hingga pelaksanaan idul fitri 1440 hijriyah tetap aman.

Buka puasa pemerintah kota Jayapura bersama jamaah Masjid Al-Ikhlas Kotaraja berjalan lancar dilanjutkan dengan tauziah yang disampaikan langsung oleh ketua MUI Kota Jayapura, KH. Zulham Makmun.

Selain berbuka puasa, Wali Kota dan Kepala Kementerian Agama Kota Jayapura, serta Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan kebersihan memberikan Bantuan uang Tunai dan Alquran serta kantung alterlatif belanja pengganti Kantong pelatik kepada Jamaah dan pengurus Masjid Al-Ikhlas Kotaraja. (HumasJayapuraKota)
Bagi ke WA Bagi ke G+