-->

Warga Mitak Pantai Alami Banjir Rob, 6 Rumah Rusak

Warga Mitak Pantai Alami Banjir Rob, 6 Rumah Rusak


Warga Mitak Pantai Alami Banjir Rob, 6 Rumah Rusak

Posted: 26 Jan 2019 04:34 PM PST

Warga Mitak Pantai Alami Bencana Gelombang Laut Pasang, 6 Rumah Rusak
SAUMLAKI, LELEMUKU.COM - Warga di Dusun Mitak Pantai, Pulau Mitak, Desa Awear Rumgeur, Kecamatan Wuarlabobar, Kabupaten Maluku Tenggara Barat (MTB), Provinsi Maluku mengalami bencana gelombang laut pasang atau banjir rob.

Menurut informasi yang diterima Lelemuku.com dari Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) MTB, AKBP Andre Sukendar melalui Kasat Polair Polres MTB, Ipda Abdul Rahman Sambas,S.Sos, pada Sabtu (26/1) malam, bencana ini menyebabkan beberapa kerugian benda pada warga Mitak tersebut.

"Info sementara dari Pejabat Kades Awear Rumngeur terkait laporan investigasi dari Ketua BPD dan tiga Kepala Urusan yg berada di Dusun Mitak Pantai adalah 4 rumah masyarakat rusak berat dan 2 rumah yang rusak ringan. 2. 200 meter talut penahan ombak rusak berat," ujar dia.

Sambas melanjutkan, sekitar 2 unit motor laut rusak berat dan tidak dapat digunakan. Sementara alat masak dari 6 rumah warga yang rusak terkena bencana ini hanyut terbawa arus dan gelombang laut.

Selain itu belum disebutkan adanya korban jiwa maupun luka-luka.

"Saat ini Pak Ketua BPD dan 3 kaur masih berada di Dusun Mitak untuk memantau situasi. Mohon bantuan untuk tindak lanjut," tutup laporan dari Pejabat Kades Awear Rumgeur yang dilanjutkan Kasat Polair. (Albert Batlayeri)

Persib Bandung Ingin Kalahkan Persiwa Wamena

Posted: 26 Jan 2019 04:03 PM PST

CILACAP, LELEMUKU.COM - Misi tim tamu Persib Bandung dalam lawatannya ke markas Persiwa Wamena untuk mengamankan kemenangan.

Pelatih Maung Bandung, Miljan Radovic menegaskan kesiapan timnya menghadapi pertandingan leg pertama babak 32 Besar Kratingdaeng Piala Indonesia, yang akan berlaga di Stadion Wijayakusuma, Kabupaten Cilacap, Provinsi Jawa Tengah pada Minggu (27/1).

"Kita sudah siap. Kita sudah menjalani 14 kali latihan, Kami akan amankan kemenangan itu," tuturnya.

Radovic mengaku sudah memiliki gambaran mengenai permainan tim lawan. Namun, dirinya enggan memikirkan hal tersebut. Sebab, kekompakan anak asuhnya di laga nanti adalah kunci untuk memenangi laga.

"Kita banyak informasi mengenai calon lawan kami. Tapi itu tak terlalu penting,  menurut saya yang terpenting adalah bagaimana kita bermain di atas lapangan," katanya.

Penentuan Persib Bandung untuk berlaga di babak ini adalah setelah mereka mengalahkan PSKC Cimahi dengan skor 2-1. Untuk tim sebesar Persib, tentu menang adalah tujuan utama tim agar tetap menjaga nama besar mereka.

"Kita tim besar. Kita harus coba untuk menang. Bukan meremehkan lawan, tapi saya, staf dan pemain harus bisa menjaga nama besar tim, kami tidak boleh kalah," tutupnya. (PSSI)

Yayasan Noken Papua Beri Penghargaan Unesco Award ke Pemkot Sorong

Posted: 26 Jan 2019 03:58 PM PST

Yayasan Noken Papua Beri Penghargaan Unesco Award ke Pemkot SorongSORONG, LELEMUKU.COM - Noken Papua Foundation atau Yayasan Noken Papua memberikan Penganugerahan Piagam Penghargaan Noken Unesco atau dikenal Noken Unesco Award 2018 kepada pemerintah Kota Sorong, Provinsi Papua Barat melalui Pencetus Noken Papua ke Unesco, Titus Pikei, SH.,M.Si yang diterima langsung Walikota Sorong, Drs. Ec. L. Jitmau, MM.

Hal ini dilakukan sehubungan dengan penetapan Noken Papua sebagai warisan budaya tak benda atau warisan dunia oleh Lembaga Kebudayaan Dunia di Markas Unesco Paris pada 4 Desember 2012 hingga saat ini, dan juga untuk merayakan hari Noken yang ke enam tahun.


Titus Pikei dalam arahan singkat mengatakan, penghargaan tersebut bertujuan agar pada waktu ke depan, dapat menjaring semua komponen pengrajin noken dari berbagai komunitas pengrajin noken di Kota Sorong. Sedang untuk budidaya bahan baku hutan dan lingkungan, dapat didata bersama para tetua adat atau kepala suku, kemudian disampaikan kepada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait, sehingga dapat diberi solusi untuk melakukan budidaya bahan baku noken.

"Kalau budidaya bahan baku, harus tua-tua adat tidak boleh langsung pikir jual tanah. Tetapi di atas tanah ini dapat dilakukan budidaya bahan baku noken, agar dapat digunakan beberapa tahun mendatang. Jadi tidak perlu keluar duit banyak, tinggal ambil gratis tapi dapat untung. Ini pesan saya kepada semua pihak termasuk pemerintah Kota Sorong beserta jajarannya, agar dapat menjaga hutan dan lingkungan sekitar, terlebih pohon bahan baku noken", jelas Titus.

Walikota Sorong dalam arahannya mengatakan, Titus adalah aset penting di Tanah Papua, dimana Titus dapat membawa tanah Papua ke masa depan yang lebih baik.

"Saudaraku Titus Pikei adalah putra terbaik di tanah papua, orang yang punya gagasan untuk mengangkat budaya tanah papua ke dunia internasional. Unesco bukan ada di tanah Papua, bukan ada di kepala Burung, tapi lembaga Internasional, sehingga semua orang bisa melihat kebudayaan kita melalui noken", kata Walikota sambil mengatakan, " Mari kita lestarikan budaya di tanah ini, sehingga anak cucu kita tetap mengetahui bahwa noken ada di tanah ini".

Pemberian penghargaan ini tidak terlepas dari komitmen pemerintah Kota Sorong yang memberlakukan penggunaan noken (Wajib) pada hari Kamis, terlebih pada Aparatur Sipil Negara (ASN) yang berada di lingkungan pemerintah Kota Sorong. (DiskominfoSorong)

Arema FC Cepat Manfaatkan Peluang Kalahkan Persita Tangerang

Posted: 26 Jan 2019 03:56 PM PST

 Arema FC Cepat Manfaatkan Peluang Kalahkan Persita TangerangKEPANJEN, LELEMUKU.COM - Kemenangan Arema FC ditentukan karena mereka bisa dengan cepat memanfaatkan peluang dan celah. Tim berjuluk Singo Edan itu berhasil menang atas Persita Tangerang dengan skor 4-1. Tuan rumah menjamu lawan di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang, Provinsi Jawa Timur pada Sabtu (26/1).

Pertandingan berjalan cepat, perbedaan kekuatan langsung terasa, dalam waktu kurang dari 20 menit babak pertama, Arema FC sudah bisa mencetak tiga gol. Robert Lima Guimeraes berhasil mencetak dua diantaranya, yaitu gol cepatnya di menit ke-6 dan golnya pada babak kedua pada menit ke-77. Kemudian Dedik Setiawan menit ke-10, lalu Hamka Hamzah menit ke-16. Satu gol dari Persita disumbangkan oleh Chandra Waskito Kusumawardana, menit ke-59.

Mengenai pertandingan, pelatih Arema FC, Milomir Seslija mengatakan timnya sedikit bermain ragu di awal pertandingan, tapi setelah itu tidak.

"Lima menit awal mungkin kami sedikit gugup, tapi setelahnya kami bisa tenang dan malah mencetak beberapa gol bagus," tuturnya usai pertandingan.

Dirinya pun mengomentari gol-gol dari para pemainnya yang mencetak gol.

"Dua gol dari Robert Lima itu mudah karena dalam posisi yang bagus dan bola enak untuk dia. Tapi, gol Hamka yang berkelas seperti di Liga Inggris. Gol itu lahir dari serangan balik cepat. Dia berlari dari belakang dan dapat umpan ke depan. Hamka bisa menuntaskannya jadi gol," jelas Milo.

"Proses gol seperti itu sangat bagus. Pemain bisa memanfaatkan celah dengan cepat," tambahnya.

Sementara bagi Persita Tangerang, melalui Asisten pelatih, Wiganda Saputra melihat kualitas Arema masih di atas tim asuhannya sehingga bukan hal yang mudah untuk menekuk Singo Edan dengan selisih lebih tiga gol pada leg kedua.

"Sebelum pertandingan, sudah saya sampaikan ada perbedaan kualitas di antara kedua tim. Arema di Liga 1 dan Persita Liga 2. Itu sudah jelas," kata Wiganda.

Tetapi, dia tidak ingin membuat anak buahnya patah semangat. Wiganda meminta Egi Melgiansyah, dkk. bermain lepas saat main di kandang sendiri, pekan depan.

"Tentu Arema juga tidak akan mau kalah di leg kedua. Mereka tidak ingin mengecewakan suporternya. Tapi, kami akan berusaha lebih keras. Tim ini sudah mengalami kemajuan pesat," imbuhnya. (PSSI)

PSM Makassar Raih Hasil Positif di Laga Tandang Kalteng Putra

Posted: 26 Jan 2019 03:50 PM PST

 PSM Makassar Raih Hasil Positif di Laga Tandang Kalteng PutraPALANGKARAYA, LELEMUKU.COM - PSM Makassar berhasil meraih hasil positif dalam laga tandang mereka melawan Kalteng Putra. Pertandingan berkesudahan dengan skor tipis 2-1 untuk kemenangan tim berjuluk Juku Eja itu. Duel keduanya terjadi di Stadion Tuah Pahoe, Kota Palangkaraya, Provinsi Kalimantan Tengah pada Sabtu (26/1).

Dalam pertandingan itu, meski tertinggal 1-0 di babak pertama lewat penalti I Gede Sukadana di menit ke-31. Pasukan Ramang berhasil membalikkan keadaan menjadi 1-2 melalui gol Zulham Zamrun di menit ke-58 dan Wiljan Pluim pada menit ke-80.

Asisten pelatih PSM Makassar, Imran Amirullah mengungkapkan kunci keberhasilan anak buahnya meraih kemenangan penting di kandang lawan.

"Terus terang saja kami belum tahu banyak soal Kalteng. Tapi setelah pertandingan berjalan 10 menit, kita baru tahu bahwa mereka cukup agresif menyerang. Tapi kita sudah antisipasi itu, makanya kita bermain aman dulu (di awal-awal pertandingan) untuk melihat cara bermain mereka," ujarnya.

Meski demikian, Imran tak menampik jika Kalteng Putra cukup berhasil meredam sejumlah serangan Wiljan Pluim dan kawan-kawan. "Tadi pertandingan cukup menarik. Kalteng juga salah klub yang punya kualitas. Ditambah lagi dengan kehadiran pemain-pemain baru," katanya.

Pelatih Kalteng Putra, Gomes de Oliveira menegaskan sulitnya membuat gol kedua setelah timnya berhasil mencetak gol terlebih dahulu. "Kami sulit membongkar pertahanan rapat mereka setelah PSM kebobolan. Mereka berhasil memperbaiki kesalahan lini belakangnya. Akan sangat sulit di pertandingan kedua nanti. Tapi kami masih punya kans," tuturnya.

Ya, pertandingan antara PSM versus Kalteng Putra dijadwalkan akan berlangsung di Stadion Andi Mattalatta Mattoanging, 4 Februari mendatang. (PSSI)

KPU Lantik 4 Timsel Lengkapi Formasi di Maluku Utara dan Jatim

Posted: 26 Jan 2019 02:50 PM PST

KPU Lantik 4 Timsel Lengkapi Formasi di Maluku Utara dan JatimJAKARTA, LELEMUKU.COM – Melengkapi pelantikan 35 anggota tim seleksi (timsel) calon anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) kabupaten/kota 2019-2024 yang telah digelar sehari sebelumnya, KPU RI kembali melantik 4 orang tersisa. Pelantikan dipimpin Ketua KPU Arief Budiman, di Jakarta Selasa (22/1).

Dalam sambutannya Arief mengawali dengan ucapan terimakasih atas kesediaan para anggota timsel menjadi bagian dari proses rekrutmen penyelenggara pemilu didaerah. Menurut dia partisipasi yang telah ditunjukkan dengan kesediaan ini akan sangat berpengaruh bagi perjalanan demokrasi Indonesia.

"Karena KPU hingga akhir tahun masih harus menyelesaikan seleksi. Kami sadari tidak mungkin melakukannya sendirian makanya butuh peran timsel," kata Arief.

Arief hanya berpesan agar seleksi yang dilakukan oleh timsel dilakukan dengan baik dan sesuai aturan. Keseriusan timsel menghadirkan calon-calon yang berkualitas akan sangat membantu KPU dalam mempersiapkan tahapan pemilu yang sedang berjalan.

"Karena orang-orang yang akan direkrut ini akan dilantik dimasa kritis pemilu. Kalau yang direkrut tidak benar berbahaya bagi kesiapan pemilu," tambah Arief.

Untuk diketahui 4 anggota timsel yang dilantik tersebut akan melengkapi formasi sebelumnya yang telah dilantik pada Senin (21/1). Dua orang akan melengkapi timsel di Maluku Utara serta Jawa Timur (Jatim). (KPURI)

KPU Ajak Warga Gunakan Medsos, Sebarkan Informasi Benar

Posted: 26 Jan 2019 02:48 PM PST


JAKARTA, LELEMUKU.COM - Di era globalisasi saat ini, peran media sosial (medsos) sebagai wadah komunikasi antar masyarakat sangat lah berpengaruh. Oleh karenanya pemanfaatan medsos untuk hal positif sangat diperlukan, agar pengaruhnya bisa dirasakan oleh banyak masyarakat.

Hal tersebut yang disampaikan Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, Viryan, saat menghadiri Acara Wadah Diskusi yang diselenggarakan oleh Facebook Indonesia di Hotel Pullman Jakarta, Senin (21/1).

Dalam kesempatan itu, pria kelahiran Jakarta, 4 September 1975 secara khusus mengajak generasi muda untuk menggunakan medsos secara bijak dan positif.

"Facebook Indonesia melakukan inisiatif kegiatan wadah diskusi ini sebagai sarana untuk mengefektifkan penyelenggaraan pemilu. Dalam hal ini penting bagi kita bagiamana menggunakan media sosial untuk menyebarluaskan hal-hal yang benar, hal-hal baik terkait dalam menyelenggarakan pemilu," ujar Viryan.

Hal ini senada dengan semangat KPU yang menurut Viryan juga menginginkan agar masyarakat bisa menjadi pemilih berintegritas dan berkualitas. Hal ini bisa dilatih dengan tidak turut serta menyebarkan berita bohong (hoaks) melalui medsos atau sarana komunikasi lainnya.

"Mari kita sambut pemilu ini dalam susana riang gembira, memilih pemimpin amanah untuk lima tahun kedepan," tambah Viryan.

Sementara itu Country Director Facebook Indonesia Sri Widowati menjelaskan bahwa kegiatan diskusi sengaja di selenggarakan pihaknya, sesuai dengan latar belakang Facebook yang memiliki potensi besar untuk menjadi kekuatan positif bagi masyarakat.

"Dan mempunyai  komitmen dalam menjaga integritas Pemilu 2019 termasuk salah satunya memperdayakan dan memperkuat peran para pemilih," kata Sri.

Acara diskusi ini sendiri dihadiri oleh sekira 200 orang peserta, terdiri dari NGO, perwakilan partai politik, mahasiswa, siswa-siswi SMA serta media. (KPURI)

KPU Lantik Komisioner NTB dan PAW Barito Utara

Posted: 26 Jan 2019 02:45 PM PST


JAKARTA, LELEMUKU.COM – Hari kedua di minggu keempat Januari, Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI kembali melantik anggota KPU tingkat provinsi dan kabupaten. Pada Selasa (22/1), ini pelantikan dilakukan untuk lima orang anggota KPU Nusa Tenggara Barat serta satu pergantian antar waktu (PAW) anggota KPU Kabupaten Barito Utara.

Pelantikan dilaksanakan di Jakarta, dipimpin Ketua KPU RI, Arief Budiman dan dihadiri Anggota KPU Evi Novida Ginting Manik, Sekjen KPU Arif Rahman Hakim, Kepala Biro SDM Lucky Firnandy Majanto serta Wakil Kepala Biro Hukum Susanto.

Dalam sambutannya, Arief kembali mengingatkan agar anggota baru dilantik untuk memerhatikan padatnya jadwal tahapan pemilu saat ini yang perlu segera diadaptasi. Menurut dia, ditengah padatnya jadwal ini mereka juga harus tetap memerhatikan integritas, transparansi dan profesionalitas agar tugas yang dibebankan bisa berjalan dengan lancar.

"Juga bekerja lah dengan soliditas yang tinggi. Karena KPU ini bukan milik orang perorang, tapi kolektif kolegial," kata Arief.

Juga kepada anggota baru yang dilantik, untuk pergantian anggota PAW 2018-2023, yang bersangkutan harus segera berkordinasi dengan rekan-rekan yang telah dilantik terlebih dahulu. Pria asal Jawa Timur juga berpesan untuk menghilangkan paradigma orang lama dan baru, tetapi saling menyesuaikan satu dengan lain.

Adapun untuk anggota KPU NTB 2019-2024, Arief berpesan agar kepemimpinan yang baru bisa melanjutkan apa yang telah dicapai oleh jajaran KPU sebelumnya. Prestasi menyelenggarakan pesta demokrasi dengan damai dan lancar.

"Anda harus jaga ini. Apalagi NTB habis tertimpa bencana," tutur Arief.

Dia juga mengingatkan bahwa keberhasilan menyelenggarakan pemilu didaerah juga akan berdampak secara nasional.

"Maka itu jagalah dengan integritas tinggi. Mudah-mudahan ini bisa dijalankan dengan baik," tutup Arief. (KPURI)

Petani Karet di Sambut Antusias Kehadiran Sandiaga Salahuddin Uno

Posted: 26 Jan 2019 02:42 PM PST

SENGETI, LELEMUKU.COM - Para petani karet yang sudah berkumpul di Lapangan Bola Desa Ness, Kecamatan Jambi Luar Kota, Kabupaten Muaro Jambi, Provinsi Jambi, Jumat (25/1), histeris begitu Sandiaga Salahuddin Uno tiba.

Sandi memang dijadwalkan untuk berdialog dan bersilaturahmi dengan para petani karet tersebut. Di lapangan becek tanpa tenda yang hanya bergelar tikar dan karpet, mereka rela berpanas-panasan untuk melihat calon wakil presiden nomor urut 02 itu. Maklum, terakhir pejabat yang kesana adalah wakil presiden Adam Malik ketika meresmikan Perkebunan Inti Plasma Rakyat di tahun 1979.

Sandi tidak langsung berdialog. Mengenakan baju biru dan celana cokelat serta sepatu hitam, pembawa acara meminta Sandi untuk menyadap karet terlebih dahulu. "Kami sudah siapkan pohon karet untuk disadap Pak Sandi. Biar merasakan keringat petani," ucap pembawa acara.

Sandi pun segera membelah kulit karet dengan pisau khusus. Dengan mengucap Bismillah, Sandi membuka kulit karet dan perlahan getah karet berwarna putih menetes. Tetesan ditampung di batok kelapa yang disangkutkan di pohon karet.

Dalam dialog, Sandi lebih banyak mendengar ketimbang bicara. "Pemimpin yang baik itu harus lebih sering mendengar ketimbang bicara betul?" tanya Sandi kepada peserta dialog. "Betul," teriak mereka.

Para petani menyodorkan kontrak politik kepada Sandi. Salah satunya persoalan kepemilikan tanah perkebunan karet yang sampai saat ini terkatung-katung. Selain itu adalah stabilitas harga karet yang terus turun.

"Saya dan Pak Prabowo Subianto berjanji untuk menggerakkan ekonomi petani. Langkah pertama yang kita lakukan tentu saja dengan memastikan lahan petani, dan menstabilkan harga karet, dan membangun industri di daerah sekitar perkebunan. Hingga tidak hanya menjual bahan mentah, tapi produksi turunan dari karet," papar Sandi.

Sebelum menuju ke Mesjid Agung Al Falah Jambi, atau Mesjid Seribu Tiang untuk sholat Jumat, calon wakil presiden nomor urut 02 ini dihadiahi satu bungkus Jamur Crispy Ragel (Rasa Gemilang). "Kami tinggal butuh pemasaran pak," ucap Ibu Miftah, sambil memberikan kemasan Jamur Crispy Ragel. Sandi berjanji akan membantu pemasaran dengan OK OCE yang akan diadakan di seluruh pelosok kota, kabupaten, kampung, dan kecamatan seluruh Indonesia. (BPN)

Presiden Turki, Erdogan Tetap Dukung Presiden Venezuela Maduro

Posted: 26 Jan 2019 02:38 PM PST

Presiden Turki, Erdogan Tetap Dukung Presiden Venezuela MaduroANKARA, LELEMUKU.COM - Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan memberitahu mitranya dari Venezuela, Presiden Nicolas Maduro yang terpojok, untuk "tetap tegar" dalam menghadapi seruan dari dalam dan luar negeri agar ia mengundurkan diri, di tengah-tengah krisis politik di negara itu.

Lawan-lawan Maduro menuduhnya merongrong demokrasi dan di bawah pemerintahannya, inflasi meroket naik, ekonomi ambruk dan kelangkaan kebutuhan pokok meluas.

Erdogan, Kamis (24/1) menyatakan ia terkejut atas keputusan Presiden Amerika Donald Trump untuk mengakui pemimpin oposisi Venezuela Juan Guaido sebagai presiden sementara.

Menanggapi pengumuman tersebut, Maduro menyatakan ia mengakhiri diplomatik dengan Amerika Serikat dan memerintahkan para diplomat Amerika agar meninggalkan Venezuela dalam waktu 72 jam. Menteri Luar Negeri Amerika Mike Pompeo mengatakan Maduro tidak lagi memiliki kewenangan untuk mengeluarkan perintah itu.

Erdogan bersikukuh bahwa Maduro akan bertahan "apabila ia terus bertahan dengan kuat di jalur yang diyakininya."

"Maduro, saudaraku, tegarlah. Turki mendukungmu," kata Erdogan kepada Maduro melalui telepon, sebut juru bicara presiden Turki Ibrahim Kalin dalam cuitan hari Kamis.

"Saya berterima kasih kepada Rusia, Tiongkok, Turki dan pemerintah negara-negara serta orang-orang lainnya di dunia atas dukungan kuat mereka bagi pemerintah Venezuela yang sah," kata Maduro dalam cuitannya. "Venezuela tidak sendirian!"" tambahnya. (VOA)

KPU Gelar Rapat Rapat Persiapan Debat Capres Kedua

Posted: 26 Jan 2019 02:33 PM PST

KPU Gelar Rapat Rapat Persiapan Debat Capres Kedua
JAKARTA, LELEMUKU.COM - Komisi Pemilihan Umum (KPU) menggelar rapat bersama perwakilan Tim Kampanye Nasional (TKN) 01 Joko Widodo-Ma'ruf Amin dan Badan Pemenangan Nasional (BPN) 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Salahudin Uno serta stasiun TV penyelenggara debat kedua guna membahas persiapan menghadapi pelaksanaan Debat Capres Kedua pada Minggu, 17 Februari 2019.

Hasil pertemuan Jumat (25/1) siang, menghasilkan beberapa kesepakatan, mulai dari nama moderator,  perubahan tata letak (layout) debat, hingga usulan perubahan susunan acara (rundown).

Ketua KPU RI Arief Budiman mengawali dengan mengungkapkan hasil kesepakatan terkait nama moderator yang akan memandu jalannya debat. Menurut pria asal Jawa Timur, moderator pada debat kedua tetap berjumlah dua orang, dengan nama yang dipilih Tommy Tjokro serta Anisha Dasuki.

"Tapi kami akan menghubungi yang bersangkutan dulu, kalau yang bersangkutan menyatakan bersedia, kalau tidak bersedia maka akan batal usulan tadi yang disepakati," ujar Arief di Ruang Sidang Utama KPU.

Hal lain yang juga disampaikan oleh Arief pada kesempatan itu terkait rencana perubahan tata letak panggung debat yang akan berbeda dengan debat sebelumnya. Perubahan ada pada posisi penonton (audiens) dan pendukung yang akan ditempatkan dibelakang moderator. Berbeda pada debat pertama dimana pendukung berada dibelakang kandidat.

"Tidak ada lagi pendukung (di belakang kandidat) sehingga publik dirumah fokus, tidak terganggu pandangan oleh pendukung dibelakang calon," tambah Arief.

Dalam kesempatan itu Arief juga menyampaikan sejumlah hal baru yang coba ditampilkan dalam debat capres nanti. Seperti adanya segmen khusus yang akan diberikan moderator kepada masing-masing kandidat agar bisa saling menjawab dan menanggapi dalam waktu yang lebih panjang.

Atau ada sesi dimana gambar dari tv penyelenggara akan merekam detik-detik persiapan hingga kedatangan dari dua calon, dari kediaman masing-masing sampai menuju lokasi debat.

"Mudah-mudahan ini bisa memunculkan kultur kita, keramahtamahan kita," ungkap Arief.

Lain dari itu, pada kesempatan akhir rapat dilakukan pengundian untuk menentukan urutan penyampai visi misi dari para capres.

Terpilih capres nomor urut 02 yang pertama menyampaikan visi misinya didebat dilanjutkan dengan capres nomor urut 01.

Begitu juga dengan urutan penyampai pesan penutup (closing statement) debat, dan yang terpilih capres nomor urut 01 sebagai yang pertama dan capres nomor urut 02 sebagai yang kedua. (HumasKPU)

Taher Hanubun Instruksikan Jumat jadi Hari Berbahasa Kei

Posted: 26 Jan 2019 02:19 PM PST

Taher Hanubun Instruksikan Jumat jadi Hari Berbahasa Kei
LANGGUR, LELEMUKU.COM - Bahasa Kei mulai kurang digunakan masyarakat Evav khususnya di Kabupaten Maluku Tenggara (Malra), Provinsi Maluku sebagai masyarakat adat Negeri Kei yang dikenal dengan Hukum Adat Larvul Ngabal.

Menyikapi hal ini Bupati Malra, M. Taher Hanubun mengharapkan semua Pimpinan OPD, ASN dan masyarakat untuk wajib berbahasa Kei pada hari Jumat, sehingga pelestarian Bahasa Daerah ini tidak hilang.

"Setiap Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah, ASN termasuk masyarakat Maluku Tenggara untuk tetap menjaga kearifan lokal daerah seperti Bahas Kei karena banyak masyarakat sangat sulit berbahasa kei dalam komunikasi antar sesama masyarakat Kei sendiri," ujar Hanubun di Langgur, pada Jumat (18/1).

Ia menyatakan hal ini dikuatirkan, Bahasa Kei akan terkikis dalam komunikasi antar masyarakat adat.

"Padahal bahasa juga menjadi bagian jati diri masyarakat adat," kata dia.

Terkait dengan acara-acara secara resmi Pemerintah Daerah yang melibatkan pihak luar, termasuk tamu-tamu luar daerah agar dapat menyesuaikan dan diharapkan dapat disesuaikan dengan hari lain.

Sehingga interaksi berbicara antar masyarakat di Hari Jumat menjadi kunci pelestarian Bahasa Kei.

Hanubun juga mengakui bahwa belum ada Regulasi/aturan daerah untuk Bahasa daerah namun sebagai Pimpinan Daerah yang merasa terpanggil untuk melestarikan Bahasa Daerah Kei wajib menghimbau untuk tetap Bahasa Kei menjadi tetap lestari sepanjang masa. (DiskominfoMalra)

Danny Missy Beri Insentif ke 384 Tokoh Agama di Halmahera Barat

Posted: 26 Jan 2019 02:12 PM PST

Danny Missy Beri Insentif ke 384 Tokoh Agama di Halmahera BaratJAILOLO, LELEMUKU.COM - Bupati Halmahera Barat (Halbar), Provinsi Maluku Utara (Malut), Danny Missy, SE, MM memberikan insentif kepada 384 tokoh agama, baik dari imam masjid dan maupun pendeta yang tersebar di 9 kecamatan se Kabupaten Halmahera Barat, Sabtu (5/1).

Pemberian insentif tersebut mendapat apresiasi kalangan pendeta. Pendeta Yosias Kontrake yang juga Ketua Wilayah GKPMI Kecamatan Jailolo Selatan, mengatakan, dengan insentif tersebut para imam dan pendeta merasa dihargai oleh Pemkab.

Menurutnya, para pendeta dan imam membawa tugas memberikan bimbingan kepada umat tentang iman, moral dan etika dalam proses hidup.

"Kami merasa sangat dihargai oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) dengan cara memberikan insentif," kata Yosias.

Pemberian insentif memacu semangat para imam dan pendeta dalam melayani pekerjaan Tuhan. Maka sebagai hamba Tuhan, dia menyatakan sangat mendukung penuh Bupati Halbar sebagai mitra gereja.

Pendeta Yosias menuturkan, kebijakan bupati melalui Dinas Sosial (Dinsos) Halbar sangat membantu kerja para imam dan pendeta.

"Imam dan pendeta merasa mendapat perhatian langsung dari Pemkab Halbar. Kepedulian pemda terhadap imam dan pendeta sangat baik, jadi kami merasa sangat diperhatikan," tegasnya.

Sementara itu Kepala Dinas Sosial Pemkab Halbar Samsuri Madjid menambahkan, kebijakan bupati dalam memberikan insentif kepada imam dan pendeta adalah bagian dari meringankan beban yang saat ini dirasakan oleh para pendeta dan imam, karena tugas para mereka sangat berat dalam membimbing umat untuk selalu taat kepada yang maha kuasa.

"Jadi setiap tahun anggaran untuk insentif imam dan pendeta dianggarkan Rp2,2 miliar dan penyerahan dilakukan enam bulan satu kali, sehingga satu tahun dua kali para imam dan pendeta terima insentif," jelasnya. (DiskominfoHalbar)

Sherly Tjoanda Laos Dikukuhkan Sebagai Bunda PAUD Pulau Morotai

Posted: 26 Jan 2019 02:07 PM PST

Sherly Tjoanda Laos Dikukuhkan Sebagai Bunda PAUD Pulau Morotai
DARUBA, LELEMUKU.COM - Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Pulau Morotai, Provinsi Maluku Utara, Sherly Tjoanda Laos dikukuhkan sebagai Bunda PAUD Morotai periode 2017-2021 di Aula Kantor Bupati Pulau Morotai (15/12).

Pengukuhan dilakukan langsung oleh Bunda PAUD Provinsi Malukun Utara, Hj. Faoniah Hi. Djaohar Hi Abdul Gani Kasuba. Ibu Gubernur bersama rombongan pengurus wilayah Himpunan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Anak Usia Dini (Himpaudi) Provinsi Maluku Utara juga melantik Pengurus Daerah Himpaudi Kabaupaten Pulau Morotai. Bersamaan dengan itu, Bunda PAUD Morotai mengukuhkan Bunda PAUD Kecamatan se Kabupaten Pulau Morotai.

"Anak usia dini adalah fondasi bangsa. Sehingga pendidikan mereka merupakan tanggung jawab bersama, baik pemerintah, keluarga, Bunda PAUD Provinsi, Kabupaten, hingga Bunda PAUD Kecamatan. Tanggung jawab ini memiliki implikasi logis terhadap harapan dukungan prasaranan oleh pemerintah daerah kabupeten Pulau Morotai," ungkap Hj Faoniah.

Acara itu dihadiri oleh Wakil Bupati Pulau Morotai, Bapak Asrun Padoma, dan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah, Organisasi perempuan se Morotai, serta para pendidik dan tenaga kependidikan anak usia dini.

Bunda Paud Morotai yang baru dilantik, Sherli Laos menyatakan dirinya akan mengambil peran penting dalam tanggung jawab dimaksud.

"Selama mendampingi kepemimpinan Bupati di Morotai, kami banyak memberi perhatian pada persoalan pendidikan dan kesehatan. Dengan memanfaatkan sinergi dan koordinasi lintas sektor, perhatian itu terwujud ke dalam ragam bentuk kegiatan. Baru-baru ini kami mengkampanyekan gemar makan ikan". Bukan berarti mengajari cara memakan ikan. Tapi mengedukasi agar masyarakat memahami manfaat makan ikan untuk kesehatan," ujar dia.

Terkait dukunganmateril, Ibu Bupati Pulau Morotai mengungkap rencana program dan kegiatan PAUD tahun 2019. Bahwa pendidik dan tenaga kependidikan anak usia dini di Kabupaten Pulau Morotai, akan mendapat insentif. Disamping itu, juga akan diadakan penambahan sarana bermain, juga prasarana gedung PAUD.

Wakil Bupati Pulau Morotai menyambut gembira pelantikan Bunda PAUD Morotai. Dalam sambutannya, Wakil Bupati Asrun menjelaskan bahwa pendidikan di Pulau Morotai alami kendala.

"Saat ini di Kabupaten Pulau Morotai telah berdiri 69 lembaga pendidikan anak usia dini. Dengan total pendidik dan tenaga kependidikan sejumlah 308 orang. Dari total lembaga yang ada, sebanyak 39% berada di Kecamatan Morotai Selatan. 20% di Kecamatan Morselbar, 16 % di Morotai Utara, 15% di Kecamatan Morotai Jaya, dan 10% di Morotai Timur. Masih terjadi konsentrasi di satu titik" jeleas dia.

Namun fakta itu sejalan dengan perbandingan rasio anak usia 0-7 tahun di masing-masing Kecamatan. Menurut Asrun pemda belum memiliki lembaga PAUD ditiap desa.

"Yang menjadi persoalan, kita belum memiliki lembaga pendidikan anak usia dini di setiap Desa. Sebagaimana yang kita ketahui, Morotai memiliki 88 Desa yang tersebar di Lima Kecamatan. Artinya, PAUD belum menjangkau seluruh desa.Oleh sebab itu, kedepan kita akan mengupayakan, minimal berdiri satu PAUD di setiap Desa," papar dia.

Di kesempatan yang sama, Asrun juga mengapresi kegiatan Bunda PAUD, dan seluruh pendidik dan tenaga kependidikan anak usia dini. Yang telah jauh-jauh hari memulai aktivitas mulia, memberi edukasi meski di tengah keterbatasan. Ia juga berharap, pola asuh, mapun pola pengajaran di satuan pendidikan anak usia dini, bisa dimodernisasi, beradaptasi mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

"Di era disrupsi dan revolusi industri 4,0 ini, kita dituntut menyesuaikan pola mendidikan ala milenial. Sebab, dari 2.756 peserta didik anak usia dini adalah generasi Alfa. Yang merupakan kelanjutan dari generasi Y dan Z. Perilaku mereka akan banyak dipengaruhi oleh konten-konten gawai. Sehingga, di hadapan undangan yang didominasi pendidik PAUD. Saya berharap, untuk menuntun perilaku anak-anak itu ke arah yang positif," harap dia. (HumasPulauMorotai)

Sandiaga Uno Kunjungi Pasar Induk Duo Jambi

Posted: 26 Jan 2019 01:57 PM PST

Sandiaga Uno Kunjungi Pasar Induk Duo Jambi
JAMBI, LELEMUKU.COM - Sandiaga Salahuddin Uno memulai acara pertamanya di Jambi dengan mengunjungi Pasar Induk Duo,  Kecamatan Pasar Jambi, Kota Jambi, Provinsi Jambi, Jumat (25/1).

Pedagang, pembeli, dan ratusan simpatisan menyambutnya dengan antusias. Bahkan untuk masuk ke pasar, Sandi butuh waktu 30 menit untuk masuk karena ajakan swafoto, jabat tangan, dan ingin melihat lebih dekat sosok calon wakil presiden nomor urut 02 ini.

Begitu masuk pasar Angso Duo, para pedagang pasar berteriak memanggil nama Sandi agar mampir ke lapaknya. Eks wakil gubermur DKI ini mendatangi lapak milik Rosni, perempuan setengah baya penjual sayur mayur yang ingin naik haji.

Ada kejadian menarik saat Sandi berdialog. Seorang emak-emak nekat naik ke lapak penjual. Tidak peduli puluhan pete tergantung, dia merayap dan menerobos gantungan pete demi berfoto bersama Sandi. Aksi ini sempat mengundang tawa pedagang dan pengunjung pasar.

"Pak Sandi ada program Haji nggak? Saya pengen naik haji. Minta didoakan pak," ucap Rosni.

Menurut Sandi, Ibu Rosni bisa menyisihkan keuntungan dagangnya dengan menabung.

"Saya doakan Ibu Rosni bisa segera naik haji," doa Sandi.

Sementara itu, Batubara salah satu pedagang pasar Angso Dua, mengapresiasi kedatangan calon wakil presiden nomor urut 02 itu ke pasar. Menurutnya, ini bentuk nyata pemimpin yang peduli dengan rakyatnya.

"Bapak Presiden mau ke sini. Tapi nggak jadi. Tapi Pak Sandiaga hadir di pasar kami, melihat pasar ini. Kami banggak pak. Kalau bapak bisa menggairahkan ekonomi rakyat seperti ini, inshaa Allah terpilih. Kami minta bapak memperhatikan pasar tradisional, jangan hanya mall pak. Pasar ini banyak orang kecil," ucap Batubara.

Sandi menyatakan, dirinya bersama Prabowo Subianto akan fokus kepada ekonomi rakyat, pengusaha kecil, dan menengah, dengan menciptakan dan menyediakan lapangan kerja juga harga kebutuhan pokok yang stabil dan terjangkau.

"Inshaa Allah Pak Batubara, kami akan fokus pada UMKM dan dalam program kami ada kebijakan revitalisasi pasar, dimana dengan penataan yang baik seperti Pasar Duo Angso ini, para penjual sejahtera, pedagang senang, dan Ibu Rosni bisa naik haji," ucap Sandi. (TPNPS)

Richard Louhenapessy Yakini Ambon Plaza Semakin Baik

Posted: 26 Jan 2019 01:51 PM PST

Richard Louhenapessy Yakini Ambon Plaza Semakin Baik
AMBON, LELEMUKU.COM – Walikota Ambon, Provinsi Maluku. Richard Louhenapessy menyakini prospek Ambon Plaza (Amplaz) kedepan akan semakin baik. Hal tersebut dikatakan Walikota, saat berkunjung ke Amplaz, Sabtu (26/1), Siang tadi.

"Begitu memasuki Amplaz, melihat kondisi saat ini. Saya yakin prospek Amplaz kedepan akan semakin baik, bagi kepada Pedagang maupun Pemerintah sendiri," Ungkap Walikota.

Menurut Walikota, Amplaz akan semakin bagus dan berdampak pada peningkatan ekonomi apabila pengelola maupun para pedagang yang ada didalamnya mampu mengelola serta menjaga Amplaz dengan sebaik-baiknya.

"Suatu tempat perbelanjaan akan ramai dikunjungi, apabila tempat tersebut tertata dengan baik, dari sisi kebersihannya, keamanannya bahkan perparkirannya. Karena itu, saya berharap baik pengelola maupun pedagang yang ada disini (Amplaz), dapat merawat gedung ini dengan sebaik-baiknya," Terang Walikota.

Walikota percaya, di masa yang akan datang, Amplaz sendiri dapat membawa peningkatan perekonomian yang signifikan bagi Kota Ambon.

Rencananya, selasa depan, Walikota akan mengadakan pertemuan dengan para pedagang Amplaz guna melakukan sosialisasi terkait keamanan, kebersihan serta ketertiban.

"Selasa nanti, saya akan bertemu dengan para pedagang untuk lakukan sosialisasi. Selain terkait bagaimana menjaga keamanan, ketertiban serta kebersihan disini, juga untuk sosialisasi terkait program-program pemerintah yang tentunya membutuhkan dukungan dari warga kota termasuk para pedagang disini," aku Walikota.

Selain itu, lanjut Walikota, pertemuan yang direncanakan akan berlangsung di studio 2 Platinum Cineplex juga bertujuan untuk mendengar langsung apa yang menjadi keluhan dan pengaduan dari para pedagang disini.

"Dengan demikian, Pemerintah dapat mengetahui secara langsung kendala-kendala yang dihadapi para pedagang Amplaz," Demikian Walikota.

Tak lupa, Walikota juga memberikan apresiasi bagi pengelola Amplaz, dalam hal ini, Koperasi Himpunan Pengelola Amplaz (KOHIPPA) yang mengelola Amplaz dengan baik sejauh ini.

Dalam kesempatan tersebut, Walikota menyempatkan diri untuk  bertemu para Artis Dangdut Maluku yang tergabung dalam Ikatan Artis Dangdut Indonesia (IKARDI) Maluku yang tengah melakukan panggung hiburan di Hall Amplaz.

Walikota mengakui, untuk mewujudkan Ambon sebagai Kota Musik Dunia, tidak hanya berpatokan pada genre musik tertentu, melainkan semua genre musik, termasuk Musik Dangdut dan Melayu.

"Oleh karena itu, Pemerintah berharap panggung hiburan yang diadakan IKARDI saat ini, berkelanjutan. Guna mendukung perwujudan Ambon sebagai Kota Musik Dunia," tutup Walikota. (DiskominfoSandiAmbon)

Orgenes Kaway Pastikan PKB Raih 7 Kursi di DPRP

Posted: 26 Jan 2019 01:40 PM PST

Orgenes Kaway  Pastikan PKB Raih 7 Kursi di DPRP
JAYAPURA, LELEMUKU.COM – Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Provinsi Papua menargetkan meraih 7 kursi pada Dewan Perwakilan Rakyat Papua (DPRP) pada Pemilihan Legislatif (Pileg) pada April 2019.

"Tuhan ijinkan, Tuhan sayang PKB periode 2019 ini kami akan memperoleh 7 kursi di DPR Papua. Jadi dari semua dapil harus ada dan itu target kami, DPR Papua harus 7 kursi," tegas Dewan Syuro PKB Provinsi Papua, Orgenes Kaway kepada wartawan pada Kamis (24/1).

Anggota Komisi IV DPR Papua ini mengatakan, jika pada Pileg tahun 2014, PKB Provinsi Papua meraih 4 kursi, maka pada Pileg 2019 harus mendapatkan tambahan 3 kursi, sehingga menjadi 7 kursi DPR Papua.

"Jadi target PKB di DPR Papua 7 kursi. Itu harga yang harus kami bayar di 2019 ini," tandas Orgenes Kaway.

Legislator Papua ini mengaku jika ia juga kembali mencalonkan diri dari Daerah Pemilihan 1 Papua, yang meliputi Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Keerom dan Sarmi.

Bahkan kata Orgenes Kaway, jika saat ini pihaknya fokus turun ke lapangan menemui masyarakat untuk mensosialisasikan berbagai programnya.

Meskipun daerah pemilihannya di Kabupaten Jayapura, Kota Jayapura, Kabupaten Keerom dan Kabupaten Sarmi, namun Orgenes Kaway hanya fokus di Kabupaten Jayapura, Kota Jayapura dan juga Kabupaten Keerom.

Diakui, untuk Sarmi, ia tak terlalu fokus, namun jika ada yang suka rela ingin membantu dan bekerja buat dirinya, ia mempersilahkan, baik dari masyarakat maupun gereja karena selama ini pihaknya juga memberikan perhatian untuk Sarmi, baik untuk masyarakat maupun gereja.

Yang jelas, kata Orgenes Kaway, ia optimis akan kembali masuk ke DPR Papua pada Pileg 2019.

"Saya salah satu yang memastikan untuk kembali ke DPR Papua. Itu sudah pasti. Kenapa saya katakan pasti? Karena atas ijinTuhan sehingga saya harus optimis yang membuat untuk maju kembali. Selain itu, juga karena saya dengan masyarakat sangat dekat, baik dengan masyarakat Papua maupun saudara-saudara kita yang non Papua, mereka begitu mensupport saya," ungkapnya.

Ketika disinggung niatnya untuk ikut mencalonkan diri jadi kepala daerah di Kabupaten Jayapura, Orgenes Kaway mengatakan, jika itu adalah bagian dari mimpinya.

"Saya ada mimpi, suatu saat mimpi itu bisa jadi sebuah kenyataan. Karena orang bilang bermimpilah setinggi langit, karena diatas langit masih ada langit, maka sepanjang masih ada langit bermipilah terus. Jika Tuhan tidak datang, bermimpilah terus karena pasti suatu saat akan menjadi sebuah kenyataan," imbuhnya.

Apalagi ungkap Orgenes Kaway, baliho-balihonya ada di berbagai pelosok. Ia tak menyadari di setiap kampung dan distrik pasti ada. Baik di Bonggo, Airu ada, Kaure ada, Lere ada dan Yapsi juga ada.

"Itu yang hari ini menjadi sebuah pertanyaan dalam diri saya. Saya tidak pernah bayangkan, saya hanya duduk memikirkan tapi segala sesuatu sudah jadi disana, " ucapnya.

Menurutnya, untuk di 2022 permainan kosong-kosong (0-0). Hari ini 1-0, kalau besok main 0-0. Itu berarti pasri ada yang menang dan ada yang kalah.

Meskipun begitu, dirinya nyatakan siap untuk ikut bertarung pada Pilkada Kabupaten Jayapura tahun 2022 mendatang.

"Jangan saya main 1-0, saya harus main 0-0. Intinya saya siap bertarung, siapa pun dia dan berapa banyak orang yang maju sebagai calon di Kabupaten Jayapura, dan saya salah satu dari sekian banyak calon yang akan ikut bertarung secara bermartabat untuk merebut kursi nomor 1 di Kabupaten Jayapura. Itu bagian dari mimpi saya," tekannya. (Albert Batlayeri)

Siap Dukung Persipura di Piala Indonesia, Titus Bonay Ikut Latihan Perdana

Posted: 26 Jan 2019 01:25 PM PST

Siap Dukung Persipura, Titus Bonay Ikut Latihan Perdana
JAYAPURA, LELEMUKU.COM - Pemain yang baru direkrut Persipura Jayapura, Titus Bonai siap mendukung tim barunya itu dengan ikut dalam latihan perdana di Stadion Mandala, Rabu (23/1).

Bonay yang sebelumnya memperkuat Borneo FC mengikuti latihan yang dipimpin asisten pelatih Lydio de Souza lantaran Luciano Leandro masih berada di Brasil.

Latihan perdana tersebut untuk persiapan babak 32 besar Piala Indonesia 2018-2019 menghadapi tuan rumah Persidago Gorontalo yang akan digelar pada 28 Januari mendatang.

Termasuk TItus Bonay, 14 pemain hadir dalam latihan tersebut. Sejumlah pemain senior seperti Boaz Solossa, Imanuel Wanggai, dan Ian Louis Kabes belum ikut berlatih karena masih izin.

Dia bukan sosok asing bagi Mutiara Hitam. Sebab sebelumnya dia pernah berseragam merah hitam khas Persipura pada musim 2013 dan 2014 sebelum berpindah ke Sriwijaya FC, PSM dan Borneo.


Alasan pemain 29 tahun itu kembali memilih Persipura sebagai labuhannya karena telah memiliki kedekatan dan mendapat permintaan khusus dari manajemen Persipura.

"Sekarang saya pulang karena keluarga besar di sini. Ada permintaan khusus juga dari Persipura," kata Tibo.

Menariknya sebelum memutuskan gabung Persipura, Tibo memilih beralih mengikuti Liga Futsal Profesional dengan memperkuat Permata Indah FC. Alasannya guna mengisi waktu selama jeda kompetisi.

Dan kini mantan punggawa Timnas Indonesia U-23 itu siap bersaing di lini depan Persipura dengan Boaz Solossa, Ian Louis kabes, dan Gunansar Mandowen.

Skuad Persipura ini bergabung dalam persiapan akhir jelang bertolak ke Gorontalo guna menghadapi babak 32 besar Piala Indonesia 2018-2019 dengan dua penggawa muda yakni Marinus Wanewar dan Todd Rivaldo Ferre dipastikan absen. Keduanya mengikuti pemusatan latihan bersama Timnas U-22 Indonesia di Jakarta.

Persiapan dilakukan hingga 25 Januari  dan dilanjutkan di Gorontalo pada 26 Januari. Luciano Leandro baru bisa bergabung dan mendampingi tim di Gorontalo saat menghadapi Persidago.

Sementara itu manajemen menyatakan telah merampungkan kontrak sebagian besar pemainnya pasca mendapatkan kucuran dana dari pihak sponsor.

Menurut asisten manajer dan juru bicara Persipura, Bento Madubun, timnya baru saja bergerak untuk memproses penandatanganan kontrak para pemain dan juga menyiapkan perekrutan pemain asing sehinggaa timnya telah siap menatap musim kompetisi 2019.

"Sebagian besar pemain sudah menandatangani perpanjangan kontrak, dan semua urusan sudah beres dan kita tinggal persiapkan diri hadapi kompetisi 2019," ujar Bento.

Meski mengaku timnya sudah optimistis jelang menghadapi kompetisi musim depan, namun Bento tetap meminta dukungan doa dari masyarakat Kota Jayapura agar Persipura bisa kembali meraih hasil memuaskan. (Albert Batlayeri)

Prabowo Sandi Ingin Naikan Rasio Pajak

Posted: 26 Jan 2019 01:00 PM PST

Prabowo Sandi Ingin Naikan Rasio Pajak
JAKARTA, LELEMUKU.COM – Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno bertekad menaikkan rasio pajak hingga 16% bila mendapatkan mandat dari rakyat pada Pilpres 17 April 2019. Pekerjaan rumah itu tentu tidak mudah. Namun, paslon nomor urut 02 punya formula.

Anggota BPN Prabowo-Sandi, Drajad Wibowo mengatakan, salah satu langkah yang akan dilakukan Prabowo-Sandi adalah menurunkan tarif pajak. Langkah itu diyakini bisa memberikan stimulus kepada wajib pajak untuk membayarkan kewajibannya.

Dewan Kehormatan PAN ini menganalogikan strategi penurunan tarif pajak Prabowo-Sandi seperti retail dan grosir. Lazimnya, retail mematok harga barang lebih tinggi, namun pembelinya sedikit. Sementara grosir mematok harga lebih murah untuk menaikkan volume penjualan.

"Kita sering lihat retail dan grosir. Orang grosir itu menurunkan margin tipis, tapi dengan margin tipis keuntungannya lebih banyak. Jadi mainnya volume. Begitu juga dengan pajak, kita turunkan margin, naikkan volume," kata Drajad dalam diskusi Rabu Biru 'Reformasi Pajak Prabowo-Sandi, Kesejahteraan untuk Rakyat' di Prabowo-Sandi Media Center, Jalan Sriwijaya I, Jakarta Selatan, Rabu (23/1).

Menaikkan rasio pajak dari 11% menjadi 16% tentu bukan perkara mudah. Namun demikian, Drajad optimistis pekerjaan rumah itu akan diselesaikan Prabowo-Sandi dalam lima tahun pemerintahannya.

"Ini yang mendasari pernyataan Mas Prabowo, kita ingin menaikkan tax ratio menjadi 16%, naik 5%, artinya harus menaikkan penerimaan perpajakan minimal setahun 800T. Apakah bisa dicapai 1 tahun? tidak. ini dtargetkan tercapai sampai 2024. Artinya paling tidak setiap tahun harus bisa menaikkan 1%," kata Drajad.

Sementara itu, Juru Debat BPN Prabowo-Sandi, M Kholid mengatakan, upaya menaikkan penerimaan pajak bisa dilakukan dengan menutup lubang-lubang kebocoran pajak, salah satunya dengan memperbaiki efektifitas objek pajak.

"Perekonomian Indonesia mayoritas masih sektor informal. Dengan memberikan insentif pajak dan reformasi pajak, mayoritas sektor informal itu masuk ke sektor formal sehingga menaikkan basis pajak kita. Dengan begitu tax ratio akan meningkat," ungkap Kholid. (TPNPS)

Said Didu Nilai Prabowo - Sandi Wujudkan Industri Mobil Nasional

Posted: 26 Jan 2019 12:57 PM PST

Said Didu Nilai Prabowo - Sandi Wujudkan Industri Mobil Nasional
JAKARTA, LELEMUKU.COM – Pengamat industri nasional, Said Didu, mendorong  capres dan cawapres Prabowo-Sandi untuk mewujudkan industri mobil nasional bila mendapatkan mandat dari rakyat pada pilpres 17 April 2019 nanti.

Berkaca pada pengalaman pilpres 2014, Said berpesan agar industri mobil nasional yang dibangun Prabowo-Sandi tidak abal-abal dan bukan demi kepentingan pencitraan semata.

"Bila Prabowo-Sandi menang, mobil nasional perlu difikirkan. Karena permintaan kita besar, pasar kita besar, sumber daya alam, sumber daya manusianya kita ada," kata Said dalam diskusi Indonesia Pasca Jokowi 'Mewujudkan Mobil Nasional, Bukan Pencitraan Seperti Esemka' di Prabowo-Sandi Media Center, Jalan Sriwijaya I, Jakarta Selatan, Rabu (23/1).

Mantan Sekjen Kementerian BUMN ini menuturkan, ada perbedaan mendasar dalam anatomi bisnis mobil di masa lalu dan masa kini. Di masa lalu, pengembangan mobil nasional terkendala pada penguasaan komponen rancang bangun dari hulu hingga hilir. Kini, anatomi industri mobil sudah mengarah pada industri pesawat terbang di mana seluruh komponennya bisa diproduksi di seluruh dunia.

"Tinggal kebijakannya adalah kita bikin desain sedemikian rupa sehingga bisa produksi di Indonesia. Kriterianya kita memiliki desain, nama merek dan sebagian komponennya diproduksi di Indonesia. Tidak seperti mobil Esemka yang komponennya dari luar semua," ucap Said.

Dalam kesempatan yang sama, Said bercerita bahwa dirinya pernah diajak seorang kolega untuk mempromosikan mobil Esemka. Kejadian itu terjadi pada medio 2012 lalu. Namun demikian, Said menolak lantaran dirinya mencium aroma tidak sedap dari proyek ambisius mobil Esemka.

"Pada 2012 saya dibujuk beberapa orang untuk mengendorse. Karena yang pencitraan bukan hanya Pak Jokowi, tapi banyak orang. Dan saya katakan itu bohong. Sebagai pengusaha mebel, mungkin saat itu Pak Jokowi beranggapan bahwa membuat mobil sama saja dengan merakit mobil. Saya katakan berbeda," kata Said.

Sementara itu, pakar otomotif dan praktisi industri mobil Mochtar Niode mengatakan, industri mobil nasional harus diarahkan kepada produksi mobil listrik.

"Kita memiliki seluruh bahan baku untuk produksi mobil listrik. Kita bisa open desain untuk menentukan jenis mobil apa yang cocok untuk Indonesia," kata Mochtar. (TPNPS)

Sandiaga Uno Kunjungi Korban Banjir di Tamalate

Posted: 26 Jan 2019 12:54 PM PST

Sandiaga Uno Kunjungi Korban Banjir di Tamalate
MAKASSAR, LELEMUKU.COM - Sandiaga Salahuddin Uno memulai kegiatannya di Makassar dengan mengunjungi korban banjir. Ia menggelar diskusi penanggulangan bencana banjir bersama masyarakat korban banjir dan lembaga bantuan sosial Makassar di Kecamatan Tamalate, Kelurahan Mangasa, RW 1,2,3,4 Jalan Malengkeri Lorong Zchar VI,VII, Kota Makassar, Provinsi Sulawesi Selatan, Sabtu (26/1).

Sandi meminta kedatangannya di kampung yang terkena banjir akibat luapan Sungai Jenebarang ini tidak dikaitkan dengan kegiatan politik. Ini adalah kegiatan kemanusiaan.

Calon wakil presiden ini mengajak seuruh elemen masyarakat yang ingin membantu para korban banjir memberikan sumbangan para korban banjir melalui badan Yayasan Amal Jariyah Indonesia. Ada 143 rumah yang tenggelam, 200 kepala keluarga yang terkena dampaknya dan, 1000 orang yang merasakan dampak banjir paling buruk tersebut.

"Dengan banyaknya bencana di negeri ini, saya bersama Prabowo-Subianto, jika diberikan amanat melayani masyarakat, akan membentuk kementerian penanggulan bencana, agar ada tindakan sebelum dan sesudah bencana. Indonesia terletak di Ring of Fire. Sudah saatnya kita punya kementerian untuk penanggulan bencana tersebut," ucap Sandi usai acara kepada para pewarta.

Sriyanti, korban banjir mengeluhkan minimnya bantuan dari pihak yang berwenang.

"Kami membutuhkan baju sekolah dan buku-buku," kata Sriyanti.

Hal yang sama dikemukakan Ibu Fatimah dan Pak Zahrun, mengenai lambatnya penaggulangan pasca banjir.

Sandi pun mengutip firman Allah SWT, bahwa dibalik kesulitan ada kemudahan.

"Mudah-mudahan kita semua di sini diberikan kemudahan usai banjir ini," doa Sandi yang diamini seluruh korban banjir. (TPNPS)

Jokowi Ngevlog Bareng Agnez Mo, Bicara Mimpi Generasi Muda

Posted: 26 Jan 2019 11:53 AM PST

Jokowi Ngevlog Bareng Agnez Mo, Bicara Mimpi Generasi Muda
JAKARTA, LELEMUKU.COM - Presiden Joko Widodo bertemu Agnez Mo di Istana Merdeka, Jakarta, pada Jumat, 11 Januari 2019.

Menurut Agnez, kedatangan dirinya ke istana adalah untuk berbagi cerita dengan Presiden Jokowi.

Kepala Negara sempat melontarkan pertanyaan yang membuat Agnez kaget, yaitu mengenai motivasinya untuk berkarir di dunia musik Internasional.

Selain berbincang mengenai dunia hiburan, pada pertemuan yang berlangsung sekira 30 menit itu Agnez juga sempat membuat video blog atau ngevlog dengan Presiden Jokowi.

"Tadi saya vlogging juga dan nanti akan saya share di media sosial saya," katanya. (Setkab)

Pramuka Saka Bakti Husada Kota Kendari Gelar Jambore

Posted: 26 Jan 2019 11:50 AM PST

 Pramuka Saka Bakti Husada Kota Kendari Gelar Jambore
KENDARI, LELEMUKU.COM – Ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) Pramuka Kota Kendari, Provinsi Sulawesi Tenggara, Sulkarnain K, membuka Jambore Satuan Karya (Saka) Bakti Husada Cabang Kota Kendari tahun 2019, di Taman Kota Kendari pada Sabtu (26/1).

Jambore ini di ikuti oleh anggota Saka Bakti Husada Provinsi Sultra, dan Saka Bakti Husana Kota Kendari, serta anggota pramuka gugus depan yang berpangkalan di SMA dan SMP se-Kota Kendari.

Ketua Kwarcab Pramuka yang juga Walikota Kendari, Sulkarnain Kadir sangat mengapresiasi kegiatan Jambore ini karena merupakan ajang mengasah kreatifitas anak-anak muda Kota Kendari, sehingga dapat menghindarkan dari kegiatan-kegiatan negatif seperti narkoba.

"Saya sangat mengapresiasi kepengurusan Saka Bakti Husada Kota Kendari, baru saja pengurusnya di lantik, sudah banyak kegiatan yang di laksanakan, saya harapkan para peserta bisa diikuti secara maksimal sehingga bisa mendapatkan manfaat, dan meningkatkan keterampilan sehingga bisa memetik hasilnya beberapa tahun yang akan datang," ujar Sulkarnain.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Kendari selaku Ketua Majelis Pembimbing Saka Bakti Husada Kota Kendari, Rahminingrum mengungkapan kegiatan jambore ini bertujuan untuk mengedukasi anggota pramuka khususnya pada gugus depan yang berpangkalan disekolah untuk mewujudkan tercapainya perilaku hidup sehat, serta berperan aktif dalam upaya mewujudkan derajat kesehatan yang optimal.

Hal ini terlihat dari sejumlah tema lomba yang di laksanakan pada jamboree kali ini yakni Lomba Penyuluhan dengan tema "isi Piringku", Lomba yel-yel kesehatan dengan tema "Keren tanpa rokok" serta lomba Tradisional bakiak dan Bola gotong. (DiskominfoKendari)

Sandiaga Uno Tersentuh dengan Simpati Korban Banjir Makassar

Posted: 26 Jan 2019 11:40 AM PST

MAKASSAR, LELEMUKU.COM - Sandiaga Salahuddin Uno mengaku terenyuh dan tersentuh ketika korban banjir di Kelurahan Mangasa, Kecamatan Tamalate, Kota Makassar, Provinsi Sulawesi Selatan, memasukkan uang ke kantongnya, padahal mereka tengah mengalami bencana.

Ini yang membuatnya semakin semangat untuk terus berkeliling menyerap aspirasi ke seluruh Indonesia, dan akan mewujudkan keinginan mereka untuk hidup lebih sejahtera.

"Saya terenyuh dan tersentuh saat korban banjir menyelipkan uangnya ke kantong saya. Bukan nilainya, tapi keikhlasannya yang membuat saya tergetar. Dan ini terjadi di seluruh tempat yang saya kunjungi. Ini membuat saya semangat, membuat saya tidak akan mengkhianati janji-janji yang kami ucapkan," ucap Sandi saat peresmian Posko Komandan Ulama Pemenangan Prabowo Sandi (Kopassandi) Jalan Topaz Raya Ruko F2, Makassar, Sulawesi Selatan, Sabtu (26/1).

Menurut Sandi di 1075 titik yang telah dikunjungi, kebanyakan meminta perbaikan ekonomi, untuk harga-harga yang stabil dan terjangkau, juga penciptaan serta penyediaan lapangan kerja. Mereka juga meminta peningkatan penghidupan yang lebih baik.

"Masyarakat ingin ada perubahan ekonomi. Ekonomi yang berpihak kepada rakyat, pengusaha kecil, dan menengah. Pilpres kali Ini adalah referendum ekonomi. Anak yang baru lahir sudah menanggung utang Rp 13 juta juta, karena utang RI yang membengkak. Inshaa Allah kami akan fokus pada ekonomi," papar Sandi.

Di acara yang digelar dekat warung kopi tersebut, pemilik Warung Kopi Raden Bentar, Haji Nasa memberikan kopinya secara gratis untuk ratusan orang yang hadir di acara.

"Ini yang saya bisa sumbang, semoga berkah," kata Haji Nasa usai mengantarkan kopi susunya ke atas panggung.

"Pak jangan diaduk dulu kopinya. Biar menyerap susunya," kata Sandi. (BPNPS)

DKP Kota Kendari Serahkan Kapal Bantuan ke Koperasi Nelayan.

Posted: 26 Jan 2019 11:31 AM PST

DKP Kota Kendari Serahkan Kapal Bantuan ke Koperasi Nelayan.KENDARI, LELEMUKU.COM –  Konflik internal antara pengurus  Koperasi Nelayan Rahmat Ilahi Kelurahan Talia, Kecamatan Abeli, Kota Kendari, Provinsi Sulawesi Selatan dengan beberapa anggotanya yang tergabung dalam Kelompok Usaha Bersama (KUB) atas bantuan kapal perikanan dari Direktorat Kapal dan Penangkapan Ikan (KAPI) Ditjen Perikanan Tangkap Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) Tahun Anggaran 2016 dan 2017 telah terjadi kurang lebih lima bulan, sehingga berdampak pada operasional maupun pemanfaatan kapal bantuan.

Setelah melalui beberapa tahapan musyawarah, yang difasilitasi oleh Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kota Kendari bersama Kepolisian Resor (Polres) Kendari, akhirnya kedua pihak bersepakat untuk berdamai.

Hal ini di tandai dengan penyerahan Dokumen Kapal Bantuan dari Kapolres Kendari Jemi Junadi kepada Kepala DKP Kota Kendari Agus Salim Safrullah, yang selanjutnya diserahkan kepeda Ketua Koperasi Rahmat Ilahi, yang turut disaksikan oleh Kasatreskrim Polresta Kendari Diki Kurniawan, Kabid Operasional Pelabuhan dan Kesyahbandaran mewakili Kepala Pelabuhan Perikanan Samudra (PPS) Kendari Arifin Safari dan Perwakilan DKP Provinsi Sulawesi Tenggara Femmy Manggo Yosman, bertempat di Aula Kantor DKP Kota Kendari, Kamis (17/1).

Kapolres Kendari Jemi Junaidi berharap dengan diserahkannya dokumen kapal bantuan ini kedua belah pihak dapat memanfaatkan dengan baik dan benar serta tidak disalahgunakan, sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan seluruh anggotanya.

"Kita tidak menginginkan kapal bantuan KKP ini terlantar dan mangkrak, gara-gara adanya perselisihan dan konflik internal antara anggota KUB dengan pihak koperasi, karena akan berdampak pada operasional maupun pemanfaatan kapal bantuan pemerintah, dan yang rugi adalah kita-kita semua", ujar Jemi.

Dokumen kapal bantuan yang diserahkan terdiri dari SIUP, SIPI, Buku Kapal, Grosse Akta, Pas Kecil milik Koperasi Rahmat Ilahi, telah dititipkan sementara kepada Kapolresta Kendari pada 12 Agustus 2018 lalu, karena belum adanya titik kesepahaman antara kedua pihak yang berselisih, berdasarkan hasil keputusan rapat antara Bareskrim Polri, subdit Kapal Perikanan, DJPT-KKP yang dipimpin Kepala DKP Kota Kendari.

Kepala DKP Kota Kendari Ir. Agus Salim Safrullah, MS, mengatakan jumlah bantuan kapal KKP yang diserahkan kepada Koperasi Rahmat Ilahi sebanyak 12 unit, terdiri dari ukuran dibawah 5 GT, 20 GT dan 30 GT, kapal bantuan ini diberikan sejak tahun 2016 sebanyak 9 unit dan tahun 2017 sebanyak 3 unit, melalui prosedur dan tahapan sesuai pedoman dalam Juknis yang telah ditetapkan KKP.

Kepala DKP Kota Kendari berharap setelah dokumen kapal ini diterima, agar kapal bantuan segera dimanfaatkan dan dikelola dengan baik agar dapat meningkatkan hasil produksi, sehingga pendapatan dan kesejahteraan seluruh anggota dan keluarganya juga meningkat.

"dan kepada koperasi agar secara terus menerus melakukan pembinaan kepada seluruh anggotanya dengan mematuhi seluruh ketentuan dan peraturan yang telah ditetapkan, Seluruh hak-hak dan kewajibannya baik pengurus maupun anggota koperasi dapat dijalankan dengan baik guna meningkatkan kesejahteraan seluruh anggotanya," pungkasnya. (DiskominfoKendari)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Banner IDwebhost

Iklan Bawah Artikel

Iklan Bawah Artikel