Resmo Polda Malut Bekuk 3 Pencuri Motor di Kota Ternate

Resmo Polda Malut Bekuk 3 Pencuri Motor di Kota Ternate


Resmo Polda Malut Bekuk 3 Pencuri Motor di Kota Ternate

Posted: 24 Jan 2019 02:08 PM PST

Resmo Polda Malut Bekuk 3 Pencuri Motor di Kota Ternate
TERNATE, LELEMUKU.COM - Tim Reserse Mobile (Resmob) Direktorat Reserse Kriminal Umum (Dit Reskrimum) Polda Maluku Utara (Malut), berhasil bekuk tiga tersangka pencuri kendaraan bermotor (Curanmor) dimasing -masing temapt yang bereda, dua tersangka Suleman alias emang dan Muhammad alias amat dibekuk dikelurahan Akehuda tepanya di Daulasi dan satu tersangka di bekuk di Lingkungan Siko atas nama Vijal.

Panit I Yunit Resmob Polda Malut IPDA Sofyan Torid mengatakan, tiga tersangka ini mereka melaksanakan aksi pada malam hari di atas jam 11.00 WIT, motor tersebut didorang kemudian di tempat yang aman baru mereka menghidupkan dengan cara membongkar dan ada beberapa alat di putus kabel-kabelnya kemudian disambung kembali.

"Setelah motor tersebut hidup kemudian dibawah ke Kelurahan Akehuda dan  dirubah warnah, barang bukti kami amankan diantaranya polx dan plat nomor," kata Sofyan, Rabu (23/1).

Plat nomor ini lanjut Sofyan, plat nomor semua sudah dirubah jadi kendaraan ini rata-rata sudah dirubah warnahnya, kendaraan sementara polisi amankan enam unit kendaraan, ada juga beberapa kendaraan dijual keluar Ternate seperti kabupaten Halmahera Selatan (Halsel).

"Kami dari tim  Resmob terus melakukan pengembangan jadi tidak menutup kemungkinan tersangka tersebut bukan hanya tiga orang saja kami akan terus melakukan pengembangan bahwa barang bukti sudah dijual kami akan telusuri kemudian kami sita kembali," ungkapnya

Mereka ini komplotan jadi bergerak tidak sendiri, sasaran mereka ini dipemukiman dan kos-kosan, setelah ditangkap satu tersangka melakukan perlawanan dengan polisi, namun behasil di halau polisi dan barang bukti berhasil disita seperti benda tajam, golok dan pisau kemudian alat-alat yang mereka gunakan untuk menghidupkan kendaraan berupa obeng ,mereka bereaksi melakuakan pencurian motor ini sudah satu bulan lebih diwilayah Kota Ternate.

"Tiga tersangka ini dikenakan pasal 363 tentang pencurian dan pemberatan Jo pasal 55 KUHP dan ancaman hukuman 7 tahun penjara,"pungkasnya (HumasPoldaMalut)

Majelis Shalawat Polres SBT Meriahkan Puncak Perayaan HUT ke 15 Seram Bagian Timur

Posted: 24 Jan 2019 01:59 PM PST

Majelis Shalawat Polres SBT Meriahkan Puncak Perayaan HUT ke 15 Seram Bagian Timur
BULA, LELEMUKU.COM - Malam puncak perayaan HUT Kabupaten Seram Bagian Timur yang ke-15 ternyata Tak hanya dihadiri oleh Kapolres SBT, tetapi juga turut dimeriahkan oleh para anggota Polki dan Polwan Polres SBT yang tergabung dalam Majelis Shalawat Polres SBT.

Kehadiran para personil berbaju coklat tersebut ditujukan untuk memeriahkan malam acara puncak yang dihelat di Jalan Protokol Kota Bula, melalui lantunan Shalawat Badriyah.

Selaku koordinator majelis AKP Ricky Hikmawan,SH. ( Kasat Binmas Polres SBT ) mengatakan bahwa, " Majelis Shalawat ini sudah terbentuk dari Tahun lalu (2018.red.), dan anggotanya terdiri dari Polki dan Polwan dari berbagai satuan fungsi, dengan tujuan meningkatkan mental pribadi dari sisi religi," ungkapnya.

Keikusertaan para personil polres SBT dalam kegiatan masyarakat kali ini adalah yang kali kedua, giat yang pertama pada perayaan maulid Nabi S.A.W. ditahun yang lalu.

Selaku pembina Majelis Kapolres SBT AKBP Saminata, SIK., mengatakan bahwa, " keikut sertaan dalam kegiatan keagamaan seperti ini juga merupakan wujud personil polres SBT dalam mengajak kebaikan dan mencegah kemungkaran dengan cara yang baik," begitu ungkapnya. (HumasPoldaMaluku)

Ipung Purwadi Resmikan Ruang Isolasi Rumkital dr. Soedibjo Sardadi Jayapura

Posted: 24 Jan 2019 01:43 PM PST

Ipung Purwadi Resmikan Ruang Isolasi Rumkital dr. Soedibjo Sardadi Jayapura
JAYAPURA, LELEMUKU.COM - Komandan Lantamal X Brigjen TNI (Mar) Ipung Purwadi, M.M. meresmikan fasilitas penunjang tambahan berupa Ruang Isolasi pasien khusus dan pasien menular Rumkital dr. Soedibjo Sardadi, Kota Jayapura, Provinsi Papua pada Kamis (24/1).

Dalam sambutannya Komandan Lantamal X mengatakan, dibidang kesehatan perlu dipikirkan bagaimana standar pelayanan kesehatan maksimal yang bisa diberikan kepada pasien. Seperti diketahui bersama Rumah Sakit Angkatan Laut dr. Soedibjo Sardadi baru saja meraih kelulusan dalam melaksanakan Akreditasi Rumah Sakit yang pertama karena banyak rumah sakit diluar yang menunda proses akreditasi ini.

"Berbeda dengan Rumah Sakit Angkatan Laut dr. Soedibjo Sardadi, meskipun dengan persiapan dan waktu yang sangat singkat mampu menyusun berbagai program untuk menunjang persyaratan Akreditasi dan Alhamdulillah hasilnya Lulus yang ditandai dengan diterimanya Sertifikat Akreditasi berbintang satu dari Komite Akreditasi Rumah Sakit di Jakarta," kata Danlantamal X.

Ipung Purwadi Resmikan Ruang Isolasi Rumkital dr. Soedibjo Sardadi JayapuraKomandan menyampaikan kepada seluruh personel Rumah Sakit baik militer maupun PNS untuk terus bekerja dengan baik dan giat, sebab kinerja yang ditunjukkan demi kepentingan bersama dalam mewujudkan rumah sakit yang terakreditasi.

"Kinerjanya ditingkatkan untuk keberhasilan Rumah Sakit kita," pintanya.

Sementara Kepala Rumah Sakit TNI Angkatan Laut dr. Soedibjo Sardadi, Mayor Laut (K) dr. Agung Kristiono, Sp.P mengatakan, fasilitas ini akan meningkatkan standar pelayanan kepada para pasien baik dilingkungan Lantamal maupun masyarakat umum.

"Dengan dibukanya fasilitas baru ini, semoga bisa memacu peningkatan kompetensi sesuai Standar Kementrian Kesehatan dan Akreditasi Rumah Sakit untuk meningkatkan  kualitas pelayanan kesehatan bagi TNI beserta keluarga dan masyarakat di Kota Jayapura." jelasnya.

Ipung Purwadi Resmikan Ruang Isolasi Rumkital dr. Soedibjo Sardadi JayapuraHadir pada acara persmian ini Wadan Lantamal X, para Asisten Danlantamal X, Pejabat Pelaksana Sementara BPJS Cabang Jayapura Ibu Frida Imbiri, Branch Operation Bank Mandiri Sentra bisinis Kota Jayapura Bapak Pramudya Wardana, Kepala Kantor Asuransi Mandiri InHealth Jayapura Ibu Yuliana diwakili para Kadis/Kasatker, Danyonmarhanlan X, para Perwira, Bintara/Tamtama dan PNS Lantamal X. (DispenLantamalX)

Yayasan Hang Tuah Cabang Jayapura Peringati HUT ke 72

Posted: 24 Jan 2019 01:28 PM PST

Yayasan Hang Tuah Cabang Jayapura Peringati HUT ke 72
JAYAPURA, LELEMUKU.COM - Ketua Korcab X Daerah Jalasenastri Armada III (DJA III) Ny. Ipung Purwadi selaku Pengawas Yayasan Hang Tuah Cabang Jayapura, Provinsi Papua memimpin acara Memperingati Hari Ulang Tahun yang ke – 72 pada Rabu (23/1

Acara yang mengangkat tema, "Dengan karakter jiwa bahari, Yayasan Hang Tuah Siap Menyukseskan Inplementasi Kurikulum Kemaritiman Dalam Rangka Mewujudkan Indonesia Sebagai Poros Maritim Dunia" ini dilaksanakan di TK Hang Tuah Jayapura.

Dalam sambutannya Ny. Ipung Purwadi menyampaikan, saat ini Yayasan Hang Tuah sudah cukup bagus, untuk itu diharapkan untuk terus berinovasi dalam pengembangan pendidikan yang berkualitas, berkarakter, dan berwawasan kebaharian, karena Indoneisa adalah negara Maritim terbesar di dunia dengan segala potensinya yang menunggu untuk dikembangkan demi kemajuan dan kemakmuran bangsa.

"Yayasan Hang Tuah sebagai Yayasan Pendidikan di bawah naungan TNI AL dan Jalasenastri, harus mampu membangun karakter dan jiwa bahari yang kuat kepada seluruh anak didiknya agar mampu mengoptimalkan segala bentuk potensi maritim yang ada untuk dijadikan modal dalam membangun dan menciptakan bangsa yang adil, sejahtera, unggul dan disegani bangsa lain. Dirgahayu Yayasan Hang Tuah ke-72 tahun 2019, Keberadaan Kami Mencerdaskan Bangsa," seru Pengawas Yayasan Hang Tuah Cabang Makassar ini menutup sambutannya.

Selanjutnya, diadakan pemotongan tumpeng sebagai tanda rasa syukur di Ulang tahun ke-72 Yayasan Hang Tuah oleh Ny. Ipung Purwadi yang kemudian potongan tumpeng pertama tersebut diserahkan kepada Kepala Sekolah TK Hang Tuah Tri Dayanti, Amd. Pd  ya

Dalam acara ini juga, diadakan penyerahkan hadiah kepada para pemenang lomba dalam rangka HUT Ke-72 Yayasan Hang Tuah, lomba Bakeak, lomba Mengisi air pada botol dan lomba pasel.

Hadir dalam acara ini  Kepala Sekolah, para Guru dan perwakilan Murid TK Hang Tuah Jayapura. (DispenLantamalX)

Hindari Penyalahgunaan, Dan Denma Lantamal X Periksa Senjata Api

Posted: 24 Jan 2019 01:25 PM PST

Hindari Penyalahgunaan, Dan Denma Lantamal X Periksa Senjata Api
JAYAPURA, LELEMUKU.COM - Komandan Denma Lantamal X Letkol Marinir Sujiono didampingi Dan Pomal Lantamal X Letkol Laut PM Feber H Simandalahi, S.H dan Dan Tim Intel Lantamal X Letkol Marinir Indarto, MTR Hanla mewakili Komandan Lantamal X Brigjen TNI (Mar) Ipung Purwadi, M.M. melaksanakan apel pengecekan pemegang Senjata Api Perorangan bertempat di Lapangan Apel Mako Lantamal X Jayapura. Senin (21/1).

Kegiatan ini dilaksanakan untuk meminimalisir penyalahgunaan senjata api (senpi) oleh anggota TNI, pengecekan meliputi kelengkapan surat pemegang senpi serta kebersihan dan kelengkapan peluru senpi itu sendiri.

"Ini merupakan kegiatan yang rutin dilaksanakan oleh Lantamal X untuk mengawasi penggunaan senjata api agar jangan sampai disalah gunakan", jelas Dan Denma.

Dikatakan senjata api bagi tiap anggota merupakan inventaris dinas yang harus dirawat dan dijaga, sehingga bisa terus digunakan dalam melaksanakan tiap tugas yang diemban.

"Untuk keamanan saat menyimpan agar jangan sampai teledor dalam menyimpan senpi, terutama saat dirumah, ketika kita teledor menyimpan senpi dan tertinggal, bisa saja dipakai mainan oleh anak kita. Jaga penggunaannya, gunakan sesuai aturan dan SOP," kata Komandan Denma. (DispenLantamalX)

Polda Maluku Utara Buka Penerimaan Sekolah Inspektur Polisi Sumber Sarjana

Posted: 24 Jan 2019 01:18 PM PST

Polda Maluku Utara Buka Penerimaan Sekolah Inspektur Polisi Sumber Sarjana (SIPSS)  2019
TERNATE, LELEMUKU.COM - Kabid Humas Polda Maluku Utara AKBP Hendri Badar yang didampingi oleh Paur Pensat Iptu Eksan Umanailo melaksanakan konferensi pers terkait dengan Penerimaan Sekolah Inspektur Polisi Sumber Sarjana (SIPSS) T.A 2019. Kegiatan konferensi pers ini dilaksanakan di Ruangan Bidang Humas Polda Malut. Kamis (17/1).

Kabid Humas Polda Maluku Utara dalam konferensi pers ini mengtakan, Polda Maluku Utara dalam hal ini Biro SDM Polda Malut, membuka penerimaan Sekolah Inspektur Polisi Sumber Sarjana (SIPSS) T.A 2019, penerimaan ini dilaksanakan serentak di seluruh indonesi.

Jumlah peserta pendidikan sebanyak 75 orang seluruh Indonesia, dan kuota Polda Malut sesuai DIPA Biro SDM tahun 2019 sebanyak 2 orang. Pembukaan pendidikan pada tanggal 4 Maret 2019 dan penutupan Pendidikantanggal 4 september 2019, tempat pendidikan di Akpol Lemdiklat Polri sedangkan untuk pendaftaran di Biro SDM Polda Maluku Utara.

"Jumlah peserta didik sebanyak 75 orang dan pembukaan pendidikan akan dibuka pada tanggal 4 Maret serta penutupan pendidikan pada tanggal 4 september 2019, lama pendidikan selama enam bulan." Ucap Kabid Humas.

Untuk sosialisai penerimaan dimulai dari tanggal 15 Januari sampai 1 februari 2019, sedangkan untuk pendaftaran dilakukan secara online mulai dari tanggal 15 sampai dengan 31 Februari 2019.

Sementara untuk Pakta Integritas 02 Februari 2019, Rikmin Awal, Rikkes pertama 03 s/d 04 Februari 2019, PKM 05 Februari 2019, Pemeriksaan Psikologi 06 Februari 2019, dan Pemeriksaan Kesehatan ke- II (Dua) 07 s/d 08 februari 2019, Pemeriksaan Administrasi Akhir 09 februari 2019, dan sidang lulusan terbuka panda 11 Februari 2019.

Untuk persyaratan pria dan wanita belum pernah menjadi anggota Polri tinggi badan minimal (dengan berat badan seimbang menurut ketentuan yang berlaku), Pria 158 cm, Wanita 155 cm belum pernah menikah (belum pernah hamil/ melahirkan) dan sanggup untuk tidak menikah selama dalam Dik Pembentukan, Khusus S-2 Profesi diperbolehkan sudah menikah namun bagi wanita belum mempunyai anak dan sanggup tidak mempunyai anak/hamil selama pendidikan pembentukandan berijazah.

Ijazah yang diminta berkompetensi baik S2 profesi kedokteran forensik, kedokteran klinis, psikologi, Ilmu Agama (Tafsir Hadis), untuk S1/S1 Profesi Kedokteran Umum, Kedokteran Gigi, Kedokteran Hewan,Teknik Informatika, Teknik Ilmu Komputer, Bahasa Arab, Bahasa Mandarin, Ekonomi Akutansi, Ekonomi Keuangan, Perpajakan, HI, T. Elektro, Kimia Murni, T. Kimia, Biologi, Teknik Sipil, Teknik Mesin, Teknik Metalurgi dan/atau Teknik Material, Komunikasi, Desain Grafis, Farmasi, Ilmu Kearsipan/Kepustakaan, Ilmu Gizi, Statistik, S1/S2 CPL FLYING SCHOOL, Agama Hindu, Agama Katholik, Desain Komunikasi Visual, Ilmu Agama ( Tafsir Hadist), Jurnalistik. Sedangkan untuk D-IV Ahli Nautika TK III, Ahli Teknika, Manajemen Produksi Media

Kabid Humas juga mennghimbau bahwa dalam penerimaan Angota Polri tidak dipungut biaya, dalam pelaksanaan proses Rekrutmen anggota Polri secara objektif, bersih, transparan, akuntabel, humanis dengan target Clear and Clean.

"Apabila ditemukan peserta yang menggunakan sponsor atau koneksi dengan cara menghubungi lewat telepon, surat atau dalam bentuk apapun kepada panitia atau pejabat yang berwenang melalui orang tua, wali, keluarga atau pihak lain akan Didiskualifikasi." Tegas Kabid Humas. (HumasPoldaMalut)

Andre Sukendar dan Petrus Fatlolon Lepas Tim Patroli Trans Tanimbar

Posted: 24 Jan 2019 12:13 PM PST

Andre Sukendar dan Petrus Fatlolon Lepas Tim Patroli Trans Tanimbar
SAUMLAKI, LELEMUKU.COM - Kapolres Maluku Tenggara Barat (MTB), AKBP Andre Sukendar,S.I.K., bersama Bupati MTB, Petrus Fatlolon,SH.M.H., melepas secara resmi tim Patroli Trans Tanimbar, yang bertempat di lapangan apel Polres Maluku Tenggara Barat. Kamis (24/1).

Peran dan tugas pokok Polri adalah bertujuan untuk mewujudkan keamanan dalam negeri yang meliputi terpeliharanya keamanan dan ketertiban masyarakat, tertib dan tegaknya hukum, terselenggaranya perlindungan, pengayoman, dan pelayanan kepada masyarakat dan menjunjung tinggi hak asasi manusia sebagaimana Undang-undang Nomor 2 Tahun 2002 tentang Kepolisian RI. Berkaitan dengan hal tersebut, Polres Maluku Tenggara Barat melaksanakan Patroli Trans Tanimbar tersebut, yang bertujuan untuk menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat.

Pelaksanaan Patroli Trans Tanimbar dengan mengambil rute dari Desa Eliasa Kecamatan Selaru sampai pada Desa Lamdesar Timur Kecamatan Tanimbar Utara Kabupaten Maluku Tenggara Barat.

Tim Patroli Trans Tanimbar ini selain melaksanakan kegiatan Patroli,bertugas mensosialisasikan Millenial Road Safety Festival tahun 2019 dan Deklarasi Pemilu damai tahun 2019 pada beberapa Desa maupun Kecamatan yang dilalui tim Patroli Trans Tanimbar ini.

"Dengan diadakan Patroli Trans Tanimbar ini kami berharap masyarakat dapat merasakan pelayanan Polri pada bidang Kamtibmas," tutur Kapolres.

Pria dua melati ini juga mengatakan, "Patroli Trans Tanimbar ini juga merupakan kegiatan cipta Kondisi menjelang pelaksanaan Pileg dan Pilpres 2019 yang sebentar lagi akan dilaksanakan.

Sementara itu pelaksanaan Patroli Trans Tanimbar merupakan pelaksanaan Patroli yang terpanjang yang pertama kali dilaksanakan pada Jajaran Polda Maluku. (HumasPoldaMaluku)

Rayakan HUT Ke-15, Pemkab Seram Bagian Timur Gelar Tabligh Akbar

Posted: 24 Jan 2019 10:47 AM PST

Rayakan HUT Ke-15, Pemkab SBT Gelar Tabligh Akbar di Bula
BULA, LELEMUKU.COM - Pemerintah Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT), Provinsi Maluku menggelar Tabligh Akbar dalam rangka HUT Ke-15, di Jalan Protokol, Kota Bula, Rabu (23/1).

Acara dihadiri oleh seluruh pejabat pemerintahan Kabupaten SBT, pejabat Polres SBT, DPRD, Kejari Bula, Unsur TNI dan tokoh adat, tokoh Agama serta seluruh lapisan masyarakat Kota Bula.

Dikesempatan tersebut Bupati SBT, Abdul Mukti Keliobas menyampaikan perayaan hari Jadi yang ke-15 ini bertemakan "merangkai perbedaan, meyemai kebersamaan, dalam bingkai Gumumae Tawotu Wanuea".

Meski secara sederhana, tapi harus selalu bersyukur karena diusia yang ke-15 ini Seram Bagian Timur masih selalu kompak dan pembangunan dilaksanakan dengan maksimal.

 "Kita harus bersatu padu agar tidak dapat diadu domba dengan berita-berita Hoax yang banyak terdapat di media sosial", ucapnya.

Dikesempatan yang sama Kapolres SBT, AKBP Saminata, SIK mengajak agar masyarakat SBT dapat menjaga kekompakan serta mengharapkan masyarakat tidak mudah terprovokasi oleh isu isu yang dapat memecah belah persatuan.

"Apapun yang diniatkan dan inginkan, mudah-mudahan dijabah oleh Allah SWT serta kita diberi kesehatan sehingga  dapat mendoakan Kabupaten Tanah Berkat Negeri Beradat ini menjadi lebih baik lagi ke depan dengan menjaga kekompakan dan tidak mudah terprovokasi", ucapnya

Acara tabliqh akbar tersebut menghadirkan Ustad Habib Jindan bin Novel bin Salim Jindan, yang diawali dengan penampilan lantunan Shalawat oleh Personil Polwan dan Polki Polres SBT, kemudian pembacaan ayat suci Al-Quran, laporan panitia dan selanjutnya Tausiah oleh Ustad Habib Jindan menutup rangkaian acara SBT bershalawat dan Tabliqh akbar tersebut, yang diakhiri pula dengan Doa bersama. (HumasPoldaMaluku)

Rohmi Djalillah Nilai Kemajuan Pembangunan Sumbawa Jadi Contoh Baik Daerah Lain

Posted: 24 Jan 2019 10:41 AM PST

 Rohmi Djalillah Nilai Kemajuan Pembangunan Sumbawa Jadi Contoh Baik Daerah Lain
MATARAM, LELEMUKU.COM - Pemerintah Kabupaten Sumbawa, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) merayakan hari ulang tahun ke 60 di halaman Kantor Bupati Sumbawa, Selasa (22/1).

Wakil Gubernur NTB, Dr.Hj.Sitti Rohmi Djalillah saat memberikan sambuta mengajak masyarakat NTB agar memperkuat semangat kebersamaan dan menjaga persatuan dan kesatuan.

"Saat ini, cukup membanggakan apa yang telah dilaksanakan dan prestasi yang di capai merupakan hasil sinergi masyarakat dan pemerintah yang patut di contoh bagi kemajuan daerah lain," ujar dia.

Dikatakan, seperti yang Bupati Kabupaten Sumbawa H.M.Husni Djibril, B.Sc katakan bahwa pemerintah daerah Kabupaten Sumbawa terus berikhtiar meningkatkan kesejahteraan masyarakat dengan membangun fasilitas umum infrastruktur jalan, jembatan,sarana pendidikan kesehatan dan sarana pertanian seperti bendungan.

"Orientasi pemikiran harus pada hal-hal yang prioritas seperti pendidikan, kesehatan,kebersihan dan pelestarian lingkungan," tegas Ummi Rohmi

Ia juga menjelaskan bahwa, hal lain yang patut dibanggakan adalah prestasi daerah yang mampu menurunkan angka kemiskinan hingga mencapai  angka14,63 persen ditahun 2019.

"Ini menunjukkan hasil kerja gubernur dan pimpinan daerah kab/kota sebelumnya sudah berada pada arah yang tepat," jelasnya

Sementara itu Bupati Sumbawa H.M.Husni Djibril M.Sc menjelsskan bahwa masyarakat Sumbawa adalah masyarakat yang sangat toleran yang masih menjunjung tinggi Kebineka-Tunggal-Ekaan.

"Beberapa ikhtiar pemerintah daerah dalam membangun yang akan dilaksanakan saat ini adalah pembangunan Pelabuhan Teluk Santong disamping ada pelabuhan juga akan didirikan pabrik pelet atau pakan ternak dari bahan jagung. Selain  berikhtiar melaksanakn pembangunan jalan jembatan dan bendungan," papar dia.

Sebagai rangkaian Acara HUT Kabupaten Sumbawa Wagub menyerahkan bantuan kendaraan operasional Bumdes, menyaksikan penadatanganan kerjasama Pemkab Sumbawa dengan Perwakilan Bank Indonesia dan Kantor Badan Pertanahan Nasional Tentang Pengembangan Klaster kopi di Kabupaten Sumbawa dan Louncing Smart City. (HumasNTB)

Fokus Kelola Limbah di NTB, Zulkieflimansyah Hadiri Workshop Waste Management

Posted: 24 Jan 2019 10:33 AM PST

Fokus Kelola Limbah di NTB, Zulkieflimansyah Hadiri Workshop Waste Management
MATARAM, LELEMUKU.COM - Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB) Dr. H. Zulkieflimansyah menghadiri sekaligus membuka Workshop On Waste Management pada Rabu (23/1) di Aula Rinjani BPSDM Provinsi NTB.

Workshop yang dilaksanakan atas kerjasama Universitas Mataram dan Warsawa University Polandia ini menghadirkan narasumber langsung dari Polandia yakni Prof. Tomasz Szczygielski, PhD, Eng dan Arina Koroljova. Kegiatan ini turut dihadiri oleh Wakil Gubernur NTB Dr. Hj. Sitti Rohmi Djalilah, para Kepala OPD Provinsi NTB, ASN, Ormas dan Pers.

Gubernur yang kali ini hadir menggunakan kemeja putih, tiba di lokasi pukul 09.00 WITA dan memberikan arahan sekaligus motivasi pada hadirin yang hadir.

"Mungkin karena saya tinggal cukup lama di luar negeri dan banyak melihat cara bekerja perusahaan-perusahaan multi nasional, disana ketika melihat sampah itu adalah hal yang tabu" ujar Gubernur yang kerap disapa Bang Zul.

"Ketika kita datang ke mataram NTB. Sebenarnya kita juga bisa melakukan di NTB. Namun merubah budaya ini yang tidak mudah" lanjut Bang Zul

Bang Zul kemudian mencontohkan beberapa kasus yang ia temui sendiri. " saya temui sendiri, banyak warga ataupun ASN, membuang puntung rokok secara refleks tanpa merasa melakukan kesalahan. Ini adalah persoalan sederhana, namun merubah cara pikir yang sulit" jelas Bang Zul

"Betapa banyak ikan mati karena makan plastik, berapa banyak org sakit karena limbah yang terbuang tanpa sengaja"

"Jika kita kirim orang Indonesia ke eropa, kami yakin akan ada cara berpikir yang radikal untuk melakukan perubahan" ujar Bang Zul optimis.

Bang Zul juga optimis program waste management akan sukses di terapkan di NTB.

"Warsawa University bukan universitas sembarangan. Tidak mungkin kita menjual daya pikat gili, namun sampah dibelakangnya luar biasa banyak. Saya dan Wakil Gubernur ingin program berjalan.

" Mudah-mudahan program ini bisa kita terapkan di NTB dan menjadi hadiah terindah untuk Indonesia" pungkasnya

Ir. Madani Mukarom selaku Kepala Dinas LHK Provinsi NTB yang ditemui ditempat terpisah juga optimis mendukung NTB menerapkan Zero Waste Management.

"Di Tahun 2023, seluruh desa di NTB akan ada bank sampah" jawabnya singkat. (HumasNTB)

Banjir di Sulawesi Selatan Mulai Surut, 30 Meninggal dan 25 Hilang

Posted: 24 Jan 2019 10:09 AM PST

Banjir di Sulawesi Selatan Mulai Surut, 30 Meninggal dan 25 Hilang
MAKASSAR, LELEMUKU.COM - Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho, menyatakan penanganan banjir, longsor dan puting beliung yang menerjang wilayah Sulawesi Selatan terus dilakukan.

"Evakuasi, pencarian, penyelamatan korban dan penanganan pengungsi serta masyarakat yang terdampak banjir terus diintensifkan. Di beberapa tempat banjir mulai surut. Debit aliran dari Waduk Bili-Bili juga makin berkurang," ujar dia melalui rilis media pada Kamis (24/1) pukul 14.00 WIB.

Dikatakan, bencana yang terjadi sejak Selasa (22/1), berdasarkan pendataan dampak bencana yang dilakukan oleh Pusdalops BPBD Sulawesi Selatan, tercatat 78 desa terdampak bencana di 52 kecamatan yang tersebar di 10 kabupaten dan kota yaitu Kabupaten Jeneponto, Kabupaten  Maros, Kabupaten Gowa, Kota Makassar, Kabupaten Soppeng, Kabupaten Wajo, Kabupaten Barru, Kabupaten Pangkep, Kabupaten Sidrap dan Kabupaten Bantaeng.

Sebanyak 30 orang meninggal dunia, 25 orang hilang, 47 orang luka-luka, 5.825 orang terdampak, 3.321 orang mengungsi, 76 unit rumah rusak dengan rincian 32 unit hanyut, 25 rusak berat, 2 rusak sedang, 12 rusak ringan, 5 tertimbun.

Selanjutnya dikatakan 2.694 unit rumah terendam, 11.433 hektare sawah terendam banjir, 9 jembatan rusak, 2 pasar rusak, 6 unit fasilitas peribadatan rusak dan 13 unit sekolah rusak.

"Data ini sementara dan kemungkinan berubah karena pendataan masih dilakukan oleh BPBD dan unsur lainnya," papar Nugroho.

Ia menjabarkan, sebaran dari dampak bencana banjir, longsor dan puting beliung di wilayah Sulawesi Selatan tersebut diantaranya di Kabupaten Gowa meliputi 16 orang meninggal dunia, 21 orang hilang, 46 luka, 2.121 orang mengungsi, 10 unit rumah rusak (5 rusak berat dan 5 tertimbun), 604 unit rumah terendam, dan 1 jembatan rusak.

Selanjutnya di Kota Makassar, sebanyak 2.942 orang terdampak, 1.000 orang mengungsi, dan 477 rumah terendam banjir; Kabupaten Soppeng terdapat 1.672 ha sawah terendam. Pendataan masih dilakukan; Kabupaten Jeneponto meliputi 10 orang meninggal dunia, 3 orang hilang, 51 rumah rusak (32 hanyut, 19 rusak berat.

Kabupaten Barru meliputi 2 unit pasar, 1 fasilitas pendidikan, 1 fasilitas pemerintahan; Kabupaten Wajo sebanyak 1.683 orang terdampak, 1.198 rumah terendam, 1.412 ha sawah terendam, 8 jembatan rusak, 4 fasilitas peribadatan rusak, 11 fasilitas pendidikan rusak.

Kabupaten Maros terdapat 4 orang meninggal dunia, 1200 orang terdampak, 200 orang mengungsi, 400 unit rumah terendam, 8.349 ha sawah, 1 fasilitas peribadatan; Kabupaten Bantaeng 1 unit rumah rusak sedang; Kabupaten Sindrap terdapat 1 kk terdampak, 1 unit rumah rusak sedang;  dan Kabupaten Pangkep terdapat 1 orang hilang, 1 luka-
luka, 28 rumah (1 rusak berat, 12 rusak ringan, 15 terendam), 1 fasilitas peribadatan, 1 fasilitas sekolah rusak.

Nugroho melanjutkan, curah hujan ekstrem yang melanda wilayah Sulawesi Selatan pada (22/1) telah menyebabkan peningkatan debit sungai dan Waduk Bili-Bili sehingga banjir. Longsor terjadi di daerah-daerah perbukitan. Dalam dua hari terakhir hujan berkurang.

"Hal ini juga menyebabkan debit keluaran Waduk Bili-Bili menurun. Pada Kamis (24/1) pukul 14.20 WIB, status tinggi muka air Waduk Bili-Bili 99.43 meter. Volume waduk sekitar 258.28 juta meter kubik dan inflow sekitar 144.99 meter kubik per detik serta outflow sekitar 145.00 meter kubik per detik. Status di bawah normal. Artinya aman dengan tinggi bukaan pintu air menjadi 1 meter," papar dia.

Dikatakan, penanganan darurat masih terus dilakukan. Tim gabungan dari BPBD BNPB, TNI, Polri, Basarnas, Kementerian/Lembaga, SKPD, PMI, relawan, NGO dan masyarakat melakukan penanganan darurat. BNPB terus mendampingi BPBD dalam penanganan darurat.

Sementara itu, Kepala BNPB, Doni Monardo, telah berada di lokasi bencana untuk mengkoordinir potensi nasional membantu Pemda Sulawesi Selatan.

"BNPB menyerahkan bantuan dana siap pakai Rp 1 milyar untuk operasinal keposkoan dan darurat bagi BPBD yaitu Jeneponto Rp 250 juta, Gowa Rp 250 juta, Marros Rp 250 juta dan Kota Makassar Rp 250 juta. Selain itu bantuan logistik juga dikirimkan." tutur dia.

Ia juga mengimbau kepada masyarakat untuk selalu meningkatkan kewaspadaan menghadapi banjir, longsor dan puting beliung.

"Januari hingga Februari adalah puncak hujan sebagian besar wilayah di Indonesia. Lakukan langkah-langkah antisipasi dalam skala individu, keluarga dan komunitas," jelas dia. (Albert Batlayeri)

Polres Jakarta Barat Beri Bantuan ke Korban Kebakaran di Tomang

Posted: 24 Jan 2019 08:53 AM PST

Polres Jakarta Barat Beri Bantuan ke Korban Kebakaran di Tomang
TOMANG, LELEMUKU.COM - Polres Metro Jakarta Barat beserta Polsek jajaran menyerahkan bantuan sosial kepada korban kebakaran warga Kelurahan Tomang di Posko terpadu 3 Pilar Polsek Tanjung Duren, Jalan Rawa Kepa Raya RW 015 Tomang, Grogol Petamburan, Jakarta Barat, Senin (21/1) malam.

Dalam kegiatan tersebut  Kapolsek Kalideres Kompol Pius Ponggeng SH, Kapolsek Kebon Jeruk Kompol M Marbun, dan Kapolsek Cengkareng Kompol H Khoiri SH MH didampingi Kapolsek Tanjung Duren Kompol Lambe Patabang Birana SIK, Wakapolsek Tanjung Duren AKP H. Risris P SH, Danramil 03/GP Kapten lnf. Jefriansen Sipayung.

"Penyerahan bantuan sosial kepada korban terdampak kebakaran sebagai bentuk empati dan sisi humanis Polri Kepada warga masyarakat khususnya warga Tomang yang terkena musibah kebakaran," Ujar Kompol Pius didampingi Kapolsek Kebon Jeruk Kompol M Marbun.

Penyerahan bantuan yang diberikan berupa sembako dan selimut diserahkan secara simbolis kepada Ketua RW 15, Khaerul.

"Semoga bantuan ini dapat meringankan saudara-saudara kita yang terkena musibah kebakaran dan agar dapat diberi ketabahan," Katanya.

Sementara, Kapolsek Tanjung Duren Kompol Lambe Petabang Birana SIK mengatakan, Kemarin, Kapolres Metro Jakarta Barat Kombes Hengki Haryadi SIK MH bersama 3 Pilar Muspiko Jakarta Barat mengunjungi korban kebakaran.

Dalam pelaksanaan kunjungan tersebut, Kapolres bersama 3 Pilar Muspiko Jakarta Barat melakukan pengecekan lokasi terdampak kebakaran, lokasi penampungan pengungsi dan mengecek kesiapan serta sarana maupun prasarana di lokasi terdampak kebakaran.

"Untuk memberikan pelayanan prima, jajaran Polres Jakarta Barat dalam hal ini Polsek Tanjung Duren mendirikan posko terpadu 3 Pilar sebagai posko terpadu pengamanan dan juga Melayani pembuatan laporan kehilangan, surat berharga ataupun keterangan yang di butuhkan terkait musibah kebakaran tersebut," ujarnya. (Ashari Bharaduta)

Hengki Haryadi Dampingi Joni Supriyanto Tinjau Lokasi Kebakaran Tomang

Posted: 24 Jan 2019 08:52 AM PST

Hengki Haryadi Dampingi Joni Supriyanto Tinjau Lokasi Kebakaran Tomang
TOMANG, LELEMUKU.COM - Kapolres Metro Jakarta Barat Kombes Pol Hengki Haryadi SIK MH mendampingi Pangdam Jaya Mayjen Joni Supriyanto di Posko Terpadu Lokasi kebakaran Jalan Tomang Utara I, Grogol Petamburan Jakarta Barat, Selasa (22/1).

Pangdam Jaya Mayjen Joni Supriyanto didampingi Kapolres Metro Jakarta Barat Kombes Hengki melakukan pengecekan langsung ke lokasi kebakaran, mengecek ke lokasi pengungsian warga yang terkena musibah kebakaran , dan memberikan semangat kepada warga yang terkena musibah agar tetap sabar.

"Hari ini kita mendampingi Bapak Pangdam Jaya untuk meninjau langsung lokasi kebakaran dan juga memberikan semangat kepada warga agar tetap sabar," Ucap Kombes Hengki.

Pada kesempatan tersebut, Pangdam Jaya secara simbolis menyerahkan bantuan sembako kepada korban kebakaran, dan juga disediakan dapur umum, serta pelayanan kesehatan.

Dalam kegiatan itu, turut dihadiri Komandan Korem 052 / WKR Jayakarta Kolonel Kav  Antonius Purboyo, Komandan Kodim 0503 / JB Letkol Kav Andre Hendry Masangi, Pejabat Utama Polres Metro Jakarta Barat, Kapolsek Tanjung Duren, Danramil Grogol Petamburan,  serta Camat Grogol Petambuturan Jakarta Barat. (Ashari Bharaduta)

Polsek Tanjung Duren dan 4 Pilar Kerja Bakti di Lokasi Kebakaran Tomang

Posted: 24 Jan 2019 08:44 AM PST

Polsek Tanjung Duren dan 4 Pilar Kerja Bakti di Lokasi Kebakaran Tomang
TOMANG, LELEMUKU.COM - Jajaran Polsek Tanjung Duren Polres Metro Jakarta Barat pimpinan  Kapolsek Tanjung Duren Kompol Lambe Patabang Birana SIK bersama jajaran 4 Pilar melaksanakan apel dan bhakti sosial di lokasi kebakaran warga Tanggul Tomang banjir kanal RW 011, 014 dan 015 Kelurahan Tomang, Grogol Petamburan Jakarta Barat, Rabu (23/1)

Apel dan Bhakti Sosial di lokasi kebakaran diikuti 342 personil gabungan terdiri dari Unsur TNI, POLRI, Satpol PP, Dishub, Dinas Lingkungan hidup, SDA dan PPSU Kecamatan Grogol Petamburan, Mitra Babinsa, Citra Bhayangkara dan Saka Bhayangkara.

Dalam pelaksanaan Apel dan Bhakti Sosial tersebut disampaikan arahan oleh Camat Grogol Petamburan, Drs H. Ahmad Sajidin S.sos MAp. Sajidin mengatakan,  acara apel ini dalam rangka bhakti sosial membantu masyarakat Kelurahan Tomang yang mengalami musibah bencana kebakaran.

"Dalam kegiatan Bhakti Sosial ini kita bersama 4 Pilar akan melaksanakan pembersihan bangunan bekas kebakaran," ucap Ahmad Sajidin.

Kapolsek Tanjung Duren Polres Metro Jakarta Barat Kompol Lambe Patabang Birana SIK menyampaikan, dalam pelaksanaan Kerja Bhakti nanti kita harus hati hati dalam keselamatan kita smua karena banyak bekas paku atau kaca yang berserakan di tumpukan bangunan.

Masyarakat harus ikut serta memantau barang-barang yang akan dibersihkan agar tidak ada barang yang penting atau berharga ikut terbuang.

"Nanti personil yang ikut dalam kegiatan ini akan di bagi menjadi 3 regu biar cepet terselesaikan pembersihan barang-barang yang bekas kebakaran," ucapnya.

Sambutan juga diucapkan Danramil 03/GP Kapten lnf. Jefriansen Sipayung. Jefri mengatakan, untuk seluruh anggota yang melaksanakan kerja bhakti dalam rangka membersihkan puing - puing bekas kebakaran agar hati - hati karena banyak bangunan yang rapuh, utamakan keselamatan kalian semua.

"Adapun Bhakti Sosial yang di lakukan Jajaran Personil Polsek Tanjung Duren bersama 4 Pilar di lokasi kebakaran dengan melaksanakan kerja Bhakti membersihkan puing kebakaran," Katanya.

Pada kegiatan tersebut, para personil dari 4 pilar terjun langsung ke lapangan, antaranya Kapolsek Tanjung Duren Kompol Lambe Patabang Birana SIK, Danramil 03/GP Kapten lnf. Jefriansen Sipayung, Camat Grogol Petamburan, Drs H. Ahmad Sajidin S.sos, M.Ap, Lurah Tomang Bambang Edy Kusumo SE, Personil Polsek Tanjung Duren, PNS dan PHL,  Personil Koramil dan Mitra Jaya, Satpol PP, Dishub, Dinas Lingkungan hidup, SDA dan PPSU,  Citra Bhayangkara dan Saka Bhayangkara. (Ashari Bharaduta)

Polsek Tambora Tangkap 13 Pelaku Tawuran, 3 Positif Narkoba

Posted: 24 Jan 2019 08:43 AM PST

Polsek Tambora Tangkap 13 Pelaku Tawuran, 3 Positif Narkoba
TAMBORA, LELEMUKU.COM - Tawuran antar dua kelompok pemuda anatara kelompok Krukut dan Kelompok Tanah Sereal yang terjadi di Jl Tanah Sereal Raya, Kecamatan Tambora, Jakarta Barat pada Minggu subuh (20/1) lalu  menimbulkan 1 korban jiwa.

Adam Ilham (16) yang merupakan warga Tanah Sereal menghembuskan nafas terakhirnya akibat luka bacok dan tusukan di beberapa bagian tubuhnya.

Kapolsek Tambora Polres Metro Jakarta Barat Kompol Iver Son Manossoh,SH membenarkan kejadian tersebut, Menurut kronologi yang diterima, sekitar pukul 04.00 WIB, korban (Adam) pergi bersama tiga rekannya menggunakan dua unit sepeda motor untuk mengisi bahan bakar di SPBU.

Selesai mengisi bahan bakar, korban  bersama dua rekannya melewati Gang Thalib, Krukut Tamansari, dimana lokasi tersebut merupakan tempat nongkrong kelompok Gasbar 03 Thalib Taman Sari Jakbar.

Ketika melewati tempat tersebut, korban dan dua rekannya sempat mengejek beberapa anak muda yang sedang nongkrong, sehingga pelaku (F)  bersama temannya langsung mengejar korban, dan terjadilah saling lempar batu.

"Saat dikejar,  korban terjatuh di Jalan Raya Tanah Sereal Raya dan langsung dibacok secara bergantian oleh para pelaku dengan menggunakan clurit dan klewang, hingga korban mengalami luka bacok dibagian bahu belakang sebelah kanan, lengan sebelah kiri, punggung belakang dan leher sebelah kiri," ujar Kompol Iver, Rabu (23/1).

Kanit Reskrim Polsek Tambora AKP Supriyatin mengatakan,  korban sempat dibawa ke Puskesmas, lalu dirujuk ke RS. Tarakan Jakarta Pusat namun nyawanya tidak tertolong dan meninggal dunia di RS.

Dalam kasus ini, pihak Polsek Tambora melakukan  berhasil mengamankan 13 Pelaku Tawuran orang yang terindikasi sebagai pelaku yang terlibat tawuran dengan inisial  R, F, A, F, R, S di nyatakan sebagai pelaku utama Pembacokan sehingga korban meninggal dunia.

"Hingga saat ini kami masih intensif melakukan pengembangan atas keterangan para pelaku tawuran yang mengakibatkan satu korban meninggal dunia, termasuk melakukan test urine terhadap puluhan pelaku yang diamankan, yang ternyata dari hasi test 3 (tiga) diantaranya kita pastikan positif mengkonsumsi Narkoba, " ujarnya. (Ashara Bharaduta)

Razia Kampung Ambon, Polsek Cengkareng Tangkap Pemasok Sabu

Posted: 24 Jan 2019 08:43 AM PST

Razia Kampung Ambon, Polsek Cengkareng Tangkap Pemasok Sabu
JAKARTA, LELEMUKU.COM - Pernyataan Kapolres Metro Jakarta Barat, Kombes Pol Hengki Haryadi SIK MH untuk memberangus peredaran narkoba disambut Kapolsek Cengkareng Polres Metro Jakarta Barat Kompol H Khoiri SH MH dalam giat operasi rutin khususnya di Komplek Permata, Kelurahan Kedaung Kali Angke, Kecamatan Cengkareng atau biasa lebih dikenal Kampung Ambon.

Kapolsek Cengkareng Kompol H Khoiri SH MH menjelaskan, pada saat anggota unit narkoba Polsek Cengkareng melakukan observasi wilayah dilakukan penggeledahan terhadap seseorang yang sedang berada di Jalan Kristal, Komplek Permata yang diduga akan melakukan transaksi narkoba.

"Dalam penggeledahan, tim tidak menemukan barang bukti, namun setelah diintrograsi seorang tersebut ternyata sering membeli narkoba dari seseorang yang tidak jauh dari lokasi komplek Ambon," ucap Khoiri, Rabu (22/1).

Dari keterangan yang didapat, lanjut H Khoiri, Akhirnya tim melakukan penangkapan terhadap tersangka  DA alias SO di sebuah  Kamar Kos lantai 2  Jalan Gotong royong Kapuk, Cengkareng Jakarta Barat.

"Tim berhasil mengamankan pelaku yang diduga sebagai pemasok narkoba jenis sabu. Selain itu, kita amankan juga tiga paket  sabu,  dua buah CK, Satu buah senjata Air Soft Gun,  Timbangan dan klip," lanjut Kompol H Khoiri.

Kanit Reskrim Polsek Cengkareng AKP Antonius menambahkan, dari penangkapan tersangka tersebut,  diperoleh keterangan bahwa pengedar yang beroperasi di sepanjang Jalan Kristal ujung atau velbak saling bekerjasama dalam hal pengadaan barang, antaranya OL diduga pengedar dan memproduksi narkoba jenis sabu.

"Info terakhir pelaku (OL) menempati rumah lama samping gereja komplek permata. Namun pada saat kita laksanakan penggerebekan di lokasi, pelaku sudah tidak ada di tempat diduga melarikan diri," Tambah Antonius

Dirinya mengatakan, ada juga tersangka TN yang merupakan pengedar dengan melayani pembeli di pinggir kali samping komplek Permata. Pelaku juga tinggal di luar komplek Permata.

Kemudian didapat informasi tersangka UC yang merupakan Ipar dari OL. Ada juga NK seorang residivis yang baru keluar sebulan yang lalu dalam perkara kepemilikan sajam tanpa ijin.

"NK tertangkap oleh razia di komplek Permata pada 2016 lalu oleh jajaran Polres Jakarta Barat dan sempat ditembak oleh anggota karena melawan.
Saat ini Niki kembali menjadi pengedar di Jalan Kristal ujung," Katanya.

Sampai saat ini tim narkoba Polsek Cengkareng  masih terus melakukan pengembangan dan penyelidikan terhadap pelaku pengedar tersebut. (Ashari Bharaduta)

Pemprov Papua Siap Bayar Gaji Guru Yang Dialihkan

Posted: 24 Jan 2019 08:08 AM PST

Pemprov Papua Siap Bayar Gaji Guru Yang Dialihkan
JAYAPURA, LELEMUKU.COM - Pemerintah Provinsi Papua memastikan siap membayarkan gaji guru dialihkan dari kabupaten dan kota, sebagaimana amanat perundang-undangan. Hal ini disampaikan Sekda Papua Hery Dosinaen di Jayapura, kemarin.

"Seluruh hak-hak guru SMA/SMK yang dialihkan dari kabupaten dan kota kini menjadi tanggungjawab Pemerintah Provinsi Papua mulai tahun ini. Sudah kami anggarkan di ABPD 2019. Sehingga dipastikan semua sudah tidak ada permasalahan," terang Sekda Hery Dosinaen.

Sementara terkait hak guru tahun 2018, seperti tunjangan maupun uang lauk pauk, sambung Sekda, Pemprov Papua sebenarnya sudah menerbitkan surat edaran kepada Pemda kabupaten dan kota untuk menanggulangi.

Sebab Pemprov Papua hanya menganggarkan pembayaran baji, sementara hak lain diharapkan menjadi tanggung jawab kabupaten dan kota.

Sebelumnya, Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Papua memastikan proses pengalihan guru SMA/SMK dari kabupaten masih mencapai 95 persen. Belum tuntasnya proses pengalihan guru dikarenakan penyerahan data yang telat disampaikan oleh sejumlah kabupaten di wilayah pegunungan.

Hal demikian dipastikan Kepala Badan Kepegawaian Provinsi Papua, Nicolaus Wenda.

Ia katakan, jumlah guru SMA/SMK yang pindah ke provinsi dari data yang diterimanya mencapai lima ribu lebih. Dengan demikian, jumlah pegawai provinsi kini bertambah menjadi 12 ribu, berikut tambahan pegawai kehutanan yang dialihkan dari kabupaten dan kota.

Ia pun berharap proses pengalihan guru SM/SMK dari kabupaten dan kota dapat rampung secepatya. (DiskominfoPapua)

Musrembang Bontoala Imbangkan Pembangunan Fisik dan Non Fisik

Posted: 24 Jan 2019 08:06 AM PST

 Musrembang Bontoala Imbangkan Pembangunan Fisik dan Non Fisik
MAKASSAR, LELEMUKU.COM - Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrembang) tingkat kecamatan digelar Kecamatan Bontoala, Kota Makassar, Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) bertempat di Hotel Ramayana, Kamis (24/1).

Musrembang kecamatan Bontoala adalah tindak lanjut dari musrembang ditingkat kelurahan, dimana usulan berupa aspirasi warga mulai tingkat paling bawah dari RW RT hingga tingkat kelurahan, dibahas di musrembang kecamatan.

Dalam sambutannya Walikota Makassar Moh. Ramdhan Danny Pomanto yang diwakili Plt Sekretaris Daerah (Sekda) kota Makassar Dr. Hj. Naisyah Azikin menjelaskan musrembang adalah wadah bagi masyarakat menyalurkan aspirasinya terkait perencanaan pembangunan di wilayahnya.

"Musrembang merupakan wadah bagi masyarakat dilibatkan dalam menyalurkan aspirasinya, melalui proses musyawarah mufakat dalam suatu Musrembang yang disepakati bersama, untuk dijalankan sesuai dengan apa yang ada didalam RPJMD pemerintah kota Makassar," ujarnya.

Ditanya terkait program pembangunan dalam wilayahnya, Camat Bontoala Arman Nurdin menguraikan bahwa program yang diusulkan dalam pembangunan wilayahnya masih bisa dikatakan seimbang antara kegiatan non fisik dan fisik .

"Berdasarkan hasil musrembang ditingkat kelurahan, sampai saat ini program non fisik maupun fisik, programnya masih seimbang, sesuai dengan aspirasi yang diusulkan oleh warga kami di tiap tiap kelurahan,' ujarnya.

Arman berharap agar apa yang sudah diramu pada musrembang tahun ini akan dapat direalisasikan di tahun 2020 nantinya.

Kami harapkan apa yang dibahas pada musrembang tahun ini, bisa diakomodir pada musrembang ditingkat kota, sehingga dapat terealisasi dianggaran tahun 2020 nanti,' terangnya.

Musrembang tahun ini dihadiri beberapa kepala SKPD yang ikut menunjang serta mendukung program perencanaan yang sudah ditetapkan di musrembang tingkat kelurahan sampai ke tingkat kecamatan sesuai dengan tupoksinya masing masing.

Musrembang Kecamatan Bontoala yang terselenggara dihadiri unsur tripika kecamatan Bontoala, para lurah , tokoh tokoh masyarakat para ketua LPM , TP PKK Kecamatan serta Kelurahan Bontoala.(DiskominfoMakassar)

Hery Dosinaen Pastikan Yan Richard Puguh Pimpin Dinas Kehutanan Papua

Posted: 24 Jan 2019 08:03 AM PST

Hery Dosinaen Pastikan Yan Richard Puguh Pimpin Dinas Kehutanan Papua
JAYAPURA, LELEMUKU.COM - Sekretaris Daerah (Sekda) Papua Hery Dosinaen memastikan telah menunjuk Pelaksana Harian (Plh) Kepala Dinas Kehutanan (Kadishut) Yan Richard Puguh, untuk melanjutkan rutinitas program kerja di instansi tersebut.

"Sudah ada Plh Kepala Dinas Kehutanan. Malahan sudah sejak pekan lalu saya tanda tangani surat tugasnya."

"Ini memang harus kami lakukan agar tugas-tugas kedinasan, tugas-tugas pemerintahan di Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) terkait, yakni Dinas Kehutanan Provinsi Papua, dapat dilaksanakan dengan sebagaimana mestinya," terang ia di Jayapura, kemarin.

Menurut ia, Plh Kadishut Yan Richard Puguh bakal melaksanakan pemerintahan sampai ditunjuknya kepala dinas definitif. "Dalam artian penunjukan Plh ini juga supaya kekosongan jabatan kepala dinas bisa segera diisi," ujar ia.

Sebelumnya, penyidik Direktorat Reserse dan Kriminal Khusus (Direskrimsus) Polda Papua, menetapkan Kepala Dinas Kehutanan Papua JJO sebagai tersangka dugaan kasus tindak pidana pemerasan.

Penetapan JJO sebagai tersangka setelah penyidik memiliki bukti-bukti tentang keterlibatan yang bersangkutan dalam perkara dengan tersangka FT yang ditangkap sebelumnya pada operasi tangkap tangan, 7 November 2018 beserta uang tunai Rp500 juta.

Uang Rp500 juta itu pun, bagian dari Rp2,5 miliar yang diminta FT untuk menyelesaikan kasus pembalakkan liar yang ditangani PPNS Dinas Kehutanan Papua. Saat ditangkap FT mengaku sebagai orang suruhan kepala dinas kehutanan

Sementara dalam apel pagi, dua pekan lalu, di Kantor Gubernur Dok II Jayapura, Forum Komunikasi Orang Asli Papua Aparatur Sipil Negara (ASN) Dinas Kehutanan Provinsi Papua mendesak Gubernur Lukas Enembe menunjuk Plh kepala dan sekretaris dinas.

Koordinator Forum Komunikasi OAP ASN Dinas Kehutanan Provinsi Papua, Absalon Runtuboy, berharap kekosongan jabatan ini bisa segera direspon oleh pimpinan. (DiskominfoPapua)

Wiranto Akui Pemerintah Masih Lakukan Kajian Pembebasan Abu Bakar Baasyir

Posted: 24 Jan 2019 08:00 AM PST

Wiranto Akui Pemerintah Masih Lakukan Kajian Pembebasan Abu Bakar Baasyir
JAKARTA, LELEMUKU.COM - Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Wiranto menegaskan, pemerintah masih melakukan kajian secara lebih mendalam dan komprehensif terkait permintaan pembebasan narapidana kasus terorisme, Abu Bakar Ba'asyir.

Ia menyebutkan, sejak tahun 2017, keluarga Abu Bakar Ba'asyir telah mengajukan permintaan pembebasan karena pertimbangan lanjut usia dan kesehatan yang semakin menurun. Dan, atas dasar pertimbangan kemanusiaan, Presiden sangat memahami permintaan keluarga tersebut.

"Namun tentunya masih perlu dipertimbangan dari aspek-aspek lainnya seperti aspek Ideologi Pancasila, NKRI, hukum dan lain sebagainya," kata Wiranto dalam keterangan pada media di kantor Kemenko Polhukam, Jakarta, Senin (21/1) sore.

Oleh karena itu, lanjut Menko Polhukam Wiranto, Presiden Joko Widodo memerintahkan kepada pejabat terkait untuk segera melakukan kajian secara lebih mendalam dan komprehensif guna merespon permintaan tersebut.

"Jangan sampai ada satu spekulasi-spekulasi lain yang berhubungan dengan Abu Bakar Ba'asyir yang sekarang masih dalam tahanan. Inilah penjelasan resmi, setelah saya melakukan satu rapat kajian, koordinasi bersama seluruh pejabat terkait," tegas Wiranto.

Sebelumnya beredar kabar jika Presiden Joko Widodo (Jokowi) sudah menyetujui pembebasan pimpinan Jamaah Anshorut Tauhid, Abu Bakar Ba'asyir. Alasannya yakni soal kemanusiaan karena Jokowi iba dengan kondisi kesehatan Abu Bakar Ba'asyir yang telah menginjak usia 81 tahun.

Abu Bakar Ba'asyir sendiri divonis 15 tahun penjara oleh Pengadilan Negeri Jakarta Selatan pada 2011. Pimpinan pengasuh Pondok Pesantren Al-Mukmin Ngruki, Sukoharjo, Jawa Tengah itu dinyatakan terbukti secara sah dan meyakinkan menggerakkan orang lain dalam penggunaan dana untuk membiayai tindak pidana terorisme. (HumasKemenkoPolhukam)

Hery Dosinaen Akui Gubernur Papua Tak Nego Pembayaran PAP Freeport

Posted: 24 Jan 2019 07:53 AM PST

Hery Dosinaen Akui Gubernur Papua Tak Nego Pembayaran PAP Freeport
JAYAPURA, LELEMUKU.COM - Gubernur Papua Lukas Enembe tetap pada pendiriannya meminta pembayaran Pajak Air Permukaan (PAP) oleh PT. Freeport Indonesia (PTFI) sesuai putusan institusi hukum terkait sebelumnya, senilai kurang lebih Rp5,6 triliun.

Meski Freeport belakangan dinyatakan menang oleh Mahkamah Agung, Gubernur Enembe tegas menolak permintaan negoisasi pembayaran PAP dari perusahaan tambang emas raksasa tersebut.

"Bapak Gubernur sudah nyatakan tidak akan terima uang hasil negosiasi dengan PT.Freeport Indonesia (PTFI) terkait pembayaran PAP. Ini berarti gubernur tidak mau (PAP) dibayarkan atas hasil negosiasi atau goodwill dari Freeport. Pembayaran wajib dilakukan atas dasar referensinya dalam aturan perundang-undangan," tegas Sekda Papua Hery Dosinaen, di Jayapura, kemarin.

Sebelumnya, sambung Sekda, dirinya pernah menyampaikan permohonan resmi kepada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk mendorong PT. Freeport Indonesia, agar membayar tunggakan pajak air permukaan senilai Rp5,6 triliun.

Hal itu disampaikan Sekda Papua Hery Dosinaen, saat menyerahkan dokumen putusan Pengadilan Pajak Jakarta, mengenai sengketa pajak daerah PAP yang diterima Koordinator Supervisi Pencegahan KPK wilayah Papua Maruli Tua, di Gedung Sasana Karya, beberapa waktu lalu.

Sekda berharap dengan penyerahan berkas itu, ada presure (tekanan) dari KPK kepada PT. Freeport Indonesia yang selama ini seolah-olah tidak menghiraukan keputusan (Pengadilan Pajak Jakarta).

Sementara Koordinator Supervisi Pencegahan KPK wilayah Papua Maruli Tua mengaku, berkas PAP yang diterima itu merupakan penugasan dari pimpinan. Kendati demikian, pihaknya mengaku belum dapat memberi kepastian terkait permintaan itu.

"Yang pasti kami di unit koordinasi supervisi pencegahan korupsi, terfokus pada rencana aksi pembenahan tata kelola pemerintahan. Namun terkait aspirasi (Pemprov Papua yang meminta KPK mendorong Freeport membayar pajak air permukaan), memang ada hubungan secara tidak langsung dengan kegiatan optimalisasi pendapatan daerah kemarin."

"Kami menangkap semangat yang disampaikan Pemprov Papua, tapi karena di KPK ada sistem dan mekanisme yang mesti kami laporkan dulu kepada pimpinan. Sehingga bila ada hal konkrit yang bisa dilakukan terkait PAP ini, akan segera kami koordinasikan (dengan Pemprov Papua)," pungkasnya. (DiskominfoPapua)

Ditunjuk Jadi Plh Kadishut Papua, Yan Pugu Siap Jalankan Lima Program

Posted: 24 Jan 2019 07:46 AM PST

Ditunjuk Jadi Plh Kadishut Papua, Yan Pugu Siap Jalankan Lima Program
JAYAPURA, LELEMUKU.COM - Resmi ditunjuk sebagai Pelaksana Harian (Plh) Kepala Dinas Kehutanan (Kadishut) Papua, Yan Richard Pugu yang menjabat Kepala Bidang Perlindungan Pengamanan Hutan mengakui sudah menakhodai instansi tersebut sejak 15 Januari 2019 lalu.

Ditemui dikantor, Rabu (23/11) petang, dia sampaikan siap menjalakan lima program kerja yang telah direncanakan.

"Sesuai dengan surat perintah tugas dari Gubernur Papua yang ditandatangani Sekda dengan nomor 821:/044/Z tertanggal 15 Januari 2019, maka saya pada saat itu juga sudah melaksanakan tugas sebagai kepala dinas."

"Tentunya sebagai kepala dinas juga saya berkomitmen menjalankan kurang lebih ada lima program pembangunan di 2019. Diantaranya program pemanfaatan potensi sumber daya hutan, perencanaan dan pengolahan hutan serta yang tidak kalah pentignya pencegahan deforestasi. Ini sejumlah kegiatan yang dilakukan tahun ini dan saya berharap bisa mendapat dukungan dari semua pihak terkait di instansi ini," terang ia.

Kendati demikian, lanjutnya, sebagai pelaksana harian kepala dinas, dirinya tak serta merta memutuskan sesuatu tanpa berkoordinasi dengan pimpinan tertinggi di provinsi ini.

"Kalau ada yang sifatnya prinsip itu tetap saya melaporkan ke gubernur melalui sekda. Namun kalau bicara tentang kegiatan yang diemban ini, yang saya laksanakan tentulah kegiatan bersifat normatif di pemerintahan."

"Karena bagi saya selaku aparatur sipil negara, kami siap melaksanakan tugas apa pun itu. Namun tentu yang kami dorong yang juga mengacu pada perencanaan yang sudah ada sebelumnya. Baik melalui Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) maupun Rencana Strategis (Renstra) dinas kehutanan," jelas ia.

Sebelumnya, Sekretaris Daerah (Sekda) Papua Hery Dosinaen memastikan telah menunjuk Pelaksana Harian (Plh) Kepala Dinas Kehutanan (Kadishut) Yan Richard Pugu, untuk melanjutkan rutinitas program kerja di instansi tersebut.

"Sudah ada Plh Kepala Dinas Kehutanan. Malahan sudah sejak pekan lalu saya tanda tangani surat tugasnya."

"Ini memang harus kami lakukan agar tugas-tugas kedinasan, tugas-tugas pemerintahan di Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) terkait, yakni Dinas Kehutanan Provinsi Papua, dapat dilaksanakan dengan sebagaimana mestinya," pungkasnya. (DiskominfoPapua)

APBD Papua 2019 Turun Karena Rendahnya PAD

Posted: 24 Jan 2019 07:46 AM PST

APBD Papua 2019 Turun Karena Rendahnya PAD
JAYAPURA, LELEMUKU.COM - Nilai Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) induk 2019 yang baru saja ditetapkan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Papua (DPRP) sebesar Rp13,9 triliun. Nilai tersebut mengalami penurunan yang cukup signifikan dibanding tahun lalu yang mencapai Rp14,142 triliun.

Sekda memastikan penurunan APBD 2019 disebabkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang tak sebesar tahun sebelumnya.

"Kalau mau jujur sebenarnya APBD kita turun karena PT. Freeport Indonesia (PTFI) belum membayar Pajak Air Permukaan (PAP). Otomatis nilai APBD kita menjadi turun. Intinya karena PAP yang kita targetkan dibayarkan Freeport ternyata belum bisa diselesaikan. Makanya, kita harap pada tahun 2019 PAP bisa dibayarkan supaya APBD tahun depan tak lagi mengalami penurunan," terang Hery.

Sebelumnya Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Provinsi Papua tahun anggaran 2019, disetujui dan disahkan oleh DPR Papua menjadi Perda APBD tahun anggaran 2019 dalam Rapat Paripurna DPR Papua Masa Sidang X, Jumat (18/1/) lalu.

RAPBD Provinsi Papua tahun anggaran 2019, dengan postur anggaran yakni pendapatan daerah sebesar Rp 13,939 triliun lebih, yang terdiri dari pendapatan asli daerah Rp 895,8 miliar lebih, dana perimbangan Rp 4,4 triliun lebih dan lain-lain pendapatan daerah yang sah Rp 8,6 triliun.

Sedangkan, belanja daerah sebesar Rp 13,8 triliun lebih, dengan rincian belanja tak langsung Rp6,6 triliun lebih, belanja langsung Rp 7,2 triliun lebih dan surplus anggaran Rp50 miliar.

Dengan disahkannya APBD 2019, Asisten Bidang Perekonomian dan Kesejahteraan Rakyat Sekda Papua Noak Kapisah mengimbau seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di lingkungan pemerintah provinsi agar segera melaksanakan program kerja yang telah ditetapkan.

Dia pun berharap seluruh kegiatan fisik yang telah ditetapkan, dapat segera ditender sehingga bisa rampung sesuai batas waktu yang ditetapkan oleh pemerintah dan aturan perundang-undangan berlaku.

"Supaya apa juga, agar penyerapan anggaran bisa lebih baik hingga tutup tahun anggaran. Karena itu, sekali lagi kita imbau supaya SKPD bisa segera bekerja supaya masyarakat bisa mendapat manfaat dari program kerja yang kita rencanakan tahun ini," harap dia. (DiskominfoPapua)

Pemprov Sulawesi Selatan Terus Lakukan Penanganan Bencana Banjir

Posted: 24 Jan 2019 07:23 AM PST

Pemprov Sulawesi Selatan Terus Lakukan Penanganan Bencana Banjir
MAKASSAR, LELEMUKU.COM - Gubernur Sulawesi Selatan, HM Nurdin Abdullah menyampaikan upaya pemerintah dan pihak terkait yang dilakukan terkait dampak yang ditimbulkan oleh bencana alam berupa banjir, longsor dan angin kencang yang terjadi di 10 kabupaten dan kota di Sulsel.

Ditemui di Kantor Gubernur, Kamis pagi (24/1), Nurdin menyampaikan sejak hari pertama pemerintah Provinsi Sulsel telah siaga dan mengantisipasi dampak yang dapat ditimbulkan.

"Dari dua hari yang lalu kita sudah siaga, karena kita sudah memantau bahwa akan ada cuaca ektstrem di Sulsel. Oleh karena itu kami minta kepada Balai Sungai Pompengan supaya menjaga cek dam kita, terutama lihat level yang normal apakah sudah melewati batas normal, karena ada syarat tindakan," tegas Nurdin Abdullah.

Nurdin juga telah meminta Basarnas turun ke lapangan mengantisipasi hal yang tidak diinginkan, termasuk upaya mengevakuasi masyarakat.

Nurdin juga melakukan koordinasi dengan daerah terdampak termasuk Kabupaten Gowa dan Kabupaten Jeneponto yang mengalami dampak terbesar.

"Saya apresiasi Pak Bupati ini responnya luar biasa, Pak Bupati Gowa, minta supaya pintu cek dam ini dibuka, kalau tidak bisa lebih fatal lagi, dan Alhamdulillah dilakukan," kata Nurdin.

"Namun, pembukaan tersebut memang memiliki resiko lainnya, karena akan tergenang beberapa pemukiman warga, baik di Gowa maupun di Makassar. Hal tersebut harus dilakukan sebagai upaya agar tidak menimbulkan dampak yang lebih besar,"ungkap Nurdin.

Nurdin juga meminta Dinas Sosial Sulsel untuk turun memberikan bantuan kepada masyarakat yang membutuhkan, terutama makanan siap saji.

Upaya yang dilakukan juga dengan meminta masyarakat mengungsi, meninggalkan daerah rawan terutama di daerah bantaran sungai. Kewaspadaan lebih tinggi di daerah tergenang.

Sementara itu, terkait tanah longsor yang menutupi pemukiman penduduk secara tiba-tiba. Kendala yang dihadapi saat dilakukan pertolongan adalah akses ke lokasi yang terputus. Namun, saat ini akses jalan Makassar-Sungguminasa dan Malino sudah bisa diakses.

Untuk menjangkau daerah terdampak terutama yang sulit diakses juga memiliki kendala. Beberapa daerah yang akan diberikan bantuan akan mudah diakses dengan menggunakan helikopter, sementara Pemprov Sulsel tidak memiliki alat tersebut.

"Oleh karena itu baru hari ini kita pinjam ke Kodam, mungkin Bupati Gowa akan menyebar logistik ke daerah yang belum tersentuh, kami juga pinjam Lanud untuk kita gunakan bersama para Forkopimda, kita akan melihat daerah hulu dan daerah yang kena dampak banjir ini," jelasnya.

Selanjutnya, setelah itu Gubernur akan mengumpulkan bupati/wali kota yang terkena dampak ini. Evaluasi akan dilakukan, termasuk apa yang menjadi langkah ke depan. Termasuk rumah yang hanyut, masyarakat yang kehilangan tempat tinggal dan masyarakat yang rumahnya rusak.

"Kita punya persawahan yang terendam di 10 kabupaten ini. Dan langkah-langkah yang akan kita ambil, mudahan-mudahan tidak dalam waktu lama ada langkah konkrit kita lakukan, supaya masyarakat bisa kembali normal," pungkasnya.

Sementara itu data yang dirilis BPBD Sulsel melalui Crisis Media Center Pemprov Sulsel hingga 24 Januari 2019, pukul 09:22 Wita. Total korban, Kepala Keluarga terdampak 3.914 (KK) atau 5.825 jiwa, 26 orang meninggal dunia, jumlah hilang 24 jiwa, sakit 46 jiwa dan mengungsi 3.321.

Kerusakan yang ditimbulkan rumah rusak ringan 25 unit, rusak sedang 2 unit dan rusak berat 12 unit. Rumah terendam 2.024, hanyut 32 rumah, tertimbun 5 rumah, kerusakan tempat ibadah 6 unit, fasilitas pemerintah 3, pasar 2 unit, jembatan 9, jalan 10.700 meter, sawah 30.930 Hektare dan kerusakan sekolah 13 unit.

Sementara ketinggian muka air Bendungan Bili-bili di Kabupaten Gowa 99,45 meter dan sudah dibawah batas ketinggian normal yakni 99,50. (DiskominfoSandiSulsel)

Tinjau Lokasi Terdampak Banjir, Andi Sudirman Datangi Warga Antang

Posted: 24 Jan 2019 07:19 AM PST

Tinjau Lokasi Terdampak Banjir, Andi Sudirman Datangi Warga Antang
MAKASSAR, LELEMUKU.COM - Wakil Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel), Andi Sudirman Sulaiman, pada Kamis (24/1) kembali meninjau langsung lokasi yang terkena dampak dari musibah banjir yang melanda 6 kabupaten dan kota di Sulsel.

Salah satunya yang terkena dampak adalah di jalan Nipa-nipa, Kalurahan Antang, Kecamatan Manggala, Kota Makassar.

Dalam tinjauannya Wakil Gubernur Sulsel, Andi Sudirman sapaan akrabnya berdiskusi dengan para warga di Nipa-nipa Antang serta menyerap aspirasi warga.

Menurut Ketua Rukun Tetangga (RT), Arif bahwa warga di sana saat ini, sangat membutuhkan perahu karet dan beberapa bentuk bantuan logistik untuk para warga korban banjir yang terkena dampak.

Sementara itu, Wagub, Andi Sudirman mengatakan, "Kita akan secepatnya mencarikan solusi penanganan banjir di Nipa-nipa Antang," ucapnya.

Koordinasi pun dilakukan kepada para pihak terkait.

"Kami sudah koordinasi dengan BPBD terkait masalah bantuan tambahan berupa perahu karet dan beberapa bentuk bantuan lainnya," jelasnya.

Selain Nipa-nipa Antang, Wagub Sulsel Andi Sudirman juga meninjau langsung Perumnas Antang yang kena dampak banjir. (DiskominfoSulsel)
Bagi ke WA Bagi ke G+