-->

Muhammad Musa’ad Akui Pengurangan Dana Otsus Papua Untuk Dukung PON XX 2020

Muhammad Musa’ad Akui Pengurangan Dana Otsus Papua Untuk Dukung PON XX 2020


Muhammad Musa’ad Akui Pengurangan Dana Otsus Papua Untuk Dukung PON XX 2020

Posted: 16 Jan 2019 05:48 PM PST

JAYAPURA, LELEMUKU.COM - Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Provinsi Papua, Muhammad Musa'ad menjelaskan rencana pengurangan pembagian dana Otsus ke kabupaten dan kota dari persentase sebelumnya sebesar 80 persen, semata-mata karena besarnya kebutuhan untuk melaksanakan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX 2020.

"Pengurangan persentase dana Otsus inikan karena kebutuhan yang insidential saja untuk PON dan bukan berkelanjutan".

"Dengan demikian pengurangan ini hanya berlaku sebentar saja, apalagi PON bukan hanya punya provinsi, sehingga semua harus bertanggung jawab," terang Kepala Bappeda Papua Muhammad Musa'ad, di Jayapura, kemarin.

Menurutya, kebutuhan prioritas provinsi saat ini sangat besar, apalagi PON XX tahun 2020 merupakan agenda nasional. Sehingga mengingat besarnya anggaran yang dibutuhkan, maka, Gubernur mengambil keputusan untuk memprioritaskan penganggaran dalam rangka percepatan pembangunan venue untuk persiapan PON.

"Dimana salah satu langkah strategis yang tidak bisa ditunda saat ini adalah memanfaatkan dan mengoptimalkan dana-dana yang ad di provinsi. Sehingga kalau sudah selesai PON, soal pembagian ini bisa dibicarakan lagi," ujarnya.

Musa'ad pada kesempatan itu mengapresiasi Bupati Mamberamo Tengah (Mamteng), Ham Pagawak terkait usulan evaluasi penggunaan dana Otsus 80 persen yang diberikan provinsi ke kabupaten/kota.

Perlunya evaluasi, selain untuk memantau pelaksanaan dana Otsus di kabupaten dan kota, sekaligus memberi insentif bagi daerah yang berhasil dalam melaksanakan 80 persen dana Otsus untuk membangun daerahnya.

Sebelumnya, Bupati Mamberamo Tengah Ham Pagawak meminta Gubernur melalui Bappeda dan Badan Pengelola Keuangan agar segera membentuk tim menge valuasi pelaksanaan 80 persen dana Otsus.

"Evaluasi ini untuk memastikan apakah 80 persen dana Otsos itu dimanfaatkan dengan baik atau sebaliknya. Karena tak mungkin kan, ada daerah yang tidak pernah pakai dana itu dengan baik tapi dikasih terus," serunya. (DiskominfoPapua)

Abock Busup Nilai Bamuskam Yahukimo Efektif Awasi Dana Desa

Posted: 16 Jan 2019 05:42 PM PST

Abock Busup Nilai Bamuskam Yahukimo Efektif Awasi Dana DesaJAYAPURA, LELEMUKU.COM - Bupati Yahukimo, Provinsi Papua, Abock Busup menilai keberadaan Badan Musyawarah Kampung (Bamuskam) yang dibentuk olehnya sejak 2018, sangat efektif untuk mengawasi penyaluran dana desa di wilayahnya.

Dimana, pihaknya telah menurunkan tim Bamuskam di tiap kampung dengan jumlah 12 orang anggota.

"Tim ini bertugas mengawal pendistribusian dana desa ke masing-masing rekening kampung. Dan sejak dibentuk pada tahun lalu keberadaannya sangat postifi," terang dia di Jayapura, baru-baru ini.

Dia katakan, saart ini nilai dana desa (dandes) yang disalurkan ke Kabupaten Yahukimo oleh Pemerintah Pusat, mencapai Rp452 miliar. Nilai ini mengalami peningkatan cukup signifikan dibanding 2018 lalu, yang hanya sebesar Rp370 miliar.

Dana desa ini pun nantinya akan didistribusikan tak melalui rekening perorangan, individu atau kelompok tertentu. Namun langsung ke rekening kampung yang telah teregristrasi.

"Sebab kita mesti terus mensosialisasikan hal ini. Karena dana desa ini awalnya menurut pikiran banyak orang ditransfer ke rekening satu pihak. Padahal tidak seperti itu. Mekanisme yang benar adalah dana desa ini di transfer itu ke rekening pemerintah daerah (pemda) dari pemerintah pusat".

"Setelah tujuh hari baru ditransfer ke rekening 510 kampung yang ada di Kabupaten Yahukimo," ucap ia.

Sementara menyoal tenaga pendamping, sambung ia, pihaknya memberikan upah minimum sebesar Rp1.250.000 per bulan. Mereka bertugas mendampingi dan mengawal penggunaan dana desa, sehingga pelaksanaan pembangunan di Kabupate Yahukimo sesuai dengan program serta jadwalnya.

Para pendamping ini pun disiapkan untuk masing-masing kampung dalam membantu masyarakat mengelola serta mempertanggungjawabkan penggunaan dana desa yang telah didistribusikan ke rekening.

"Dimana kami dalam data terakhir menyiapkan pendamping untuk kampung dan distrik, atau secara terperinci satu pendamping untuk satu kampung. Sehingga total tercatat ada 517 pendamping yang kami sudah rekrut," pungkasnya. (DiskominfoPapua)

Burhan Abdurahman Lantik 70 Pejabat Administrator di Pemkot Ternate

Posted: 16 Jan 2019 04:58 PM PST

Burhan Abdurahman  Lantik 70 Pejabat Administrator di Pemkot TernateTERNATE, LELEMUKU.COM - Sedikitnya 70 pejabat administrator, pengawas, pejabat fungsional dan pengawas PDAM di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Ternate, Jumat (11/1/) dilantik dan diambil sumpahnya oleh Walikota Ternate, H Burhan Abdurahman di aula kantor Walikota Ternate.

Data yang dihimpun, menyebutkan sejumlah jabatan Kepala Bagian Setda Kota Ternate, mengalami pergeseran. Jabatan Kabag Pemerintahan yang sebelumnya dijabat oleh M Qufal Umaternate, diganti oleh Ariyandi Arif, sementara jabatan Kabag ULP diisi oleh Subchan Hayatuddin.

Selain itu, sejumlah jabatan Sekretaris Dinas juga mengalami pergeseran diantaranya, Sekretaris Dinas Kominfo, Sekretaris Dinas Tenaga Kerja, Sekretaris Dinas Kebudayaan, Sekretaris Dinas Pendidikan dan Sekretaris Badan Kesbangpol, serta Sekretaris Satpol PP dan Linmas Kota Ternate.

Walikota Ternate, H Burhan Abdurahman usai melantik pejabat eselon III dan IV di lingkup Pemkot Ternate mengatakan, mutasi dan roling dalam sebuah jabatan di lingkungan pemerintahan merupakan hal biasa.

Selain untuk memberikan penyegaran dalam institusi pemerintahan, roling atau rotasi juga diharapkan mampu meningkatkan semangat kerja dan tingkat kedisiplinan dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Dia bahkan memastikan pelantikan para pejabat untuk eselon III dan IV di lingkup Pemkot Ternate, masih akan dilakukan dalam waktu dekat. "Kemungkinan Senin pekan depan ada pelantikan lagi, saya berharap, para pejabat yang baru dilantik dapat meningkatkan semangat kerja utamanya kedisiplinan," ujar Wali Kota dua periode itu.

Terpisah, Kepala Badan Kepegawaian Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Ternate, Junus Yau membenarkan ada pelantikan tahap berikut untuk eselon III dan IV.

Junus bahkan menyebut, ada sedikitnya 70 pejabat eselon III dan IV yang akan dilantik, "kan' yang Lurah-Lurah belum dilantik, pada pelantikan berikutnya, selain rotasi, ada juga yang nonjob," tukas Junus. (DiskomsandiTernate)

Penyelesaian Konflik di Maluku Jadi Standar RI Tuntaskan Konflik Luar Negeri

Posted: 16 Jan 2019 04:53 PM PST

Penyelesaian Konflik di Maluku Jadi Standar RI Tuntaskan Konflik Luar NegeriAMBON, LELEMUKU.COM - Dewan Pertimbangan Presiden (Watimpres) RI nilai Pengalaman penyelesaian konflik Maluku dalam waktu yang relatif cepat dan singkat dapat dijadikan bagian dari Kebijakan Politik Luar Negeri (LN) untuk membantu konflik yang terjadi di belahan dunia saat ini. Sebut saja, konflik yang melanda Suriah, Afganistan, Irak, Sudan, Somalia, Yaman dan Rwanda. Bahkan diharapkan bisa menjadi sebuah kebijakan internasional dalam rangka penyelesaiannya.

"Kita bisa melihat bahwa konflik yang begitu mencekam pada waktu itu, dalam waktu relatif cepat bisa diselesaikan. Pemerintah perlu mengangkat pelajaran dari Maluku sebagai bagian dari Kebijakan Politik Luar Negeri untuk membantu berbagai masyarakat di belahan dunia lainnya, dalam menyelesaikan masalah-masalah yang terjadi," demikian disampaikan Anggota Watimpres RI, Yahya Cholil Staquf saat melakukan pertemuan dengan Pemerintah Provinsi Maluku bersama dengan para tokoh-tokoh agama dan pimpinan Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) yang dipimpin Wakil Gubernur Maluku, Zeth Sahuburua dalam rangka menjaring masukan terkait dengan kondisi Maluku dan kesiapan jelang Pemilihan Umum, Kamis (10/1) bertempat di Ruang Rapat Lantai II Kantor Gubernur Maluku.

Hal ini, sebut Cholil, karena masyarakat Maluku sendiri, memiliki budaya yang sudah mengakar untuk membangun harmoni serta memiliki naluri untuk mempertahankan harmoni dalam masyarakatnya.

"Sebagian suku-suku di Indonesia pun pun jarang sekali dalam satu suku ada keragaman agama. Di Indonesia Batak agak mirip dengan Maluku bahwa dalam satu marga terdapat keragaman agama dan ini tidak mungkin ada di Eropa, Afrika, Timur Tengah ataupun tempat lain. Ini adalah energi harmoni yang tidak dimiliki di tempat lain," ungkap Cholil.

Dikatakan, cara penyelesaian konflik di Maluku bisa dijadikan pelajaran yang sangat berharga. "Pengalaman inilah yang dapat dijadikan bagian dari kebijakan internasional untuk ikut berperan di dalam mengupayakan perdamaian dunia diberbagai wilayah," paparnya.

Cholil menuturkan ketika dirinya berkunjung ke Yeruslem, Israel beberapa waktu lalu, untuk mengikuti diskusi dengan para Akademisi dan para Ahli, dirinya mengangkat tentang pengalaman Maluku dalam menyelesaikan konflik. 

"Saya menyampaikan bagaimana, Maluku mampu melakukan resolusi konflik dari masalah yang terjadi. Dan sambutan luar biasa menunjukan bahwa semua orang tertarik dengan pelajaran yang bisa di ambil dari pengalaman Maluku. Jadi pak Wagub, jangan terkejut jika, yah dalam waktu yang tidak terlalu lama mungkin akan ada banyak perhatian internasional kepada Maluku, karena dunia ini sedang butuh belajar dari Mauluku ini," tandas Cholil.

Sementara itu, Wakil Gubernur Maluku, Zeth Sahuburua mengatakan, stabilitas keamanan di Maluku sangat terjamin.
" Sejak konflik hingga kini, sudah 15 tahun kita hidup aman dan tentram, karena kerukungan hidup umat beragama ini sangat baik," ungkap Sahuburua.

Dia katakan, kerukungan hidup dan toleransi orang beragama di Maluku sudah mengakar dan menjadi tradisi sejak dulu.

"Kalau bapak lihat di Jawa, kalau Lebaran, belum tentu orang Kristen datang berkunjung ke saudara Muslim.  Tapi di Maluku, mereka saling bersilaturahmi. Sebaliknya jika Natal akan seperti itu juga akan saling berkunjung. Dan bukan hanya Islam  atau Kristen tetapi semua datang berkunjung, bersilaturahmi, mengucapkan selamat hari raya," ucapnya.

Sebaliknya juga, sebut Sahuburua, hal unik terlihat pada saat perayaan hari raya masing-masing agama, terlihat penjagaan rumah-rumah ibadah.

"Kalau kita ada Gereja Natal, yang menjaga keamanan itu juga saudara-saudara kita yang bukan Kristiani. Jadi yah Islam, Hindu dan Budha. Begitupula waktu Lebaran saat shalat Idul Fitri, umat yang bukan Islam itu datang jaga masjid-masjid. Sehingga saya ingin katakan, sampai saat ini hubungan kita sangat baik," tandas Sahuburua. (HumasMaluku)

Dorkas Waroy Siap Tampil di Debat Capres Cawapres 2019

Posted: 16 Jan 2019 06:57 AM PST

Dorkay Waroy Siap Tampil di Debat Capres Cawapres 2019JAKARTA, LELEMUKU.COM - Penyanyi asal Papua, Dorkas Lea Waroy menyatakan dirinya siap berpartisipasi pada debat pertama Calon Presiden (Capres) dan Calon Wakil Presiden (Cawapres) Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2019 pada Kamis (17/1).

"Saya senang dan bangga, ini juga berarti saya harus siap mental untuk menampilkan yang terbaik dan buktikan bahwa kami papua juga bisa," kata dia kepada Lelemuku.com melalui pesan singkat pada Rabu (16/1).

Penyanyi kelahiran Kabupaten Merauke ini mengungkapkan dirinya akan membawakan dua lagu yaitu lagunya sendiri dengan judul 'Aku Rindu' yang akan ditampilkan pada saat off air dan 'Rumah Kita' pada saat penutupan debat tersebut.

Ia menuturkan guna mempersembahkan penampilan yang memukau pada acara bersejarah bagi seluruh Bangsa Indonesia itu dalam tiga hari terakhir ibu dua anak ini melakukan beberapa persiapan, diantanya latihan vokal , pemilihan pakaian serta istirahat yang cukup.

"Dalam tiga hari ini saya latihan full, persiapan wardrobe, istirahat yang cukup biar fit pada saat perform nanti  dan doa selalu, karena saya sadar betul semuanya dari Tuhan dan butuh pertolongan dalam jalani semuanya," tutur Dorkas.

Dorkas Lea Waroy merupakan penyanyi asal Kampung Menawi, Kota Kembang Serui, Papua yang pernah menjuarai Lomba Konser Permata Cenderawasih (KPC) se-Papua Tahun 2017, Juara I Pesta Bintang Papua 2018, Juara I Pekan Seni Mahasiswa Nasional (Peksiminas) Tahun 2010, Juara I Nasional Bintang Radio Indonesia Tahun 2011 dan Juara I Bintang Radio dan Televisi Asean Tahun 2012.

Wanita yang lahir pada tanggal 14 Agustus 1986 ini juga bergabung dalam group musik Trio Papua Bersama Jimmy Mansawan dan Gracella Ael.
Selanjutnya terkait debat Capres dan Cawapres antara pasangan calon (Paslon) Nomor Urut 01 Joko Widodo dan Ma'ruf Amin vs paslon Nomor Urut 02 Prabowo dan Sandi akan ditayangkan secara serentak di semua stasiun TV nasional dengan Tema  'Hukum, Korupsi dan Terorisme'.

Mekanisme debat tersebut diantaranya pra debat pada pukul 18.30 WIB, diikuti debat pertama pada pukul 20.00 WIB dan Pasca Debat pada pukul 22.00 WIB yang akan dipandu oleh moderator Imam Priyono dan Ira Koesno. (Laura Sobuber)

Rihanna Gugat Ayah atas Penyalahgunaan Merek Fenty

Posted: 16 Jan 2019 06:26 AM PST

WASHINGTON, LELEMUKU.COM - Penyanyi internasional, Rihanna menggugat ayahnya karena berdagang menggunakan nama merek Fenty dan mengindikasikan bahwa bisnis yang ia dirikan pada 2017 dikaitkan dengan penyanyi itu.

Pelantun lagu Diamonds, yang memiliki nama asli Robyn Rihanna Fenty, mengajukan gugatan di pengadilan federal Amerika Serikat di Los Angeles pada Selasa (15/1), Reuters melaporkan.

Dalam gugatannya, Rihanna menuduh Ronald Fenty serta dua mitra bisnisnya atas penipuan dan iklan palsu mengatasnamakan Fenty Entertainment dan perusahaan produksinya.

Rihanna yang lahir di Barbados, menggunakan merek dagang Fenty untuk menjual kosmetik, pakaian dalam dan sepatu kets. Ia meminta pengadilan untuk memberikan perintah dan menghentikan ayahnya menggunakan nama Fenty dan beberapa kerugian yang ditimbulkannya.

Gugatan tersebut menjelaskan bahwa Rihanna "sama sekali tidak punya hubungan" dengan Fenty Entertainment dan perusahaan itu menyalahgunakan namanya dan salah mengartikan dirinya sebagai pihak yang berhubungan dengannya.

Salah satu contohnya, pada 2017 Fenty Entertainment menerima penawaran dari pihak ketiga yang menginginkan Rihanna untuk tampil dalam 15 pertunjukan di Amerika Latin dengan bayaran $15 juta, kata gugatan itu.

Berikutnya, Fenty Entertainment juga memberikan informasi palsu secara tersirat bahwa penyanyi itu terlibat dalam sebuah proyek hotel butik.

Gugatan itu juga mengatakan, meskipun sudah diberitahu berulang kali jika mereka tidak memiliki wewenang untuk menggunakan namanya, merek dagang Fenty atau berbicara atas nama Rihanna, Ronald Fenty dan rekan-rekan bisnisnya tetap melanjutkan untuk menyalahartikan hubungan dengannya. (VOA)

Facebook Investasi Rp4,240 Triliun untuk Bantu Media Lokal

Posted: 16 Jan 2019 05:15 AM PST

Facebook Investasi Rp4,240 Triliun untuk Media LokalWASHINGTON, LELEMUKU.COM - Perusahaan teknologi asal Amerika Serikat, Facebook menyatakan pihaknya berinvestasi $300 juta atau Rp4,240 triliun dalam kurun waktu tiga tahun ke depan untuk membantu pengembangan program-program media lokal, kemitraan, dan berbagai inisiatif lainnya.

Dana investasi ini akan disalurkan dalam bentuk hibah pembuatan liputan untuk media-media lokal. Langkah itu akan memperluas program Facebook untuk membantu media-media lokal dengan model bisnis sistem berlangganan dan berinvestasi di berbagai lembaga nirlaba yang bertujuan untuk mendukung berita-berita lokal.

Keputusan ini diambil di tengah masa-masa sulit untuk industri berita, dimana mereka menghadapi kemerosotan tingkat laba dan jumlah pembaca media cetak. Facebook, seperti Google, dituding sebagai penyebab terus merosotnya pangsa surat kabar untuk meraup penghasilan dari iklan karena para pemasang iklan telah beralih untuk mengiklankan produk/layanannya di layanan online.

Campbell Brown, kepala kemitraan berita global di Facebook, mengakui perusahaan itu "tidak dapat membalikkan jarum jam." Tapi mengatakan pihaknya ingin bekerja sama dengan para penerbit untuk membantu mereka meraih keberhasilan baik dalam jaringan sosial ataupun di luar jaringan sosial.

"Industri surat kabar tengah mengalami proses transisi besar-besaran yang telah dimulai sejak lama," ujarnya. "Tak seorangpun dari kita mampu membayangkan bagaimana masa depan jurnalisme namun kami ingin menjadi salah satu pihak yang berkontribusi yang dapat menemukan jalan keluar."

Facebook telah meningkatkan fokusnya pada berita-berita lokal pada tahun lalu setelah memulai 2018 dengan pengumuman bahwa pihaknya tidak akan memberi prioritas pada berita-berita dan video di lini masa penggunanya di jaringan sosial dan lebih memprioritaskan unggahan dari teman-teman mereka.

Di saat yang sama, perusahaan itu secara berhati-hati menguji cara-cara untuk memprioritaskan kabar-kabar berita lokal yang dapat menarik minat penggunanya dan inisiatif untuk mendorong industri media lokal secara lebih luas. Facebook telah meluncurkan fitur yang disebut "Hari ini di" yang menunjukkan berita lokal dan informasi termasuk pengumuman orang hilang, penutupan jalan, berita kriminalitas dan pengumuman sekolah, dengan memperluas jangkauannya ke ratusan kota di AS dan beberapa di Australia.

Dorongan untuk mendukung berita lokal muncul saat Facebook, yang berpusat di Menlo Park, California, mencoba untuk menghilangkan reputasi sebagai sumber utama kabar-kabar bohong dan upaya untuk mempengaruhi pemilu. Perusahaan itu mengatakan para penggunanya telah meminta untuk melihat lebih banyak lagi kabar lokal yang relevan dengan mereka, termasuk berita juga informasi kemasyarakatan seperti penutupan jalan di tengah badai salju.

Investasi senilai $300 juta ini termasuk hibah bernilai $5 juta untuk lembaga nirlaba Pulitzer Center untuk meluncurkan inisiatif yang disebut "Bringing Stories Home," sebuah dana yang akan menyediakan hibah bagi kantor berita lokal di AS untuk pendukung peliputan berita-berita lokal.

Selain itu juga ada investasi senilai $2 juta bagi Report for America sebagai bagian dari kemitraan yang bertujuan untuk menempatkan 1.000 pewarta di kantor-kantor berita lokal di seluruh penjuru negeri dalam kurun waktu lima tahun ke depan.

Gagasan di balik investasi ini, ujar Brown, adalah untuk mencari "bagaimana penerbit tertentu dapat mendefinisikan model bisnis secara holistik. Facebook tidak dapat menjadi satu-satunya jawaban, satu-satunya solusi – kita tidak ingin melihat ketergantungan penerbit kepada Facebook."

Fran Wills, CEO Local Media Consortium, yang menerima dana senilai $1 juta bersama-sama dengan Local Media Association untuk membantu kantor-kantor berita yang menjadi anggotanya untuk mengembangkan arus pendapatan yang baru, mengatakan ia optimis investasi ini akan dapat membantu.

"Saya rasa mereka mengakui bahwa berita yang terpercaya dan kredibel akan bermanfaat tidak hanya untuk para penerbit lokal namun juga bagi mereka," ujarnya. (VOA)

Inggris Desak Pemungutan Suara DK PBB untuk Misi Pengamat di Yaman

Posted: 16 Jan 2019 02:35 AM PST

Inggris Desak Pemungutan Suara DK PBB untuk Misi Pengamat di YamanLONDON, LELEMUKU.COM - Pemerintah Inggris hari Selasa (15/1) meminta pemungutan suara di Dewan Keamanan PBB mengenai pembentukan misi pengamat selama enam bulan untuk memantau gencatan senjata di Yaman dan mengawasi penarikan pasukan, demikian dikatakan para diplomat.

Dewan Keamanan PBB dalam pertemuan hari Rabu (16/1) kemungkinan besar akan melakukan pemungutan suara mengenai resolusi yang dirancang Inggris untuk mengesahkan pengerahan hingga 75 monitor.

Para diplomat mengatakan para pemantau yang tidak bersenjata itu akan ditugaskan selama enam bulan di kota Hodeida dan pelabuhan Saleef dan Ras Issa yang dikuasai pemberontak.

Pelabuhan Hodeida adalah pintu masuk bagi sebagian besar pasokan barang impor dan bantuan kemanusiaan Yaman.

Pembicaraan antara pemerintah yang didukung Arab Saudi dan pemberontak Houthi bulan lalu di Swedia mengenai diakhirinya perang yang menghancurkan itu menghasilkan kesepakatan mengenai pasukan pengamat.

Kelompok pertama yang terdiri dari sekitar 20 pemantau yang disahkan DK bulan lalu akan mulai bekerja di Yaman, tetapi mandat mereka berakhir tanggal 20 Januari.

Rancangan resolusi itu menyerukan kepada Sekjen PBB Antonio Guterres untuk "segera" mengerahkan Misi PBB guna mendukung Perjanjian Hodeida (UNMHA), yang dipimpin oleh pensiunan Jenderal Belanda, Patrick Cammaert.

PBB mengatakan gencatan senjata yang mulai berlaku tanggal 18 Desember di Hodeida sebagian besar telah ditaati namun ada penundaan pemindahan pasukan pemberontak dan pemerintah dari kota tersebut.

Kelompok Houthi menguasai sebagian besar Hodeida sementara pasukan pemerintah dikerahkan di pinggiran selatan dan timur kota tersebut.

Menteri Luar Negeri AS, Mike Pompeo hari Senin menuduh pemberontak gagal mematuhi perjanjian gencatan senjata Hodeida, setelah ia mengadakan pembicaraan di Riyadh dengan Raja Arab Saudi Salman dan Putra Mahkota Mohammed bin Salman.

Sejak koalisi militer yang dipimpin Arab Saudi melakukan intervensi untuk mendukung pemerintahan itu pada bulan Maret 2015, menurut PBB konflik itu telah menjadi telah krisis kemanusiaan terburuk di dunia.

Menurut pejabat bantuan PBB Hampir 10 juta orang di Yaman berada di ambang kelaparan, sementara 80 persen dari populasi, 24 juta orang sangat membutuhkan bantuan kemanusiaan. (VOA)

Polda Maluku Sosialisasi Millenial Road Safety (MRS) Festifal 2019

Posted: 15 Jan 2019 09:56 PM PST

Polda Maluku Sambangi Sekolah Sosialisasi MRS FestifalAMBON, LELEMUKU.COM - Guna gecarkan sosialisasi kegiatan Millenial Road Safety (MRS) Festifal 2019, Kepolisian Daerah (Polda) Maluku dan jajarannya gencar menyambangi sejumlah Sekolah Menengah Atas (SMA) di Provinsi Maluku pada Selasa (15/1).

Menurut rilis yang diterima Lelemuku.com Kabid Humas Polda Maluku Kombes Pol Muhamad Roem Ohoirat, kunjungan ini dilakukan di sejumlah sekolah yang tersebar di Provinsi Maluku.

Di Kota Ambon, terdapat dua sekolah yang dikunjungi yakni SMA Negeri (SMAN) 1 dan SMAN 12 Kota Ambon. Selain di Kota Ambon, kegiatan serupa juga dilakukan Polres Jajaran yang tersebar di Kota Tual, Kabupaten Maluku Barat Daya (MBD), Buru, Seram Bagian Timur (SBT), Maluku Tenggara Barat (MTB) dan Maluku Tengah (Malteng).

"Yang ikut sebanyak 350 Siswa Siswi dari Kelas XII SMAN 1 Ambon dan 305 Siswa Siswi SMAN 12 Ambon. Kalau di Tual yaitu SMAN 5 Tual. Jumlah peserta sebanyak 40 orang pelajar. Kemudian SMAN Tiakur MBD sebanyak 500 orang, SMAN 1 Buru 75 orang, SMAN 1 Bula SBT 200 orang, SMAN 1 Tanimbar Selatan dan Saka Bahari Lanal Saumlaki dengan total 192 orang. Sedangkan di Maluku Tengah berlangsung di SMAN 2 Masohi sebanyak 40 orang," ungkap Kabag Ops Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Maluku Kompol, Rosita.

Selain sambangi sekolah, kegiatan MRS Festifal yang bertujuan untuk menyelamatkan para pelajar yang tergolong kaum milenial dari kecelakaan dalam berlalu lintas ini juga mengajak para siswa, guru dan dosen perguruan tinggi untuk juga mengikuti sosialisasi MRS Festifal yang berlangsung di Aula kantor Ditlantas Polda Maluku.

"Yang jelas maksud dan tujuan MRS Festifal ini untuk mencegah kaum milenial terlibat kecelakaan lalu lintas. Supaya generasi-generasi muda yang produktif ini bisa kita selamatkan, untuk menuju Indonesia yang lebih baik dan maju," kata Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Maluku Kombes Pol. Heru TS.

Polda Maluku Sambangi Sekolah Sosialisasi MRS FestifalDirlantas yang juga selaku ketua pelaksana kegiatan MRS Festifal 2019, ini mengaku usia milenial yakni dari 16-35 tahun, harus diselamatkan.

"Dari data kecelakaan yang ada di Indonesia, di Maluku, dan hasil analisa kita sekitar 50-60 persen yang terlibat kecelakaan adalah kaum milenial," terangnya.

Program MRS Festifal yang berlangsung selama dua Bulan, tambah Dia, hanya bagian dari kegiatan untuk menciptakan tertib berlalu lintas.

"Kegiatan seperti ini tidak berhenti sampai disini saja, tapi akan berkesinambungan terus. Selama 2 Bulan ini kita akan gelar 16 kegiatan perlombaan. Lomba-lomba ini akan diikuti oleh semua kaum milenial," sebutnya.

Tujuan diadakannya perlombaan, kata Heru, juga agar kaum milenial tidak hanya berinteraksi melalui media sosial, tapi secara langsung di kehidupan sehari hari.

Menurutnya, materi dalam sosialiasi MRS Festifal yang puncaknya akan dihelat pada 2 Maret 2019 di Maluku, terkait tertib berlalu lintas.

"Karena bagaimanapun juga kecelakaan berawal dari pelanggaran lalu lintas. Untuk menghindari itu maka kaum milenial harus kita tertibkan dalam berlalu lintas," tandasnya.(Laura Sobuber)

Polda Maluku Terima 6,6 Kg Mercury dari Warga Debowae dan Gegoria

Posted: 15 Jan 2019 09:40 PM PST

Polda Maluku Terima 6,6 Kg Mercury dari Warga Debowae dan GegoriaNAMLEA, LELEMUKU.COM - Kepolisian Daerah (Polda) Maluku menerima  6,6 Kilogram (Kg) bahan kimia mercury dari sejumlah warga di dua desa di Kabupaten Buru, Provinsi Maluku yakni Desa Debowae, Kecamatan Waelata dan Desa Gegoria, Kecamatan Waeapo.

Menurut rilis yang diterima Lelemuku.com dari Kabid Humas Polda Maluku Kombes Pol Muhamad Roem Ohoirat, penyerahan bahan beracun dan berbahaya (B3) dari warga secara sukarela ini diterima Wakil Kepala Polres Pulau Buru, Kompol Bachri Hehanussa dan disaksikan tim asistensi Gunung Botak yang dipimpin Karo Ops Kombes Pol. Gatot Mangkurat, serta Kasat Brimob Polda Maluku.

"Penyerahan mercury berlangsung dari kemarin (Senin). Kemarin masyarakat Desa Debowae serahkan sebanyak kurang lebih 4 Kg," kata Gatot Mangkurat, Selasa (15/1).

Setelah penyerahan, tim asistensi kemudian memberikan sosialiasi kepada masyarakat setempat tentang bahaya penggunaan mercury terhadap lingkungan.

"Kami meminta warga agar dapat menyerahkan mercury, atau sianida dan lainnya untuk diserahkan secara sukarela, sebelum dilakukannya penindakan," jelasnya.

Setelah warga Debowae, masyarakat di Desa Gogrea juga melakukan hal yang sama melalui pertemuan serupa. Pada kesempatan itu kepolisian juga dengan memberikan pemahaman terkait bahaya B3 sehingga sejumlah warga juga memberikan mercury milik mereka secara sukarela.

"Tatap muka dengan masyarakat waris Gunung Gogrea telah menyadarkan mereka. Sehingga sejumlah warga menyerahkan mercuri sebesar 2,6 Kg.

Setelah diadakannya pertemuan dan penyerahan mercury. Dalam kegiatan yang kami lakukan selama dua hari hingga saat ini, total mercury yang diserahkan masyarakat secara sadar seberat 6,6 Kg," papar Mangkurat.

Polda Maluku Terima 6,6 Kg Mercury dari Warga Debowae dan GegoriaIa mengaku pihaknya bersama TNI dan Satpol Pp, Kabupaten Buru melanjutkan kegiatan penertiban di Gunung Gogrea yang merupakan salah satu kawasan pertambangan emas di Kabupaten Buru.

Perwira tiga melati di pundaknya ini menghimbau kepada masyarakat agar saling mengingatkan untuk menjaga lingkungan tempat tinggal dari kerusakan lingkungan, akibat peredaran dan penggunaan B3 secara ilegal.

"Kami minta masyarakat agar dapat menyerahkan bahan berbahaya seperti mercury, sianida dan lain sebagainya kepada aparat keamanan. Ini kami lakukan untuk kepentingan keselamatan banyak orang. Jangan sampai kami temukan, maka akan kami tindak secara tegas," pintanya. (Laura Sobuber)

Netflix Naikkan Biaya Langganan di Amerika Serikat Hingga 18 Persen

Posted: 15 Jan 2019 09:13 PM PST

Netflix Naikkan Biaya Langganan di Amerika Serikat Hingga 18 PersenWASHINGTON, LELEMUKU.COM - Netflix menaikkan sampai 18persen biaya berlangganannya di Amerika menjadi 13 dolar per bulan, kenaikan terbesar sejak perusahaan tersebut meluncurkan layanan streaming 12 tahun lalu.

Biaya berlangganan program paling popular mencatat kenaikan terbesar, menjadi 13 dolar per bulan dari 11 dolar. Walaupun demikian, harga baru itu masih lebih murah daripada HBO, yang mengenakan biaya layanan streaming 15 dolar per bulan.

Uang tambahan dari kenaikan akan membantu Netflix membayar investasi yang sangat besar dalam memproduksi pertunjukan dan film sendiri dan membiayai utang besar untuk menyisihkan saingan seperti Amazon, Disney dan AT&T.

Ini keempat kali Netflix menaikkan harga berlangganan di Amerika. Kenaikan terakhir terjadi pada akhir tahun 2017. Tetapi ini pertama kali kenaikan itu akan berimbas ke 58 juta pelanggan, jumlah yang dilaporkan Netflix pada akhir September lalu.

Harga baru akan berlaku bagi semua pelanggan baru, kemudian ke pelanggan yang ada dalam tiga bulan ke depan.

Sampai September, Netflix memiliki hampir 79 juta pelanggan di luar Amerika. (VOA)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Banner IDwebhost

Iklan Bawah Artikel

Iklan Bawah Artikel