-->

Dr Seuss The Grinch Menggoyang Bohemian Rhapsody di Box Office Amerika

Dr Seuss The Grinch Menggoyang Bohemian Rhapsody di Box Office Amerika


Dr Seuss The Grinch Menggoyang Bohemian Rhapsody di Box Office Amerika

Posted: 12 Nov 2018 07:11 AM PST

Dr Seuss The Grinch Menggoyang Bohemian Rhapsody di Box Office Amerika
WASHINGTON, LELEMUKU.COM -  Film animasi `Dr. Seuss' The Grinch'' menghasilkan $66 juta bagi Universal Pictures dan merajai puncak box office akhir pekan di AS, menurut perkiraan studio, Minggu (11/11).

Illumination, studio yang pernah memproduksi Minions, memproduksi ``The Grinch,'' dengan tokoh utama disuarakan oleh Benedict Cumberbatch.

Film ini memang sudah diperkirakan akan menjadi nomor satu box office akhir pekan ini, tapi melampaui perkiraan karena membawa pulang lebih dari $60 juta.

Film top pekan lalu, biopik Queen ``Bohemian Rhapsody'' turun ke posisi kedua dengan penghasilan $30,8 juta pada akhir pekan. Dengan demikian film yang diproduksi 20th Century Fox itu total telah meraup $100 juta dari seluruh AS.

"Overlord" yang diproduksi Paramount Pictures menempati peringkat ketiga dengan penghasilan $19 juta. (VOA)

Ronaldo Pertahankan Juventus di Posisi Puncak Serie A

Posted: 12 Nov 2018 07:04 AM PST

Ronaldo Pertahankan Juventus di Posisi Puncak Serie A
ROMA, LELEMUKU.COM - Christiano Ronaldo mencetak gol lagi dan memastikan kemenangan 2-0 atas AC Milan dalam laga Liga Italia Serie A yang berlangsung Minggu (11/11). Ronaldo membawa Juventus bangkit dari kekalahan di Liga Champions saat kalah melawan Manchester United.

Seperti dilansir kantor berita AFP, Mario Mandzukic, membuka gol dengan sundulan pada menit ke-8 di Stadion San Siro. Ronaldo menyusul pada menit ke-81. Dengan hasil itu, Juventus mempertahankan enam poin.

"Kemenangan malam ini menjadi satu-satunya cara mengesampingkan apa yang terjadi pada lima menit terakhir laga Liga Champions," kata pelatih Juventus, Massimiliano Allegri, seperti dikutip oleh AFP.

"Sangat penting untuk menang tanpa kehilangan gol untuk mengambil kembali keuntungan enam poin atas Napoli yang sedang menjalani kejuaraan yang luar biasa," kata Allegri menambahkan.

Kalah untuk ketiga kalinya, posisi AC Milan di Liga Champions melorot setelah Lazio, yang kembali ke posisi keempat, meski main imbang 1-1 di Sassuolo.

Dalam pertandingan lain, prestasi Inter Milan dengan tujuh kali kemenangan berturut-turut, terhenti dengan kekalahan dari Atalanta. Tim asuhan Luciano Spalleti harus rela menyerahkanposisi kedua yang didudukinya kepada Napoli, yang mengalahkan Genoa 2-1 pada laga Sabtu (10/11).

Juventus sudah mengantongi 34 poin dari 12 laga dan memimpin enam poin dari Napoli asuhan Carlo Ancelotti, sedangkan Inter melorot ke peringkat ketiga.

"Saya sangat bahagia, terutama untuk tim, karena bermain menghadapi Milan selalu sangat sulit," kata Ronaldo.

"Sangat penting untuk menang karena Napoli mengalahkan Genoa semalam dan kami harus menjaga jarak," ujar Ronaldo menambahkan. (VOA)

Pembukaan Sidang MPL Sinode Gereja Protestan Maluku ke-40

Posted: 12 Nov 2018 05:00 AM PST

SIFNANA, LELEMUKU.COM – Pembukaan Sidang Majelis Pekerja Lengkap (MPL) Sinode Gereja Protestan Maluku (GPM) ke-40 Tahun 2018 berlangsung meriah di Lapangan Mandriak, Sifnana Kecamatan Tanimbar Selatan (Tansel), Kabupaten Maluku Tenggara Barat (MTB), Provinsi Maluku pada Minggu (11/11).
Ronny SW. Tairas saat memukul tifa tanda membuka Sidang MPL Sinode GPM
Ronny SW. Tairas saat memukul tifa tanda membuka Sidang MPL Sinode GPM
Dalam Sambutannya, Gubernur Provinsi Maluku, Ir. Said Assagaff melalui Staff Ahli Bidang Pembangunan, Ekonomi dan Keuangan, Ronny SW. Tairas, S.Sos., Msi menyatakan persidangan MPL itu telah menempatkan GPM sebagai bagian dari seluruh proses pelaksana amanah pembangunan jangka panjang daerah Maluku Tahun 2014 hingga 2019.

Ia mengatakan pembangunan bidang agama dalam kerangka perwujudan kesadaran religius dan kematangan pluralisme di Maluku, memposisikan lembaga-lembaga agama dalam sinergis bersama Pemerintah Daerah (Pemda) untuk terus mendorong terwujudnya toleransi, kesantunan, kerjasama dan relasi kemanusiaan dalam hidup umat beragama di Maluku.

"Persidangan ini sangat penting dan memiliki makna yang strategis bagi perkembangan dan kemajuan institusi gereja, karena selain melakukan evaluasi kritis, korektif dan konstruktif terhadap berbagai keputusan program yang telah dilakukan tetapi juga tanggung jawab untuk merumuskan dan menetapkan arah pelayanan terhadap program kerja yang baru," kata dia.

Assagaf mengakui jika Pemerintah Daerah sangat berkepentingan melihat GPM terus maju dan berkembang mengisi kehidupan berbangsa dan bermasyarakat yang lebih sejahtera dan bermartabat. GMP senagai gereja yang terus bertumbuh, telah menjadi gereja yang bukan hanya besar tetapi juga matang dalam membangun kehidupan jemaatnya.

Ia pun berharap lewat persidangan tersebut para hamba-hamba Tuhan dari seluruh Kepulauan Maluku dapat merancang pola pelayanan bergereja yang mampu mendemonstrasikan praktek berteologi yang menjadi ciri khas GPM, dalam spirilual membela dan merawat kehidupan bersama sebagai anak-anak negeri Maluku.

"Masyarakat kita setiap saat berhadapan dengan berbagai gejolak ataupun krisis yang datang kapan saja dalam bentuk yang variatif. Terlebih kita telah memasuki era masyarakat ekonomi ASEAN, yang sarat dengan kompetisi dan sederet konsekuensi yang mengikutinya. Disitulah peran pastoralia, pendampingan juga pemberdayaan potensi umat," harap orang nomor satu di Kepulauan Maluku tersebut.

Sementara itu, Ketua Umum Panitia pelaksana persidangan dengan Tema "Allah kehidupan, tuntunlah kami untuk membela dan merawat kehidupan" dan Sub Tema "Memuliakan Tuhan dengan bersama-sama meningkatkan kualitas pendidikan untuk kesejahteraan masyarakat dan keutuhan bangsa," Agustinus Utuwaly, S.Sos mengatakan MPL adalah badan pengambilan keputusan di bawah Sinode yang diwujudkan daalm bentuk persidangan, yang terdiri dari Majelis Pekerja Harian (MPH) Sinode dan utusan Klasis-Klasis se-Provinsi Maluku dan Maluku Utara.

"Persidangan MPL sesungguhnya adalah agenda rutin gereja yang terlaksana sekali dalam setahun. Ini adalah persidangan para Presbiter sebagai bagian dari gerak berjalan bersama antara Jemaat, Klasis dan Sinode yang selaras, serasi, utus dan dinamis dalam upaya untuk menghadirkan tanda-tanda kerajaan Allah di bumi," kata dia.

Utuwaly menuturkan pihaknya telah berupaya mengemban tanggung jawab kepanitiaan dan kepercayaan yang telah diberikan oleh MPH Sinode GPM untuk menyiapkan berbagai keperluan teknis demi terselenggaranya event sidang gerejawi itu.

Ia mengungkapkan bahwa sidang tersebut dilaksanakan dengan menghabiskan anggaran sebesar Rp2.095.000.000 yang merupakan bantuan dari Pemda MTB, bantuan Klasis-Klasis se-GPM dan para donator serta bantuan natura berupa bahan makanan dari 17 Jemaat se-Klasis Tansel.

"Kami mengakui keterbatasan sebagai panitia, tetapi dalam sebuah keyakinan nahwa Kristus sebagai pemilik gereja akan menunjukan kebaikan demi suksesnya sidang ini dan berharap momentum gerejawi ini menjadi sarana untuk terus memperkuat persaudaraan yang sejati, sebagaimana komitmen GPM menjadi gereja orang basudara," ungkap Utuwaly.

Acara akbar itu dihadiri oleh Sekretaris Jenderal Dewan Ketahanan Nasional Republik Indonesia, Anggota DPR RI Mersy Barens, Ketua MPH Sinode GPM Pdt. A. J. S. Werinussa, Bupati MTB Petrus Fatlolon, SH., MH bersama ibu serta seluruh pimpinan Satuan Kerja Perangkat daerah (SKPD), Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Provinsi Maluku, Forkopimda MTB, Para Ketua Klasis se-GPM, Ketua dan Jajaran Pengurus Besar AMGPM, Pimpinan umat beragama.

Acara itupun diisi dengan parade tari-tarian dari para siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Atas (SMA) se-Tansel dan puji-pujian dari Solo dan Paduan Suara serta dilaksanakan launching buku dengan judul "Menenun Injil di Kepulauan Tanimbar" dan "Gereja yang bersaksi dan melayani di hati bangsanya". (Laura Sobuber)

Jaket Michael Jackson pada Konser "Bad" Seharga Rp4 Miliar

Posted: 12 Nov 2018 04:33 AM PST

Jaket Michael Jackson pada Konser "Bad" Seharga Rp4 Miliar
WASHINGTON, LELEMUKU.COM - Jaket ikonik yang dikenakan Michael Jackson dalam tur solo pertama album "Bad" terjual seharga $298.000 atau 4,42 miliar rupiah dengan kurs sekarang, pada pelelangan Sabtu (10/11), di New York. Harga tersebut tiga kali lipat lebih tinggi dari harga penawaran, Reuters melaporkan, Minggu (11/11).

Selain jaket hitam Michael Jackson, ada beberapa barang pribadi milik Prince, Madonna, John Lennon, dan artis-artis lainnya yang dijual dalam pelelangan Julien's Auctions.

Julien's Auctions menawarkan jaket tersebut seharga $100.000. Jaket tersebut ditandatangani Michael dengan spidol tinta permanen dan dikenakan oleh Raja Pop itu selama melakukan tur konser dunia "Bad" pada 1987-1989.

Jaket hitam itu adalah salah satu kostum ikonik milik Michael, selain jaket kulit merah dan hitam yang digunakan dalam video musik "Thriller". Jaket "Thriller" terjual seharga $1,8 juta pada pelelangan 2011.

Michael menjadi salah satu artis yang barang-barangnya paling diburu para kolektor sejak kematiannya yang mendadak di Los Angeles dalam usia 50 tahun. Dia meninggal akibat overdosis obat bius yang digunakan untuk membantunya tidur.

Jaket "Bad" dibeli oleh pengusaha dan filantropis asal Texas, Milton Verret, yang juga punya koleksi 100 barang kenang-kenangan rock n' roll.

Selain barang-barang pribadi Michael, pelelangan Sabtu juga menawarkan gitar-gitar yang dimainkan Bob Dylan, Paul McCartney, Eric Clapton, dan anggota band U2, The Edge dan Bono. Sebagian hasil penjualan disumbangkan untuk MusicCares, badan amal penyelenggara penghargaan musik Grammy Award, Recording Army. MusicCares memberikan layanan kesehatan dan layanan lainnya untuk para musisi. (VOA)

Satu Jet Tempur AS Jatuh di Perairan Okinawa, Kru Selamat

Posted: 12 Nov 2018 04:02 AM PST

Satu Jet Tempur AS Jatuh di Perairan Okinawa, Kru SelamatTOKYO, LELEMUKU.COM - Sebuah pesawat jet tempur Angkatan Laut Amerika Serikat (AS) jatuh di perairan pulau Okinawa, di sebelah selatan Jepang, kantor berita AFP melaporkan, Senin (12/11).

Mengutip keterangan Kementerian Pertahanan Jepang, kedua kru pesawat jet berhasil diselamatkan.

Pesawat jet tersebut jatuh 250 kilometer arah tenggara timur Ibu Kota Okinawa, Naha, sekitar pukul 11:45 pagi waktu setempat, kata Osamu Kosakai, juru bicara biro Okinawa, Kementerian Pertahanan.

Dua kru pesawat berhasil menyelamatkan diri dengan kursi lontar dan kemudian diselamatkan oleh helikopter militer AS, kata Kosakai kepada AFP.

Insiden, yang disebabkan masalah pada mesin, tersebut tidak mengancam jiwa, kata Kosakai. (VOA)

Nasib Gajah Sumatera di Bengkulu Makin Memprihatinkan

Posted: 12 Nov 2018 03:49 AM PST

Nasib Gajah Sumatera di Bengkulu Makin Memprihatinkan
BENGKULU, LELEMUKU.COM - Ini adalah hari-hari sibuk bagi mereka yang peduli pada nasib gajah Sumatra di Bengkulu, seperti Sofian Rafflesia. Dia aktif berkampanye di media sosial, membuat petisi online dan tentu saja mengajak berbagai pihak terlibat langsung di lapangan.

"Kami mengajak seluruh lapisan masyarakat yang ada di Bengkulu Utara, khususnya penduduk lokal di kawasan bentang alam Seblat untuk menolak kehadiran tambang batubara serta melindungi bentang alam Seblat beserta isinya," kata Sofian Rafflesia, seorang pegiat lingkungan di Bengkulu.

"Hampir setiap hari, aksi masyarakat ada terus di TWA Seblat mulai dari pelajar sekolah, Pramuka, kelompok penggiat konservasi, sampai ibu-ibu PKK," kata Sofian Rafflesia menambahkan.

Bengkulu kini sedang bergerak menyelamatkan salah satu satwa kebanggaan mereka, gajah Sumatra. Sebuah perusahaan pertambangan, PT Inmas Abadi menerima izin operasi produksi dari gubernur setempat.

Masalahnya, izin itu juga memberi kesempatan perusahaan tersebut menambang batubara di kawasan Taman Wisata Alam (TWA) Seblat. Surat Keputusan Gubernur Bengkulu Nomor I.315.DESDM Tahun 2017 itu seperti meriam yang akan menghancurkan benteng terakhir rumah para gajah Sumatra.

Perusahaan itu menerima izin produksi di lahan seluas 4.051 hektar. Berdasarkan kajian, 735 hektar konsesi itu tumpang tindih dengan kawasan TWA Seblat. Lalu, 1.915 hektar tumpang tindih dengan Hutan Produksi Terbatas (HPT) Lebong Kandis Register 69 dan seluas 540 hektar tumpang tindih dengan Hutan Produksi Konversi (HPK).

Kampanye Upaya Penyelamatan

Koalisi Penyelamat Bentang Seblat Bengkulu, gabungan sejumlah lembaga swadaya masyarakat yang peduli pada isu ini, meminta Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan berpihak pada mereka. Sebuah surat sudah dikirim, namun menurut Dede Frastien dari koalisi tersebut, belum ada respons yang mereka terima dari Menteri LHK Siti Nurbaya.

"Dalam kondisi saat ini, keputusan menteri itu sangat penting. Karena yang diinginkan perusahaan tersebut adalah pelepasan kawasan TWA menjadi areal peruntukan lain, HPT atau HP yang fungsinya bisa untuk budidaya," kata Dede Frastien.

"Namun harus kita pahami, seandainya kawasan ini dilepas oleh KLHK, ini akan berimplikasi besar terhadap masyarakat. Keputusan itu sangat berpengaruh untuk mempertahankan fungsi kawasan tersebut," ujar Dede.

Jika KLHK tidak mengeluarkan izin, status TWA sebagai kawasan konservasi terlindungi. Dengan demikian, kegiatan tambang tidak dapat dilakukan disana.

Dede, yang aktif di Walhi Bengkulu, menambahkan aktivis lingkungan di provinsi tersebut mendorong adanya moratorium tambang di kawasan hutan. Tidak hanya di kawasan TWA Seblat saja, tetapi juga di kawasan lain. Kementerian Lingkungan Hidup diharapkan memberikan rekomendasi kepada Gubernur Bengkulu untuk menyelamatkan lingkungan dari ekspansi tambang dan perkebunan.

"Ini akan berpengaruh besar pada masyarakat dan generasi yang akan datang. Jika KLHK melepaskan kawasan tersebut, maka itu adalah sebuah kesalahan besar," kata Dede menegaskan.

"Daerah penyangga TWA beberapa tahun lalu pernah banjir besar, jalan keluarnya bukan pelepasan. Tetapi mari perbaiki kawasan ini. Jika langkahnya keliru, penyesalan besar akan terjadi di masa depan," kata Dede menambahkan.

TWA Seblat merupakan Kawasan Ekosistem Esensial Koridor gajah Sumatra Lansekap Seblat Bengkulu dan rumah terakhir bagi gajah Sumatra (Elephas maximus sumatranus). Sebagai hutan dengan status konservasi, kawasan ini berperan besar bagi kehidupan masyarakat di daerah Putri Hijau dan Marga Sakti Seblat, serta Bengkulu Utara secara umum.

Bisnis vs Pelestarian

Menurut Martian dari Yayasan Ulayat, Seblat adalah bentang kawasan yang menghubungkan Taman Nasional Kerinci Seblat di utara dan Taman Nasional Bukit Barisan Selatan. Kawasan ini penting karena di dalamnya hidup kawanan gajah Sumatra. Mereka membutuhkan area yang luas, dan sering bermigrasi baik ke utara maupun selatan melewati kawasan Seblat.

Belakangan ini, habitat gajah Sumatra makin sempit karena terdesak perkebunan. Untuk membatasi ekspansi ini, Yayasan Ulayat mendorong masyarakat setempat mengambil manfaat hutan secara ramah, dengan komitmen pelestarian.

"Kampanye kita bagaimana kawasan ini tetap lestari, masyarakatnya sejahtera. Desa-desa penyangga di Seblat ini coba kita organisir jangan sampai kawasan Seblat menjadi onggokan, ada manfaat yang bisa diterima masyarakat tetapi mereka juga punya kepedulian dalam bentuk menjaga keberlangsungannya," kata Martian.

Martian menambahkan, daya tampung Seblat sebagai sebuah kawasan sebenarnya cukup untuk populasi gajah yang ada. Tetapi tidak cukup dengan luasan, gajah juga membutuhkan area pendukung untuk keberlangsungan hidup, seperti kawasan sumber makanan dan tempat reproduksi. Dalam konteks inilah, bentang Seblat harus diselamatkan dari upaya pemerintah daerah yang melakukan perusakan atas dalih pembangunan.

"Dihadapkan kepada konteks pembangunan, konservasi itu menjadi sandungan. Secara pribadi, saya melihat investasi yang masuk abai terhadap pelestarian, baik itu sebagai kawasan dan vegetasinya maupun populasi satwa. Tentu karena ini diboncengi pemerintah daerah, kampanyenya itu kesejahteraan, tenaga kerja, pembangunan dan lainnya," ujar Martian.

Koalisi ini dengan tegas meminta KLHK untuk menolak usulan pelepasan TWA Seblat dan Izin Pinjam Pakai Kawasan Hutan (IPPKH) Hutan Produksi Lebong Kandis untuk aktivitas pertambangan perusahaan manapun.

Mereka juga meminta Siti Nurbaya merekomendasikan pencabutan Izin Usaha Pertambangan Operasi Produksi yang diterbitkan oleh pemerintah provinsi Bengkulu kepada PT. Inmas Abadi. Proses penerbitan izin itu terindikasi melanggar peraturan sektoral yang berlaku. Dalam Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Nomor 50/Menlhk/Setjen/Kum.1/6/2016 jelas tertera bahwa kawasan konservasi bukan wilayah pertambangan. (VOA)

Jokowi ke Deklarasi Jabar Kondusif dengan Kawasaki Modifikasi

Posted: 11 Nov 2018 09:49 PM PST


BANDUNG, LELEMUKU.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali naik motor custom miliknya untuk menghadiri acara dalam kunjungan kerjanya. Jika minggu lalu menaiki motor untuk blusukan ke Pasar Anyar di Kota Tangerang, kali ini Presiden mengendarainya untuk menghadiri acara Deklarasi Jabar Kondusif.

Presiden didampingi Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, menaiki Kawasaki W175 hijau yang telah dimodifikasi dengan bergaya tracker. Bersama puluhan bikers dari berbagai komunitas motor, Presiden kemudian menuju lokasi deklarasi yang dipusatkan di Jalan Braga, Kota Bandung, Minggu (11/11).

Sepanjang perjalanan, Presiden yang mengenakan jaket hitam, celana jins dan sepatu model sneakers menyapa masyarakat dengan melambaikan tangannya. Setibanya di Jalan Braga, Presiden disambut warga dan puluhan komunitas peserta deklarasi Jabar Kondusif.

Di lokasi, Presiden juga menyempatkan diri ngopi sejenak dan melihat-lihat pameran dari komunitas kreatif Bandung. Beberapa di antaranya yaitu lukisan, motor custom, pencak silat, band, dan lain-lain.

Dalam sambutannya, Kepala Negara menyambut baik pernyataan deklarasi Jabar Kondusif ini. Menurutnya, semua warga negara Indonesia menginginkan agar tanah air Indonesia yang memiliki suku, agama, bahasa daerah yang berbeda-beda tetap dalam kondisi tenang, rukun dan bersatu.

"Karena aset terbesar bangsa ini adalah persatuan dan kerukunan," ujar Presiden disambut tepuk tangan ribuan orang yang memadati Jalan Braga.

Melihat animo masyarakat yang sangat besar, Presiden memandang Bandung dan Provinsi Jawa Barat akan menjadi pelopor bagi ketenangan dan suasana kondusif negara Indonesia.

Dalam kesempatan yang sama, Koordinator Komunitas Kreatif Jawa Barat, Budi Dalton yang juga Ketua Penyelenggara acara ini membacakan deklarasi di atas panggung.

"Komunitas kreatif Jawa Barat akan tetap mendorong dan menjaga suasana yang nyaman dan aman di provinsi ini, sehingga persatuan dan kesatuan bangsa tetap terjaga. Dan dengan demikian menciptakan ruang yang bebas bagi mereka di dalam mengekspresikan diri dalam karya, guna turut membantu pemerintah menjalankan program pembangunan yang berkelanjutan demi persatuan dan kesatuan Republik Indonesia," tutur Budi Dalton.

Untuk diketahui, deklarasi ini diikuti sejumlah komunitas seperti komunitas musik, komunitas umat beragama, komunitas motor dan komunitas lainnya. Festival ini juga menyajikan sejumlah gerai yang menjual benda kreatif dan ekonomi kreatif antara lain lukisan, alat sangrai kopi, dan alat musik seni Sunda.

Turut mendampingi Presiden dalam acara ini antara lain, Menteri Sosial Agus Gumiwang Kartasasmita, Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto, Sekretaris Kabinet Pramono Anung dan Koordinator Staf Khusus Presiden Teten Masduki serta Gubernur Jawa Barat Ridwal Kamil. (Setkab)

Pemkab Malra Laksanakan Tes CPSN Online di SMAN 2 Kei Kecil

Posted: 11 Nov 2018 09:35 PM PST

Pemkab Malra Laksanakan Tes CPSN Online di SMAN 2 Kei Kecil
LANGGUR, LELEMUKU.COM - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Maluku Tenggara (Malra), Provinsi Maluku melaksanakan tes calon pengawai negeri sipil (CPNS) secara online atau Sistem CAT, bertempat di SMA Negeri 2 Kei Kecil pada Sabtu (10/11).

Ketua Panitia Pelaksanaan tes CPNS Maluku Tanggara Bernadus Rettob S.sos, saat dikonfirmasi mengatakan, tes PNS dilaksanakan dari 10 – 14 November 2018.

Peserta yang lolos pemberkasan untuk mangukuti tes CPNS Berjumlah 1.604 orang, dengan kuota PNS sebanyak 250 di Pemkab Malra.

Lebih lanjut hari ini, dibagi dalam lima sesi. Ke I dilaksanakan antara pukul 8.00 – 9.30 wit sesi II pukul 10.00 – 11.30 wit, sesi III dilaksanakan pukul 12.00 – 13.30 wit, sesi IV dilaksanakan pukul 14.00 – 15.30.wit, dan sesi V dilaksanakan pukul 16.00 – 17.30 wit, dengan masing-masing sesi terdiri atas 80 peserta.

Dengan Standar Nilai Kelulusan yang ditetapkan untuk peserta terdiri dari Tiu 80 twk 75 dan tkw 143. Lebih lanjut Bernadus Rettob mangatakan tes CPNS ini Sistem Cat Bersih dan Transparan agar manghasilakan lulusan terbaik untuk kabupaten Maluku Tenggara kedepannya.

Turut hadir dalam pembukaan tes tersebut Perwakilan Badan Kepegawaian Negara (BKN) pusat dan Perwakilan Indonesia Timur Makassar, serta Wakil Bupati Maluku Tenggara Ir. Petrus Beruatwarin M.si dan Sekertaris BKD Maluku Tenggara, untuk memantau pelaksanaan tes CPNS On Line / system CAT. (HumasMalra)

DPMD Halmahera Utara Gelar Bursa Inovasi Desa 2018

Posted: 11 Nov 2018 09:28 PM PST

DPMD Halmahera Utara Gelar Bursa Inovasi Desa 2018
TOBELO, LELEMUKU.COM - Pemerintah Daerah (Pemda) Halmahera Utara (Halut) melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD), menggelar Bursa Inovasi Desa Tahun 2018 di Gedung Poligrand , Desa MKCM Kecamatan Tobelo pada Senin (15/10).

Dengan mengangkat  tema" Refleksi 2 Tahun Program Inivasi Desa (PID) Di Bumi Hibualamo Menuju Halmahera Utara Mantap " Acara Bursa Inovasi Desa  dibuka langsung Bupati Halut Frans Manery , yang dihadiri Ketua DPRD Kab. Halut Yulius Dagilaha , Kepala SKPD dan ASN di lingkup Pemkab Halut, Camat serta 196 Kepala Desa (Kades) seHalut dan para Pendamping Desa.

Kadis DPMD Kab. HalutNyoterKoenoe yang sekaligus sebagai Ketua Panitia Bursa Inovasi Desa 2018 dalam laporannya mengatakan, kegiatan ini merupakan sebuah tempat pertukaran informasi dan pengetahuan antar desa, kecamatan dalam hal melaksanakan program-program inovasi di desa.

"Tujuannya untuk mendorong pemanfaatan dan penggunaan Dana Desa yang lebih berkualitas, efektif dan efisien melalui kegiatan inovatif dan produktif ," jelas Kadis DPMD Halut. Nyoter juga menambahkan , PID ini merupakan salah satu upaya pemerintah untuk meningkatkan kapasitas desa serta peningkatan kualitas SDM sesuai dengan Undang-undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang desa, dalam mengembangkan rencana dan pelaksanaan pembangunan desa secara berkualitas, agar dapat meningkatkan produktifitas rakyat dan kemandirian ekonomi, serta mempersiapkan pembangunan sumber daya yang memiliki daya saing.

"pengelolaan pertukaran pengetahuan dan inovasi desa dan penyediaan peningkatan kapasitas teknis desa dengan tujuan agar desa-desa mendapatkan jasa layanan teknis yang lebih berkualitas dari lembaga profesional,"jelasnya.

Sementara Bupati Halut Frans Manery pada sambutannya mengatakan, dirinya menyambut baik kegiatan Bursa Inovasi Desa kali kedua  yang di gelar DPMD Halut ini. "Tahun kedua penyelenggaraan Bursa inovasi desa di halut kita perlu melakukan Evaluasi bersama apa yang menjadi progres selama setahun setelah di lakukannya Bursa inovasi Desa , dan manfaat yang di dapatkan ", Jelas Bupati. kita perlu mencermati betul arahan-arahan yang telah disampaikan, serta Kesesuaian data yang falid perlu kita kembangkan untuk menunjang setiap program inovasi di masing-masing desa, katanya.

Ia juga berharap, agar Kepala Desa beserta para Pendamping Desa supaya dapat bekerjasama agar semua program dari baik dari Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (DPDTT) maupun dari APBD Kab. Halut bisa dilaksanakan dengan baik.

"Saya sangat berharap para kepala Desa dan tenaga pendamping untuk dapat bekerja sama dengan baik untuk membuat program pembangunan PID terkait sarana dan prasarana pembangunan infrastruktur di desa , Terutama dalam mengembangkan kreasi dalam menyusun rencana pembangunan," ucap Bupati.

Pembukaan Bursa Inovasi Desa 2018 kabupaten Halmahera Utara di Tandai dengan pemukulan Gong oleh Bupati Halut yang di dampingi Ketua DPRD Kab. Halut bersama unsur ForkopimdaHalut.(DiskominfoHalut)

Provinsi Papua Didorong Buat Kepanitiaan Persiapkan TI PON XX 2020

Posted: 11 Nov 2018 09:12 PM PST


JAYAPURA, LELEMUKU.COM - Ketersediaan Teknologi Informasi (TI) yang baik, menjadi salah satu syarat dan hal paling krusial dalam pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX 2020 mendatang. Oleh karenanya, teknologi informasi menjadi salah satu faktor yang tak boleh dipandang sebelah mata oleh provinsi penyelenggara.

Provinsi Papua Didorong Buat Kepanitiaan Persiapkan TI PON XX 2020
Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara
Untuk itu, Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara menyarankan Pemprov Papua, untuk segera membentuk kepanitiaan yang bertugas mempersiapkan jaringan TI di seluruh klaster atau kota penyelenggara, jelang PON XX 2020.

Sebab pihaknya pun akan seirama dengan Pemprov Papua, yakni membentuk di tingkat pusat,  sehingga baik kepanitian tingkat nasional maupun lokal dapat berjalan seirama dalam mempersiapkan TI di bumi cenderawasih.

Hal demikian disampaikan Menteri Rudiantara di Jakarta, saat dikunjungi tim Pemprov Papua, dalam roadshow penyiapan TI jelang PON XX 2020, yang dipimpin Sekda Papua, pekan lalu.

Dirinya pun mengingatkan Pemprov Papua mengenai ketersediaan media center yang tak kalah penting untuk pendistribusian informasi kepada publik. Dia berharap pemerintah provinsi melakukan penyiapan dari sisi teknis, termasuk dari sisi penyiaran yang harus dikoordinasikan bersama pihak terkait.

"Media center ini tak kalah pentingnya saat PON. Sebab nanti kan ada penyiaran, ada TV dan ada juga radio. Itu semua sudah harus dikoordinasikan dengan pihak terkait. Sehingga saat pelaksanaannya sudah tidak ada masalah lagi," jelasnya.

Dia tambahkan, jika mengacu pada penyelenggaraan Asian Games dan Asian Paragames di Jakarta maupun Palembang beberapa waktu lalu, ada organizing committee yang melakukan pengadaan seluruh peralatan TI yang dibutuhkan. Sementara Kementerian Kominfo sebagai pihak yang memastikan fasilitasnya terpenuhi.

Sehingga demikian diharapkan, Pemprov Papua pun mengacu pada pelaksanaan Asian Games dan Asian Paragames terkait penyediaan TI saat PON XX 2020.

"Artinya, penyediaan organizing committee ini sangat penting karena nanti mereka yang melalukan pengadaan. Nah kita memastikan, seperti nanti Telkom, lalu apakah program palapa ring sudah selesai serta kapasitasnya sudah tersedia inilah yang memang perlu ada kerja sama supaya bisa memastikan semuanya ok saat iven empat tahuan itu mulai bergulir," harapnya.

Sebelumnya, Menkominfo Rudiantara memastikan bakal memberi dukungan penuh terhadap Pemerintah Provinsi Papua, saat pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX 2020 di bumi cenderawasih.

Dukungan itu ia sampaikan kepada tim Pemerintah Provinsi Papua yang dipimpin Sekda Papua Hery Dosinaen, Jumat minggu lalu, saat roadshow dalam rangka audiensi implementasi Inpres Nomor 10 Tahun 2017 tentang dukungan terhadap pelaksanaan PON dan Paralimpik di provinsi tertimur di nusantara. (DiskominfoPapua)

Perampingan SKPD di Provinsi Papua Tak Hilangkan Fungsi Bidang

Posted: 11 Nov 2018 09:09 PM PST

Perampingan SKPD di Provinsi Papua Tak Hilangkan Fungsi Bidang
JAYAPURA, LELEMUKU.COM - Sekretaris Daerah (Sekda) Papua Hery Dosinaen memastikan wacana perampingan satuan kerja perangkat daerah (SKPD) dari 51 menjadi hanya 35, segera direalisasi pada tahun depan.

Kendati demikian, dia memastikan perampingan SKPD tak bakal menghilangkan fungsi pada bidang-bidang di instansi sebelumnya.

"Sebab intinya kan belasan SKPD yang dilebur itu fungsinya tetap dijalankan dan tidak ada pengaruh sebenarnya. Hanya memang yang ada pastinya terjadi pengurangan dari sisi esalonering atau yang menjabat pada jabatan tertentu".

"Kasarnya dengan perampingan ini sejumlah pejabat eselon II, III dan IV banyak yang non job atau tak menduduki jabatan strategis,"tegas Hery di Jayapura, pekan kemarin.

Sebelumnya, Hery memastikan rencana Pemerintah Provinsi Papua meramping birokrasi yang kini berjumlah 51 organisasi perangkat daerah (SKPD), mulai dibahas bersama pihak kementerian terkait di Jakarta.

Diperkirakan dari 51 SKPD yang ada di lingkungan pemerintah provinsi, bakal dirampingkan menjadi hanya 35 instansi. Dimana, Gubernur Papua Lukas Enembe berkeinginan agar ada penghematan pada sejumlah struktur, sehingga dananya bisa dipakai untuk membiayai persiapan dan pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX 2020 di bumi cenderawasih.

"Gubernur ingin agar SKPD kedepan lebih kepada miskin struktur tapi kaya fungsi. Dengan demikian kita terus menggenjot perampingan struktur bersama pihak kementerian. Bahkan SKPD yang kami usulkan pun mendapat apresiasi dari kementerian dalam negeri," terang Sekda.

Masih dikatakan Sekda, atas dasar usulan Pemprov Papua pula, kementerian dalam negeri, pada akhirnya berpotensi melakukan evaluasi terhadap penerapan Peraturan Pemerintah (PP) No. 18 Tahun 2016 tentang Perangkat Daerah.

Dimana peraturan pemerintah tersebut, kini menjadi acuan bagi seluruh pemerintahan di Indonesia, dalam menentukan organisasi perangkat daerah. Dirinya pun meyakini, perampingan struktur organisasi yang dirancang Pemprov Papua bakal menjadi model percontohan bagi seluruh provinsi di Indonesia. (DiskominfoPapua)

Sasana Krida Terbakar, Kantor Gubernur Papua Akan Dilengkapi Fasilitas Alat Pemadaman

Posted: 11 Nov 2018 09:08 PM PST

JAYAPURA, LELEMUKU.COM - Pelajaran berharga kini dipetik dari kasus kebakaran gedung Sasana Krida Kantor Gubernur Dok II Jayapura, Minggu (11/11), sekitar pukul 12.00 Wit. Meski tak ada korban jiwa, fakta membuktikan di sebagian besar gedung itu, tak dilengkapi fasilitas alat pemadaman kebakaran, seperti hydrant dan alarm.
Sasana Krida Terbakar, Kantor Gubernur Papua Akan Dilengkapi Fasilitas Alat Pemadaman
Asisten Bidang Umum Sekda Papua Elysa Auri

Hal demikian diakui Asisten Bidang Umum Sekda Papua Elysa Auri yang langsung bergegas ke lokasi kebakaran, saat api melalap seluruh Gedung Sasana Krida Kantor Gubernur, kemarin siang.

"Sebenarnya Kantor Gubernur sudah punya fasilitas pemadaman kebakaran. Tapi karena  Gedung Sasana Krida dibangun sejak 1974 silam atau sudah berusia hampir 45 tahun (sehingga memang perlu segera ada fasilitas pemadaman yang lebih memadai)," terang dia.

Elysa mengakui fasilitas yang ada saat ini sudah ketinggalan jaman, sehingga memang perlu ada  pembaruan terhadap fasilitas maupun penanganan kebakaran di seluruh  Kompleks perkantoran itu.

"Makanya, setelah ini nanti kita rehab kembali termasuk melenggapi kembali dengan alat-alat pemadam kebakaran di seluruh ruangan perkantoran yang ada. Supaya kedepan, kejadian semacam ini bisa diminimalisir tingkat kerusakannya," ucap Elysa.

Sementara disinggung mengenai penyebab kebakaran,  Elysa mengaku masih menunggu hasil pemeriksaan pihak yang berwenang (kepolisian). Namun dia tak menutup kemungkinan, penyebab kebakaran diduga karena arus pendek listrik (korsleting).

"Dari informasi api bersumber dari gudang disamping ruangan transit VIP gedung sasana krida. Api kemudian merambat  ke bagian belakang, tepatnya panel induk listrik Kantor Gubernur Papua. Karena terpapar panas ini yang kemudian panel itu meledak hingga menyebabkan kebakaran,"

"Namun apa pun itu kita belum bisa menyimpulkan sebab nanti ada pihak kepolisian yang melakukan penyelidikan untuk memutuskan penyebab kebakarannya,"jelas dia.

Ditanya soal jumlah kerugian akibat  kebakaran,  Elysa mengatakan,  sampai saat ini belum bisa  ditaksir. Hanya saja, di dalam ruangan itu tak ada arsip atau data-data yang penting, karena gedung atau aula itu lebih sering difungsikan untuk acara atau kegiatan kedinasan.

"Sedikit banyak yang saya tahu didala gedung itu hanya ada meja, kursi, sound sistem dan lain-lain," pungkasnya.

Sebelumnya, Gedung Sasana Krida Kantor Gubernur Papua yang berlokasi di Dok II Jayapura, terbakar pada Minggu pagi.

Menurut keterangan Anggota Satpol PP Papua, Robby yang pada saat ini sedang berdinas, kebakaran terjadi sekitar pukul 12.00 Wit. Api kemudian menjalar dengan cepat, hingga menghanguskan gedung sasana krida. (DiskominfoPapua)

Dinas Kesehatan Papua Siap 1500 Tenaga Perawat Saat PON XX 2020

Posted: 11 Nov 2018 09:05 PM PST

Dinkes Siap 1500 Tenaga Perawat Saat PON XX 2020
JAYAPURA, LELEMUKU.COM - Dinas Kesehatan Provinsi Papua bakal mengadakan sekitar 1.500 tenaga perawat untuk menunjang pelayanan kesehatan selama pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX 2020 di bumi cenderawasih.

Hal ini disampaikan Kepala Dinas Kesehatan Papua Aloysius Giay di Jayapura, pada pekan kemarin.

Ia katakan, Provinsi Papua kekurangan tenaga medis. Sehingga untuk mengatasinya, pihaknya bakal membangun kemitraan dan kerja sama dengan Provinsi Maluku, Sulawesi Selatan maupun Sulawesi Utara.

"Dimana, kami berharap ada bantuan tenaga kesehatan dari sejumlah provinsi itu untuk ditempatkan sementara saat pelaksanaan PON XX nanti," terang dia.

Sementara khusus untuk dokter spesialis akan dipersiapkan minimal sekitar 45 orang. Pemprov Papua juga bakal menyediakan minimal dua ahli gizi untuk ditempatkan pada setiap cabang olahraga.

"Lalu nanti ditambah dengan tenaga dari Balai Penanganan Obat dan Makanan yang tujuannya memastikan makanan maupun minum yang dikonsumsi atlet maupun official itu aman dengan terlebih dahulu dilakukan tes sampel," ujarnya.

Menyoal tambahan peralatan kesehatan, lanjut dia, sudah ada kepastian dari kementerian terkait yang bakal menggunakan bekas alat dari penyelenggaraan Asian Games 2018. Diantaranya mobil ambulance,

Kendati demikian, untuk peralatan medis, yang diberikan ke Papua bakal dikalibrasi terlebih dahulu sebelum digunakan. Sehingga ketika digunakan, uji fungsinya sudah betul – betul siap pakai tanpa ada gangguan.

Sebelumna, Dinas Kesehatan papua menyiapkan Rumah Sakit Provita yang baru-baru ini beroperasional, menjadi alternatif rujukan saat pelaksanaan PON, bilamana RSUD Dok II Jayapura, belum memenuhi persyaratan akreditasi yang ditetapkan kementerian kesehatan.

Dalam waktu dekat, Dinas Kesehatan  Papua akan mengundang manajemen RS Provita, untuk membahas mengenai alternatif rujukan itu. (DiskominfoPapua)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Banner IDwebhost

Iklan Bawah Artikel

Iklan Bawah Artikel