-->

Scientists Create ‘Social Network’ of Brains to Share Thoughts

Scientists Create ‘Social Network’ of Brains to Share Thoughts


Scientists Create ‘Social Network’ of Brains to Share Thoughts

Posted: 03 Oct 2018 06:12 PM PDT

Scientists Create 'Social Network' of Brains to Share ThoughtsWASHINGTON, LELEMUKU.COM - There have been many books written and movies made describing the ability of people to communicate through thoughts. While this idea has not been demonstrated in reality, physicists and neuroscientists have reported some progress in recent years.

Now, scientists say they successfully connected the brains of three people who were able to send thoughts to each other. A group of researchers reported their new findings in a scientific paper posted on the internet.

The scientists – from the University of Washington and Carnegie Mellon University - say they believe their experiment is the very first of its kind. The team used electronic tools to complete the test of brain-to-brain communication.

It was not the first time this same group of researchers connected different human brains, MIT Technology Review reports. In 2015, they used similar equipment to link up the brains of two people. Part of that experiment involved the two test subjects playing a simple word game, the publication said.

The group calls its new project BrainNet. It described the system as the first "direct brain-to-brain interface" designed to help people cooperate in problem solving.

In the experiment, the scientists said only brain-to-brain communication was used as the three individuals played a video game together. The game was a simplified version of the video game Tetris, which became hugely popular in the 1980s. In the game, players try to match colored blocks falling onto a puzzle.

How it works

Two kinds of electronic devices were worn by people taking part in the experiment. Electroencephalograms, or EEGswere used to record electrical brain activity of subjects. The other, called transcranial magnetic stimulation, or TMS, is a process that magnetically stimulates a part of the brain. This was used to send information to others involved in the experiment.

During the game, two players were chosen as "senders" and a third as a "receiver." The senders had brain signals "decoded" using real-time EEG information. The decoding process recorded each sender's decisions about suggested moves in the game. The sending and receiving of information was carried out by the subjects looking at different forms of light.

The decisions were then transmitted through the internet to the brain of the receiver, who could not see the video game. The receiver then uses the information from the senders to decide on what game moves to make. An additional part of the game provided a second chance for senders to examine the receiver's decision and send feedback to the receiver's brain.

The researchers said experiments were carried out with five different groups, each with three human subjects. They reported all the groups were able to use BrainNet to perform the game moves with a success rate of 81 percent.

The scientists added noise to one sender's signal to test whether that would affect the receiver's responses. They reported that the receivers learned to recognize the most reliable senders by using only the information transmitted to their brains.

The researchers wrote that the results "raise the possibility of future brain-to-brain interfaces that enable cooperative problem solving by humans using a 'social network' of connected brains." (VOA)

KPK Tangkap 6 Orang Terkait Pengurangan Pembayaran Pajak di Ambon

Posted: 03 Oct 2018 09:55 AM PDT

KPK Tangkap 6 Orang Terkait Pengurangan Pembayaran Pajak di Ambon
AMBON, LELEMUKU.COM - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyatakan telah melakukan operasi tangkap tangan (OTT) 6 orang di Kota Ambon, Provinsi Maluku pada Rabu (3/10) sore.

Menurut informasi dari Juru Bicara KPK, Febri Diansyah yang diterima Lelemuku.com, KPK melakukan OTT dengan temuan uang tunai Rp100 juta dari pejabat yang melakukan transaksi pemberian uang terkait upaya pengurangan pembayaran pajak.

Keenam orang ini ditangkap setelah KPK mendapatkan informasi dari masyarakat yang kemudian melakukan pemeriksaan di lokasi yang diduga sebagai tempat transaksi.

Dikatakan beberapa orang yang ditangkap yakni pejabat Kantor Direktorat Jenderal (Dirjen) Pajak Kementerian Keuangan Kantor Wilayah Maluku-Papua, pemeriksa pajak dan wajib pajak.

Para tersangka ini dalam proses pemeriksaan dan rencananya, 4 orang yang ditangkap dibawa dari Ambon ke Kantor KPK di Jakarta pada Kamis (4/10) pagi.

Setelah itu pihaknya akan melakukan konferensi pers guna menjelaskan secara detail terkait OTT kali ini yang akan menyasar beberapa wilayah di Maluku dan Papua. (Albert Batlayeri)

Petrus Fatlolon Buka Lomba Cipta Lagu Mars Tanimbar

Posted: 03 Oct 2018 09:18 AM PDT

Petrus Fatlolon Buka Lomba Cipta Lagu Mars TanimbarSAUMLAKI, LELEMUKU.COM - Bupati Maluku Tenggara Barat (MTB), Provinsi Maluku, Petrus Fatlolon, SH., MH pada Rabu (3/10)  pukul 12.13.WIT membuka Lomba Cipta Lagu Mars Tanimbar, dalam rangka memeriahkan HUT ke-19 Kabupaten MTB 2018.

Lomba yang dilaksanakan di Gedung Kesenian Saumlaki, Jln. Ir. Soekarno, Kelurahan  Saumlaki, Kecamatan Tanimbar Selatan (Tansel) ini dilaksanakan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan MTB sebagai instansi pelaksana kegiatan.

Dalam arahannya, Bupati Fatlolon menyatakan Lomba Cipta Mars yang diikuti ini, akan dipakai sebagai mars resmi Kabupaten Kepulauan Tanimbar.

"Oleh karena itu kita mengharapkan supaya peserta yang mengikuti Lomba Cipta Mars Tanimbar ini dapat benar-benar memberikan penjelasan secara rinci terhadap makna dari setiap syair yang dirangkum menjadi sebuah lagu atau mars tadi. Karena tentunya nanti setiap kata dan kalimat yang terangkum dalam mars tadi haruslah mampu untuk kita pertanggungjawabkan pengertiannya, baik dari aspek adat, sejarah, serta dari aspek lain, termasuk bagaimana kita mengangkat dan mempromosikan sumber daya yang ada di Kabupaten Kepulauan Tanimbar ini," papar dia.

Selanjutnya ia mengharapkan agar para peserta yang nanti terpilih dapat menyerahkan hak ciptanya kepada Pemda untuk ditetapkan sebagai Mars Kepulauan Tanimbar secara resmi yang dimulai pada tahun 2018 ini.

"Momen ini sangat penting dan nanti akan menjadi catatan sejarah bahwa kita orang Tanimbar akan punya mars yang sama dengan daerah-daerah lain," ungkap dia.

Dikatakan kepada para pemenang lomba, selain hadiah dari panitia, akan ada juga hadiah khusus yakni melaksanakan perjalanan rohani gratis sesuai dengan agamanya.

"Bila yang bersangkutan beragama Muslim maka akan mendapat biaya Naik Haji gratis ke Tanah Suci Mekah oleh Pemda pada tahun 2019, dan apabila yang bersangkutan beragama Kristen maka akan mendapat hadiah biaya Siarah Rohani ke Yerusalem oleh Pemda pada tahun 2019," ujar dia.

Fatlolon juga menyatakan, Pemda ingin mars yang terbaik, karena mars tersebut nantinya akan dipakai terus menerus, sama juga dengan logo Kepulauan Tanimbar.

"Untuk itu kita harus pastikan hasil yang terbaik. Biarpun dewan juri telah memutuskan bahwa tidak ada lagu ciptaan yang bisa dipakai sebagai mars Kepulauan Tanimbar, tapi kita putuskan bahwa seluruh peserta/pencipta lagu akan diberikan dana pembinaan sebesar 5 juta Rupiah, dan hadiahnya bisa diambil pada saat malam hiburan HUT Kabupaten di Taman Kota," ujar dia.

Selanjutnya ia  memperpanjang waktu untuk menciptakan mars Kepulauan Tanimbar sampai tanggal 04 Desember 2018.

"Agar lagu yang telah dicipta dan telah dinyanyikan hari ini bisa dirubah menjadi lebih baik dan benar-benar bisa menjadi mars Kepulauan Tanimbar. Panitia akan memberikan catatan-catatan kepada para pencipta lagu, agar catatan-catatan tersebut akan menjadi patokan untuk memperbaiki lagu yang telah diciptakan," papar dia.

Sementara pemda juga akan membuka kesempatan kepada warga Kepulauan Tanimbar yang berada di luar daerah untuk ikut juga berpartisipasi dalam lomba ini, agar pihaknya bisa betul-betul mendapatkan lagu yang baik sebagai mars kepulauan Tanimbar.

Lomba yang berlangsung meriah itu dipimpin oleh 3 juri yakni Pdt. Peter Salelussa, S.Si, Theo, Msc yang seorang Dosen Liturgi dan Musik Gerejawi di Fakultas Theologi Universitas Kristen Indonesia (UKI) dan Asisten Direktur Peribadahan dan Musik Gereja di Lembaga Pembinaan Jemaat Gereja Protestan Maluku (GPM).

Kemudian  Pdt. Rein Tupan, S.Th, M.Th, Sekretaris Klasis Tanimbar Selatan dan Ketua AM-GPM Daerah Tansel serta RD.Abraham Idelfonsus Fatlolon, S.Fils (Sekretaris Wakil Uskup wilayah MTB-MBD dan Kepala Sekolah SMAK St.Paulus Saumlaki.

Sementara para Peserta Lomba ini terdiri dari Pencipta Lagu (kategori umum) bersama dengan penyanyi (paduan suara dan vokal grup) dengan jumlah peserta/pencipta lagu sebanyak 13 orang. (Laura Sobuber)

Peduli Korban Bencana di Sulawesi Tengah, Polres MTB Galang Sumbangan

Posted: 03 Oct 2018 08:45 AM PDT

Peduli Korban Bencana di Sulawesi Tengah, Polres MTB Galang Sumbangan
SAUMLAKI, LELEMUKU.COM – Personel Kepolisian Resor (Polres) Maluku Tenggara Barat (MTB), Provinsi Maluku gelar doa bersama untuk korban bencana alam di Kota Palu dan Donggala, Provinsi Sulawesi Tengah pada apel pagi di halaman Mapolres Maluku Tenggara Barat Rabu (3/10).

Usai doa bersama yang dipimpin Waka Polres Kompol Lodevicus Tethool,SH.,M.H, dilakukan pengumpulan sumbangan dari para personel termasuk para pejabat utama Polres Maluku Tenggara Barat.

Sumbangan dari para personel Polres ini akan disampaikan ke Polda Maluku untuk dihimpun bersama sumbangan dari satuan Polres lainnya di jajaran Polda Maluku untuk korban bencana alam di Sulawesi Tengah.

Kapolres MTB, AKBP Raymundus Andhi Hedianto,S.I.K dalam sambutannya menyatakan turut berduka cita atas bencana alam di Palu dan Donggala ini.

"Hal ini sebagai wujud kepedulian kami kepada saudara-saudara kita yang terkena bencana gempa bumi disertai tsunami di Palu dan Donggala Sulawesi Tengah. Kita berharap bantuan ini bisa sedikit meringankan beban saudara-saudara kita disana. Sumbangan kita terkumpul sebesar Rp.3.891.000," kata Kapolres. (HumasPolresMTB)

Pemkab Halut Sambut Hangat Kedatangan 40 Wisatawan Asal Australia

Posted: 02 Oct 2018 11:57 PM PDT

Pemkab Halut Sambut Hangat Kedatangan 40 Wisatawan Asal AustraliaTOBELO, LELEMUKU.COM - Pemerintah Kabupaten Halmahera Utara (Halut), Provinsi Maluku Utara menyambut hangat kedatangan 40 Wisatawan Asing asal Australia di Bumi Hibualamo dalam agenda kunjungan Tour Wisata. 

40 Wisatawan disambut dengan pementasan seni budaya Halut yaitu Tarian Cakalele dan Ronggeng Goyang Tobelo di Pandopo Tanjung Pilawang, Desa Gura, Kamis(27/9).

Wisatawan asal Australia yang melalui Jasa Travel Sidney Tour Papua ini berkunjung ke Kabupaten Halut hanya 4 jam saja dan akan melanjutkan perjalanan mereka selanjutnya ke Papua.

Ini merupakan Tour Wisata Tahunan yang selalu di gelar setiap tahunnya di Halmahera Utara, sebagai salah satu tujuan untuk melihat wisata di kota tobelo dan keaneka ragamannya.

Bupati Halut Frans Manery, menyambut baik kehadiran tamu dari Australia tersebut dan berharap mereka terkesan dan bahagia selama di Kabupaten Halmahera Utara.

"Ini merupakan awal jumpa kita dan semoga pada kesempatan berikutnya bisa datang kembali ke Halut untuk menikmati indahnya Alam Halmahera Utara yang indah ini," harapnya.

Ketua Rombongan Wisatawan, Oswald, mengucapkan terima kasih atas sambutan hangat dari pemerintah daerah halut bersama seluruh masyarakat dalam menerima Rombongan Wisatawan di Halut.

"Kami sangat Berterima kasih kepada pemda dan masyarakat yang bisa menerima kami untuk berkunjung dan menikmati indahnya Halmahera Utara," ucapnya.

Setelah penyambutan para Wisatawan Di Pandopo Pantai Tanjung Pilawang ke 40 Turis Asal Australia melanjutkan perjalanannya ke SD GMIH 4 Dan SD GMIH 1 Tobelo, setelah itu mengunjungi Pusat Perbelanjaan Makanan Khas Halut dan Asesoris di Pasar Modern Tobelo.

Selanjutnya rombongan ke Rumah Dabiloha Pantai Tanjung Pilawang untuk di suguhkan Tarian dan nyanyian Budaya oleh sanggar Gumi Guraci Tobelo.(DiskominfoHalut)

Anderias Rentanubun Canangkan Bulan Pemantapan Gerakan Nasional Revolusi Mental

Posted: 02 Oct 2018 11:32 PM PDT

Anderias Rentanubun Canangkan Bulan Pemantapan Gerakan Nasional Revolusi MentalLANGGUR, LELEMUKU.COM - Bupati Maluku Tenggara (Malra), Provinsi Maluku Ir. Anderias Rentanubun mencanangkan Bulan Pemantapan Gerakan Nasional Revolusi Mental (BP-GNRM) Tahun 2018 di Aula Kantor Bupati Malra, Senin (1/10).

Ir. A. Rentanubun menjelaskan, revolusi mental adalah gerakan nasional untuk merubah sistem nilai, cara pandang, pola pikir, nilai,  sikap bangsa Indonesia untuk mewujudkan Indonesia yang berdaulat, mandiri dan berkepribadian berdasarkan Pancasila.

"Gerakan Nasional Revolusi Mental sebagaimana Instruksi Presiden Nomor 12 Tahun 2016 meliputi program Gerakan Indonesia Melayani, Gerakan Indonesia Bersih, Gerakan Indonesia Tertib, Gerakan Indonesia Mandiri dan Gerakan Indonesia Bersatu," ujar dia.

Ia melanjutkan menginjak 3,5 tahun pelaksanaan Gerakan Nasional Revolusi Mental di Indonesia telah banyak perubahan diantaranya semakin baiknya pelayanan publik, tingkat disiplin ASN dan masyarakat, kemandirian bangsa, kebersihan lingkungan serta semakin kokohnya NKRI ditengah terpaan berbagai ideologi dunia.

"Konkritnya, keberhasilan Indonesia menjadi tuan rumah sekaligus posisi ke 4 perolehan medali Asian Games adalah bukti nyata keberhasilan Gerakan Nasional Revolusi Mental," papar dia.

Sehubungan dengan penyelenggaraan BP-GNRM Tahun 2018 di Kabupaten Maluku Tenggara yang dilaksanakan selama 1 (satu) bulan penuh mulai dari 1 Oktober sampai dengan 31 Oktober 2018, maka ia menghimbau kepada masing-masing Pimpinan OPD, Kepala Ohoi dan Lurah untuk. melaksanakan aksi nyata 5 Gerakan Revolusi Mental di lingkup Perangkat Daerah, Kecamatan dan Ohoi.

"Melakukan monitoring dan evaluasi kegiatan BP-GNRM di lingkup Perangkat Daerah, Kecamatan dan Ohoi. Serta menyampaikan laporan tertulis mengenai pelaksanaan BP-GNRM Tahun 2018 di lingkup Perangkat Daerah, Kecamatan dan Ohoi, segera setelah berakhirnya pelaksanaan BP-GNRM Tahun 2018," papar dia.

Acara Pencanangan ditandai dengan pemukulan Gong oleh Ketua DPRD Kab. Maluku Tenggara, S. Th. Welerubun, SH dan didampingi oleh Bupati dan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah di Malra. (DiskominfoMalra)

Anderias Rentanubun Pimpin Upacara Hari Kesaktian Pancasila di Malra

Posted: 02 Oct 2018 11:18 PM PDT

Anderias Rentanubun Pimpin Upacara Hari Kesaktian Pancasila di MalraLANGGUR, LELEMUKU.COM - Bupati Maluku Tenggara (Malra), Provinsi Maluku, Ir. Anderias Rentanubun selaku inspektur upacara pada Upacara Bendera dalam rangka Hari Kesaktian Pancasila bertempat di Halaman Markas Kodim 1503 Maluku Tenggara, Senin (1/10)..

Pada kesempatan tersebut, Ketua DPRD Kab. Maluku Tenggara, S. Th. Welerubun, SH membacakan ikrar dan diikuti dengan pembacaan doa oleh Kepala Kementerian Agama Kab. Maluku Tenggara, Drs. H. M. Difinubun, M.Sos.I Selaku Perwira Upacara : Lettu. Inf. H. Bakri Renhoat.

Selaku Komandan Upacara adalah Kapten Inf. Richard Sapury dan Pembaca Pembukaan UUD 1945 yaitu Serda Jemmy Carten. Turut hadir pada upacara bendera tersebut adalah Forum Koordinasi Pimpinan Daerah, Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah Kab. Maluku Tenggara, Pimpinan BUMN/BUMD, Dinas Instansi/Vertikal.

Sedangkan peserta upacara yaitu 1 SST Kodim 1503 Maluku Tenggara, 1 SST Kompi D/Ibra Yonif 734/SNS, 1 SST Lanal Tual, 1 SST Lanud Dumatubun Langgur dan 1 SST Satpol. Pamong Praja Kabupaten Maluku Tenggara. (DiskominfoMalra)

Gempa 4,5 SR Guncang Utara Kepulauan Tanimbar

Posted: 02 Oct 2018 09:47 PM PDT

Gempa 4,5 SR Guncang Utara Kepulauan TanimbarSAUMLAKI, LELEMUKU.COM - Gempa bumi dengan magnitudo 4.5 skala richter (SR) guncang Kepulauan Tanimbar, Kabupaten Maluku Tenggara Barat (MTB), Provinsi Maluku.

Menurut BMKG Maluku, gempa dengan kedalaman 59 km yang terjadi pada Rabu (3/10) pukul 12.53 WIT ini berada pada koordinat 7.29 lintang selatan (LS) dan 131.05 bujur timur (BT) atau 1 km  utara Pulau Wuliaru dan Pulau Wotar, Kecamatan Wermaktian.

Meski memiliki goncangan yang cukup besar, gempa yang berjarak 76 km arah Barat Kota Larat, Kecamatan Tanimbar Utara dan 81 km Utara Kota Saumlaki, Kecamatan Tanimbar Selatan ini tidak berpotensi tsunami. Selain itu hingga diberitakan, belum ada laporan korban jiwa. (Albert Batlayeri)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Banner IDwebhost

Iklan Bawah Artikel

Iklan Bawah Artikel