Rosias Kabalmay Imbau Masyarakat Ikut Awasi Restoran

Rosias Kabalmay Imbau Masyarakat Ikut Awasi Restoran


Rosias Kabalmay Imbau Masyarakat Ikut Awasi Restoran

Posted: 15 Aug 2018 12:21 PM PDT

Rosias Kabalmay Imbau Masyarakat Ikut Awasi RestoranSAUMLAKI, LELEMUKU.COM – Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten Maluku Tenggara Barat (MTB), Provinsi Maluku, Rosias  R. M. Kabalmay, S.Pt., M.Si mengimbau kepada seluruh masyarakat Kepulauan Tanimbar agar ikut mengawasi 15 restoran dalam wilayah Kecamatan Tanimbar Selatan (Tansel) yang ditunjuk sebagai pengguna Mesin Cash Register atau mesin kasir.

Ke 15 restoran atau rumah makan yang ditetapkan melalui Surat Keputusan (SK) Bupati MTB, Petrus Fatlolon, SH., MH dengan nomor 970-344 Tahun 2018, tertanggal 29 Juni 2018 untuk meningkatkan penerimaan daerah dari sektor pajak restoran tersebut, diantaranya Harapan Indah, Enang Maria, Buritan, Warung Makan Alex, Ayah I, Sogol Pelabuhan, Mahameru, Hidayah, Gemilang, Mbak Tutik, Sari Laut, Jawa Supiyani, Dua Putra, Bete-bete dan Warung Kopi Joas.

"Bagi semua masyarakat kota Saumlaki dan sekitarnya yang menggunakan jasa dari 15 restoran atau rumah makan tersebut agar turut melakukan pengawasan terhadap penggunaan mesin tersebut serta membayar pajak restoran sebesar 10 persen atas pelayanan yang disediakan oleh restoran," imbau dia kepada Lelemuku.com, pada Rabu (15/8).

Kabalmay pun berharap semoga mesin kasir yang merupakan aset Pemerintah Daerah (Pemda) MTB melalui Bapenda, yang dipinjam pakaikan kepada para pemilik usaha tersebut dapat berdampak positif pada peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dan dapat membantu para pengusaha dalam merencanakan pengembangan bisnisnya secara professional.

"Semoga mesin ini dapat membantu para pengusaha restoran dalam merencanakan  pengembangan bisnis restorannya secara profesional serta membantu meningkatkan penerimaan pajak daerah yaitu pajak restoran," harapnya.

Penggunaan dari Mesin Cast Register yang merupakan kombinasi antara mesin Point of Sales (POS) dan Cash Drawer serta sistem pengoperasiannya yang terhubung dengan internet, kemudian dari transaksi online tersebut akan tercatat di monitor website yang bisa langsung diakses oleh Bapenda MTB ini telah ditetapkan secara resmi pada tanggal 11 Agustus 2018.

15 restoran atau rumah makan tersebut wajib untuk menggunakan mesin kasir itu dalam setiap kegiatan pelayanan makan atau minum. Sedangkan bagi Wajib Pajak (WP) pemilik tempat usaha yang kedapatan tidak menggunakannya akan ditindak tegas sesuai ketentuan perundangan yang berlaku, yaitu teguran, pemberian denda hingga penutupan tempat usaha. (Laura Sobuber)

Sambut HUT RI, Aparat dan Pemda Bersihkan Sungai di Pasar Binaiya Masohi

Posted: 15 Aug 2018 12:16 PM PDT

Sambut HUT RI, Aparat dan Pemda Bersihkan Sungai di Pasar Binaiya MasohiMASOHI, LELEMUKU.COM - Menyambut HUT RI  ke 73 Puluhan anggota TNI dan Polri serta Pemda guyub rukun bahu membahu melaksanakan karya bhakti  pembersihkan aliran Sungai  dari tumpukan sampah, bertempat di Sungai belakang Pasar Binaiya, Kota Masohi, Kabupaten Maluku Tengah, Selasa (14/08).

Dengan dimulai apel pagi dipimpin langsung oleh Bupati Maluku Tengah, H. Tuasikal Abua SH. diawali dengan do'a sebagai wujud rasa syukur kepada Allah SWT.

Dalam sambutanya Bupati menyampaikan bahwa kegiatan ini ini bertujuan agar kota Masohi tetap indah dan bersih dari sampah.

"Kesadaran masyarakat untuk menjaga kebersihan lingkungan harus terus didorong oleh Pemda dibantu oleh TNI dan Polri, dengan begitu masyarakat akan lebih sadar untuk tetap menjaga kebersihan lingkungan di Kota Masohi,"pungkas Bupati

"Kegiatan ini adalah cara kita untuk menumbuhkan kesadaran masyarakat agar dapat terlibat secara aktif dalam menjaga lingkungan kebersihan di kota yang kita cintai ini,"tambahanya.

Diharapakan dengan adanya kegiatan tersebut dapat menumbuhkan  kesadaran dari masyarakat untuk tidak membuang sampah secara sembarangan di sepanjang kali - kali yg ada di kota Masohi.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Dandim 1502/Masohi, Letkol inf Hari Sandhi Chrishandoko, S.Sos., Kapolres Maluku Tengah, AKBP R. Arthur. L. Simamora, S.Ik, Prajurit Brigif 27/Nusa Ina, Yonif 731/KBR, Brimob Masohi serta para Ormas Kota Masohi. (Penrem151)

15 Pengusaha Restoran di Saumlaki Temui Piterson Rangkoratat

Posted: 15 Aug 2018 09:25 AM PDT

15 Pengusaha Restoran di Saumlaki Temui Piterson RangkoratatSAUMLAKI, LELEMUKU.COM – 15 pengusaha pemilik restoran yang menggunakan Mesin Cash Register atau mesin kasir milik Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Maluku Tenggara Barat (MTB), Provinsi Maluku Tahun 2018 temui Sekretaris Daerah (Sekda), Piterson Rangkoratat, SH dalam rapat bersama di Ruang Sekda, Kantor Bupati MTB, Jln Ir. Soekarno, Saumlaki pada Rabu (15/8).

Ke 15 restoran atau rumah makan yang hadir adalah mereka ditetapkan melalui Surat Keputusan (SK) Bupati MTB, Petrus Fatlolon, SH., MH dengan nomor 970-344 Tahun 2018, tertanggal 29 Juni 2018 guna meningkatkan penerimaan daerah dari sektor pajak restoran tersebut, diantaranya Harapan Indah, Enang Maria, Buritan, Warung Makan Alex, Ayah I, Sogol Pelabuhan, Mahameru, Hidayah, Gemilang, Mbak Tutik, Sari Laut, Jawa Supiyani, Dua Putra, Bete-bete dan Warung Kopi Joas.

Dalam arahannya, Sekda Rangkoratat menegaskan kepada para Wajib Pajak (WP) tentang penetapan penggunaan dari mesin kasir tersebut, yang secara resmi harus dioperasikan pada tanggal 11 Agustus 2018.

"Terhitung tanggal 11 Agustus 2018 semua wajib pajak sudah harus menggunakan mesin cash register untuk mencatat semua transaksi usahanya," tegas dia.

Rangkoratat mengungkapkan mesin kasir yang telah ditempatkan pada masing-masing restoran atau rumah makan itu wajib digunakan dalam setiap kegiatan pelayanan makan dan minum dan bagi WP pemilik tempat usaha yang kedapatan tidak menggunakan mesin tersebut akan ditindak tegas sesuai ketentuan perundangan yang berlaku, yaitu teguran, pemberian denda hingga penutupan tempat usaha.

"Bagi yang tidak menggunakan mesin tersebut akan dikenai sanksi sesuai ketentuan yang berlaku," ungkapnya.  

Pemilik usaha pun wajib menjaga mesin tersebut agar tidak jatuh atau rusak dan jika terjadi hal yang tidak diinginkan karena kelalaian pengguna maka diwajibkan untuk segera melaporkannya kepada Pemda dalam hal ini Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) MTB untuk segera diselesaikan sehingga dapat dipergunakan kembali.

"Jika sewaktu-waktu terjadi pemadaman listrik, pemilik usaha diwajibkan mencatat dan menginput ulang semua transaksi yang terjadi selama pemadaman kedalam mesin cash register tersebut," tambah Sekda Rangkoratat. 

Dalam rapat bersama juga turut hadir Asisten II Bidang Pembangunan, Ekonomi dan Kemasyarakatan dr. Edwin Tomosoa, Kepala Bapenda MTB Rosias  R. M. Kabalmay, S.Pt., M.Si, Distributor Mesin Cash Register PT. Cartenz Technology Indonesia, Gempur dan para pengusaha. (Laura Sobuber)

Dihantam Ombak, KMP Bandeng Tenggelam di Perairan Loloda

Posted: 15 Aug 2018 09:16 AM PDT

Dihantam Ombak, KMP Bandeng Tenggelam di Perairan LolodaTERNATE, LELEMUKU.COM - Kapal Motor Penyeberangan (KMP) Bandeng yang berlayar dari Pelabuhan Feri Tobelo, Kabupaten Halmahera Utara (Halut), Provinsi Maluku Utara dengan tujuan menuju Bitung, Provinsi Sulawesi Utara, dilaporkan tenggelam di perairan Kepulauan Loloda, sebelah barat Pulau Ibu pada Rabu (15/8) pukul 17.20 WIT.

Menurut Kepala Badan Pencarian dan Pertolongan Nasional(Basarnas) kelas B Ternate, Muhammad Arafah, kapal feri dengan GT 457 tersebut memuat 42 orang dengan 24 penumpang, 18 orang ABK ditambah muatan 12 unit kendaraan roda empat yang terbagi atas 8 unit truk sedang dan 4 truk besar. bertolak dari pelabuhan Feri Tobelo,  Selasa (14/8) malam.

Arafah mengatakan informasi tenggelamnya kapal ferri akibat dihantam ombak itu diketahui dari pihak ASDP Ternate. Dikatakan pada Rabu (15/8) sekitar pukul 15.32 WIT, Dan Pos SAR Tobelo menerima telepon dari penumpang atas nama Erwin Mahasari bahwa KMP Feri Bandeng dihantam ombak hingga tenggelam di sekitar perairan Loloda.

Menanggapi hal tersebut pihaknya langsung memerintahkan Kapal KN Padudewanata yang berada di perairan Mayau Batang Dua untuk melakukan evakuasi para korban yang berada di 40 km Barat Daya, Pulau Nama, Loloda Kepulauan, Halut.

"Jarak kami ke Loloda memakan waktu tempuh kurang lebih 5 jam. Tengah perjalanan, kami mendapatkan informasi dari Keluarga korban penumpang kapal Feri tersebut bahwa pada pukul 17.00 WIT,  KMP Bandeng sudah tenggelam dan para penumpang saat ini sudah menyelamatkan diri menggunakan empat sekoci," ujarnya kepada RRI.

Selain kapal mlik basarnas, satu unit kapal lain yakni KM Kamaru turut serta membantu mengevakuasi para korban.

Sementara itu Kepala ASDP Ternate Wisnu Tjahjono saat dihubungi secara terpisah membantah KMP Bandeng tenggelam, pihaknya masih memastikan apakah terkena musibah atau tengah berlindung di salah satu pulau.

"Saya tidak bilang kalau kapalnya tenggelam. Lagi dicek dulu baru bisa menyatakan ini (tenggelam) posisinya. Karena kita lost contact dari jam 11. Saat ini Feri tersebut sedang berlindung di pulau kecil-kecil yang nggak ada sinyal," katanya.

Wisnu menambahkan, saat ini ASDP Ternate juga mengerahkan satu kapal feri mereka bernama KMP Ngafi untuk menyusuri jejak KMP Bandeng.

"KMP Ngafi ini dari Bitung tujuan ke Tobelo, sekalian menyusuri jejak KMP Bandeng," ujarnya.

Menurut data manifest versi ASDP penumpang KMP Bandeng semuanya berjumlah 28 orang. Kapal Feri tersebut rencannnya sekalian mau melakukan doking di Kota Bitung. (Albert Batlayeri)

DPRD Maluku Gelar Rapat Paripurna Penetapan Murad Ismail dan Barnabas Orno

Posted: 15 Aug 2018 07:16 AM PDT

DPRD Maluku Gelar Rapat Paripurna Penetapan Murad Ismail dan Barnabas OrnoAMBON, LELEMUKU.COM - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Maluku secara resmi menggelar paripurna istimewa penetapan Irjen Pol. Purn. Drs. Murad Ismail - Barnabas Orno sebagai pasangan Gubernur dan Wakil Gubernur Maluku terpilih periode 2019-2024.

Penetapan pasangan dengan panggilan Baleo melalui penandatanganan surat keputusan DPRD Provinsi Maluku tentang penetapan pasangan gubernur dan wakil gubernur Maluku terpilih periode 2019-2024 ini dilakukan melalui sidang paripurna istimewa yang dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Provinsi Maluku, Edwin Huwae, didampingi Wakil Ketua DPRD Maluku, dr.E.M.E. Pattiasina, S.Ked, dan Said Mudzakir Assagaff di ruang sidang utama DPRD Provinsi Maluku, Rabu,(15/8)

Sidang ini menindaklanjuti, hasil keputusan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Maluku nomor 882/HK.03.1-Kpt/81/PROV/VIII tentang penetapan pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Maluku terpilih pada Pilkada Maluku tahun 2018, melalui rapat pleno terbuka, yang berlangsung di The Natsepa hotel, Suli, Senin (13/8) lalu.

Turut hadir dalam sidang istimewa ini Wakil Gubernur Maluku, Zeth Sahuburua, Seketaris Daerah Maluku, Hamin Bin Thahir, Bupati Maluku Tenggara Barat (MTB) Petrus Fatlolon, Bupati Maluku Tenggara (Maltra) Andreas Rentanubun Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Maluku, Fesal Musaad, S.Pd, M.Pd, perwakilan Pangdam XVI Pattimura, perwakilan Kapolda Maluku,  jajaran anggota DPRD Maluku dan seluruh jajaran pimpinan kelembegaan dan SKPD di lingkup Pemerintah Provinsi Maluku.

Rapat paripurna istimewa tersebut tidak dihadiri Gubernur terpilih Murad Ismail, sementara Wakil Gubernur terpilih Barnabas Orno tidak diketahui alasan pasti.

Dalam sambutannya,  Ketua DPRD mengatakan, ada tiga agenda pentingan yang diputuskan melalui sidang istimewa ini, pertama penetapan pasangan gubernur tepilih, kedua penetapan batas waktu masa pemerintahan Gubernur Maluku, Said Assagaf dan  usulan persetujuan DPRD guna mendapat penegsahan Gubernur dan Wakil Gubernur Maluku ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Dijelaskan, penetapan  Gubernur oleh DPRD Maluku dilakukan sesuai dengan mekanisme dengan mempertimbangkan keputusan KPU Provinsi Maluku, tentang hasil pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Maluku Terpilih.  Sementara untuk masa jabatan Gubernur Maluku ditetapkan akan berakhir pada tanggal 10 Maret 2019, dan sebelum tiba dapa waktu masa berakhir jabatan Gubernur Maluku saat ini, pihaknya akan melakukan pengusulan ke Menteri Dalam Negeri  tentang hasil pemilihan untuk ditindak lanjuti.

Sebagai lembaga yang  mewakili kepentingan seluruh masyarakat,  DPRD Maluku memberikan apresiasi atas terselenggaranya proses pemilihan yang berlangsung dengan aman dan damai. Diakui terjadi  kontestasi politik yang cukup hangat ditengah-tengah masyarakat namun semuanya telah berakhir dengan terpilihnya pasangan yang dikehendaki masyarakat untuk memimpin Provinsi Maluku selama lima tahun.

"Selaku lembaga ini kami memberikan apresiasi kepada KPU dan Bawaslu selaku lembaga yang diberikan kewenangan atas terselenggaranya pemilihan dengan baik, kepada TNI dan Polri yang telah mengamankan jalannya proses pemilihan dengan tertib dan aman, seluruh tim sukses dan masyarakat yang telah menjaga sehingga kegiatan pesta demokrasi untuk memilih pemimpin baru di negeri ini berlangsung aman dan damai," jelas Edwin Huwae.

Sebelum menutup sidang istimewa itu, Edwin berharap agar Seluruh masyarakat Maluku harus tetap memberikan dukungan penuh terhadap jalannya pemerintahan saat ini hingga batas akhir masa jabatan pada tanggal 10 Maret. Sementara  untuk pasangan Gubernur Maluku terpilih,  Murad Ismail dan Barnabas Orno, DPRD berharap agar dapat menajalankan amanah dan keperceyaan yang diberikan oleh rakyat setelah menjabat Gubernur dan Wakil Gubernur Maluku periode 2019-2024  mendatang. (HumasKemenagMaluku)

Inilah Daftar Calon Sementara DPR RI pada Pemilu 2019 Dapil Maluku

Posted: 15 Aug 2018 03:35 AM PDT

Inilah Daftar Calon Sementara DPR RI pada Pemilu 2019 Dapil Maluku JAKARTA, LELEMUKU.COM - Komisi Pemilihan Umum (KPU)  pada Sabtu (11/8) telah merilis daftar calon sementara (DCS) anggota Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR-RI) pada Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2019 dari daerah pemilihan (dapil) Provinsi Maluku.

Saat ini, KPU masih di tahap menerima masukan dan tanggapan dari masyarakat hingga 21 Agustus 2018. Masih ada beberapa tahapan lagi sebelum KPU mengumumkan Daftar Calon Tetap pada 21-23 September 2018.

KPU mengimbau kepada masyarakat untuk menilai rekam jejak dan melaporkan apabila ada temuan terkait nama-nama DCS yang terindikasi merupakan mantan narapidana dengan ancaman lebih dari 5 tahun serta terbelit diantara tiga kasus yakni korupsi, kejahatan seksual anak dan narkoba.

Selanjutnya masyarakat melaporkan terkait status pekerjaannya, apakah DCS merupakan pegawai negeri aktif atau kades atau perangkat desa dan belum mengundurkan diri. Serta ijazah yang digunakannya. Jika ketahuan, dipersilahkan memberikan klarifikasi ke KPU bersama bukti dan saksi serta akan diproses lebih lanjut. Berikut adalah daftar nama calon tersebut.

4 calon legislatif (caleg) dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) diantaranya Habiba Pelu, SP., M.Si, calon berdomisili di Kota Ambon ; Tony Tunavarny (Maluku Tenggara); Ir. Samsudin Rentua (Kota Bekasi); dan Rita Damayanti Kaplale SE., MSi (Bogor).

4 caleg dari Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra), diantaranya Hendrik Lewerissa, SH (Jakarta Selatan); Ir. Taslim Azis (Jakarta Selatan) ; Sophianty Mezianne (Kota Ambon); dan Cahya Berlian, SE., MM (Kota Bekasi).

4 caleg dari Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan diantaranya Mercy Chriesty Barends, ST (Jakarta Selatan); Hj Safitri Malik Soulisa., S.Sos (Buru Selatan) ; Jeffry Daniel Waworuntu (Jakarta Selatan); dan Miriam Nuraini Solisa (Buru).

4 caleg dari Partai Golongan Karya (Golkar) yakni Edison Betaubun., SH., M.H (Kota Bekasi);  Raymond C. Syauta (Jakarta Pusat); Marleen J. Petta., SH (Jakarta Selatan); dan Vidia Mayasari., B.Sc (Jakarta Selatan).

4 caleg dari Partai Nasional Demokrat (Nasdem) diantaranya Rosita Usman., SH., MH (Kota Ambon); Ir. Abdullah Tuasikal., M.Si (Maluku Tengah); Roos Felistas Far-Far., SH., MH (Kota Ambon); dan Victor Alexander Loupatty (Minahasa Utara).

3 caleg dari Partai Garuda diantaranya Sulaiman Ningkeula (Kota Bogor); Joseph Tuhuleruw (Kota Ambon); dan Astriyanti Sanaky., S.Pi (Kota Ambon).

Selanjutnya 4 caleg dari Partai Berkarya yakni Frengki Tanny Batuwael (Buru); Daniel Palapia., SH (Kota Ambon); Nurlaila Latuconsina., S.AG (Kota Ambon); dan Aprianty Widya Tahapary (Maluku Tengah).

4 caleg dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS) diantaranya Sudarmo., SP., M.Si (Kota Ambon); Saadiah Uluputty., ST (Maluku Tengah); Said Faisal Assagaff., S.Sos (Kota Ambon); dan Yuni Syahra Yolwan Tamnge (Kota Tual).

Kemudian 4 caleg dari Partai Persatuan Indonesia (Perindo) adalah Ir Hamzah Sangadji (Jakarta Selatan); dr Johanis Edward Rahakbauw (Kota Bandung); Astri Yuliyanti Monita Huwae, SH (Sidoarjo); dan Elfira Tri Yuliani Henan., S.Si., MH (Jakarta Selatan).

4 caleg dari Partai Persatuan Pembangunan (PPP) yakni Etha Aisyah Hentihu (Jakarta Selatan); M. Syahril Wasahua (Jakarta Utara); Sarpuddin Litiloloy S.AP (Kuningan); dan Sri Rayani (Jakarta Selatan).

4 caleg dari Partai Solidaritas Indonesia (PSI) yakni Any Eric Manuhutu (Jakarta Selatan); Jerry Fernando Situmeang (Kota Ambon); Amelia Ulfah Arinda (Kota Bekasi); dan Githa Yulia Eka P (Kota Tangerang Selatan).

Sedangkan 4 caleg dari Partai Amanat Nasional (PAN) adalah Abdul Muttalib Tuanaya (Jakarta Selatan); Julius R. Latumaerissa., SE (Sidoarjo); Reni Rosyida (Jakarta Barat) dan Rahmi (Jakarta Timur).  (Albert Batlayeri)

Polisi Tangkap 2 Remaja Penyeludup Ganja Kering ke Sorong

Posted: 15 Aug 2018 02:34 AM PDT

Polisi Tangkap 2 Remaja Penyeludup Ganja Kering ke SorongJAYAPURA, LELEMUKU.COM - Hendak selundupkan narkoba jenis ganja kering untuk diedarkan di Kabupaten Sorong, Provinsi Papua Barat, menggunakan Kapal Motor (KM) Dobonsolo, dua remaja yakni AK (24) dan BY (19) ditangkap  pihak Kepolisian Sektor Kawasan Pelabuhan Laut (Polsek KPL)  Jayapura, Provinsi Papua pada Selasa (14/08) dini hari.

Kedua pelaku ditangkap saat embargasi penumpang naik dipelabuhan laut Jayapura, Kedapatan membawa ganja kering kedua pelaku pun langsung diamankan di Mapolsek KPL Jayapura untuk selanjutnya diserahkan kepada Satuan Narkoba Polres Jayapura Kota guna ditindak lanjuti.

Kapolres Jayapura Kota AKBP Gustav R. Urbinas, S.H., S.IK melalui Kapolsek Kawasan pelabuhan laut Jayapura, Iptu Joko Prayogo, S.Sos saat dikonfirmasi mengungkapkan dari tangan kedua pelaku pihaknya berhasil mengamankan ganja kering siap edar sebanyak empat plastik bening berukuran besar yang disimpan didalam tas ransel disalah satu pelaku.

"Rencana Ganja itu akan dibawa menggunakan kapal dengan tujuan akan diedarkan ke Sorong Papua Barat," ungkap Kapolsek.

Kata Kapolsek dari hasil introgasi, pengakuan pelaku mengungkapkan kalau ganja tersebut bukan miliknya melainkan titipan seseorang berinisial BM.

"Sudah ada satu nama yang di kantongi tapi nantinya akan dikembangkan lagi oleh penyidik Satuan Narkoba," unjarnya.

Lanjut Kapolsek, sejauh ini pelabuhan laut Jayapura merupakan sasaran empuk para oknum pelaku yang hendak menyelundupkan ganja kering entah itu di Papua maupun Papua Barat. Namun menyikapi banyaknya penyeludupan ganja maupun minuman keras, pihaknya terus berupaya membangun kerja sama dengan stekholder terlihat yang ada di pelabuhan serta meningkatkan pengawasan di Pelabuhan Laut Jayapura.(HumasPoldaPapua)

Jelang HUT RI, Polisi Datangi Kampung Tahina Soroma

Posted: 15 Aug 2018 02:18 AM PDT

Jelang HUT RI, Polisi Datangi Kampung Tahina SoromaJAYAPURA, LELEMUKU.COM - Menjelang HUT Kemerdekaan RI ke - 73 Tahun, Bhabinkamtibmas Kampung Tahina Soroma Bripka Jhon Richard sambangi Kampung Tahima Soroma Kayo Pulau Distrik Jayapura Selatan, Kota Jayapura, Provinsi Papua sekaligus menyerahkan dan bersama warga memasang umbul-umbul. Selasa (14/08/2018) pukul 14.00 wit.

Penyerahan dan pemasangan umbul-umbul yang dilakukan oleh Bhabinkamtibmas Bripka Jhon Richard di kampung Tahima Soroma Kayu Pulau dalam rangka menyambut serta memeriahkan HUT Kemerdekaan RI Ke 73 Tahun 2018.

Bhabinkamtibmas Bripka Jhon Richard saat di konfirmasi mengatakan penyerahan umbul-umbul kepada masyarakat kampung tahima soroma kayo pulau dan bersama masyarakat memasang umbul-umbul disepanjang jalan dermaga dalam rangka menjelang dan memeriahkan HUT Kemerdekaan RI Ke - 73.

Lanjut Bhabinkamtibmas, dengan pemasangan umbul-umbul bendera merah putih ini, sekaligus untuk menumbuhkan rasa nasionalisme terhadap masyarakat kampung tahima soroma kayu pulau distrik jayapura selatan.

"Dimana dengan adanya kegiatan ini masyarakat sangat menyambut baik dan antusias saat kami membagaikan umbul-umbul untuk memeriahkan HUT Kemerdekaan RI Ke -73 dan mereka juga berharap agar keamanan akan selalu terjaga dan Indonesia semakin maju dengan bertambahnya usia kemerdekaan,"Pungkas Bripka Jhon Richard.(HumasPoldaMaluku)

Sientje Toumahu Juara Lomba Masak Ikan untuk Presiden Jokowi

Posted: 15 Aug 2018 12:24 AM PDT

Sientje Toumahu Juara Lomba Masak Ikan untuk Presiden JokowiJAKARTA, LELEMUKU.COM - Peserta asal Kota Ambon, Provinsi Maluku meraih juara II pada ajang final lomba masak ikan nusantara dalam rangka menuju Istana, yang diselenggarakan oleh Kantor Staf Kepresidenan bekerjasama dengan Primarasa dan situs website masak Femina Grup, di restoran Bandar Djakarta, di Jakarta Selasa (14/8).

Adalah Sientje Toumahu peraih juara II dengan menu masakan Ikan Bakar Colo-Colo Pala Ambon.

Plt. Kepala Dinas (Kadis) Perikanan Kota Ambon, Steven Patty melalui keterangannya mengatakan, Kota Mataram meraih juara I disusul Kota Ambon pada juara II dan Kota Bitung pada juara III.

Kadis menambahkan, hari ini, rabu (15/8), ketiga pemenang mendemonstrasikan masakannya di Istana Merdeka yang langsung disajikan kepada Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi).

Walikota Ambon, Richard Louhenapessy dalam keterangannya kepada awak media mengungkapkan rasa bangganya, yang pertama kepada pemenang yang dinilai telah mengharumkan nama Kota Ambon dan yang kedua, semua ikan yang digunakan pada ajang final lomba masak ikan nusantara, berasal dari Ambon-Maluku. (DiskominfoAmbon).

Festival Teluk Ambon 2018 Siap Berlangsung Meriah

Posted: 15 Aug 2018 12:10 AM PDT

Festival Teluk Ambon 2018 Siap Berlangsung MeriahAMBON, LELEMUKU.COM - Festival Teluk Ambon (FTA) 2018 yang akan dilaksanakan dalam 3 hari mulai dari tanggal 18 hingga 20 Agustus mendatang ini akan dimeriahkan dengan berbagai acara dan kegiatan.

Menurut Panitia FTA melalui facebooknya pada Selasa (14/8), rangkaian acara dalam iven tahunan yang menjadi bagian dari 73 Tahun Pesona Maluku Untuk Indonesia ini dilaksanakan dalam beberapa kegiatan yakni.

Pada tanggal 18 Agustus, pukul 60.00-08.00 WIT diadakan Senam Pesona di depan Gong Perdamaian Dunia, Kota Ambon, Kegiatan di Teluk Ambon; pukul 07.00-09.00 WIT dilaksanakan Karnaval Pesona Merah Putih di dari Jembatan Merah Putih (JMP) ke Gong Perdamaian.

Kemudian pada 19 Agustus, pukul 11.00 akan dilaksanakan Lomba Tari Kreasi di Lokasi Perdamaian, sementara itu lomba Spot Foto Selfie di 5 kecamatan di Kota Ambon yakni Kecamatan Sirimau, Kecamatan Nusaniwe, Kecamatan Leitimur Selatan, Kecamatan Teluk Ambon Baguala dan Kecamatan Teluk Ambon.

Selanjutnya pada 20 Agustus pukul 09.00 -12.00 WIT akan diadakan Arumbae Manggurebe di Teluk Ambon yang dimulai dari Tirta Kencana hingga JMP. Kemudian pada pukul 14.00-15.00 WIT diadakan Semang Laki-Laki, pukul 15.00-16.00 WIT diadakan lomba Semang Perempuan, kedua lomba ini diadakan di Teluk Ambon. Selanjutnya pada pukul 19.00-21.00 Penutupan Festival Teluk Ambon di Gong Perdamaian.

Sementara itu pameran FTA 2019 di Area Gong Perdamaian akan dibuka dari pukul 08.00 WIT selama festival berlangsung. Pada 16 Agustus dilaksanakan pra event yakni bersih pantai dan laut di desa -desa pada pesisir Teluk Ambon.

FTA merupakan upaya bersama Pemerintah Kota Ambon, Pemerintah Provinsi Maluku dan Kementerian Pariwisata (Kemenpar) RI guna menguatkan kembali semngangat pariwisata di Ambon. Sebab festival ini ditujukan untuk mempromosikan keindahan alam dan kebudayaan di Pulau Ambon ini bakal memanjakan para wisatawan dengan berbagai aktivitas menarik.

Menurut Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Maluku Habiba Saimima, festival ini diharapkan dapat menarik banyak wisatawan, baik wisatawan dari luar negeri maupun dari dalam negeri yang datang ke Kota Ambon sebab Berbagai kompetisi Bahari bakal dihelat selama tiga hari. Mulai dari lomba memancing, Perahu Semang Laki-Laki dan Perahu Semang Perempuan, hingga Lomba Hawaian Band.

"Ada berbagai lomba yang telah kita siapkan seperti lomba Manggurebe Arumbae, lomba Semang laki-laki, lomba Semang perempuan dan lomba destinasi foto selfi serta masih banyak lomba lagi,"kata Saimima seperti dikutip dari N25News saat konfrensi Pers,di Kantor Pariwisata Provinsi Maluku, Selasa (31/7).

Satu ajang yang paling ditunggu-tunggu para wisatawan, baik lokal maupun mancanegara adalah Arumbae Manggurebe. Lewat tradisi para para pemuda dari berbagai Desa di sekitar Pulau Ambon berlomba menerjang perairan teluk Ambon untuk menjadi yang tercepat.

Arumbae Manggurebe digelar sebagai bentuk penghormatan bagi para pejuang atas keberaniannya mengusir para penjajah. Selain itu, Arumbae Manggurebe menjadi simbol masyarakat Ambon yang dinamis dan penuh juang.

Selain aktivitas di air, Festival Teluk Ambon 2018 juga menggelar berbagai macam kegiatan di darat. Mulai dari karnaval etnik hingga parade perahu dekoratif dengan desain khas lokal.

Khusus untuk karnaval etnik, panitia menyiapkan ragam acara menarik seperti konser musik tradisional, pameran busana hingga parade kuliner khas Maluku dan juga Indonesia secara keseluruhan.

Menurut Saimimi ini merupakan salah satu bagian dari kegiatan 73 Tahun Pesona Maluku Untuk Indonesia, serta program Sadar Wisata dan Sapta Pesona akan dilaksanakan di semua Kabupaten/Kota di Provinsi Maluku. Tujuannya adalah Integritas masyarakat dan kesadaran masyarakat terkait pariwisata,sebab jika obyek pariwisata tidak bersih maka tidak ada artinya sama sekali.

"Kita juga undang Dinas Lingkungan Hidup untuk memberikan pelatihan-pelatihan kepada aparat desa dan raja-raja untuk mereka dapat sampaikan itu ke masyarakat, sebab kalau lingkungan pariwisata tidak bagus apa artinya,"jelas Saimima.

Untuk itu diharapkan adanya kerja sama semua pihak agar kegiatan pariwisata yang akan mengharumkan Maluku ini dapat berjalan sukses.

"Kita akan rangkul anak-anak mudah untuk memfiralkan kegiatan ini di media social,"tandas Saimima. (Albert Batlayeri)

Festival Teluk Ambon 2018 Siap Manjakan Wisatawan

Posted: 14 Aug 2018 11:42 PM PDT

AMBON, LELEMUKU.COM - Pemerintah Kota Ambon, Provinsi Maluku dan Kementerian Pariwisata (Kemenpar) RI akan menggelar Festival Teluk Ambon 2018 akan dilaksanakan pada 18 hingga 20 Agustus mendatang.

Festival yang ditujukan untuk mempromosikan keindahan alam dan kebudayaan di Pulau Ambon ini bakal memanjakan para wisatawan dengan berbagai aktivitas menarik.

Menurut Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Maluku Habiba Saimima, festival ini diharapkan dapat menarik banyak wisatawan, baik wisatawan dari luar negeri maupun dari dalam negeri yang datang ke Kota Ambon sebab Berbagai kompetisi Bahari bakal dihelat selama tiga hari. Mulai dari lomba memancing, Perahu Semang Laki-Laki dan Perahu Semang Perempuan, hingga Lomba Hawaian Band.

"Ada berbagai lomba yang telah kita siapkan seperti lomba Manggurebe Arumbae, lomba Semang laki-laki, lomba Semang perempuan dan lomba destinasi foto selfi serta masih banyak lomba lagi,"kata Saimima seperti dikutip dari N25News saat konfrensi Pers,di Kantor Pariwisata Provinsi Maluku, Selasa (31/7).

Satu ajang yang paling ditunggu-tunggu para wisatawan, baik lokal maupun mancanegara adalah Arumbae Manggurebe. Lewat tradisi para para pemuda dari berbagai Desa di sekitar Pulau Ambon berlomba menerjang perairan teluk Ambon untuk menjadi yang tercepat.

Arumbae Manggurebe digelar sebagai bentuk penghormatan bagi para pejuang atas keberaniannya mengusir para penjajah. Selain itu, Arumbae Manggurebe menjadi simbol masyarakat Ambon yang dinamis dan penuh juang.

Selain aktivitas di air, Festival Teluk Ambon 2018 juga menggelar berbagai macam kegiatan di darat. Mulai dari karnaval etnik hingga parade perahu dekoratif dengan desain khas lokal.

Khusus untuk karnaval etnik, panitia menyiapkan ragam acara menarik seperti konser musik tradisional, pameran busana hingga parade kuliner khas Maluku dan juga Indonesia secara keseluruhan.

Menurut Saimimi ini merupakan salah satu bagian dari kegiatan 73 Tahun Pesona Maluku Untuk Indonesia, serta program Sadar Wisata dan Sapta Pesona akan dilaksanakan di semua Kabupaten/Kota di Provinsi Maluku. Tujuannya adalah Integritas masyarakat dan kesadaran masyarakat terkait pariwisata,sebab jika obyek pariwisata tidak bersih maka tidak ada artinya sama sekali.

"Kita juga undang Dinas Lingkungan Hidup untuk memberikan pelatihan-pelatihan kepada aparat desa dan raja-raja untuk mereka dapat sampaikan itu ke masyarakat, sebab kalau lingkungan pariwisata tidak bagus apa artinya,"jelas Saimima.

Untuk itu diharapkan adanya kerja sama semua pihak agar kegiatan pariwisata yang akan mengharumkan Maluku ini dapat berjalan sukses.

"Kita akan rangkul anak-anak mudah untuk memfiralkan kegiatan ini di media social,"tandas Saimima. (Albert Batlayeri)

Imam Nahrawi Harap Tim Panahan Raih Juara

Posted: 14 Aug 2018 10:55 PM PDT

Imam Nahrawi Harap Tim Panahan Raih JuaraSURABAYA, LELEMUKU.COM - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi hari Selasa (14/8) malam bercengkerama dengan tim Panahan Indonesia di Jalan Kertajaya, Surabaya, Jawa Timur. 

Kepada seluruh atlet panahan Indonesia yang menjalani menjalani pelatnas terakhir di Lapangan KONI Surabaya ini diharapkan Menpora bisa menjaga semangat dan kesehatan. 

Menurut Menpora tim Panahan Indonesia ditargetkan meraih minimal dua emas pada Asian Games 2018 di Jakarta dan Palembang. Presiden Joko Widodo menurut Menpora sempat menanyakan perkembangan tim Panahan di Asian Games ini. 

"Pak Presiden Joko Widodo menanyakan kepada saya target panahan, saya bilang targetnya minimal dua emas," kata Menpora.

Cita-cita kita lanjut Menpora, akan memberikan harapan dan ingin bersama menorehkan sejarah yang membanggakan orang tua dan jutaan rakyat Indonesia. 

"Pokoknya kita yakin dan optimis yang penting semangat semua ya sekarang tinggal nunggu waktu yang mendebarkan, semoga semua sehat tidak ada yang cedera satupun, semoga makan malam ini menjadi energi untuk kita semua," harap Menpora.

Pelatih tim Panahan Indonesia Denny Trisyanto mengatakan target medali pemerintah telag sesuai seperti apa yang diharapkannya. 

"Iya target itu seperti keinginan kita ya seperti itu dan merupakan tugas kita dan itu juga yang akan kita kejar apalagi ini di rumah kita di bumi nusantara," ucap Denny. "Meski nantinya kita juga akan berhadapan dengan juara bertahan Korea Selatan kita tetap optimis terlebih semua atlet kita menunjukkan progres yang bagus semua berpeluang," tambahnya. (HumasKemenpora)

Tim Gabungan Masih Mencari KM Kairos yang Hilang di Laut Maluku

Posted: 14 Aug 2018 10:44 PM PDT

Tim Gabungan Masih Mencari KM Kairos yang Hilang di Laut Maluku TERNATE, LELEMUKU.COM - Tim Gabungan Dit Polair Kepolisian Daerah (Polda) Maluku Utara (Malut) Marnit Patroli Pulau Batang dua, Lanal Ternate, Kantor SAR Ternate, Basarnas Manado, Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Bitung melakukan pencarian Kapal Motor (KM) Khairos yang mengalami lost contact di Pulau Mayau Batang Dua, Kota Ternate, Provinsi Maluku Utara sejak Minggu (13/8). 

Pencarian tim gabungan terhadap kapal dengan 18 awak kapal ini mendapat info terbaru bahwa telah ditemukan di Pulau Dama, Kabupaten Halmahera Utara, Maluku Utara.

"Kami berkoordinasi dengan salah satu keluarga korban dan menurut informasi dari mereka bahwa KM Kairos ditemukan warga dan ditarik ke Pulau Dama," kata Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan (SAR) Ternate Muhamad Arafah saat dihubungi, Media Indonesia pada Rabu, (15/8). 

Menurut Arafah, informasi tersebut masih belum bisa dipastikan kevalidannya. Mengingat akses komunikasi di lokasi tersebut sangat sulit. Namun mereka telah mengirimkan tim untuk mengecek ke Pulau Dama apakah benar ditemukan di sana.

"Kami juga telah berkoordinasi dengan instansi terkait serta pemerintah di Halmahera Utara untuk bisa mengecek apakah memang betul KM Kairos telah ditemukan di sana (Pulau Dama). Nanti kami informasikan lagi kepastiannya," ungkap dia

Sementara itu upaya pencarian KM Kairos ditempat lain terus dilakukan oleh tim gabungan meski belum membuahkan hasil. Ia menyatakan pihaknya menyusuri jalur KM Kairos yang bertolak dari Pelabuhan Bitung, Sulawesi Utara menuju Pulau Mayau Batang Dua, Ternate serta pulau-pulau kecil di sekitar jalur layar. Selama perjalanan mereka menemui sejumlah kendala dalam upaya pencarian. Hal paling menjadi kendala ada kondisi cuaca yang tidak bersahabat.

"Cuacanya ekstrem dengan gelombang tinggi sehingga menyulitkan tim dalam upaya pencarian KM Kairos," kata Arafah.

Selain gelombang tinggi, lanjut Arafah, kesulitan berkomunikasi juga jadi kendala. "Di perairan Batang Dua sangat susah jaringan seluler, sehingga tim kesulitan untuk berkoordinasi. Namun, kami sudah menggunakan SSB (single side band)," terangnya.

Meskipun menghadapi sejumlah kendala, Arafah memastikan operasi pencarian akan terus dilakukan hingga KM Kairos bisa ditemukan.

"Kami juga terus berkoordinasi dengan instansi terkait masyarakt dan kapal-kapal yang berlayang di jalur Bitung-Pulau Batang Dua agara segera menginformasikan jika melihat KM Kairos," tandasnya.

Sebelumnya pencarian menggunakan Kapal KN. Pandudewanata ini difokuskan menyisir di perairan Pulau Mayau dan Pulau Tifure Batang Dua. Berdasarkan informasi dari keluarga bahwa KM Kairos diduga mengalami kandas di salah satu pulau di perairan antara Bitung-Batang Dua.

KM Kairos bertolak dari Pelabuhan Bitung, Sulawesi Utara menuju Pulau Mayau Batang Dua, Ternate, Maluku Utara. Kapal  dengan  ukuran kurang lebih 10 meter dan warna lambung Kuning Muda ini seharusnya diperkirakan tiba di Pulau Mayau Batang Dua pada pukul 12.00 Wita pada hari yang sama. Namun sampai Senin, 13 Agustus 2018, KM Kairos belum juga berlabuh di pelabuhan tujuan.

Kapal tersebut memuat 18 awak kapal diantaranya, nahkoda Yuniawan Sallu (43), ABK Yuswan Sallu (47), ABK Nus Nora (33), Abraham Salu (33), Darwan Pugutu (54), Tony Lupa (58), La Ode (32) dan Yohanes Pugutu (27).

Selain itu kapal tersebut ditumpangi beberapa wanita diantaranya Rini Noho (30), Rebeka Kole (52), Susan Manahampi (36), Ani Pugutu (45), Jeklin Pugutu (22), Ririn Guyen (19), Shela Pugutu (24), Lany Guyen (23), Dewi Pugutu (23) dan Regina Katty (13). (Albert Batlayeri)

Imam Nahrawi Minta SCM dan Emtek Tak Acak Siaran Asian Games 2018

Posted: 14 Aug 2018 10:10 PM PDT

Imam Nahrawi Minta SCM dan Emtek Tidak Acak Siaran Asian Games 2018JAKARTA, LELEMUKU.COM - Menanggapi banyaknya pertanyaan dari masyarakat terkait diacaknya siaran langsung siaran pertandingan cabang sepakbola Asian Games 2018 antara tuan rumah Indonesia vs Taipei, Minggu (12/8) malam, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi langsung memanggil Direktur Program Surya Citra Media (SCM) Harsiwi Achmad dan pihak Emtek Grup ke ruang kerjanya, di Jakarta, Senin (13/8) siang.

Dalam kesempatan itu, Harsiwi menjelaskan, bahwa lisensi broadcaster memang ranah hukum Olympic Council of Asia (OCA) sebagai bentuk proteksi untuk masing-masing televisi di seluruh dunia yang menayangkan Asian Games.

"Jadi jika tayangan di Indonesia melalui satelit tidak diacak, maka akan ada spill over yang bisa diterima di negara-negara lain, Emtek Group sudah dari tiga bulan lalu telah bertemu OCA agar supaya tayangan Asian Games ini tidak diacak melalui satelit tapi tidak berhasil," kata Harsiwi.

Emtek Grup, jelas Harsiwi, juga mengizinkan sebagai bagian dari kepentingan nasional dan strategi serta solusi ke seluruh tv berbayar (pay tv) dan RRI sebagai Emtek Radio Partner untuk menayangkan pertandingan Asian Games 2018.

"Kami membebaskan seluruh pay tv di Indonesia untuk me-relay tayangan Asian Games yang ada di SCTV, Indosiar, O-Channel, Nex Media, Metro TV, TV One, TVRI sehingga bisa mencapai hingga ke pelosok tanah air," ungkap Harsiwi.

Direktur Program Surya Citra Media itu berharap masyarakat memahami masalah regulasi dan kerjasama serta legal aspek ini, dan menyarankan pemerintah agar bersurat atau bertemu dengan President OCA agar tayangan acak ini bisa dibuka, karena ini lebih penting bisa disaksikan di seluruh Indonesia dari pada hak tayang atas Asian Games.

Meski diacak oleh OCA, Harsiwi menegaskan, Emtek Group tetap berkomitmen untuk kepentingan nasional dengan menyiarkan Asian Games 2018 melalui media yang bersinergi sebagai Emtek Broadcast Partner.

"Masyarakat Indonesia tetap bisa menonton pertandingan Asian Games melalui streaming di vidio.com di seluruh Indonesia di 13 kanal dan BBM Channel," terang Harsiwi.

Menpora Imam Nahrawi yang didampingi Deputi Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga Mulayan, Deputi Bidang Pembudayaan Olahraga R. Isnanta dan Asdep Olahraga Prestasi Chandra Bhakti tetap berusaha untuk meyakinkan President OCA agar tayangan pertandingan Asian Games tidak diacak.

"Sekarang tugas kita bersama meyakinkan OCA agar tayangan pertandingan Asian Games ini tidak diberlakukan encrypted (acak) dan bisa dicabut," ucap Menpora.

Menpora berharap dari pihak Emtek Group,  bisa menjelaskan ke media dan masyarakat agar tahu dan memahami apa yang terjadi terkait diacaknya tayangan Asian Games ini.

"Semangat terus para penonton dan seluruh warga Indonesia untuk sukses Asian Games 2018," pesan Menpora Imam Nahrawi. (Humas Kemenpora)

Rosias Kabalmay Ungkap 15 Restoran Pengguna Mesin Kasir Tunai

Posted: 14 Aug 2018 09:58 PM PDT

 Rosias Kabalmay Ungkap 15 Restoran Pengguna Mesin Kasir TunaiSAUMLAKI, LELEMUKU.COM – Pemerintah Kabupaten Maluku Tenggara Barat (MTB), Provinsi Maluku, menetapkan 15 restoran dan rumah makan dalam wilayah Kecamatan Tanimbar Selatan (Tansel) sebagai pengguna Mesin Cash Register atau mesin kasir tahun 2018.

Ke 15 restoran atau rumah makan tersebut adalah tempat usaha makan yang memiliki tingkat pengunjung yang tinggi diantaranya Harapan Indah, Enang Maria, Buritan, Warung Makan Alex, Ayah I, Sogol Pelabuhan, Mahameru, Hidayah, Gemilang,  Mbak Tutik, Sari Laut, Jawa Supiyani, Dua Putra, Bete-Bete dan Warung Kopi Joas.

Menurut Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) MTB, Rosias R. M. Kabalmay, S.Pt., M.Si, hal tersebut sudah tertuang di dalam Surat Keputusan (SK) Bupati MTB, Petrus Fatlolon, SH., MH dengan nomor 970-344 Tahun 2018, yang tertanggal 29 Juni 2018 tentang penetapan 15 restoran dan rumah makan dalam wilayah Kecamatan Tanimbar Selatan (Tansel) sebagai pengguna Mesin tersebut untuk meningkatkan penerimaan daerah dari sektor pajak restoran.

"Pemkab MTB telah menyediakan mesin cash register yang diberikan kepada 15 restoran atau rumah makan yang berada di wilayah Kecamatan Tansel untuk digunakan dalam proses pelayanan transaksi pembayaran kepada pengguna jasa restoran atau rumah makan," kata Kabalmay kepada Lelemuku.com, pada Senin (13/8).

Ia menilai selama ini pihak restoran atau rumah makan di wilayah Kecamatan itu belum secara maksimal menyetor pajak restoran yang diperoleh dari pengguna jasa restoran atau rumah makan yang ditetapkan sebesar 10% dari jumlah transaksi pembayaran.

Dimana pajak restoran atau rumah makan sendiri merupakan pajak yang dikategorikan sebagai Self Assessment System yaitu suatu sistem pemungutan pajak yang memberi wewenang penuh kepada wajib pajak (WP) untuk menghitung, memperhitungkan, menyetor dan melaporkan sendiri besarnya hutang pajaknya. 

"Mesin kasir ini tercatat sebagai aset pemda dalam hal ini aset Bapenda yang di pinjam pakaikan kepada WP. Ini merupakan salah satu sistem yang bisa mengontrol para WP, salah satu tujuan menggunakannya adalah agar kita lebih memastikan kebenaran pajak yang dilaporkan oleh WP setiap bulannya ke Bapenda.," nilai Kabalmay. 

Ia mengungkapkan penggunaan mesin daftar tunai ini telah ditetapkan secara resmi pada tanggal 11 Agustus 2018 dan kepada 15 restoran atau rumah makan tersebut wajib untuk menggunakan mesin kasir itu dalam setiap kegiatan pelayanan makan atau minum.

Sedangkan bagi WP pemilik tempat usaha yang kedapatan tidak menggunakannya akan ditindak tegas sesuai ketentuan perundangan yang berlaku, yaitu teguran, pemberian denda hingga penutupan tempat usaha.

Kepala Bapenda Kabalmay pun berharap dengan adanya bantuan mesin tersebut para pemilik usaha dapat melaporkan hutang pajaknya sesuai dengan kondisi nyata, yang tentunya akan berdampak positif pula pada peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) khususnya dari pajak restoran atau rumah makan. 

"Pemilik usaha tidak bisa lagi melapor sesuka hati tetapi akan melaporkan sesuai dengan kondisi real. Karena jika masih sesukanya, kami pasti akan segera mengetahuinya disini. Jadi kalau sistem ini jalan secara baik maka kami yakin sungguh bahwa pasti ada peningkatan PAD," harapnya.

Mesin Cash Register yang digunakan ini adalah kombinasi antara mesin Point of sales (POS) dan Cash Drawer dimana sebuah sistem yang memiliki alat (hardware) dan program (software) yang digunakan untuk mencatat transaksi, stock barang dan dilengkapi juga dengan sistem laporan manajemen yang terintegrasi.

Mesin POS ini basisnya Android dengan sistem pengoperasian yang akan terhubung dengan internet, kemudian dari transaksi online tersebut akan tercatat di monitor website yang bisa langsung diakses oleh  Bapenda MTB. (Laura Sobuber)

Dewan Olimpiade Asia (OCA) Pastikan Kenyamanan Wisma Atlet di Jakabaring

Posted: 14 Aug 2018 09:14 PM PDT

PALEMBANG, LELEMUKU.COM - Dewan Olimpiade Asia atau Olympic Council of Asia (OCA) selaku otoritas tertinggi penyelenggaraan Asian Games di Jakarta dan Palembang pada 2018  ini memastikan tidak akan ada komplain dari peserta yang sudah menginap di Wisma Atlet dan Rusunawa Jakabaring Sport City, Palembang.

Wakil Presiden Kehormatan OCA Wei Jizhong di Palembang, Senin, mengatakan, dirinya yang sudah tiba di kota penyelenggaraan Asian Games ini sejak Minggu (12/8) sudah bertanya langsung ke beberapa peserta yang sudah tiba lebih awal mengenai tingkat kepuasan selama tinggal di penginapan di JSC.

"Saya sudah tanyakan dan mereka menjawab, nyaman, dan sangat nyaman," kata Wei Jizhong.

Menurutnya, pernyataan dari atlet dan ofisial ini sangat mengembirakan, seakan membayar jerih payahnya sejak Juli 2017 yang secara periodik mengunjungi Palembang untuk memantau persiapan Asian Games 2018.

Bagi Wei, kenyamanan peserta menjadi sesuatu yang vital karena menjadi tolak ukur kesuksesan penyelenggaraan Asian Games. Untuk membuktikan hal tersebut, Wei sendiri mencoba menu yang disajikan juru masak di Dinning Hall JSC. "Saya tes satu per satu, dan enak. Bagi saya, ini sangat layak untuk atlet," ujar Wei.

Meski demikian, Wei tetap mencatat masih terdapat beberapa poin yang harus diperbaiki. Terkait apa saja, Wei enggan mengungkapkannya.

"Saya catat ada 20 poin, tapi ini hanya masalah kecil, yang malahan sudah bisa diselesaikan hari ini juga, tidak menunggu hingga pembukaan Asian Games," kata dia.

Kota Palembang sebagai kota kedua penyelenggara Asian Games setelah Jakarta pada 18 Agustus -2 September 2018 menyediakan tiga tempat untuk penginapan sekitar 3.100 atlet yakni tiga tower di Wisma Atlet, 5 tower di Rusunawa dan 1 tower di Rusunami.

Setiap tower terdiri dari enam lantai yang dilengkapi fasilitas lift. Untuk lokasi Dinning Hall hanya dijangkau dengan berjalan kaki lebih kurang lima menit. Kota Palembang menjadi tuan rumah Asian Games XVIII bersama DKI Jakarta dengan menggelar 14 cabang olahraga, di antaranya menembak, sepak bola wanita, tenis lapangan, voli pantai, skateboard, dan lainnya.

Cabang olahraga sepak bola wanita akan menjadi cabang olahraga pertama yang menggelar pertandingan yakni pada 16 Agustus 2018. (AG2018).
Bagi ke WA Bagi ke G+