-->

Polisi Gagalkan Penyeludupan 9 Karung Cap Tikus dari Oknum IRT di Dodinga

Polisi Gagalkan Penyeludupan 9 Karung Cap Tikus dari Oknum IRT di Dodinga


Polisi Gagalkan Penyeludupan 9 Karung Cap Tikus dari Oknum IRT di Dodinga

Posted: 28 Aug 2018 02:37 PM PDT

Polisi Gagalkan Penyeludupan 9 Karung Cap Tikus dari Oknum IRT di Dodinga TERNATE, LELEMUKU.COM - Kepolisian Daerah (Polda) Maluku Utara melalui Pos Pol Dodinga, Polres Halmahera Barat menggagalkan penyelundupan minuman keras sebanyak 9 karung miras jenis cap tikus kemasan karung ukuran 25/50 Kg, dini hari pukul 02.30 WIT. Senin (27/8).

Penangkapan dilakukan oleh 2 orang anggota Polisi Pospol Dodinga, Bripda Awaludin dan Bripda yusup, di ruas Jalan perempatan Dodinga, tepatnya bertepatan dengan Pospol Dodinga, Desa Dodinga, Kab. Halmahera Barat.

Pendistribusian minuman keras (miras) jenis cap tikus yang dibawa melalui jalur darat dari Kec. Kao Kabupaten Halmahera Utara dengan tujuan Kota Ternate.

Diketahui bahwa pemilik minuman keras (Miras) jenis cap tikus adalah ibu-ibu yang berprofesi sebagai ibu rumah tangga warga Desa Pitu Tobelo dan  warga Desa Wosia Halmahera Utara.

"Pemilik miras telah diberi himbauan dan penekanan untuk tidak mengulangi perbuatannya, sementara  barang bukti minuman keras sudah kami amankan di Pos Pol Dodinga guna penanganan lebih lanjut", ucap Bripda Awaludin. (HumasPoldaMalut)

Kodam Pattimura Gelar Penataran MTT Pengetahuan Dasar Intel

Posted: 28 Aug 2018 02:17 PM PDT

Kodam Pattimura Gelar Penataran MTT Pengetahuan Dasar IntelLIANG, LELEMUKU.COM - Kodam XVI/Pattimura menggelar Penataran Mobile Traning Team (MTT) Pengetahuan Dasar Intel bagi Baintel dan Babinsa, yang dibuka oleh Asintel Kasdam XVI/Pattimura, Kolonel Inf R. Suranto S.I.P, bertempat di Dodik Bela Negara Rindam XVI/Pattimura Desa  Liang, Kec. Salahutu, Kabupaten Maluku Tengah (Malteng), Provinsi Maluku pada Senin (27/08).

Kegiatan yang diikuti sebanyak 150 orang peserta ini, berlangsung sejak  tanggal 27 Agustus s.d 8 September 2018.

Penataran Mobile Traning Team (MTT) Pengetahuan Dasar Intelejen bagi Baintel dan Babinsa ini bertujuan memberikan, memelihara pengetahuan dan keterampilan dasar intelejen, meningkatkan kemampuan dalam melakukan pengumpulan data melalui berbagai macam sumber, mampu membentuk aparat intelejen guna mampu mencermati setiap perkembangan situasi di wilayah masing-masing sehingga dapat menyajikan informasi yang akurat kepada pimpinan dalam pengambilan tindakan  atau keputusan yang tepat.

Pangdam XVI/Pattimura Mayjen TNI Suko Pranoto dalam amanat yang dibacakan  Asintel Kasdam XVI/Pattimura mengatakan, kewaspadaan dan kesiapsiagaan harus terus dilakukan, mengingat secara umum kondisi wilayah di Maluku dan Maluku Utara sudah kondusif dan aktifitas sosial masyarakat sudah berjalan normal.

Hal ini penting dalam menghadapi dinamika pesta demokrasi paska pilkada serentak dan menjelang Pilpres pada tahun 2019 mendatang

"Disisi lain, ancaman yang berpotensi mengganggu kedaulatan bangsa adalah gerakan-gerakan yang dilakukan oleh radikal kanan dan radikal kiri, gerakan intoleransi dan terorisme. Seiring dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi serta dinamika kehidupan yang semakin kompleks pada saat ini, dunia intelejen terus bergerak dan berubah dengan cepat, sehingga aparat intelejen harus selalu peka mengikuti setiap pergeseran pola interaksi sekecil apapun dan sigap menjawab tuntutan tugas dengan aktif mengembangkan potensi serta kualitas diri. Untuk itu, kegiatan Mobile Training Team (MTT) ini merupakan momen yang tepat guna meningkatkan profesionalitas aparat intelejen dan sekaligus untuk membekali para Baintel dan Babinsa dalam menghadapi situasi dan perkembangan tugas kedepan." kata Pangdam.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Para Asisten dan Kabalak Kodam XVI/Ptm, Wadanrindam XVI/Ptm Kolonel Inf Alfi Sahri Lubis, S.I.P., M.M, Para Gumil Rindam XVI/Ptm, Gumil Pusintelad Letkol Inf Agus Panca dan Kapten Inf Max Dwi. Y. (Pendam16)

Tjahjo Kumolo Berikan Pembekalan ke Camat di Sulawesi, Maluku dan Papua

Posted: 28 Aug 2018 02:06 PM PDT

Tjahjo Kumolo Berikan Pembekalan ke Camat di Sulawesi, Maluku dan PapuaJAKARTA, LELEMUKU.COM - Untuk melakukan penguatan penyelenggaran pemerintah daerah di wilayah kecamatan, sesuai PP Nomor 17 tahun 2018 tentang kecamatan, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo akan memberikan pembekalan kepada camat-camat Regional I yang meliputi Camat seluruh pulau Sulawesi, pulau Maluku dan Papua di Kota Manado pada 30 Agustus 2018 mendatang.

"Saya hadir di Manado untuk memberikan pembekalan dalam Rakornas Camat Regional I, Sulawesi dan Kalimantan," ujar Tjahjo dalam keterangan persnya di Jakarta, Sabtu (25/8).

Rakor Camat ini diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Administrasi Kewilayahan Kementerian Dalam Negeri (Ditjen Adwil Kemendagri) dengan tema "Penguatan Penyelenggaraan Pemerintahan di Wilayah Kecamatan Sesuai PP No. 17 Tahun 2018 tentang Kecamatan".

Diketahui, Peraturan Pemerintah Nomor 17 tahun 2018 ini adalah turunan dari pasal 228 dan pasal 230 UU Nomor 23 tahun 2014. Dalam PP tersebut dijelaskan bahwa kecamatan atau yang disebut dengan nama lain adalah bagian wilayah dari daerah kabupaten/kota yang dipimpin oleh camat.

Berdasarkan pasal 225 ayat (1) bahwa Camat juga bertugas menyelenggarakan urusan pemerintahan umum antara lain pembinaan ideologi dan wawasan kebangsaan, kerukunan dan stabilitas kehidupan masyarakat serta ketentraman dan ketertiban masyarakat, pelayanan serta pembangunan untuk peningkatan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Dalam pembekalan ini nantinya akan dijelaskan tugas camat sesuai dengan PP NO 17 tahun 2018. Dimana Camat dalam memimpin Kecamatan, menurut PP ini, bertugas di antaranya yakni:

a. menyelenggarakan urusan pemerintahan umum di tingkat Kecamatan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang mengatur pelaksanaan urusan pemerintahan umum; b. mengoordinasikan kegiatan pemberdayaan masyarakat; c. mengoordinasikan upaya penyeleggaraan ketentraman dan ketertiban umum; dan d. mengoordinasikan penerapan dan penegakan Peraturan Daerah dan Peraturan Kepala Daerah.

Selain melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud, menurut PP ini, camat mendapatkan pelimpahan sebagian kewenangan bupati/wali kota, yaitu: a. untuk melaksanakan sebagian urusan pemerintahan yang menjadi kewenangan daerah kabupaten/kota; dan b. untuk melaksnakan tugas pembantuan.

Sebagian urusan pemerintahan yang dilimpahkan sebagaimana dimaksud terdiri atas pelayanan perizinan dan non perizinan.

"Pelayanan perizinan sebagaimana dimaksud dilaksanakan dengan kriteria: a. proses sederhana; b. objek perizinan berskala kecil; c. tidak memerlukan kajian teknis yang kompleks; dan d. tidak memerlukan teknologi tinggi," bunyi Pasal 11 ayat (3) PP ini.

Khusus untuk camat di kawasan perbatasan negara yang wilayahnya di luar pos batas lintas negara, menurut PP ini, dapat membantu pengawasan di bidang keimigrasian, kepabeanan, dan perkarantinaan yang ditugaskan kementerian/lembaga pemerintah non kementerian terkait kepada bupati/wali kota.

Selain itu, camat di kawasan perbatasan negara dapat diberikan kewenangan tertentu sesuai penugasan dari Pemerintah Pusat secara berjenjang dalam pengelolaan dan pemanfaatan kawasan perbatasan negara sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Di Manado, Mendagri juga akan menghadiri Pembukaan Manado Fiesta 2018 di kawasan Mega Mas pada Jumat, 31 Agustus 2018. (JPP)

Social Media Activist Delivered Public Apology to Maluku People

Posted: 28 Aug 2018 01:41 PM PDT

Social Media Activist Delivered Public Apology to Maluku PeopleJAKARTA, LELEMUKU.COM - Social media activist named Shafiq Pontoh publicly apologizes to Ambonese in particular and Maluku people in general. He apologized, after making a mistake in conveying information related to social media users in the city.

This apology was delivered in one program on a national television, Kompas TV, on Tuesday (28/8).

"This is a reminder that I will save. This is a lesson for me so that I am more careful in speaking," he said.

Shafiq stated that he made this apology because the information submitted to the television program a few days ago was not in accordance with the facts in the field.

He hopes Maluku people can forgive this mistake.

Ambon Mayor Richard Louhenapessy responded to the apology by revealing that this slowed their efforts to shape the image of Ambon which is technology-friendly.

"Because Ambon is far from the eastern edge of Indonesia, people sometimes give wrong perceptions. But now we are developing and the government is pushing for that development by adding public facilities with a limited budget," he said.

Louhenapessy stressed that this event must be a lesson. He hopes, everyone can control themselves in giving opinions.

"From the events we face, we have to be more careful in commenting because it can be a joke, but it can be accidentally viral. If it is viral, it can be responded positively, it can also be responded negatively and it can create a split in understanding , "he insisted. (Albert Batlayeri)

Shafiq Pontoh dan Ngopi Kompas TV Minta Maaf ke Warga Maluku

Posted: 28 Aug 2018 11:51 AM PDT

Syafiq Pontoh dan Ngopi Kompas TV Minta Maaf JAKARTA, LELEMUKU.COM - Pegiat media sosial (medsos),  Shafiq Pontoh menyatakan permintaan maaf secara terbuka kepada warga Ambon pada khususnya dan Maluku pada umumnya di program televisi, Ngopi di Kompas TV  pada Selasa (28/8).

"Ini jadi pengingat yang saya simpan dan pelajaran juga untuk saya terima supaya saya lebih berhati-hati dan disini saya mengajukan permohonan maaf ketika apa yang saya sampaikan tidak sesuai dengan fakta dilapangan," ujar Pontoh dihadapan beberapa narasumber dari program yang disiarkan pada pukul 22.00 WIT itu.

Dihadapan narasumber diantaranya Walikota Ambon, Richard Louhenapessy, Aktivis Sosial Pendeta Jack Manuputty, Direktur Beta Kreatif Ikhsan Tualeka dan fasilitator Paparisa Ambon Bergerak M. Burhan Borut ia mengakui bahwa dirinya tidak pernah menyimpan pandangan buruk terhadap Maluku, hal ini dibuktikan dengan paritisipasi dan komunikasi yang dibangun dengan muda-mudi Malukus sejak 2009 lalu.

"Saya sudah berhubungan dengan teman-teman di Kota Ambon sejak 2009 dan pada 2011 kami membuat Sosial Media Fest dan bikin live streaming dari Jakarta, Yogya dan Ambon," ungkap dia.

Sementara terkait kasus salah pernyataan dirinya itu diakui bahwa data itu dikutip saat kunjungan pada 17 Maret 2017.
"Saat itu, saya tanya di suatu kelas dan itu tidak mengeneralisir seluruh masyarakat yang ada di Maluku dan di Ambon terkait sosial media. Saya tanya waktu itu dan saya mendapat beberapa jawaban dan jawaban itu yang seolah-olah saya mengeneralisir seluruhnya dan itu tidak benar," ungkap dia.

Setelah itu, co-founder di perusahaan konsultan bisnis dan riset, Provetic. dan inisiator acara media sosial di Indonesia, Sosial Media Festival, ini juga menyatakan bahwa itu adalah kesalahan fatal yang dilakukan oleh dirinya sendiri.

"Saya bertanya untuk tahu penggunaan sosial media disitu sudah seperti apa dan ketika saya tanya itu bukannya sebuah sampel dan disitu saya bertanya 'siapa yang menggunakan sosial media. Itu cuma sample (contoh) kecil saja, dan ketika saya mengeneralisirnya maka saya salah dan saya minta maaf juga ke teman-teman di Maluku dan di Ambon, sebab itu bukan data seperti riset tapi saya hanya tanya di satu kelas dan seolah-olah mengeneralisi satu Ambon dan menurut saya itu tidak tepat, apapun itu saya salah," ujar dia.

"Saya berterima kasih kepada teman-teman untuk dapat bertemu dan bertabayun. Saya juga pahami bahwa masyarakat di Maluku dan di Ambon seperti yang saya telah sampaikan, dan saya minta maaf," ungkap lulusan ilmu fisika dari Institut Teknologi Bandung (ITB) itu.

Sementara itu para pembawa acara tersebut juga menyampaikan permintaan maaf, Inaya Wahid menyatakan bahwa dirinya dan rekannya Nitia Anisa mengakui kesalahan pahaman yang dilakukan.

"Kita  juga minta maaf untuk kesalahpahaman yang terjadi. Bahwa kemudian sikap-sikap melalui gestur yang kita munculkan tidak pernah dimaksudkan untuk merendahkan atau menghina," ujar Inaya.

"Kita belajar banyak bagaimana untuk mencoba memahami dari satu sudut saja, karna sangat mudah untuk melakukan sesuatu yang biasa kita lakukan," tambah Nitia Anisa.

Hal ini ditanggapi Fasilitator Paparisa Ambon Bergerak,  Borut dengan menyatakan bahwa mewakili komunitasnya, ia telah memaafkan pernyataan Syarif Pontoh.

"Sehubungan dengan kejadian kemarin, teman-teman di Ambon menyesalkan pernyataan yang disampaikan. Tapi yang jelas Bang Syarif sudah minta maaf dan secara pribadi teman-teman memaafkan. Saya juga mengajak teman-teman yang lain juga ikut memaafkan," ucap dia.

Selanjutnya Direktur Beta Kreatif Ikhsan Tualeka menyatakan kekecewaan warga internet dari Maluku di Facebook muncul akibat pernyataan yang tidak akurat dari Syafiq.

"Kemarahan kolektif itu muncul karena, pertama, Bung Shafiq kurang akurat atau tidak akurat dalam memberikan data, lebih parah lagi jumlah yang sedikit itu secara qualitatif dan quantitatif langsung disimpulkan bahwa kita tertinggal," ujar dia.

Tualeka melanjutkan, kekecewaan ini juga muncul karena upaya pemulihan wajah Kota Ambon yang dirusak akibat konflik sektarian pada tahun  2000an terasa sia-sia akibat pernyataan tersebut.

"Hal ini menimbulkan kemarahan karena kita anak muda di Maluku, khususnya di Ambon sedang berusaha meninggalkan stigma yang tertinggal, belum maju. Ditengah-tengah itu, statemen Bro Shafiq begitu meninggalkan kesan bahwa kita masih tertinggal itu yang membuat kemarahan itu begitu muncul," jelas Co Produser Film Cahaya dari Timur itu.

Ia menyatakan faktanya di Kota Ambon,jumlah warga internet yang membagi status facebooknya dari Kota Ambon bisa mencapai 400 hingga 500 ribu orang pengguna. Hal positif yang menunjukkan bahwa kota tersebut mengalami peningkatan IT yang tajam tersebut seolah tidak dianggap oleh penggiat medsos seperti Pontoh.

"Kita disana juga bukanlah orang bekerja, bukan juga hanya kegiatan-kegiatan sosial dan kontribusinya bagi perdamaian ketika ada postingan orang yang memprovokasi dan nantinya cepat mengklarifikasi itu dan kemudian menjadi tenang. Saya juga punya pengalaman kemarin pada tahun 2017 kita bikin pemecahan rekor 4 kilometer bendera merah putih terpanjang. Jadi dibentangkan kemudian dijahit diatas jembatan merah putih dan orang bisa terlibat pada kegiatan itu semua digerakan melalui sosial media, khusunya lewat facebook dan instagram," beber dia.

Sedangkan Walikota Ambon, Richard Louhenapessy menyatakan bahwa pada dasarnya pemerintah Kota Ambon telah berusaha semaksimal mungkin menbentuk citra Ambon yang ramah teknologi.

"Kami bersyukur bahwa dengan  IT, Ambon bisa sejajar dengan  daerah lain. Karena Ambon itu jauh berada di ujung Timur Indonesia sehingga orang kadang-kadang memberikan persepsi yang keliru. Sekarang kami ada dorong back up fasilias kepentingan masyarakat, namun karena kapasitas anggaran terbatas maka kita sesuaikan dengan kondisi anggaran yang ada," ujar dia.

Louhenapessy menandaskan bahwa, peristiwa ini harus dijadikan pelajaran kepada siapa saja agar dapat lebih mengendalikan diri saat memberikan opini, apalagi terhadap hal-hal yang berada diluar keahlian dan kendali mereka, sehingga tidak menjadi bumbu menciptakan rasa benci antar warga negara Indonesia.

"Dari pengalaman yang kita temui ini, kita harus lebih berhati-hati memberikan komentar sebab bisa saja berkelakar dan bersenda gurau, tapi tanpa sengaja itu bisa viral. Jika viral, hal itu bisa saja ditanggapi positif, bisa juga direspon negatif dan itu bisa ciptakan disintegrasi," tegas dia. (Albert Batlayeri)

KP2KP Saumlaki Ingin Pemdes Naikan Proporsi Pajak Dana Desa

Posted: 28 Aug 2018 08:02 AM PDT

KP2KP Saumlaki Ingin Pemdes Naikan Proporsi Pajak Dana DesaSAUMLAKI, LELEMUKU.COM - Kepala Kantor Pelayanan Penyuluhan dan Konsultasi Perpajakan (KP2KP) Saumlaki, Kabupaten Maluku Tenggara Barat (MTB), Provinsi Maluku, Kukuh Hanna Prapanca ingin pemerintah desa (Pemdes) di Kepulauan Tanimbar naikan proporsi pajak Dana Desa (DD).

"Kami ingin perbaiki proporsi pajak yang dibayar, yang sekitar dua sampai tiga persen naik menjadi sekitar lima persen. Sebenarnya formulasi yang ideal itu 7 persen," kata dia kepada para awak media saat menjadi pemateri dalam kegiatan Pelatihan Penatausahaan Keuangan Desa Bagi Aparatur Pemdes di Lingkup Pemerintah Daerah (Pemda) MTB Tahun 2018, pada Senin (27/8).

Ia mengungkapkan kenaikan proporsi pajak tersebut pun bersifat kasuistik  sebab dari kerjasama pengelola DD dengan pihak ketiga ada jenis pengahasilan yang tidak perlu membayar pajak.

Prapanca pun menjelaskan bahwa 80 desa dari 10 Kecamatan di Bumi Duan Lolat ini sudah memiliki nomor pokok wajib pajak (NPWP) dan juga sudah menjalankan pelaporan perpajakannya secara baik.

"Ketika kita berbicara DD yang diberikan kepada aparatur desa itu sekitar 1,4 milyar untuk satu desa. Dari 80 desa untuk 2017 sudah lumayan artinya kisarannya berkisar antara 2 sampai 3 persen, masih kurang memang tapi kalau kita lihat terminan dari daerah lain masih dibahwanya," tambahnya. (Laura Sobuber)

Inilah 5 Nama SKPD Baru di Maluku Tenggara Barat

Posted: 28 Aug 2018 07:38 AM PDT

Inilah 5 Nama SKPD Baru di Maluku Tenggara BaratSAUMLAKI, LELEMUKU.COM – Pemerintah Daerah (Pemda) Maluku Tenggara Barat (MTB), Provinsi Maluku sudah membentuk lima Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) baru di Kepulauan Tanimbar.

Menurut Sekretaris Daerah (Sekda) MTB, Piterson Rangkoratat, SH bahwa Pemda MTB saat ini telah menyiapkan daftar Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang pembentukan organisasi perangkat daerah, dimana Raperda tersebut disusun setelah adanya kajian yang dilakukan oleh bagian organisasi yang dikonsultasikan terlebih dulu dengan pemerintah provinsi (Pemprov) Maluku dan Pemerintah Pusat.

"Dari kajian tersebut, hasilnya telah kita terima yaitu mereka menyetujui  lima SKPD yang kita bentuk itu," kata dia kepada Lelemuku.com, pada Senin (27/8).

Sekda Rangkoratat mengungkapkan ke lima SKPD tersebut adalah Dinas Pekerjaan Umum (PU) dan Tata Ruang, Dinas Bina Marga, Dinas Cipta Karya, Dinas Pemuda dan Olahraga dan Badan Pengelolaan Perbatasan.

Ia pun membeberkan untuk pengisihan struktur dan penyiapan Sumber Daya Manusia (SDM) dari ke lima SKPD tersebut sudah dipetakan dan disiapkan, pihaknya tinggal menunggu aspek normatif yaitu pengesahan dan penetapan dari Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) MTB.

"Daftarnya sudah kita siap dan kemungkinan di minggu ke dua di bulan September ini kita sudah ajukan ke DPRD untuk dibahas bersama. Dan setelah kelembagaannya sudah ditetapkan, maka akan langsung kita lakukan pengisihan struktur, yang sudah kita siapkan. Kita berharap setelah dibentuk, nanti pada APBD perubahan 2018 biaya operasional dari ke lima dinas itu sudah terakomodir," beber Sekda Rangkoratat. 

Sebelumnya pada Rabu, 8 Agustus 2018 lalu, Bupati MTB Petrus Fatlolon menyatakan bahwa akan ada pemekaran beberapa SKPD di lingkungan Pemkab MTB. (Laura Sobuber)

Pemkot Kupang Selenggarakan Pameran Pangan Organik

Posted: 28 Aug 2018 06:41 AM PDT

Pemkot Kupang Selenggarakan Pameran Pangan OrganikKUPANG, LELEMUKU.COM - Dalam rangka memperingati hari Kemerdekaan Republik Indonesia, Komunitas Pangan Organik  Kota Kupang menyelenggarakan Pameran Pangan Organik dengan tema "jadikan peringatan Kemerdekaan RI sebagai tonggak perubahan pola konsumsi pangan organik".

Acara pembukaan Pameran Pangan Organik tersebut berlangsung di halaman Gereja Betel Maulafa, Senin (6/8). Hadir pada acara pembukaan kegiatan Wali Kota Kupang, Perwakilan BI Nusa Tenggara Timur (NTT) Perwakilan Bank NTT, Perwakilan OJK, Sekertaris Dinas Ketahanan Pangan Propinsi NTT, Ketua Majelis Jemaat Gereja Betel Maulafa yang juga Ketua Komunitas Pangan Organik.

Wali Kota Kupang Dr. Jefirstson R. Riwu Kore, MM, MH pada kesemapatan tersebut menyambut baik dan memberikan apresiasi terhadap gagasan dan terobosan dari Komunitas Pangan Organik Kota Kupang, karena kegiatan ini juga telah mendukung salah satu upaya Pemerintah khususnya dalam bidang pemenuhan kecukupan pangan masyarakat yang aman dan berkualitas.

Dengan di adakan kegiatan ini kiranya dapat memberikan wawasan kepada masyarakat akan pentingnya pemenuhan akan pangan yang selain cukup secara kuantitas harus diikuti juga dengan kualitas yang memadai. Kegiatan ini berlangsung dari tanggal 7 - 10 Agustus 2018 di halaman Gereja Betel Maulafa. (HumasKotaKupang)

Tampil di Asian Games, Alvina Tehupeiory Tak Berharap ke Pemprov Maluku

Posted: 28 Aug 2018 06:34 AM PDT

Alvina Tehupeiory Tak Berharap ke Pemprov MalukuAMBON, LELEMUKU.COM - Alvina Tehupeiory hadir pesta olahraga Asian Games 2018 bukan mewakili Pemerintah Provinsi (Pemprov) Maluku, sebab dirinya menyatakan tidak mendapatkan perhatian dari pemprov melalui Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) dan Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Provinsi Maluku.

"Kami tidak mengharapkan banyak, tapi sedikit saja perhatian dengan menanyakan kabar kami saja sudah cukup bagi kami. Karena selama kami berjuang di Asean Games tidak ada perhatian Pemerintah Provinsi Maluku," ujar Alvina seperti dipublikasikan penyiar RadioN25, Evan Billy Kainama dalam akun facebooknya pada Selasa (28/7).

Menurut Alvina, dirinya bersama rekan-rekan atlit yang berasal dari Maluku tidak terlalu berharap kepada pemerintah daerah (Pemda) yang selama ini tidak pernah mendukung karir mereka sebagai olahragawan.

Hal ini ditanggapi beberapa warga Maluku dengan mendukung pernyataan tersebut dengan mempertanyakan kinerja pemda Joy Dahaka

"Nah kalo menurut atlet tinju Bram Betaubun, tidak ada perhatian darr pemda, kemudian atlet atletik ini juga bicara yang sama. Lalu Kadispora Semmy Huwae dan Ketua KONI Maluku menyatakan di koran selalu berkomunikasi dan memberi perhatian ke atlet Maluku, menunjukan siapa sebenarnya yang sinting? Itu atlet mana yang selama ini berkomunikasi dgn mereka? Mungkin dari Uganda atau Wakanda?," ujar Arthur J Manuputty

"Justru itu cari pemimpin yang memperjuangakan anak Maluku bukan di biarkan begtu saja.. setuju klo atlt maluku hijra ke daerah lainn..dri pada di daerah sendri tdk di perhatikan," ujar Joy Dahaka.

Gadis asal Desa Hutumuri, Kecamatan Leitimur Selatan (Letisel), Kota Ambon, Provinsi Maluku tersebut merupakan atlet lari gawang profesional yang merupakan kebanggaan TNI-AD pada satuan Kodam XVI/Pattimura.

Wanita berpangkat Sersan Dua (Serda) ini lahir di Ambon, pada 05 April 1995, merupakan anak ke-3 dari 4 bersaudara pasangan Alm. Wellem Tehupeiory dan Ibu Maria Kailuhu.

Alvina memulai karir sebagai atlet lari gawang sejak umur 15 tahun dan menjadi atlet karena memang kemauan sendiri.

Menurutnya dengan menjadi atlet, Dia mampu membahagiakan kedua orang tuanya, terlebih bagi almarhum Ayahnya. Berkat menjadi atlet, kini dia telah mewujudkan cita-citanya untuk mengabdi kepada negara dengan menjadi Tentara (Kowad).

Sebelum meninggal, Ayahnya berpesan kalau dirinya ingin melihat anaknya berlaga di kejuaraan Asian Games seperti sekarang.

"Dan akhirnya Saya buktikan itu buat almarhum Papa melalui Kejuaraan Asian Games Tahun 2018. Saya Akan berjuang semampu saya untuk Negara, Daerah, Orang Tua serta Kesatuan Saya" tegasnya.

Dengan tinggi 169 cm dan berat 54 kg itu, Dirinya terpilih menjadi atlet Asian Games Tahun 2018 mewakili Indonesia di Cabang Olah Raga Lari Gawang Putri 200 m.

Selain Alvian, di Asean Games kali ini, ada 1 atlet lagi yang berasal dari Maluku, yakni Wempy Pelamonia yang merupakan siswa salah satu SMK di Maluku Tengah.

Alvina mengikuti nomor lari 200 meter dan lari gawang 400 meter, sementara Wempy mengikuti nomor lari 800 meter dan nomor lari estafet 4x400 meter.

Meski batal mengikuti lari gawang 400 meter, Alvin mampu menyelesaikan nomor lari 200 meter Puteri Babak Penyisihan pada posisi 5 dengan waktu 24.36 detik dan memperbaiki catatan waktu pribadi 24.85 detik.

Sebelum mengikuti Asean Games, Alvin memiliki segudang prestasi yang dibilang sangat membanggakan. Mulai dari Juara dua pada event Panglima Open Lari 100 M (2015), Juara Dua Lari Estafet 4X400 M Putri pada Kejuaraan PON Jabar (2016), juara satu lari gawang putri 400 M pada PON Jabar (2016), Juara satu pada 3 mata Cabor (Lari 400 m gawang putri, setafet 4x400 M putri dan lari estafet 4x100 M Putri) pada Kejuaraan Panglima di Bandung (2016), juara satu lari 400 M Gawang Putri pada Jateng Open (2017), Juara satu 400 m dan 200 M lari gawang putri pada Kejurnas Senior di Jakarta (2018) dan masih banyak lagi. (Albert Batlayeri/Pendam16)

Hartono Pimpin Penerimaan Prajurit di Korem Binaiya

Posted: 28 Aug 2018 04:52 AM PDT

Hartono Pimpin Penerimaan Prajurit di Korem BinaiyaAMBON, LELEMUKU.COM - Komandan Komando Resor Militer (Danrem) 151/Binaiya Kolonel Inf Hartono S.I.P memimpin langsung tradisi Korps Satuan penerimaan Prajurit Jajaran Korem di Lapangan Upacara Makorem 151/Binaya, Kota Ambon, Provinsi Maluku pada Selasa (28/08).

Kegiatan yang dilaksanakan kepada warga baru Korem tersebut, yaitu pengisian buku korps raport masuk satuan dilanjutkan penciuman Dhuaja Korem 151/Binaiya diiringi lagu Satuan.

Kasipers Korem 151/Binaiya, Mayor Inf Karona Susilo, dalam keterangannya mengatakan bahwa Tradisi seperti ini sebagai bentuk kecintaan dan memperkenalkan Tradisi Satuan kepada warga Korem yang baru, sehingga sebagai Keluarga Besar Korem 151/Binaiya dapat selalu mencintai dan memiliki rasa bangga terhadap satuan.                        

Setelah melaksanakan Tradisi, keenam Prajurit tersebut akan mengisi jabatan-jabatan yang ada di Jajaran Korem 151/Bny. Turut hadir dalam kegiatan tersebut para Kasi Korem serta Perwira Staf dan seluruh Prajurit Korem 151/Bny. (Penrem151)

Alfosius Siamloy Buka Penyelanggaraan Festival Budaya Masyarakat Tiakur 218

Posted: 28 Aug 2018 04:49 AM PDT

TIAKUR, LELEMUKU.COM -  Sekertaris Daerah Kabupaten Maluku Barat Daya (MBD), Drs. Alfonsius Siamiloy, M.Si buka penyelenggaraan Festival Budaya Masyarakat Tiakur tahun 2018 di di Kota Tiakur, Kecamatan Moa, MBD, Provinsi Maluku pada Selasa (21/8) pagi.

Selain Sekda, acara tersebut dihadiri juga  Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Kabupaten MBD, Para Pejabat Lingkup Pemerintah Daerah Kabupaten MBD, Kepala Balai Pelestarian Nilai Budaya Maluku, Unsur Pimpinan TNI/POLRI, dan tamu undangan.

Kegiatan diawali dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya, kemudian dilanjutkan dengan laporan panitia oleh Kepala Balai Pelestarian Nilai Budaya Maluku dan sambutan dari Sekertaris Daerah Kabupaten Maluku Barat Daya sekaligus membuka kegiatan festival budaya masyarakat Tiakur yang ditandai dengan pemukulan tifa.

Dalam sambutannya, Sekertaris Daerah Kabupaten Maluku Barat Daya mengajak para pemuda MBD agar terus melestarikan tradisi dan budaya.

"Kita harus membina anak-anak penerus bangsa ini sebagai orang yang berakhlak, bermoral, bersumber dari adat istiadat yang telah kita laksanakan berulang-ulang sejak leluhur kita untuk mendapatkan generasi-generasi yang unggul, yang punya daya saing di daerah globalisasi seperti ini," ujar Alvonsius.

Harapan dari Sekertaris Daerah agar kedepannya festival budaya tidak hanya diperuntukkan untuk masyarakat Tiakur, tetapi sebaiknya diharuskan kepada seluruh kecamatan yang berada di Kabupaten MBD, karena disetiap kecamatan memiliki budaya atau ciri khasnya.

Pada festival budaya masyarakat tiakur ini terdapat beberapa peserta, antara lain: SD Kristen Patti, SD Inpres Tounwawan, SD Negeri Tiakur, SMP Negeri Tiakur, SMA Negeri Tiakur, Sanggar Kalwedo, Sanggar Pekalem, dan Tarian Goyang Marsela dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Maluku Barat Daya.

Acara Festival Budaya Masyarakat Tiakur merupakan bukti kerjasama antara Balai Pelestarian Nilai Budaya Maluku dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Maluku Barat Daya. (DiskominfoMBD)

Bambang Sugiyarta Salurkan Hewan Kurban ke Masjid Nur Huda Tafure

Posted: 28 Aug 2018 04:35 AM PDT

Bambang Sugiyarta Salurkan Hewan Kurban ke Masjid Nur Huda TafureTERNATE, LELEMUKU.COM - Dandim 1501/Ternate Letkol Kav Bambang Sugiyarta, S.H., M.M., M.Tr (Han) menyalurkan hewan qurban ke Masjid Nur Huda Kelurahan Tafure, Kecamatan Ternate Utara, Kota Ternate, Provinsi Maluku pada  (21/8).

Kegiatan penyerahan sendiri diserahkan langsung oleh Dandim kepada Imam Masjid yang disaksikan langsung oleh Lurah Tafure M. Rizal berupa 4 Ekor kambing untuk dijadikan hewan Qurban pada hari raya Idul Adha yang akan jatuh pada esok hari.

Hewan qurban ini merupakan sumbangan dari keluarga besar Kodim 1501/Ternate untuk masyarakat di wilayah Kota Ternate. Sumbangan ini juga dilaksanakan di beberapa masjid di wilayah Kota Ternate dan ini sebagai simbolis penyerahan saja.

Sementara itu dalam keterangannya Dandim Ternate menyampaikan bahwa  melalui momentum hari raya idul Adha ini kami mengajak kepada seluruh masyarakat Kota Ternate untuk mempertebal keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT.

Selain itu juga mari kita mendoakan saudara-saudara kita yang tengah menjadi Tamu Allah di Baitullah khususnya yang berasa dari Maluku Utara agar senantiasa diberikan kesehatan dan kekuatan sehingga dapat melaksanakan ibadah Haji dengan sempurna dan kembali ke tanah air dengan selamat serta menjadi haji mabrur. (Penrem152)

Satgas Yonif Kabaresi Gelar Baksos Gratis ke Masyarakat di Soanamasungi

Posted: 28 Aug 2018 04:30 AM PDT

Satgas Yonif Kabaresi Gelar Baksos Gratis ke Masyarakat di SoanamasungiIBU, LELEMUKU.COM - Pos Pengamanan 1/Ibu Satgas Yonif 731/Kabaresi menggelar bhakti sosial pengobatan gratis kepada masyarakat bertempat di Balai Desa Soanamasungi, Kecamatan Ibu, Kabupaten Halmahera Barat (Halbar), Provinsi Maluku Utara (Malut) pada Minggu (26/08).

Kegiatan pengobatan gratis sendiri sebagai bentuk bhakti TNI kepada masyarakat yang dilaksanakan selama 2 hari dipimpin oleh Danpos Sertu Muhammad Lutfi dalam rangka pencegahan gangguan kesehatan di masyarakat.

Kegiatan tersebut disambut hangat oleh warga ditandai dengan banyaknya pasien yang datang untuk berobat maupun memeriksa kondisi kesehatannya, seperti uang diungkapkan Muhammad bose Warga Desa Gam Ici bahwa kegiatan ini sangat bagus dan kalau bisa dilaksanakan juga di Desa lain karena daerah Ibu ini cukup jauh dari Ibu Kota Kabupaten yang ada di Jailolo sehingga untuk pelayanan kesehatan cukup terbatas, Pungkasnya.

Sementara itu dalam keterangannya Dansatgas 731/Kabaresi Letkol Inf Indra Hirawanto menyampaikan bahwa kegiatan pengobatan gratis sendiri dilaksanakan dalam rangka mengatasi kesulitan warga disekeliling kami, dengan memanfaatkan tenaga medis dan obat-obatan yang ada di kita juga bekerjasama dengan Dinas Kesehatan maupun pemerintah Kecamatan setempat. (Penrem152)

Peserta Sail To Indonesia 2018 Dapat Kembali ke Kota Kupang

Posted: 28 Aug 2018 04:26 AM PDT

Peserta Sail To Indonesia 2018 Dapat Kembali ke Kota Kupang
KUPANG, LELEMUKU.COM - Wali Kota Kupang DR. Jefirstson R. Riwu Kore. MM, MH mengharapkan agar para peserta Sail To Indonesia 2018 yang berada di Kota Kupang, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) dapat mengajak rekan-rekan mereka kembali ke Pulau Timor itu.

"Selamat jalan dan jangan lupa saat kembali ke tempat asal , ceritakanlah tentang Kota Kupang kepada teman – teman, saudara maupun rekan – rekan anda semua, semoga tahun depan datang lagi dan lebih banyak yang datang," harapan Wali Kota saat mengadakan malam Gala Dinner untuk peserta Sail To Indonesia Tahun 2018.

Acara dihadiri oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah Kota Kupang, Sekretaris Dinas Pariwisata Pemerintah Kota Kupang dan beberapa Kepala Organisasi Perangkat Daerah Di Lungkup Permerintah Kota Kupang. Dilaksanakan di Resto 999, Kelurahan LLBK, Kota Kupang, Jumat (3/8).

Wali Kota Kupang mengatakan "atas nama Pemerintah dan seluruh warga Kota Kupang saya ucapkan terima kasih dan penghargaan kepada peserta Sail To Indonesia yang telah berkenan singgah di Kota Kupang, semoga semua menikmati panorama, pesona dan keunikan Kota Kupang."

Perlu diketahui, kegiatan Sail To Indonesia menjadi kesempatan bagi setiap daerah untuk mempromosikan destinasi utama pariwisata, pengembangan rute pelayaran kapal atau yacht ke seluruh Indonesia. Begitu pula dengan Kota Kupang, dengan semua lokasi yang ada, akan membawa lembaran baru bagi Kota ini. Kesan istimewa yang dinikmati di Kota Kupang, tidak hanya menjadi mozaik indah bagi Sail To Indonesia 2018, namun sekaligus mampu menjadi magnet yang akan terus menarik wisatawan datang ke Kota Kupang. Kami menyajikan tidak saja kunjungan ke objek wisata, tetapi juga dengan atraksi seni budaya, cendera mata, kuliner dan yang tidak kalah penting adalah keramah tamahan yang mengesankan, ucap Jefri.

Juru bicara Sail To Indonesia mengekspreksikan "thanks you very much, that's its wonderful work". Sangat berkesan sehingga beberapa partisipan berinisiatif untuk mengajak beberapa anak Kupang ke negara kami untuk mendapatkan beasiswa demi pendidikan mereka." (HumasKotaKupang)

Rindam Pattimura Gelar Latihan Posko Korem Babullah

Posted: 28 Aug 2018 03:23 AM PDT

Rindam Pattimura Gelar Latihan Posko Korem BabullahTERNATE, LELEMUKU.COM - Resimen Induk Kodam (Rindam) XVI/Pattimura menggelar Latihan Posko Korem 152/Babullah Tahun 2018, di Gazebo Makorem 152/Babullah Jl. A.M Kamarudin No. 1 Kel. Sangaji Ternate – Maluku Utara pada Senin (27/8.

Kegiatan tersebut secara resmi dibuka oleh Kasdam XVI/Pattimura Brigjen TNI Asep Setia Gunawan, S.I.P melalui upacara pembukaan latihan Posko Korem 152/Babullah bertempat.

Kegiatan tersebut diikuti oleh Danrem 152/Babullah Kolonel Inf Endro Satoto, S.Ip., M.M., Para Asisten dan Pa Ahli Kodam serta diikuti oleh seluruh Personel Korem 152/Babullah beserta jajaran.

Kasdam XVI/Pattimura membacakan amanat Pangdam XVI/Pattimura yang menekankan bahwa Latihan Posko I merupakan salah satu latihan taktis tanpa pasukan dengan metode gladi, bertujuan untuk memelihara dan meningkatkan kemampuan komandan dan staf Korem dalam merencanakan, menyiapkan, melaksanakan dan mengendalikan tugas operasi.

Selain itu Kasdam XVI/Pattimura menegaskan agar latihan ini dilaksanakan secara sungguh-sungguh agar kedepannya apabila menghadapi situasi yang sebenarnya seluruh komponen Apwil dari mulai tingkat terkecil sudah siap.

Sebelum Latihan Posko Korem ini digelar sebelumnya didahului latihan pada tingkat perorangan, tingkat kelompok atau satuan terkecil dan seterusnya hingga tingkat posko Korem.

Dalam konfrensi persnya Kapenrem 152/Babullah, Kapten Inf Iriono mengatakan bahwa Latihan yang direncanakan digelar selama 3 hari dengan mengambil tema Korem 152/Babullah melaksanakan operasi perbantuan tugas Polri dalam rangka menangani terjadinya konflik komunal akibat berbagai permasalahan sosial di wilayah Maluku Utara. (Penrem152).

Lanud Dominicus Dumatubun Gelar Baksos di Letvuan

Posted: 28 Aug 2018 03:18 AM PDT

Lanud Dominicus Dumatubun Gelar Baksos di LetvuanLETVUAN, LELEMUKU.COM - Guna memeriahkan rangkaian Hari Bakti TNI AU yang ke-71 Lanud Dominicus Dumatubun melaksanakan kegiatan Bakti Sosial berupa Penyuluhan, Pemeriksaan dan Pengobatan Gratis yang dilaksanakan di Desa Letvuan, Kecamatan Kei Kecil, Kabupaten Maluku Tenggara (Malra), Provinsi Maluku pada , Selasa (14/08). 

Baksos yang dipimpin langsung oleh Komandan Lanud D. Dumatubun Letkol Pnb Sonny Irawan, S.E., M.M. dan diikuti oleh anggota baik Perwira, Bintara, Tamtama serta PNS Lanud D. Dumatubun dilaksanakan melalui kegiatan Penyuluhan, Pemeriksaan dan Pengobatan Gratis dari Lanud D. Dumatubun bekerja sama dengan Puskesmas Desa Letvuan.

Antusias warga Desa Letvuan terhadap kegiatan Baksos ini sangat besar mengingat letak desa tersebut dekat dengan aset milik TNI AU dan minimnya tenaga kesehatan yang ada disana, hal tersebut membuat warga setempat berkesempatan datang ke acara tersebut. 

Terbukti kegiatan yang dimulai dari jam 09.30 Wit sampai dengan selesai sampai jam 14.00 Wit, masyarakat tidak henti-hentinya mengantri untuk berobat, selain banyak nya warga yang berobat banyak juga para orang tua yang mendaftarkan anak-anak nya untuk diperiksa.

Dalam kesempatan itu, Danlanud mengatakan kegiatan Bakti Sosial ini dilaksanakan merupakan rangkaian darai Hari Bakti TNI AU yang ke-71 dengan menjungjung tema "Dilandasi Semangat Juang Kepahlawanan dan Pengorbanan 29 Juli 1947, TNI AU bersama Rakyat Siap Menjaga Kedaulatan dan Keutuhan NKRI". (PenLanudDumatubun)

Muhamad Taher Hanubun dan Petrus Beruatwarin Jadi Pemimpin Kabupaten Maluku Tenggara

Posted: 28 Aug 2018 01:36 AM PDT

Muhamad Taher Hanubun dan Petrus Beruatwarin Jadi Pemimpin Kabupaten Maluku TenggaraLANGGUR, LELEMUKU.COM - Muhamad Taher Hanubun dan Petrus Beruatwarin diumumkan sebagai Bupati dan Wakil Bupati Maluku Tenggara (Malra), Provinsi Maluku periode 2018-2023 oleh Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Malra dalam sidang isimewa di Langgur, Selasa (21/8)

Rapat Paripurna Istimewa DPRD Kabupaten Malra itu digelar dalam rangka Pengumuman Hasil Penetapan Paslon Bupati dan Wakil Bupati Malra terpilih untuk masa jabatan 2018-2023 oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Malra.

Rapat tersebut dihadiri oleh Pimpinan dan Anggota DPRD, Bupati Malra, Bupati dan Wakil Bupati terpilih, Forkopimda, Kepala SKPD, Tokoh Agama, Adat, Pemuda, Pimpinan Parpol, serta simpatisan dan pendukung MTH-PB.

Ketua DPRD Malra Thedeus Welerubun dalam sambutannya menyampaikan, pelaksanaan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Malra tanggal 27 Juni 2018 telah berlangsung dengan aman, damai tertib serta lancar, atas dukungan secara totalitas oleh masyarakat ?dan telah menghasilkan Bupati dan Wakil Bupati terpilih periode 2018-2023.

"Bupati dan Wakil Bupati terpilih untuk masa jabatan 2018-2023 yakni Muhamad Taher Hanubun dan Petrus Beruatwarin," katanya.

MTH-PB telah ditetapkan oleh Komisi KPU Malra dengan keputusan Nomor 30/HK.03.1-KPT/30.80.12/KPU-Kab/VIII/2018 tanggal 13 Agustus 2018.

Setelah paripurna istimewa di DPRD Malra ini, kemudian akan diproses lebih lanjut oleh DPRD Malra kepada Menteri Dalam Negeri (Mendagri) melalui Gubernur Maluku sebagai wakil pemerintah pusat di daerah untuk mendapat pengesahan dan pengangkatan oleh Mendagri.

"Perhelatan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Malra telah berakhir dan menghasilkan Bupati dan Wakil Bupati terpilih, untuk itu marilah kita hilang perbedaan selama proses Pilkada dan marilah kita satukan hati dan tekad untuk membangun Kabupaten Malra menuju masyarakat sejahtera dan maju serta berkeadilan," kata Thedeus.

Dalam kesempatan ini, kata dia, DPRD Malra berharap kepada Bupati dan Wakil Bupati terpilih untuk pada saatnya bersinergi, bekerja sama dengan semua pihak terutama DPRD selaku mitra dalam rangka membangun Malra lima tahun ke depan.

Bupati Malra terpilih Muhamad Taher Hanubun dikonfirmasi usai paripurna menyampaikan, masyarakat Malra patut bersyukur kepada Tuhan dan leluhur atas apa yang tejadi hari ini, dan apresiasi juga kepada masyarakat Malra dimana saja berada.

"Apresiasi kepada Bupati Malra Anderias Rentanubun dimana Bupati mengapresiasi dan antusias dan memberikan dorongan, ketika hadir saat pleno tingkat KPU dan hadir saat ini di sidang paripurna istimewa saat ini, sehingga itu tidak menunjukkan perbedaan tapi kita tetap satu melihat Malra lebih baik," ucap Taher.

Ia menyatakan, jangan lagi ada perbedaan, tinggalkan perdedaan itu dan bersama mengelola berbagai potensi daerah untuk anak daerah Malra.

"Supaya kita dapat menyatukan hati dan pikiran untuk kita lihat daerah ini untuk lebih maju di waktu yang akan datang. Jangan lagi kita buat isu terlalu banyak, kini kita bersatu menjadi aset untuk membangun daerah ini," katanya.(DiskominfoMalra)

Pramuka di MBD Rayakan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-57

Posted: 28 Aug 2018 12:10 AM PDT

Pramuka di MBD Rayakan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-57TIAKUR, LELEMUKU.COM - Pelaksanaan Upacara dalam rangka Perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-57 Gerakan Pramuka di Tingkat Kwartir Cabang Maluku Barat Daya (MBD), Provinsi Maluku yang diselenggarakan pada hari Selasa (14/8) sore.

Upacara yang bertempat di Bawah Kaki Gunung Kerbau, Pulau Moa berjalan dengan sukses ini dipimpin oleh O. Sainunu, bertindak sebagai pembina upacara dan Forbes Tipak sebagai komandan upacara, dan perwira upacara Angky Knyartutu.

Upacara dihadiri oleh para Muspika, Polsek Moa, dan Pramuka Tingkat Kwartir Ranting Moa bersama mahasiswa asal MBD yang sementara berada di Pulau Moa.

Dalam sambutan Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka yang dibacakan oleh Pembina Upacara Sainunu menegaskan bahwa Gerakan Pramuka tetap konsisten dan fokus untuk mendidik karakter kaum muda untuk bersatu menjaga persatuan dan kesatuan demi utuhnya Negara Kesatuan Republik Indonesia NKRI. (DiskominfoMBD)

KP2KP Saumlaki Sosialisasikan E-SPT ke Aparatur Desa

Posted: 27 Aug 2018 11:38 PM PDT

SAUMLAKI, LELEMUKU.COM – Kantor Pelayanan Penyuluhan dan Konsultasi Perpajakan (KP2KP) Saumlaki, Kabupaten Maluku Tenggara Barat (MTB), Provinsi Maluku di tahun 2018 memperkenalkan kegunaan Elektronik Surat Pemberitahuan Tahunan (e-SPT) kepada para aparatur pemerintahan desa (Pemdes) di Kepulauan Tanimbar.

"Sistem pembayaran pajak sekarang masih kertas, kini kami berusaha mengedukasi aparatur desa untuk mengenal yang namanya e-SPT, yaitu SPT  yang disampaikan secara elektronik," kata Kepala KP2KP Saumlaki, Kukuh Hanna Prapanca kepada para awak media saat menjadi pemateri dalam kegiatan Pelatihan Penatausahaan Keuangan Desa Bagi Aparatur Pemdes di Lingkup Pemerintah Daerah (Pemda) MTB Tahun 2018, pada Senin (27/8).

Prapanca menjelaskan e-SPT adalah aplikasi yang dibuat oleh Direktorat Jenderal Pajak Kementerian Keuangan untuk digunakan oleh wajib pajak (WP) agar memudahkan WP dalam menyampaikan SPT-nya. Beberapa keunggulan  e-SPT diantaranya  penyampaian SPT dapat dilakukan secara cepat dan aman, karena lampiran dalam bentuk media compact disc (CD).

Kemudian data perpajakan terorganisir dengan baik, sistem aplikasi e-SPT mengorganisasikan data perpajakan perusahaan dengan baik dan sistematis, penghitungan dilakukan secara cepat dan tepat, data yang disampaikan WP selalu lengkap karena penomoran formulir dengan menggunakan sistem komputer serta menghindari pemborosan penggunaan kertas.

"Karena semakin cepat pelaporan perpajakan dibuat, maka LPJ akan semakin cepat pula. Jika LPJ semakin cepat dibuat, maka termin dana desa dan alokasi dana desa akan semakin cepat dicairkan juga. Dan kalau semakin cepat cair kan pembangunan bisa berjalan. Serta negara-pun dari rekening keuangan umum negara sampai  ke rekening umum daerah akan cepat dicairkan uang dengan segera. Artinya kalau desa cepat SPT berarti pembangunan di desa itu berjalan," jelasnya.

Prapanca pun membeberkan yang menjadi kendala bagi pihaknya saat ini adalah jaringan internet yang belum merata di 80 desa dari 10 kecamatan di Bumi Duan Lolat tersebut, namun pihaknya terus optimis dengan memperkenalkan terlebih dahulu sistem pembayaran pajak melalui internet itu.

"Intinya bisa lebih cepat melaporkan perpajakan, kami akan coba bikin, kami ada aplikasinya, semoga dengan aplikasi ini desa lebih cepat bergerak melapor pajaknya. Sebenarnya masalahnya hanya pelaporannya saja," beber Kepala KP2KP Saumlaki itu. (Laura Sobuber)

Jefirstson Riwu Kore Sambut Peserta Wonderful Sail To Indonesia 2018 di Kupang

Posted: 27 Aug 2018 11:24 PM PDT

Jefirstson Riwu Kore Sambut Peserta Wonderful Sail To Indonesia 2018 di KupangKUPANG, LELEMUKU.COM - Wali Kota Kupang Dr. Jefirstson R. Riwu Kore, MM, MH menyambut selamat datang peserta Wonderful Sail To Indonesia 2018 di Kupang Kota Kasih yang juga sering disebut Kota Karang  pada acara Welcome Ceremony Wonderful Sail To Indonesia 2018 di Kota Kupang, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) di Resto 999, Kamis (2/8).

Turut hadir Forkopinda Kota Kupang, Kepala Kantor Kesyabandaraan Otoritas Pelabuhan Laut Kupang, Kepala KPP Bea Cukai Kupang, Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan Klas III, Kepala imigrasi Klas I Kupang, Kepala Kantor Balai Karantina Pertanian Klas I Kupang, Kepala Basarnas Kupang, Dirjen Pol Air Polda NTT, Kepala Dinas Pariwisata Provinsi NTT, Camat Kota Lama.

Sungguh merupakan suatu kehormatan dan kebahagiaan yang tiada taranya, bisa memperoleh kesempatan untuk menyambut kehadiran peserta Wonderful Sail To Indonesia 2018 di Kota Kupang. "Semoga suasana khas Kupang dapat dinikmati sebagai persembahan alami dan juga kegiatan-kegiatan lainnya baik itu budaya dan seni yang ditampilkan selama event ini di Kota Kupang," Kata Wali Kota.

Dari aspek historis Kota Kupang telah berusia 132 tahun tetapi secara Administratif Daerah Kota Kupang menginjak 22 Tahun tepatnya tanggal 22 April 2018. Yang terdiri 6 Kecamatan dan 51 Kelurahan dengan jumlah Penduduk hingga akhir tahun 2017 sebanyak 439.619 Jiwa.

Mudah-mudahan kebersamaan ini terus terjalin dalam berbagai kesempatan dan agenda-agenda lainnya ke depan. "Selama mengikuti kegiatan ini para peserta Wonderful Sail To Indonesia 2018 dapat menikmati suasana Kota Kupang dan mengalami Hal-hal yang menyenangkan yang memberi kesan/impresi yang membahagiakan dan menggembirakan" Harap Mantap Anggota Komisi X DPR RI.

Wonderful Sail to Indonesia 2018 sarat dengan semangat pembangunan kelautan, termasuk wisata bahari sesuai dengan tujuan untuk mempromosikan Kota Kupang sebagai destinasi utama pariwisata dunia dan mengembangkan rute pelayaran kapal-kapal dan yacht ke perairan Indonesia demikian disampaikan ketua panitia Jefri Adoe.

Diharapkan sebagai momen untuk menjadikan Kota Kupang sebagai destinasi wisata nasional dan internasional, "saat ini jumlah peserta yacht yang telah memasuki perairan laut di Kota kupang tercatat 26 yacht, yang berasal dari 9 negara yaitu Spanyol, Afrika Selatan, Australia, Irlandia, UK, USA, Cook Island, Cayman Island dan Perancis dengan jumlah peserta 80 orang" Tambahnya .

Kegiatan ini menjadi bagian kita semua untuk memperlihatkan kepada dunia luar keindahan, keunikan dan juga hospitality dari suatu daerah untuk mengembangkan tourism. Wonderful Sail to Indonesia 2018, dilaksanakan selama 4 hari mulai 1 s/d 4 Agustus 2018 di Pantai Koepan Kelurahan LLBK, Hari Pertama: Registrasi Yacht oleh Team CIQP, Hari Kedua: Welcome Ceremony oleh Pemerintah Kota Kupang, Hari Ketiga: City Tour dan Welcome Dinner, Hari Keempat: Flag Off. (HumasKotaKupang)

Jefirstson Riwu Kore Hadiri Peresmian Gedung Pelayanan RSUD S. K. Lerik

Posted: 27 Aug 2018 11:13 PM PDT

Jefirstson Riwu Kore Hadiri Peresmian Gedung Pelayanan RSUD S. K. LerikKUPANG, LELEMUKU.COM - Puncak perayaan HUT ke 8 sekaligus peresmian gedung pelayanan baru Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) S. K. Lerik dihadiri oleh Wali Kota Kupang DR. Jefirstson Riwu Kore, MM, MH, Kepala Dinas Kesehatan Kota Kupang, Direktur RSUD S. K. Lerik dan beberapa Kepala Organisasi Perangkat Daerah pada Lingkup Pemerintah Kota Kupang. Acara HUT dilaksanakan di halaman depan gedung baru RSUD S. K. Lerik, Rabu (1/8).

Wali Kota Kupang dalam sambutannya mengatakan "Rumah Sakit Umum Daerah S. K. Lerik telah menjalankan fungsinya sebagai lembaga pelayanan publik di bidang kesehatan sejak 8 tahun lalu, dengan baik. Karena itu, harapan kita semua agar RSUD S. K. Lerik terus dapat melayani kesehatan masyarakat Kota Kupang dengan prima dan tetap dapat dijangkau oleh masyarakat dengan kemampuan terbatas."

Wali Kota berpesan, sebagai petugas kesehatan mungkin berhadapan dengan pasien dan keluarganya yang tidak sabaran, tidak mau antri, ingin didahulukan, suka mengancam dan tindakan tidak terpuji lainnya yang memancing emosi saudara. Melalui kesempatan ini saya minta agar bapak/ibu dapat menghadapinya dengan tenang, sabar dan selalu mentaati Standart Operation Procedure yang telah ditetapkan serta menjunjung tinggi kode etik kesehatan.

"Penyediaan Sarana dan Prasarana Rumah Sakit Umum Daerah merupakan satu wujud komitmen Pemerintah untuk senantiasa mendukung terselenggaranya pelayanan kesehatan yang lebih baik sekaligus menjawab tantangan kebutuhan pelayanan yang terus meningkat kualitas dan kuantitasnya saat ini. Salah satu ukuran keberhasilan pelayanan umum adalah berkurangnya keluhan atau komplain dari masyarakat. Untuk itu, saya ingatkan kepada Direktur dan jajaran RSUD S. K. Lerik untuk selalu tanggap dan siap sedia" pungkas Jefri.

Ketua Panitia HUT RSUD S. K. Lerik mengatakan, ada beberapa kegiatan yang dilaksanakan untuk memperingati HUT ke 8 RSUD S. K. Lerik yaitu seminar, jalan sehat, lomba lomba, bakti sosial dan lomba menari cuci tangan.

Diharapkan melalui perayaan HUT ke 8 RSUD S. K. Lerik dan juga peresmian gedung pelayanan baru RSUD S. K. Lerik, membantu kami lebih dalam melayani pelayanan masyarakat Kota Kasih, Kota Kupang. (HumasKotaKupang)

TNI Polri Gelar Pengamanan Kunjungan Mufidah Jusuf Kalla ke Ternate

Posted: 27 Aug 2018 11:03 PM PDT

TNI Polri Gelar Pengamanan Kunjungan Mufidah Jusuf Kalla ke TernateTERNATE, LELEMUKU.COM - Apel gelar Pasukan Pengamanan VVIP dalam rangka kunjungan Ibu Wakil Presiden Republik Indonesia, Mufidah Jusuf Kalla ke wilayah Kota Ternate, Provinsi Maluku Utara digelar di lapangan Salero Kota Ternate pada Senin (27/8).

Gelar Pasukan tersebut dihadiri Dimpimpin oleh oleh Danrem 152/Babullah Kolonel Inf Endro Satoto, S.I.P., M.M., serta dihadiri oleh Kabag Ops Polda Malut Kombes Pol Juwari, Dandim 1501/Ternate Letkol Kav Bambang Sugiyarta, S.H., M.M., Kapolres Ternate AKBP Azhari Juanda, S.I.K. serta diikuti oleh 7 SSK Pasukan gabungan TNI/Polri beserta kendaraan taktis maupun kendaraan pendukung.

Dalam kesempatan tersebut Danrem menyampaikan bahwa keselamatan, keamanan dan kenyamanan objek merupakan prioritas oleh karenannya kepada tiap-tiap bagian agar mempedomani SOP Pengamanan VVIP serta mewaspadai berbagai ancaman yang mungkin timbul.

Sementara itu dalam keterangannya Kapenrem 152/Babullah Kapten Inf Iriono menyampaikan bahwa menjadi suatu kehormatan bagi kita kedatangan tamu Ibu Wakil Presiden Republik Indonesia ke wilayah Maluku Utara khususnya Kota Ternate, sebagai tuan rumah yang baik tentu kita perlu menyiapkan yang terbaik sehingga kunjungan beliau memberikan kesan yang baik tentang daerah ini. (Penrem152)

Hery Dosinaen Nilai Tantangan Bidang Tata Kelola Pemerintahan Makin Kompleks

Posted: 27 Aug 2018 10:57 PM PDT

Hery Dosinaen Nilai Tantangan Bidang Tata Kelola Pemerintahan Makin KompleksJAYAPURA, LELEMUKU.COM - Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Papua Hery Dosinaen mengakui tantangan di bidang tata kelola pemerintahan kedepan bakal semakin kompleks. Oleh karenanya, pejabat pimpinan tinggi pratama harus siap dan memiliki strategis yang semakin baik.

Hal demikian bertujuan agar tak tertindak dan tertinggal dalam kemajuan zaman, guna menjawab tuntutan masyarakat yang juga semakin rumit.

"Makanya untuk menjawab tantangan tersebut, salah satu upaya yang dilakukan adalah pendidikan dan pelatihan tingkat II bagi jabatan tinggi pratama atau pejabat adminitrator. Pun begitu, diharapkan pelaksanaan diklat kepemimpinan tingkat II jangan hanya dijadikan sebagai syarat untuk duduki jabatan."

"Melainkan hendaknya dijadikan sebagai kesempatan menambah kapasitas maupun kompetensi dibidang tugas masing-masing," terang Sekda Hery pada pendidikan dan pelatihan kepemimpinan tingkat II di lingkungan Pemprov Papua, kerja sama dengan Lembaga Administrasi Negara RI, Jumat (24/8), di Jayapura.

Sementara menyikapi tantangan itu, dia berharap ada terobosan dan inovasi yang dilakukan guna mewujudkan hadirnya strategi baru kemajuan organisasi. Sebab keberadaan pejabat tersebut, dituntut melakukan perubahan yang dapat membawa organisasinya pada langkah-langkah kemajuan yang lebih mapan.

Sehingga hasilnya dapat dirasakan manfaatnya bagi organisasi, pemerintah daerah, stake holder dan masyarakat luas.

"Makanya saya harap agar peserta diklat kepemimpinan II serius dan sungguh-sungguh dalam mengikuti seluruh proses pembelajaran. Sebab selama mengikuti diklat ini saudara dibebaskan dari semua tugas-tugasnya untuk sementara waktu."

"Saya menuggu karya nyata dari saudara berupa inovasi dan terobosan nyata untuk nantinya dituangkan dalam proyek perubahan yang saudara buat. Baik dalam jangka pendek, menengah dan panjang, guna meningkatkan pelayanan di Jayapura," harap dia. (DiskominfoPapua)

Pemkab MBD Laksanakan Malam Resepsi Kenegaraan HUT ke-73 RI

Posted: 27 Aug 2018 10:51 PM PDT

Pemkab MBD Laksanakan Malam Resepsi Kenegaraan HUT ke-73 RITIAKUR, LELEMUKU.COM - Upacara penurunan Bendera Merah Putih di HUT Kemerdekaan ke-73 RI berlangsung di Lapangan Upacara Kabupaten MBD, Tiakur, Jumat (17/8) sore, Kapolres MBD, AKBP A. R. Tatuh, bertindak sebagai inspektur upacara, komandan Upacara Iptu Marthin Patty dari Brimob Tiakur dan Perwira Upacara Kompol Geskif Mansa dari Polres MBD.

Adapun Paskibra yang bertugas untuk penurunan bendera adalah Reinhard Elia Hematang Lebelau dari SMA Negeri Letwurung, Jhon Ferlando Demny dari SMA Kristen Aprian Ilih dan Ismo Erikson Lelola dari SMK Negeri Peternakan dan Pertanian Mola. Sedangkan Paskibra yang bertugas membawa baki Sang Saka Merah Putih adalah Dina Welmina Rupilu dari SMA Negeri 1 PP. Terselatan.

Upacara penurunan Bendera Merah Putih diikuti oleh Pejabat Eselon II, Eselon III, Eselon IV, DPRD, TNI/POLRI, Pegawai Negeri Sipil (PNS), Tenaga Kontrak Daerah, Pelajar, Mahasiswa, Guru, dan Tokoh Masyarakat.

Rangkaian kegiatan Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia ke-73 di Kabupaten Maluku Barat Daya dinilai sukses. Berbagai kegiatan mulai dari lomba-lomba hingga perayaan detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI dan pengibaran Bendera Merah Putih dapat berjalan lancar.

Pemerintah Kabupaten MBD melaksanakan malam resepsi kenegaraan HUT ke-73 RI bertempat di Halaman Kantor Bupati MBD, Jumat malam yang dihadiri oleh Bupati MBD Drs. Barnabas Nataniel Orno bersama isteri Pdt. B. S. Orno, S.Th, M.Si, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Kabupaten MBD, Sekertaris Daerah Drs. A. Siamiloy, M.Si bersama isteri Tabitha Siamiloy, Pimpinan dan Anggota DPRD Kabupaten MBD, Para Pejabat Lingkup Pemerintah Kabupaten MBD, Unsur Pimpinan TNI/POLRI Kabupaten MBD, dan seluruh tamu undangan serta masyarakat

Acara diawali dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya, dilanjutkan dengan Tos Kenegaraan dan Pemotongan Tumpeng oleh Bupati MBD (Drs. Barnabas N. Orno bersama isteri yang diberikan kepada Kajari MBD, Kapolres MBD AKBP A. R. Tatuh, Wakil Ketua DPRD MBD H. Lekipera, Perwira Penghubung TNI Angkatan Darat bersama isteri, Perwira Penghubung TNI Angkatan Laut, Sekertaris Daerah dan Prof. O. Watloly mewakili unsur Akademis.

Selanjutnya diberikan Piagam Penghargaan kepada Perwakilan Paskibra, Para Pelatih, dan Tim Medis oleh Bupati MBD (Drs. B. N. Orno) atas tanggungjawab yang sudah diselesaikan selama melaksanakan tugas kenegaraan. Acara resepsi Hut Ri ke 73 Kabupten Maluku Barat Daya diwarnai pengundian doorprise dengan hadiah utama 1 (satu) unit mobil. (DiskominfoMBD)

Antongan Simatupang Berikan Seminar Jaga Laut Kita di Debat Fakultas Hukum Unpatti

Posted: 27 Aug 2018 10:45 PM PDT

Antongan Simatupang Berikan Seminar Jaga Laut Kita di Debat Fakultas Hukum UnpattiAMBON, LELEMUKU.COM - Dalam acara Seminar, Joy Sailing dan Demonstrasi dengan tema "Menjaga Laut Kita" yang diselenggarakan oleh Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Debat Fakultas Hukum Universitas Pattimura yang bekerja sama dengan Lantamal IX. 

Komandan Lantamal (Danlantamal) IX Laksmana Pertama TNI Antongan Simatupang memberikan materi Peran TNI dan Pola Penyelenggaraan Keamanan Laut dan Penegakan Hukum di Wilayah Laut. Kegiatan dilaksanakan di Gedung Dr. J. Leimena Lantamal IX Ambon, Provinsi Maluku pada Sabtu (25/8).

Danlantamal IX menjelaskan bahwa kebijakan poros maritim dunia membangun kembali budaya maritim Indonesia, menjaga dan mengelola sumber daya laut (kedaulatan pangan dan industri perikanan). 

Poros maritim sendiri merupakan gagasan untuk menghubungkan antar Pulau di Indonesia dengan mengembangkan industri perkapalan dan perikanan, memperbaiki transportasi laut, dan menjamin keamanan perairan nusantara. Dimana,  Agenda prioritas nasional memberikan rasa aman pada seluruh warga negara, membangun tata kelola pemerintahan bersih, efektif, demokratis dan terpecaya.

Selain itu juga disampaikan bahwa keamanan dilaut suatu tindakan terencana yang diselenggarakan secara khusus dan untuk sasaran/tujuan masing - masing instansi yang berwenang. Dasar kewenangan TNI AL selaku penyidik tindak pidana di laut dalam mengamankan perairan Indonesia, merupakan kewenangan atributif yaitu wewenang yang melekat pada suatu jabatan. 

Dalam tinjauan hukum tata negara, atribusi ini ditunjukkan dalam wewenang yang dimiliki oleh organ pemerintah dalam menjalankan pemerintahannya berdasarkan kewenangan yang dibentuk oleh pembuat Undang-Undang.

Lebih lanjut dikakatakan, TNI Angkatan Laut memegang peranan yang besar dalam melakukan pengamanan dan penjagaan diwilayah perairan laut, dimana secara universal TNI Angkatan Laut memiliki tiga peran yaitu peran militer, peran polisionil, dan peran diplomasi. 

Peran polisionil dilaksanakan dalam rangka menegakkan hukum di laut, melindungi sumberdaya dan kekayaan laut nasional, serta memelihara keamanan dan ketertiban di laut. Secara yuridis formal ketiga peran ini telah diimplementasikan dalam berbagai peraturan perundang-undangan yang mengatur tentang tugas TNI Angkatan Laut

Pada kesempatan tersebut, Dekan FH Unpatti Dery Rory Akyuwen yang sekaligus membuka kegiatan menerangkan bahwa pelaksanaan kegiatan ini kedua kalinya bekerja sama dengan Lantamal IX Ambon. Kita perlu belajar dari semboyan TNI Angkatan Laut yakni "Jalasveva Jayamahe" (Justru dilaut kita jaya). Kami berharap kegiatan seminar ini dapat menjadi pertukaran informasi antara Pemerintah Daerah dan Lantamal IX.

Diakhir kegiatan dilaksanakan Joy Sailing dan Demonstrasi Penegakan Hukum di Wilayah Laut oleh Tim TNI AL Lantamal IX dengan menggunakan KAL Alkura, KAL Panana dan KAL Hutmuri.

Hadir dalam kegiatan Wadan Lantamal IX Kolonel Marinir Supriyono, Para Assisten Danlantamal IX, Para Kasatker Lantamal IX, Perwakilan Pama Lantamal IX, Rektor Unpatti di wakili Wakil Rektor III Unpatti, Dekan Fakultas Hukum Unpatti, Wakil Dekan II, Perwakilan Mahasiswa/i Unpatti Fakultas Hukum, Perikanan dan Teknik serta siswa - siswi SMA Negeri 7 Kota Ambon. (DispenLantamalIX)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Banner IDwebhost

Iklan Bawah Artikel

Iklan Bawah Artikel