-->

Pengerjaan TPQ dan Kantor Desa Mosso Hampir Tuntas

Pengerjaan TPQ dan Kantor Desa Mosso Hampir Tuntas


Pengerjaan TPQ dan Kantor Desa Mosso Hampir Tuntas

Posted: 10 Aug 2018 07:20 PM PDT

Pengerjaan TPQ dan Kantor Desa Mosso Hampir Tuntas 
MOSSO, LELEMUKU.COM - Pengerjaan pembuatan Tempat Pengajian Qur'an (TPQ) dan renovasi Kantor Desa di Desa Mosso, Kecamatan Tehoru, Kabupaten Maluku Tengah, sudah memasuki tahap finishing atau penyelesaian.

Berkat pengerjaan yang maksimal, proses pengerjaan , di Desa Mosso yang menjadi sasaran fisik utama TMMD  ke-102 Kodim  1502/Masohi saat ini sudah memasuki tahap finishing. Diharapkan, TPQ dan Kantor Desa  ini selesai sebelum TMMD di Kecamatan ini usai, Minggu (5/8).

Imam masjid Mosso , Majalil Tehuayo mengucap  terimaksih serta syukur alhamdulilah dengan akan segera selesainya pembangunan pembanguna TPQ itu.

"Syukur alhamdulilah, pembangunan TPQ setelah kegiatan TMMD ini di Tutup sudah bisa kami pergunakan sebagai tempat pendidikan al-qur'an bagi anak-anak di desa," ungkapnya.

Di hari yang sama, satgas TMMD juga telah merampungkan 95% Pengerjaan Talud di Desa Saunolu, 96% perehaban Mesjid dan pembangunan kantor desa di desa Yaputi, perehaban Masjid dan pembuatan toreng gereja 93 % di desa Hatumete dan 95% pembagunanan kantor negeri serta 100% rehab rumah tidak layak huni di Desa Teluti Baru.

Seperti diketahui untuk wilayah  Kabupaten Maluku Tengah, program TMMD ke-102 difokuskan kepada pembangunan wilayah tertinggal di Kecamatan Tehoru. Adapun sasaran dari program yang berlangsung sejak 10 Juli 2018 ini yakni 10 kegiatan fisik, 4 kegiatan fisik tambahan serta kegiatan non fisik berupa pemberian penyuluhan cara beternak kambing, penyuluhan cara pembuatan pupuk organik, sosialisasi bahaya narkoba, sosialisasi bahaya laten komunis (Balatkom), Sosialisasi wawasan kebangsaan, dan pelayanan KB kepada masyarakat serta pengobatan gratis. (Penrem151)

Endro Satoto Pimpin Upacara Penutupan TMMD di Pulau Hiri

Posted: 10 Aug 2018 10:47 AM PDT

Upacara Penutupan TMMD di Pulau HiriFAUDU, LELEMUKU.COM - Upacara penutupan yang dilaksanakan di Lapangan Desa Faudu, Kecamatan Pulau Hiri, Kota Ternate, Provinsi Maluku Utara tersebut berlangsung meriah, Irdam XVI/Pattimura Kolonel Arh Karev Marpaung bertindak selaku Inspektur Upacara, Dan SSK TMMD Lettu Inf Hadi Talaohu selaku Komandan Upacara serta diikuti oleh 1 SSK Satgas TMMD, 1 SSR Korsik Ajenrem, 1 SSR Polres Ternate, 1 SSR Mahasiswa KKN Unkhair Ternate.

Serta nampak di tribun kehormatan Wakil Gubernur Maluku Utara Natsir Thaib, Kapolda Malut Brigjen Pol Drs. Naufal Yahya, M.Sc (Eng), Danrem 152/Bbl Kolonel Inf Endro Satoto, S.E., M.M., Dansat Brimob Kombes Pol Anang Sumpena, Kakanhan Malut Kolonel Mar Rahmat, Paspotmar Mayor Laut (P) Ahmad Yani, Wakil Walikota Ternate H. Abdulah Taher, Kajari Andi Muldani, Para Dandim, Dansat/Kabalak Rem 152, Pimpinan SKPD dan masyarakat P. Hiri.

Dalam kesempatan tersebut Irup membacakan amanat Kepala Staf Angkatan Darat selaku Penanggung Jawab Operasi TMMD menyampaikan bahwa kegiatan TMMD merupakan salah satu titik fokus dari pembangunan Nasional berupaya untuk mewujudkan kestabilan dan kemajuan Indonesia secara keseluruhan, melalui pembangunan inilah, potensi yang berada di pedesaan harus dikembangkan dan segala kekurangan harus diatasi guba mencapai pemerataan, pertumbuhan serta kemandirian desa secara berkelanjutan.

Salah satu peran nyata TNI dalam mendukung pembangunan tersebut adalah turut serta pada kegiatan TMMD yang ke 102 yang diselenggarakan selama 30 hari dari tanggal 10 Juli s.d 08 Agustus 2018 guna mewujudkan kemanunggalan TNI dan Rakyat. Usai upacara Dansatgas memberikan paparan laporan pencapaian dan pelaksanaan TMMD yang telah dilaksanakan dan diakhiri dengan kegiatan meninjau lokasi pembangunan yang telah selesai dikerjakan 100 %.

Sementara itu dalam keterangannya Dansatgas TMMD Letkol Kav Bambang Sugiyarta, S.H., M.M, M.Tr (Han) menyampaikan seiring dengan berakhirnya kegiatan TMMD ke-102 pihaknya menyampaikan terimakasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada kepada seluruh pihak yang telah membantu sehingga pelaksanaan TMMD ini berlangsung dengan sukses, teristimewa untuk masyarakat Pulau Hiri yang selama sebulan ini bersama-sama kami melaksanakan kegiatan TMMD dengan penuh rasa suka cita dan kekeluargaan semoga silaturahmi yang telah terbangun ini dapat kita pertahankan pada masa yang akan datang. (Penrem152)

Mahkamah Konstitusi Tolak Permohonan Hebat

Posted: 10 Aug 2018 05:04 AM PDT

Mahkamah Konstitusi Tolak Permohonan HebatJAKARTA, LELEMUKU.COM - Mahkamah Konstitusi (MK) menyatakan menolak permohonan pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Maluku 2018 nomor urut 3, Herman A. Koedoeboen dan Abdullah Vanath atau yang dikenal dengan  jargon Hebat, terkait perselisihan Hasil Pemilihan Kepala Daerah (PHPKADA) di Lantai 4, Ruang Persidangan MK RI, Jl Medeka Barat, Jakarta pada Jumat (10/8) pukul 13.30 WIT.

Persidangan dengan agenda pembacaan putusan yang dipimpin oleh Ketua MK, Dr. Anwar Usman, SH., MH dan didampingi 8 orang majelis hakim MK diantaranya Dr. Suhartoyo, SH, MH, Prof. Maria Farida Indrati,SH.MH,  Dr. I Dewa Gede Palguna, SH, M.Hum, Prof. Dr. Arif Idayat, SH, MS,  Dr. Manahan, MP Sitompul, SH.M.Hum , Prof. Dr. Saldi Isra, SH,  Prof. Dr. M. Guntur Hamsa, SH, MH dan Prof. Dr. Aswanto, SH, M.Si dan para pemohon, termohon dan pihak terkait ini berlangsung damai dan kondusif.

Pihak Pemohon dihadiri oleh  Herman A. Koedubun dan  Abdullah Vanath bersama Tim Kuasa Hukumnya Anthony Hatane, Sh.MH, Hendri S. Lusikoy, Sh.MH,  Yani Tuhurima, SH dan Willem R. E. Sudjiman, SH.

Pihak termohon dihadiri oleh Ketua Komisi Pemilihan Umuk (KPU)  Maluku Syamsul Rifan Kubangun,SH  bersama anggota  Alwi SH, MH, Irene S. Ponto, M. Si dan Almudatsir Z. Sangadji, SH, serta Tim Kuasa Hukumnya Hendrayana SH. MH, Iin Joni Priyana, SH dan Sugeng Susilo, SH. MH dan Ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Maluku, Abdullah Ely, SH. MH dan Astuti Usman, S.Ag.MH.

Sementara pihak terkait dihadiri paslon Gubernur dan Wakil Gubernur Maluku  Drs. Murad Ismail dan Drs. Barnabas Orno (Baileo) dengan Tim Kuasa Hukumnya  Rony Sianressy, SH dan Samson Atapari, SH.

Anwar dalam pembacaan amar Putusan Mahkamah Konstitusi dengan nomor 29/PHP.GUB-XVI/2018 pada pukul 15.23 WIT menyatakan menerima eksepsi termohon dan pihak terkait berkenaan dengan kedudukan hukum pemohon dan menyatakan pemohon tidak memiliki kedudukan hukum. Serta menyatakan permohonan pemohon tidak dapat diterima atau ditolak.

Dikatakan, setelah MK membacakan putusan maka  KPU Maluku harus melaksanakan Rapat Pleno Penetapan Pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Terpilih periode 2018 - 2023, tiga hari setelah Amar Putusan dibacakan.

Sebelumnya, Hebat menggugat Ke­pu­tusan KPU Provinsi Maluku Nomor: 717/HK.03.1-Kpt/81/PROV/VII/2018 Tentang Penetapan Reka­pitulasi Hasil Penghitungan Perole­han Suara Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Maluku Tahun 2018, yang memenangkan pasangan Baileo. Serta Berita Acara Nomor: 716/BA/PROV/VII/2018 Tentang Reka­pitulasi Hasil Penghitungan Suara ditingkat Pro­vinsi dalam Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Tahun 2018.

Hebat menuding ada pelanggaran yang siste­matis, terstruktur dan masif yang ada di enam kabupaten yang didalilkan oleh pemohon yakni di Kabupaten Maluku Tengah (Malteng), Seram Bagian Barat (SBB), Seram Bagian Timur (SBT), Buru Selatan (Bursel), Maluku Barat Daya ( MBD) dan Kepulauan Aru.

Dalam pleno hasil rekapitulasi yang dilakukan KPU Maluku pada Senin, (9/7), pasangan Baileo unggul  328.982 suara (40, 83%) di 6 kabupaten, diikuti Santun dengan 251.036 suara (31,16%) di 1 kabupaten dan 1 kota. Se­dangkan pasangan Hebat dengan 225.636 suara (28,00%) menang di 2 kabupaten dan 1 kota dengan total 805.654 suara sah dan suara tidak sah 8.384, sehingga total jumlah suara sah dan tidak sah 814.038.  (Albert Batlayeri)

PSU di Nabire Tidak Terlaksana, Mahkamah Konstitusi Gelar Sidang

Posted: 10 Aug 2018 04:54 AM PDT

PSU di Nabire Tidak Terlaksana, Mahkamah Konstitusi Gelar SidangJAKARTA, LELEMUKU.COM - Mahkamah Konstitusi (MK) menggelar sidang perdana Penyelesaian Hasil Pemilihan (PHP) Bupati dan Wakil Bupati Paniai, Provinsi Papua pada Selasa (8/8).

Pasangan petahana Hengky Kayame dan Yeheskiel Tenouye mengajukan sengketa karena tidak dilaksanakannya pemungutan suara ulang (PSU) di sembilan distrik oleh KPU Kabupaten Paniai.

M. Nursal selaku kuasa Pemohon menyatakan Panwas Kabupaten Paniai mengeluarkan rekomendasi yang memerintahkan adanya PSU di Distrik Aradide, Topiyai, Ekadide, Bogobaida, Paniai Timur, Paniai Barat, Kebo, Yagai, serta Baya Biru.

"Namun Termohon dengan sengaja tidak melaksanakan rekomendasi Panwas Kabupaten Paniai. Artinya putusan rekapitulasi suara adalah cacat hukum," tegasnya dalam perkara 71/PHP.BUP-XVI/2018 tersebut.

Pemohon juga mendalilkan jika pemungutan suara ulang terjadi, maka akan ada peluang untuk mengubah hasil penghitungan suara.

Hal ini dinilai Pemohon berimbas selisih suara Pemohon dengan Meki Nawipa-Oktopianus Gobay selaku Pihak Terkait. Apalagi sistem pemilihan menggunakan sistem noken yang pencoblosannya diwakili oleh ketua adat.

Selisih suara Pemohon dengan Pihak Terkait mencapai 41.311 suara dengan perolehan masing-masing, Pemohon mendapat 29.761 suara dan Pihak Terkait memperoleh 71.072 suara. 

"Sesungguhnya secara normal Pemohon tidak memenuhi Pasal 158 ayat (2) UU No 10 Tahun 2016 juncto Pasal 7 ayat (2) PMK Nomor 5 Tahun 2017 Pedoman bersengketa Pilkada di MK. Namun karena PSU ini belum dilakukan, maka tidak dapat dikenai pasal a quo," tegasnya dalam sidang yang dipimpin Hakim Konstitusi Arief Hidayat tersebut. (HumasMK)

Daniel Sabono Angkat Budaya dan Adat Istiadat dalam HUT RI ke 73

Posted: 10 Aug 2018 03:39 AM PDT

Daniel Sabono Angkat Budaya Istiadat dalam HUT RI ke 73 LARAT, LELEMUKU.COM – Camat Tanimbar Utara, Kabupaten Maluku Tenggara Barat (MTB), Provinsi Maluku, Daniel Esau Sabono., SE mengangkat semangat budaya dan adat istiadat dalam perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia (RI) ke 73 Tahun 2018.

"Ada beberapa lomba yang memang cukup mengaktifkan semangat adat istiadat budaya lokal yang harus dikembangkan," ujar dia saat ditemui Lelemuku.com di Kota Larat, pada Senin (6/8).

Sabono menjelaskan guna memeriahkan hari bersejarah bagi bangsa Indonesia tersebut, pihaknya menggelar lomba arumbay atau dayung perahu, lomba foruk yang akan dinilai adalah kewibawaan dari segi bahasa asli yang digunakan, cerita rakyat untuk siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP).

Kemudian lomba voli umum bagi putra dan putri, futsal putra dan putri bagi setiap instansi, paduan suara tingkat Sekolah Dasar (SD) hingga Sekolah Menengah Atas (SMA) dan umum, baris-berbaris tingkat SD hingga SMA, dan gerak jalan indah untuk tingkat umum.

"Mata lomba di bidang olahraga dan kesenian tapi nanti kami lihat kembali mana yang  harus terealisasi dan tidak, karena waktu  tinggal dua minggu saja. Sedangkan minimal tanggal 12 semua konsentrasi kegiatan sudah harus tuntas," jelasnya.

Camat Sabono mengungkapkan dijadwalkan pada Minggu (12/8) semua konsentrasi kegiatan lomba tersebut sudah harus tuntas dan terfokus pada kesiapan-kesiapan menjelang serta menyongsong kegiatan puncak upacara bendera, pada 17 Agustus.

Ia pun berharap agar setiap masyarakat yang berada di wilayah kerjanya, yaitu di Desa Lelingluan, Ritabel, Ridool, Watidal, Lamdesar Timur, Lamdesar Barat dan Kelaan dapat berpartisipasi aktif guna menghidupkan semangat proklamasi di Kepulauan Tanimbar dan lewat momen ini bisa menumbuhkan kecintaan akan budaya lokal yang menjadi identitas di Bumi Duan Lolat.

"Nanti setelah 17 Agustus pada detik-detik proklamasi upacara selesai dan penurunan pada sore hari. Malamnya nanti ada acara kenegaraan, acaranya sendiri tidak terlalu padat. Mari kita bersama-sama menyongsong HUT RI 73," harap Sabono. (Laura Sobuber)

Sambut HUT RI ke 73, Warga Passo Gelar Color Fun Run

Posted: 10 Aug 2018 03:34 AM PDT

PASSO, LELEMUKU.COM - Menyambut HUT RI ke-73, Pemerintah dan Babinkamtibmas Negeri Passo menggelar kegiatan Color Fun Run (CFR) "Eriwakang Negeri Passo Cinta Indonesia" pada Jumat (10/8) yang berlangsung di Pelataran parkir ACC-Passo.

Walikota Ambon, dalam sambutan yang dibacakan oleh Sekretaris Kota Ambon, A.G Latuheru, saat membuka acara, memberi apresiasi atas pelaksanaan acara yang dinilai berdampak positif bagi generasi muda bangsa dalam memupuk persatuan dan cinta tanah air.

CFR Eriwakang Negeri Passo Cinta Indonesia, merupakan bagian dari rangkaian event dalam menyambut HUT kemerdekaan RI ke-73. Kegiatan lainnya yang juga akan digelar antara lain, lomba baris empang, lomba goyang aster, lomba menggambar dan mewarnai, serta pesta rakyat.

Kegiatan CFR Eriwakang Negeri Passo Cinta Indonesia melibatkan siswa - siswi, organisasi kepemudaan, serta marching Band.

Kegiatan ini diawali dengan doa bersama yg dibawakan oleh 5 tokoh agama. (DiskominfoAmbon)

Suster Marsia Yamlean Meninggal Saat Tunggu Pesawat di Bandara Pattimura

Posted: 10 Aug 2018 03:34 AM PDT

Suster Marsia Yamlean Meninggal Saat Tunggu Pesawat di Bandara PattimuraAMBON, LELEMUKU.COM - Marsia Yamlean (60), seorang Suster TK Katolik dari Kelurahan Tanah Raja, Kecamatan Ternate Tengah, Kota Ternate, Provinsi Maluku Utara ditemukan meninggal dunia di ruang tunggu Garuda Lounge, Bandara Internasional Pattimura Laha, Kota Ambon, Provinsi Maluku pada Jumat (10/8) pukul 10.50.

Menurut informasi yang diterima Lelemuku.com, Sister Yamlean yang merupakan calon Penumpang Transit Pesawat Wings Air nomor penerbangan IW-1516 tujuan Ambon-Saumlaki diduga meninggal akibat menderita sakit.

Seorang saksi atas nama Susan Soulissa (20) yang merupakan karyawan Lounge Garuda mengakui dirinya melihat korban masuk ke lounge seorang diri dengan membawa 2 buah tas kecil. Korban lalu dudu dan beristirahat menunggu keberangkatan.

Saat menunggu, Suster yang pindah tugas ke TK Katolik, Desa Lolurun, Kecamatan Wertamrian, Kabupaten Maluku Tenggara Barat (MTB) ini terlihat menunduk untuk mengambil tas dan kemudian mengelus dada dengan tangan kiri, sambil mengeluh sakit. Ia kemudian memberikan botol kepada saksi untuk diisikan air panas.

Saksi kemudian melihat korban menempel botol air panas itu ke dada dan memeluk botol tersebut sambil memejamkan mata. Saksi juga menjelaskan bahwa mendengar suara dengkuran korban sebanyak 2 kali.

Beberapa saat kemudian saksi membangunkan korban mengingat waktu keberangkatan pesawat, namun saat dibangunkan saksi melihat korban sudah tidak sadarkan diri, selanjutnya saksi memanggil Dokter Karantina Kesehatan Bandara, dr Meggi Tita guna memeriksa keadaan korban.

Dr. Tita menyatakan dirinya langsung memeriksa korban dengan cara Pertolongan Pertama namun korban juga belum sadarkan diri. Selanjutnya dokter mencoba menekan bagian dada korban (memompa), namun nyawa korban sudah tidak dapat tertolong lagi.

Hal ini kemudian dilaporkan ke Kapolsek Kawasan Bandara Pattimura, IPTU Megawati Triani. SIK pada pukul 11.42 WIT dan bersama anggota Polsek KBP serta pihak Angkasa Pura I tiba di Kantor Karantina Kesehatan untuk melihat jenajah korban selanjutnya menghubungi Kesusteran RS Otokwik Desa Passo untuk memberitahukan perihal kematian korban.

Salah satu perwakilan Kesusteran RS Otokwik , Suster Marchia (63) tiba di kantor Karantina Kesehatan Bandara guna melihat korban sekaligus membawa jenazah  ke Mess RS Otokwik dengan menggunakan 1 unit mobil Ambulans milik RS Otokwik. (Albert Batlayeri)

Muhammad Yasin Payapo Coblos di TPS 5 Luhu

Posted: 10 Aug 2018 02:49 AM PDT

Muhammad Yasin Payapo Coblos di TPS 5 Luhu
PIRU, LELEMUKU.COM -Hari pencoblosan Pemilu, Bupati Seram Bagian Barat (SBB) Drs. Moh. Yasin Payapo, M.Pd, memberikan suaranya di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 5 Desa Luhu, Kecamatan Seram Barat, Kabupaten SBB, Provinsi Maluku yang berada di kompleks SMK Negeri 3 Seram Barat, Rabu (27/6).

Bupati SBB datang ditemani istri beserta anggota keluarga ke tempat pemungutan suara. Bersama masyarakat sekitar, Bupati SBB terlihat membaur dengan warga yang antri menunggu panggilan panitia TPS.

Setelah mencoblos, Bupati SBB bersama istri, menyapa warga luhu yang tengah melaksanakan pemungutan suara.

Berdasarkan pantauan Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) SBB, kehadiran bupati di TPS ini sekitar pukul 10.00 Wit. Tak ketinggalan, Pejabat Desa Luhu ikut mendampingi Bupati ke TPS.

Sebelum melakukan pencoblosan panitia atau anggota TPS melakukan pemeriksaan terhadap kotak surat suara dan melakukan perhitungan kembali jumlah surat suara untuk disesuaikan dengan berita acara.

Kehadiran bupati ini menunjukan sikap demokrasi yang baik sebagai warga negara Republik Indonesia.

Sikap yang ditunjukan oleh bupati dapat dicontoh dari seorang pimpinan daerah kepada masyarakatnya untuk menciptakan pesta demokrasi yang aman dan damai.

Dalam pantauannya, secara keseluruhan pemungutan suara berjalan lancar dan tertib. Terlihat di beberapa TPS sekitar SMK N.3 Seram Barat, antusias warga cukup tinggi.

Sejak dibuka, warga berbondong-bondong datang ke TPS untuk memberikan hak suaranya, karena mereka berpandangan bahwa melalui pemilu ini nasib maluku lima tahun kedepan akan ditentukan dan rakyat yang berdaulat. (DIskominfoSBB)

Petrus Fatlolon Mencoblos di TPS 1 Sifnana

Posted: 10 Aug 2018 02:49 AM PDT

Petrus Fatlolon Mencoblos di TPS 1 SifnanaSAUMLAKI, LELEMUKU.COM – Bupati Maluku Tenggara Barat (MTB), Provinsi Maluku Petrus Fatlolon, SK., MH bersama istri, Ny. Joice Fatlolon menggunakan hak pilih pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak Tahun 2018.

Hal ini dikatakan oleh Bagian Hubungan Masyarakat (Humas) Pemerintah Daerah (Pemda) MTB melalui akun profil facebooknya, Bupati Fatlolon bersama istri terlihat ta

"Bupati MTB bersama Ibu Fatlolon menggunakan hak suaranya sebagai Warga Negara Indonesia dalam Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Maluku periode 2018-2023 bertempat di TPS 1 Desa Sifnana," kata rilis itu.

Hal yang sama juga ditunjukan oleh Sekretaris Daerah (Sekda) MTB, Piterson Rangkoratat, SH bersama istri pun melakukan pencoblosan di TPS Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri Unggulan Saumlaki.

Setelah melakukan pencoblosan Sekda Rangkoratat melanjutkan pemantauan pelaksanaan Pilgub pada TPS 09 BTN Kelurahan Saumlaki.

"Sekretaris Daerah Kabupaten MTB Piterson Rangkoratat, SH beserta Ny. Rangkortat melakukan pencoblosan pada TPS SMA Negeri Unggulan Saumlaki sekaligus memantau pelaksanaan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur pada TPS tersebut, termasuk TPS 09 BTN Kelurahan Saumlaki," posting rilis Humas. (Laura Sobuber)
k mau ketinggalan dalam menggunakan hak suaranya dalam Pemilihan Gubernur (Pilgub) dan Wakil Gubernur periode tahun 2018 hingga 2023 yang bertempat di TPS 1 Desa Sifnana, Kecamatan Tanimbar Selatan (Tansel), pada Rabu (27/6).

Ahmad Hidayat Mus dan Rivai Umar Unggul di Pilkada Maluku Utara

Posted: 10 Aug 2018 02:49 AM PDT


TERNATE, LELEMUKU.COM - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Maluku Utara (Malut) hampir merampungkan pengumpulan form C1 pada Pemilihan Gubernur (Pilgub) Malut.

Menurut situs resmi KPU, hingga Jumat (29/6) pukul 20.00 WIT, tercatat  pasangan calon wakil gubernur (cagub) dan  wakil gubernur (cawagub) Ahmad Hidayat Mus -Rivai Umar unggul dalam real count KPU dengan perolehan 31,82 persen atau 174.889 suara.

Suara tersebut berdasarkan dari 99,11 persen data form C1 yang telah masuk dan dihimpun KPU dari 2.118 TPS. Ahmad-Rivai memenangi suara di empat daerah dari 8 kabupaten dan 2 kota di Malut dengan total suara yang telah masuk, yakni 557.370. Rinciannya yaitu 549.211 suara sah dan 8.454 suara tidak sah.

Pertengahan Maret 2018, Ahmad yang diusung oleh Partai Golkar dan PPP, menjadi tersangka KPK dalam kasus dugaan korupsi dalam pembebasan lahan Bandara Bobong pada APBD Kabupaten Sula 2009 saat ia menjadi Bupati di daerah tersebut periode 2005-2010. Namun, Ahmad belum ditahan oleh KPK.

Menanggapi hal tersebut Partai Golkar bersyukur kemenangan pertarungan Ahmad dan Rivai di Pilkada Maluku Utara 2018 berdasarkan hasil hitung cepat atau quick count.

"Ada anomali pada Pilkada ini. Di Maluku Utara, sampai hitung cepat sekarang, calon yang kami usung yang juga tersangka KPK, Alhamdulillah menang," kata Ketua DPP Golkar, Ace Hasan Syadzily ‎seperti dikutip Okezone pada Sabtu (30/6).

Pasangan ini unggul sangat tipis dari pesaingnya yakni Abdul Gani Kasuba-M Yasin yang memperoleh 167.009 suara atau 30,40 persen. Selisihnya hanya 7.880 suara.

Di urutan ketiga ditempati pasangan Burhan Abdurahman-Ishak Jamaluddin yang memperoleh 143.004 suara atau 26,03 persen.

Sementara di posisi akhir yakni Muhammad Kasuba-Madjid Husen dengan meraih 64.514 suara atau 11,74 persen.

KPU menyebutkan, hitungan cepat ini untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat untuk mengetahui hasil Pilkada serentak 27 Juni 2018 secara cepat dan transparan di seluruh wilayah yang menyelengaran Pilkada.

Data hasil pada hitungan cepat berdasarkan data masuk form C1. Hasil hitungan cepat merupakan hasil sementara dan tidak bersifat final.

"Jika terdapat kesalahan pada model C1 akan dilakukan perbaikan pada proses rekapitulasi di tingkat atasnya," tulis KPU. (Albert Batlayeri)

Herman Koedoboen dan Abdullah Vannath Unggul di Kota Ambon

Posted: 10 Aug 2018 02:48 AM PDT

AMBON, LELEMUKU.COM - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Daerah Kota Ambon mengungkapkan dari hasil rapat pleno rekapitulasi penghitungan dan penetapan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur (Pilgub) Maluku 2018 ditetapkan pasangan Herman Adrian Koedoboen, SH.,M.Si dan H. Abdullah Vannath, S.Sos.,M.MP (Hebat) unggul dengan perolehan akhir suara sebanyak 52.892.

"Hasil rekapitulasi penghitungan dan penetapan pasangan nomor urut Tiga Hebat unggul dari pasangan Ir. Said Assagaff dan Ir. Anderias Rentanubun yang memperoleh suara sebanyak 41.249 dan Irjen Pol. Drs. Murad Ismail dan Drs. Barnabas Orno memperoleh suara sebanyak 41.249 suara," kata Ketua KPU Ambon, M. Kainama, saat rapat pleno penghitungan dan penatapan perolehan suara di KPU Kota Ambon, Rabu (4/7).

Rekaptulasi dimulai dengan bedah kotak suara dan paparan dari lima Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) ke KPU, dan dilanjutkan penghitungan dan penetapan.

Hasil rekapitusi dituangkan dalam formolir model DB-KWK KPU kota Ambon tentang Berita Acara Rekapitulasi Hasil Penghitungan Suara Di Tingkat Kabupaten/Kota Dalam Pemilihan Gubernur Dan Wakil Gubernur Tahun 2018. Pelaksanan rekapitulasi penghitungan perolehan suara disaksikan oleh saksi pasangan calon dan diawasi Bawaslu Ambon.

Rekapituasi dilakukan dengan menjumlahkan data dalam formulir model DA-1 KWK dari seluruh kecamatan dan dituangkan dalam formulir DB1-KWK. Data jumlah surat suara sah 140,280 suara, surat suara tidak sah 1.100 dan jumlah surat suara sah dan tidak sah sebanyak 141.380. (HumasKPUAmbon)

Murad Ismail dan Barnabas Orno Unggul 9,18 Persen dari Said Assegaff dan Andreas Rentanubun

Posted: 10 Aug 2018 02:48 AM PDT

Murad Ismail dan Barnabas Orno Unggul 9,18 Persen dari Said Assegaff dan Andreas RentanubunAMBON, LELEMUKU.COM - Pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Maluku 2018-2023, Murad Ismail dan Barnabas Orno unggul dalam Pilkada Maluku 2018 yang dilaksanakan pada 27 Juni lalu. 

Menurut rilis yang diterima Lelemuku.com, Ketua Divisi Data Pasangan Baileo, Novel Hukunala pada  Jumat (6/7), hasil rekapitulasi manual yang dilakukan  pasangan dengan jargon Baileo, berdasar pada formulir C1-KWK dari 10 kabupaten dan 1 kota terungkap bahwa Baileo meraih 322.724 suara  atau 40,54 persen.

Posisi kedua ditem­pati, pasangan Said Assa­gaff-Andreas Rentanubun dengan jargon Santun yang memperoleh 249. 663 suara atau 31,37 persen dan pasangan Her­man Koedoeboen-Ab­dullah Vanath dengan jargon Hebat berada diposisi ketiga dengan per­olehan 223.595 suara atau 28,49 persen.

Sehingga selisih antara pasangan Baileo dengan Santun sebesar 9,18 per­sen, dan dari data yang masuk ini dapat diakumulasikan untuk partisi­pasi pemilih sebesar 66 persen le­bih.

Dikatakan suara yang berasal dari 3.358 tempat pemungutan suara (TPS) di seluruh Provinsi Maluku ini terdapat total 777.686 suara sah dan  6.749 suara tidak sah. 

Meski masih menunggu data dari Kabupaten Maluku Barat Daya (MBD) yang terkendala akibat cuaca dikatakan angka ini lebih diatas yang ditargetkan oleh tim sukses Baileo yang menargetkan menang dengan lebih sekitar 8 persen dari Santun dan Hebat. (Albert Batlayeri)

KPU Tetapkan Murad Ismail dan Barnabas Orno Sebagai Pemenang Pilkada Maluku

Posted: 10 Aug 2018 02:48 AM PDT

AMBON, LELEMUKU.COM - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Maluku menetapkan Pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Maluku nomor urut 2, Irjen Pol. Murad Ismail dan Barnabas Orno sebagai pemenang Pilkada Maluku tahun 2018 pada Senin malam (9/7). Hal ini ditetapkan Ketua KPU Syamsul Rifan Kubangun bersama seluruh komisioner KPU dalam rapat pleno terbuka di Kantor KPU Maluku, Kota Ambon yang mengumumkan hasil rekapitulasi penghitungan suara . Pasangan dengan jargon Baileo ini mengungguli dua pasangan lainnya, yakni pasangan petahana Said Assagaff-Anderias Rentanubun (Santun) dan pasangan yang maju lewat jalur perseorangan, Herman Adrian Koedoeboen-Abdullah Vanath (Hebat).  Menurut informasi yang diterima Lelemuku.com, dari total daftar pemilih tetap (DPT) Pilkada Maluku sebesar 1.149.990, hanya 814.038 pemilih yang menggunakan hak pilih dengan jumlah surat suara sah sebesar 805.654. Menyatakan Baileo yang diusung oleh koalisi PDI-Perjuangan, Gerindra, NasDem, PKB, Hanura, PKPI, PAN dan PPP ini memperoleh 328.982 suara. Hasil rekapitulasi penghitungan suara menyatakan Baileo unggul di enam daerah yakni di Kabupaten Maluku Tengah dengan 75.838 suara, Kabupaten Seram Bagian Barat dengan 48.719 suara, Kabupaten Buru dengan 39.168 suara, Kabupaten Buru Selatan dengan 27.513 suara, Kabupaten Kepulauan Aru dengan 20.829 suara dan Kabupaten Maluku Barat Daya dengan 33.521 suara. Sementara Santun dengan dukungan koalisi Partai Golkar, PKS, Demokrat dan PBB memperoleh 251.036 suara dengan kemenangan di Kabupaten Seram Bagian Timur dengan 32.546 suara dan Kabupaten Maluku Tenggara Barat dengan 21.520 suara.  Sedangkan Hebat dari jalur independen meraih 225.636 suara dengan kemenangan di 2 kota dan 1 kabupaten yakni di Kota Ambon dengan 52.892 suara, Kabupaten Maluku Tenggara dengan 28.158 suara dan Kota Tual dengan 12.869 suara. Hasil rekapitulasi penghitungan perolehan suara Pilkada Maluku itu tertuang dalam surat keputusan KPU Maluku Nomor 712/HK.031/KPT/81-Prof/VII/2018 tentang hasil rekapitulasi penghitungan suara pemilihan gubernur dan wakil gubernur provinsi Maluku tahun 2018. Usai mengumumkan hasil rekapitulasi penghitungan suara Pilkada Maluku, Rifan bersama para komisioner KPU lainnya dan dua saksi dari pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Maluku yakni saksi pasangan Baileo dan saksi pasangan Santun kemudian menandatangani berita acara hasil rekapitulasi penghitungan suara Pilkada Maluku. (Albert Batlayeri)
AMBON, LELEMUKU.COM - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Maluku menetapkan Pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Maluku nomor urut 2, Irjen Pol. Murad Ismail dan Barnabas Orno sebagai pemenang Pilkada Maluku tahun 2018 pada Senin malam (9/7).

Hal ini ditetapkan Ketua KPU Syamsul Rifan Kubangun bersama seluruh komisioner KPU dalam rapat pleno terbuka di Kantor KPU Maluku, Kota Ambon yang mengumumkan hasil rekapitulasi penghitungan suara .

Pasangan dengan jargon Baileo ini mengungguli dua pasangan lainnya, yakni pasangan petahana Said Assagaff-Anderias Rentanubun (Santun) dan pasangan yang maju lewat jalur perseorangan, Herman Adrian Koedoeboen-Abdullah Vanath (Hebat).

Menurut informasi yang diterima Lelemuku.com, dari total daftar pemilih tetap (DPT) Pilkada Maluku sebesar 1.149.990, hanya 814.038 pemilih yang menggunakan hak pilih dengan jumlah surat suara sah sebesar 805.654. Menyatakan Baileo yang diusung oleh koalisi PDI-Perjuangan, Gerindra, NasDem, PKB, Hanura, PKPI, PAN dan PPP ini memperoleh 328.982 suara.

Hasil rekapitulasi penghitungan suara menyatakan Baileo unggul di enam daerah yakni di Kabupaten Maluku Tengah dengan 75.838 suara, Kabupaten Seram Bagian Barat dengan 48.719 suara, Kabupaten Buru dengan 39.168 suara, Kabupaten Buru Selatan dengan 27.513 suara, Kabupaten Kepulauan Aru dengan 20.829 suara dan Kabupaten Maluku Barat Daya dengan 33.521 suara.

Sementara Santun dengan dukungan koalisi Partai Golkar, PKS, Demokrat dan PBB memperoleh 251.036 suara dengan kemenangan di Kabupaten Seram Bagian Timur dengan 32.546 suara dan Kabupaten Maluku Tenggara Barat dengan 21.520 suara.

Sedangkan Hebat dari jalur independen meraih 225.636 suara dengan kemenangan di 2 kota dan 1 kabupaten yakni di Kota Ambon dengan 52.892 suara, Kabupaten Maluku Tenggara dengan 28.158 suara dan Kota Tual dengan 12.869 suara.

Hasil rekapitulasi penghitungan perolehan suara Pilkada Maluku itu tertuang dalam surat keputusan KPU Maluku Nomor 712/HK.031/KPT/81-Prof/VII/2018 tentang hasil rekapitulasi penghitungan suara pemilihan gubernur dan wakil gubernur provinsi Maluku tahun 2018.

Usai mengumumkan hasil rekapitulasi penghitungan suara Pilkada Maluku, Rifan bersama para komisioner KPU lainnya dan dua saksi dari pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Maluku yakni saksi pasangan Baileo dan saksi pasangan Santun kemudian menandatangani berita acara hasil rekapitulasi penghitungan suara Pilkada Maluku 2018-2023 ini. (Albert Batlayeri)

Tingkat Partisipasi Disabilitas di Pilkada Maluku 2018 Meningkat

Posted: 10 Aug 2018 02:47 AM PDT

Tingkat Partisipasi Disabilitas di Pilkada Maluku 2018 MeningkatAMBON, LELEMUKU.COM – Pemilihan Gubernur dan wakil Gubermnur (Pilgub) Maluku 2018 menyisakan hal positif bagi pemilih disabilitas. Tingkat partisipasi pemilih disabilitas cukup tinggi dibandingkan pemilih dengan kondisi fisik normal.

Data Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Maluku menyebutkan, pemilih disabilitas yang tercatat dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pilgub sebanyak 2.371. Terdiri dari laki-laki laki-laki 1.020 dan perempuan 1.351.

"Yang menggunakan hak pilih, laki-laki 958 dan perempuan 1.312, total 2.270,"kata Ketua KPU Maluku, Syamsul Rifan Kubangun saat membacakan Berita Acara penetapan hasil rekapitulasi penghitungan suara pasangan calon gubernur dan wakil gubernur, Senin (9/7).

Sementara itu, total jumlah pemilih Pilgub Maluku dalam DPT sebanyak total 1.149.990, terdiri dari laki-laki 566.266 dan perempuan 583.724, Pemilih DPPh laki-laki 1.570 dan perempuan 861, total 2.421, pemilih dalam dalam DPTb/e-KTP/Suket, laki-laki 17.205 dan perempuan 19.540, total 36.790.

"Jumlah pemilih total 1.189.201, yang terdiri dari pengguna hak pilih dalam DPT 776.399, DPPh 16.678, DPTb/e-KTP/Suket sebanyak 395.609. Jumlah seluruh pengguna hak pilih sebanyak 814.038. Dengan suara sah sebanyak 805.381 dan suara tidak sah 8.384,"sebut Rifan.

Rifan bersyukur, karena pemilih disabilitas memiliki kesadaran dan partisipasi politik yang baik. KPU akan berupaya agar partisipasi pemilih disabilita terus meningkat dalam pemilihan umum 2019.

"Ini hal yang positif. Dan, kita akan tetap berupaya agar pemilih disabilitas dapat menyalurkan hak politik secara nyaman, dan terus meningkat,"ujar Rifan secara terpisah. (HumasKPUMaluku)

Aliong Mus Apresiasi Penyelenggaraan Pilkada 2018 di Pulau Taliabu

Posted: 10 Aug 2018 02:47 AM PDT

Aliong Mus Apresiasi Penyelenggaraan Pilkada 2018 di Pulau Taliabu
BOBONG, LELEMUKU.COM - Bupati  Pulau Taliabu Hi. Aliong Mus, memberikan apresiasi serta ucapan terimakasih atas penyelenggaraan Pilkada serentak 2018 di Pulau Taliabu, Provinsi Maluku Utara yang berjalan lancar aman dan damai. 

"Atas nama Pemerintah Kabupaten Pulau Taliabu,  kami mengucapkan terimakasih atas koordinasi semua pihak sehingga pelaksanaan Pilkada berjalan lancar," ucapnya.

Keadaan aman dan kondusif yang tercipta pada proses penyelenggaraan Pilkada tentu saja tidak lepas dari kerja Polri dan TNI sebagai ujung tombak dalam pengamanan Pilkada, sehingga keadaan ini dapat dirasakan oleh semua pihak.

"Itu yang terutama Pemkab Pulau Taliabu memberikan apresiasi dan kembali mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya," tambahnya.
Secara umum, lanjutnya, Pemkab Pulau Taliabu juga mengapresiasi kepada masyarakat yang sudah sama-sama mensukseskan pilkada serentak.

Namun demikian Pemerintah juga berperan kepada masyarakat agar selalu berkoordinasi dengan aparat penegak hukum.

"Informasi dari masyarakat itu perlu,  sehingga ada sinergitas antara masyarakat dan institusi Polri/TNI khususnya,  sehingga Kamtibmas diwilayah kita dapat terjaga dengan aman dan baik, "tuturnya. (DiskominfoTaliabu)

Cegah Banjir, TNI dan Masyarakat Ngele Buat Saluran Air

Posted: 10 Aug 2018 02:46 AM PDT

Cegah Banjir, TNI dan Masyarakat Ngele Buat Saluran AirNGELE, LELEMUKU.COM - Banjir yang kerap kali melanda pemukiman penduduk di Desa Nggele Kecamatan Taliabu Barat Laut Kabupaten Pulau Taliabu, Provinsi Maluku Utara terutama setelah hujan dengan intensitas tinggi dengan durasi yang lama akibat tidak adanya saluran air, untuk mengantisipasi hal tersebut Babinsa dan masyarakat setempat melaksanakan karya bhakti pembuatan saluran air pada(29/07),

Adalah Serda Suryanto Babinsa Desa Nggele bersama masyarakat Desa Lede bersama masyarakat Kecamatan Taliabu Barat Laut membuat saluran air sepanjang 600 meter melintasi pemukiman warga hingga ke kali dikerjakan secara bersama-sama, meskipun masih menggunakan alat manual skop dan cangkul   namun tidak mengurangi semangat mereka untuk bekerja,  pengerjaan sendiri dilakukan sejak pagi hari seluruh warga khususnya kaum laki-laki turut serta bekerja bakti membuat saluran air.

Mayor Inf Poniman selaku Danramil 1509- /Bobong kepada awak media menyampaikan bahwa Pulau Taliabu ini memang kerap dilanda bencana banjir, infrastruktur untuk mengurangi dampak banjir saat ini perlahan mulai dikerjakan oleh pemerintah daerah namun akibat keterbatasan anggaran sehingga pengerjaannya dilaksanakan secara bertahap, namun sebagai langkah antisipatif kita gerakkan masyarakat untuk bekerja bakti membuat saluran air sebagai solusi sementara guna menghindari bencana banjir. (Penrem 152)

Yayat Priatna Prihatina Tekankan Netralitas Saat Pilkada 2018

Posted: 10 Aug 2018 02:43 AM PDT

Yayat Priatna Prihatina Tekankan Netralitas Saat Pilkada 2018
SOASIU, LELEMUKU.COM - Semenjak dilantik menjadi pejabat Komandan Kodim 1505/Tidore, Letnan Kolonel Inf Yayat Priatna Prihatina, S.I.P. segera melakukan Jam Komandan yang dilaksanakan di Aula Sudirman Makodim 1505/Tidore pada (15/02)

Kegiatan yang diikuti oleh Para Danramil, Perwira Staf, Bintara dan Tamtama serta Pegawai Negeri Sipil Kodim 1505/Tidore dalam kesempatan tersebut Dandim menyampaikan salam perkenalan sebagai warga baru di Kodim Tidore. 

Selain itu juga kedepan kita dihadapkan dengan sejumlah agenda kegiatan yang harus kita kerjakan dengan sebaik-baiknya sehingga dengan pergantian Pejabat Dandim ini diharapkan agar dapat juga memberikan suasana baru yang dapat meningkatkan etos kerja. 

Dalam kesempatan tersebut juga Dandim menekankan agar seluruh personel dapat menghindari melakukan pelanggaran, penyalahgunaan Narkoba serta berbagai tindakan yang dapat mencoreng nama baik pribadi maupun Satuan serta pegang teguh Netralitas TNI terlebih pada tahun ini Maluku Utara akan menggelar pesta demokrasi Pemilihan Umum Kepala Daerah untuk itu aturan dan ketentuan tentang Netralitas sudah sangat jelas sehingga pedomani hal tersebut dan jangan sekali-kali mencoba melanggar karena sanksi hukumnya sangat berat selain itu juga dapat merusak citra positif Satuan.

Usai kegiatan Dandim saat ditemui awak media menyampaikan bahwa Jam Komandan ini merupakan bagian dari pembinaan personel dan pengamanan dimana Komandan Satuan menyampaikan aturan dan kebijakannya untuk dipedomani dan dipatuhi oleh personel jajaran Kodim 1505/Tidore. (Penrem152)

TV Kabel Tanimbar Vision Data Ulang Pelanggan

Posted: 10 Aug 2018 02:42 AM PDT

SIFNANA, LELEMUKU.COM – Televisi (TV) Kabel Tanimbar Vision siap mendata ulang pelanggannya di seluruh Desa Sifnana, Kecamatan Tanimbar Selatan (Tansel), Kabupaten Maluku Tenggara Barat (MTB), Provinsi Maluku.

Menurut seorang karyawan TV Kabel Tanimbar Vision, Blasus bahwa pihaknya akan melakukan pendataaan ulang kepada seluruh pelanggan.

"Mungkin dalam waktu dekat kami jalan untuk data kembali," kata Blaus saat ditemui Lelemuku.com, pada Kamis (1/2).

Ia mengatakan pendataan tersebut dilakukan karena banyak pelanggan yang menunggak pembayaran.

"Alasan pendataan ulang adalah karena adanya tunggakan pelanggan yang belum dilunasi, ada juga yang namanya tidak terdaftar tetapi menggunakan tv kabel dan adapula para pelanggan yang sengaja meninggalkan kabel saat berpidah tempat tinggal tanpa pemberitahuan," ujar dia.

Blasuspun berharap setelah pendataan tersebut, para pelanggan dapat menggunakan TV Kabel secara benar.

TV kabel sendiri adalah sistem penyiaran acara televisi lewat isyarat atau kabel coaxial dan bukan lewat udara seperti siaran televisi biasa yang harus ditangkap antena. (Aksamina Masela).

Pokja Poltekkes Maluku Batalkan Lelang Proyek Pengadaan Pakaian Seragam Mahasiswa

Posted: 10 Aug 2018 02:41 AM PDT

AMBON - Pokja PBJ ULP Barang/Jasa Poltekkes Maluku yang diketuai oleh Rony . Latumenasse, S.Pd., M.Kes akhirnya membatalkan proses lelang proyek Pengadaan Pakaian Seragam, Perlengkapan dan Atribut Mahasiswa yang sejak awal diduga telah diarahkan untuk dimenangkan oleh CV. Simpati Tailor.

Tender tersebut dibatalkan setelah borok pihak Pokja yang diduga terlibat kongkalikong jahat dengan pihak CV. Simpati Tailor diungkap ke publik. Pembatalan itu sesuai  Pengumuman Pembatalan Lelang Nomor : PL.07/Pan.PBJ/Poltekkes/X/2017.

Dimana, dalam pengumuman tersebut dijelaskan bahwa setelah Pokja BPJ Poltekkes Maluku melakukan evaluasi kualifikasi dan pembuktian kualifikasi, CV. Simpati Tailor sesuai dengan BA. Pembuktian Kualifikasi Nomor: PL.07/Pan.PBJ/Poltekkes/IX/2017 telah dinyatakan lulus, kemudian diteruskan dengan peninjauan ke lapangan.

Hasil peninjauan lapangan oleh Pokja PBJ ULP Poltekkes Maluku terhadap CV. Simpati Tailor, untuk melihat secara langsung  fasilitas peralatan yang dimiliki sesuai dengan data kualifikasi yang dimasukkan melalui LPSE, untuk fasilitas mesin jahit yang diminta sesuai Dokumen Kualifikasi yang dimiliki CV. Simpati Tailor terdapat 8 (delapan) unit yang layak pakai, 7 (tujuh) rusak/tidak layak pakai, dari total  sebanyak 15 (lima belas) yang diisyaratkan.

Berdasarkan peninjauan ke lapangan tersebut, maka dengan ini Pokja PBJ Poltekkes Maluku  memutuskan paket lelang Pengadaan yang bersumber dari APBN Tahun Anggaran 2017  dengan nilai Rp. 901.651.525,00,- dengan jangka waktu pelaksanaan selama 60 hari kalender tersebut dinyatakan batal.

Wakil Direktur CV. Mawaddah, Ibu Nurkaya mengaku sangat beryukur karena ketika tender sarat pelanggaran hukum itu dibongkar oleh media ini, tender tersebut pun dibatalkan.

"Alhamdulillah, Allahu Akbar, berkat tekanan banyak media dan doa semua pihak," kata Nurkaya via pesan WhatsApp kepada Kompastimur.com, Senin (2/10).

Walau begitu, Nurkaya mengaku masih kuatir jika lelang ulang dilaksanakan, bisa saja ada modus lain yang bisa saja dipraktekkan oleh Ketua Pokja untuk memenangkan CV. Simpati Tailor sehingga harusnya Ketua Pokja diganti.

"Kita tunggu lelang ulang, tolong tetap back up. Jika lelang ulang, tetap diwaspadai modus lain oleh Ketua Pokja, harus melibatkan semua anggota panitia, dan harap Ketua Pokja diganti," ungkapnya.

Apalagi, alasan yang diungkapkan oleh pihak Pokja sebagai landasan untuk pembatalan tender tersebut pun dirasa sebagai sebuah pembohongan yang sengaja diciptakan oleh pihak Pokja untuk mencari pembenaran diri.

"Karena alasan bahwa 7 mesin jahit CV. Simpati Tailor rusak, itu tidak benar. Karena hasil investigasi kami, hanya 5 unit mesin jahit yang dimiliki CV. Simpati Tailor," ungkapnya.

Dirinya menuding, Pokja berlindung dibalik angka 15 unit mesin dimiliki oleh CV. Simpati Tailor lantaran telah terlanjur menyatakan CV. SImpati Tailor memenuhi syarat yang artinya mempunyai 15 unit mesin jahit.

Lebih dari itu, Nurkaya pun menegaskan bahwa seharusnya bukan lelang tersebut dibatalkan, tetapi sudah seharsunya dievaluasi kembali karena CV. Mawaddah miliknya 100 persen memenuhi syarat.

"Ini harus dilakukan penyelidikan, karena sudah merugikan CV. Mawaddah. Sebab, kalau Pokja jujur, harus diupload kekuarangan CV. Mawaddah, tidak boleh hanya temuan CV. Simpati Tailor. Sebab, kalau tidak ada alasan kekuarangan peserta lain (CV. Mawaddah-red), berarti peserta tersebut sempurna," ujarnya.

Maka, tambahnya, sesuai dengan Peraturan Presiden (Perspres) tentang Pengadaan Barang dan Jasa jika benar sanggahan atau ada temuan lain yang membatalkan calon pemenang, maka harus dievaluasi ulang.

"Pembatalan ini sudah merugikan CV. Mawaddah yang berpeluang menang, dan dapat mengajukan gugatan, kecuali Pokja bisa tunjukkan kekurangan peserta lain," ucapnya.

Tambahnya lagi, jika pada lelang berikutnya dilakukan, maka sudah seharusnya persyaratan yang sudah ada tidak bisa dirubah.

"Sebab, kami kuatir berpotensi menyesuaikan dengan kondisi CV. Simpati Tailor, jika terjadi lelang ulang," katanya.

Sementara itu, auditor Inspektorat Jenderal (Itjen) Kemenkes RI, Warseno kepada Kompastimur via pesan singkat mengaku akan menindaklanjuti temuan pelanggaran hukum dalam proses tender tersebut.

"Makasih infonya, kita sedang menindaklanjuti apa sedang diadukan," ucapnya. (kompastimur.com)

MBD, MTB dan Kepulauan Aru Belum Terakses Jaringan Fiber Optik

Posted: 10 Aug 2018 02:41 AM PDT

AMBON, LELEMUKU.COM - Manajer umum PT. Telkom, Witel Maluku, Ichwan Muhammadiyah mengakui tiga kabupaten di Maluku belum terakses jaringan fiber optik.

Tiga kabupaten yang belum terakses layanan fiber optik dan masih menggunakan layanan satelit yaitu Kabupaten Maluku Barat Daya (MBD), Kabupaten Maluku Tenggara Barat (MTB) dan Kabupaten Kepulauan Aru. Sedangkan delapan kabupaten dan kota lainnya telah mengakses layanan internet dengan baik," katanya di Ambon, Senin.

Menurut Ichwan, pelayanan yang diberikan Telkom menggunakan Sistem Komunikasi Kabel Laut (SKKL) Sulawesi Maluku Papua Cable System (SMPCS) yang telah terpasang sejak tahun 2015.

Kabel optik ini menjangkau delapan provinsi dan 34 kabupaten di Indonesia timur, meliputi Sulawesi Utara, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Selatan, Maluku Utara, Maluku, Nusa Tenggara Timur, Papua Barat, dan Papua.

"SMPCS akan menjadi tonggak baru untuk memaksimalkan layanan Telkom dengan memperluas konektivitas dan meningkatkan kapasitas layanan data di wilayah ini," ujarnya.

Dikatakannya, untuk mendapatkan layanan internet yang cepat dan mudah setiap daerah harus menggunakan fiber optik, yang mana adalah sebagai induk dari semua akses dalam hal ini Indihome dan astinet.

"Penggunaan layanan satelit biayanya sangat mahal dibandingkan menggunkana asisnet dan indihome, tetapi untuk menggunakan ini harus ada fiber optik sebagai sarana infrastrukturnya," katanya.

Pihaknya kata Ichwan, berupaya agar tiga kabupaten di Maluku dapat menikmati layanan internet dengan mudah dan cepat.

"Kami sementara berupaya agar tiga kabupaten ini dapat menikmati layanan internet dengan mudah dan cepat tanpa harus ada keluhan dari masyarakat setempat,"katanya.

Yang terpenting saat ini dalam pengembangan layanan internet di kabupaten dan kota harus ada kerja sama dengan pihak pemerintah setempat untuk meningkatkan layanan internet. (Antara)

Kemendagri Sosialisasi Kelitbangan di Seram Bagian Barat

Posted: 10 Aug 2018 02:41 AM PDT

PIRU, LELEMUKU.COM - Kepala Pusat Litbang Inovasi Daerah Balitbang Kemendagri Drs. Safrizal. ZA,M.Si ketika membawakan materi Sosialisai Kelitbangan Tahun 2018 di aula lantai tiga Kantor Bupati Seram Bagian Barat (SBB) tentang Review Kelitbangan dan Inovasi Daerah dalam Menunjang Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah dan Upaya Optimalisasinya.

Dalam paparannya Safrizal mengatakan bahwa peran strategis Balitbang Daerah adalah sesuatu yang sangat penting, dan tertuang dalam UU Nomor 18 Tahun 2002 tentang sistem nasional Litbang dan Penerapan Iptek, UU Nomor 18 tentang pemerintahan daerah, PP Nomor 38 Tahun 2017 tentang Inovasi Daerah, Peraturan bersama Menristek dan Mendagri Nomor 03 Tahun 2012 dan Nomor36 Tahun 2012 tentang penguatan sistem inovasi daerah, dan Pemendagri Nomor 17 Tahun 2016 tentang penelitian dan pengembangan di Kementerian Dalam Negeri dan Pemerintah Daerah.

Katanya pula, untuk itu, Peran Strategis Balitbang yang sangat penting adalah sebagai think tank yang kritis untuk menyingkapi dinamika dan permasalahan yang berkembang di daerah, sebagai lembaga professional yang bersifat akademis dalam organisasi pemda serta sebagai perangkat daerah yang fleksibel dan universal uang bertujuan untuk dapat memasuki ruang kerja lintas sector atau urusan.

Agar dapat melakukan identifikasi permasalahan yang bersifat actual dan prediktif untuk jangka menengah atau panjang agar dapat memebrikan pertimbangan teknis untuk pengambilan langkah dan kebijakan strategis jang pendek atau segera dalam memprioritaskan pembangunan daerah (RPJMD dan RKPD), menerjemahkan visi, misis dan arah kebijakan pembangunan daerah kedalam program atau kegiatan kelitbangan, mencermati prolegda dan evaluasi atas rulasi yang masih berlaku dengan sasaran penyiapan naskah akademis atau penyiapan naskah akademis serta merumuskan topic-topik dan jenis kelitbangan secara tepat, pada waktu yang tepat, agar hasilnya bisa dimanfaatkan. (DiskominfoSBB)

PKS Daftar Bacaleg DPRD Kota Ambon ke KPU

Posted: 10 Aug 2018 02:40 AM PDT

PKS Daftar Bacaleg DPRD Kota Ambon ke KPUAMBON, LELEMUKU.COM – Partai Keadikan Sejahtera (PKS) mendatangani Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Ambon, Provinsi Maluku untuk menyerahkan daftar bakal calon legislatif (bacaleg) DPRD Kota Ambon, Selasa (17/7).

Ketua DPC PKS dan para bacaleg mereka mendaftarkan di 4 daerah pemilihan (dapil).

Ketua KPU Kota Ambon, Kainama mengatakan, hingga hari terakhir penutupan pendaftaran, panitia baru menerima berkas pengajuan dari satu parpol. Artinya 15 parpol lain akan menyerahkan berkas sampai jam 24.00 WIT.

"Lewat dari itu tidak bisa diterima lagi," katanya.

Kainama hanya berpesan, pilihan parpol menyerahkan berkas dihari terakhir harus diimbangi dengan ketelitian. Sebab menurut dia, berkas yang masuk, yang memuat nama dan nomor urut bacaleg tidak bisa lagi diubah usai pukul 24.00 WIT.

"Kecuali yang bersangkutan tidak memenuhi syarat atau berhalangan tetap," jelasnya.

Untuk diketahui pemeriksaan berkas administrasi dilakukan 5-18 Juli 2018, dilanjutkan penyampaian hasil verifikasi kelengkapan daftar calon dan bakal calon pada partai politik peserta pemilu 19-21 Juli.

"Bagi berkas yang belum memenuhi syarat, diberi kesempatan melakukan perbaikan, 22-31 Juli 2018," tambahnya.

Sementara itu, A. Tianotak mengatakan partainya telah mengajukan caleg di semua dapil. Syarat kuota 30 persen perempuan dan penempatan nomor urutnya pun telah terpenuhi. (KPUAmbon)

Dinas Koperasi dan UMKM Maluku Gelar Rakor Perencanaan Program Kegiatan di Piru

Posted: 10 Aug 2018 02:39 AM PDT

Dinas Koperasi dan UMKM Maluku Gelar Rakor Perencanaan Program Kegiatan di PiruPIRU, LELEMUKU.COM - Dinas Koperasi dan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah Provinsi Maluku menggelar Rapat Koordinasi Perencanaan Program/Kegiatan Pusat dan Daerah di Kota Piru, Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB) Selasa (06/03) pagi.

Menurut Humas Setda SBB, kegiatan ini dihadiri oleh Pejabat Kementrian Koperasi UMKM RI, Kepala Bupati dan Wakil Bupati Seram Bagian Barat, Sekretaris Daerah Kab. SBB, Kadis Koperasi UMKM Provinsi Maluku beserta staf, Pimpinan OPD dan Forum Pimpinan Daerah Kab. SBB, Stakeholder dan peserta Rakorda dari seluruh Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten/Kota Se-Provinsi Maluku dilaksanakan di Hotel Amboina, Piru.

Rakorda ini merupakan wahana kepedulian pemerintah untuk memberi penguatan  terhadap Koperasi dan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah ( UMKM) untuk terus tumbuh dan berkembang sebagai kekuatan ekonomi rakyat bagi kesejahteraan masyarakat khususnya masyarakat Maluku.

Tujuan dilaksanakannya kegiatan ini adalah memberikan berbagai informasi serta masukan terkait pelaksanaan tugas pembinaan Koperasi dan UMKM, mengusulkan Program dan kegiatan Koperasi dan UMKM Tahun 2019, melakukan evaluasi terhadap pelaksanaan program/kegiatan Pemberdayaan Koperasi dan UMKM, serta membahas persoalan-persoalan yang terkait dengan Koperasi dan UMKM di Kabupaten/Kota Se-Provinsi Maluku. (HumasSBB)

Syarif Hadler Tandatangani 224 MoU Program Unggulan Kawasan Pedesaan (Prukades)

Posted: 10 Aug 2018 02:39 AM PDT

JAKARTA, LELEMUKU.COM - Wakil Walikota (Wawali) Ambon, Syarif Hadler menandatangani Nota Kesepahaman (MoU) Program Unggulan Kawasan Pedesaan (Prukades) Bidang Perikanan dengan PT. Aruna Jaya Nusantara dalam Acara Jakarta Food Security Summit-4 yang diselenggarakan pada tanggal 8-9 Maret, bertempat di Jakarta Convention Center, Kamis (8/3).

Prukades merupakan usaha membangun kemitraan antara petani dan peternak di desa dengan pihak swasta, yang menjadi salah satu program prioritas Kementrian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (PDTT). (MP).

Prukades adalah salah satu dari empat prioritas utama Kementerian Desa PDTT sebagai usaha membangun kemitraan antara petani dan peternak di desa dengan pihak swasta. Pihak swasta di sini bertindak sebagai off taker, pembeli produk dalam skala besar, sekaligus pembina agar penduduk desa dalam kegiatannya menghasilkan produk yang konsisten bermutu. 

Karena skala produk yang akan dikelola dalam kerja sama tersebut besar, dianjurkan agar kerja sama pada tingkat kabupaten/kota dilakukan antar Bumdes, sehingga di kabupaten/kota bisa ada beberapa Bumdes yang membentuk Bumdes Bersama atau Prukades, kemudian mengelola produk yang sama dan bekerja sama dengan kalangan swasta sebagai mitranya. 

Kerja sama dengan mitra kerja tersebut tidak menghambat setiap desa membangun kerja sama lain dalam mengolah produk ikutan yang tidak diambil oleh mitra utamanya. 

Sekitar 224 nota kesepahaman ditandatangani antara Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (PDTT) yang mewakili pemerintah pusat, dengan 102 bupati dari seluruh Indonesia dan 66 perusahaan swasta. (DiskominfoAmbon)

Said Assagaff Hadiri Penganugerahan Indonesian Attractiveness Award 2017

Posted: 10 Aug 2018 02:38 AM PDT

AMBON, LELEMUKU.COM - Gubernur Maluku, Said Assagaff, diundang Tempo Media Group dan Frontier Consulting Group, menghadiri malam penganugerahan Indonesia's Attractiveness Award (IAA) 2017, di Jakarta, Jumat (29/9).

Menurut Kepala Bagian (Kabag) Humas Pemerintah Provinsi (Pemprov) Maluku Bobby Kin Palapia, di Ambon, Rabu (27/9) Provinsi Maluku kembali menerima penghargaan berskala nasional, sebagai salah satu Provinsi Terbaik dalam Indonesia's Attractiveness Award (IAA) 2017: Bidang Investasi, Infrastruktur, Pariwisata, dan Layanan Publik.

Pada award tersebut, Palapia katakan, Maluku berada pada urutan ke-12, dari 14 provinsi terbaik dari Indonesia's Attractiveness Award (IAA) 2017, yang digelar Frontier Consulting Group dan Tempo Media Group.

"Surat dari Indonesia's Attractiveness Index (IAI) Committee kepada Ir. Said Assagaff sebagai Gubernur Maluku, Rabu (27/9/2017) menyebutkan, Tempo Media Group sebagai penerbit Majalah Tempo, Koran Tempo, Tempo English, Majalah Travelounge dan Portal News Tempo.co untuk ketiga kalinya bekerja sama dengan Frontier Consulting Group, melakukan riset Indonesia Attractiveness Index ini," tutur Palapia.

Riset ini, masih menurut IAI Committee, lanjut Palapia, melibatkan investor dan publik untuk memperoleh data mengenai daya tarik di sektor Investasi, Infrastruktur, Layanan Publik dan Pariwisata untuk tingkat Provinsi hingga Kabupaten/Kota di seluruh Indonesia.

Setelah melewati tahap pemeriksaan dan penyaringan data-data perekonomian di seluruh Provinsi sampai Kabupaten/Kota di Indonesia, serta melakukan survei, pengolahan dan verifikasi data terhadap nominasi-nominasi Kabupaten/Kota terpilih, panitia Indonesia Attractiveness Award 2017, disebut Palapia, mengucapkan selamat kepada
Provinsi Maluku, sebagai pemenang Indonesia Attractiveness Award 2017 Kategori Provinsi Terbaik.

"Terpilihnya Provinsi Maluku sebagai pemenang Indonesia Attractiveness Award 2017, menurut pihak panitianya, menunjukkan
adanya potensi besar Provinsi Maluku untuk dapat menarik minat para investor berbagai industri dan
pelaku bisnis beragam sektor untuk turut memajukan perekonomian daerah," kata Palapia mengutip pernyataan pihak IAI Committe.

Sementara untuk acara Malam Penganugerahan yang juga akan dihadiri 13 gubernur lainnya sebagai penerima penghargaan, dari 34 provinsi di tanah air ini, Palapia katakan, informasi dari IAI Committee menyebutkan, Wakil Presiden H. Muhammad Jusuf Kalla akan menyampaikan pidato pembukaan.

Sejumlah menteri dan pejabat tinggi negara, menurut Palapia, dijadwalkan juga akan hadir dan memberikan penghargaan. Para menteri dan pejabat tersebut antara lain Menteri Dalam Negeri RI Tjahjo Kumolo, Menteri Pariwisata RI Arief Yahya, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat RI M. Basoeki Hadimoeljono, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi RI Asman Abnur, dan Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal RI Thomas T. Lembong.

Sedangkan soal sebuah daerah memperoleh penghargaan, Palapia katakan, pada laman resmi
Indonesia's Attractiveness Award, disebutkan, sebuah daerah mendapat kategori terbaik lantaran daerah tersebut punya pertumbuhan investasi, pembangunan infrastruktur, pengembangan sektor pariwisata, serta kepuasan pelayanan publik yang baik.

"Itulah yang menjadi dasar pemberian penghargaan ini kepada kepada para kepala daerah provinsi dan kabupaten/kota se-Indonesia, termasuk untuk Provinsi Maluku," pungkasnya. (KabarDariMaluku)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Banner IDwebhost

Iklan Bawah Artikel

Iklan Bawah Artikel