Johanis Adekalla Viral, Warga Kepulauan Aru Kenang Reza Mangar

Johanis Adekalla Viral, Warga Kepulauan Aru Kenang Reza Mangar


Johanis Adekalla Viral, Warga Kepulauan Aru Kenang Reza Mangar

Posted: 18 Aug 2018 06:40 PM PDT

Johanis Adekalla Viral, Warga Kepulauan Aru Kenang Resa MangarDOBO, LELEMUKU.COM - Viralnya video dan foto terkait aksi spontanitas seorang anak berumur 14 tahun bernama Johanis Gama Marshal Lau, siswa kelas VII  Sekolah Menengah Pertama (SMP) Silawan, Kota Atambua karena memanjat tiang bendera pada saat upacara detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke 73 di Kabupaten Belu, Provinsi Nusa Tenggara Timur pada Jumat (17/8) membuat warga di Kabupaten Kepulauan Aru, Provinsi Maluku mengenang kisah yang sama.

Menurut Karel Ridolof Labok, salah satu warga Aru melalui facebooknya menyampaikan bahwa aksi Johanis yang mengambil tali bendera saat upacara HUT ke 14 Kabupaten Kepulauan Aru pada Senin 18 Desember 2017  di Lapangan Yos Sudarso, Kota  Dobo, ibukota kabupaten tersebut.

"Lihat Jobi, bocah SMP di perbatasan NKRI tepatnya Provinsi NTT yang viral di seluruh media nasional karena aksi heroiknya memanjat tiang bendera hingga sang saka merah putih bisa berkibar lagi saat upacara bendera dalam rangka peringatan HUT RI ke 73 tahun 2018 kemarin, Saya jadi teringat aksi yang sama pada oleh Resa Mangar, seorang bocah kampung di wilayah perbatasan NKRI, tepatnya di Kota Dobo," ungkap dia.

Resa Manggar Saat Turun dari Tiang Bendera Dikatakan aksi heroik kedua bocah itu sama persis, yakni tali yang terlanjur lepas dari tangan pengibar bendera, lalu secara spontan Resa Mangar memanjat tiang bendera hingga ujung dan membawa turun kembali tali untuk mengaitkan bendera, sehingga upacara peringatan HUT kabupaten  itu bisa dilanjutkan kembali.

"Resa sama dengan Joni, walau hanya berbeda dalam perilaku negara pada mereka berdua," ujar dia.

Labok menyatakan pada dua aksi tersebut Joni menjadi pahlawan sang saka merah putih saat upacara dipimpin oleh Wakil Bupati Belu. Sementara Reza hanya menjadi pahlawan saat upacara dipimpin oleh Bupati Kepulauan Aru, Dr. Johan Gonga dan Wakilnya Muin Sugalrey.

"Joni setelah aksi heroik itu, viral di media nasional, lalu diperlakukan negara secara "luar biasa", terbang ke Jakarta ketemu Mentri, Pangab TNI, dan Presiden, dapat beasiswa, dijamin masuk Tentara sesuai cita-cita," ujar dia.
Johanis Adekalla Viral, Warga Kepulauan Aru Kenang Resa Mangar
Sementara Resa, tutur dia perlakuan biasa saja ia hanya disalami oleh dua pejabat yakni Sekda Aru Sekda Aru, Drs. Moh Djumpa dan Kadis Pemberdayaan Masyarakat Desa, M.H. Madubun. Selepas itu tidak ada apresiasi baik dari masyarakat di kabupaten tersebut, Provinsi Maluku dan juga dari masyarakat Indonesia.

"Resa setelah aksi heroik, viral hanya di media sosial lokal, lalu dapat jabat tangan dari Kepala Dinas, dan diperlakukan secara "biasa diluar", tidak terdengar kabarnya lagi hingga kini, kembali ke hidupnya yang tetap miskin bersama orang tuanya, entah cita-citanya bisa tercapai atau tidak," ungkap Labok.

Johanis Adekalla Viral, Warga Kepulauan Aru Kenang Resa MangarIa menilai perlakuan tidak adil kepada dua anak ini harus dapat disikapi, sebab hal ini akan menimbulkan kecemburuan sosial yang malah melemahkan semangat kesatuan dalam bingkai NKRI.

"Memang untuk dua bocah ini, negara harusnya hadir secara imbang," tuntut dia.

Resa Mangar, seorang bocah kampung di wilayah perbatasan NKRI, tepatnya di Kota DoboSeperti diberitakan sebelumnya, usai dieluk-elukan menjadi pahlawan penyelamat bendera merah putih, Johny yang dikenal dengan nama Johannes Adekalla ini berangkat bersama ayahnya Victorino Fahik Marcal dan ibunya Lorensa Kai Ili serta rombongan perwira di provinsi tersebut dengan menggunakan Pesawat Batik Air nomor penerbangan ID-6541 pada Sabtu (18/8) dari Bandara El Tari Kupang menuju Jakarta guna memerima penghargaan dari Presiden Jokowi karena sudah memanjat tiang bendara untung mengambil tali yang terlepas saat dibentangkan pada pelaksanaan upacara di di Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Terpadu Motaain antara RI dan Republik Demokratik Timor Leste (RDTL).

Sampai di Jakarta, Joni bertemu dengan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi dan kemudian diajak menyaksikan opening ceremony Asian Games 2018.

"Saya kagum dengan semangat Joni. Ia adalah pahlawan yang sesungguhnya. Tanpa paksaan, tanpa persiapan, ia naik ke ujung tiang tertinggi. Saya juga berterima kasih kepada kedua orangtua Joni yang pasti sangat bangga dengan Joni," ungkap Imam.

Selain Menpora, dia juga bertemu dengan para menteri kabinet dan rencananya akan bertemu dengan Presiden Jokowi.(Albert Batlayeri)

Inilah Daftar Calon Sementara DPR RI pada Pemilu 2019 Dapil Papua

Posted: 18 Aug 2018 04:34 PM PDT

 Inilah Daftar Calon Sementara DPR RI pada Pemilu 2019 Dapil PapuaJAKARTA, LELEMUKU.COM - Komisi Pemilihan Umum (KPU)  pada Sabtu (11/8) telah merilis daftar calon sementara (DCS) anggota Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR-RI) pada Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2019 dari daerah pemilihan (dapil) Papua.

Total calon sementara yang mendaftar adalah 112 orang dari 12 partai. Saat ini, KPU masih di tahap menerima masukan dan tanggapan dari masyarakat hingga 21 Agustus 2018. Masih ada beberapa tahapan lagi sebelum KPU mengumumkan Daftar Calon Tetap pada 21-23 September 2018.

KPU mengimbau kepada masyarakat untuk menilai rekam jejak dan melaporkan apabila ada temuan terkait nama-nama DCS yang terindikasi merupakan mantan narapidana dengan ancaman lebih dari 5 tahun serta terbelit diantara tiga kasus yakni korupsi, kejahatan seksual anak dan narkoba.
Selanjutnya masyarakat melaporkan terkait status pekerjaannya, apakah DCS merupakan pegawai negeri aktif atau kades atau perangkat desa dan belum mengundurkan diri. Serta ijazah yang digunakannya. Jika ketahuan, dipersilahkan memberikan klarifikasi ke KPU bersama bukti dan saksi serta akan diproses lebih lanjut. Berikut adalah masing-masing daftar calon yang bertarung tersebut.

10 calon legislatif (caleg) dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) diantaranya Peggi Patrisia Pattipi calon berdomisili di Mimika; Amir Mahmud Madubun SH, MH (Kota Jayapura), Marthen Douw (Nabire), Yanes Murib (Puncak), Indrajaya, SE (Kota Jayapura), Yehuda Gobai (Nabire), Yusuf Melianus Maryen, S.Sos., MM (Biak Numfor), Astri Sri Hariani (Kota Jayapura), dan Yohanes BP Manik (Medan).

10 caleg dari Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra), diantaranya Irene (Jakarta Barat), Steven Abraham (Merauke), Oktasari Sabil S.Sos M.Si (Kota Jayapura), Hendrik Tomasoa (Kota Jayapura), Habel Rumbiak (Jakarta Barat), Etty Brechtje Tukayo SE (Kota Jayapura), Nuril Anwar (Kota Tangerang), Yan Permenas Mandenas S.Sos, M.Si (Kota Jayapura), Simspon Sonny Manoach (Jayapura) dan Karno Jusmiwati SE (Jakarta Barat).

Caleg dari Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan diantaranya Kamarudin Watubun SH, MH (Kota Jayapura), Mayjen TNI (Purn) CH. H. Sidabutar (Jakarta Timur), Anna Martha Karubuy (Jayapura), Frans Bob Ohee (Jayapura), Tony  Wardoyo (Jakarta Utara), Regina M. Mabuay S.Pd (Jayapura), Alberth Yogi S.Pd (Kota Jayapura), Yahya L. Rado, SH., MH (Kota Jayapura), Lilik Hari Purwaningsih S.Km (Kota Jayapura) dan La Ode Raba'ali SH (Jayapura).

Para caleg dari Partai Golongan Karya (Golkar) yakni Paskalis Kossay S.Pd MM (Kota Jayapura), Trifena M. Tinal B.Sc (Mimika), Elion Numberi S.Th (Kota Jayapura), Syahmud Basri Ngabalin ST (Kota Tangerang Selatan), S. Adolf T. P. Siburian (Kota Jayapura), Ir. Tutik Koesmining (Kota Jayapura), Azis Samual S.Sos., M.Si (Bogor), H. M. Rudy Jundani (Jakarta Selatan), Dra Hulda Ida Imbiri MM (Supiori) dan Yakobus Jagong ,STP (Bogor).

Caleg dari Partai Nasional Demokrat (Nasdem) diantaranya H. Sulaeman L. Hamzah (Jayapura), Diben Elaby S.Th (Kota Depok), Dra Irene L. Simanjuntak M.A (Jakarta Timur), Alberth Yoku S.Th (Jayapura), Roberth Rouw (Jakarta Selatan), Ina Elisabeth Kobak (Jayawijaya), Drs Festus Simbiak M.Pd (Kota Jayapura), Ruben Magai S.IP (Kota Jayapura), Yonice Felle S.IP (Kota Jayapura) dan Samuel Tabuni (Nduga).

8 caleg dari Partai Garuda diantaranya Pontius Omoldoman S.Sos (Jayapura), Markus Mabel SH, MH (Jayawijaya), Tia Fathiah (Jakarta Selatan), Feri Alif Junus Wambrauw S.Sos (Supiori), Alberce Taniaw Inggabouw ST (Kota Jayapura), Rosmiati Wulan Dari (Jakarta Timur), Miss JL Irene Wambrauw (Biak Numfor) dan Parnus Wolom (Jayawijaya).

Selanjutnya caleg dari Partai Berkarya yakni H. Hutomo Mandala Putra (Jakarta Pusat), Bertus Kagoya SH (Lanny Jaya), Pungky Sukmawati SE., M.IP (Jakarta Selatan), Jonah Sostenes Weyai , SE (Jayawijaya), Berinda Wenda (Kota Jayapura), George Lukas Dawir (Kepulauan Yapen), David Silak S.Sos (Jayapura), Rismawati Mida (Kota Jayapura) dan Timed Magayang S.IP, M.SI (Yahukimo).

4 calon legislatif dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS) diantaranya Maddu Mallu (Kota Jayapura), Muhammad Yudi Kotouky (Bogor), Herlina Agustina Gebze (Kota Depok) dan Kartini Amir SH., MH (Kota Bekasi).

Kemudian caleg dari Partai Persatuan Indonesia (Perindo) adalah Dr Habel Melkias Suwae S.SOs MM (Kota Jayapura), Pdt Carles Simaresimare S.Th., M.Si (Kota Jayapura), Naci Jacqueline Hamadi SE (Kota Jayapura), Andre J. O. Sumual S.Sos (Jakarta Selatan), Lilelian Prescilla Suwages (Kota Jayapura), Diaz Gwijangge (Kota Jayapura), Restu Sismawanto (Subang), Telma B. V. Numberi., S.Sos MM (kota Jayapura), Ir. Adrian L. Pongsitanan (Jakarta Barat) dan Isman Asso (Kota Jayapura).

Caleg dari Partai Persatuan Pembangunan (PPP) yakni Bachtiar (Jayapura), Dr H.M,. Husni (Kota Jayapura), Erlina Rasiman (Gowa), Herman SH (Kota Tangerang Selatan), ST Munawarah (Gowa), Wardatul Jannah (Sampang), Fardila Indria (Gowa),  Febrina Ardhillah (Kota Serang), Nur Nahdayanti Tanjung (Bekasi) dan Sherlu HN Valenia P (Jakarta Utara).

Caleg dari Partai Solidaritas Indonesia (PSI) diantaranya Sayid Fadhal ALhamid (Kaimana), Merian Toding SE (Kota Jayapura), Zonggonao A. M.Si (Nabire), Lambinggen Gwijangge (Nduga), Lia Natalia (Jakarta Timur), Siti Hardianti Siry (Kota Jayapura), Maxye Rido Aulele SE (Kota Jayapura), Amoye Pekei (Jayapura) dan Asani Enggalim (Jayapura).

Sedangkan 10 caleg dari Partai Amanat Nasional (PAN) adalah John Siffy Mirin (Jayapura), Mesakh Mirin (Yahukimo), Eka Zuhriah (Mimika), Stenly Puraro SE MSi (Jayapura), Amos Yikwa SP M.SI (Tolikara), Isebeth  Kogoya S.Pak MM, Paulus Ubrungge (Nduga), Wembi Misikmbo (Puncak), Kristina Mariati Annwang (Merauke) dan Johnny Wonda (Jayapura). (Albert Batlayeri)

Inilah Rilis DCS DPR RI pada Pemilu 2019 Dapil Maluku Utara

Posted: 18 Aug 2018 03:40 PM PDT

Inilah Rilis DCS DPR RI pada Pemilu 2019 Dapil Maluku UtaraJAKARTA, LELEMUKU.COM - Komisi Pemilihan Umum (KPU)  pada Sabtu (11/8) telah merilis daftar calon sementara (DCS) anggota Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR-RI) pada Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2019 dari daerah pemilihan (dapil) Provinsi Maluku Utara (Malut).

Saat ini, KPU masih di tahap menerima masukan dan tanggapan dari masyarakat hingga 21 Agustus 2018. Masih ada beberapa tahapan lagi sebelum KPU mengumumkan Daftar Calon Tetap pada 21-23 September 2018.

KPU mengimbau kepada masyarakat untuk menilai rekam jejak dan melaporkan apabila ada temuan terkait nama-nama DCS yang terindikasi merupakan mantan narapidana dengan ancaman lebih dari 5 tahun serta terbelit diantara tiga kasus yakni korupsi, kejahatan seksual anak dan narkoba.

Selanjutnya masyarakat melaporkan terkait status pekerjaannya, apakah DCS merupakan pegawai negeri aktif atau kades atau perangkat desa dan belum mengundurkan diri. Serta ijazah yang digunakannya. Jika ketahuan, dipersilahkan memberikan klarifikasi ke KPU bersama bukti dan saksi serta akan diproses lebih lanjut. Berikut adalah masing-masing daftar 3 nama calon dari 12 partai politik yang bertarung tersebut.

Calon legislatif (caleg) dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) diantaranya Drs HI Abdul Rahman Lahabato, calon berdomisili di Jakarta Selatan; Herman Sikumbang (Bogor); dan Noly Missy (Halmahera Barat).

3 Caleg dari Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra), diantaranya Hasby Yusuf, SE (Kota Ternate); Ferry Johan Mainassy S.Pi (Jakarta Timur) ; dan Sopacua Afia Stenia, SE  (Kota Depok).

Caleg dari Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan diantaranya Irine Yusiana Roba Putri (Kota Yogyakarta); Dr. H. Sidik D. Siokona M.Pd (Jakarta Timur) dan Rusdi Minangkabau ST (Kota Ternate).

Para caleg dari Partai Golongan Karya (Golkar) yakni Alien Mus (Jakarta Pusat); Hasanuddin MOchdar SH., Sp. N (Jakarta Pusat);  dan Dr Saiful Bahri Ruray SH., M.Si (Kota Ternate).

Caleg dari Partai Nasional Demokrat (Nasdem) diantaranya Dr Achmad Hatari SE., M.Si (Jakarta Selatan); Ir. Rusmin Latara (Kota Ternate); dan Sandy Patriana Mahura SH (Halmahera Utara).

3 caleg dari Partai Garuda diantaranya Muhammad Albaar (Kota Ternate); Muchlis Radjiloen, SH., MH (Kota Ternate); dan Yusnita S. Adam (Kota Ternate).

Selanjutnya 4 caleg dari Partai Berkarya yakni Muhammad Auli Armayn (Sleman); Bowie Sigit Nugroho (Kota Ternate);  dan dr. Nabila S. Ahmad  (Kota Ternate).

Caleg dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS) diantaranya Dr. H. Muhammad Kasuba, MA (Halmahera Selatan); HJ Ratna H. Muslim (Kota Ternate); dan Revli (Jakarta Timur).

Kemudian 4 caleg dari Partai Persatuan Indonesia (Perindo) adalah Ho . Yusman Arifin, SH (Kota Ternate); Ir. Hein Namotemo, M. SP (Halmahera Utara); dan Dwy Soraya Gemita (Kota Palu).

3 caleg dari Partai Persatuan Pembangunan (PPP) yakni HI Muhammad Daeng Barang (Kota Ternate); Farida Amin (Kota Ternate) dan Ali Rizal Hanafi (Kota Ternate).

Caleg dari Partai Solidaritas Indonesia (PSI) yakni Nursina Basahona S.Pi (Kepulauan Sula); Susiyanti Iskandar (Kota Tidore Kepulauan) dan Harentia Puspa Dewi (Jakarta Timur).

Sedangkan 4 caleg dari Partai Amanat Nasional (PAN) adalah Mohammad Jufri (Kota Ternate); Ansar Umasangadji (Kota Ternate)  dan Ramla Iskandar Alam (Kota Ternate). (Albert Batlayeri)

Ini Penjelasan KPU Terkait Pengumuman DCS di Lingkup Provinsi Maluku

Posted: 18 Aug 2018 03:02 PM PDT

Ini Penjelasan KPU Terkait Pengumuman DCS di Lingkup Provinsi MalukuAMBON, LELEMUKU.COM - Pengumuman Daftar Calon Sementara  (DCS) Anggota DPR,  DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten dan Kota adalah salah satu rangkaian mekanisme  pencalonan sebelum penetapan Daftar Calon Tetap (DCT).  Bakal calon (balon) yang diumumkan melalui DCS, adalah mereka yang telah memenuhi syarat berdasarkan hasil  penelitian administrasi, yang masih perlu mendapatkan tanggapan dan masukan masyarakat.

Menurut Kordiv Hukum Komisi Pemilihan Umum (KPU) Maluku,Almudatsir Z Sangadji pihaknya telah menyusun, menetapkan dan mengumumkan  DCS  balon anggota DPRD Maluku  dari 16 partai peserta Pemilu pada tujuh daerah pemilihan, berdasarkan pasal-pasal pada  Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2016 Tentang  Pemilihan Umum  dan Peraturan KPU Nomor 20 Tahun 2018 Tentang Pencalonan Anggota DPR, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota.

"Selanjutnya  DCS diumumkan melalui media cetak  dan tempat lainnya sesuai perintah  Pasal 252  ayat (4) UU Nomor 7 Tahun 2016  juncto Pasal 22 ayat (2) Peraturan KPU Nomor 20 Tahun 2018. Setelah diumumkan, masyarakat dapat memberikan masukan dan tanggapan terhadap DCS paling lama 10 hari setelah diumumkan DCS, disertai identitas diri yang jelas," ujar dia.

Itu artinya masa tanggapan masyarakat  dimulai sejak diumumkan  DCS tanggal 13 Agustus 2018 sampai dengan tanggal 23 Agustus 2018. Tanggapan masyarakat  yang terbukti, setelah dilakukan klarifikasi oleh balon, dapat memungkinkan diadakannya perubahan DCS dengan pengajuan balon pengganti.

"Pasal 23 ayat (1) Peraturan KPU Nomor 20 Tahun 2018 menyatakan perubahan DCS dapat dilakukan apabila, berdasarkan klarifikasi tanggapan masyarakat terbukti  balon tidak memenuhi syarat, balon mengundurkan diri, dan/atau balon meninggal dunia," ungkap dia.

Dalam hal pengunduran diri, Keputusan KPU Nomor  961/PL.01.4-Kpts/06/KPU/VII/2018  Tentang Petunjuk Teknis  Perbaikan,  Penyusunan dan Penetapan DCS serta Penyusunan dan Penetapan DCT Anggota DPR, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota tertanggal 23 Juli 2018,  memberikan kualifikasi tertentu terhadap kemungkinan pengajuan balon pengganti oleh partai.

"Dalam   hal yang mengundurkan diri  adalah balon laki-laki, maka partai tidak dapat mengajukan balon penngganti.  Dalam hal yang mengundurkan diri balon perempuan, partai dapat mengajukan balon pengganti, apabila pengunduran diri balon perempuan tersebut mempengaruhi  paling sedikit  30 % keterwakilan perempuan," papar Sangaji.

Selain itu yang dapat diganti dalam DCS, yakni   balon yang diketahui sebagai mantan narapidana  bandar narkoba, kejahatan seksual terhaap dan/atau  korupsi, balon melakukan pencalonan ganda (ganda antar partai, ganda antar dapil dan/atau ganda tingkatan  dapil), dan/atau balon yang  terpidana berdasarkan putusan pengadilan telah berkekuatan hukum tetap  (inkra).

"Jelaslah berkenaan dengan narapidana, yang dapat diberikan tanggapan masyarakat, yakni terhadap mantan narapidana dan terpidana.  Mantan narapidana adalah mereka yang telah selesai menjalani hukuman,  yang menurut aturan harus mengumumkan kepada pubik bahwa mereka pernah menjalani hukuman pidana.  Sifat dan keadaan  mengumumkan ini, hanya berlaku kepada  mantan narapidana selain bandar narkoba, kejahatan seksual terhadap anak, dan/atau korupsi," rinci dia.

Bagi mantan narapidana bandar narkoba, kejahatan seksual terhadap anak, dan/atau korupsi, seketika dapat dibuktikan maka dinyatakan tidak memenuhi syarat. Bagi mantan narapidana lain, akan dinilai berdasarkan pemenuhan prosedur, diantaranya diumumkan melalui media masa dan kebenaran surat keterangan pengadilan.

"Sedangkan terpidana adalah mereka yang dinyatakan bersalah oleh putusan pengadilan yang telah berkekuatan hukum tetap, dan akan menjalani hukuman pidana.  Terpidana berbeda dengan mantan narapidana (bukan bandar narkoba, kejahatan seksual, dan/atau korupsi), karena mereka tidak dikecualikan melaksanakan prosedur sebagai mantan narapidana. Selain itu terpidana belum menjalani hukum  pidana dan  akan menjalani hukuman pidana, sehingga akan mempengaruhi pencalonan mereka," ungkap Sangadji.

Kordiv Hukum KPU Maluku ini juga menyatakan, dalam pengajuan balon pengganti, partai dapat mengajukan balon yang belum diajukan dalam masa pengajuan sebelumnya, baik dalam masa pengajuan sebelum perbaikan dan masa pengajuan setelah perbaikan dalam penelitian adaministrasi. Hal ini untuk menghindari balon pengganti tidak memenuhi syarat, karena terdapat melakukan  pencalonan ganda.

"Selain itu, dalam pengajuan balon pengganti, partai wajib memperhatikan keterwalikan paling sedikit 30 % perempuan. Dalam hal balon yang diganti adalah perempuan, partai dapat mengajukan balon pengganti laki-laki, sejauh jumlah keterwakilan perempuan  tidak kurang dari 30 %, sebelum diajukan balon pengganti. Dalam hal partai yang mengajukan balon pengganti, tidak memperhatikan terpenuhinya keterwakilan 30 % perempuan,  dapat mengancam seluruh daftar balon tidak memenuhi syarat dan partai tidak memiliki balon di dapil tertentu," rinci dia.

Balon pengganti dapat diajukan partai 7 hari setelah surat pemberitahuan dari KPU berkenaan dengan balon yang tidak memenuhi syarat, kemudian KPU melakukan verifikasi kelengkapan  dan kebenaran dokumen administrasi balon paling lama 3 hari, setelah diajukan partai. Apabila hasil verifikasi  kelengkapan dokumen balon pengganti dinyatakan memenuhi syarat, maka balon pengganti oleh KPU dimasukan dalam rancangan DCT.

"Penggantian balon yang tidak memenuhi syarat,  hanya dapat dilakukan dalam masa  DCS dan disusun dalam  rancangan DCT, karena balon yang tidak memenuhi syarat  setelah penetapan DCT tidak lagi dapat diajukan calon pengganti," papar dia.

Balon yang tidak menyerahkan surat pengunduran diri  dari jabatannya  satu  hari sebelum penetapan DCT, yakni gubernur dan wakil gubernur, bupati dan wakil bupati,  walikota dan wakil walikota, pejabat dan pengawai (BUMN, BUMD, BUMDes), TNI/Polri, ASN dan  anggota DPRD yang mencalonkan diri dari partai lainnya, dinyatakan tidak memenuhi syarat  dan tidak dapat digantikan oleh balon lainnya. Ketentuan tidak memenuhi syarat sehari sebelum penetapan  DCT, juga berlaku terhadap balon yang ditemukan  melakukan pencalonan ganda, dan tidak dapat diganti oleh partai.

"Setelah penetapan DCT, apabila masih ditemukan dan diketahui  calon mantan narapidana bandar narkoba, kejahatan seksual terhadap anak, dan/atau korupsi, calon meninggal dunia atau mengundurkan diri, dan/atau  calon ditetapkan sebagai terpidana dalam daftar calon, maka dinyatakan tidak memenuhi syarat serta dicoret dari daftar calon  dan  partai tidak lagi dapat mengajukan calon pengganti," jelas dia.

Pengantian balon dalam DCS tidak merubah  komposisi nomor urut balon, yakni balon pengganti mengisi nomor urut balon yang digantikan. Sedangkan calon yang tidak memenuhi syarat satu  hari sebelum penetapan DCT dan  balon yang  tidak memenuhi syarat setelah penetapan DCT, akan dicoret KPU dari DCT, dan tidak mempengaruhi komposisi nomor urut calon.

"Untuk menghindari kemungkinan berkurangnya balon atau  calon yang diajukan partai, karena  terdapat kondisi balon tidak memenuhi syarat, partai  harus melakukan pelacakan  kebenaran dokumen   sesuai kondisi calon, sehingga dapat mengantisipasi terbukti  adanya tanggapan masayarakat  dalam masa pengumuman DCS, dan mengantisipasi keadaan lain yang mempengaruhi tidak memenuhi syaratnya calon dalam masa penetapan DCT," papar Sangadji.

Kordiv Hukum menandaskan, Partai yang mengetahui balon atau  calonnya  berada dalam kondisi tidak memenuhi syarat  sebelum diungkap melalui tanggapan masyarakat,  atau dapat diketahui oleh KPU dalam masa DCS dan saat penetapan DCT,  sebaiknya berkoordinasi secara terbuka dengan KPU.  Cara ini akan mempermudah partai mengantisipasi pengajuan balon pengganti selama masa tanggapan masyarakat terhadap DCS, dan   sebelum penetapan DCT. (HumasKPUMaluku)

Perayaan Gala Diner Reli Layar Wonderful Sail To Indonesia 2018 Berlangsung Meriah

Posted: 18 Aug 2018 02:50 PM PDT

Perayaan Gala Diner Reli Layar Wonderful Sail To Indonesia 2018 Berlangsung MeriahLANGGUR, LELEMUKU.COM - Asisten Administrasi Umum Setda, Kabupaten Maluku Tenggara (Malra) mewakili Bupati Maluku Tenggara membacakan sambutan Bupati pada acara Gala Dinner yang diselenggarakan oleh Dinas Pariwisata dalam rangka penyambutan peserta Reli Layar Wonderful Sail To Indonesia Tahun 2018 yang dilaksanakan di pantai Ohoi Wab Kecamatan Hoat Sorbay  pada hari Kamis (27/7).

Turut hadir Agung Kuswandono, Deputi Bidang Sumber Daya Alam dan Jasa RI, Tim Percepatan Pembangunan Pariwisata RI, Asep, Asisten Deputi Wisata Alam dan Buatan Kementerian Pariwisata,  Alex Reyaan, Octo dari Asisten Deputi Kementerian Kemaritiman dan Merry Mayabubun dan rombongan.

Dalam acara tersebut, turut hadir pula Forum Koordinasi Pimpinan Daerah atau yang mewakili, Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah dan para peserta Wonderful Sail To Indonesia serta warga masyarakat Ohoi Wab.

Para peserta Reli Layar ini sangat antusias dan menikmati suguhan acara dan tari-tarian adat Kei diantaranya tarian Beben' Kipas, tari Majo Woma Elnare, tari Pantai Wab dan tari Panah serta menari bersama-sama goyang meti kei. Di sela-sela acara tersebut, diselingi dengan pesan dan kesan tentang Kepulauan Kei yang memiliki masyarakat yang ramah dan keindahan alam yang mempesona serta ucapan terima kasih yang disampaikan oleh dua perwakilan peserta yaitu Kapten Ryan Syafana dari Australia dan Tamara Whites dari USA.

Para peserta Wonderful Sail berjumlah 139 orang dari 14 negara diantaranya Perancis, Australia, USA, Inggris, Irlandia, Jerman, Salomon, Swiss, Italia, Polandia, Belanda dan menumpangi 48 kapal.

Setelah itu, Pemerintah Daerah dalam hal ini Asisten Administrasi Umum, Bernadus Rettob, S.Sos yang membacakan sambutan Bupati berharap mudah-mudahan dalam kunjungan dan interaksi para peserta Wonderful Sail tersebut dapat memberikan kesan dan pengalaman yang baik sehingga akan tumbuh faktor pendorong untuk berkunjung lagi ke Tanah Kei.

"Event ini dan Festival Pesona Meti Kei telah menjadi sarana promosi untuk memperkenalkan destinasi wisata di Kepulauan Kei kepada dunia. Dengan demikian, maka dapat meningkatkan program pembangunan terutama sektor pariwisata di Kabupaten Maluku Tenggara," ujar dia.

Rettob mengakui bahwa masih ada kekurangan, namun akan menjadi perhatian pemerintah daerah untuk terus dibenahi dan disempurnakan agar mencapai kondisi yang ideal searah dengan kebijakan pembangunan bidang pariwisata yang sementara dilaksanakan.

"Dukungan dan perhatian dari Kementerian dan Provinsi Maluku sangat diharapkan dalam rangka mewujudkan Kepulauan Kei sebagai salah satu tujuan wisata dan titik singgah terbaik di Provinsi Maluku dan kawasan timur Indonesia," ucap dia. (HumasMalra)

Acara Penyambutan Rombongan Wonderful Sail To Indonesia 2018 di Manyeuw

Posted: 18 Aug 2018 02:45 PM PDT

Acara Penyambutan Rombongan Wonderful Sail To Indonesia 2018 di ManyeuwLANGGUR, LELEMUKU.COM - Acara penyambutan Rombongan Wonderful Sail To Indonesia tahun 2018 dilaksanakan di Ohoi Debut tepatnya di lokasi pelabuhan Debut Kecamatan Manyeuw Kabupaten Maluku Tenggara (Malra), Provinsi Maluku pada Kamis (26/7).

Acara Penyambutan Peserta Reli Perahu Layar Wonderful Sail To Indonesia Tahun 2018 diawali dengan Prosesi Secara Adat. Acara tersebut dihadiri oleh Pejabat Sekretaris Daerah mewakili Bupati Maluku Tenggara beserta Wakil Ketua DPRD dan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah serta pimpinan Organisasi Perangkat Daerah Kabupaten Maluku Tenggara.

Hadir pula Deputi Bidang Koordinasi Sumber Daya Alam dan Jasa Agung Kuswandoro, Asep dari Tim Percepatan Pembangunan Pariwisata RI, Asisten Deputi Wisata Alam dan Buatan dari Kementerian Pariwisata  Alex Reyaan,  Octo dari Asisten Deputi Kementerian Kemaritiman, Ratna Suranti dari Asisten Deputi Pemasaran Kementerian Pariwisata dan Finari Manan selaku Kepala Kantor Wilayah Bea dan Cukai Provinsi Maluku beserta rombongan.

Dalam sambutan Bupati yang disampaikan Pejabat Sekda Maluku Tenggara mengucapkan selamat datang kepada seluruh peserta Reli Layar Wonderful Sail To Indonesia Tahun 2018 berjumlah 139 orang yang berlayar dengan 48 kapal dari 14 negara yakni USA, Perancis, Australia, Inggris, Irlandia, Italia, Jerman, Swiss, Polandia, Salomon.

Ucapan terima kasih juga kepada peserta Wonderful Sail karena ini merupakan event yang kedua dilaksanakan di sini dan dipilihnya Kepulauan Kei sebagai pintu masuk dan titik persinggahan pertama dari keseluruhan event Wonderful Sail To Indonesia Tahun 2018.

Kegiatan yang dilaksanakan kedua kali tersebut diharapkan dapat memberikan dampak yang positif bagi daerah ini baik ekonomi dan sosial dan juga sebagai faktor pendorong bagi kemajuan pariwisata di daerah ini tentunya juga harus ada koordinasi dan kerjasama dari segenap jajaran pemerintah daerah terutama dinas terkait.

Pemerintah Daerah juga berharap adanya perhatian dan dukungan dari Kementerian Pariwisata agar mendorong pengembangan pariwisata di Kabupaten Maluku Tenggara, dalam bentuk program dan kegiatan yang bersumber dari APBN.

Di sela-sela acara tersebut, turut pula menyampaikan sambutan, Bp. Agung Kuswandoro yang berpesan kepada masyarakat Maluku Tenggara untuk dapat menerima para peserta dengan baik tentunya memberikan pelayanan kepada mereka dengan menunjukan sikap yang positif misalnya banyak tersenyum dan menjelaskan apa yang ditanyakan. Jangan memberikan kesan yang kurang baik karena akan diingat terus oleh mereka dan memberikan kesan buruk terhadap kita.

Turut pula memberikan kesan dan pesan dari perwakilan para peserta yang berasal dari USA yang menyampaikan ucapan terima kasih atas acara penyambutan dan bangga terhadap orang Indonesia terutama masyarakat Kei dan terlebih khusus kekayaan alam dan potensi wisata yang sangat luar biasa. Acara dilanjutkan dengan wisata Budaya dan Wisata kuliner di Ohoi Selayar. (HumasMalra)

Garuda Indonesia Dukung Peningkatan Pariwisata di Maluku Tenggara

Posted: 18 Aug 2018 02:39 PM PDT

Garuda Indonesia Dukung Peningkatan Pariwisata di Maluku TenggaraLANGGUR, LELEMUKU.COM - PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk menggelar kegiatan Garuda Peduli, yang ditandai dengan peresmian Program Penyuluhan dan Pembangunan Taman Bacaan Masyarakat, yang bekerjasama dengan Tim Kuliah Kerja Nyata (KKN) Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (PPM) Universitas Gadjah Mada (UGM), dipusatkan di Ohoi (Desa) Selayar, Kecamatan Manyeuw, Kabupaten Maluku Tenggara pada Jumat (3/8)

Kegiatan tersebut mendapat apresiasi dari pemerintah kabupaten (Pemkab), karena dapat membangkitkan dan meningkatkan minat baca sehingga tercipta masyarakat yang cerdas dan selalu mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Bupati Maluku Tenggara Ir. A. Rentanubun, dalam sambutannya yang dibacakan Staf Ahli Bupati Bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan Setda Malra, bapak Martinus Mon, mengatakan kemajuan suatu daerah dan/atau suatu bangsa sangat bergantung pada bagaimana potensi yang ada pada wilayah tersebut mampu dikelola secara baik.

"Pengelolaan dimaksud akan berdampak baik. hanya jika oleh sumber daya manusia yang berkualitas. Olehnya itu, upaya-upaya dalam rangka meningkatkan kualitas sumberdaya manusia wajib untuk dilakukan secara terus-menerus," ungkap dia.

Dalam hubungannya dengan Program Kemitraan Bina Lingkungan (PKBL) kerja sama PT. Garuda bersama Tim KKN-PPM UGM Tahun 2018 di Malra ini, Pemerintah Daerah (Pemda) Malra sangat mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya atas perhatian pihak Garuda dan UGM yang peduli dan ikut berupaya meningkatkan kualitas hidup masyarakat di Kepulauan Kei, melalui peningkatakn kualitas pendidikan dan kesehatan masyarakat.

"Program ini dengan fokus utama pada upaya meningkatkan kualitas pendidikan dan kesehatan serta pengelolaan pariwisata, sangat sejalan dengan program pariwisata, serta sejalan dengan program pembangunan di daerah ini," ujar Rentanubun.

Bupati berharap, semoga semua proses dalam kegiatan ini dapat terlaksana dengan baik dan lancar, sehingga akan berdampak pada meningkatnya kesadaran masayarakat akan pentingnya pendidikan dan kesehatan yang baik, serta ikut mendorong kemajuan pariwisata di daerah.

"Kepada organisasi perangkat daerah diharapkan mendukung dan berpartisipasi dalam penyelenggaraan Program KKN ini. Jika ada haI-hal yang diperlukan oleh adik-adik kita Tim KKN ini agar dapat dibantu sesuai tugas, fungsi dan kewenangan masing-masing," pinta dia.

Sementara itu, Direktur Sumber Daya Manusia (SDM) dan Umum, PT. Garuda Indonesia (Persero) Tbk, Lingarsari Suharso, mengatakan, sebagai perusahaan penerbangan berbendara negara, Garuda Indonesia tidak hanya berorientasi pada bisnis semata, namun pihaknya juga memberikan perhatian terhadap persoalan sosial, kesehatan dan kemasyarakatan. Pihaknya menyadari bahwa berbagai program, kegiatan dan pencapaian Garuda Indonesia tidak dapat dilepaskan dari adanya dukungan pimpinan daerah setempat dan masyarakat sekitar.  Untuk itu pihaknya selalu berupaya untuk memelihara keseimbangan antara kepentingan internal, perusahaan dan kepentingan masyarakat umum.

"Komitmen dan perhatian pihak Garuda tersebut diwujudkan melalui kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR) dan Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL) yang telah diselenggarakan di berbagai bidang, termasuk bidang kesehatan dan pendidikan masyarakat," ujar dia.

Ditambahkan, Taman Bacaan Masyarakat yang diresmikan ini diharapkan dapat turut andil dalam aksi pemberantasan buta aksara di Kabupaten Maluku Tenggara. Kehadiran taman bacaan masyarakat dapat menjadi sarana kegiatan belajar mandiri, sebagai penunjang kurikulum program pendidikan luar sekolah khususnya program keaksaraan, serta sumber hiburan bagi masyarakat lokal. (HumasMalra)

Kemenkes RI Gelar Edukasi Gema Cermat di Maluku Tenggara

Posted: 18 Aug 2018 02:34 PM PDT

Kemenkes RI Gelar Edukasi Gema Cermat di Maluku TenggaraLANGGUR, LELEMUKU.COM - Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI) bersama Dinkes Propinsi Maluku menggelar Edukasi gerakan masyarakat cerdas menggunakan obat (Gema Cermat) di Hotel Vilia Langgur, Sabtu 26 Mei 2018.

Pembekalan itu dihadiri perwakilan Kemenkes RI, Organisasi Profesi Pusat dan Dinas Kesehatan Propinsi Maluku. Peserta pembekalan tersebut berasal dari sejumlah kalangan, Berjumlah 150 Diantaranya organisasi profesi dokter, apoteker, bidan, masyarakat dan sejumlah pihak terkait.

Mereka dibekali oleh pemateri tentang cara penggunaan obat dengan cerdas dan selanjutnya disosialisasikan ke masyarakat.kegiatan berlangsung selama dua hari dari tanggal 25 Mei sampai dengan Tanggal 26 Mei 2018.

Pjs. Bupati Maluku Tenggara yang diwakili oleh Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Drs.A.H Ingratubun,M.Si dalam sambutanya mengatakan, pembekalan itu untuk para organisasi profesi agar nantinya diteruskan ke masyarakat. Tak hanya itu, organisasi lainnya seperti Dharma Wanita, PKK dan organisasi kemasyarakatan yang bersentuhan langsung dengan masyarakat juga diajak berkontribusi dalam program ini.

"Kemudian mereka (peserta) lebih jauh menjabarkan ke kecamatan, kelurahan atau desa. Supaya mereka nanti lebih menjabarkan untuk sosialisasi dan advokasinya ke masyarakat,"

Menurut A.H Ingratubun, berdasarkan data riset terakhir, sebanyak 35,2 persen obat disimpan masyarakat. Artinya, kemungkinan masyarakat mengomsumsi obat tidak sesuai petunjuk dokter.

Akibatnya, obat tersebut tersimpan karena tidak semuanya dikomsumsi saat keluhan sakitnya sudah mulai berkurang. Tak sampai disitu, warung di masyarakat agar tidak menjual tanpa ada izin. Bagi toko obat, ia mengimbau agar tidak menjual obat daftar G atau menjual obat ke masyarakat tidak sesuai aturan yang berlaku.


Sementara itu, Pjs. Bupati Maluku Tenggara yang diwakili oleh Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Drs.A.H Ingratubun,M.Si berharap agar peserta pembekalan dan Dinas Kesehatan Maluku Tenggara gencar melakukan sosialisasi.

Selain itu, ia berharap agar terus dilakukan evaluasi akan hal ini. kita semua yang hadir pada saat ini, mengerti benar tujuan dan pelaksanaan Gerakan Masyarakat Cerdas menggunakan obat GeMa cerMat, serta peran dan fungsi masing-masing kita, baik secara pemangku kepentingan, lintas sector, organisasi profesi, Toko Agama, toko masyarakat, mahasiswa, media masa serta para kader Posyandu dalam menyukseskan kegiatan ini.

Keprihatinan dan kepedulian kita akan sangat membantu masyarakat, saudara-saudara kita dari penggunaan obat yang tidak benar serta menjadikan Kabupaten Maluku Tenggara sebagai Kabupaten yang masyarakatnya cerdas menggunakan Obat. (DiskominfoMalra)

Anderias Rentanubun Pimpin Peringatan HUT Kemerdekaan RI ke 73 di Maluku Tenggara

Posted: 18 Aug 2018 02:31 PM PDT

Anderias Rentanubun Pimpin Peringatan HUT Kemerdekaan RI ke 73 di Maluku TenggaraLANGGUR, LELEMUKU.COM - Suasana Peringatan hari bersejarah Bangsa Indonesia menjadi sesuatu yang sangat bermakna bagi segenap bangsa Indonesia manakala 73 Tahun lalu Proklamator Bangsa Indonesia Bung Karno dan Bung Hatta telah memproklamirkan kemerdekaan Bangsa Indonesia tepat tanggal 17 Agustus 1945 dimana Bangsa ini bebas dari belenggu penjajah.

Peringatan HUT Kemerdekaan tahun 2018 ini selalu terngiang-ngiang dalam pikiran dan sanubari anak bangsa diseluruh pelosok Negeri ini termasuk di Kabupaten Maluku Tenggara (Malra), Provinsi Maluku. Peringatan Hari Kemerdekaan untuk Kabupaten Maluku Tenggara dilaksanakan Pemerintah Daerah.

Sebagai pusat penyelenggaraan Upacara memperingati detik-detik Proklamasi ke-73 Tahun 2018 yaitu di Langgur, Ibu Kota Kabupaten Maltra dan Bupati Anderias Rentanubun bertindak sebagai Inspektur Upacara pada Detik-detik Proklamasi HUT Proklamasi Ke - 73 RI Tanggal 17 Agustus 2018, bertempat di Stadion Maren Langgur., Jumat (17/8).

Pada Peringatan tersebut Ketua DPRD Kabupaten Maluku Tenggara Thedy Welerubun membacakan Teks Proklamasi, Sedangkan Komandan Upacara adalah Danang Hermanto dan Perwira Upacara Letnan Dua Kes.Fikri Rashmadyansyah sebagai Perwira Upacara.

Pasukan Pengibar Bendera putra-putri terbaik dari SMA ,SMK se-Kabupaten Maluku Tenggara di bawah binaan Dinas Pemuda dan Olahraga Kab Maluku Tenggara. Pembawa bendera Merah Putih Maria Nathasya Ongirwalu dari SMA SMA Negeri 1 Kei Kecil Langgur.

Peserta upacara yang terdiri dari TNI, POLRI, DPRD dan SKPD serta PNS , siswa SLTP dan SLTA se- Kab.Maluku Tenggara. HUT RI Ke-73 dan memberikan dukungan sepenuh agar hal-hal seperti ini menjadi bagian untuk mendekatkan rasa kecintaan kepada NKRI sebagai harga mati di Kabupaten Maluku Tenggara.

Setelah Upacara Pengibaran Bendera Merah Putih dalam Rangka HUT RI Ke- 73 dilanjutkan dengan Ziarah ke Taman Makam Pahlawan Rudira Jaya Kabupaten Maluku Tenggara. Kapolres Maluku Tenggara AKBP Indra Fadhillah Siregar,SH selaku Pemimpin Ziarah.

Selain itu pada Penurunan Bendera sore hariDipimpin  Komandan Lanud Dominicus Dumatubun Letkol Pnb Sonny Irawan bertindak selaku Inspektur Upacara dan setelah upacara penurunan bendera Merah Putih diakhiri dengan pengumuman pemenang lomba menyongsong HUT RI Ke-73. (DiskominfoMalra)

26 Paskibra Kibarkan Merah Putih pada HUT RI ke 73 di Seram Bagian Timur

Posted: 18 Aug 2018 02:22 PM PDT

26 Paskibra Kibarkan Merah Putih pada HUT RI ke 73 di Seram Bagian TimurBULA, LELEMUKU.COM - Sebanyak 26 putra putri terbaik di Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT), Provinsi Maluku akan mengibarkan bendera merah putih pada upacara HUT RI ke 73 di Lapangan Pancasila Bula. 26 pasukan paskibara ini sebelumnya telah dikukuhkan oleh Bupati Seram Bagian Timur Abdul Mukti Keliobas diaula Gedung Serba Guna Dinas Kesehatan, Desa Bula.

26 puta-putri anggota Paskibarakan tingkat kabupaten Seram Bagian Timur mengikuti seleksi dan terpilih untuk mengibarkan bendera merah putih di tingkat Kabupaten. Menurut Ketua Pelatih Tim Paskibraka Kabupaten Seram Bagian Timur, kepada media ini mengatakan bahwa, 26 anggota paskibra mengikuti pelatihan selama 15 hari terhitung dari tanggal 25 Juli hingga tanggal 10 Agustus 2018.

Selama 15 hari materi yang disampaikan kepada 26 Anggota Pasukan Paskibraka berkisar pada peraturan baris berbaris, materi mental ideologi, kedisiplinan dan wawasan kebangsaan.

Dari proses latihan 26 Anggota Paskibra Kabupaten Seram Bagian Timur ini semoga pada tanggal 17 Agustus 2018 dapat memberikan yang terbaik bagi daerah, bangsa dan negara Republik Indonesia, sekaligus kedepan 26 anggota paskibraka ini dapat kembali ke sekolah masing-masing dan dapat mengembangkan apa yang sudah mereka dapat selama proses latihan. (diskominfoSBT)

Pemkab Buru dan Pemprov Maluku Gelar Bimtek Perencanaan Pembangunan Daerah

Posted: 18 Aug 2018 02:19 PM PDT

Pemkab Buru dan Pemprov Maluku Gelar Bimtek Perencanaan Pembangunan DaerahNAMLEA, LELEMUKU.COM - Pemerintah Kabupaten Buru bekerja sama dengn BPKP Provinsi Maluku melakukan  Bimtek Prencanaan Pembangunan Daerah (Perencanaan Berbasis Aplikasi / e-planning) yang diselenggarakan di Aula Badan Kepegawaian Daerah (BKD)  Kabupaten Buru,Rabu (08/08).

Peserta Bimtek ini merupakan Kasubak dan Staf Perencanaan yang berasal dari seluruh OPD lingkup Pemerintah Kabupaten Buru.  Turut hadir pada kesempatan ini Bapak Bupati Buru, Sekertaris Daerah Kabupaten Buru, Para Asisten dan Staf Ahli Lingkup Kabupaten Buru, Para Pimpinan OPD Lingkup Pemerintah Kabupaten Buru, dan Tim Narasumber dari Perwakilan BPKP Provinsi Maluku.

e-planning merupakan salah satu upayah untuk menurukan potensi tingkat korupsi di Kabupaten Buru,  system Prencanaan Pembangunan Daerah  Berbasis e-planning adalah sebuah alat yang dapat mengintegrasikan penyusunan RPJMD, RKPD, KUA PPAS, KUA/PPAS perubahan, dan RKPD perubahan agar dapat terselesaikan dengan cepat, tepat, akurat dan transparan, sesuai dengan Amanat Peraturan Mentri Dalam Negeri Nomor 86 tahun 2017 tentang tata cara perencanaan, pengendalian dan evaluasi RANPERDA tentang RPJPD dan RPJMD serta tata cara perubahan  RPJPD, RPJMD dan RKPD, dengan adanya System Perencanaan Pembangunan Daerah  Berbasis e-planning Pemerintah Kabupaten Buru dapat menyajikan analisa yang sangat informative bagi pemangku kepentingan.

Dalam sambutannya, Bupati Buru menghimbau  kepada seluruh OPD bahwa kita telah memasuki pelaksanaan rencana pembanguanan  tahun anggaran 2019 yang merupakan tahun kedua dalam pelaksanaan Rencan Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Buru tahun 2017-2022, semoga RPJMD yang merupakan pedoman dalam pelaksanaan pembangunan selama 5 tahun dapat berjalan sesuai dengan harapan kita bersama.

System perencanaan pembangunan daerah Berbasis e-planning  saya harapkan agar dapat di kendalikan dan dikoordinassikan oleh Bappeda dan akan diintegrasikan dengan e-budgetting   yang dikelolah oleh Badan Pengelolaan Keuangan Dan Aset Daerah Kabupaten Buru, hal ini untuk mencegah inkonsistensi antar dokumen perencanaan baik pada tingkat program maupun kegiatan yang termuat dalam RENJA OPD, RENSTRA OPD, terhadap RPJMD serta munculnya tambahan program atau kegiatan setelah pembahasan KUA PPAS.

Di penghujung sambutannya Bupati Buru berharap agar kedepan melalui system perencanaan berbasis e-planning dan e-budgetting terintegritas dapat menghasilkan  system perencaaan yang lebih efisien, efektif serta akuntabel demi mewujudkan komitmen Perintah Kabuapten Buru untuk melaksankan rencana aksi program pemberantasa korupsi terintegrasi melalu pengutan sumber daya manusia di derah serta perbaikan system dan tata kelaloh pemerintahan daerah. (DiskominfoBuru)

Ramly Umasugi Buka MTQ di Kabupaten Buru

Posted: 18 Aug 2018 02:15 PM PDT

Ramly Umasugi Buka MTQ di Kabupaten BuruNAMLEA, LELEMUKU.COM - Bupati Buru, Provinsi Maluku Ramly I Umasugi, S.Pi, MM secara resmi membuka Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) Tingkat Kabupaten Buru yang ke-XIII bertempat di Halaman Kantor Bupati Buru, Rabu (8/8) dengan mengusung tema "Menggapai Senyum Bupolo Dengan  Nilai-Nilai Al-Qur'an".

Turut hadir pada pembukaan tersebut, Bupati Buru, Ketua DPRD Kabupaten Buru, Kepala Kemenag Kabupaten Buru, Kapolres Buru, Dandim 1506 Namlea , Ketua Panitia LPTQ Kabupaten Buru, Sekertaris Daerah Kabupaten Buru, Para Asisten, Para Staf Ahli dan Para Pimpinan OPD lingkup Pemerintah Kabupaten Buru, Unsur Forkopimda, Camat Sekabupaten Buru, cerdik pandai, tokoh masyarakat, tokoh agama. Serta peserta MTQ dari 10 Kecamatan di Kabupaten Buru.

Pembukaan MTQ Kabupaten Buru Ke-XIII Tahun 2018, diawali dengan pembacaan ayat suci Al-qur'an Surah Al-Israa dilanjutkan dengan pengibaran Bendera LPTQ dan Hymne, penyerahan  piala bergilir oleh Bupati Buru Ramly I Umasugi, S.Pi, kepada Ketua Panitia LPTQ Kabupaten Buru untuk diperebutkan, terakhir ditekan tombol  sarine sebagai tanda dibukanya secara resmi MTQ Ke-XIII oleh Bupati Meranti didampingi Forkopinda dan Tokoh Masyarakat.

Dalam sambutannya Bupati Buru menyampaikan penyelenggaraan MTQ ini tidak dapat dipisahkan dari  upaya untuk menumbuhkan kecintaan umat kepada Al-Qur'an melalui kegiatan yang memadukan semua ilmu dan agama, MTQ hendaknya di jadikan sebagai satu motifasi untuk membangun Bumi Bupolo tercinta sehingga setiap orang yang datang ke Negeri ini akan tersenyum dan merasakan kedamaiyan, ketengan dan tidak bersusah hati.

Saatnya kita semua berfikir dan berinovasi kedepan tentang bagaimana menjadikan Kabupaten Buru sebagi pusat peradaban islam di Propivisi Maluku, Karena kabupaten Buru sudah seperti resep obat yang paten yaitu menjadikan masyarakatnya sebagai pemeluk agama islam yang santun dan bermoral. Isya Allah di tahun depan Kabupaten Buru akan menjadi tuan rumah pelaksanaan MTQ tingkat Provinsi Maluku Tahun 2019.

Lebih jauh dikatakannya, MTQ Kabupaten Buru Ke-XIII hendaknya mampu mencetak Qori dan Qoriah terbaik Buru yang mampu meningkatkan prestasi di ajang MTQ Tingkat Provinsi. Kepada seluruh peserta yang bertarung dalam MTQ kali ini, Bupati Buru meminta untuk mempersembahkan kemampuan terbaiknya sehingga keluar menjadi yang terbaik untuk mewakili Buru diajang yang lebih besar baik tingkat Provinsi maupun Nasional.

Di penghujung sambutanya Bupati Buru menyampaikan apresiasi  dan penghargaan yang sangat besar kepada para kafila dan official pelatih sebab mereka juga tidak lepas dari bagian program Pemerintah Kabupaten Buru untuk memberikan dorongan dan sprit kepada seluruh peserta. Untuk itu Bupati Buru secara resmi menyampaikan kepada seluruh pelatih maupun kecamatan yang mendapat juara umum akan di berikan bonus hadiah melakukan ibadah umroh.

Sementara itu ketua Panitia Pelaksana MTQ Ir. Masri dalam laporannya menyampaikan, bahwa pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Qur'an Tingkat Kabupaten Buru ke-XIII dimulai rabu 08 Agustus sampai dengan 11 agustus 2018. Dimana para Dewan Hakim Berasal dari LPTQ  Kabupaten Buru dengan 16 orang dewan hakim, 24 orang panitia, 23 orang dewan juri dan 198 peserta dari 10 kecamatan. Sementara Cabang-cabang yang akan diperlombaan pada MTQ ini antara lain perlombaaan Cabang Tartil Qur'an, Cabang Hifiz Qur'an, Cabang Qiraat Sab'ah Mujawadz dan Tilawa , Cabang Hafiz Qur'an 1 Juz dan 5 Juz, Cabang Khatil Qur'an, Cabang Syarhil Qur'an dan Cabang Fahmil Qur'an. Yang terbagi pada tiga arena perlombaan antara lain Anrena satu di Halaman kantor Bupati Buru, arena dua di aula Kemenag Kabupaten Buru, dan arena Tiga di SMP Negeri 9 Namlea.

Sementara itu, sebelum pembukaan MTQ dimulai, Pemerintah Kabupaten Buru Telah menggelar  Pawai Ta'aruf yang diikuti oleh seluruh Kafilah dari 10 Kecamatan di Kabupaten Buru yang dilaksanakan di Desa Namlea Kecamatan Namlea. (DiskominfoBuru)

Kecamatan Batabual Raih Juara Umum MTQ ke 13 Kabupaten Buru

Posted: 18 Aug 2018 02:13 PM PDT

Kecamatan Batabual Raih Juara Umum MTQ ke 13 Kabupaten BuruNAMLEA, LELEMUKU.COM - Kecamatan Batabual, Kabupaten Buru meraih juara umum dalam Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) ke-13  Tingkat Kabupaten Buru tahun 2018 yang diselenggarakan  di Halaman Kantor Bupati Buru, sejak Rabu-Sabtu (08-11/08/18). Batabual berhasil mengalahkan 9 kecamatan lainnya, dengan mengantongi 57 poin.

Dalam penutupan MTQ ke-13 di Halam Kantor Bupati Buru, Sabtu (11/08/2018) malam, sesuai Surat Keputusan Dewan Hakim MTQ tentang Penetapan Peringkat Raihan Nilai dan Juara Umum MTQ ke-13 Tingkat Kabupaten Buru, Kecamatan Batabiual dinyatakan meraih juara umum.

Kepala Bagian Kesra Setda Kabupaten Buru, menuturkan, pemenang yang telah ditentukan berdasarkan pleno dewan hakim MTQ, masing-masing juara satu akan langsung dipilih mewakili MTQ Tingkat Provinsi Maluku 2019. Sebelumnya, mereka juga akan mengikuti pembinaan terlebih dahulu di Kabupaten Buru.

Untuk optimalisasi mereka pada MTQ Tingkat Provinsi Maluku nanti akan diberikan pembinaan lagi di tingkat Kabupaten Buru, semua yang juara satu saja," Ia bersyukur, pelaksanaan MTQ ke-13 yang digelar sejak Rabu hingga Sabtu (08-11/08/2018) telah usai dan berjalan lancar.

Diharapkan Para peserta MTQ yang berhasil menjadi juara terus meningkatkan kemampuannya, sebab mereka akan mewakili Kabupaten Buru untuk MTQ Tingkat Provinsi Maluku. (DiskominfoBuru)

Upacara Taptu dan Pawai Obor Sambut HUT RI ke 73 di Kabupaten Buru

Posted: 18 Aug 2018 02:10 PM PDT

Upacara Taptu dan Pawai Obor Sambut HUT RI ke 73 di Kabupaten BuruNAMLEA, LELEMUKU.COM - Upacara Taptu dan Pawai Obor bersama dalam rangka peringatan ke 73 Hari Proklamasi Kemerdekaan RI Tahun 2018, dilaksanakan di depan Makodim 1506/Namlea Kecamatan Namlea Kabuapten Buru kamis (16/08) pukul 20:00 Wit.

Bertindak selaku Inspektur Upacara AKBP Adityanto Budi Satrio, SH, S.I.K,MH dan yang bertindk selaku Komandan Upacara Iptu Fiat Ari Suhada, S.I.K Irupdan Perwira Upacara Kompol Udin Taher, S.IP.

Pada upacara taptu dan pawi obor bersama turut hadir Bupati Buru Ramly I. Umasug, S.Pi, MM, Wakil Bupati Buru Amustofa Besan, SH, Ketua DPRD Kab.Buru Iksan Tinggapy, SH, Dandim 1506/Namlea Letkol Azis Sayarifudin, S.Ag, M,Ipol, Kapolres Buru AKBP Adityanto Budi Satrio, SH, S.I.K,MH, Para Frokopimda, Para Staf Kodim 1506/Namlea dan Polres Buru, Para Perwira Staf Polres Buru.

Selesai kegiatan Upacara Taptu,tepat pukul 20:25 Wit. dilanjutkan dengan pawai obor bersama dengan Rute Start  dari Depan Makodim Namlea  menuju Pasar Lama Kantor Stpol PP melewti Pelabuhan Kecil dan finish Di Lapang Patimura Namlea. Para peserta Pawai Obor Besama ini di ikuti oleh 21 orang Pama/Pamen TNI/ Polri, anggota Kodim1506/Namlea, Anggota Polres Buru, Angota Pramuk, dan Siswa-Siswi SMA. Kegiatn Berlangsung  dengan Aman dan tertib hingga selesai.  (DiskominfoBuru)

Pemda Halmahera Utara Canangkan Pengerjaan Jalan Dokulamo ke Ampulea

Posted: 18 Aug 2018 01:01 PM PDT

Pemda Halmahera Utara Canangkan Pengerjaan Jalan Dokulamo ke AmpuleaTOBELO, LELEMUKU.COM - Kegundahan masyarakat Galela Utara sampai kecamatan Loloda Utara tersebut akan kebutuhan infrastruktur jalan sebagai sebuah  sarana penunjang, sedikit lagi akan terjawab. 

Pasalnya, Pemerintah Daerah (Pemda) Halmahera Utara, Senin (6/8) pagi, telah memulainya dengan melakukan pencanangan pekerjaan jalan dari Dokulamo di Kecamatan Galela Barat sampai dengan Apulea di Kecamatan Loloda Utara).

Pencanangan dimulainya pekerjaan jalan ditandai dengan pengguntingan pita oleh bupati Halamhera Utara Ir. Frans Maneri.

Frans di dampingi Wakil Bupati Halmahera Utara Muclis Tapitapi,  Ketua DPRD Julius Dagilaha, sejumlah anggota DPRD dan para unsur pimpinan Satuan Perangkat Daerah.

Bupati dalam sambutannya mengatakan, pemerintah. daerah serius dalam menangani pembangunan jalan kususnya di Loloda Utara.

Menurut dia,  pemerintah daerah dan DPRD telah menyepakati  pembangunan jalan di bangun dengan  Anggaran Pendapatan Belanja Daerah dengan  kontrak tahun jamak (multiyears) dengan menelan anggaran sebesar  Rp. 293 165 329 000. Untuk itu Dirinya meminta  masyarakat  sekitar agar mendukung pembagunan jalan tersebut. 

Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Bernard Pawate  usai kegiatan pencangan pembangunan jalan di lokasi pencanangan desa Salimuli kecamatan Galela Utara menjelaskan, pembangunan jalan Galela Utara sampai dengan Loloda Utara ini sepanjang 94,738 km menelan anggaran Rp. 293.165.329.000, yang terbagi dalam 3 segmen pekerjaan, yang lama perkejaan fisiknya 720 hari kerja (2 tahun pekerjaan fisik, 3 tahun pembayaran) terhitung sejak tanggal 19 Juli 2018.

Lanjut dia menjelaskan, segmen pertama sepanjang 48.388 km antara desa Salimuli sampai dengan desa Posi-Posi  dengan anggran Rp. 138.688.678.000dikerjakan oleh PT. Sinar Putra Pratama.

Sementara untuk segmen kedua sepanjang 24.850 km dari desa Posi-Posi sampai desa Ngajam menelan dana sebesar Rp  87.312.457.000  dikerjakan oleh PT. Sinar Sama Sejati.

Dan segemen ketiga sepanjang 21.500 km dari desa Ngajam sampai dengan desa Apulea Total anggran sebesar Rp 67.164.194.000. dikerjakan oleh PT. Ikhlas Bangun Sarana.

Dirinya juga berjanji, akan memberikan keleluasaan bagi wartawan yang ingin mengupdate berita terkini, soal perkembangan pekerjaan jalan ini.

"Kami terbuka bagi rekan-rekan wartawan yang ingin memfollow-up perkembangan terkini pekerjaan ini. Silahkan anda ke lokasi pekerjaan", janji Pawate.(Kominfo)

Syarif Hadler Ajak ASN Jadikan HUT RI Sebagai Evaluasi Kinerja

Posted: 18 Aug 2018 12:48 PM PDT

Syarif Hadler Ajak ASN Jadikan HUT RI Sebagai Evaluasi KinerjaAMBON, LELEMUKU.COM - Wakil Walikota (Wawali) Ambon, Provinsi Maluku, Syarif Hadler menyampaikan, momentum Hari Ulang Tahun ke-73 Republik Indonesia harus dipakai Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkup Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon sebagai bahan untuk mengevaluasi kinerja.

Hal tersebut diungkapkan Wawali saat memimpin Upacara Perayaan HUT RI ke-73 di Balaikota Ambon, Jumat (17/8).

Wawali mengakui, dalam masa kepemimpinannya bersama Walikota Ambon, Richard Louhenapessy, banyak hal telah dilakukan, banyak prestasi yang telah diraih, dan semuanya tidak terlepas dari peran serta seluruh ASN Pemkot Ambon.

Ditambahkan, seluruh prestasi dan penghargaan yang diterima adalah hasil dari kerja keras bersama seluruh ASN Pemerintah Kota Ambon yang patut disyukuri, namun juga memberikan tantangan bagi Pemkot Ambon untuk tetap mempertahankan dan meningkatkannya dalam upaya Terus Benahi Ambon.

Pada Upacara tersebut juga diberikan Penganugerahan Tanda Kehormatan Satyalancana Karya Satya 10 (sepuluh) tahun, 20 (dua puluh) tahun dan 30 (tiga puluh) tahun masa kerja sesuai dengan Keputusan Presiden RI Nomor 83/TK/Tahun 2017 bagi 334 ASN di lingkup Pemkot Ambon. (DiskominfoAmbon).

Pembukaan Asian Games 2018 Berlangsung Meriah

Posted: 18 Aug 2018 07:47 AM PDT

Pembukaan Asian Games 2018 Berlangsung MeriahJAKARTA, LELEMUKU.COM - Indonesia menjadi tuang rumah ajang perhelatan Asian Games 2018 yang berlangsung 18 Agustus hingga 2 September mendatang. Kota Jakarta dan Palembang di Sumatra Selatan menjadi dua kota tempat berlangsungnya perhelatan akbar olahraga se-Asia tersebut.

Upacara pembukaan AG XVIII dilangsungkan di Gelora Bung Karno Senayan, Jakarta, Sabtu (18/8) malam. Tepat pukul 19.00 WIB yang disiarkan oleh SCTV, Indosiar, O Channel, TVRI, Metro TV, dan TV One.

Acara pembukaan dimulai dengan tayangan video Presiden Joko Widodo yang berangkat menuju Stadion Utama GBK, tempat berlangsungnya acara. Dalam video singkat itu, Presiden Jokowi digambarkan terjebak dalam arak-arakan suporter Indonesia yang akan menyaksikan atlet 'Merah Putih' berlaga. Akibatnya, Presiden mengambil keputusan untuk bermotor menuju tempat acara.

Video pun kemudian berlanjut dengan aksi 'Jokowi' naik motor, ngebut hingga berakrobat. Sungguh seperti adegan kebut-kebutan dalam film. Video berakhir dengan Presiden Jokowi tiba di podium kehormatan Stadion Utama GBK. Presiden lalu disambut Ketua INASGOC Erick Thohir.

Setelah tayangan video tersebut, tari Saman dari Aceh yang dibawakan secara massal membuat penonton yang hadir riuh bertepuk tangan. Saat membuak penampilan, para penari menyampaikan salam selamat datang kepada seluruh peserta AG XVIII. Penari Saman dengan ikat kepala beraksen emas dan baju berganti-ganti warna dari putihm jingga, hingga ungu tampil apik. Tak lupa iringan lagu khas Aceh, seperti Bungong Jeumpa.

Penampilan apik tari Saman dilanjutkan dengan parade atlet peserta AG XVII. ribuan dari kontingen 45 negara peserta akan disuguhi tontonan menarik saat pembukaan Asian Games 2018. Usai defile, para atlet bisa duduk di tribune VVIP. Secara keseluruhan kontingen Indonesia terdiri dari 938 atlet, 365 ofisial, serta 80 orang tim CdM.

Dalam defile upacara pembukaan, atlet renang Indonesia I Gede Siman Sudartawa akan menjadi pemegang bendera kontingen Indonesia. Seperti dilansir Antara, Siman mengaku bangga mendapat kepercayaan tersebut.

"Tentu saya bangga, apalagi kita tuan rumah. Saya lebih dapat suasana kemeriahan itu karena kemarin Indonesia merayakan kemerdekaan," kata Siman, Sabtu (18/8).

Siman mengaku dihubungi tim Komandan Kontingen Indonesia (Chef de Mission/CdM) Komjen Syafruddin pada Sabtu pagi untuk memastikan posisinya sebagai pembawa bendera Indonesia dalam pembukaan Asian Games ke-18.

"Kami diminta untuk berkumpul di Wisma Atlet Kemayoran. Para atlet Indonesia yang akan ikut defile memakai jas merah, celana putih, dan sapu tangan batik," ujar Siman.

Meskipun demikian, Siman mengaku tidak akan mengikuti upacara pembukaan Asian Games sampai akhir acara karena harus mengikuti lomba renang pada Minggu (19/8).

"Saya mungkin akan menonton sebentar, setelah itu kembali ke hotel. Saya menginap di hotel di dekat GBK dan tidak di wisma atlet karena harus bertanding besok. Saya butuh istirahat cukup," kata atlet asal Bali yang akan turun pada nomor renang gaya punggung 50 meter putra dan gaya punggung 100 meter putra.

Sebelumnya, Siman juga dipercaya sebagai pembawa bendera Kontingen Indonesia dalam berbagai kejuaraan multicabang olahraga, seperti Olimpiade London 2012, Asian Games Incheon 2014, dan SEA Games 2017 di Kuala Lumpur, Malaysia.

Pembukaan Asian Games 2018 akan berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SU GBK), Sabtu (18/8). Acara itu dimulai pukul 19.00 WIB dan bakal

CEO PT Netmediatama Televisi, Wishnutama, yang ditunjuk untuk menjadi creative director untuk seremoni pembukaan Asian Games 2018 telah menyiapkan acara yang diklaim bakal menjadi termegah di dunia. Mengalahkan pembukaan Olimpiade yang pernah ada.

Penanggung jawab koreografi Opening Ceremony Asian Games 2018, Denny Malik, menyebut tarian kolosal dengan melibatkan 4.000 penari menjadi sajian utama. Tarian itu dibagi menjadi beberapa sesi, yakni pembukaan (salam), water (air), wind (angin), earth (bumi), fire (api), kemudian cosmo (kekinian).

Semua konsep itu akan ditampilkan pada sebuah panggung yang megah di SU GBK. Di sana akan terdapat gunung berikut air terjunnya.

"Setting panggungnya nanti akan menjadi yang terbesar yang pernah ada. Bahkan lebih dari pembukaan Olimpiade karena ada air terjun dan elemen lainnya di panggung tersebut," kata Denny saat dihubungi Jumat (17/8).

Selain menyajikan tampilan panggung yang luar biasa, kontingen atlet negara-negara peserta yang melakukan defile di SUGBK tidak dibiarkan berdiri. Melainkan disiapkan kursi VVIP untuk para atlet duduk di bangku tersebut dan menikmati sajian selama kurang lebih 40 menit tersebut.

"Jadi sebelum parade atlet, para penari akan melakukan doa, setelah itu akan ada tarian selamat datang kepada para tamu. Tarian Garis Indonesia yang dilakukan oleh 1.600 penari wanita yang merupakan pelajar. Mereka akan menyambut dengan ucapan salam dari muslim mencirikan bangsa kita yang mayoritas beragama Islam," katanya.

"Setelah itu, atlet melakukan parade. Selama ini, jika Olimpiade atau Asian Games, SEA Games, atau multievent lainnya biasanya mereka salam. Sekarang, setelah atletnya parade setelah itu diberi tempat duduk. Jadi mereka itu dihibur dan menikmati sajian. Ada 15 kursi kami siapkan untuk (masing-masing) 45 negara," ujarnya.

"Jadi mereka nonton langsung. Kami suguhkan sajian karena sebenarnya kan bintangnya mereka, atlet-atlet tersebut. Dan saya berani jamin ini bakal menjadi pertunjukan termegah karena dari segi tarian, kostum, itu tidak ada di belahan dunia mana pun," kata dia. (Antara/MerahPutih)

Anggota Persit KCK Cabang XXIX Kodim Selayar Ikuti Event Rekor Muri Penyelam Wanita Massal

Posted: 18 Aug 2018 01:26 AM PDT

Anggota Persit KCK Cabang XXIX Kodim Selayar Ikuti  Event Rekor Muri Penyelam Wanita MassalMANADO, LELEMUKU.COM Tekad untuk merebut dan memecahkan rekor muri  pada pelaksanaan event pembentangan bendera merah putih terpanjang bawah laut dan penyelam massal wanita terbanyak tahun 2018 yang dipusatkan di kawasan Mega  Mas  Manado, Sulawesi Utara dibuktikan oleh lima orang perwakilan pengurus Persit Kartika Chandra Kirana Cabang XXIX Kepulauan Selayar, Sulawesi-Selatan yang berangkat untuk mengikuti dan memeriahkan pelaksanaan event pembentangan bendera merah putih terpanjang bawah laut dan penyelam massal wanita terbanyak tahun 2018. 

Perwakilan  Persit Kartika Chandra Kirana Cabang XXIX Kodim 1415/Selayar, bertolak meninggalkan kawasan Bandar Udara H. Aroeppala Padang, Bontoharu, sehari setelah melepas keberangkatan rombongan kunjungan kerja Pangdam XIV/Hasanuddin, Mayor Jenderal TNI H. Surawahadi, S.I.P., M.Si.

Rombongan Persit Kartika Chandra Kirana Cabang XXIX Kodim 1415/Selayar, berangkat menuju Manado, Sulawesi Utara dibawah komando langsung, ketuanya, Novi Tri Kusumaningrum Yuwono yang bertolak dari kawasan Bandar Udara H. Aroeppala Padang, Bontoharu dengan menumpangi pesawat Wings Air dan melanjutkan perjalanan menuju Manado via Bandar Udara International Hasanuddin Maros dengan menumpangi pesawat citilink.

Empat orang Persit Kartika Chandra Kirana Cabang XXIX Kodim 1415/Sly Selayar masing-masing atas nama : Hidayati Sulaeman, Hasni Asriyadi, Andi Muliana Rusdi, dan Andi Nurdiyana Solikhin diberangkatkan untuk mengikuti event rekor muri pembentangan bendera merah putih terpanjang bawah laut dan penyelam massal wanita terbanyak tahun 2018 di Manado.

Setiba di kawasan Mega Mas Manado. Anggota Persit Kartika Chandra Kirana Cabang XXIX Kodim 1415/Selayar, langsung bergabung dengan sembilan ratus dua puluh delapan wanita penyelam lain. Hadir menyaksikan kegiatan tersebut  Ketua  Persit Kartika Chandra Kirana PD XIV/Hasanuddin Ny. Hj Endang Surawahadi bersama pengurus memberikan semangat kepada Team Selam Persit KCK Cab. XXIX Kodim 1415/Selayar.

Selama berada di kawasan Mega Mas, Manado Anggota Persit KCK Cabang XXIX Kodim 1415/ Selayar akan ikut menyukseskan kegiatan perebutan dua rekor muri yang terdiri atas pembentangan bendera merah putih terpanjang bawah laut dan penyelam massal wanita terbanyak tahun 2018.

Peserta penyelam wanita mulai turun ke laut pada sekitar pukul 13.28, hari Sabtu, (11/08) dan bersama-sama membentang bendera merah putih sepanjang lima ratus meter di dalam laut. Sebelumnya, peserta sempat mengikuti kegiatan car Friday dan acara hiburan yang dikemas panitia melalui suguhan tarian bersama dengan melibatkan peserta dari sejumlah daerah kabupaten/kota di tanah air.

Selain itu, peserta juga berkesempatan untuk menyaksikan berbagai bentuk persiapan yang digelar panitia. Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Cabang XXIX Kepulauan Selayar, Novi Tri Kusumaningrum Yuwono menjelaskan, "Event pembentangan bendera merah putih terpanjang bawah laut dan penyelam massal wanita terbanyak di kawasan Mega  Mas  Manado, Sulawesi Utara, tak hanya melibatkan sembilan ratus dua pulu delapan peserta penyelam wanita. Akan tetapi, kegiatan ini juga turut dihadiri dan disaksikan oleh wisatawan mancanegara, pungkasnya, ketika dihubungi bagian Penerangan Kodim 1415/Selayar, pada hari Minggu, (12/08) sore. (fadly syarif)

Ringankan Beban, Masyarakat Berat Lepas Satgas TMMD di Kepulauan Selayar

Posted: 18 Aug 2018 01:19 AM PDT

Ringankan Beban, Masyarakat Berat Lepas Satgas TMMD di Kepulauan SelayarBENTENG, LELEMUKU.COM - Suasana haru biru mewarnai hari-hari terakhir menjelang berakhirnya program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) 102, tahun 2018 di wilayah Kodim 1415/Selayar, Sulawesi-Selatan yang dititik fokuskan di Kampung Dodaiyah, Desa Harapan, dan Laiyolo Baru, Kecamatan Bontosikuyu.

Merasa telah menyatu dengan keluarga besar TNI, warga masyarakat di sekitar lokasi TMMD 102, seakan begitu berat untuk berpisah dan melepas personil satgas TMMD menjelang detik-detik terakhir, ditutupnya kegiatan operasi bhakti TNI yang tertuang lewat pelaksanaan program TMMD 102, tahun 2018.

Jalinan tali persaudaraan dan silaturrahim antara warga masyarakat dengan anggota satgas TMMD yang tercipta lewat kegiatan makan bersama, bakti sosial, dan ngumpul bareng di luar jam TMMD, membuat masyarakat, seakan tak rela melepas tim satgas TMMD untuk kembali ke satuan masing-masing.

Wajah sedih dan kehilangan jelas terpancar di raut wajah warga masyarakat di kala mereka teringat dengan berbagai bentuk kegiatan komsos yang dilakukan tim satgas TMMD 102 selama kurun waktu empat bulan berada di lokasi kegiatan.

Gaya ringan tangan  anggota TNI dalam membantu setiap bentuk kesulitan yang dialami oleh masyarakat membuat suasana kian terasa haru. Terbukti, selama empat bulan berada di lokasi TMMD, anggota TNI, tidak jarang, ikut turun tangan membantu masyarakat petani kopra mengupas sabut kelapa dengan cara manual menggunakan linggis dan sekaligus membantu proses pengasapan, sampai kepada tahapan pengemasan kopra ke dalam karung.

Jalinan kebersamaan kembali tercipta di saat anggota satgas TMMD membaur dengan warga melewatkan suasana sore dengan bermain volly bersama. Suasana kebersamaan kembali tercipta pada malam hari, saat anggota TNI, ikut serta turun ke laut mencari ikan bersama warga dengan menumpangi perahu bagang milik salah seorang warga masyarakat nelayan di Kampung Dodaiyah.

Situasi yang hampir sama kembali terbina dan terjalin akrab di penghujung malam, ketika masyarakat dan anggota satgas TMMD duduk melantai bersama sembari mengasah ketajaman otak dan pikiran dengan cara bermain catur. (Fadly Syarif)

Umar Septiono Sampaikan Bela Negara di Universitas Hasanuddin

Posted: 18 Aug 2018 01:11 AM PDT

Umar Septiono Sampaikan Bela Negara di Universitas HasanuddinMAKASSAR, LELEMUKU.COm - Mendapat waktu dan kesempatan menyampaikan rangkaian kuliah umum di hadapan ribuan orang Mahasiswa Universitas Hasanuddin Makassar, Kapolda Sulsel, Irjen Pol Drs Umar Septiono menyatakan, kegiatan ini merupakan salah satu rangkaian tahapan penerimaan mahasiswa baru (Maba,red) dan sekaligus salah satu bentuk upaya pembinaan kesadaran bela negara (P2KBN).

Dalam paparan kuliah umum yang disampaikannya di hadapan kurang lebih enam ribu dua ratus enam puluh empat orang mahasiswa Universitas Hasanuddin, Kapolda Sulsel meminta mahasiswa untuk menjadi calon-calon akademisi berwawasan luas, cerdas, dan tidak mudah terjerumus oleh faham radikalisme. 

Pernyataan tersebut dipertegas, Irjen Pol Drs Umar Septiono di depan jajaran Parmen Direktorat Binmas Polda Sulsel yang turut mendampingi Kapolda Sulsel, saat menyampaikan materi kuliah umum di hadapan ribuan mahasiswa di lingkungan Universitas bergelar "Kampus Merah" yang terletak di ruas Jl. Perintis Kemerdekaan Makassar itu. (Fadly Syarif)

Kecamatan Bontosikuyu Bangga Ditunjuk Sebagai Lokasi TMMD 102

Posted: 18 Aug 2018 01:08 AM PDT

Kecamatan Bontosikuyu Bangga Ditunjuk Sebagai Lokasi TMMD 102BENTENG, LELEMUKU.COM - Pemerintah Kecamatan Bontosikuyu, Kabupaten Kepulauan Selayar, Provinsi Sulawesi Selatan yang diwakili oleh camat, Muh. Basir, SH menyampaikan ucapan terima kasih dan rasa bangga dengan ditunjuknya Bontosikuyu sebagai lokasi pelaksanaan TMMD 102, tahun 2018 di wilayah Kodim 1415/Selayar. Ia mengaku sangat bersyukur dengan masuknya program TMMD 102 di wilayah pemerintahannya. 

Muhammad Basir menandaskan pembukaan akses jalan penghubung di Desa Harapan dan Laiyolo baru yang tertuang lewat kegiatan TMMD 102 akan sangat membantu masyarakat Bontosikuyu, terutama bagi warga yang bermukim di bagian selatan-selatan. 

Kegiatan pembukaan akses jalan yang telah dilakukan oleh kurang lebih seratus lima puluh orang personil satuan tugas TMMD gabungan dari sejumlah kesatuan bekerjasama dengan segenap stakholder terkait di lingkungan Pemerintah Kabupaten Kepulauan Selayar, tidak hanya akan dimanfaatkan oleh masyarakat Desa Harapan dan Laiyolo Baru semata. Sebab kedepan, akses jalan tersebut akan ikut digunakan dan dirasakan manfaatnya oleh  warga Desa Lantibongan,  Binanga Sombaiya, Tongke-Tongke, dan Desa Appatanah. 

Sejalan dengan telah terbukanya akses jalan tersebut, Camat Bontosikuyu, Muhammad Basir, SH memastikan semua mobilitas pergerakan akan jauh lebih dinamis, cepat, dan terjangkau, terutama disaat masyarakat akan menuju kota Benteng dari arah selatan Bontosikuyu. 

Jarak tempuh perjalanan dipastikan akan relatif cepat dan pendek, ketimbang harus melintas di atas lahan jalan yang tersedia sekarang. (Fadly Syarif)

Soni Sumarsono Sematkan Lencana Karya Satya ke 500 PNS di Pemprov Sulsel

Posted: 18 Aug 2018 01:03 AM PDT

Soni Sumarsono Sematkan Lencana Karya Satya ke 500 PNS di Pemprov SulselMAKASSAR, LELEMUKU.COM - Didaulat mendampingi Pejabat Gubernur Sulawesi-Selatan, Soni Sumarsono pada rangkaian acara penyematan dan penganugerahan tanda kehormatan kepada kurang lebih lima ratus orang Pegawai Negeri Sipil di lingkungan Pemprov Sulsel, Wakapolda Sulawesi-Selatan, Brigjen Pol Risyapudin Nursin bersama anggota jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) juga berkesempatan melakukan kegiatan pendampingan terhadap anggota Pangkotma.

Dalam kesempatan penyematan dan penganugerah satya lencana karya satya kepada kurang lebih lima ratus orang pegawai negeri sipil se Pemprov Sulsel yang disematkan secara langsung oleh pejabat Gubernur Sulsel itu, Wakapolda Sulsel,  Brigjen Pol Risyapudin Nursin, berkenan berjabat tangan dan sekaligus memberikan ucapan selamat kepada lima ratus orang penerima tanda kehormatan satya lencana karya satya yang telah mengabdi selama kurun waktu sepuluh sampai tiga puluh tahun di lingkungan Pemprov Sulsel. 

Pejabat Gubernur Sulsel, Soni Sumarsono menandaskan, penyematan tanda penghargaan satya lencana karya satya merupakan wujud apresiasi dan penghargaan negara kepada pegawai negeri sipil yang telah mngabdi dan mendedikasikan diri dan baktinya kepada negara selama rentang waktu tiga puluh tahun. 

Penyematan penghargaan ini memiliki makna dan arti tersediri, terkhusus bagi mereka pegawai negeri sipil yang telah mempersembahkan pengabdian terbaiknya kepada nusa dan bangsa, pungkasnya di sela-sela penganugerahan tanda kehormatan yang dipusatkan di ruang pola Kantor Gubernur Sulsel, pada sekitar pukul 10.30 Wita, hari Senin, (13/08) siang kemarin. (Fadly Syarif)

Umar Septono Ucapkan Terima Kasih ke Para Kapolres di Polda Sulsel

Posted: 18 Aug 2018 12:57 AM PDT

Umar Septono Ucapkan Terima Kasih ke Para Kapolres di Polda SulselMAKASSAR, LELEMUKU.COM - Apresiasi disertai penghargaan dan ucapan terima kasih dihaturkan Kapolda Sulawesi-Selatan,  Irjen Pol. Drs Umar Septono kepada segenap jajaran Kapolres di lingkungan Mapolda Sulsel yang telah berhasil mengawal dan mengamankan pelaksanaan Pilkada pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sulsel 2018.

Penyataan tersebut dilontarkan Kapolda Sulsel, Irjen Pol Drs. Umar Septono, bertempat di Hotel Harper, KM 16, Jl. Perintis Kemerdekaan, Makassar, pada sekitar pukul 08.00 Wita, hari Senin, (13/08) pagi kemarin, saat berkesempatan membuka dan memimpin secara langsung pelaksanaan kegiatan gelar Operasional Triwulan II, tahun 2018, di lingkungan Mapolda Sulsel yang mengangkat thema "Analisa dan Evaluasi Operasi Mantap Praja Tahun 2018".

Hadir dalam rangkaian acara tersebut, Wakapolda Sulsel, Brigjen Pol Risyapudin Nursin yang didampingi  oleh Irwasda Polda Sulsel, Komisaris Besar Polisi, Robert Haryanto Watratan, SH, MH, bersama sejumlah pejabat utama di lingkungan Mapolda Sulsel dan jajaran Kapolres dari sejumlah kabupaten/kota di Sulawesi-Selatan. (Fadly Syarif)

PNS dan Anggota Polri di Makassar akan Miliki Hunian Pribadi

Posted: 18 Aug 2018 12:54 AM PDT

MAKASSAR, LELEMUKU.COM - Pertemuan dengan DPD REI Himbara digelar Kapolda Sulawesi-Selatan , Irjen Pol. Drs. Umar Septono, bertempat, di Ruang Aula Paramartha SPN Batua, di ruas Jl. Jend. Urip Sumahorjo, Makassar, pada sekitar pukul 09.00 Wita, hari Selasa, (14/08). 

Rangkaian acara pertemuan yang dirangkaikan dengan penanda tanganan Mou antara Polda Sulsel dengan pengurus DPD REI Himbara dan lembaga Perbangkan terkait dengan rencana penyediaan rumah bersubsidi bagi personil Polri dan PNS Polri tersebut, dihadiri oleh sejumlah pejabat utama dan  jajaran Kapolres di lingkungan Mapolda Sulsel. 

Dalam keterangan pers yang disampaikannya di sela-sela kegiatan penandatangan Mou, Kapolda Sulsel, Irjen Pol. Drs. Umar Septono mengatakan, program pembangunan tiga ribu seratus unit perumahan dengan nilai cicilan nol rupiah bagi jajaran personil Polri di lingkungan Mako Polda Sulsel ini akan sangat membantu mereka anggota Polri yang belum memiliki rumah pribadi, pungkasnya kepada puluhan wartawan di kota Makassar. (Fadly Syarif)

Muhammad Basir Apresiasi Kegiatan TMMD 102 di Bontosikuyu

Posted: 18 Aug 2018 12:50 AM PDT

Muhammad Basir Apresiasi Kegiatan TMMD 102 di BontosikuyuBENTENG, LELEMUKU.COM - Apresiasi disertai penghargaan dan ucapan terima kasih dihaturkan aparat Pemerintah Kecamatan Bontosikuyu yang diwakili Camat, Muhammad Basir, SH atas terselenggaranya kegiatan penyuluhan kesehatan dan penyerahan secara simbolis bantuan sembako sebagai bahagian tak terpisahkan dari rangkaian pelaksanaan program TMMD 102, tahun 2018, di wilayah Kodim 1415/Selayar, Sulawesi-Selatan. 

Kegiatan yang terselenggara atas kerjasama tim satgas TMMD 102 Kepulauan Selayar, Dinas Sosial kabupaten, dan rombongan mahasiswa KKN tematik bakti negara gelombang sembilan puluh sembilan Universitas Hasanuddin Makassar itu dinilai  sebagai sebuah rangkaian kegiatan bernilai positif yang telah sejak lama dinanti-nantikan dan didamba-dambakan  pelaksanaannya oleh seluruh lapisan warga masyarakat Kecamatan Bontosikuyu dari segenap komponen dan elemen terkait, baik organisasi, LSM, maupun mahasiswa. 

Secara spesifik, Muh Basir, SH, menyebut, kecamatan Bontosikuyu,hampir setiap saat mendapat kunjungan dari mahasiswa KKN. di tahun 2018, Kecamatan Bontosikuyu telah empat kali mendapat kunjungan rombongan mahasiswa KKN. 

Kunjungan pertama dilakukan rombongan mahasiswa Akper Bhayangkara, UNM, disusul kunjungan mahasiswa KKN Profesi Pendidikan Ners, Universitas Indonesia Timur (UIT, red) dan terakhir rombongan mahasiswa KKN tematik bakti negara gelombang sembilan puluh sembilan Universitas Hasanuddin Makassar. Kunjungan ini, kata dia, merupakan kunjungan ke empat dalam dua bulan terakhir di tahun 2018. (Fadly Syarif)

Bagi ke WA Bagi ke G+