-->

Presiden Peter Martin Christian Ikuti Misa di Katedral Santo Fransiscus Xaverius Ambon

Presiden Peter Martin Christian Ikuti Misa di Katedral Santo Fransiscus Xaverius Ambon


Presiden Peter Martin Christian Ikuti Misa di Katedral Santo Fransiscus Xaverius Ambon

Posted: 22 Jul 2018 06:46 PM PDT

Presiden Peter Martin Christian Ikuti Misa di Katedral Santo Fransiscus Xaverius AmbonAMBON, LELEMUKU.COM  - Mengakhiri kunjungan pulang kampungnya di Maluku, Presiden dari Federated States of Micronesia Peter Martin Christian mengikuti Perayaan Ekaristi bersama umat Katolik di Katedral Santo Fransiskus Xaverius Ambon, Provinsi Maluku pada Minggu (22/7).

Dihadapan jemaat Presiden Christian mengaku bahagia dapat mengenal lebih dekat meski hanya dalam beberapa hari saja tanah asal nenek moyangnya. Sebab ini merupakan kali pertama dirinya dapat mengetahui lebih detail tentang Maluku.

"Sebagai anggota gereja Katolik, saya mengucapkan terima kasih kepada semua saudara seiman yang mengizinkan saya  untuk beribadah di gereja ini. Saat ini ingin saya katakan bahwa kedatangan saya kembali ke Indonesia bukan saja menemukan asal usul keluarga saya tetapi juga meneguhkan iman saya," ujar dia saat memberikan kesan dan pesan usai misa.

Generasi ketiga dari keturunan Ambon yang tinggal di Pomphpei, Mikronesia ini menyatakan bahwa sukacita sebagai orang Maluku dapat ia rasakan saat bersama-sama melakukan misa dengan umat dan ketika melihat kebersamaan antara umat beragama di Maluku..

"Saya sangat bahagia dan terhormat bisa berada di Ambon dan mengadakan misa di gereja Katolik ini dengan semua umat. Sebagai pengikut antara umat beragama, marilah kita semua mengajak anak-anak kita untuk menjaga perdamaian antara kita semua, satu sama yang lain," kata Christian.

Dia mengaku merasa terhormat melakukan kunjungan di Indonesia, sebab dirinya dapat melihat kedamaian dalam perbedaan beragama.

"Saya menemukan banyak hal yang indah di Indonesia terutama di Ambon. Tapi kedamaian terindah yang saya temukan adalah kedamaian bersama-sama dengan saudara-saudara di gereja, dan juga kedamaian antara umat beragama di Ambon," ungkap Christian.

Perayaan ekaristi ini juga diwarnai dengan penandatanganan prasasti kunjungan Presiden di Gereja Santo Fransiskus Xaverius Katedral Ambon.

Usai misa Presiden Christian langsung menuju Bandara Pattimura untuk kembali ke negaranya

Presiden Peters Marthin Christian menjadi Presiden dari Federate States of Micronesia sejak 11 Mei 2015. Federasi Serikat Micronesia merupakan negara di Pasifik Utara yang dideklarasikan sebagai sebuah negara pada tahun 1986 dan Indonesia merupakan salah satu negara yang mendukung negara tersebut untuk masuk dalam organisasi Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) tahun 1992.

Ia merupakan generasi ketiga dari Maluku yang tinggal di Micronesia. Kakeknya berasal dari Desa Haria, di Pulau Saparua, Kabupaten Maluku Tengah.

Ini merupakan kunjungan pertamanya ke Indonesia sebagai presiden  atas undangan kenegaraan dari Presiden Joko Widodo, guna membicarakan berbagai peluang kerja sama antara  Sementara ke Ambon sejak Jumat (20/7) hingga Minggu (22/7) dengan agenda selain untuk bertemu dan bersilaturahmi dengan pemerintah Provinsi Maluku, kunjungan kedua kali ini juga untuk bertemu keluarga besarnya, sekaligus untuk mengetahui silsilah keluarganya.

Khusus kunjungan ke Ambon merupakan yang kedua kalinya setelah yang pertama tahun 1991 bersama sang ayah Marthin Christian Souisa dan anak perempuannya. Mereka hanya sempat menginap semalam pada salah satu hotel transit di dekat Bandara Internasional Pattimura Ambon Laha. (Albert Batlayeri)

Yasin Payapo Jadi Bupati Paling Peduli Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI)

Posted: 22 Jul 2018 06:03 PM PDT

Yasin Payapo Jadi Bupati Paling Peduli Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI)PIRU, LELEMUKU.COM - Bupati Seram Bagian Barat (SBB) Provinsi Maluku, Drs. H.M.Yasin Payapo, M.Pd, dinobatkan menjadi Bupati Paling Peduli dalam penganugerahan Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Award tahun 2018.

Payapo bersama dua tokoh lainnya dianugerahkan dalam Tokoh Peduli IPHI Award Regional III, yakni Prof. Dr.H. Awang Faroek Ishak,M.M.M.Si, Gubernur Kalimantan Timur sebagai Penjabat Provinsi Paling peduli IPHI dan hj. Djuhria Tanjung Bawoel, IPHI Provinsi Sulawesi Utara sebagai bagi tokoh wanita paling peduli.

Berdasarkan surat dari Pengurus Pusat IPHI nomor 60/SKep/PP-IPHI/VI/2018 Tentang penganuhgerahan IPHI Award, MTP-IPHI Award dan tokoh peduli IPHI Award di regional III Tahun 2018 sesuai dengan hasil Muktamar VI Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia Tahun 2015 dan Hasil Rapat Kerja Nasional XII Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia Tahun 2017 memberikan penganugerahan IPHI Award dan MTP-IPHI award Tahun 2018 sesuai bidang prestasinya kepada Magna IPHI Award untuk pengurus wilayah berprestasi terbaik dan sebagai penyelenggara rakernas serta harian IPHI Regional kepada PW-IPHI Provinsi Sulawesi Utara. 

Penganugerahan IPHI award bagi Pengurus daerah berprestasi terbaik bidang dakwa kepada PD-IPHI Kabupaten Selayar Provinsi Sulawesi Selatan dan PD IPHI Kota Jayapura Provinsi Papua.

IPHI Award bagi pengurus daerah berprestasi terbaik bidang kesehatan kepada PD IPHI Kota Sorong Provinsi Papua Barat. IPHI Award bagi pengurus daerah Berprestasi terbaik bidang pemberdayaan ekonommi/Koperasi kepada PD-IPHI Kota Samarinda Provinsi Kalimatantan Timur.

IPHI Award bagi pengurus daerah berprestasi bidang pemberdayaan umat kepada PD IPHI Kabupaten Minahasa tenggara provinsi Sulawesi Utara, dan PD IPHI Kabupaten Luwu Provinsi Sulawesi Selatan.

IPHI Award bagi Pengurus Daerah Berprestasi terbaik bidang Kepedulian Sosial, dianugerakan kepada PD IPHI Kabupaten Kepulauan Sangihe, Provinsi Sulawesi Utara dan PD IPHI Kabupaten Takalar Provinsi Sulawesi Selatan dan IPHI Award bagi pengurus Daerah terbaik Bidang pembinaan Partisipasi Anggota dianugerahkan kepada PD IPHI Kabupaten Bolaang Mongondow Utara Provinsi Sulawesi utara.

Kategori MTP IPHI Award bagi pengurus MTP Wilayah berprestasi terbaik bidang inovasi kemabruran haji dianugerahkan kepada MTP-IPHI Provinsi Sulawesi Utara, dan MTP IPHI award Pengurus MTP Wilayah berprestasi terbaik bidang kinerja organisasi dianugerahkan kepada MTP IPHI Provinsi Sulawesi Selatan. (DiskominfoSBB)

PKS Daftar Bacaleg DPRD Kota Ambon ke KPU

Posted: 22 Jul 2018 05:52 PM PDT

PKS Daftar Bacaleg DPRD Kota Ambon ke KPUAMBON, LELEMUKU.COM – Partai Keadikan Sejahtera (PKS) mendatangani Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Ambon, Provinsi Maluku untuk menyerahkan daftar bakal calon legislatif (bacaleg) DPRD Kota Ambon, Selasa (17/7).

Ketua DPC PKS dan para bacaleg mereka mendaftarkan di 4 daerah pemilihan (dapil).

Ketua KPU Kota Ambon, Kainama mengatakan, hingga hari terakhir penutupan pendaftaran, panitia baru menerima berkas pengajuan dari satu parpol. Artinya 15 parpol lain akan menyerahkan berkas sampai jam 24.00 WIT.

"Lewat dari itu tidak bisa diterima lagi," katanya.

Kainama hanya berpesan, pilihan parpol menyerahkan berkas dihari terakhir harus diimbangi dengan ketelitian. Sebab menurut dia, berkas yang masuk, yang memuat nama dan nomor urut bacaleg tidak bisa lagi diubah usai pukul 24.00 WIT.

"Kecuali yang bersangkutan tidak memenuhi syarat atau berhalangan tetap," jelasnya.

Untuk diketahui pemeriksaan berkas administrasi dilakukan 5-18 Juli 2018, dilanjutkan penyampaian hasil verifikasi kelengkapan daftar calon dan bakal calon pada partai politik peserta pemilu 19-21 Juli.

"Bagi berkas yang belum memenuhi syarat, diberi kesempatan melakukan perbaikan, 22-31 Juli 2018," tambahnya.

Sementara itu, A. Tianotak mengatakan partainya telah mengajukan caleg di semua dapil. Syarat kuota 30 persen perempuan dan penempatan nomor urutnya pun telah terpenuhi. (KPUAmbon)

Speedboat Blue Marine Milik Setda Raja Ampat Terbakar di Pangkalan Waisai

Posted: 22 Jul 2018 05:32 PM PDT

Speedboat Blue Marine Milik  Yusuf Salim Terbakar di Pangkalan Waisai
WAISAI, LELEMUKU.COM – Speedboat Blue Marine, milik Sekretariat Pemda Raja Ampat terbakar di pangkalan Speedboat, Kali Waisai, Kota Waisai, Kabupaten Raja Ampat, Provinsi Papua Barat pada Minggu (22/7) pukul 08.00 WIT.

Akibat peristiwa ini dua orang kru kapal bernama Yakob Rumpampam (42) dan Wilson Krey (40) mengalami luka bakar serius. Keduanya kemudian diungsikandi RSUD Waisai. 

Rumparpan seorang PNS yang merupakan warga Perum Permai Moko-Waisai kota. Ia mengalami luka bakar pada kedua pergelangan tangan, luka bakar pada lutut kiri, luka bakar pada kedua kaki kiri dan kanan, luka bakar pada wajah, serta mengalami trauma. 

Sementara itu, Krey yang seorang pekerjaan swasta mengalami luka bakar pada seluruh wajah, luka bakar pada kepala, luka bakar pada tangan kiri dan kanan, luka bakar pada paha kiri dan kanan, luka bakar pada kaki kiri dan kanan dan mengalami trauma.

Menurut Kapolres Raja Ampat, AKBP Edy Setyanto Erning kejadian berawal ketika Krey sedang mengeluarkan air dari dalam palka speedboat. 

Saat melakukan hal itu kondisi mesin kapal dalam keadaan hidup. Diduga, akibat korsleting yang menyebabkan terjadi kapal meledak dan terbakar. 

Ia menegaskan dugaan sementara penyebab terbakarnya speedboat akibat korsleting dan tidak ada unsur kesengajaan. (HumasPoldaPabar)

Peter Martin Christian Kunjungi Balai Perikanan Budidaya Laut (BPBL) Ambon

Posted: 22 Jul 2018 04:07 PM PDT

Peter Martin Christian Kunjungi Balai Perikanan Budidaya Laut (BPBL) AmbonAMBON, LELEMUKU.COM - Presiden Federasi Mikronesia, Peter Martin Cristian mengunjungi di Balai Perikanan Budidaya Laut (BPBL) Ambon di Jl. Laksda Leowatimena Waiheru, Kota Ambon, Provinsi Maluku pada Sabtu (21/7).

Dalam kegiatan tersebut Presiden Cristian ditemani oleh Gubernur Maluku Said Assagaff, Wakil Gubernur Christian Sahuburua, Pangdam XVI Pattimura Suko Pranoto, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Maluku Romelus Far Farr dan Rektor Unpatti Prof Marthinus Sapteno.

Saat melihat lokasi budidaya, Christian mengaku sangat terkesan dengan pola pengelolaan di BPLB dan berharap agar Indonesia ikut membantu negaranya dalam mengembangkan sektor perikanan budidaya.

"Pengelolaan potensi budidaya seperti ini sangat baik dalam menunjang sektor perikanan kelautan dan saya sangat terkesan dan senang melihat Ambon dalam menjaga dan mengembangkan sumber daya kelautannya," ujar dia.

Presiden Peters Marthin Christian menjadi Presiden dari Federate States of Micronesia sejak 11 Mei 2015. Federasi Serikat Micronesia merupakan negara di Pasifik Utara yang dideklarasikan sebagai sebuah negara pada tahun 1986 dan Indonesia merupakan salah satu negara yang mendukung negara tersebut untuk masuk dalam organisasi Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) tahun 1992.

Ia merupakan generasi ketiga dari Maluku yang tinggal di Micronesia. Kakeknya berasal dari Desa Haria, di Pulau Saparua, Kabupaten Maluku Tengah.

Ini merupakan kunjungan pertamanya ke Indonesia sebagai presiden  atas undangan kenegaraan dari Presiden Joko Widodo, guna membicarakan berbagai peluang kerja sama antara  Sementara ke Ambon selain untuk bertemu dan bersilaturahmi dengan pemerintah Provinsi Maluku, kunjungan kedua kali ini juga untuk bertemu keluarga besarnya, sekaligus untuk mengetahui silsilah keluarganya.

Khusus kunjungan ke Ambon merupakan yang kedua kalinya setelah yang pertama tahun 1991 bersama sang ayah Marthin Christian Souisa dan anak perempuannya. Mereka hanya sempat menginap semalam pada salah satu hotel transit di dekat Bandara Internasional Pattimura Ambon Laha. (Albert Batlayeri)

Tim Jaumed Tinjau Lokasi Latihan Armada Jaya 2018 di Adaut

Posted: 22 Jul 2018 02:42 PM PDT

Tim Jaumed Tinjau Lokasi Latihan Armada Jaya 2018 di AdautADAUT, LELEMUKU.COM - Tim Peninjauan Medan (Jaumed) TNI AL dan Pangkalan TNI AL (Lanal) Saumlaki lakukan peninjauan medan dalam rangka kesiapsiagaan operasional latihan Armada Jaya ke XXXVI tahun 2018 di Desa Adaut, Kecamatan Selaru, Kabupaten Maluku Tenggara Barat, Provinsi Maluku pada Minggu (22/7).

Rombongan Tim Jaumed yang dipimpin oleh Kolonel Mar Kresno beserta Mayor Laut (P) Zainal Mutakin, Kapten Mar Ondi, Kapten Laut (P) Deni dan Kapten Laut ( P) Satria ini ditemani oleh Komandan Lanal (Danlanal) Saumlaki Letkol Laut (P) Ari Krisdiyanto, M. Tr Hanla,  Pasops Lanal Saumlaki Kapten Laut (P) Bernad Iskandar, Kaur TU Lanal Saumlki Letda Laut (S) Haryadi Setiawan dan Palaksa KAL P. Nustual Letda Laut (P) Adi Sagita

Tim Peninjauan Medan ini tiba di Adaut dengan menggunakan Kapal Pulau Nustual dalam rangka kesiapsiagaan operasional latihan Armada Jaya ke XXXVI TA 2018 di Adaut yang direncanakan akan terlaksana pada September 2018.

Kedatangan tim ini disambut oleh Camat Selaru Z. Emanratu SP, Danramil 1507-07 Selaru Kapten Ifantri dan Kapolsek Selaru Ipda J. C. Oraplean.

Dari Pos Angkatan Laut (Posal) Selaru tim kemudian menuju ke Desa Lingat untuk meninjau lokasi yang dijadikan latihan. (CamatSelaru)

Marlatu Leleury Lepaskan 135 Calon Jemaah Haji dari Maluku Tengah

Posted: 22 Jul 2018 02:38 PM PDT

Marlatu Leleury Lepaskan 135 Calon Jemaah Haji dari Maluku TengahMASOHI, LELEMUKU.COM - Wakil Bupati Maluku Tengah (Malteng), Provinsi Maluku Marlatu L. Leleury,SE melepasakan 135 Calon Jemaah Haji Musim Haji Tahun 1439 Hijriah / 2018 Masehi asal Kabupaten Malteng di Mesjid Raya Masohi pada Sabtu (21/7).

Pelepasan ditandai dengan pemasangan tanda peserta dan Penyerahan Bendera Kloter Jemaah Haji. 

Pemerintah Kabupaten Maluku Tengah Beserta Jajaran Mengucapakan Selamat Menjalankan Ibadah Haji 1439 H Semoga Menjadi Haji Yang Mabrur. (HumasMalteng)

Pemprov Papua Barat Gelar Pengembangan dan Pembentukan P2TP2A di Raja Ampat

Posted: 22 Jul 2018 12:50 PM PDT

Pemprov Papua Barat Gelar Pengembangan dan Pembentukan P2TP2A di Raja AmpatWAISAI, LELEMUKU.COM - Pemerintah Provinsi Papua Barat melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak menyelenggarakan kegiatan pengembangan dan pembentukan Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Perempuan dan Anak (P2TP2A) di Kabupaten Raja Ampat di Aula Bappeda Raja Ampat, Rabu (18/7).

Kegiatan ini dihadiri  Bupati Raja Ampat Abdul Faris Umlati, SE yang diwakili Sekretaris Daerah (Sekda) Dr. Yusuf Salim. M.Si, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) Propinsi Papua Barat dan jajarannya, Kepala DP3A Raja Ampat beserta stafnya, Pimpinan Organisasi Pemerintah Daerah (OPD), pejabat esalon III dan IV di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Raja Ampat, peserta kegiatan, tokoh agama dan tokoh masyarakat di Waisai-Ibukota Kabupaten Raja Ampat.

Bupati Umlati dalam sambutan yang dibacakan Sekda Salim menjelaskan secara umum peningkatan kualitas hidup perempuan diberbagai bidang di Raja Ampat telah memperoleh hasil yang positif dan  peran aktif perempuan mengalami peningkatan diberbagai bidang kehidupan.

Dikatakannya,  Peran aktif perempuan itu sangat terlihat mulai dari peran politik, peran ekonomi, peran biokras, peran seni budaya, peran rohaniwan, bahkan termasuk bidang-bidang yang selama ini selalu dinominasi kaum laki-laki.

"Memang kita ini cukup bangga dengan peningkatan peren serta perempuan pada beberapa jabatan publik, tetapi kenyataannya angka peran serta tersebut masih jauh dari yang diharapkan," ujarnya.

Dijelaskannya, saat ini beberapa isue strategis perlu mendapat perhatian serius berbagai pihak dalam upaya meningkatkan peran aktif perempuan dalam pembangunan. Misalnya presentase perempuan yang buta aksara lebih tinggi dari laki-laki, peningkatan angka kematian ibu, dan beberapa tindalan kekerasan terhadap perempuan tidak terselesaikan dengan baik.

"Isu-isu strategis pemberdayaan perempuan, akan berakar pada kontruksi budaya yang telah terinternalisasi dalam jangka waktu yang lama, dan terstruktur dalam kehidupan berkeluarga dan bermasyarakat dalam pembagian kedudukan dan peran antara laki-laki dan perempuan. Begitu pula makin tingginya angka korban kekerasan dalam rumah tangga yang dilaporkan padahal suda ada undang-undang dan pasal yang dilindungi," jelasnya

Ia berharap pengembangan dan pembentukan Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Perempuan dan Anak (P2TP2A) di Kabupaten Raja Ampat ini akan menekan isu-isu strategis yang menghambat upaya-upaya pemberdayaan Perempuan di Papua Barat umumnya dan Raja Ampat khususnya.

"Saya berharap moment ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik baiknya sehingga kita dapat mengimplementasikan dalam kehidupan kita sehari-hari, khususnya dalam upaya meningkatkan pemberdayaan dan peran aktif perempuan dalam pembangunan," ujar Sekda Raja Ampat.

Atas nama masyarakat dan pemerintah Raja Ampat, Sekda Raja Ampat menyampaikan penghargaan dan terima kasih kepada Pemerintah Provinsi Papua Barat.

"Saya juga mengucapkan terimakaih kepada Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Provinsi Papua Barat, narasumber dari P2TP2A provinsi yang berkenan memfasilitasi dan membekali para peserta dalam kegiatan ini," ujar Sekda Raja Ampat. (DiskominfoRajaAmpat)

Ciptakan Tertib Lalu Lintas di Namlea, Polres Buru Turun ke Jalan

Posted: 22 Jul 2018 12:35 PM PDT

Ciptakan Tertib Lalu Lintas di Namlea, Polres Buru Turun ke JalanNAMLEA, LELEMUKU.COM -  Aktifitas masyarakat Kota Namlea, Kabupaten Buru, Provinsi Maluku yang di mulai di pagi hari, baik perkantoran dan sekolah, membuat polisi lebih awal turun ke jalan raya untuk mengatur lalu lintas.

Menciptakan suatu kondisi arus lalu lintas yang aman dan lancar merupakan salah satu tanggung jawab Polri yang diemban oleh fungsi Satuan lalu Lintas maupun Fungsi Satuan Samapta Bhayangkaara (Sabhara) pada Jumat (20/7)

Selain untuk mengantisipasi kemacetan, pengaturan lalu lintas juga bertujuan untuk mengurangi angka pelanggaran lalu lintas yang dapat menjadi potensi terjadinya suatu peristiwa kecelakaan lalu lintas.

Kegiatan tersebut menjadi tugas pokok anggota polisi untuk memberikan rasa aman dan nyaman bagi warga masyarakat yang akan melaksanakan aktifitas di pagi hari, khususnya warga masyarakat yang akan menuju ke perkantoran dan kesekolahan menggunakan kendaraan, baik itu mobil, motor, atau kendaraan umum lainnya.

Seperti yang dilakukan oleh anggota Sat Lantas dan Sat Sabhara Polres Buru mereka tampak sedang melaksankan pengaturan arus lalu lintas khususnya di setiap pertigaan dan perempatan jalan  dan Depan Sekolah maupun perkantoran guna mengantisipasi terjadinya kemacetan dan juga terjadinya kecelakaan lalu lintas.

Kapolres Pulau Buru AKBP. Adityanto Budi Satrio, S.H, S.I.K, M.H, melalui Kasat Lantas Polres Buru Iptu Fiat A. Suhada, S.I.K saat di konfirmasi di tempat yang terpisah menerangkan bahwa pelayanan dipagi hari ini sebagai upaya untuk memberikan rasa aman dan nyaman bagi pengguna jalan.

"Kita tempatkan personil di simpul jalan yang rawan kemacetan seperti di depan sekolah, pasar Namlea dan perkantoran", ucap Kasat Lantas

Personil Sat Lantas Polres Buru maupun Sat Sabhara dalam mengatur arus lalu lintas tidak hanya mengatur arus lalu lintas, namun memberikan himbaun tentang Kamtibmas dan juga himbauan mengenai keselamatan dalam berlalu lintas.

Pengendara agar tidak ugal-ugalan di jalan dan menjaga ketertiban merupakan satu hal positif yang dilakukan dalam menjaga Kamtibmas .

Kegiatan ini diharapkan memberikan rasa aman dan nyaman, untuk menjaga keselamatan pengguna jalan yang lain baik yang menggunakan kendaraan maupun anak-anak sekolah. (HumasPoldaMaluku)

Anggota Polres SBT Amankan Pengantaran 100 Jemaah Haji ke Bandara Kufar

Posted: 22 Jul 2018 12:35 PM PDT

BULA, LELEMUKU.COM - Iring-iringan pengantar jamaah Haji asal Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT), Provinsi Maluku terlihat memenuhi pelataran gedung serba guna Pemda SBT pada Jumat (20/7). 

Kuota Jamaah Haji yang mencapai 100 orang rencananya akan berangkat menggunakan pesawat Trigana Air melalui Bandara Kufar pada hari Sabtu (21/7).

Olehnya Polres Seram Bagian Timur menurunkan sebanyak 53 orang personil yang terdiri dari gabungan satuan dan fungsi yang terkait dengan kegiatan  pengamanan tersebut.

Wakapolres SBT Kompol Deddy Dwitya Putra,SIK yang turut hadir pada acara  pelepasan jemaah haji tersebut mengatakan bahwa pihaknya akan maksimal melakukan pengamanan. 

"Kami telah menempatkan 53 orang personil pada titik-titik yang akan dilalui para jemaah haji dan pengamanan kali ini dilakukan dengan extra ketat yang terfocus pada kelancaran para jamaah dalam mengikuti seluruh prosesi dari awal hingga sampai pada tahap pemberangkatan melalui bandara Kufar agar para jemaah haji dapat melaksanakan seluruh giat dengan aman dan lancar," ungkap dia.

Dalam acara pelepasan jemaah haji tersebut turut hadir Wakil Bupati SBT Fachri Alkatiri, Lc.Ma. yang juga mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada seluruh stake holder tak terkecuali Polres SBT yang berperan penting dalam mendukung kelancaran seluruh prosesi acara tersebut dengan harapan seluruh jemaah haji dapat berangkat dan balik dengan harapan menjadi haji yang mabrur. (HumasPoldaMaluku)

Polisi Tangkap Pencuri Saat Parkir Motor di Kantor Pos Abepura

Posted: 22 Jul 2018 12:20 PM PDT

Polisi Tangkap Pencuri Saat Parkir Motor di Kantor Pos AbepuraJAYAPURA - Seorang pria berinisial PH (26) warga Perumnas III Waena, Distrik Heram, Kota Jayapura, Provinsi Papua dibekuk anggota piket penjagaan Polsek Abepura saat sedang memarkirkan sepeda motor hasil curiannya dihalaman parkir Kantor Pos Abepura Sabtu (21/7) Pukul 12.40 WIT.

Kapolres Jayapura Kota AKBP Gustav R. Urbinas, S.H., S.IK melalui Kapolsek Abepura AKP Dionisius VDP Helan, S.IK saat dikonfirmasi membenarkan adanya penangkapan tersebut.

Kapolsek mengatakan, PH ditangkap karena adanya laporan masyarakat yang menjadi korban ke Mapolsek Abepura menyampaikan bahwa SPM yang hilang dan telah dilaporkan di wilayah hukum Polres Jayapura terlihat parkir dihalaman Kantor Pos Abepura.

"Dengan menunjukkan laporan polisinya korban juga menunjukkan surat kepemilikan kendaraannya, menyikapi itu anggota yang piket bersama korban langsung mendatangi SPM yang dilaporkan tersebut," ungkap Kapolsek.

Lanjut dirinya menjelaskan, setelah tiba di TKP didapat PH sedang duduk diatasnya SPM yang dimaksud dan langsung dilakukan pengecekan serta pencocokan dengan surat kepemilikan kendaraan bermotor milik korban dan ternyata sesuai, kemudian PH beserta barang bukti diamankan ke Mapolsek Abepura.

"Kini PH diamankan juga sedang didalami dan dilakukan pengembangan atas penguasaan Sepeda motor tersebut oleh penyidik di Unit Reskrim Polsek Abepura," Tegas AKP Dionisius VDP Helan, S.IK.(HumasPolresJayapura)

Mabuk Saat Kendarai Motor, Tiga Pemuda Terluka di Lingkaran KB Jayapura

Posted: 22 Jul 2018 12:18 PM PDT

JAYAPURA, LELEMUKU.COM - Berkendara bonceng tiga dan dalam keadaan dipengaruhi minuman keras, BB (38), NM (19) dan SA (18) alami kecelakaan tunggal bertempat di Jalan Sam Ratulangi Jayapura tepatnya di Lingkaran KB depan SPBU APO, Distrik Jayapura Utara, Kota Jayapura, Provinsi Papua pada Sabtu (21/7) pukul 23.50 WIT.

Kapolres Jayapura Kota AKBP Gustav R. Urbinas, S.H., S.IK melalui Kasat Lantas AKP Andyka Aer, S.IK saat dikonfirmasi membenarkan tentang kecelakaan tersebut.

Kasat Lantas menerangkan, BB, NM dan SA mengendarai Sepeda Motor (SPM) Yamaha Jupiter Z nomor polisi DS 3284 AO dalam keadaan dipengaruhi minuman keras dengan kecepatan tinggi melaju dari arah Sam Ratulangi menuju Dok II Jayapura.

"Ketika sampai di TKP, pengendara kehilangan kendali dan oleng sehingga mengarah ke Taman Lingkaran KB," ujar dia.

Akibat kecelakaan tersebut, ketiganya langsung dilarikan ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Dok II Jayapura.

"BB alami lecet di jari manis kaki kanan serta robek disudut mata sebelah kanan, sementara NM alami luka robek di pelipis mata sebelah kanan dan lecet di jari dan kaki kanan, sedangkan SA alami lecet dijari kanan dan jari kiri tangannya dan luka robek di bagian kepala atas," ungkap Kasat Lantas.

Lanjut dirinya menegaskan, kecelakaan tersebut akibat kendaraan ditumpangi muatan yang tidak seharusnya dan karena dalam keadaan dipengaruhi minuman keras, kini kasus tersebut ditangani Satuan Lalulintas Polres Jayapura Kota.(HumasPolresJayapura)

Mio Tabrak Kijang di Kampung Enrekang, Warga Polimak Terluka

Posted: 22 Jul 2018 12:07 PM PDT

Mio Tabrak Kijang di Kampung Enrekang, Warga Polimak Terluka
ABEPURA, LELEMUKU.COM - Unit Lalulintas Kepolisian Sektor (Polsek) Abepura mendatangi tempat kejadian perkara (TKP) kecelakaan lalu lintas (lakalantas) antara sepeda motor (SPM) dan satu unit mobil yang terjadi di Jalan Raya Trans Arso tepatnya setelah Kampung Enrekang, Distrik Abepura, Kota Jayapura, Provinsi Papua pada Minggu (22/7) Pukul 10.30 Wit.

Kapolres Jayapura Kota AKBP Gustav R. Urbinas, S.H., S.IK melalui Kapolsek Abepura AKP Dionisius VDP Helan, S.IK saat dikonfirmasi membenarkan terjadinya kecelakaan tersebut.

Kapolsek mengatakan, kecelakaan tersebut terjadi antara SPM Yamaha Mio nomor polisi DS 3749 RD yang dikendarai IS (45) warga Polimak dengan satu unit mobil Toyota Kijang Pickup nomor polisi DS 8257 AL yang dikemudikan MH (45) warga Waena.

"Saksi yang melihat kejadian tersebut menuturkan kecelakaan berawal saat SPM Yamaha Mio yang datang dari arah Kota menuju Abepura dengan kecepatan tinggi dan dalam keadaan dipengaruhi minuman keras ketika sampai di TKP yang jalannya berkelok atau tikungan, IS keluar jalur dan dari arah yang berlawanan datang mobil pickup," ungkap Kapolsek.

Lanjut dirinya menjelaskan, karena jarak yang sudah dekat kecelakaan pun tak terhidarkan, akibat dari benturan tersebut IS mengalami lecet dikedua kaki, robek pada paha kiri serta patah kaki bagian kiri, diperkirakan kerugian material mencapai Rp10.000.000.

"Kurang hati-hatinya pengendara SPM Yamaha Mio dalam berkendara dengan kecepatan tinggi dan dalam keadaan dipengaruhi minuman keras hingga tak dapat mengendalikan laju kendaraannya hingga terjadi kecelakaan," pungkas Kapolsek.(HumasPolsekJayapura)

Teno Wanma Ditemukan Tewas di Galangan Kapal Dok VII Jayapura

Posted: 22 Jul 2018 12:06 PM PDT

Teno Wanma Ditemukan Tewas di Galangan Kapal Dok VII JayapuraJAYAPURA, LELEMUKU.COM - Seorang laki-laki bernama Teno Wanma (25) warga Dok VII Kali ditemukan tewas oleh keluarganya di Galangan Kapal Dok VII tepatnya dibelakang Kantor Perikanan dan Kelautan Provinsi Papua, Kelurahan Imbi, Distrik Jayapura Utara, Kota Jayapira pada Minggu (22/7) pukul 09.00 WIT.

Kapolres Jayapura Kota AKBP Gustav R. Urbinas, S.H., S.IK melalui Kasat Reskrim AKP Sugeng Ade Wijaya, S.IK saat dikonfirmasi  membenarkan tentang penemuan mayat tersebut.

Kasat Reskrim menuturkan, ditubuh korban terdapat luka gores dan lebam pada pelipis mata sebelah kanan serta luka lecet pada dahi bagian kiri.

"Menurut keterangan saksi, dari malam Minggu korban diketahui keluar bersama teman-temannya untuk malam mingguan dan sekitar pukul 24.00 Wit ada yang melihat korban mondar-mandir dijalan depan kantor perikanan kemudian menuju ke arah dermaga," Ungkap Kasat Reskrim.

Lanjut dirinya menjelaskan, untuk perkembangan selanjutnya pihaknya akan melakukan penyelidikan lebih lanjut terkait kematian korban, setelah di TKP korban langsung di evakuasi ke Rumah Sakit Bhayangkara untuk ditindaklanjuti dengan melakukan Otopsi guna mengetahui penyebab kematian korban.(HumasPolresJayapura)

Angelika Batfutu Ajak Cintai Tenun Ikat Tanimbar

Posted: 22 Jul 2018 10:43 AM PDT

Angelika Batfutu Ajak Cintai Tenun Ikat TanimbarSAUMLAKI, LELEMUKU.COM – Miss Grand Maluku 2018, Angelika Batfutu yang mewakili Provinsi Maluku dalam ajang kontes kacantikan bergengsi nasional, Miss Grand Indonesia 2018 mengajak masyarakat tanimbar untuk mencintai kain tenun ikat, yang merupakan ciri khas dari Kepulauan Tanimbar sendiri.

"Sebagai warga tanimbar, kalau bukan kita sendiri yang memakai dan mencintai tenun, siapa lagi," ujar dia kepada Lelemuku.com melalui pesan singkat, pada Selasa (10/7).

Angelika mengatakan tenun ikat tanimbar mempunyai ciri yang sangat khas dengan motif yang beragam. Untuk menenun sebuah kain ikat tersebut, para pengrajin sangat membutuhkan imajinasi yang tinggi.

 "Bagi saya kain tenun tanimbar ini sangat khas karena membuat kain tenun ini membutuhkan imajinasi yang tinggi dan ini tidak memakai pola," kata dia.

Mahasiswa semester VIII di Sekolah Tinggi Bahasa Asing (STBA) Lia Jakarta, Jurusan Bahasa Inggris ini pun mengungkapkan saat Pra Karantina Miss Grand Indonesia 2018, pada Senin (9/7) dirinya memakai syal berwarna hitam pemberian salah satu penenun asal Desa Tumbur, Kecamatan Wertamrian, Kabupaten Maluku Tenggara Barat (MTB), Mama Olivia Reressy.  

"Saya bersama orangtua didampingi oleh Dinas Pariwisata MTB berkunjung ke desa tumbur, sebab saya ingin mengenal tenun lebih lagi. Syal tenun yang dikasih oleh mama Olivia Reressy saya pakai saat pra karantina. Semua orang suka dan kagum lihat kain tersebut," ungkap gadis 23 tahun ini. 

Di Kepulauan Tanimbar  kain tenun merupakan sebuah ketrampilan bagi masyarakat sejak dari leluhur mereka. Pada kain tenun terdapat banyak ragam motif, yang menurut masyarakat setempat mengandung nilai-nilai yang bermakna luhur, yang merupakan salah satu jati diri bagi masyarakat di Bumi Duan Lolat itu. (Laura Sobuber)

Angelika Batfutu Banggakan Masyarakat Tanimbar

Posted: 22 Jul 2018 08:23 AM PDT

Angelika Batfutu Banggakan Masyarakat Tanimbar
SAUMLAKI, LELEMUKU.COM – Angelika Batfutu, Miss Grand Maluku 2018 yaitu putri asli asal Desa Olilit, Kecamatan Tanimbar Selatan (Tansel), yang mewakili Provinsi Maluku dalam ajang kontes kecantikan bergengsi berskala nasional, Miss Grand Indonesia 2018.

Acara Grand Final Miss Grand Indonesia 2018 sendiri telah dilaksanakan dan disiarkan secara langsung di Stasiun TV Nasional, SCTV tepat pukul 20.00 WIT hingga 22.00 WIT, pada Sabtu (21/7).

Dalam malam perhelatan tersebut yang menyandang gelar Miss Grand Indonesia 2018 jatuh kepada Miss Grand Lampung, Nadia Purwoko, diikuti Runner Up pertama yaitu kontestan dari Sumatera Utara, Vivi Wijaya dan Runner Up kedua diraih oleh kontestan dari DKI Jakarta, Stephanie Cecillia.

Sebelumnya dalam wawancara bersama Lelemuku.com, Angelika Batfutu mengatakan bagi dirinya tidak masalah jika tidak menjadi juara dalam ajang tersebut karena menang atau kalah adalah hal yang biasa dalam suatu kompetisi. 

Hal yang terpenting baginya adalah saat dirinya dipercayakan untuk mewakili Provinsi Maluku, khususnya memperkenalkan daerah asalnya, Bumi Duan Lolat di hadapan nasional.

"Terpilih maupun tidak bagi saya tidak masalah karena menang atau kalahnya itu bukanlah hal yang sangat penting tetapi bagaimana saya mendistribusikannya langsung disini itu merupakan pengalaman yang berharga," kata dia saat berkunjung ke Kepulauan Tanimbar, pada Jumat (6/7).

Hal senada juga disampaikan oleh Assisten III Bidang Administrasi Umum, Ryhard Matatula bahwa menang atau kalah adalah masalah kedua, yang utama adalah seluruh masyarakat Tanimbar harus bangga dengan salah satu putri terbaik tersebut, dimana dirinya telah mempromosikan Kabupaten Maluku Tenggara Barat (MTB) sebagai wakil Provinsi Maluku di kanca nasional.

"Kita semua harus bersyukur karena Tuhan luar biasa memberikan salah satu putri Tanimbar asal olilit maju dalam ajang Miss Grand Indonesia. Itu artinya potensi kita di MTB sangat luar Biasa dan kita harus bangga sebagai anak Tanimbar, masalah kalah dan menang  itu masalah kedua," kata dia  kepada Lelemuku.com melalui pesan singkat, pada Sabtu (22/7). (Laura Sobuber)

Sambut Obor Asian Games, Kabupaten Raja Ampat Siap Bersihkan Kota Waisai

Posted: 22 Jul 2018 08:16 AM PDT

WAISAI, LELEMUKU.COM - Kabupaten Raja Ampat dan Kota Sorong, Provinsi Papua Barat didaulat menjadi daerah di Tanah Papua yang menjadi persinggahan Kirab Obor Asian Games 2018 dari 54 kota dan kabupaten di wilayah Nusantara.

Sebagai salah satu daerah yang ditunjuk dalam kirab obor Asian Games ini menempuh jarak 18 ribu km di 18 provinsi dari Aceh sampai Papua, Kabupaten Raja Ampat akan memperindah kotanya, Waisai..

"Kita perlu berbangga karena Raja Ampat menjadi salah satu daerah yang disinggahi Obor Asian Games 2018," ujar Sekda Raja Ampat, Dr. Yusuf Salim, M.Si dalam apel pagi, Jumat (20/7) di halaman Kantor Bupati Raja Ampat.

Menurut Yusuf Salim, M.Si, Kirab Obor Asian Games ini diikuti oleh 46 negera peserta Asian Games 2018.  Oleh karena itu, Sekda Raja Ampat meminta dukungan seluruh elemen masyarakat, khususnya para ASN di Lingkungan pemda Raja Ampat.

Sebagai bentuk dukungan kepada kegiatan Kirab Obor Asian di Raja Ampat maka selaku pimpinan para ASN di Lingkungan pemda Raja Ampat, Yusuf Salim, M.Si memerintahkan seluruh ASN untuk melaksanakan kerja bhakti untuk membersihkan dan mempersiapkan Kota Waisai dalam menyambut tamu dan peserta Kirab Obor Asian Games 2018.

Kerja bhakti ASN dilaksanakan setiap hari Jumat dan pekan ini merupakan jumat kedua para ASN melaksanakan kerja bhakti dalam menyambut Obor Asian Games 2018.

Adapun lokasi kerja bhaktinya untuk membersihkan Kota Waisai dibagi merata ke seluruh  Organisasi Pemerintah Daerah/OPD di Kabupaten Raja Ampat.

Sementara berdasarkan data dihimpun bahwa Obor Asian Games 2018 akan singgah di Raja Ampat pada tanggal 26-28 Juli 2018.

Berikut rute kirab obor Asian Games 2018: 1. Prambanan-Daerah Istimewa Yogyakarta-Solo (17-19 Juli) 2. Blitar Kepanjen-Malang-Bromo-Probolinggo-Situbondo-Bondowoso (19-21 Juli) 3. Banyuwangi (21-23 Juli) 4. Gilimanuk-Kuta-Denpasar-GWK (23-24 Juli) 5. Mataram (24-25 Juli) 6. Raja Ampat-Sorong (26-28 Juli) 7. Tanjung Bira-Makassar (28-30 Juli) 8. Banjarmasin (30-31 Juli) 9. Banda Aceh (31 Juli) 10. Danau Toba (31 Juli- 1 Agustus) 11. Pekanbaru (1-2 Agustus) 12. Bukit Tinggi (2-3 Agustus) 13. Jambi (3 Agustus) 14. Palembang, Banyuasin, Pematang Hilir, Prabumulih, JSC, Ogan Ilir (4-7 Agustus) 15. Bandar Lampung (8-9 Agustus) 16. Serang (9-10 Agustus) 17. Kab. Purwakarta, Bandung, Garut (10-13 Agustus) 18. Cianjur-Bogor (13-15 Agustus) dan 19. Bogor-Istana- Stadion Utama Gelanggang Bung Karno (SUGBK) Jakarta. (15-18 Agustus).

Burhan Abdurahman Terima Penghargaan Kota Ternate Sebagai PTSP Terbaik di Indonesia Timur

Posted: 22 Jul 2018 08:07 AM PDT

Burhan Abdurahman Terima Penghargaan Kota Ternate Sebagai PTSP Terbaik di Indonesia Timur JAKARTA, LELEMUKU.COM - Pemerintah Kota Ternate, Provinsi Maluku Utara kembali mengukir prestasi melalui Dinas Penyelenggaraan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Ternate yang mendapat apresiasi Pemerintah Pusat. 

Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) menetapkan Kota Ternate sebagai salah satu nominasi peraih penghargaan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) terbaik diwilayah Indonesia Timur, bersama DPMPTSP Kota Kupang dan Kabupaten Jayapura yang diumumkan pada ‎ajang Investment Award 2018 di Ruang Nusantara Gedung Suhartoyo BKPM jalan Jenderal Gatot Subroto No 44 Jakarta Selatan pada Rabu (11/7). 

Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Sekretaris Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Bambang Adi Winarso yang didampingi oleh Kepala BKPM Thomas Lembong kepada Wali Kota Ternate Burhan Abdurahman.

Lembong dalam sambutannya mengatakan, sebelum penghargaan diserahkan pihaknya telah melakukan survei terhadap 565 PTSP di seluruh wilayah sejak Maret lalu. Kegiatan Kualifikasi Pemeringkatan PTSP di Bidang Penanaman Modal meliputi Penilaian Mandiri (self-assessment), Survei Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) Uji Pemaparan, Uji Petik (Observasi langsung ke lapangan, verivikasi dan validasi) oleh Tim Penilai yang melibatkan 11 Kementrian/lembaga terkait. 

"Semoga penghargaan ini bisa mendorong peningkatan pelayanan perizinan penanaman modal dan percepatan pelaksanaan kemudahan berusaha di daerah," ujarnya.

Thomas menambahkan adanya penghargaan ini diharapkan dapat memacu pemerintah daerah untuk memberikan pelayanan yang lebih baik kepada para investor, memotivasi PTSP lainnya di seluruh Indonesia untuk memperbaiki layanan perizinan dan nonperizinan daerah yang semuanya akan bermuara pada satu tujuan untuk peningkatan ekonomi daerah, membuka lowongan pekerjaan dan meningkatkan daya saing.

Sementara itu, Wali Kota Ternate Burhan Abdurahman saat diwawancarai usai menerima penghargaan mengatakan sangat senang menerima penghargaan tersebut. Namun, Burhan mengatakan janganlah kita berpuas diri tetapi teruslah bersemangat, sebab, masih banyak yang perlu diperbaiki untuk meningkatkan pelayanan. 

"Saya berharap agar dinas terkait dalam hal ini DPMPTSP terus memacu motivasi kerja, meningkatkan inovasi kerja, agar pelayanan dapat terus ditingkatkan,"pintanya. 

Ia menegaskan pemerintah daerah akan membuka peluang bagi investor mana saja, yang ingin berinvestasi di ternate guna meningkatkan perekonomian masyarakat.

Terpisah kepala DPMPTSP Mahdi Nurdin saat diwawancarai juga mengaku penghargaan yang diterima itu tidak lantas membuat pihaknya berpuas diri, namun melahirkan tekad untuk terus melakukan perbaikan pelayanan menjadi lebih baik. 

"Tentu kami juga berharap inovasi baru terus dikembangkan, guna memperbaiki pelayanan,"terangnya. 

Mahdi menambahkan pelayanan bisa menjadi lebih baik jika ditopang dengan anggaran yang maksimal.

"Karena saat ini anggaran yang dikucurkan terlalu sedikit dan sangat terbatas, namun kami berharap akan datang bisa ditingkatkan lagi," pungkasnya. (DiskomsandiTernate)

Hiyronimus Rettobjaan Lepas 36 Peserta Kontingen Pesparani Maltra ke Ambon

Posted: 22 Jul 2018 08:07 AM PDT

Hiyronimus Rettobjaan Lepas 36 Peserta Kontingen Pesparani Maltra ke AmbonLANGGUR, LELEMUKU.COM - Bupati Maluku Tenggara (Maltra), Provinsi Maluku yang diwakili Plt Sekertaris Daerah (Sekda) Hiyronimus Rettobjaan melepas kontingen peserta Pesta Paduan Suara Gerejani (Pesperani) Katolik Kabupaten Maltra yang berjumlah 36 peserta untuk mengikuti kegiatan Pesparawi IV Provinsi Maluku di Ambon, 21 - 22 Juli 2018. 

Ditandai dengan penyerahan bendera kontingen kepada Ketua Kontingen Pesparani Kabupaten Maltra Martinus Mon, Rabu (18/7) bertempat di Ballroom Suita Hotel Langgur.

Mon dalam laporannya mengatakan pelepasan Kontingen Peserta Pesparani Maltra yang akan mengikuti ajang lomba Pesparani Katolik Tingkat Provinsi Maluku sebagai persiapan ajang Pesparani Nasional l yang di selenggarakan di Ambon pada Oktober 2018. 

Peserta yang akan berkompetisi pada ajang Lomba Pesparani Tingkat Provinsi Maluku di Ambon adalah peserta – peserta yang diperoleh dari pemenang pertama dan kedua pada ajang Lomba Pesparani Tingkat Wilayah Kei Kecil dan Kei Besar. 

Dengan bobot nilai tertinggi yang telah diselenggarakan pada Bulan Juni dan Juli Tahun 2017 yang dibuka kegiatannya di Wilayah Kei Kecil secara resmi oleh Wakil Bupati Maluku Tenggara Drs. Yunus Serang M Si dan di tutup di Wilayah Kei Besar juga oleh Wakil Bupati dan dihadiri oleh seluruh pimpinan DPRD Kabupaten Maluku Tenggara. 

Sementara Untuk Pendarasan Mazmur dan Cedas - cermas Rohani dilakukan seleksi dari peserta – peserta yang masuk 3 besar pada Ajang Tingkat Wilayah tahun 2017 tersebut. Peserta Lomba dipanggil untuk mendapat penguatan – penguatan oleh Tim LP3KD Kabupaten Maluku Tenggara sejak April 2018.

Kontingen Pesparani Maltra yang akan mengikuti ajang Lomba Pesparani Provinsi  Maluku pada tanggal 21 dan 22 juli 2018 telah selesai mengikuti karantina yang dilakukan di Hotel Suita tanggal 13-17  Juli 2018.

Martinus Mon,Spd menambahkan, Mata Lomba yang akan dilikuti adalah Tutur kitab Suci Kategori anak sebanyak 2 orang peserta dan cadangan, Pendarasan Masmur Anak sebanyak 2 orang , Masmur  Remaja sebanyak 2 orang , Pendarasan Masmur Dewasa sebanyak 2 orang , Cerdas – cermat  Rohani anak  sebanyak 4 orang peserta, dan Cerdas – cermat Rohani Remaja sebanyak 4 orang.

Rencana Keberangkatan Kontingen dariLanggur ke Ambon dilaksanakan pada tanggal 19 Juli 2018  dan akan kembali  ke Tual pada tanggal 24 juli 2018  dengan menggunakan maska penerbangan Wings Air. 

Jumlah Rombongan yang akan turut serta mengikuti lomba  Pesparani Tingkat Provinsi Maluku sebanyak 36 (tiga pulu enam)Orang dengan rincian; Jumlah Peserta dan cadangan sebanyak,  16 Orang Pelatih dan Pendampin sebanyak 8 Orang Official sebanyak 6 Orang, Peninjau sebanyak 2 Orang Pengurus LP3KD Kabupaten Maluku Tenggara sebanyak 3 Orang, Ketua Kontingen sebanyak 1 Orang.

Mon juga menyampaikan terima Kasih kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Maluku Tenggara atas  seluruh Proses sepenuhnya dibiayai oleh Pemerintah Kabupaten Maluku Tenggara  Tahun Anggaran 2018 yang sudah termasuk didalamnya dukungan Audisi dan Pelatih Peserta Paduan Suara Dewasa campuran dan Paduan Suara Gregorian kategori anak  dan Remaja Persiapan kontingen dan dukungan pelaksanaan PESPARANI  Nasional l di Ambon.

Terhadap Dukungan Pembiayaan ini, Atas nama Kotingen  dan Pengurus  LP3KD kabupaten Maluku Tenggara, Tim Anggaran Pemerintah Daerah serta Pimpinan dan Anggota DPRD  Kabupaten Maluku Tenggara. (DiskominfoMaltra)

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Gelar Rapat Monitoring dan Evaluasi di Kota Ternate

Posted: 22 Jul 2018 07:57 AM PDT

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Gelar Rapat Monitoring dan Evaluasi di Kota TernateTERNATE, LELEMUKU.COM - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menggelar Rapat Monitoring dan Evaluasi Rencana Aksi Pencegahan Korupsi terintegrasi dengan Pemerintah Kota Ternate, Provinsi Maluku Utara di Auditorium Inspektorat Ternate, Jumat (20/7).

Asisten Bidang Ekonomi dan Pengembangan SDM Setda Kota Ternate, Bahtiar Teng dalam arahan yang disampaikan mewakili Walikota Ternate menyatakan dukungan penuh atas program KPK ini.

"Terima kasih kepada KPK, kami menyambut baik monitoring yang dilaksanakan ini, ini menjadi kesempatan bagi seluruh SKPD untuk lebih memahami pencegahan korupsi terutama dalam pengelolaan anggaran, agar tidak terjadi penyalahgunaan baik dari kebijakan maupun implementasi, agar sesuai dengan aturan dan sesuai juga dengan tuntutan masyarakat", tutur Bahtiar.

Penanggung jawab Monitoring dan Evaluasi Rencana Aksi Pencegahan Korupsi terintegrasi untuk wilayah Maluku Utara, Septa Wibawa memaparkan ada beberapa fokus pemberantasan korupsi terintegrasi, diantaranya Pengelolaan APBD, Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP), Pengelolaan Pendapatan Daerah, Pengadaan Barang dan Jasa, Penguatan APIP dan Tunjangan Perbaikan Penghasilan (TPP). 

"Ada beberapa indikator yang menjadi tolak ukur sejauh mana Pemkot Ternate melalui SKPD terkait menjalankan komitmennya dalam pencegahan korupsi secara terintegrasi" tukas Septa yang didampingi oleh Ismail Hindersah selaku penanggung jawab wilayah Maluku dan Suyadi selaku Penanggung jawab Wilayah Papua.

Rapat ini dihadiri oleh Kepala Daerah dan beberapa pimpinan SKPD terkait diantaranya Inspektur, Kepala Bappelitbangda, Kepala BPKAD, Kepala Diskomsandi, Kepala DPMPTSP, yang mewakili Kabag. ULP dan Kepala BKPSDM. 

Mereka diberi kesempatan untuk memaparkan realisasi rencana aksi dari beberapa indikator yang dibahas, sekaligus melaporkan kendala-kendala yang dihadapi, sehingga menjadi catatan bagi KPK dalam memberikan rekomendasi kepada Pemkot. Rekomendasi tersebut nantinya dijabarkan kembali dalam beberapa rencana aksi yang akan dilaksanakan oleh Pemkot Ternate melalui SKPD terkait, sehingga pencegahan korupsi akan terus dilakukan secara berkelanjutan dan terintegrasi. (DiskomsandiTernate)

Warga Cina Tua Apresiasi TMMD oleh Kodim Yapen Waropen

Posted: 22 Jul 2018 07:38 AM PDT

Warga Cina Tua Apresiasi TMMD oleh Kodim Yapen Waropen
SERUI, LELEMUKU.COM - Tentara Nasional Indonesia (TNI) senantiasa bersatu bersama rakyat. Saat ini, salah satu programnya adalah TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD).

Di beberapa daerah, TNI terlibat bersama-sama rakyat membangun desa, seperti yang dilakukan oleh Kodim 1709/Yawa yang membangun 14 unit rumah dan 2 Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) untuk warga (18/7).

Porto Numberi salah satu penerima rumah menyampaikan terimakasih kepada Prajurit Satgas TMMD Kodim 1709/Yawa yang sudah membantu Pemerintah Daerah untuk mensejahterakan masyarakat bertempat di sasaran Kampung Cina Tua, Distrik Yapen Selatan, Kabupaten Kepulauan Yapen, Provinsi Papua.

"Ini merupakan upaya yang sangat luar biasa untuk mensejahterakan masyarakat yang kurang mampu," tegasnya

Dengan didampingi oleh Sertu Laurens Wanggai anggota satgas TMMD, Porto menyampaikan dengan adanya pembangunan yang dilakukan oleh TNI melalui program TMMD yang bekerjasama dengan Pemerintah Daerah.

"Kami berharap dengan upaya yang luar biasa dari ini menjadikan masyarakat jadi lebih baik lagi. Dan juga harapan kedepan agar program ini terus berjalan di daerah lainnya juga agar dapat merasakan seperti apa yang kami rasakan," tutur Numberi. (Pendam17)

Pemda Maluku Tenggara Lepas 71 Calon Jemaah Haji

Posted: 22 Jul 2018 07:38 AM PDT

Pemda Maluku Tenggara Lepas 71 Calon Jemaah HajiLANGGUR, LELEMUKU.COM - Suasana haru bercampur bahagia mewarnai prosesi pelepasan Calon Jemaah Haji (CJH) asal Kabupaten Maluku Tenggara (Maltra), Provinsi Maluku. Setelah menunggu dalam penantian panjang, akhirnya kesempatan untuk menunaikan rukun Islam kelima bisa dijalankan.

Kebahagiaan itu menyeruak dari balik wajah 71 orang CJH asal Kabupaten Maluku Tenggara, saat dilepas secara resmi keberangkatannya oleh Plt SEKDA Kabupaten Maluku Tenggara Hiyronimus Rettobjaan Bertempat di Gedung Serbaguna Kabupaten Maluku Tenggara, Rabu (20/7).

Menggunakan seragam batik bercorak biru yang dibalut syal berlogo Kabupaten Maluku Tenggara ,jemaah yang terdiri dari 28 orang laki-laki dan 43 perempuan itu sangat bersemangat mendengarkan arahan yang diberikan jelang keberangkatan yang hanya dalam hitungan hari.

Kepada semua jamaah,  Hyronimus Rettobjaan berpesan bahwa ibadah Haji adalah "Panggilan Suci" kepada seorang muslim. Untuk melaksanakanya sangatlah dibutuhkan kemampuan fisik atau jasmani serta batiniah.

"Stamina dan kesehatan bagi seorang calon jamaah Haji sangatlah penting dan mulai saat ini perlu dijaga dengan baik. Dengan kesehatan yang prima, yakin dan percaya seluruh ketentuan yang merupakan " rukun" ibadah haji dapat ditunaikan dengan baik pula, " pesan Rettobjaan.

Sedangkan Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Maluku Tenggara , Drs. Arifin Difinibun M.Sos dalam laporannya menyebutkan, CJH Kabupaten Maluku Tenggara tergabung dalam Kloter 12 Maluku Embarkasi Makasar. 

"Keberangkatan direncanakan pada tanggal 23 Juli 2018 dari Kabupaten Maluku Tenggara dengan menggunakan Pesawat Sriwijaya Air sebanyak 71 orang, dan tiba di Madina Tanggal 25 Juli 2018. penjemputan kepulangan jamaah haji dijadwalkan tanggal 7 September 2018 di Kabupaten Maluku Tenggara," sebutnya.

Tercatat sebagai jemaah paling tua asal Kabupaten Maluku Tenggara atas nama Abdurahman Rahakbauw Bin Saleh dengan usia 80 Tahun . Sementara jemaah termuda berusia 28 tahun atas nama Fatma Sari Binti Udin. (DiskominfoMaltra)

Tinggal dan Tidur Dirumah Warga Sounolu, Bukti TNI Adalah Tentara Rakyat

Posted: 22 Jul 2018 06:48 AM PDT

 Tinggal dan Tidur Dirumah Warga Sounolu, Bukti TNI Adalah Tentara RakyatSOUNOLU, LELEMUKU.COM - Satuan Penugasan TMMD Ke-102 Kodim 1502/Masohi yang terdiri dari gabungan TNI, Polri dan Pemerintah Daerah Kabupaten Maluku Tengah (Malteng), Provinsi Maluku tidak tinggal di  tenda ataupun barak, akan tetapi dititip di rumah penduduk  setiap Desa tempat terlaksananya kegiatan TMMD, hal itu untuk lebih mendekatkan tentara dengan masyarakat sebagai salah satu program dari TMMD, yaitu menunggal bersama rakyat, Minggu (22/7).

Di samping bergotong royong mengerjakan pekerjaan fisik dan non fisik, Satgas TMMD juga melakukan aktifitas sehari-hari bersama warga. Seperti sarapan pagi, makan di waktu istirahat siang dan makan malam.

TNI dan rakyat terlihat begitu akrab, berbaur dalam satu keluarga. Ini menandakan begitu dekat dan menyatunya TNI dengan rakyat. Dalam hal menupun tidak ada perbedaan, semua sama rata. Junia (46) ibu rumah tangga warga Desa Sounolu salah seorang warga yang rumahnya sebagai lokasi satgas TMMD. 

"Beta senang ada bapak tentara yang tinggal di katong rumah, beta su anggap dong su kayak anak sandiri , mereka sangat baik-baik par katong, baru seng pernah mengeluh dengan apa yang dong makan,"ucap Mama Junia.

Hal senada juga dikatakan oleh Samsudin Siolan (52) Petani, kami sangat bersyukur dengan adanya mereka katong bisa kerja bisa lancar seperti ini.

"Bapak tentara mengajarkan katong akan arti kedisiplinan jadi katong bisa tepat waktu dalam bekerja,"kata Samsudin.

Kebersamaan ini membuat masyarakat Desa  Sounolu senang. Mereka merasa TNI menjadi bagian dari keluarga serta merasa mendapat kehormatan bisa bersama anggota Satgas TMMD Ke 102 Kodim 1502/Masohi. (Penrem151)

Dinas Pendidikan Kota Ambon Bagikan Piala Festival Lomba Seni Siswa Nasonal (FLS2N)

Posted: 22 Jul 2018 05:19 AM PDT

Dinas Pendidikan Kota Ambon Bagikan Piala Festival Lomba Seni Siswa Nasonal (FLS2N)AMBON, LELEMUKU.COM – Pembagian piala Festival Lomba Seni Siswa Nasonal (FLS2N) tingkat SMP/MTs di Kota Ambon, Provinsi Maluku berlangsung pada Kamis (19/7)

Ketua Panitia, M.Hukom,Msi mengatakan FLS2N merupakan salah satu wahana bagi siswa untuk mengekspresikan diri dan menunjang pengembangan karakter secara organis, neoromuskuler, intelektual, emosional dan social serta menciptakan daya cipta, rasa dan karya yang bermuara pada peningkatan mutu Pendidikan khususnya dibidang seni, serta penguatan Pendidikan karakter.

Begitu pula peserta yang berjumlah 115 orang dari perwakilan masing-masing kecamatan dan mendapatkan juara I  sampai III akan maju ke tingkat provinsi. Senyum Nampak di wajah para siswa pemenang lomba dan guru pendamping sebagai tanda bangganya mereka atas keberhasilan yang di raih. 

Dalam kegiatan penyerahan piala FLS2N ini pula, Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Ambon, Dr.Fahmi Sallatalohy,M.Hum dengan bangga menyerahkan sejumlah piala kepada para pemenang lomba, dengan menyatakan harapan besarnya agar peserta yang maju ke tingkat provinsi akan berjuang untuk mengharumkan nama kota Ambon. 

"FLS2N merupakan suatu wahana bagi peserta didik untuk mengimplementasikan penguatan Pendidikan karakter untuk menumbuhkan nilai-nilai kedisiplinan, kreativitas, daya juang, jujur, sportif, kompetetif, solidaritas dan tanggungjawab," kata dia. (DisdikAmbon)

TNI Anak Asli Papua Turut Serta TMMD di Yapen

Posted: 22 Jul 2018 05:06 AM PDT

CINA TUA, LELEMUKU.COM - Bertempat di sasaran 3 Kampung Cina Tua, Kecamatan Yapen Selatan, Kabupaten Kepulauan Yapen, Provinsi Papua Sersan Dua Wellem Boroway Bintara Pembina Desa (Babinsa) Komando Rayon Militer (Koramil) 1709-01/Yapsel mengaku bangga dan bahagia, sebab dirinya bisa tergabung dalam satgas TMMD Ke-102 Kodim 1709/Yawa, Sabtu (14/7).

Sebagai putra orang asli Papua Kepulauan Yapen, tentunya dengan terlibat langsung dalam program TMMD merupakan kebanggan tersendiri baginya. Selain dalam rangka melaksanakan tugas, pada kesempatan seperti ini pula dirinya pun ikut andil membangun daerahnya menuju masyarakat Kab. Kep. Yapen yang lebih sejahtera.

Dengan berbekal ilmu pertukangan yang dimiliki, dirinya bersama dengan rekan kerja lainnya dan juga dibantu oleh warga, mendapat tugas untuk membangun rumah milik Ibu Marice Mabuay. 

"Saya senang bisa terlibat langsung dengan memberikan sumbangsih tenaga untuk mewujudkan impian warga yang tidak mampu untuk memiliki rumah," tutur Serda Well.

Ibu Marice Mabuay menyampaikan ucapan terimakasih kepada Babak Babinsa yang sudah meluangkan waktu dan memberikan tenaganya untuk membantu kami" Jelasnya (Pendam17)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Banner IDwebhost

Iklan Bawah Artikel

Iklan Bawah Artikel