-->

Environmental Freeport Gelar Bhakti Lingkungan Hidup dengan Menanam Pohon

Wakil Bupati Yohanes Bassang ketika akan menanam pohon.

SAPA (TIMIKA) - Environmental  Department PT Freeport Indonesia (PTFI) bersama Badan Lingkungan Hidup (BLH) Mimika menggelar Bhakti Lingkungan Hidup, dengan menanam pohon di halaman Kantor BLH, Jalan Cenderawasih, Kamis (8/9).

Kegiatan ini dihadari, Wakil Bupati Yohanes Bassang, SE.,M.Si, General Superintendent LL  Reclamation and Biodiversity Environmental Department Roberth Sarwom,  Kabid Pemantauan dan Pemulihan Kualitas Lingkungan BLH Ramli,SE.,M.kes, Lima  Puteri Indonesia yakni, Miss  Earth 2014 Annisa Ananda Nusyirwan, Miss  Grand Internasional/Miss Green Tourism Indonesia Yolanda Viyanditya Remetwa, Miss World university/ Miss  Eko Tourism Ivhanrel Eltrisna Sumerah, Puteri Indonesia Jawa Barat 2016 Evan Lysandra, Top 10 Amoi Indonesia 2016 Maria Inez  Sanchia, Wakil Ketua Yayasan Honai Cantik (YHC) yang juga Queen Maker Untung Muliana, Pangeran Alam Lestari 2016 Dave Manuhutu dan Puteri Alam Lestari 2016 Theresia Tuosa, serta perwakilan pelajar Se-Mimika.

Wakil Bupati Yohanes Bassang, dalam sambutannya memberikan apresiasinya kepada Environmental Freeport dan BLH. Dimana telah menjalin kerjasama yang baik dengan menggelar  Bhakti Lingkungan Hidup, dengan menanam pohon.

Akan tetapi, Bassang berhap, kedepannya aksi yang dilakukan Environmental Freeport tidak hanya menanam pohon saja, tetapi juga dapat membuat taman hijau sebagai percontohan untuk bisa dinikmati dan rasakan  oleh masyarakat.

 “Saya berterima kasih karena diselenggarakan kegiatan ini. Saya harap kedepan tidak hanya penanam pohon saja yang dilakukan, namun ada sesuatu yang besar yang dilakukan PTFI dalam hal ini Environmental, juga Duta Lingkungan Puteri Indonesia ini. Kalau bisa Environmental dapat membuat taman percontohan untuk bisa dinikmati dan dirasakan langsung oleh masyarakat,” harap Bassang.

Kabid Pemantauan dan Pemulihan Kualitas Lingkungan BLH Mimika Ramli,SE.,M.kes mengatakan, Bhakti Lingkungan Hidup yang disertai dengan aksi penanam pohon ini, merupakan hal-hal kecil yang dilakukan untuk satu perubahan yang besar. Dengan begitu, maka Bumi dapat di selamatkan.

Masalah lingkungan, kata Ramli, bukan hanya tugas pemerintah saja, tetapi butuh keterlibatan semua pihak. Salah satunya Environmental Freeport, dimana selama ini merupakan mitra dari BLH Mimika.

“Masalah lingkungan ini kita harus padukan. Karena jika kita berbicara mengenai lingkungan  bukan hanya pemerintah saja, tetapi kita semua. Dan jelasnya, kami  memiliki mitra seperti PTFI ,yang  dalam hal ini Environmental,” katanya.

Ramli berharap, dari aksi menanam pohon ini dapat menginspirasikan banyak orang, terutama masyarakat agar dapat peduli terhadap lingkungan di sekitarnya.

“Diharapakan dengan kegiatan Bhakti Lingkungan Hidup, dapat memberikan dampak positif terhadap lingkungan, masyarakat dan dunia,” harap Ramli.

Perwakilan Environmental  Department PT Freeport Indonesia,  Kristina Maria Pek menjelaskan, kegiatan ini merupakan salah satu program  Environmental,  sehingga Bhakti Lingkungan Hidup ini tidak termasuk program rutin dari BLH, melainkan   salah satu bentuk kerja sama antara Environmental dan BLH.

Untuk itu, dengan mengambil momentum kedatangan dari duta lingkungan yang merupakan Miss Indonesia. Sehingga kegiatan tersebut dilakukan secara spontan,  dengan melibatkan duta-duta lingkungan yaitu, Puteri Lestari.

“Kegiatan ini spontan, karena ada kedatangan duta lingkungan,” kata Kristina.

Sementara itu, mewakili Lima Puteri Indonesia, Miss  Earth 2014 Annisa Ananda Nusyirwan mengatakan, tujuan kedatangan mereka ke Mimika yakni, atas undangan  Yayasan Honai Cantik (YHC) Timika yang bekerjasama dengan Environmental  Department PT Freeport Indonesia.

Anissa menjelaskan, mereka  berlima memang memiliki latar belakang penobatan pada ajang pemilihan Puteri Indonesia yang berbeda. Namun dirinya yang merupakan  Miss  Earth 2014 memiliki peran dalam kepedulian terhadap masalah kecantikan dan kelestarian lingkungan hidup.

“Kami ke sini bukan sekedar mau menunjukan, bahwa kami cantik dan mengenakan mahkota atau selempang puteri, tetapi kami menjalankan visi yang bertujuan mengajak seluruh masyarakat Indonesia dan Mimika khususnya, sehingga bisa peduli terhadap lingkungan hidup,” ujar perempuan asli Padang ini.

Annisa yang juga finalis pada ajang Anggun Cari Bintang Pantene 2010 ini menegaskan, kehadiran mereka juga bukan untuk mencari kesempatan dalam mendekatkan diri bersama PTFI, atau pemerintah setempat. Tetapi, kehadiran mereka  untuk dapat berbagi   pengalaman dan menggali seluruh  potensi  yang berada di Mimika, sehingga kemudian mencari solusi bersama dalam mengembangkan, serta mempromosikan agar dikenal di mata Nasional dan Internasional.

“Mimika bukan satu satunya daerah yang kami datangi, tetapi merupakan kota yang ke sekian dalam jadwal kunjungan kami. Tujuan kami juga tentunya positif yakni, berbagi pengalaman, memberikan solusi dari perbandingan pengamatan di daerah satu dan lainnya, serta berkomitmen untuk menggali potensi yang ada di setiap daerah, untuk dikenal di mata Nasional dan Dunia,” jelas Annisa. (Indri Yani Pariury/Acik N)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Banner IDwebhost

Iklan Bawah Artikel

Iklan Bawah Artikel