-->

Bupati Mimika Terharu Melihat Kondisi Masyarakat Potowaiburu


Bupati Eltinus Omaleng, SE  ketika disambut  masyarakat Potowaiburu. SAPA/ Acik  
SAPA (TIMIKA) –  Terharu, itulah ungkapan kata yang  disampaikan Bupati Mimika Eltinus Omaleng, SE ketika  Turun Kampung  (Turkam) di Kampung Potowaiburu, Distrik Mimika Barat Jauh, untuk melihat secara langsung kondisi pembangunan dan masyarakat di sana, Kamis (15/9).

Kepada masyarakat  yang berdatangan dari Kampung Ararau, Taparami, Yopokopa, serta Potowai kampung Bupati Omaleng mengungkapkan rasa harunya setelah melihat langsung kondisi masyarakat, yang sangat terisolir dan lamban dalam merasakan kemajuan pembangunan. Ia juga menyadari kelemahan pemerintah dalam menjangkau seluruh masyarakat di pedalaman Mimika.

“Kelemahan kami sebagai pemerintah adalah, kurangnya informasi yang terjalin dalam kepemerintahan, dan tidak pernah melakukan kunjungan langsung. Selama ini kami hanya berputar disekitar Kota Mimika saja,” kata Omaleng kepada masyarakat.

Omaleng, yang didampingi Wakil Bupati Yohanes Bassang, SE., M.Si dan sejumlah Kepala SKPD dilingkup Pemkab Mimika ini,  langsung mengharapkan kepada jajarannya  untuk  lebih fokus dalam menjalani pelayanan pembangunan masyarakat seluruh pedalaman termasuk Potowaiburu.

Menurut dia, pembangunan landasan dan jalan menuju Bandara Potowaiburu harus dilanjutkan, pengeboran sumur air bersih, pelayanan kesehatan, pendidikan harus lebih maju, pertanian,perdagangan, serta membangun perumahan rakyat yang menyatu.

“Saya sangat mengharapkan seluruh SKPD, agar bisa lebih giat dalam melayani kebutuhan masyarakat pedalaman,”ujar Omaleng.

Hal senada disampaikan  Wabup Bassang. Dirinya sangat mengharpakan agar pemukiman warga dengan seluruh pelayanan pemerintah distrik harus disatukan dalam satu kompleks, yakni di pusat Distrik Potowaiburu. Hal ini agar bisa memberikan dampak yang nyata dalam perhatian pemerintah.

Menurut dia, apabila sekolah berada dalam kompleks pemukiman warga, maka tidak akan ada murid yang jarang datang sekolah dengan alasan jauh. Selain itu,  pelayanan kesehatan agar pasien bisa cepat mendapatkan pelayanan, pembangunan jalan darat agar masyarakat bisa muda menjangkau bandar udara dan pelabuhan laut. Selain mempermudah proses pelayanan pemerintah kepada masyarakat, hal ini juga agar Distrik Potowaiburu bisa terlihat lebih hidup dan ramai.

“Saya ingin di distrik ini menjadi pusat pelayanan yang multi, mulai dari pendidikan, kesehatan, pertanian, perdagangan, dan yang lain, sehingga jangkauan antara masyarakat dan pemerintah bisa lebih mudah,” kata Bassang.

Sementara itu, pada kesempatan ini juga Bupati Omaleng melepas  secara resmi Tim Pelayanan Kesehatan Keliling Pesisir Dinas Kesehatan (Dinkes) Mimika, di halaman Kantor  lama Distrik Mimika Barat Jauh.

Dalam sambutannya ketika melepaskan tim kesehatan tersebut, Omaleng  mengatakan, sebagai pelayan kesehatan  masyarakat, seluruh tim harus mampu memberikan pelayanan prima sehingga masyarakat bisa merasa tersentuh.

“Saya harap Tim ini bisa benar – benar melayani masyarakat dengan sepenuh hati. Masyarakat pada umumnya mengharapkan pelayanan yang ikhlas, bukan asal asalan,”tuturnya.

Sementara itu, Kepala Dinkes Philipus Kehek menjelaskan, perjalanan pelayanan Tim Kesehatan Keliling Pesisir ini, akan dimulai usai pelepasan berlangsung, dan akan dimulai dari pesisir Potowaiburu sampai Mimika. Serta dilanjutkan pada hari selanjutnya dari Mimika sampai Agimuga.

Ia pun menjelaskan bahwa, sebelum melakukan pelayanan keliling, Dinkes telah melakukan sosialisasi kesehatan selama dua hari yakni,  13-14 di Potowaiburu, melakukan monitoring terhadap penderita kusta, sosialisasi bahaya dan pemeriksaan HIV/AIDS, serta pembagian 380 Kartu Papua Sehat (KPS).

“Hari ini (Kemarin red) juga akan kami mulai dari Potowaiburu sampai Timika. Kami juga sudah melakukan beberapa kegiatan lain dua hari yang lalu, yang terkait dengan penyuluhan dan pengobatan, serta pembagian KPS,”ujar Kehek. (Acik N)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Banner IDwebhost

Iklan Bawah Artikel

Iklan Bawah Artikel