-->

Gugus Tugas COVID-19 Biak Umumkan ada 16 ODP dan 12 Positif Rapid Test Sedang Tunggu Hasil Swab Test

BIAK, LELEMUKI.COM – Pasien dengan status Orang Dalam Pemantauan (ODP) terkait dengan Virus Corona (Covid-19) di Kabupaten Biak Numfor bertambah. Data terakhir yang tercatat di Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Biak Numfor jumlah ODP hingga dengan Selasa (21/4) kemarin, kini sudah menjadi 16 orang pasien.

Dua orang 2 pasien sebelumnya telah dinyatakan positif tertular Virus Corona dan 1 orang lainnya statusnya sebagai PDP jumlahnya tidak berubah. Peningkatan status ODP tersebut diketahui setelah tim medis melakukan pemeriksaan kesehatan melalui rapid test terhadap keluarga dan orang yang pernah kontak langsung dengan 1 PDP tersebut, dimana pemeriksaan itu 12 orang kembali dinyatakan positif terinfeksi virus (belum bisa dipastikan terinfeksi virus corona).

Hasil rapid test 12 orang itu masih akan ditindaklanjuti lagi di swab test Litbangkes Jayapura dengan mengirim sampel. Tambahan 12 orang yang dinyatakan sebagai ODP itu, masing-masing 8 diantaranya pernah kontak langsung dengan 1 PDP ((istri dan anaknya sudah telah dinyatakan positif virus corona), sedangkan 4 ODP lainnya adalah orang yang sebelumnya pulang dari Gowa.

Sedangkan 4 ODP sebelumnya adalah keluarga dari PDP (anak dan saudaranya) serta satu orang lainnya adalah seorang ibu yang pernah kontak langsung. Keempat ODP itu diisolasi di RSUD Biak, sedangkan 12 tambahan ODP yang baru tersebut kini sudah diisolasi di Kantor Badan Diklat.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Covid-19 Kabupaten Biak Numfor Daud N. Duwuri, S.KM.,M.Kes saat dikonfirmasi membenarkan hal tersebut. Bahkan menurutnya, pemeriksaan terhadap keluarga dan orang pernah kontak langsung dengan ODP yang baru tersebut akan terus dilakukan oleh tim medis.

“Jadi ada 12 tambahan ODP, setelah kami periksa dengan rapid test semuanya positif, namun sekali lagi bahwa hasil rapid test ini belum bisa dijadikan dasar dalam menentukan seseorang positif terinfeksi Covid-19, masih akan ditindaklanjuti pemeriksaannya dengan swab test melalui polymerase chain reaction (PCR) di Litbangkes Jayapura,” jelasnya.

Menurutnya, selain akan dilakukan pemeriksan terhadap keluarga ODP dan orang yang pernah kontak langsung, ke-12 ODP yang baru itu langsung dikarantina di Kantor Badan Diklat. Karantina itu dinilai penting sebagai langkah antisipasi, sambil menunggu hasil swab test terhadap sampel yang diambil oleh petugas medis.

“Mereka sudah dikarantina, di Badan Diklat Ibdi, masyarakat sudah diedukasi dan pada dasarnya menerima dengan catatan tidak boleh keluar dari pagar. Disana, juga dijaga ketat oleh aparat gabungan TNI/Polri dan dibantu Satpol PP, termasuk kami tempatkan petugas medis di sana,” kata Daud.

Masih menurut Daud, bahwa sebelum memutuskan Kantor Badan Diklat di Ibdi sebagai tempat isolasi, telah dilakukan komunikasi langsung dengan masyarakat, kepala kampung, kepala distrik dan pihak-pihak lainnya.

Bahkan, lanjutnya, pertemuan dengan semua pihak di Kantor Badan Diklat Ibdi dihadiri langsung Sekda yang juga adalah Kepala Sekretariat Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupayen Biak Numfor Markus O. Masnembra, SH.,MH, Kapolres Biak Numfor AKBP Mada Indra Laksanta, S.IK.,M.Si, Dandim 1708/BN Letkol. Inf. Ricardo Siregar, SH.,M.Han dan piha terkait lainnya.

“Seperti yang Pak Bupati sampaikan bahwa Virus Corona ini bukan aib, jadi kita harus tetap lawan dengan melakukan berbagai upaya pencegahan dan penanganan supaya tidak menyebar. Harapan kami adalah bagaimana masyarakat dan semua pihak terus mendukung upaya yang dilakukan pemerintah melalui gugus tugas,” imbuhnya.

Selain itu, masih lanjut Duwiri, bahwa pemerintah daerah akan terus berupaya melakukan penanganan supaya pasien yang sudah positif bisa sembuh. “Di sejumlah daerah, bahkan di Jayapura pasien positif itu sudah sembuh, jadi mari kita saling memberikan dukungan dan tetap optimis bahwa pasti kasus Virus Corona akan berlalu di Kabupaten Biak Numfor,” lanjutnya. (PemkabBiakNumfor)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Banner IDwebhost

Iklan Bawah Artikel

Iklan Bawah Artikel