-->

Demmy Paays Ajak Masyarakat Kota Ambon Bantu Gugus Tugas COVID-19 Pantau Pelaku Perjalanan

Demmy Paays Ajak Masyarakat Kota Ambon Bantu Gugus Tugas COVID-19 Pantau Pelaku PerjalananAMBON, LELEMUKU.COM - Demi kebaikan dan kesehatan bersama, masyarakat Kota Ambon, Provinsi Maluku dimintakan kerjasamanya untuk membantu Gugus Tugas Penanganan COVID-19 dalam memantau para pelaku perjalanan yang wajib melakukan isolasi mandiri.

Hal itu diungkapkan Kepala Pelaksana (Kalak) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Ambon, Demmy Paays, saat dikonfirmasi Tim Media Center melalui saluran telepon, Sabtu (18/4/2020).

Kalak menjelaskan, dalam menekan penyebaran COVID-19, Gugus Tugas membutuhkan keterlibatan masyarakat.
“Karena masyarakat lebih mengetahui situasi dan kondisi wilayah masing-masing. Dari pantauan, apabila ditemui adanya Pelaku Perjalanan yang tidak melakukan isolasi mandiri, maka masyarakat bisa melaporkan kepada RT/RW atau langsung ke Posko Gustu,” jelas Kalak.

Isolasi mandiri, lanjut Kalak, merupakan protap yang diatur Pemerintah bagi semua Pelaku Perjalanan dengan durasi waktu 14 hari setelah tiba ditempat tujuan.

“Ini protap, jadi wajib dilaksanakan demi kebaikan bersama, dan masyarakat diharapkan aktif untuk memantau serta melaporkan kepada Tim Gugus Tugas apabila ada yang melanggar protap tersebut,” beber Kalak.

Ditambahkan, ketika menerima laporan, Tim Gugus Tugas melalui Babinsa maupun Babinkamtibmas akan segera menuju lokasi untuk melakukan sosialisasi.
“Semalam kita menerima laporan, tim langsung turun lokasi. Sosialisasi kita berikan, baik kepada Pelaku Perjalanan maupun keluarganya. Apabila kedepan, Gustu masih menerima laporan yang sama, maka baik Pelaku Perjalanan maupun anggota keluarga yang melakukan kontak erat dengannya akan mengikuti isolasi secara terpadu sesuai lokasi yang sudah ditetapkan Pemerintah,” tutup Kalak.

Karena itu, kepada masyarakat, Pemerintah berharap untuk tetap mengikuti anjuran guna mencegah penyebaran COVID 19, dan bagi para pelaku perjalanan, sangat diharapkan untuk melakukan isolasi mandiri sesuai waktu yang ditetapkan demi kebaikan dan kesehatan bersama. (DiskominfoSandiAmbon)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Banner IDwebhost

Iklan Bawah Artikel

Iklan Bawah Artikel