-->

PHBI-MUI Tinjau Lapangan Lanud Timika

Foto bersama pengurus PHBI dan MUI beserta Danlanud Timika, Letkol Pnb Agustinus Gogot Winardi. SAPA/Markus

SAPA (TIMIKA) - PHBI bersama Majelis Ulama Indonesia (MUI) dan sejumlah Ormas Islam telah menyepakati Lapangan Mako Lanud Timika akan dijadikan pusat pelaksanaan Sholat Idul Adha tingkat Kabupaten Mimika. Sehingga untuk melihat layak tidaknya kondisi lapangan itu, maka pada Jumat (9/9), Ketua  PHBI  La Itam Gredenggo dan  Ketua MUI H Muhammad Amin AR, S.Ag, didampingi Danlanud Timika Letkol Pnb Agustinus Gogot Winardi meninjau lapangan tersebut.

Hasilnya, lapangan tersebut dinyatakan memenuhi syarat dan siap menampung umat Islam yang hendak melaksanakan shalat Idul Adha tahun ini.

Mengenai teknis parkir kendaraan, pihak Lanud Timika juga menyatakan siap membantu Satlantas Polres dan Dishubkominfo yang telah disurati oleh PHBI sebelumnya.

Danlanud Timika, Letkol Pnb Agustinus Gogot Winardi kepada wartawan mengatakan, pihaknya meyambut baik dan bangga atas dipilihnya lapangan Mako Lanud Timika sebagai tempat pelaksanaan shalat Idul Adha tahun ini.

“Saya sangat menyambut hangat hal ini. Kalau memang layak, silahkan, dan kami sangat berterima kasih. Ini milik bersama, hanya Lanud yang diserahkan untuk merawat tempat ini. Siapapun yang berkenang menggunakan tempat ini, tidak ada masalah. Tinggal saya izin ke pimpinan, kalau diiiznkan mari kita laksanakan,” jelas Gogot

Sementara, Ketua MUI H. Muhammad Amin AR SAg menyatakan, terkait dengan teknis, lapangan tersebut sangat memenuhi syarat, tertata baik, bersih, dan aman. Setelah dilakukan pengukuran arah kiblat, ditentukan azimuth kiblat pada titik 28,71 derajat.

“Sedikit serong ke kiri dua derajat, tetapi itu masih ditoleransi,” katanya.

Ketua PHBI La Itam Gredenggo mengatakan, keputusan memilih lapangan tersebut merupakan hasil mufakat para DKM Kabupaten Mimika, bukan keputusan sepihak PHBI.

“Kami juga sudah lapor ke Pak Wakil Bupati, beliau mendukung. Penyampaian lewat telepon, perwakilan dari pemerintah juga akan hadir saat hari H,” tuturnya.(CR4)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Banner IDwebhost

Iklan Bawah Artikel

Iklan Bawah Artikel